Berkunjung ke Lampung, Nikmati 7 Makanan Lezat Ini!

Indonesia yang kaya akan budaya dan adat istiadat memiliki corak cita rasa yang beragam dan tidak sama. Mengenai kuliner sendiri, di tiap daerah di Indonesia tentulah makanan-makanan yang ada dipengaruhi oleh rempah-rempah dan bumbu yang berbeda pula. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh kadangkala di suatu daerah terdapat jenis tumbuhan yang tidak tumbuh di daerah lainnya. Hal ini mengakibatkan bumbu-bumbu yang ada antara suatu daerah dengan daerah lainnya sangat beragam dan akan menentukan cita rasa kuliner masing-masing.

Salah satu daerah yang memiliki makanan khas adalah Lampung. Lampung merupakan sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang danTeluk Betung ini memiliki wilayah yang relatif luas dan menyimpan potensi kelautan. Pelabuhan utamanya bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni, serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Teluk Betung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.


Jika anda berkunjung ke Lampung, maka yang perlu anda cari dan perlu anda coba adalah kulinernya. Kuliner lampung yang beragam dengan cita rasa khas dengan perpaduan budaya Minang-Melayu ini sangat sayang untuk anda lewatkan. Berikut “7 Makanan Khas Lampung” yang perlu anda coba:


1. Kue Lapis Legit

Kue ini merupakan salah satu kue yang sering anda jumpai jika berkunjung ke Lampung. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang manis khas Lampung pastinya akan membuat lidah Anda puas. Kue ini biasa disajikan dalam berbagai acara, dibuat cemilan, maupun dapat dijadikan sebagai teman minum teh untuk sarapan di pagi hari. Berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat kuliner yang satu ini:

- Telur ayam 20 butir dengan perbandingan 16 kuning telur dan 4 putih telur.
- Gula halus 125 gr.
- Susu kental manis setengah kaleng.
- Mentega butter ½ kg.
- Tepung terigu 125 gr.
- Bumbu spekoek 1 sdt.
- Vanili.
- Kayu manis.


2. Seruit

Salah satu masakan khas Lampung adalah Seruit, yaitu masakan ikan digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambel terasi, tempoyak (olahan durian) ataupun mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Makanan dengan ragam rasa ini tambah nikmat dengan sambal terasi yang menjadi peneman utama sebagai cocolan. 

Makanan ini terasa kaya karena selain menggunakan ikan, makanan ini juga menggunakan beberapa bahan lain sebagai campuran, seperti tempoyak dan gorengan-gorengan, telur, tempe, dan berbagai lalapan baik buah maupun sayuran. Selain itu, kuliner ini juga memiliki keunikan dalam rasanya. Karena terdiri dari bahan yang beragam mulai dari buah, sayur, gorengan dan makanan lain, mengakibatkan Seruit memiliki banyak rasa, mulai asin, gurih, manis, dan asam.


3. Geguduh

Salah satu makanan dengan cita rasa manis yang dimiliki oleh Lampung adalah Geguduh. Makanan ini merupakan sejenis kue yang bahan baku utamanya adalah pisang yang dihaluskan sampai lembut. Pisang yang sudah dihaluskan ditambah dengan tepung terigu, diaduk hingga merata. Setelah itu anda bisa menambahkan susu, selai, dan rasa lainnya sebelum kemudian digoreng dan disajikan sebagai teman minum kopi atau juga nikmat sebagai sajian dalam acara-acara tertentu. 
Pisang yang biasa digunakan dalam makan ini adalah Pisang Kapok. Sedangkan untuk menambah aroma pada kuliner yang satu ini, orang Lampung biasanya menggunakan air kapur sirih, dan juga anda bisa menambah aroma daun pandan.


4. Gulai Taboh

Salah satu makanan dengan cita rasa unik adalah Gulai Taboh. Gulai tabuh ini berisi kacang-kacangan dan ubi-ubian. Rasa santan yang telah diolah dan dimasukan ke dalam mangkok dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah, dan kacang jenis lain, ditambah dengan kentang, rebung dan lain-lain, menambah rasa yang ada pada kuliner ini.

Bahan untuk membuat Gulai Taboh ini juga bisa ditambah daun sirih, bahkan terasi. Perpaduan rasa manis ubi-ubian seperti labu yang dipadukan dengan rasa khas terasi terasa cukup menantang bagi anda untuk berani mencicipi kuliner ini.


5. Gabing

Salah satu makanan berbahan baku unik di Indonesia adalah Gabing. Makanan ini merupakan makan khas Lampung yang cukup simpel namun sangat khas. Gabing terbuat dari batang kelapa muda yang diiris kemudian direbus sampai lunak dan ditambah bumbu rempah sehingga memiliki rasa yang kuat.

Gabing biasanya disajikan berkuah. Rasanya yang gurih membuat Gabing bisa ditambahi dengan olahan daging segar, olahan jamur, dan olahan lainnya yang gurih yang semakin membuat anda dimanjakan dengan rasa unik yang mungkin sulit anda jumpai di tempat lain.


6. Umbu

Jika di Jawa anda mengenal sayuran pahit seperti pare, maka anda perlu tahu bahwa dil Lampung juga terdapat sejenis makanan pahit namun nikmat untuk disantap. Makanan tersebut adalah Umbu. Makanan ini terbuat dari rotan muda yang direbus hingga lunak. Ketika telah lunak, olahan ini kemudian biasa digunakan sebagai sayur, lalapan, oseng, maupun sebagai resep untuk memperkaya masakan lainnya. Dengan keunikan bahan bakunya, siapa yang menyangka seuntai rotan bisa menjadi kuliner yang cukup istimewa!


7. Engkak

 Kue yang satu ini merupakan salah satu olahan manis lainnya khas Lampung. Makanan yang didominasi dari bahan telur dan mentega ini memiliki tekstur yang lembek, cocok sebagai makanan ringan dipagi hari sebagai sarapan anda.

 Adapun cara membuatnya sebagai berikut :




Bahan:
-½ kg tepung ketan putih
-½ kg gula pasir
-10 btr telur ayam
-3 gls santan dari 3 kelapa, dimasak
-1 klg susu kental manis
-4 sdm mentega utk melapis

Caranya :
• Gula dan telur dikocok sampai mengembang
• Masukkan tepung ketan
• Masukkan santan sedikit demi sedikit.
• Masukkan susu kental manis
• Loyang 20×20 dioles mentega lalu alasi dengan kertas, panggang kue dengan sistem seperti lapis legit. 3 lapis pertama menggukan api bawah lalu pindah api atas. Lalu balik adonan jika adonan sudah selesai. 


Demikian merupakan kuliner khas daerah Lampung yang mungkin tidak anda jumpai di daerah lain. Jika anda Berkunjung ke Lampung, janganlah anda sampai melewatkan kuliner-kuliner tersebut untuk memanjakan lidah anda, dan tentunya sebagai pengalaman yang menarik untuk mengetahui beragam rasa khas Nusantara tercinta!
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.