National Champion Scholarship dari Tanoto Foundation

Merupakan satu hal yang wajar apabila sebuah lembaga atau organisasi yang bukan berasal dari pemerintah kerap ikut andil dalam memajukan dunia pendidikan dan mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia. Hal tersebut bisa dilakukan melalui berbagai program dari setiap lembaga atau organisasi tersebut yang salah satunya adalah program beasiswa. Satu nama yang sudah tentu dikenal di Indonesia sebagai penyedia bantuan dalam hal pendidikan adalah Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation adalah sebuah lembaga filantropi yang memiliki fokus pada penanggulangan kemiskinan melalui dukungan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup. Lembaga ini didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto yang dilandasi oleh keyakinan mereka bahwa setiap orang patut untuk diberikan dan mendapatkan kesempatan dalam merealisasikan potensinya secara penuh khususnya dimulai dar dunia pendidikan.

Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation adalah National Champion Scholarship yang mulai diperkenalkan pada tahun 2006. Program beasiswa ini mendidik calon pemimpin masa depan Indonesia melalui dukungan penuh dalam bentuk beasiswa studi S1 dan S2. Target utama dari program ini adalah mahasiswa berprestasi dari jenjang studi S1 dan S2 yang memiliki kendala dalam hal keuangan sehingga benar-benar potensi mereka dalam dunia pendidikan tidak akan terbuang hanya karena tidak memiliki biaya.


Penerima beasiswa ini akan disebut sebagai Tanoto Scholars yang nantinya tidak hanya akan menerima bantuan keuangan saja. Pelatihan untuk pengembangan kapasitas diri khususnya soft skills sperti dalam bekerjasama dan berkomunikasi juga akan termasuk dalam hal-hal yang akan diperoleh sebagai Tanoto Scholars. Selain itu ada juga Tanoto Scholars Association dimana semua penerima beasiswa ini didukung penuh untuk berpartisipasi dalam mengikuti berbagai kegiatan sosial di lingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, Tanoto Scholars juga akan mendapatkan bimbingan jika ternyata nilai akademis masing-masing tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa dari Tanoto Foundation. Khusus dalam program National Champion Scholarship ini para penerimanya nanti juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan yang akan sangat berguna untuk menambah pengalaman masing-masing. Luar biasa bukan?

Dalam menjalankan program National Champion Scholarship, pihak Tanoto Foundation bekerja sama dengan total 12 perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi tersebut meliputi:
Institut Teknologi Bandung
Institut Pertanian Bogor
Universitas Indonesia
Universitas Gadjah Mada
Universitas Sumatera Utara
Universitas Riau
Universitas Jambi
Universitas Mulawarman
Universitas Hasanuddin
Universitas Brawijaya
Universitas Diponegoro
Universitas Andalas


Total jumlah penerima beasiswa dalam program National Champion Scholarship ini hingga akhir tahun 2015 lalu adalah 2.412 dengan Tanoto Scholars Association yang sudah didirikan ada di 11 kota di Indonesia. Program ini juga sudah sangat berhasil dalam mempertahankan presentase yang rendah dalam hal drop out dari universitas yaitu hanya 1,5% yang masih ditambah dengan rata-rata nilai yang bagus dari mahasiswanya yaitu dengan IPK 3,6 pada skala 4,0.

Pada tahun yang sama yaitu tahun 2015 jumlah pendaftar dari program National Champion Scholarship berjumlah 8.057 dengan jumlah total yang diterima sebagai Tanoto Scholars adalah 236. Seluruh pendaftar dari program ini harus melalui 4 tahap seleksi yaitu seleksi berkas, psikotes, wawancara, dan penandatanganan perjanjian.

Persyaratan Beasiswa
National Champion Scholarship menawarkan program bantuan beasiswa tentu hanya untuk mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang memang sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang sudah ditentukan. Berikut ini persyaratannya:
Warga Negara Indonesia
Terdaftar sebagai mahasiswa di IPB, ITB, UGM, UNHAS, UI, UNJA, UNMUL, UNRI, USU, UNDIP, UB, atau UNAND
Usia maksimal 21 tahun untuk S1 dan 40 tahun untuk S2
Untuk S1 IPK minimal 3,00 atau jika belum ada IP S1 maka minimal nilairta-rata rapor kelas 3 adalah 8
Untuk S2 IPK minimal 3,25 atau jika belum ada IP S2 maka IPK minimal S1 harus 3,25
Untuk S2 harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun setelah lulus S1
Membutuhkan dukungan keuangan sesuai rekomendasi perguruan tinggi
Memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian serta komitmen untuk ikut serta memajukan bangsa Indonesia

Pendaftaran dan Informasi
Pendaftaran untuk mengikuti program National Champion Schoparship dari Tanoto Foundation ini bisa dilakukan dengan menuju ke tautan berikut ini (link). Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa dilihat di halaman berikut (link). Informasi mengenai Tanoto Foundation tersedia di halaman berikut (link).



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.