13 Fakta Menarik ‘Tanah Mutiara Hitam’ Papua

Bumi ini begitu indah dan dan kaya. Apalagi indonesia, negara yang sangat kaya akan banyak hal, baik pulau-pulau yg dimiliki, ragam budaya, adat, kuliner, kekayaan alam,  rempah-rempah dan lainnya. Hanya saja, yang disayangkan dimana para penduduk yang seringkali mengabaikan dan kurang memanfaatkan kekayaan yang terdapat di negeri tercinta ini. Alam yang begitu indah, tumbuh-tumbuhan yang subur, gunung-gunung yang tinggi serta lautan yang luas membuat semua orang terpukau akan keindahannya. Bukan hanya penduduk asli Indonesia, tetapi juga para wisatawan asing yang  berlibur ke Indonesiapun terpukau akan keindahanya. Semakin bertambah umur bumi ini semakin berubahlah suasana di dalamnya, dari segi alamnya, pedesaannya, dan juga penghuninya. Namun, banyak sesuatu yang baru  muncul di dalamnya sehingga sangat berpengaruh juga terhadap lingkungan sekitar. Kini, sebagian besar provinsi, kota, desa yang terdapat di seluruh Indonesia telah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat. Dari makanan hingga peralatan yang berhubungan dengan kehidupan manusia kini telah serba instant, tidak kalah jauh dengan negara lainnya.



Namun, di negeri Indonesia yang telah merdeka ini terdapat salah satu wilayah provinsi yang masih kurang bisa menikmati kemerdekaan dari negara ini hingga saat ini dengan sebagaiana mestinya. Sebut saja adalah provinsi yang akrab dengan sebutan “Tanah Mutiara Hitam” yang begitu indah, dikelilingi dengan gunung yang tinggi, hutan yang luas, sungai yang mengalir begitu deras dengan air yang jernih. “Mutiara Hitam” itulah julukan yang diberikan kepada anak Papua Asli karena tubuh mereka yang tegap dan kuat, kulit hitam legam dengan bola mata yang berbinar-binar dikelilingi bulu mata yang lentik, rambut keriting dengan sunggingan senyum yang manis dihiasi deretan gigi yang rapi dan putih bersih. Setelah Papua berintegrasi dengan Indonesia, maka pada 10 September 1969 melalui Undang-Undang nomor 12 tahun 1969 akhirnya Papua dibentuk menjadi satu provinsi yang disebut Provinsi Irian Jaya sebagai provinsi ke-26 dari beberapa provinsi di Indonesia. 


Telah banyak perubahan di tanah Papua, namun perjalanan tersebut belum bisa mengangkat derajat Mutiara Hitam ini menjadi bagian yang sama sebagai warga negara Indonesia yang dapat menikmati hasil kemerdekaan. Mutiara hitam masih berjalan di tempat. Mereka masih belum dapat merasakan sebagaimana mestinya nikmatnya makan dari hasil bumi tanah Papua, belum merasakan nyaman dan hangatnya tubuh di saat-saat tidur malam, mereka belum merasakan bahagianya mampu membaca buku untuk menggali berbagai pengetahuan dan masih jauh dari lingkungan yang sejahtera, bahkan ada diantara mereka hampir tidak tahu bila tinggal di negara Indonesia yang memiliki simbol bendera Merah Putih. Tetapi, tidak semua warga di Tanah Mutiara Hitam seperti itu. Tentunta ada beberapa dari mereka yang sukses dan bisa menikmati pendidikan, tapi itupun mereka dapapatkan karena kerja keras yang tiada henti, tidak pernah menyerah melewati rintangan-rintangan sesulit apapun itu. Dan saat ini merekalah para orang-orang yang sukses dan kemudian menjadi para pemimpin di Tanah Mutiara Hitam tersebut. Namun, para pemimpin itu kini tengah mengalami kesulitan yang sangat besar, dari dampak kepemimpinan masa lalu yang telah memberi keleluasaan suku-suku lain tinggal di tanah Papua yang, disebut warga pendatang. Sebagai warga pendatang yang lahir di tanah Papua, mereka berhak disebut orang Papua, tetapi tidak disebut ‘mutiara hitam’.

Orang Papua yang merupakan keturunan dari warga pendatang biasanya memiliki cara pemikirannya yang sudah lebih maju daripada warga Papua asli. Karena di tempat tinggal asalnya, mereka memang telah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang ada. Dengan datangnya suku-suku lain sebagai warga pendatang di Papua, diharapkan dapat membantu mempercepat kemajuan untuk warga Papua di segala bidang. Tetapi, pada kenyataanya yang terjadi tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Para pendatang tetap berkembang dan memajukan usahanya sendiri di Tanah ini, dan masyarakat di tanah Mutiara Hitam tetap menjadi seperti mereka apa adanya dan tidak banyak mendapatkan perubahan dan kemajuan yang cukup berarti. 



Untuk itu, sebenarnya diperlukan komitmen yang sungguh-sungguh dengan mengedepankan pelaku-pelaku yang jujur. Yang terpenting adalah perlu adanya masyarakat yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang dapat bekerja dalam satu tim yang berkesinambungan. Tanpa adanya komitmen tersebut maka situasi di Papua akan tetap seperti sekarang. Kita tidak mungkin menggali potensi Papua yang masih tersembunyi, baik potensi alamnya maupun potensi Sumber Daya Manusianya, yang pasti masih sangat kaya dan menunggu untuk ditemukan keberadaannya.

Padahal, jika diperhatikan ketika para pelajar atau anak Papua bergabung dan berpartisipasi dalam kompetisi yang diadakan secara nasional oleh Indonesia sendiri, tidak kalah jauh dengan lawan-lawan lainnya yang juga berasal dari indonesia. Contohnya saja dalam pertandingan sepak bola pada tahun 2005 lalu. Persipuramania, suporter Persipura hanya kebagian “menonton di sektor 15. Selebihnya Stadion Gelora Bung Karno dikuasai oleh The Jakmania, suporter Persija Jakarta. Tapi di tengah lapangan, Boaz Solossa dan  yang lainnya sukses membuat pendukungnya yang banyak datang langsung dari Papua itu, lebih bahagia dari puluhan ribu pendukung Persija. Skor pertandingan berakhir 3-2, untuk, Mutiara Hitam.


Tanah Papua memang sudah lama dikenal sebagai salah satu bagian Indonesia yang sering melahirkan pemain bertalenta tinggi. Bukan hanya di sepak bola, tapi juga di cabang olahraga lain. Ketahanan fisik, kecepatan dan seni olah tubuh yang memang diakui, biasanya menjadi modal para pemain asal Papua. Banyak yang menyebut bahwa bakat ini tak terpisahkan dengan keadaan alam Papua yang indah namun menantang, yang dipengaruhi oleh keadaan geografis mereka. Sejak gelar sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air pada era pasca perserikatan dan Galatama itu dibawa ke Tanah Papua, Mutiara Hitam semakin terlihat sebagai tim elit di kancah persepakbolaan nasional. Dua prestasi menonjol setelah itu, ialah juara liga 2008-2009 dan 2010-2011.


Berbalik kepada topik di awal, ada banyak sekali fakta di balik Tanah Mutiara Hitam ini. Adapun beberapa di antaranya yaitu :

1. Tidak banyak yang  mengetahui bahwa sebenarnya kata "PAPUA" dan "IRIAN" tidak disukai oleh penduduk aslinya karena kedua kata tersebut mempunyai arti yang kurang bagus. Mereka lebih suka disebut dengan sebutan "NUU WAAR".

2. Kata "PAPUA" memiliki arti yang kurang baik dan dikembangkan oleh bangsa Portugis dan Belanda pada masa kekuasaanya di Papua untuk memecah belah rakyat Papua. 

3. Di Papua terdapat 268 bahasa daerah selain Bahasa Indonesia yang digunakan dan dikembangkan oleh berbagai suku di sana.

4. Terdapat lebih dari 255 (52 %) suku asli di wilayah Papua. Sedangkan 48% nya adalah Non-Papua, yang didominasi oleh suku dari Jawa dan dari Sulawesi.

5. Di Papua terdapat Puncak Jaya Wijaya yang merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian diatas 5.000 meter. Puncak ini unik karena bersalju abadi padahal terletak di garis khatulistiwa.



6. Papua memiliki beberapa fauna khas, diantaranya Cendrawasih, Kanguru, Kus-kus, dan Kasuari yang endemik di wilayah tersebut.

7. Di Papua terdapat tumbuhan obat yang disebut "SARANG SEMUT" dan "BUAH MERAH" yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan ada yang mengatakan bisa menyembuhkan penyakit HIV/AIDS.

8. Salah satu senjata tradisional suku Papua adalah Pisau Belati yang terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan hulunya dihiasi bulu dari kasuari pula.

9. Papua sebenarnya memiliki potensi alam yang luar biasa, contohnya adalah tambang tembaga dan emas Freeport, dan potensi wisata Raja Ampat yang katanya merupakan wisata laut terbaik kedua di Indonesia setelah Bali.

10. Di Papua terdapat tradisi MOP, yaitu lelucon yang diturunkan oleh bangsa Belanda. Tradisi ini diadopsi dari perayaan tahunan orang-orang di Eropa, yaitu April MOP.

11. Kabar terbaru ditemukan bahwa telah ditemukan sebuah gua di Pegunungan Lina, Manokwari yang disebut-sebut sebagai gua terdalam di dunia dengan kedalaman 2.000 m oleh tim ekspedisi speologi Prancis.

12. Situs purbakala tertua yang ditemukan di Papua diperkirakan telah berusia (40.000-50.000 tahun SM). 

13. Tas rajutan khas Papua yang disebut Noken, telah di tetapkan sebagai warisan budaya dunia dalam sidang UNESCO di paris, prancis, pada 4 desember  2012. Tahun ini, selain Noken, terdapat pula  Subak dan Tenun yang juga diakui.


Tentunya masih banyak sekali fakta di balik Tanah Mutiara Hitam Papua yang belum terjelaskan dalam artikel ini, bahkan dalam penemuannya sendiri. Semoga sajian dalam artikel mengenai kekayaan dan keunikan di wilayah Papua ini dapat menambah informasi dan pengetahuan Kita akan kekayaan yang dimiliki di Nusantara yang patut disyukuri dan Kita jaga. Kalau bukan Kita, siapa lagi yang akan melakukannya !? We Love Indonesia!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Program Studi Favorit Di Universitas Balikpapan

Sebagai negara yang memiliki begitu banyak daerah yang terpisahkan oleh pulau-pulau, tidak heran jika di Indonesia tentunya memiliki ratusan perguruan tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang akan dibahas kali ini yaitu kampus yang berada di daerah Kalimantan bagian Timur dengan Universitas yang dimilikinya yaitu Universitas Balikpapan. Berbicara tentang Prodi (Program Studi) yang biasanya disediakan di tiap universitas, berikut terdapat 7 Jurusan paling diminati oleh mahasiswa baru di Universitas Balikpapan ini. Jurusan ini antara lain:



1. Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa biasanya ada pada jurusan Pendidikan Keguruan yang berfokus pada mata pelajaran, seperti IPS, IPA, Matematika, Bahasa dan sebagainya, yang termasuk juga di dalamnya yaitu Pendidikan Keolahragaan. Tingkat persaingan akan semakin sulit, jika semakin sedikit Perguruan Tinggi yang membuka program studi ini. Hal ini dapat disebabkan oleh karena dibutuhkannya orang-orang yang dapat menerima materi praktek dan teori dengan lebih cepat, karena yang dipelajari pada bidang ini yaitu mata pelajaran sekolah, serta teknik mengajar yang benar sebagai persiapan untuk menjadi guru.


2. Teknik

Biasanya, siswa yang menyukai Ilmu Sains yang cukup cerdas kebanyakan akan melanjutkan di jurusan teknik, khususnya bagi siswa laki-laki. Persaingan akan menjadi lebih ketat jika ada banyaknya siswa berkompeten yang mendaftar ke suatu universitas. Apalagi tidak banyak Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang membuka Jurusan Teknik.  Prodi yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dijalani, dikarenakan bukan hanya teori yang harus dapat dipelajari dan dikuasai, tetapi juga di tindaklanjuti dengan melakukan praktek-praktek yang bersifat teknis.


3. Teknik Informatika

Di abad ke-21 saat ini, Teknik Informatika atau TI menjadi jurusan favorit bagi para peminat di bidang IT. Persaingan untuk masuk jurusan ini cukup mudah, karena cukup banyak Perguruan Tinggi yang membuka program studi ini. Namun, daya tampung dari tiap-tiap universitas untuk program studi ini sangat sedikit, biasanya hanya mencapai 20 orang penerimaan mahasiswa dari sekian ribu orang yang mendaftar pada jurusan.


4. Kedokteran

Hampir 50% siswa Sains ingin melanjutkan studi  ke jurusan Kedokteran. Namun, pada umumnya dan memang benar adanya bahwa jurusan ini membutuhkan biaya yang mahal untuk masuk ke dalamnya. Mereka yang ingin masuk ke Jurusan Kedokteran ini bukan hanya akan bersaing dalam segi kecerdasan, tetapi juga dana yang dikeluarkan hingga ratusan juta rupiah.  Biasanya, siswa yang dapat masuk ke jurusan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan tentang ilmu Sains dengan baik, serta berasal dari keluarga yang ekstrafinansial atau kaya.


5. Kebidanan - Keperawatan

Jurusan kuliah ini yang paling disukai oleh para perempuan. Hampir 70% siswi ingin  melanjutkan studi ke jurusan keperawatan dan kebidanan. Untuk Perguruan Tinggi Negeri, persaingannya yang akan dihadapi cukup sulit. Namun, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta yang membuka prodi kebidanan-keperawatan ini.


6. Psikologi

Di Perguruan Tinggi Negeri seperti UGM maupun Unair, Jurusan psikologi sangat banyak diminati oleh mahasiswa baru. Selain itum banyak juga Perguruan Tinggi Swasta yang  membuka Jurusan Psikologi sebagai jurusan alternatif jika ingin sekali menggeluti jurusan ini.


7. Ekonomi, Bisnis, Akuntansi

Ketiga jurusan ini berasal dari  satu rumpun yang sama, dan merupakan bidang favorit bagi mereka yang berasal dari siswa Ilmu Sosial (IPS).


Hampir semua jurusan di atas cukup sulit untuk ditembus di Perguruan Tinggi Negeri, terutama karena faktor peminat yang banyak serta biaya yang cukup tinggi. Sebenarnya, passing grade (standar minimal nilai) hampir sama semua jurusan, namun yang lebih sulit adalah persaingan antar pendaftar yang akan diterima dan yang di tolak setelah mendaftarkan diri pada suatu universitas. Dan jika kamu tertarik dengan beberapa jurusan di atas, memilih Universitas Balikpapan ini merupakan salah satu pilihan yang dapat kamu ambil. 



PENDIDIKAN AKADEMIK 

secara umum, Pendidikan Akademik dimaksudkan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta menyebarluaskan penggunaannya untuk meningkatkan taraf pendidikan kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Pendidikan Akademik yang dimaksud ini adalah Program Sarjana.

Pendidikan program Sarjana bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang :

1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu yang di miliki sehingga mampu menemukan, memahami, serta menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahlian di bidangnnya.

2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama yaitu sopan santun, budi pekerti serta bermoral.

3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam kehidupan bersama masyarakat.

4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuannya, teknologi, kesenian yang merupakan keahlian bidang yang dimiliki.


Para mahasiswa di universitas Balikapapan ini dituntut untuk memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Mempunyai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya.

2. Mempunyai kemandirian dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya, serta

3. Mempunyai kemampuan melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.


Jadi, dalam suatu universitas itu tidak hanya mendidik dengan jurusan masing-masing yang telah disediakn, namun juga dididik untuk membangun mental mahasiswa agar menjadi orang terpelajar yang memiliki karakter yang keteladanan, serta dapat dicontoh dari segi cara belajar maupun kegiaan-kegiatan positif yang dilakukan. 


Dari keseluruhan jurusan dengan jumlah peminat terbanyak akan melahirkan lulusan dari rata-rata hingga lulusan terbaik. Masing-masing memiliki kemampuan yang lebih, dan hal tersebut akan mempermudah dalam mencari pekerjaan yang bertujuan mewujudkan cita-cita dari hasil pendidikan serta bakat dari keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa. Banyaknya lowongan perusahaan yang terbuka juga menyebabkan banyaknya lulusan mahasiswa bersaing untuk menjadi pekerja dalam suatu perusahaan. Akibat dari hal tersebut menjadikan banyaknya mahasiswa lulusan sarjana sekalipun tidak mendapatkan pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran.



Keaktifan, ketekukan, kerja keras, serta kesabaran, merupakan modal yang sangat penting dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya seperti di Universitas Balikpapan yang selalu berusaha untuk menanamkan sifat-sifat positif tersebut di dalam diri mahasiswanya.  Hal ini bertujuan agar pendidikan yang telah dijalani selama hidup mereka tidak akan sia-sia, seperti yang terjadi pada para mereka yang pengangguran. Bekerja pada bidang atau jurusan yang dikuasai itu sangat mudah, sedangkan bekerja pada bidang yang tidak dikuasai itu benar-benar sulit. Ada banyak sarjana yang bekerja dengan bidang yang tidak sesuai dengan keahlian maupun jurusan yang pernah di ambil semasa perkuliahannya, sehingga terjadi ketidaknyamanan dan kesulitan. Maka dari itu, cermatilah jurusan dalam universitas yang Kamu pilih dan sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Semoga bermanfaat! 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Profil Universitas Mulawarman

Di zaman saat ini, sudah tidak dapat ditawar lagi bahwa pendidikan merupakan aset serta prioritas utama untuk merintis kesuksesan, dan tentunya juga untuk mendapatkan pekerjaan yang di cita-citakan bagi tiap individu. Namun, persaingan dalam pendidikan yang terutama menyandang sebagai salah satu universitas favorit, sudah menjadi fenomena yang umum terjadi saat menghadapi tahun ajaran baru perkuliahan. Salah satu perguruan tinggi yang ternama di Indonesia, tepatnya di  Kalimantan yaitu Universitas Mulawarman.



Universitas Mulawarman atau UNMUL, merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, yaitu mencapai lebih dari  35 ribu orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1960-an adalah daerah yang masih dihuni oleh sedikit penduduk dan penyebarannya tidak merata, bahkan banyak daerah yang terisolir sehingga sebagian aktivitas tidak dapat dilakukan. Dari kota Balikpapan ke kota Samarinda saja harus ditempuh dalam waktu 1 hari melalui jalan darat dan sungai. Banyak pemudi dari daerah Kalimantan Timur yang melanjutkan pendidikan tinggi harus menuju Banjarmasin, Makassar atau kota-kota di Pulau Jawa. Karena itulah, atas keinginan masyarakat Kalimantan Timur, direncanakanlah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan kemudian meminta Bupati Yoeda Soebrata mengundang mengadakan pertemuan dengan para pemuka masyarakat di Samarinda, dan kemudian berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni 1962, maka dibentuklah Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda.

Demi menopang kebutuhan dana, fasilitas, serta peralatan di Perguruan Tinggi Universitas Mulawarman, ditetapkan juga Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman yang dipimpin oleh Abdul Aziz Samad, serta pengurus-pengurusnya. Di antaranya adalah E. Abdul Samad sebagai sekertaris dan, Dorinawati Samalo sebagai bendahara di yayasan tersebut. Pada tanggal 28 Juni 1962 kemudian ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan yang dibantu Husein Achutanair dan Syahidin, BA sebagai penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Ibukota Jakarta. 

Perguruan Tinggi Mulawarman kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 28 September 1962. Namun, namanya kemudian diubah yang kemudian menjadi Universitas Mulawarman, di mana nama ini diresmikan oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir.Soekarno pada tanggal 23 April 1963.  Dan di tetapkanlah peresmian berdirinya Universitas Mulawarman ini pada Tanggal 27 September 1962.

Berbicara mengenai simbol, lambang pada Universitas Mulawarman ini berupa perisai dengan warna dasar hijau, yang melambangkan tentang Pengetahuan. Di dalamnya juga terdapat gambaran jalinan rotan dengan warna kuning yang menunjukkan persatuan yang terjalin antara berbagai suku dan aliran yang terdapat di Indonesia khususnya di Kalimantan, dengan perahu yang berwarna hitam putih, melingkari sisi-sisi lingkaran yang membawa guci berwarna putih-cokelat, yang menyatakan akan kewajiban Universitas untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan baik dalam bidang studi yang ditekuni oleh mahasiswa, maupun pengembangan diri yang di aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Guci itu sendiri, khususnya di pedalaman Kalimantan Timur, adalah tempat menyimpan barang-barang keramat atau untuk menyimpan tulang-belulang nenek moyang para pendahulu generasi mereka.



Guci Suci pada lambang Universitas Mulawarman pun melambangkan wadah untuk menyimpan ilmu pengetahuan yang harus dikembangkan dan disampaikan kepada putra-putri Indonesia agar menjadi generasi yang berwawasan ilmu pengetahuan yang baik dan berkarakter serta bermoral. Dan gambar Perahu berlayar pada lambang tersebut terdapat 3 garis putih berombak di bawah perahu, karena seperti diketahui, kota Samarinda tempat Universitas Mulawarman berdiri, terletak di pinggir sungai Mahakam. Dan Roda gigi berwarna kuning yang melingkari perahu menunjukkan zaman berada dalam taraf kemajuan teknik yang luar biasa, namun tetap berkepribadian yang baik.

Universitas Mulawarman pun memiliki fasilitas yang disediakan oleh mahasiswa untuk di pergunakan sebagaimana mestinya, yang begitupun lingkungan yang sangat asri dan nyaman. Universitas Mulawarman juga memilki berbagai fasilitas penunjang perkuliahan, diantaranya fasilitas Ruang kuliah modern yang representatif  serta lengkap dan memudahkan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang memiliki kegiatan studi dan membutuhkan ruangan seperti itu, serta fasiltas hotspot dan internet 24 jam dengan akses yang begitu luas di peruntukkan untuk mahasiswa, fasilitas perbankan yaitu penyedian ATM yang berlaku selama 24 jam, fasilitas olahraga, fasilitas perpustakaan, fasilitas Laboratorium, dan fasilitas-fasilitasnya. 

Di Universitas inipun di sediakan banyak jenis fakultas serta institusi yang begitu lengkap dan tersedia bagi para mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di universitas tersebut. Begitupun kegiatan-kegiatan di luar mata kuliah dari mahasiswa yang begitu banyaknya, dan biasanya lebih lumrah disebut sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi mahasiswa yang ingin memasuki baik itu komunitas maupun organisasi-organisasi yang didirikan oleh para pelajar di Universitas Mulawarman ini, baik itu kegiatan peduli lingkungan atau Pramuka, maupun kegiatan yang bergerak di bidang agama. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan berupa fasilitas, prestasi, serta sejarah unik dari Universitas Mulawarman Kalimantan ini. Semuanya adalah lembaga yang bertujuan untuk mendidik anak-anak bangsa agar menjadi penerus yang hebat dan bermoral serta budi pekerti yang luhur. Di dalam suatu pendidikan itu tidak hanya mengajarkan pengetahuan mata pelajaran tetapi juga dididik mental tiap mahasiswanya  agar menjadi lebih semangat dalam berkarya dan mencapai prestasi tertinggi di bidangnya.


Selain itu, berkenaan dengan beasiswa, tentunya bagi kalangan mahasiswa yang kurang mampu maupun yang berprestasi telah di sediakan bagi mereka beasiswa di kampus ini, di antaranya :

1. Beasiswa Bidikmisi
2. Beasiswa Osaka Gas Company
3. Beasiswa PPA (Dikti)
4. Beasiswa BBM (Dikti)
5. Beasiswa Kaltim Cemerlang (Pemprov)
6. Beasiswa Bankaltim
7. Beasiswa BRI
8. Beasiswa Bank Indonesia
9. Beasiswa Supersemar
10. Beasiswa Supersemar Unggulan
11. Beasiswa Eka Tjipta Foundation
12. Beasiswa PT. Pupuk Kaltim
13. Beasiswa Total E & P Indonesia
14. Beasiswa PT. LNG Bontang
15. Beasiswa Djarum
16. Beasiswa PT. Toyota/Astra Internasional
17. Beasiswa PT. TASPEN
18. Beasiswa BUMN
19. Beasiswa Karya Salemba Empat
20. Beasisiwa Bakri Foundation


Di Universitas Mulawarman ini juga telah banyak lahir penerus bangsa dengan prestasi yang gemilang dan membanggakan, serta hasil yang benar-benar memuaskan sesuai perjuangan meraih kesuksesan yang nyata. Di Lembaga ini, para mahasiswa dididik untuk menjadi seorang yang berkarakter, yang berpegang teguh dengan prinsip agar menjadi referensi yang memudahkan nantinya di masa yang akan datang. Semuanya telah tersedia dan tinggal bagaimana mahasiswa memanfaatkan Sumber Daya yang ada sebaik mungkin dan tidak menyia-nyiakannya, karena kerugian itu bukan datang pada pihak universitas, tetapi terhadap pribadi sendiri. Seperti itulah tuntutan prinsip yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa yang baik di Universitas ini. Cukup menarik bukan? 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Profil Universitas Balikpapan

Universitas Balikpapan atau yang sering disebut UNIBA, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini mulai berdiri pada tahun 1981, tepatnya pada pada tangal 1 Juli. Pada tahun 2006-2011 kampus ini pernah dipimpim oleh seorang Rektor yaitu Prof. Dr. Ellyano S. Lasam, SE., M.Si, dan kemudian digantikan oleh Rektor yang sekarang yaitu Dr. H. Suhartono, SE., MM.



Demi pengembangan dan kemajuan selanjutnya berdasarkan sumber-sumber yang ada, tepatnya pada tanggal 24 Maret 1982, Universitas Balikpapan ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur berdasarkan Akte Notaris Muhammad Rasjid Umar, SH Nomor : 162 tahun 1982, yang kemudian ditandatangani oleh 3 unsur, yaitu :

1. Ketua Dewan Pimpinan Daerah PEPABRI Kalimantan Timur yang bertindak untuk dan atas nama Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Kalimantan Timur. 
2. Ketua Harian DPD Kosgoro mewakili DPD Kesatuan Organisasi Gotong Royong Tingkat I Kalimantan Timur. 
3. Wakil Ketua Yayasan Dharma Wirawan Kalimantan Timur. 


Universitas Balikpapan ini memiliki 7 macam fakultas yang di antaranya adalah :

1. Fakultas Ekonomi 
2. Fakultas Hukum 
3. Fakultas Sastra Inggris 
4. Fakultas Teknik Sipil 
5. Fakultas Teknik Industri 
6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
7. D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja 


Pada awal berdirinya, Universitas Balikpapan memiliki 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum (FH).  Dalam perkembangan selanjutnya, Uniba kemudian telah memiliki 5 Fakultas, yang  bahkan saat ini telah mencapai 7 macam fakultas yang semuanya memiliki banyak peminat. Kemudian, selain mengadakan program Diplomat 3 (D3) serta Strata 1 (S1), pada tahun 2008 UNIBA mulai menyelelengarakan Program Pascasarjana untuk Program Studi Ilmu Hukum dan Magister Manajemen.


Jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahunnya di Universitas ini  mencapai angka ribuan, yang juga menghasilkan banyak lulusan sarjana dan lain-lainnya. Di sinilah para mahasiswa yang telah lulus akan memulai perjalanan baru dengan mencari pekerjaan sesuai bidang yang telah ditekuni semasa menjalani perkuliahan di kampus. Selain itu, Universitas Balikpapan ini memiliki visi dan misi serta tujuan yang tentunya memberi manfaat bagi para pelajar yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi ini, yaitu :

Visi

“Sebagai Pusat  Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni (IPTEKS) Berbasis Riset Terdepan Di Kalimantan Timur Yang Mendukung Sektor Industri Jasa.”

Misi

1. Mengembangkan dan memperkuat organisasi perguruan tinggi yang sehat dan dinamis berbasis IT.

2. Menyelenggarakan pendidikan  berkualitas pada program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi  berbasis riset dan IT.

3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa mandiri dalam mengembangkan IPTEK di bidang  industri jasa.

4. Melaksanakan dan meningkatkan mutu penelitian untuk pengembangan IPTEK serta menyebarkan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

5. Meningkatkan dan mengembangkan program pengabdian pada masyarakat dalam upaya mencerdaskan  masyarakat.


Tujuan

1. Mengelola Organisasi  secara akuntabel dan transparan berbasis IT.

2. Menjalankan Organisasi berorientasi pada perkembangan lingkungan.

3. Menyelenggarakan program pendidikan akademik, vokasi, dan  profesi sesuai dengan kebutuhan stakeholders.

4. Menghasilkan  lulusan yang mampu bersaing  di pasar kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja berbasis IPTEK yang mendukung sektor industri jasa.

5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang IPTEK dan   menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders).

6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan program  pengabdian pada masyarakat  bagi kesejahteraan  masyarakat.


Di tiap fakultas yang berada di Universitas Balikpapan ini juga memiliki dekan-dekan yang sangat produktif dalam mendidik para mahasiswa di fakultas mereka, yang diantaranya yaitu :

- Dekan Prof. Dr. Ellyano S. Lasam, SE., M. Si
- Dekan M. Nasir, SH., M. Hum
- Dekan Drs. Sumardjo, MA
- Dekan Rahmat, ST., MT
- Dekan Ir. Manaseh, M.Eng
- Dekan Casmudi, S.Pd., M.Pd
- Ketua Maslina

Ketujuh nama di atas merupakan para Dekan dari tiap fakultas yang terdapat di universitas Balikpapan ini. Berkenaan dengan pencapaian prestasi, tidak jarang mereka para mahasiswa Universitas Balikapan ini memiliki pencapaian yang begitu luar biasa dalam meraih prestasi dan tidak kalah dengan universitas-universitas lain yang berada di daerah Kalimantan. 

Para mahasiswa dari kampus ini memiliki cukup banyak pendatang yang berasal dari daerah lain demi mengenyam pendidikan di universitas tersebut. Beberapa mahasiswa pendatang yang paling banyak diantaranya mereka yang berasal dari pulau daerah Sumatra, Sulawesi dan Jawa. Ini membuktikan bahwa universitas inipun merupakan universitas yang bertaraf tinggi dan cukup diakui di Indonesia, karena sebagian orang tidak mementingkan arti dari sebuah nama Universitas yang meskipun jarang didengar, namun yang dilihat adalah  kualitas pendidikan yang ada pada universitas tersebut. Hal ini berkaitan dengan baik itu  berupa fasilitas, kurikulum dan materi-materi perkuliahan yang juga tidak kalah dengan universitas lain, sehingga dapat mengangkat nama dan menjadi salah satu Universitas yang Top dan diakui di Indonesia.



Tidak sedikit kalangan-kalangan muda mendaftarkan diri di universitas ini yang kemudian bersaing untuk meraih posisi di Universitas Balikpapan ini, baik itu melalui jalur SNMPTN, maupun jalur lainnya. Bagi mereka yang tidak lulus jalur pertama yaitu SBMPTN, yang kemudian menjadi keunikan dan kehebatan dari  universitas ini, yaitu dimana para pengurus serta elemen-elemen universitas akan mengkaji dan meneliti tiap-tiap individu yang mendaftar, yaitu mereka di perbolehkan untuk memasuki universitas ini, dan menjadi mahasiswa, serta bagi mereka yang belum berkenan diterima di universitas yang dikarenakan adanya pemeriksaan ketat dari nilai Rapor dari pendaftar keseluruhan.

Banyaknya persaingan dalam meraih posisi di perguruan tinggi menyebabkan banyaknya lulusan SMA bahkan terpaksa sampai menganggur di Kalimantan. Maka dari itu tentunya, Universitas Balikpapan menyediakan dan memiliki daya tampung yang begitu besar sesuai fakultas dan jurusan yang ada, sehingga kemungkinan ketidaklulusan para pendaftar di universitas tersebut menjadi minim.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



9 Fakultas Pertanian Terbaik di Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara agraris di ASEAN yang telah dikenal, di mana sudah barang tentu rakyatnya banyak yang berkerja di bidang pertanian. Berbagai program pendidikan yang berhubungan dengan bidang pertanianpun telah banyak dan tersebar luas di berbagai universitas di Indonesia. Lulusan dari pendidikan di bidang pertanian tampaknya juga akan semakin dibutuhkan, mengingat semakin diperlukannya masyarakat untuk lebih mengembangkan Sumber Daya Alam dan hal-hal lain di bidang pertanian dan lingkungan. Selain dalam negeri, program studi ini pada kenyataannya juga banyak dimiliki oleh kampus yang berada di luar negeri. Kamu tertarik ingin mengetahui atau menjadi salah satu pemilik program studi pertanian tingkat internasional? Berikut  9 universitas terbaik di dunia di bidang pertanian :



1. UC Davis, College of Agriculture and Environmental Sciences

UC Davis College of Agriculture and Environmental Sciences, atau di dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan adalah salah satu lembaga pendidikan di bidang pertanian dan lingkungan di bawah University of California, Davis yang berlokasi di Amerika Serikat. Sekolah ini merupakan sekolah terbaik di bidang pertanian dan kehutanan. Memiliki tujuan untuk dunia yang lebih baik, peningkatan standar hidup dan hidup yang lebih sehat, Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan yang berdiri pada tahun 1922 ini mengoptimalkan pendidikan di bidang penelitian. Di bawah sekolah ini masih dipecah menjadi 2 bagian, yaitu bagian pertanian dengan jurusan seperti Entomologi, Nematologi, Ilmu Hewan, Agronomi dan Ilmu Jarak, dan lain-lain serta di bagian lingkungan terdapat jurusan seperti Ilmu dan Aturan Alam, Arsitektur Lanskap dan lainnya. 


2. Wageningen University and Research Centre 

Wageningen UR adalah universitas yang menyelenggarakan pendidikan sarjana, master hingga doktoral di bidang ilmu hayati yang lebih terkonsentrasi di penelitian. Lebih jauh lagi, penelitian di Wageningen UR ini mendalami permasalahan sosial, saintifik dan komersial mengenai ilmu dan Sumber Daya Alam. Wageningen UR menampung setidaknya 10 ribu mahasiswa yang tersebar di 100 negara. Universitas ini adalah universitas pertama di Belanda yang menggunakan label ECTS yang merupakan jaminan dari European Commission untuk jaminan kualitas pendidikan. Ada sekitar 10 lembaga penelitian yang merupakan bagian dari Wageningen UR. Di tingkat sarjana, terdapat beberapa cabang yaitu Alam dan Lingkungan, Teknologi, Sosial Ekonomi, Kesehatan dan Hewan dan Tumbuhan. Alumni dari kampus ini ada yang menjadi akademisi, botanis, menteri dan lainnya.


3. College of Agriculture and Social Science, Cornell University 

Dengan sekitar 3100 mahasiswa tingkat sarjana dan 1000 mahasiswa pascasarjana, College of Agriculture and Social Science atau biasa disingkat CALS yang merupakan bagian dari Cornell University merupakan sekolah tinggi terbesar ke-3 di Amerika Serikat dan ke-2 terbesar di Cornell. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah pertanian yang tergabung di Ivy League, dan program bisnisnya merupakan satu dari tiga sekolah Ivy League yang terakreditasi oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business atau AACSB. Cornell University memiliki The Cornell University Esbaran Amazon Field Laboratory yang baru diresmikan tahun 2001. Laboratorium ini merupakan fasilitas penilitan yang dibangun dengan kerjasama dengan Amazon Yarapa River Lodge. Laboratorium ini terletak di hutan hujan Amazon yang terletak di bantaran sungai Yarapa. Alumni dari kampus ini ada yang bekerja sebagai botanis ataupun bidang lain yang kebanyakan berkarir di bidang pertanian.


4. University of Wisconsin – Madison College of Agriculture and Life Science

Sekolah Pertanian dan Ilmu Hayati yang merupakan bagian dari Universitas Wisconsin – Madison ini memiliki lebih dari 2000 mahasiswa sarjana dan lebih dari 1000 mahasiswa pascasarjana. Universitas yang berdiri pada tahun 1889 memiliki 25 bidang studi meliputi Ekonomi Terapan, Pertanian, Biokimia, Biologi an sebagainya. Sekolah ini setiap tahun melakukan lebih dari 6000 peneliitian seputar tantangan mendasar terhadap ilmu pengetahuan untuk mengatasi masalah dan memaksimalkan peluang yang ada di Peternakan dan Bisnis Wisconsin. Sekolah ini juga menjalankan 12 tempat penelitian berskala nasional dengan 65 ribu are tanah yang digunakan untuk penelitian. Beberapa peraih Penghargaan Nobel juga punya hubungan dengan CALS Universitas Wisconsin – Madison. 


5. Texas A&M University, College of Agriculture and Life Science 

Dahulu sekolah ini bernama Agricurtural and Mechanical College of Texas pada tahun 18766. Sekolah ini saat ini merupakan yang terdepan di berbagai disiplin ilmu dengan berbagai pengalaman di bidang agronomi dan ilmu hewan sampai ke program yang baru seperti ilmu jarak dan forensik. Para dosen disini telah melakukan penelitian di bidang-bidang seperti bensin di masa depan, membuka kunci misteri gen untuk menyembuhkan penyakit dan memastikan keamanan, nilai nutrisi dan lain-lainnya. Sekolah ini memiliki sekitar 7200 mahasiswa di tingkat sarjana dan pascasarjana. Sekolah ini juga memiliki lebih dari 400 dosen. Ternyata, melalui College of Agriculture and Liife Science, Texas A&M University ini telah meluluskan sarjana terbanyak di bidang pertanian dan sekitarnya. Alumni dari sekolah ini banyak yang menjadi pemimpin di bidang industri, pemerintahan, bisnis dan bidang non-profit di seluruh dunia. 


6. Purdue University College of Agriculture 

Purdue University College of Agriculture yang berlokasi di Amerika Serikat ini merupakan salah satu kampus terbaik duni di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga Ilmu Sumber Daya Alam. Sekolah Pertanian Universitas Purdue memiliki beberapa program untuk menunjang pendidikan mahasiswa seperti :

- Purdue Agriculture’s Office of Academic Programs yang akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pimpinan di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga ilmu Sumber Daya Alam.
- Agricultural Research at Purdue yang bertujuan untuk membuat pertanian menjadi lebih bermanfaat, khususnya untuk masyarakat Indiana, Amerika Serikat bahkan dunia.
- The College of Agriculture’s International Programs in Agriculture yang mengkombinasikan pendidikan dan organisasi di tingkat dunia untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Alam, pertanian dan sistem makanan.
Lalu masih ada lagi program-program penunjang mahasiswa di Purdue University College of Agriculture, yang hampir semuanya bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pertanian untuk kemudahan hidup manusia. 


7. School of Agricultures and Food Science, University of Queensland 

Di School of Agricultures and Food Science, yang berada di bawah University of Queensland merupakan sekolah yang fokus di disiplin ilmu seputar Agribisnis, Ilmu Hewan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Makanan dan Ilmu Kehidupan Alam.

8. College of Agricultural Science, Oregon State University 

Sekolah ini merupakan sekolah utama dibawah Oregon State University dalam pendidikan dibidang pertanian, sistem pangan, kualitas lingkungan, Sumber Daya Alam dan kehidupan alam. Penelitian di kampus ini mendorong mahasiswa untuk mampu menyelesaikan masalah dan membangun pengetahuan sebagai dasar untuk masa depan. Mahasiswa dan dosen disini tidak sedikit yang menerima penghargaan di bidang pertanian.



9. College of Agricultural Science, Pennsylvania State University 

College of Agricultural Science merupakan salah satu fakultas di Pennsylvania State University dengan 12 program pendidikan. Ini merupakan salah satu lembaga pendidikan dan penelitian terbaik di Amerika Serikat. Salah satu prestasi dari sekolah ini adalah melakukan penelitan Colony Collapse Disorder yang menjadi jalan bagi sekolah ini untuk mendapat suntikan dana sebesar 100 ribu dolar AS.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



6 Universitas Terbaik di Jerman

Tidak bisa dipungkiri bahwa kuliah luar negeri, khususnya di negara Eropa, mampu menyediakan fasilitas serta kualitas pendidikan yang sangat bagus. Jerman misalnya, salah satu dari negara dengan kualitas pendidikan yang lebih baik tersebut. Dengan adanya komitmen yang serius dari Pemerintah Jerman untuk selalu memperbaiki dan menjaga kualitas pendidikan di negerinya, membuat Jerman termasuk dalam negara yang menjadi favorit bagi para pencari ilmu dari seluruh dunia. 

Hampir setiap kota di Jerman memiliki minimal 1 universitas berkelas dunia. Di Jerman ada sekitar 17 universitas yang masuk dalam penilaian 250 universitas terbaik di seluruh dunia, dan hampir semua kampus yang ada di Jerman ada di posisi 650 universitas terbaik di Jerman. Universitas mana saja yang berada di posisi paling atas di negeri ini? Berkuliah.com akan mencoba mengulas informasinya sebagai berikut: 

image credit

1. Heidelberg University

Heidelberg University merupakan universitas tertua di Jerman yang berlokasi di Heidelberg, Baden-Württemberg. Universitas ini didirikan pada tahun 1386 dan saat ini memiliki 12 fakultas dan sekitar 100 disiplin ilmu di tingkat Sarjana, Magister dan Doktor. Universitas ini memiliki lebih dari 30 ribu mahasiswa dan lebih dari 5 ribu dosen dan peneliti, yang 450 diantaranya bergelar profesor. Heidelberg University juga telah bekerja sama dengan sekitar 13 pusat penelitian dan pembelajaran, baik di sekitar kampus maupun di seluruh dunia. Lulusan maupun dosen dari Heidelberg University ini banyak yang telah menjadi pionir filsafat, penyair, teologian, ahli ilmu alam dan ilmu sosial. Banyak diantaranya juga merupakan penggerak di bidang pendidikan. Heidelberg University juga terhubung dengan 55 peraih Penghargaan Nobel, 18 perah Penghargaan Leibniz dan 2 peraih Penghargaan Oscar. 


2. Technische Universität München

Universitas yang dalam bahasa inggris disebut Munchen Technical University ini merupakan universitas yang berlokasi di Munich, Freising-Weihenstephan dan Garching. Universitas ini merupakan salah satu anggota TU9. TU9 ini sendiri adalah kumpulan dari 9 universitas yang terbaik, tertua dan terbesar di seluruh Jerman yang memiliki fokus pendidikan di bidang teknologi dan teknik. Setidaknya di dalam kampus ini terdapat 23 ribu mahasiswa tingkat Sarjana dan Pascasarjana, 9 ribu anggota staff dan 500 profesor. Di Munchen Technical University sendiri memiliki 13 fakultas dan merupakan salah satu universitas yang berfokus di bidang penelitian di tingkat Eropa. Universitas ini memiliki ikatan dengan sedikitnya 10 lembaga riset. Universitas ini memliki 13 orang peraih Penghargaan Nobel di berbagai bidang.


3. Ludwig Maximilian University of Munich

Universitas yang berlokasi di Munchen ini juga termasuk salah satu yang tertua di Jerman. Gedung utama Universitas ini terletak di Geschwister-Scholl-Platz, namun kampusnya tersebar di seluruh Munich. Ludwig Maximilian University ini memiliki 18 fakultas dalam berbagai disiplin ilmu seperti Fakultas Ekonomi, Teologi, Ilmu Sosial dan lain-lain. Kampus ini juga sedikitnya memiliki 5 pusat penelitian yang terikat dengannya. Universitas ini juga menjadi basis oleh kelompok anti Nazi, White Rose. Kurang lebih ada 45 ribu mahasiswa belajar di sini. Kampus ini memiliki hubungan dengan 34 peraih Penghargaan Nobel. 


4. University of Freiburg

University of Freiburg atau nama lengkap kampus ini, Albert Ludwig University of Freiburg adalah universitas yang bertempat di  Freiburg im Breisgau, Baden-Württemberg. Universitas ini adalah universitas yang dikenal dengan pendidikannya dalam  bidang Humaniora, Ilmu Alam dan Ilmu Sosial. Universitas ini memiliki 11 fakultas. Universitas ini memiliki 3 kampus yaitu pusat universitas, kuarter institut dan kampus teknik. Selain 3 kampus tersebut, kampus dari Universty of Freiburg ini tersebar di seluruh kota Freiburg. Sekurang-kurangnya ada 21 ribu mahasiswa yang belajar di kampus ini yang sekitar 16 persennya merupakan mahasiswa internasional. University of Freiburg menerapkan sistem yang ramah lingkungan melalui kelompok Sustainable University of Freiburg dan di kampus ini juga terdapat Solar-Uni Freiburg yang dibuat dengan tujuan untuk keberlangsungan lingkungan dan selain itu juga digunakan untuk penelitian. Sebanyak 12 institut lokal juga bekerja sama dengan University of Freiburg. Beberapa afiliasi dari University of Freiburg juga merupakan peraih Penghargaan Nobel dan Leibiniz.


5. Free University of Berlin


Seperti yang tertera di namanya, universitas ini bertempat di jantung negara Jerman. Universitas ini dikenal di bidang penelitian Humaniora dan Ilmu Sosial, walaupun di bidang Ilmu Alam dan hayatinya juga tidak kalah. Lokasi kampus ini sendiri sebagian besar berada di taman residen di Dahlem, baratdaya Kota Berlin. Universitas ini memiliki perpustakaan dengan inventori sebanyak 2,5 juta volume dan lebih dari 25 ribu jurnal di perpustakaan pusat. Ditambah dengan 49 perpustakaan di institutnya, perpustakaan Free University of Berlin merupakan yang paling besar di Jerman. Di kampus ini tersedia 12 fakultas dan memiliki kerja sama dengan sekitar 11 pusat penelitian. Sama seperti kampus-kampus besar lain di Jerman, Free University of Berlin memiliki ikatan dengan beberapa peraih Penghargaan Nobel dan Leibniz.


6. Karlsruhe Institute of Technology

Universitas yang juga merupakan anggota TU9 ini berlokasi di Karslruhe, Baden-Württemberg yang merupakan tempat bagi beberapa universitas-universitas besar di Jerman. KIT ini baru berdiri di tahun 2009, dimana ketika University of Karlsruhe bergabung dengan Karlsruhe Research Centre. Universitas ini memiliki 11 fakultas. Di dalam universitas ini juga terdapat Centre of Innovation and Entrepeneurship yang merupakan wadah untuk para mahasiswa, dosen serta staff yang ingin memulai dirinya untuk menjadi pengusaha. Atas inisiasinya, melalui Centre of Innovation and Entrepeneuship membuat Menteri Federal Ekonomi dan Teknologi Jerman serta European Social Fund turut menyumbangkan dananya disini. Kampus ini juga memiliki ikatan dengan beberapa orang yang meraih Penghargaan Nobel. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Profil Universitas Palembang

Sebagai langkah untuk menghadapi kerasnya dunia global, tentunya Kamu perlu untuk melakukan berbagai persiapan. Salah satu persiapan yang mungkin perlu dilakukan adalah kuliah di perguruan tinggi. Selain sebagai sarana untuk mencari relasi, kuliah juga merupakan aktifitas untuk meningkatkan kualitas diri individu. Dengan kuliah, orang akan lebih mempertimbangkan sahabat dalam bidang tertentu. Untuk itu, persiapkanlah diri sedini mungkin dan carilah bidang yang sahabat akan tempuh sebagai pilihan.



Saat ini banyak kampus ada di Indonesia, Kamu bisa memilih lokasi di mana ingin tinggal dan menempuh studi. Salah satu kampus yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah Universitas Palembang (UNPAL), yang terletak di Palembang. Kota yang sekaligus menjadi ibukota Sumatera Utara ini banyak diminati orang untuk berbondong mencari penghidupan dan pendidikan di Kota tersebut. selain itu, posisi kota Medan yang ada di Pulau sumatera sekaligus menjadikan Kota ini sebagai pintu gerbang Indonesia bagian Barat. Medan juga sekaligus menjadi jalur wisata menuju Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba. Dari serba-serbi kota Palembang ini mari kita menelusuri lebih jauh tentang kampus swasta UNPAL.


UNPAL merupakan salah satu kampus yang ada di kota Palembang yang merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya. Walau demikian, hidup di Palembang ternyata juga tidak semahal hidup di Jakarta. Menurut lembaga survei SBH, Palembang merupakan daerah dengan biaya hidup sedang dan menempati urutan ke-26 daerah dengan biayah hidup termahal. Jadi Kamu tidak perlu begitu khawatir mengenai biaya hidup. Selain itu, sekarang kuliah menjadi sorotan pemerintah dengan memberikan beragam beasiswa yang diperuntukan bagi Kamu yang berprestasi. Untuk lebih jauh mengenal UNPAL, berikut Kami sajikan untuk Kamu yang ingin tahu lebih banyak informasi tentang UNPAL.


A. Lokasi

Kampus Unpal ini terletak di wilayah yang sangat strategis, yakni di Bukit Lama Palembang tepatnya di Jalan Dharmapala No. 1 A Bukit Besar Palembang (30139). Lokasi kampus sangat dekat dengan Bukit Siguntang, Jembatan Musi 2 dan Griya Agung - istana Gubernur Sumatera Selatan. Lokasinya yang berada di tengah aktifitas kota ini menjadikan Kampus Unpal mudah dijangkau dengan kendaraan umum yakni dari jurusan Ampera-Bukit Besar, dan Trans Musi.


A. Sejarah Universitas Palembang

Pada awalnya, universitas ini tidaklah langsung sebesar sekarang. Bermula dari sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Sriwijaya yang resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1981. Universitas ini mulai beranjak sedikit-demi sedikit meningkatkan statusnya. Pada tangga 16 Juli 1981 Yayasan ini mendapat Rekomendasi dari Gubernur Sumatera Selatan, kemudian pada tanggal 8 Agustus 1981 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Palembang (YPTP), dan selanjutnya terdaftar di Pengadilan Negeri Palembang pada tanggal 11 Agustus 1981.

Pada awalnya yayasan Perguruan Tinggi Palembang mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), selanjutnya pada tahun 1982 bulan Februari didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT). Kemudian keempat Sekolah Tinggi tersebut digabung menjadi Universitas Palembang, yang terdiri atas 4 Fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik. Setelah berjalan selama 3 tahun, maka Universitas Palembang berubah status menjadi Terdaftar berdasarkan SK Mendikbud nomor: 0611/O/1985 tanggal 2 Desember 1985. Pada tahun 1992, status Universitas Palembang meningkat menjadi diakui berdasarkan Surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 139/DIKTI/Kep/1992 tanggal 28 April 1992 untuk Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil.


B. Visi

“Menjadi Universitas yang Unggul Dalam Pendidikan Tinggi dan Berwawasan Entrepreneur”


C. Fakultas-Fakultas

Universitas Palembang memiliki 4 Fakultas dan 6 jurusan. Berikut nama fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Palembang.

1. Fakultas Ekonomi
1.1. Program Studi Manajemen Perusahaan
2. FakultasHukum
2.1. Program Studi Ilmu Hukum
3. Fakultas Pertanian
3.1. Program Studi Budidaya Pertanian
3.2. Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan
4. Fakultas Teknik
4.1. Program Studi Teknik Sipil
4.2. Program Studi Teknik Elektro


D. Organisasi

Bagi mahasiswa UNPAL, ada beberapa pilihan untuk memilih organisasi kampus maupun organisasi Fakultas. Paling tidak ada 4 organisasi besar yang ada di kampus swasta ini:

1. MAPALA. 

Merupakan singkatan dari Mahasiswa Pecinta Alam. MAPLA dirintis oleh Soe Hok Gie dkk atas kesadaran bahwa mahasiswa tidak hanya bisa berkutat pada dunia akademisnamun juga mahasiswa perlu cinta lingkungan.

2. BEM. 

Badan Eksekutif Mahasiswa yang terdapat di kampus UNPAL terdiri dari Bem Universitas dan Fakultas

3. Lembaga Penelitian. 

Lembaga ini meliputi:

Bidang penelitian ilmu murni, yaitu penelitian yang memiliki implikasi pengembangan keilmuan pada masing-masing program studi atau fakultas dalam rangka diversifikasi keilmuwan yang bersifat integratif.

Bidang penelitian ilmu terapan, yaitu penelitian yang memiliki implikasi kebijakan pada tingkat UNPAL maupun nasional dan internasional, dalam ikut serta mewujudkan tujuan berdirinya negara  antara lain memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa dan lain-lain.

Lembaga penelitian UNPAL merupakan lembaga yang dibentuk untuk membantu tugas rektor dalam rangka mewujudkan tugas-tugas Tri Dharma perguruan tinggi terutama bidang penelitian.



4. Lembaga Pengabdian

Universitas yang mulai berkembang ini memiliki beberapatenaga pelajar diantaranya adalah:
1. Dosen Yayasan : 58 orang
2. PNSD              : 27 orang
3. Luar Biasa        : 57 orang


Demikian ulasan mengenai Universitas Palembang. Semoga informasi ini bermanfaat  untuk Kamu yang sedang ingin mencari kampus yang tepat dan sesuai dengan minat yang dimiliki. Berbagai fakultas dan jurusan serta unit kegiatan mahasiwa di kampus ini bisa Kamu pertimbangkan, di mana yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan minatmu. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Profil Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan merupakan hal yang penting yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu Negara. Pada tahun 2009, anggaran pendidikan oleh pemerintah dialokasikan sebanyak 20% dari APBN. Hal ini semakin menyiratkan tentang keseriusan pemerintah dalam memerhatikan kelayakan bidang pendidikan di Indonesia. Selain itu munculnya program pendidikan wajib Sembilan tahun juga merupakan bentuk lain dari upaya menghapus banyaknya anak di negeri ini yang putus sekolah. Seiring dengan upaya dan program-program ini, mutu dan kualitas pendidikan dapat juga dinilai dari kualitas dan kuantits perguruan tinggi di suatu Negara yang dapat menjangkau berbagai kalangan dan juga dapat menjangkau berbagai daerah.



Di Sumatera Selatan, sinyal kemajuan pendidikan sudah dapat dirasakan dengan banyaknya institut dan Universitas yang mulai berkembang pesat. Salah satu darinya adalah Universitas Muhammadiyah Palembang. Karena Universitas ini menjadi salah satu aspek penting di kota kedua terbesar setelah Medan di Sumatera ini, makan berikut kami sajikan ulasan mengenai profil dari perguruan tinggi tersebut:


A. Lokasi

Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang semula bertempat di Jalan   K. H. Ahmad Dahlan Kompleks Bukit Kecil Palembang. Sejak tahun 1981 kampus ini dipindahkan ke Jalan Jenderal Ahmad Yani 13 Ulu Palembang dan sejak itu pula pembangunan kampus terus dilaksanakan. Saat ini kampus Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki area seluas 5 hektar, dibagi menjadi 2 kampus, yaitu: kampus A (3,5 hektar) dan kampus B (1,5 hektar), dengan gedung yang memiliki tiga lantai. 

Area kampus Universitas Muhammadiyah Palembang sejak tahun 1997 diperluas 1,5 hektar sebagai Kampus B di Jalan Talang Banten 13 Ulu Palembang. Selain itu telah dibuat pula Rencana Induk Kampus Baru Universitas Muhammadiyah Palembang seluas 35,47 hektar di Km 28 Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Saat ini Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki 7 Fakultas, 23 Program Studi (S1), 1 Program Studi D3, dan 2 Program Studi Pascasarjana (S2).


B. Sejarah

Diawali dengan bebrapa ide meningkatkan kualitas pendidikan dan pengabdian, serta didorong keinginan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, maka beberapa orang mulai berfikir akan pentingnya mendirikan suatu Universitas. Perintisan ini dicetuskan oleh tokoh-tokoh muda Muhammadiyah yaitu: Drs. M. Djakfar Murod dan kawan-kawan seperti Drs. Sanusi Has, Drs. Al Hady Haq, Drs. Idris Halim, dan Drs. Fikhri Bastari. Pada tahun 1963 dari cetusan kelompok muda ini disambut baik oleh para tokoh pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumatera Selatan H. M. Siddik Adiem, K. H. Masyhur Azhari, Djama'in Sutan Marajo, M. Yunus, Datuk Rusli, Zamhari Abidin, S.H. yang akhirnya dikenal sebagai perintisnya.

Upaya mendirikan universitas mulai difikirkan secara serius, namun upaya ini terhambat oleh undang-undang bahwa Perguruan Tinggi Swasta berkewajiban minimal memiliki 4 Fakultas dan 2 di antaranya adalah Fakultas Eksakta. Dalam jangka waktu singkat tidaklah mudah untuk memenuhi persyaratan-persyaratan ini, karena selain permasalahan tenaga baik pengelola maupun tenaga pengajar, pendirian empat fakultas juga terkendala masalah pendaan dan hal teknis lainnya. 

Berawal dari hanya diikuti 20 orang, kegiatan perkuliahan akhirnya bisa berjalan walau hanya bertempat disebuah masjid Muhammadiyah Bukit Kecil Palembang. Namun di tempat ini pulalah kegiatan kuliyah ini mencul dengan dua fakultasnya, yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Filsafat Muhammadiyah (FHFM). Pada tahun 1965 FHFM berubah nama menjadi Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan (FHIK) Muhammadiyah cabang Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tanggal 28 Januari 1974 FHIK Muhammadiyah berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah (STIHM).


Dengan perjalanan perkuliahan sederhana, keinginan mendirikan sebuah universitas mulai surut, namun Pada tahun 1979 ide mendirikan Universitas Muhammadiyah di kota Palembang muncul kembali atas inisiatif dan kemauan keras dari tokoh-tokoh muda dan sarjana muslim. Kumudian keinginan ini baru terealisasi pada tanggal 15 Juni 1979 M. bersamaan dengan tanggal 20 Rajab 1399 H. Universitas Muhammadiyah Palembang resmi dibuka dengan 3 fakultas, dengan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (YPTM) Sumatera Selatan nomor 010/YPTM/79, yaitu:

1. Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil
2. Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Manajemen Perusahaan
3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dengan berdirinya universitas ini yang hanya memiliki 3 fakultas dan muncul peraturan dari pemerintahan tentang kewajiban bagi Universitas untuk memiliki 2 fakultas eksakta, maka untuk permulaan, universitas ini masih menyandang nama STAI. Pada akhirnya setelah mampu menambah jumlah fakultas pertanian, maka universitas ini segera mendapatkan status terdaftar yakni pada 1982 dan statusnya meningkat menjadi diakui ialah pada tahun 1989. Sampai sekarang Universitas Muhammadiyah Palembang terus meningkatkan kwalitas baik secara akademik maupun secara fasilitas. 


C. Visi Universitas Muhammadiyah Palembang

 “Menjadi universitas berstandar nasional dan menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi serta unggul dalam ipteks yang berbasis keislaman pada tahun 2022 menuju universitas berstandar internasional”


D. Fasilitas dan Gedung

 Kampus A seluas 3,5 hektar, dengan rincian:

1. Kantor Pusat Administrasi         = 1.000m2
2. Ruang Administrasi Fakultas = 1.305 m2
3. Ruang Kuliah                         = 7.340 m2
4. Perpustakaan                       = 105 m2
5. Laboratorium                       = 388 m2
6. Ruang Fotokopi dan Percetakan = 105 m2
7. Ruang Serbaguna                 = 600 m2
8. Masjid Al Hikmah                 = 289 m2
9. Lapangan Parkir                         = 10.000 m2


Kampus B seluas 1,5 hektar dengan rincian:

1. Ruang Kuliah                         = 796 m2
2. Ruang Administrasi Fakultas = 370 m2
3. Perpustakaan                            = 200 m2
4. Laboratorium                         = 2.164 m2
5. Ruang Komputer                 = 182 m2
6. Ruang Serbaguna                 = 364 m2
7. Sarana Olahraga                         = 800 m2
8. Ruang Kegiatan Mahasiswa      = 236 m2
9. Lapangan Parkir                    = 1.495 m2
10. Lapangan Terbuka, Jalan          = 8.393 m2



E. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

1. Badan Eksekutif Mahasiswa
2. Pramuka
3. Resimen Mahasiswa
4. Korp Sukarela PMI
5. Tapak Suci
6. MM
7. Koperasi Mahasiswa
8. Mahasiswa Pencinta Alam
9. Departemen Olah Raga
10. Departemen Kesenian
11. Departemen Pers/ Jurnalistik Mahasiswa


F. Beasiswa

1. Bidikmisi, Beasiswa ini merupakan bantuan dari Kemendikbud untuk anak berprestasi yang tidak mampu yang bermula dari tahun 2010.
2. Beasiswa Philip. Beasiswa ini merupakan bantuan kerjasama pihak Universitas dengan salah satu pihak sponsor.
3. Beasiswa Kualifikasi. Beasiswa kualifikasi S1 adalah program bantuan biaya pendidikan untuk peningkatan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan dari Gubernur Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. 
4. Beasiswa Prestasi Akademik (BPA) dan Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM), Beasiswa PPA dan BBM adalah beasiswa yang dananya berasal dari Proyek Kopertis Wilayah II Palembang.
5. Beasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang


Demikian merupakan pemaparan tentang beberapa informasi serta profil dari Universitas Muhammadiyah Palembang. Semoga bermanfaat!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top