Pengalaman Levina Tentang Kuliah di Singapura

Singapura, negara tetangga Indonesia ini memiliki luas wilayah yang tak seberapa. Namun Singapura merupakan pasar Internasional. Banyak per...

Singapura, negara tetangga Indonesia ini memiliki luas wilayah yang tak seberapa. Namun Singapura merupakan pasar Internasional. Banyak perusahaan–perusahaan besar yang mendirikan anak cabang perusahaanya di sana. 

Banyak kita ketahui perekonomian singapura sudah sangat maju. Banyak orang Indonesia yang kuliah dan bekerja disana. Singapure ini ibaratkan kecil–kecil cabe rawit. Bahkan bila diukur luas Jakarta dengan Singapura masih luasan Jakarta. 

Images Credit

Pemerintah mengelola negaranya dengan sangat baik. untuk urusan bisnis, Singapura adalah jalan untuk memasuki perekonomian Asia. Singapura memang tidak memiliki pedesaan, tetapi mereka memiliki ribuan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi. Tempat–tempat di Singapura adalah surganya para pecinta belanja. Karena barang disana lebih murah dari pada di Indonesia dengan merk yang sama. 

Nah, Berkuliah.com berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu pelajar asal Indonesia, Levina Ranisari. Mahasiswa asal Indonesia ini memilih Singapore sebagai tempat menempuh pendidikan S1 nya, tepatnya di  National University of Singapore (NUS). Datang ke Singapore pada pertengahan tahun 2012. 

Dia lulusan SMA Santa Usula di Jakarta. Untuk menempuh kuliah disana Levina menggunakan biaya sendiri. 


Sistem Pendidikan di Singapura, Khususnya NUS

Images Credit

Sistem pendidikan di NUS sangat seru sekali. Kampus mengajarkan kamu untuk lebih banyak berinteraksi dengan dunia luar. Ada bebrapa program yang disediakan NUS yaitu program keseluruh dunia, ada program dimana kamu bisa magang ke perusahaan manapun selama satu semester, projek–projek analisis yang bisa dikerjakan secara berkelompok dan ratusan ektrakulikuler yang bisa diikiuti sesuai keinginanmu. 

Semua program ini bisa kita sendiri yang memilih, dalam arti lain, mahasiswa diajarkan untuk mendiri dalam menentukan dan merencanakan pilhannya. Nantinya, kamu sendirilah yang menentukan jadwal untuk melaksanakan.

Ada hal menarik lainnya yang perlu diketahui di NUS, kamu bisa memilih ratusan mata kuliah dari berbagai jurusan sebagai mata kuliah tambahan di luar jam kuliah utama yang telah ditentukan kampus. Pastinya sangat menyenangkan karena untuk mengambil mata kuliah lainnya tidak perlu biaya tambahan. Kita bisa mencari ilmu–ilmu lain yang kita butuhkan untuk menunjang belajar. 


Alasan memilih Singapura

Alasan Levina memilih Singapore karena deket dengan Indonesia, untuk pulang tidak perlu membayar tiket yang mahal. Singapore memiliki sistem pendidikan yang bagus. NUS merupakan Uninersitas yang masuk dalam peringkat 30 besar dunia, jadi kualitasnya sendiri sudah bisa dibandingkan dengan universitas top dunia. Itulah kenapa Levina memilih NUS sebagai kampus pilihannya. 


Biaya Hidup di Singapura 

Saat akan pergi kuliah keluar negeri, salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah biaya hidup. Levina membagi pengetahunnya mengenai biaya hidup yang dikeluarkan selama tinggal di Singapore. 

Untuk biaya kuliah di NUS  memang mahal. Dia telah menghabiskan dana sebesar 140.000.000 juta untuk internasional student. Untuk pembayaran tanpa tunjangan memang sangat mahal. Tapi untuk kuliah di Public University seperti NYS, SUII, NTU dan lainnya bisa mendapat tunjangan sebesar 75% dari Indonesian Grand. 

Kita bisa  membayar dengan bunga yang sangat rendah. Jika kalain berprestasi juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa secara penuh. Ada juga tunjangan–tunjangan negara dan bantuan umum yang bisa didapatkan dengan cuma–cuma. 

Untuk pinjaman yang 75%, kamu bisa membayarnya dengan menjalin kontrak selama 3 tahun dengan perusahaan. Namun untuk sisanya 25% bila meminjam dari bank harus mengembalikan pada bank. Ketika kamu tinggal disana, akan banyak warga asing yang kalian jumpai. Makanya, persiapkan bahasa Inggris kalian dengan baik. Tidak hanya bahasa, tetapi kalian juga harus pinter menyesuaikan diri dengan orang–orang yang berasal dari berbagai negara dengan sifatnya yang berbeda beda. 

Ada yang jutek, ambisius, gak peduli sama pelajaran, friendly dan lainnya. Jangan kaget dengan situasi yang seperti itu. Untuk masyarakat lokalnya, orang Singapura terkenal sangat on time, cara kerja mereka sangat cepat dan gak aneh–aneh. Jadi harus menyesuaikan diri dengan mereka yang terbiasa melakukan sesuatu dengan cepat. Bila kita hanya malas–malasan maka akan tertinggal jauh. Setidaknya kita harus bisa menggimbangi mereka. 















Untuk tempat tinggal, Levina menempati asrama di perhimpunan mahasiswa Indonesia di NUS. Ada juga yang besar namanya Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Singapore. Jadi tidak perlu takut dan bingung untuk mencari teman. Karena di Singapura ada ratusan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di sana. Pastinya mereka akan sangat membantu bila kita mengalami kesulitan.

Bagi yang muslim juga tidak perlu khawatir karena makanan halal disana tersedia banyak. Disana juga ada berapa restauran yang menjual makanan Indonesia. Jika kangen dengan masakan Indonesia kalian mampir ke sana. 

Karena jarak Singapore dan Indonesia lumayan deket biasanya Levina pulang pada tiap akhir semester. Jadi setahun dua kali dia pulang ke Indonesia. 

Dengan kuliah di luar negeri, Levina bisa berfikiran lebih luas mengenal dunia. Apalagi jika mengikuti program seluruh dunia ketika kalian memilih eropa, maka wawasan kalian akan bertambah. 

Levina berpesan, untuk pelajar Indonesia yang ingin ke Singapore, kuliah di bawa santai saja jangan stres. Meskipun banyak beban yang harus diselesaikan. Tetap semangat, walau terkadang hasil yang kita capai tidak sesuai yang diharapkan. 

Di sana pengalaman yang kalian dapatkan sangat seru, kalian bisa bertemu dan bergaul dengan orang dari berbagai negara. Itu sangat mengajarkan kita untuk semakin menghargai perbedaan agama dan ras. Di Singapura sangat diajarkan saling bertoleransi antar agama. 

Kemudian, jika kalian ingin beasiswa, Singapore menyediakan banyak peluang. Belajarlah dengan baik karena biaya pendidikan, biaya hidup dan transportasi di sana lumayan tinggi. Apalagi saat ini kurs rupiah naik. Jangan menyia–nyiakan fasilitas  yang disedikan orang tua kalian. 

Pastinya mereka akan sangat berharap pada kalian untuk memperoleh masa depan yang cerah malalui pendidikan. Perlu diketahui disana banyak perusahaan besar. Jadi setelah lulus bisa mencari kerja di sana. Sungguh keuntungan yang sangat strategis. 

Singapura memang menyediakan fasilitas yang tinggi untuk pendidikan. Teknologinya sangat maju untuk menunjang riset yang kalian lakukan. Jika kalian sangat menyukai bidang yang dipilih, pastinya tugas perkuliahan akan terasa sangat ringan. 

Contohnya Levina, dia begitu semangat untuk berbagi pengalamannya. Di sepanjang wawancara senyuman semangatnya begitu jelas. Dia terlihat senang ketika menceritakan mengenai program yang dilaksanakannya. Begitu juga ketika dirinya bercerita bisa memiliki teman dari berbagai negara. Belajar di Singapura sangat seru bagi Levina. 

Semoga Informasi yang dibagikan oleh Levina bermanfaat bagi kalian. Kalian bisa mencontoh Levina yang semangat dan antusias dalam belajar.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,10,Info Universitas,31,Inggris,85,Interview,437,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,9,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,46,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,33,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Pengalaman Levina Tentang Kuliah di Singapura
Pengalaman Levina Tentang Kuliah di Singapura
http://2.bp.blogspot.com/-lOKeDmwh6bw/U84mSg84w0I/AAAAAAAAAqk/xmp7kwyBsoU/s1600/1111.png
http://2.bp.blogspot.com/-lOKeDmwh6bw/U84mSg84w0I/AAAAAAAAAqk/xmp7kwyBsoU/s72-c/1111.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/pengalaman-levina-tentang-kuliah-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/pengalaman-levina-tentang-kuliah-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy