Profil King’s College London (KCL)

London, siapa yang tidak mengenal kota ini? London merupakan ibukota dari Britania Raya atau sering disebut United Kingdom (UK). Kota ini m...

London, siapa yang tidak mengenal kota ini? London merupakan ibukota dari Britania Raya atau sering disebut United Kingdom (UK). Kota ini menjadi salah satu kota mentropolitan terbesar di dunia. Kota dimana terdapat Big Ben, jam yang selalu menarik perhatian tidak hanya untuk para pencinta travelling dan liburan, bahkan juga untuk para ilmuan dan pelajar. Bagaimana tidak, kota ini menawarkan berbagai perguruan tinggi yang sangat kredibel dan berkualitas. Hampir sebagian besar pelajar bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan di Britania Raya ini. Apakah Kamu salah satunya? Jika ya, maka tulisan satu ini bisa bermanfaat untuk buatmu. 

Setiap daerah ini selalu menarik untuk diperbincangkan. Banyak universitas dengan kualitas dunia terdapat di kota ini. Bahkan 4 dari kampus yang berada di London ini masuk jajaran 400 kampus terbaik di dunia. Diantaranya, sebut saja Imperial College, University College London, LSE, dan King’s College London (KCL).  Keempat kampus inilah yang dinyatakan memiliki kualitas yang baik. Salah satu yang akan kita bahas pada tulisan ini adalah King’s College London. Bagi yang sering membaca atau mencari informasi tentang London, maka tentu kampus ini bukanlah hal yang asing.

image credit

King’s College London berdiri pada tahun 1829. Berdirinya kampus ini berdasarkan aturan tradisi gereja di Inggris. Kampus ini juga merupakan salah satu kampus yang tertua di London. Universitas ini terletak di kota London dan memiliki 5 kampus (Strand, Waterloo, Guys, St. Thomas dan Denmark Hill) yang berfungsi sebagai perpustakaan, dewan teater, kelas, ruang perkuliahan dan berbagai fasilitas lainnya yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di lembaga pendidikan ini. kelima tempat tersebut juga terletak di dekat pusat bangunan-bangunan utama di London seperti, Big Ben, Tower Bridge, London Eye, dan masih banyak lagi. Setiap kampus akan mewadai studi tertentu. Ada 9 sekolah yang dimiliki KCL, yaitu Sekolah Ilmu Sosial dan Kebijakan Publik, Biomedis dan Ilmu Kesehatan; Hukum, Kedokteran Gigi, Kedokteran, Keperawatan dan Kebidanan,  Ilmu Fisika dan Teknik, Psikiatri, Sekolah Seni dan Humaniora.

Menurut QS ;World University Rangkings’, pada posisi 19 diduduki oleh King’s College London , dan di level Eropa menduduki posisi ke-8. Menurut HE 2013, King College menempati peringkat ke-38 dunia dan ke-9 level Eropa. Universitas ini telah tergabung dalam Grup Russel dan merupakan bagian dari Segi Tiga Emas. Semenjak tahun 2014 KCL dipimpin oleh Professor Sir.Richard Rick Trainor, KBE, FRHS, FKC (Profesor bidang Sejarah Sosial). Sebelumnya, Professor Richard Rick Trainor, KBE, FRHS, FKC adalah pimpinan universitas Greenwich. Beliau menempuh pendidikan (BA) di Brown University dalam bidang Peradaban Amerika. Kemudian melanjutkan pendidikan MA di Princenton University dan doktor dari Merton College, Oxford (salah satu penerima Beasiswa Rhodes). Tidak dapat diragukan lagi, Ia telah membuktikan kemampuannya dalam memimpin KCL. Berbagai penghargaan pun berhasil diraih, dan yang terpenting adalah ia mampu membawa sebuah lembaga pendidikan bernama King’s College ke level dan standar yang diakui oleh dunia. Tahun 2013, Trainor lalu di tunjuk sebagai pemimpinan di Exeter College, Oxford dan akan segara melaksanakan tugasnya pada tanggal 1 oktober 2014 yang akan datang. Meskipun kini ia tak lagi berada di KCL, namun sumbangsihnya terhadap kampus ini tak dapat dilupakan begitu saja. Beliau tetap dianggap sebagai salah satu pimpinan KCL yang sangat berhasil melakukan pengembangan di dunia pendidikan, khususnya di London.

Keberhasilan KCL juga dapat dilihat dari kualitas alumninya. Sebut saja salah satu peraih penghargaan Nobel, Charles Barkla (Profesor Fisika, hadiah nobel untuk penelitian sinar X). Hadiah Nobel untuk penelitian Thermionics adalah seorang alumni KCL yang bernama Owen Richardson 9. Profesor Fisika King’s College London lainnya, Profesor Sir Frederick Gowland Hopkins juga mampu meraih Nobel Fisiologi untuk penelitiannya tentang vitamin, Profesor Sir Edward Appleton (Nobel Fisika 1947), Dr.Max Theiler (Nobel Fisiologi 1951-belajar di RS St.Thomas UCL), Profesor Sir Charles Scott Sherrington (Nobel Fisiologi atas penelitian tentang sistem saraf), Maurice Wilkins (Penemuan struktur DNA-Profesor Biofisika UCL), Desmond Tutu (Nobel Perdamaian-Profesor tamu UCL), Sir James Black (Nobel Fisiologi 1988-Profesor Farmakologi UCL), Mario Vargas Liosa (nobel sastra 2010-dosen Sastra Amerika Spanyol di Department Studi Spanyol-Amerika UCL), Prof.Peter Higgs (Nobel Fisika 2013-menempuh studi BSc-MSc-Doctor UCL) dan Profesor Michael Levitt. Alumni yang lainnya yang juga dapat dibilang memiliki prestasi yang gemilang diantaranya, Lord Watkinson (Engineering), John Keats (Medicine), Sir Arthur C Clarke (Matematikawan-Fisikawan), Sir Francis Galton (Polymath, Thomas Hardy (penulis Perancis), Thomas Hodgkin (Ahli David Bellamy (Botani), Houghton & Qui Lim Choo (peneliti Hepatitis C), Patrick Steptoe (Pioner IVF), Patologi), Raymond Gosling & Herbert Wilson (peneliti DNA).

image credit

Selain itu juga terdapat 9 tempat khusus fasilitas olahraga dan fasilitas seperti Maughan Library, yang merupakan perpustakaan tertua di London. Di tempat ini disimpan berbagai jenis buku, dan beberapa diantaranya adalah buku-buku yang sudah sulit untuk ditemukan. Bukan hanya kelengkapan buku yang membuat takjub di KCL, arsitektur bangunan perpustakaan ini seakan membawa kita kekehidupan Harry, Ron, dan Hermonie yang ada dicerita Harry Potter. Bagi kamu yang berasal dari luar kota London ataupun luar Inggris pun tidak perlu khawatir, sebab KCL juga menyediakan asrama tempat tinggal yang mamapu menampung hingga 3 ribu mahasiswanya. King’s College juga memiliki museum yang terbuka untuk umum dan menjadi media pembelajaran bagi mahasiswanya.

Saat ini, King’s College menerima 25.187 mahasiswa, 6.200 diantaranya adalah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan Pascasarjana. Mahasiswa pun berasal dari berbagai negara yang berbeda, yang ini membawa kekayaan baru dilingkungan kampus yaitu kekayaan budaya yang dimiliki setiap mahasiswanya. Kualitas mahasiswanya pun tidak dapat diragukan, yang hal ini terbukti dari adanya sekitar 8 orang yang berhasil meraih penghargaan Nobel Prizes. Dengan adanya mahasiswa yang berkualitas, tentu juga terdapat staff dan tenaga pengajar yang tidak kalah berkualitasnya. Tercatat bahwa KCL memiliki 3143 lebih Staff Akademis yang sudah menyandang gelar profesor. Hal ini menjadi nilai lebih tersendiri buat KCL bila dibandingkan dengan beberapa kampus yang lainnya di Inggris.

image credit


Jangan khawatir, hal yang menggembirakan dari kampus ini adalah biaya kuliah yang cukup rendah meskipun memilki fasilitas yang sangat lengkap. Namun, KCL pun tidak memasang biaya kuliah yang tinggi, sehingga semua kalangan bisa mencoba mendaftarkan diri di kampus ini. Apakah Kamu juga salah satunya? 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil King’s College London (KCL)
Profil King’s College London (KCL)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjfI0okGTgWaMuezg0UfPmK8WTSmt7Nw-EJRuqTXo2G91p8uWXrjd2QCXB-T3Rx8wfi0edZYYKKooVNOudA0rCILWEj-pMfwR7mPvd3jikPBmON6Wj83VvlhwFiKE8dS5xxv8MDCMQi_E/s1600/Snap+2014-08-28+at+13.29.08.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjfI0okGTgWaMuezg0UfPmK8WTSmt7Nw-EJRuqTXo2G91p8uWXrjd2QCXB-T3Rx8wfi0edZYYKKooVNOudA0rCILWEj-pMfwR7mPvd3jikPBmON6Wj83VvlhwFiKE8dS5xxv8MDCMQi_E/s72-c/Snap+2014-08-28+at+13.29.08.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-kings-college-london-kcl.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-kings-college-london-kcl.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy