Program International Leader of Tomorrow Award dari University of British Columbia untuk Kuliah S1 di Kanada

Lokasinya memang jauh dari Indonesia, namun dengan berada di kawasan Benua Amerika bagian utara maka Kanada jelas sangat bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan kuliah di luar negeri. Ada yang mengatakan percuma kuliah keluar negeri jika hanya dekat dengan Indonesia. Sekalian saja pilih negara tujuan yang jauh agar lebih terasa pengalamannya untuk kuliah dan hidup di luar negeri selama beberapa tahun. Jadi, jika sudah meneguhkan niat untuk kuliah di luar negeri dan ingin berada di negara yang jauh dari Indonesia maka Kanada sangat layak dijadikan pertimbangan pilihan karena lokasinya ada di kawasan Benua Amerika bagian utara.

Salah satu universitas yang menarik untuk dijadikan tujuan kuliah di Kanada adalah Unversity of British Columbia atau yang popular dengan nama singkatan UBC. Universitas tersebut membuka peluang bagi para mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia tentunya untuk bisa melanjutkan studi di Kanada dengan menggunakan bantuan program beasiswa yang diberi nama International Leader of Tomorrow Award atau ILOT Award. Penasaran?

Program ILOT Award dari UBC ini nantinya akan memberikan bantan berupa tanggungan biay akuliah, uang saku, serta biaya hidup selama menempuh studi di UBC. Tentunya hanya kandidat yang sudah mengikuti seleksi da dinyatakan lolos yang akan mendapatkan bantuan elalui program ILOT award ini. Beasiswa ini juga ternyata bisa diperpanjang pemberiannya selama 3 tahun asalkan memang penerima beasiswa tersebut bisa memenuhi syarat kaitannya dengan studi yang diambil. Maksudnya adalah bahwa penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik di UBC selain juga memang benar-benar membutuhkan bantuan keuangan. Visa yang sesuai dengan status sebagai mahasiswa internasional juga harus dalam kondisi aktif untuk bisa memperpanjang beasiswa ini.

Prestasi akademik yang ditekankan dalam beasiswa ini bisa bermacam-macam tergantung kemampuan mahasiswa. Selain itu juga ada hal-hal seperti skil kepemimpinan, aktif dalam organisasi, lalu memiliki prestasi dalam hal lain seperti seni, debat, olahraga, dan lain-lain. Jika memiliki prestasi dalam berbagai bidang tersebut maka sudah pasti nantinya penerima beasiswa bisa memperpanjang masa pemberian beasiswa.



Persyaratan Beasiswa
Selanjutnya sudah tentu harus dipahami juga berbagai hal yang menjadi persyaratan dari program ILOT Award ini. Apa saja yang menjadi syarat-syaratnya:
1. Baru mendaftar untuk studi jenjang S1 yang pertama kalinya
2. Diterima di program yang menjadi pilihan pertama ketika mendatar dan juga memenuhi standar kemampuan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan UBC
3. Memiliki catatan akademik yang baik dengan nilai rata-rata A atau setara
4. Mahasiswa internasional yang bkan warga negara Kanada atau penduduk tetap di Kanada dan bersedia untuk enempuh studi di Kanada dengan visa pelajar yang sesuai
5. Memperlihatkan adanya kebutuhan dalam bantuan keuangan untuk keperluan studi di UBC
6. Berasal dari sekolah menengah, akademi, atau universitas kain yang memang diakui

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk beasiswa ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemohon secara langsung. Pihak yang mengajukan beasiswanya harus pihak sekolah atau kampus transfer. Jadi proses pendaftaran bisa dimulai dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada studi yang akan diambil di UBC. Pendaftaran sebagai mahasiswa baru di UBC bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Pendaftaran dilakukan secara online untuk kemudian melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran seperti profil sekolah asal, ijazah, transkrip nilai, bukti kemampuan bahasa Inggris, serta berbagai dokumen penunjang lainnya yang ada dan sesuai dengan pendaftaran. Proses ini membutuhkan biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh pemohon.

Selanjutnya jika pemohon sudah diterima maka pihak sekolah atau universitas asal harus menggunakan paket formulir nominasi untuk merekomendasikan pemohon dan mengajukan permohonan untuk program beasiswa ILOT Award. Pada dasarnya yang harus disiapkan oleh pihak sekolah sama dengan yang sudah disiapkan pemohon ketika mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di UBC. Paket pengajuan beasiswa yang sudah lengkap kemudian harus dikirimkan ke alamat berikut:

     The Administrator, International Leader of Tomorrow Award
     International Student Initiative, The University of British Columbia
     1200 – 1874 East Mall, Wellcome Centre
     Vancouver BC, CANADA V6T1Z1

Pendaftaran untuk beasiswa ini saat ini bisa dilakukan hingga batas akhirnya yaitu tanggal 1 Desember 2016. Pengumuman hasil seleksi untuk beasiswa ini akan ditampilkan pada bulan April 2017. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini maka bisa mengirimkan email ke alamat international.awards@ucb.ca atau menghubungi nomor telepon berikut +1-604-822-8999.



sumber: link




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Mengenal Kampus Terbaik di Hong Kong, Hong Kong University of Science and Technology

Sangat penting untuk lebih dahulu mengenal pilihan universitas yang akan dituju sebelum melakukan berbagai hal kaitannya dengan pendaftaran pada universitas tersebut. Hal seperti ini semakin penting ketika lingkup studi yang akan diambil adalah studi di luar negeri. Cakupan dari luar negeri itu sendiri sangat luas yang bisa di negara mana saja di dunia dimana setiap negara tentu memiliki banyak universitas untuk dipertimbangkan sebagai pilihan. Sudah pasti ada berbagai pertimbangan juga yang berbeda dari setiap calon mahasiswa ketika menentukan pilihan universitas yang dituju. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan jika memiliki target untuk menempuh studi yang masih di kawasan Asia adalah Hong Kong University of Science and Technology atau HKUST.

Nama HKUST memang bukan suatu nama yang sudah melegenda sejak lama karena memang usianya baru di kisaran 25 tahun saja. Namun dibalik sebuah usia yang masih sangat mudah untuk ukuran universitas, HKUST mampu menunjukkan performa yang luar biasa dilihat dari pencapaian peringkat 1 di Hong Kong dan peringkat 28 di dunia. Selain itu HKUST juga dikenal sebagai sebuah universitas terbaik dalam hal penelitian intensif. Adanya banyak kesempatan untuk mendapatkan bantua keuangan dan beasiswa adalah salah satu faktor yang menunjang perkembangan luar biasa dari HKUST yang juga didukung oleh para dosen yang semuanya sudah memiliki gelar PhD.

Tahun 1991 adalah tahun didirikannya HKUST yang hingga saat ini sudah memiliki beberapa alumni ternama seperti Myolie Wu (aktris dan penyanyi), Chan Yik Hei (entrepeneur), Starry Lee (politikus), Ben Chan (pengusaha), Ambrose King (tokoh pendidikan), dan Henry T. Yang (insinyur). Menjalani waktu yang tidak lama hingga saat ini HKUST selalu bisa berada pada peringkat tinggi dalam beragam bidang ilmu serta juga kualitas penelitian-penelitiannya. Total 5 fakultas dari HKUST selalu menaarkan program-program penelitian dan juga pengajaran bagi para calon mahasiswanya. Fakultas yang ada di HKUST adalah Sains, Bisnis dan Manajemen, Teknik, Sastra dan Ilmu Sosial, serta Interdisciplinary Programs Office.

Kembali ke usia yang baru di kisaran 25 tahun, benar adanya bahwa HKUST sudah berhasil menunjukkan pencapaian yang luar biasa. Meskipun sudah bisa dibilang luar biasa, tentu saja hal tersebut masih akan selalu ditingkatkan oleh HKUST dari waktu ke waktu. Beberapa hal yang sudah pernah dicapai oleh HKUST antara lain peringkat 1 QS World’s Top 50 Universities under 50 (2013), 5 besar QS Asian Top 300 Universities (2011-2015), peringkat 28 QS World Universities – peringkat 1 di Hong Kong (2015), peringkat 14 Global Employability University Ranking – peringkat 1 di Tiongkok (2015), peringkat 14 QS World’s Top 400 Universities in Engineering and Technology (2015), dan juga peringkat 14 Financial Times MBA Rankings (2015).


Selain berbagai pencapaian yang sudah berhasil diraih oleh HKUST, ada beberapa hal lagi yang menjadi faktor penting dalam memilih HKUST di Hong Kong untuk menjadi tempat studi di luar negeri. Apa saja hal-hal yang dimaksud?

1. Fakultas Kualitas Internasional
Hal ini sepenuhnya didukung oleh adanya tim dosen internasional yang masing-masing memiliki latar belakang pendidikan PhD. Sebagian besar dari dosen tersebut mendapatkan gelar PhD mereka di berbagai universitas ternama di dunia seperti Oxford, Stanford, Cambridge, Harvard, Yale, dan masih banyak lagi. Pemikiran yang inovatif ditunjang dengan antusiasme yang tinggi akan penelitian dari tim dosen HKUST tersebut adalah alasan utama yang membawa HKUST selalu berada pada posisi terdepan dalam perkembangan kearah yang lebih baik dalam lingkup internasional dan tentunya mendunia. Daftar lengkap dari para dosen di HKUST bisa dilihat pada tautan berikut ini (link).

2. Universitas Nasional namun Mendunia
Sebagai yang terbaik di lingkup nasional Hong Kong, tentu HKUST merupakan sebuah universitas ternama nasional. Meskipun demikian HKUST selalu berusaha untuk mengembangkan dan menjalin hubungan dalam lingkup internasional melalui kemitraan strategis, prejanjian akademik, dan juga berbagai kolaborasi penelitian dengan banyak universitas ternama di dunia. Saat ini HKUST memiliki kerja sama pertukaran mahasiswa dengan 200 universitas di dunia. Jadi besar kemungkinannya nanti jika kuliah di HKUST juga bisa merasakan pengalaman kuliah di negara lain lagi jika bisa mengikuti program pertukaran mahasiswa.

3. Mendukung Inovasi dan Kemandirian 
Sebagai sebuah institusi pendidikan yang berkualitas baik dalam lingkup nasional Hong Kong atau internasional secara lebih luas, HKUST senantiasa menyediakan berbagai fasilitas yang terbaik dan paling mutakhir guna mendukung adanya inovasi-inovasi luar biasa dari para mahasiswanya yang menuju pada kemandirian. Intinya berbagai fasilitas tersebut memberikan peluang besar bagi para mahasiswa HKUST untuk menemukan berbagai hal baru dan bahkan langsung merubahnya ke teknologi serta solusi yang akan bisa berguna bagi banyak orang. Melalui HKUST Entrepreneurship Center, HKUST R and D Corporation Limited, dan juga HKUST Technology Transfer Center, semua mahasiswa HKUST berkesempatan menjadi entrepreneur dengan penemuan yang dihasilkan di HKUST.

4. Hong Kong Kota Internasional
Pada tahun 2015 Hong Kong menjadi kota pada peringkat 1 di Asia dan peringkat 5 di dunia untuk QS Best Student Cities yang menandakan bahwa Hong Kong merupakan sebuah pilihan tepat untuk menempuh pendidikan. Sebagai sebuah kota internasional dan juga menjadi pintu gerbang ke Tiongkok, Hong Kong tentu memiliki perkembangan yang pesat seperti juga HKUST. Lingkungan dari sebuah kota internasional tentu akan sangat kompetitif dalam berbagai aspek namun tetap didukung dengan adanya warga setempat yang dinamis dan menerima pendatang dengan tangan terbuka. Jadi, tidak diragukan lagi jika memilih Hong Kong sebagai kota tujuan kuliah ke luar negeri.

5. Menggunakan Bahasa Pengantar Bahasa Inggris
Satu hal lagi yang menjadikan pilihan Hong Kong untuk kuliah ke luar negeri sebagai sebuah pilihan tepat adalah digunakannya bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Lingkungan internasional di Hong Kong tentu membutuhkan komunikasi internasional juga dimana kemudian berbagai program perkuliahan disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Menarik sekali bukan?

Universitas yang lokasinya ada di Clear Water Bay, Hong Kong ini sudah pasti sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai tujuan dalam melanjutkan kuliah pada jenjang pascasarjana di luar negeri. Jika tidak ingin berada terlalu jauh dari Indonesia maka Hong Kong sudah pasti sebuah pilihan tepat. Informasi lebih lengkap mengenai Hong Kong University of Science and Technology bisa didapatkan di halaman resminya pada tautan berikut (link).


sumber: link




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Mau Kuliah di Amerika Serikat? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

Amerika Serikat memang menjadi satu pilihan favorit mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Kuliah ke luar negeri bahkan hingga ke kawasan Amerika Serikat untuk saat ini bisa dibilang merupakan satu hal yang mudah. Informasinya bisa diakses dengan mudah sehingga berbagai hal yang peru dilakukan bisa segera diketahui dan dilakukan agar tujuan untuk kuliah ke luar negeri bisa terlaksana. Kaitannya dengan kuliah di Amerika Serikat, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu:

Kenali dan Pelajari Pilihan yang Ada
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat adalah dengan mencari informasi dan kemudian memahami berbagai pilihan tersebut. Menemukan satu pilihan universitas atau perguruan tinggi yang paling sesuai dengan minat diri itu sangat penting. Jangan pernah berusaha untuk memaksakan diri dengan pilihan yang ada tapi carilah pilihan yang memang sesuai dengan diri sendiri. Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan jangka panjang nanti. Satu hal untuk diingat adalah bahwa tidak ada sistem peringkat untuk universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat yang memang resmi dikeluarkan. Jadi sangat bergantung pada pilihan yang memang sesuai dengan kemampuan serta minat diri dalam melanjutkan studi.

Paling tidak dalam waktu antara 12 bulan sampai 18 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai, segala informasi tentang kuliah di Amerika harus sudah mulai dikumpulkan dan dipahami. Gunakan beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk membantu menentukan mana yang memang sesuai untuk dipilih dari banyak perguruan tinggi dan universitas yang ada.

  • Kenapa berniat melanjutkan studi di Amerika Serikat?
  • Di daerah mana kira-kira akan bisa cocok?
  • Universitas atau perguruan tinggi mana yang sekiranya akan cocok dengan minat yang dsuka?
  • Apakah bantuan dalam hal keuangan akan dibutuhkan?
  • Kapan batas akhir pendaftaran dalam berbagai hal?
  • Dimana kira-kira akan tinggal ketika di Amerika Serikat?


Selanjutnya tentukan tingkatan atau level studi yang ingin diambil, misalnya sarjana atau pascasarjana. Pastikan juga bahwa pilihan lokasi studi yang nantinya diambil sudah mendapatkan sertifikasi dari Student Exchange Visitor Program. Daftar dari sekolah-sekolah yang sudah mendapatkan sertifikasi bisa dilihat di halaman Study in the State dari Department of Homeland Security pada tautan berikut (link).


Persiapkan Keuangan
Urusan keuangan sudah pasti wajib direncanakan dahulu jika ingin kuliah di Amerika Serikat. Bisa dibilang dengan melanjutkan studi di Amerika Serikat dengan biaya yang tidak murah itu menjadi sebuah investasi dalam diri sendiri. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan perencanaan yang matang dalam berbagai hal khususnya keuangan untuk membuat kuliah di Amerika Serikat itu menjadi suatu hal yang terjangkau.
Rencanakan urusan keuangan ini sedini mungkin karena memang sangat banyak perbedaan yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Memang benar juga bahwa setiap tahun ada berbagai bantuan keuangan yang diberikan kepada mahasiswa internasional namun perlu diingat juga bahwa persaingannya sangat ketat.

Melakukan sebuah evaluasi akan kemampuan maksimal dalam hal keuangan sebelum menempuh pendidikan di Amerika Serikat akan sangat berpengaruh pada perencanaan keuangan yang dibuat. Jika dibutuhkan bantuan yang cukup banyak maka tahap perencanaan bisa mencoba mencari berbagai kemungkinan bantuan untuk dikejar. 
Selain itu perlu diperhatikan juga berbagai program yang ditawarkan di Amerika Serikat dengan biya yang masing-masing berbeda. Hal ini masih ditambah dengan adanya perbedaan biaya hidup di lokasi yang berbeda di Amerika Serikat yang juga mempengaruhi pengeluaran nantinya. Pada intinya masalah keuangan ini bisa sangat menentukan mengenai pendidikan seperti apa yang bisa didapatkan di Amerika Serikat.

Daftarkan Diri
Segera lakukan pendaftaran sesuai dengan sistem yang berlaku jika sudah memahami pilihan-pilihan yang ada dan sudah mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhinya termasuk keuangan. Dalam melakukan pendaftaran pastikan juga untuk memahamai berbagai hal yang mungkin sedikit berbeda antara satu dengan yang lain di Amerika Serikat. Jangan asal dalam mendaftar karena jika ada yang terlewat atau tidak sesuai maka pendaftarannya bisa saja ditolak. Perencanaan sebelum-sebelumnya tentu akan percuma jika justru pada proses pendaftarannya ternyata ditolak hanya karena melewatkan satu hal kecil saja.

Buat Visa Pelajar
Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat visa pelajar. Pilihan jenis visa yang bisa dibuat meliputi F, J, dan M yang semuanya merupakan kategori khusus untuk visa peajar di Amerika Serikat. Halaman resmi dari Bureau of Consular Affairs dari U.S. Department of State pada tautan berikut (link) menampilkan berbagai informasi terkait dengan visa dan proses pembuatannya.

Persiapkan Keberangkatan
Setelah semua hal terkait pendaftaran dan administrasi studi di Amerika Serikat terselesaikan maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah mempersiapkan keberangkatan ke Amerika Serikat. Sebelumnya juga harus mengikuti kegiatan Pre-Departure Orientation yang diadakan oleh EducationUSA di masing-masing negara asal mahasiswa. Kegiatan ini akan menjamin bahwa mahasiswa yang akan berangkat ke Amerika Serikat benar-benar siap untuk hidup disana sebagai mahasiswa internasional.





Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa Kuliah dari Pemerintah Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi menyediakan beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara secara rutin setiap tahun. Pihak pemerintah Arab Saudi menawarkan beasiswa tersebut kaitannya dengan dukungan untuk penyebaran ilmu pengetahuan di dunia khususnya pada bidang sains demi kemajuan manusia. Ministry of Education dari Arab Saudi adalah yang bertanggung jawab dalam hal penyediaan beasiswa ini sebagai perwakilan langsung dari the Kingdom of Saudi Arabia.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi syarat bagi mahasiswa dari berbagai negara lain untuk bisa mengajukan permohonan beasiswa kuliah di Arab Saudi:

  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun untuk jenjang S1 sedangkan maksimal 30 tahun untuk jenjang S2 dan maksimal 35 tahun untuk jenjang S3
  • Jika diperlukan maka pemohon harus menyertakan izin resmi dari pihak berwenang di negara asal untuk melanjutkan pendidikan di Arab Saudi
  • Pemohon tidak sedang menerima bantuan pendidikan yang lainnya dari pihak apapun yang da di Arab Saudi
  • Pemohon belum pernah dikeluarkan dari institusi pendidikan di Arab Saudi
  • Dokumen-dokumen penting untuk pendaftaran akan dipastikan dan diperiksa oleh pihak berwenang dalam hal keaslian dan keabsahannya
  • Seluruh persyaratan pendaftaran seperti yang dibebankan kepada pemohon dari Arab Saudi delain dari yang sudah disebutkan diatas juga wajib dipenuhi oleh pemohon internasional



Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi keuntungan jika mendapatkan beasiswa resmi dari pihak pemerintah Arab Saudi dalam hal tanggungan-tanggungan biayanya:

  • Layanan kesehatan penuh untuk penerima beasiswa dan keluarga
  • Biaya akomodasi
  • Biaya transportasi setiap tahun untk mudik
  • Tunjangan pada awal dan akhir masa studi
  • Berbagai keuntungan seperti yang didapatkan mahasiswa asli Arab Saudi di universitas yang sama
  • Layanan bimbingan khusus dalam hal studi bagi penerima beasiswa

Proses pendaftaran untuk beasiswa ini bisa dilakukan dengan langsung mendaftarkan diri pada universitas yang diinginkan di Arab Saudi. Dalam pendaftaran tersebut nantinya aka nada pilihan mengenai beasiswa untuk studi yang akan diambil. Beasiswa ini bisa digunakan untuk menempuh berbagai studi yang ditawarkan kecuali yang berkaitan dengan kesehatan dan farmasi.

Berikut ini adalah daftar universitas yang bisa dipilih untuk melanjutkan kuliah di Arab Saudi dan mencoba menggunakan program beasiswa resmi dari pemerintah Arab Saudi:

  • Umm Al-Qura University (link
  • Islamic University (link)
  • Imam Muhammad bin Sa’ud Islamic University (link)
  • King Sa’ud University (link)
  • King Abdul-Aziz University (link)
  • King Fahd University of Petroleum and Minerals (link)
  • King Faisal University (link)
  • King Khalid University (link)
  • Qassim University (link)
  • Taibah University (link)
  • Taif University (link)
  • Hail University (link)
  • Jazan University (link)  
  • Al-Jouf University (link)
  • Al-Baha University (link)
  • University of Tabuk (link)
  • Najran University (link)
  • Nothern Border University (link)
  • Princess Nourah Bint Abdulrahman University (link)
  • University of Dammam (link
  • Prince Satam Bin Abdul Aziz University (link)
  • Shaqraa University (link)
  • Al-Majma’ah University (link)



Kenapa Kuliah di Arab Saudi?
Ketika memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri tentu ada banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan sebelum menjatuhkan pada satu pilihan. Demikian juga dengan Arab Saudi yang bisa dibilang tidak sepopuler negara-negara di Eropa untuk tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa dari Indonesia. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dipertimbangkan untuk kemudian memutuskan kuliah di Arab Saudi:

  • Beberapa perguruan tinggi di Arab Saudi termasuk dalam peringkat terbaik di dunia khususnya dalam hal penelitian yang selain itu juga menunjukkan tingkatan yang tinggi dalam hal sains
  • Universitas di Arab Saudi sangat mendukung adanya penelitian-penelitian untuk kemajuan dunia pendidikan melalui berbagai pusat penelitian yang lengkap
  • Adanya lingkungan yang kental dengan atmosfir pendidikan dan kebudayaan dengan sekitar 165 negara asal dari mahasiswa-mahasiswa internasional yang menempuh studi di Arab Saudi saat ini dan masih ditambah berbagai perusahaan dengan karyawan yang juga berasal dari berbagai negara di dunia
  • Arab Saudi sangat menjamin kehidupan dari mahasiswa internasional dengan bantuan beasiswa sekalipun

Jadi, dengan sudah adanya beasiswa, pilihan universitas yang tidak sedikit, lalu juga berbagai hal yang bisa sangat mendukung mahasiswa internasional untuk melanjutkan kuliah di Arab Saudi, maka tentu Arab Saudi sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan dalam melanjutkan kuliah ke luar negeri.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Program SHARE Scholarship dari Uni Eropa untuk Pertukaran Mahasiswa S1 di Kawasan ASEAN

Kuliah ke luar negeri saat ini terbukti sudah semakin mudah dengan semakin banyaknya pilihan program bantuan yang bisa diambil. Bahkan saat ini kuliah di luar negeri bisa dicicipi terebih dahulu melalui program pertukaran mahasiswa. Salah satu program yang tersedia untuk bisa membantu proses pertukaran mahasiswa pada jenjang S1 di kawasan ASEAN adalah SHARE Scholarship yang mendapatkan pendanaan penuh dari Uni Eropa. Program ini dibuka dalam 2 kali kesempatan yaitu batch 1 dan batch 2.

Para peserta seleksi dari program SHARE Scholarship ini nantinya akan bisa mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa di universitas yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia beasiswa yang pastinya berada di kawasan ASEAN termasuk Indonesia. Pertukaran mahasiswa tersebut akan berlangsung selama 1 semester yang meskipun singkat tentu akan sangat berguna bagi yang berniat melanjutkan kuliah S2 dan S3 di luar negeri setelah selesai kuliah S1. Selain itu peserta dari program pertukaran biasanya akan lebih dipertimbangkan untuk menjadi mahasiswa di universitas tempat pertukaran berlangsung jika nanti mendaftarkan diri disana pada jenjang berikutnya.


Berikut ini adalah daftar universitas yang termasuk dalam program SHARE Scholarship termasuk beberapa diantaranya ada di Indonesia:
1. Kamboja
Royal University of Phnom Penh
National University of Management
Phnom Penh International University
The University of Cambodia
2. Indonesia
Bina Nusantara University
Bogor Agricultural University
Universitas Diponegoro
3. Malaysia
Universiti Kebangsaan Malaysia
Taylors University
University of Technology Malaysia
4. Myanmar
Mandalay University
University of Yangon
5. Filipina
Ateneo De Manila University
University of The Philipines
University of Santo Tomas
De La Salle University
6. Thailand
Chulalongkorn University
Payap University
King Mongkut’s University of Technology Thonburi
7. Vietnam
Hanoi University of Science and Technology
Ho Chi Minh University of Technology and Education
Hue University
Veit Nam Natonal University, Ha Noi

Program-program yang bisa dipilih untuk mengikuti pertukaran mahasiswa ini hanya program-program yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Daftar lengkap dari program yang bisa dipilih ada pada tautan berikut ini (link).
Cakupan pembiayaan yang ditanggung oleh SHARE Scholarship ini meliputi berbagai hal terkait dengan studi selama 1 semester, antara lain:
Uang kuliah penuh
Tunjangan hidup
Tiket pesawat PP dari negara asal ke negara tujuan
Asuransi kesehatan
Tunjangan kedatangan
Materi studi
Biaya visa


Persyaratan Beasiswa
Sudah pasti jika ingin mengikuti program SHARE Scholarship ini harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak penyedia beasiswanya terlebih dahulu. Berikut persyaratannya:
Sudah menyelesaikan atau melewati minimal 2 semester pada studi S1 di universitas asal
Terdaftar sebagai warga negara di negara-negara ASEAN
Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada universitas yang termasuk dalam program SHARE Scholarship

Selain 3 hal tadi yang menjadi syarat awal dari program ini, berikut masih ada juga berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksinya dan harus disiapkan oleh para peserta seleksi, diantaranya:
Surat penerimaan dari universitas yang dituju
Surat pengesahan dari universitas asal
Transkrip nilai terbaru
Copy paspor
Pasfoto terbaru ukuran paspor

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran program beasiswa ini bisa dimulai dengan mendaftarkan diri pada universitas yang akan dituju sesuai yang terdaftar pada program SHARE Scholarship. Masing-masing universitas memiliki batas waktu berbeda untuk pendaftarannya jadi harus benar-benar diperhatikan batas waktunya tersebut. Biasanya hal-hal mengenai pendaftaran bisa didapatkan pada bagian International Relations Office. Tujuan dari pendaftaran ini adalah untuk mendapatkan surat penerimaan atau LoA yang kemudian baru bisa mendaftarkan pada program beasiswa setelahnya.

Selanjutnya pendaftaran beasiswa secara online bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Ketika melakukan pendaftaran pastikan semua berkas dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan dalam format softcopy untuk kemudian diunggah pada halaman pendaftaran online tersebut. Pastikan juga untuk memperhatikan batas waktu pendaftaran program beasiswanya sesuai periode yang sedang berlangsung.

Informasi dan Kontak
Berbagai informasi seputar SHARE Scholarship ini bisa didapatkan dengan menghubungi kontak yang ada di Indonesia yaitu:

     Nuffic Neso Indonesia
     Menara Jamsostek, 20th floor
     Jalan Gatot Subroto No. 38
     Jakarta 12710
     Telepon: +62 (21) 52902172
     Email: scholarship@share-asean.eu




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Ikut Kursus Ini, Dijamin Lolos Beasiswa Luar Negeri

Ikut Kursus Ini, Dijamin Lolos Beasiswa Luar Negeri

Mau kuliah keluar negeri? Bingung mau kemana? Ga tau gimana caranya?

Inspira dan Berkuliah.com membuka kelas "kursus kuliah ke luar negeri".

Ikutin kursus ini, kamu bakal diajarin dari A sampai Z seluk beluk kuliah luar negeri dg beasiswa. Peluangmu lolos beasiswa luar negeri meningkat ratusan kali lipat.

Bimbingan dari mulai PENDAFTARAN sampai KEBERANGKATAN

Kelas Mulai
01 Okt 2016

BENEFIT
1. Bimbingan mulai dari pendaftaran kampus
2. Bimbingan cari beasiswa
3. Bimbingan bikin motivation letter
4. Bimbingan interview
5. Bimbingan selama kuliah di luar negeri
6. Buku “Jurus Ampuh Lolos LPDP”
7. Eksklusif DVD Series JKLN
8. Update  info beasiswa
9. Garansi kepuasan uang kembali 100%

PEMATERI
Angga Dwi Putra
Alumni S2 Universite Paris 1 Pantheon Sorbonne, Perancis
Peraih Beasiswa Eiffel
Traveler 41 Negara

Biaya
1,5 juta

Sisa 18 seat lagi. Cukup DP 500rb untuk booking.

*Menangkan doorprize tiket ke SINGAPORE!!!

Info :
081573571433 (Syam)
082136005515 (Puri)
089669977566 (Tama)



Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Kumpulan Tips dan Motivasi dari Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan Buat Kamu yang Mau Kuliah ke Negeri Gingseng!


Gregorius Rionugroho Harvianto

S3 Teknik Kimia Bidang Proses Desain, Yeungnam University
Ketua PPI Korea (Perpika) untuk periode 2014-2015

Simpel, menyiapkan Bahasa inggris yang baik agar memenuhi persayaratan beasiswa, lebih baik lagi jika memiliki kemampuan Bahasa korea yang lebih sebelumnya. Jangan pernah menyerah untuk apply beasiswa di Korea karena kesempatan yang ada sangat banyak.

Ada beberapa pelajar yang sering mengalami masalah dengan penduduk Korea setempat, terlebih jika mereka sedang dalam kondisi tidak sadar akibat “minum” terlalu banyak. Trik unik dari saya sederhana saja berhadapan dengan orang Korea, “Buat sebel orang Korea dulu sebelum dibuat sebel oleh orang Korea”.


Ayu Wandira Puspitasari

S3 Yeungnam University

Ketika kita akan berangkat ke Korea, dokumen-dokumen seperti copy legalisir ijasah, transrip, data-data yang semuanya di perlukan ketika mendaftar kuliah, semuanya itu perlu dibawa, tidak perlu aslinya tetapi copy dokumen dengan legalisir yang sah dari instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut atau legalisir notaris.



Aldias Bahatmaka

S2 Double Degree di Magister Teknik Mesin UNDIP dan Master of Naval Architecture  & Marine systems Engineering, Pukyong National University Korea.

Pesan saya: yang terpenting adalah motivasi yang kuat, usaha yang keras dan selalu optimis dalam segala hal serta ibadah jangan pernah ditinggalkan. Dan yakinlah bahwa Allah SWT selalu mendengar doa kita, oleh karena itu harus selalu SEMANGAT!





Mahar Nirmala

Graduate School of International Studies (GSIS), Seoul National University (SNU), jurusan International Area Studies

Saat ini Korea Selatan telah menjadi salah satu tujuan belajar yang menarik bagi teman-teman di Indonesia. Selain itu banyak juga beasiswa yang dapat teman-teman cari. Dari Indonesia sendiri ada beasiswa LPDP yang akan mengcover semua kebutuhan teman-teman di Korea. Sedangkan dari Korea, pemerintah Korea juga banyak memberikan beasiswa, misalnya KGSP. Beberapa organisasi atau perusahaan seperti Samsung dan Posco juga memberikan beasiswa bagi jurusan-jurusan tertentu. Untuk lebih jelasnya silakan cek langsung ke web universitas dan jurusan yang akan teman-teman tuju.

Satu hal yang penting adalah memastikan mata kuliah akan diajarkan dalam bahasa Inggris atau Korea. Tidak semua universitas atau jurusan menuliskan keterangan mata kuliah tersebut akan diajarkan dalam bahasa apa.


Muhammad Hilmy Alfaruqi
S2 di Materials Science and Engineering Chonnam National University
S3 di Materials Science and Engineering Chonnam National University
Presiden Perpika 2016-2017

Mulailah bermimpi dan mulai rancang langkah-langkah mencapainya. Yang penting bukanlah semata-mata kesempurnaan, melainkan progress. Korea dan juga negara-negara maju lainnya banyak memberikan peluang untuk mempelajari ilmu-ilmu cutting edge technology. Peluang itu sangat besar, jangan takut untuk mencoba. Nothing wrong with trying. Mulailah membaca buku, jadikan membaca sebagai habit. Mulailah bergaul dengan orang-orang yang memiliki cita-cita dan gagasan besar. Cobalah bergabung dan aktif di komunitas-komunitas atau organisasi yang memiliki tujuan untuk memajukan Indonesia. Sebelum berangkat ke luar negeri untuk studi, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar dapat mempersiapkan diri.


Nur’aeni
S2 Polymer Science and Engineering, Korea National University of Transportation

Tahap persiapannya diperjelas. Seperti negara tujuan, kampus, dan yang terpenting adalah topik penelitian. Kemudian harus terus semangat dan jangan menyerah. Kuliah di luar negeri itu banyak manfaatnya, bisa kenal banyak teman dari berbagai negara, kenal budaya di negara tersebut, melatih kemampuan bahasa Inggris juga dan jadi lebih cinta dengan Indonesia.


Aryo Dimas Pamungkas

S2 Farmasi di Korea University

Untuk teman-teman yang berminat kuliah di Negeri Ginseng ini, ayo dipersiapkan! Tumbuhkan semangat unuk pergi ke negara ini melalui Kpop dan drama Korea (bagi yang suka :D). Namun saya ingatkan, hidup di sini tidak seindah di drama korea kok! Hidupnya normal-normal saja seperti roda berjalan, terkadang berada di atas dimana suasana sangat indah, menikmati hiruk pikuknya Seoul dan teriknya matahari di pantai Busan, dan terkadang berada di bawah dimana sedikit stres karena Profesor meminta segera menyelesaikan paper untuk suatu jurnal hehehehe. Tips-nya hanya satu, kenali terlebih dahulu budaya dan bahasanya dan selalu semangat mengejar impian! 

Paulo Coelho.
“When you want something, all the universe conspires in helping you to achieves it.”




Karina Geumala Putri

S2 Oriental Pharmaceutical Science di Kyung Hee University, Seoul

Menurut saya, segala sesuatu memang berawal dari mimpi. Namun bagaimana mimpi itu bisa jadi kenyataan, itu ada di tangan kita. Jadi, mimpi akan selamanya menjadi mimpi kalau kita tidak melakukan apa-apa untuk membuatnya menjadi kenyataan. Untuk teman-teman agar selalu berpikiran positif. Nikmatilah proses belajarmu tidak hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus tapi juga untuk mendapatkan pengalaman hidup. Karena setiap harinya kamu mendapatkan pengalaman yang berharga yang mungkin kita tidak menyadarinya. Jadi... terus bersemangat dan jangan putus asa dalam menggapai mimpi kamu ya~


Febriani Elfida Trihtarani

S2 Jurusan Sastra Modern Korea di Seoul National University

Pelajari budaya dan bahasanya walau sedikit. Kemudian pikirkan matang-matang tentang jurusan yang ingin diambil. Persiapkan juga mental dan fisik sebelum datang karena tingkat persaingan di sini tinggi. Tapi tetap semangat dan tetap berjuang, dan yang lebih penting, kalau ada kesempatan harus dicoba, karena kita tidak pernah tahu apabila kita tidak mencoba.


A never ending dream leads you to the greater stage of imagination, and to make that dream comes true you have to try and strive to bring the best of you. Live your dream.


Johanna Lianna

S2 Teknik Kimia di Pukyong National University (PKNU)

Penting banget buat bisa bahasa lokal. Karena komunikasi itu yang paling penting. Terus patuhi semua aturan imigrasi.


Ryan Indra Mukti

S2 Green Chemistry and Environmental Biotechnology di University of Science and Technology

Bisa bahasa Korea saya rasa jadi nilai tambah kalau disini. Warga local, teman, bahkan professor kita akan sangat mengapresiasi kita jika berbicara dengan bahasanya, jadi kalau memungkinkan bisa dipelajari dulu. Atau bisa ambil program beasiswa KGSP dimana kita dituntut untuk kuliah bahasa dulu selama satu tahun sebelum terjun ke kampus kita nantinya. Di UST sendiri, salah satu syarat kelulusan adalah lulus TOPIK level 2, ini semacam TOEFL-nya bahasa Korea, jadi tidak  ada salahnya kita belajar dulu bahasa Korea.

Untuk aktivitas kuliah atau riset, karena perbedaan kultur dalam memandang sesuatu, ada baiknya kita sering berkomunikasi/diskusi dengan professor sejelas-jelasnya untuk menghindari miskomunikasi.

Biar semakin banyak teman di perantauan, gabung saja ke PERPIKA, bisa ikut acara-acaranya atau sekalian jadi pengurusnya. PERPIKA sendiri sering mengadakan acara rutin seperti gathering wilayah, jalan-jalan bareng, dan sebagainya.



Kania Dewi Nastiti

Master Civil Engineering di Chungnam National University

Tips untuk teman-teman semua, jangan minder duluan untuk kamu yang seandainya ingin melanjutkan kuliah di korea tapi memiliki GPA yang gak tinggi. Coba terus, banyak jalannya. Oh ya, satu hal yang aku alami selama registrasi di website kampus, kesulitan dalam bahasa karena bercampur dengan bahasa korea, jadi banyak-banyak tanya juga sama professornya. Minta dibimbing untuk pendaftaran di website kampus. Dan yang terakhir, jangan pernah berpikiran bahwa semua informasi akan kamu dapatkan begitu saja. Untuk bisa kuliah di Korea, kita harus aktif mencari informasi. Semangat ya, teman-teman semua.


Listiani Artha

Awardee Global Scholarship

Bagi teman-teman yang baru mau berangkat ke Korea, siapkan saja uang dan surat menyurat dalam bahasa inggris yang dibutuhkan karena itu yang paling penting. Bawa bagasi sesuai batas maksimum saja dan penuhi dengan barang-barang yang perlu dipakai dan urgent, karena ternyata barang kebutuhan sehari-hari seperti bantal, bedcover, jaket winter, deterjen, sabun, dan sebagainya disini tidak semahal yang teman-teman bayangkan. Kontak senior teman-teman yang sudah lebih dahulu merasakan rasanya di perantauan Korea untuk tahu kira-kira apa saja yang dibutuhkan di kampus teman-teman nantinya. Siapkan saja dokumen-dokumen yang sama seperti ketika mendaftar kuliah, ditambah dokumen-dokumen seperti paspor dan visa, surat jaminan beasiswa untuk yang kuliah dengan menggunakan beasiswa, surat tanda diterima oleh universitas, ijazah dan transkrip dalam bahasa inggris, serta sertifikat kemampuan berbahasa asing (inggris, korea, atau dua-duanya kalau bisa) yang mungkin dibutuhkan serta kelengkapan lainnya sepertipas foto. Hal-hal tersebut mungkin akan dibutuhkan pada saat lapor ke kantor imigrasi untuk mendapatkan kartu tanda pengenal bagi warga negara asing atau mendaftar kerja parttime.

Barang yang harus dibawa tergantung teman-teman kebutuhan teman-teman saja, yang jelas bawa baju sih ya? baju dingin beberapa, obat pribadi, perlengkapan kuliah yang dperlukan seperti kalkulator, notebook dan segala perlengkapannya, rice cookermini mungkin? Sepatu, baju sejenis heat-tech sebagai inner untuk musim dingin, sprei, setrika, dan makanan-makanan yang tahan lama. Oiya akan lebih baik pula jika sebelum berangkat teman-teman sudah mengenal hangeul. Tidak perlu bisa berbahasa Korea, yang penting sudah mengenal sedikit bahasa Korea dan hangeulkarena di Korea sendiri tersedia sekolah bahasa mulai dari yang berbayar hingga yang gratis! Sangat nyaman kan? Semangat teman-teman yang akan belajar di Korea, selamat menuntut ilmu dan selamat bersenang-senang. Niatkan semua untuk kebaikan dan ibadah, semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan awet dan berguna bagi yang lainnya.


Syafnides Winda Syafril

S2 Actuarial Science di Seoul, Soongsil University

Bagi temen-teman yang pengen banget kuliah ke Korea, welcome banget. Korsel ini sekarang sektor pendidikannya dilirik dunia, karena sistemnya yang notabene patut diacungi jempol.

Jangan kaget kalau di sini sangat kompetitif. Jangan heran melihat semangat belajar pelajar Korea. Mereka sangat mandiri dan sungguh-sungguh dalam belajar. Cheating atau mencontek adalah sesuatu yang sangat hina bagi mereka. Orang korea adalah tipikal pekerja keras. Jangan kaget kalau mereka bisa tahan di library dari pagi sampai tengah malam hanya untuk belajar, dibandingkan nongkrong di kafe ketawa-ketawa gak jelas. Waktu sangat berharga buat mereka. Dari orang-orang Korea, aku belajar, selama kita punya waktu luang, gunakan sebaik-baiknya, produktif, karena banyak hal yang harus kita pelajari. Gunakan waktu seefektif mungkin, seefisien mungkin, dan seproduktif mungkin. Isi waktu kita dengan menambah wawasan, mengembangkan ide, dan membantu orang lain. Itu akan lebih worth it di akhir dibandingkan dengan kita buang-buang waktu hanya untuk hal yang sia-sia. Tak salah jika pepatah mengatakan waktu adalah uang.

Mendapatkan beasiswa ke bumi Korea Selatan bukanlah sesuatu yang nihil asal ada kemauan, kerja keras, pantang menyerah, dan terus gali informasi tentang beasiswa secara kontinu. Jangan malu bertanya kepada yang tahu dan punya pengalaman. Kalau pun gagal, pantang nyerah, apply lagi, lagi dan lagi. Bahkan ada salah satu temen aku yang sampai apply beasiswa 8 kali baru lulus, semua butuh perjuangan. 



“Kegagalan terbesar adalah takut gagal” -Wishnutama-

Nothing is impossible.
Di Facebook juga ada page yang isinya info-info beasiswa ke Korea, namanya 'Kuliah ke Korea'. Di page ini infonya lengkap dan up to date. Alternatif, bisa di cek di website www.studyinkorea.go.kr atau bisa juga di niied.go.kr tentang KGSP (Korean Government Scholarship Program). Di website ini banyak tersedia info-info beasiswa dari seluruh universitas yang ada di Korea Selatan, bisa dicari universitas dan major/jurusan yang diinginkan.




Khansa

Kyungsung University Busan

Kalau kuliah undergraduate, bahasa Korea yang fasih adalah kunci dari kemudahan hidup kalian di sana. Kalau bisa bahasa Korea, mudah dapat beasiswa tambahan dan bonusnya adalah sangat mudah mendapatkan teman. Saya merasa jika saya tidak bisa bahasa Korea saya pasti akan sangat kesepian di sana. Belajar yang rajin, karena orang Korea sangat rajin dan ritme hidup mereka cepat. Don’t take anything personally if you think they’re offending you, they’re not. That’s just how they are.

Korea yang kalian lihat tidak seperti yang kalian lihat di drama. Tidak semua laki-laki tampan seperti Choi Siwon dan tidak semua perempuan cantik seperti Kim Taeyeon, jangan naif. Be realistic. Not everyone is going to go to college there and find the love of their lives, not all Korean guys and girls are like those that you see on television and that is not why you go to college. Belajar dari kebiasaan mereka yang bagus dan jangan tiru yang menurut standar moral kalian tidak bagus.

Prioritize, do what you have to do and not what you want to do. Just because you’re a crazy K-Pop fan, doesn’t mean that you need to go to every concert that they have there. Dosen tidak akan memaklumi hanya karena kalian foreigner, they treat every student the same. If you don’t study, you won’t get good grades. Know what you want, kuliah di sana tidak seperti traveling. You can’t go home if you find out you don’t like it or if you run out of money. 

If you don’t think you can do part time jobs, don’t. Part time job is a sensitive subject, kalo visa kalian bukan visa pekerja you can’t work for more than 22 hours a week without your university’s permission. Remember, you’re there to study, not to work. Not yet. Kalau kalian nekat, you can get arrested and be deported. 

Make the most out of every opportunity that you can get. Be nice to people, remember, you’re living in their territory. If you’re not nice, they won’t be nice to you either. Be polite, be willing to learn about their culture. Hold on to your belief, be yourself. Jangan memaksakan ikut gaya hidup mereka if you don’t have the money for it. If you don’t drink alcohol, don’t drink. That’s not the only way for you to find friends. Be wise, think twice. 

And last, travel, travel and travel. Kalau sudah punya waktu dan uangnya, go out and see what they have to offer you. It’s a beautiful country and it’s insanely convenient to move from one city to another, experience the trip, meet new people. Know that at the end of the day, home is not where your house is. It’s where your heart is. 


Not everyone can go to college in Korea. A lot of foreigners gave up on their degree there because it’s really hard to be there at times, that’s why they don’t really have a good reputation in terms of providing education for foreigners. Be willing to get out of your comfort zone and learn. It will be very uncomfortable, especially in the first year. But it gets better, it always does. 


Nadhila Sylvianti

Master Bidang Polymer Engineering Pukyong National University

Tips khusus rajin cari info. Karena biasanya di universitas saya ini kebanyakan mendapatkan beasiswa dari Professor. Jadi Professor meng-hire kita untuk menjadi research assistant di laboratoriumnya beliau. Jadi memang kebanyakan yang eksak (dari science atau engineering). 

Dan biasanya sistemnya jika Professor yang menawarkan offering sudah merasa cocok (cocok dari GPA, perilaku dan interview) kemungkinan 80% kita bisa diterima di universitas tersebut. Karena disini, jika Professor sudah memberi pertimbangan kemungkinan besar akan lolos.

Nah bisa bahasa Korea memang nilai plus tersendiri, tapi skill bahasa Inggris yang jago juga menjadi pertimbangan besar bagi Prof untuk meng-hire kita. Karena bahasa Inggris adalah satu-satunya cara kita untuk berkomunikasi dengan Prof. Juga semua hasil experiment kita juga akan ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi jika Prof merasa bahasa Inggris kita kurang baik, biasanya akan mengurungkan minat beliau untuk meng-hire kita. Nah biasanya motivation letter juga jadi ajang Prof untuk menguji kemampuan bahasa Inggris kita dalam skill writing. Jadi saya sarankan jangan sekali-kali minta orang lain mengerjakan motivation letter, ada baiknya kita sendiri yang mengerjakan dan menunjukkan skill writing kita. 


Dan yang terakhir ada dasar ketertarikan yang kuat akan bidang yang dijalani. Karena kerjaan di lab itu berat, jauh dari jaman undergraduate dulu, jadi kalo tidak ada passion di bidang yang dijalani kerjaanya bakal kerasa beraaat banget dan bawaannya homesick.

So do what you love, and love what you do!


Lastin Darmokusumo
Pusan National University


Tips dari saya adalah jangan berhenti BERDOA dan berusaha untuk terus lebih baik, Kalau kamu yakin dan  punya pikiran optimis, Allah akan mengabulkan permintaanmu. Oh ya, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk belajar di Korea. Kalau kamu mau belajar di Korea hanya untuk ketemu artis, cinta dengan k-POP, dll lebih baik wisata saja, tidak usah tinggal lama di Korea. Karena dengan tinggal di Korea kecintaanmu akan k-pop bisa memudar. Jangan pernah mempunyai pikiran kuliah dan tinggal di Korea kalau mental kamu belum siap. Dan juga, semua pasti ada perjuangan untuk mendapatkan kenyamana dan kesenangan itu. Jangan berhenti berjuang!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top