Tips Mudah Mendekorasi Kamar Kos Agar Terasa Nyaman

Seorang mahasiswa perantauan seperti kamu, tentunya akrab dengan satu hal yang bernama kamar kos. Kalau kamu termasuk sebagai salah satu mahasiswa super sibuk dan nggak pernah atau nggak sempat mengurus kamar kos-kosan, sepertinya kamu perlu sedikit meluangkan waktumu untuk membuat kerajaanmu menjadi sedikit rapi dan nyaman. Ketika kamu memiliki libur dan tidak ada rencana untuk pergi atau pulang kampong halaman ,inilah waktu yang tepat untukmu melakukan sedikit perubahan terhadap kamar kosmu.



Waktu libur udah punya, terus kenapa kamarmu masih belum rapi? Ternyata, kamu masih bingung dan nggak tahu caranya untuk merapikan kamar yang notabene kecil alias nggak luas, tapi barang-barangnya kalau dikumpulkan bisa sampai satu truk besar. Wah, ini memang membuat malas banget, apalagi kamu orangnya juga malas bersih-bersih, ini bakalan jadi kerjaan yang dobel dan membutuhkan waktu serta tenaga ekstra.

Nah, kali ini berkuliah.com akan memberi kamu tips bagaimana cara merapikan kamar kos. Berikut ulasannya.


Lakukan survei gambar atau model dekorasi kamar di internet

Sebuah rencana itu penting sekali jika kamu ingin melakukan sebuah pekerjaan, termasuk merapikan kamar kos. Nah, kalau kamu masih bingung mau dibuat apa nantinya, search aja di internet model-model dekorasi kamar, tentunya banyak sekali yang bisa kamu contoh. Dengan search dan mencari referensi, tentunya ide dan imajinasimu akan muncul, kemudian kamu tinggal memutuskan hendak dibawa kemanakah kamar kosmu.


Buat semua daftar barang-barangmu

Sebelum mengobrak-abrik kamar dan kemudian kamu menjadi bingung karena tidak bisa merapikan kembali, seperti terima -bongkar tapi tidak terima-pasang. Ada baiknya kamu membuat list atau daftar dari semua barang yang dimiliki. Buatlah daftar dari barang terkecil sampai barang terbesar. Kelebihannya, kamu bisa mengontrol barang-barang yang dimiliki, apakah ada yang hilang atau ada yang rusak. Bisa juga kamu mengetahui mungkin adakah yang tidak berguna dan bisa disumbangkan, dibuang, atau dijual.


Kelompokkan barang sesuai dengan jenisnya

Mungkin kalau buat cowok-cowok, merapikan kamar nggak terlalu sulit karena notabene barang-barang cowok lebih sedikit daripada cewek. Tapi, tips ini berlaku buat seluruh kalangan baik cewek, cowok, mahasiswa, dan mungkin masih pelajar sekolah. Setelah daftar selesai dibuat, kamu melanjutkan ke langkah kedua, yaitu mengelompokkan barang-barang kamu sesuai jenis. Pokoknya mirip sekali seperti orang ingin pindah kos.
Masukkan barang-barang yang sejenis ke dalam satu kardus, ini akan memudahkan kamu ketika nantinya melakukan penataan.


Keluarkan barang-barang dari kamar

Setelah semua barang terpacking dengan rapi, selanjutnya keluarkan semua barang-barangmu dan letakkan dalam satu daerah atau satu sudut agar tidak terpisah-pisah. Setelah ruangan dalam keadaan kosong, sapu semua kotoran, baik yang ada di lantai, dinding, dan langit-langit kamar. Kalau sudah bersih, bersiaplah untuk memulai pekerjaan inti.


Catlah dinding kamar kosmu

Kalau semua sudah bersih, belilah cat dinding dengan warna sesukamu, kemudian warnailah dinding kamar kosmu dengan gayamu sendiri. Mungkin kamu bisa menggunakan jasa tukang andaikan kamu sibuk dan tidak sempat mengecat, atau panggilah beberapa temanmu untuk membantumu.


Gunakan barang-barang yang efektif dan simpel

Barang-barang yang efektif dan simple? Contohnya lemari serba guna agar semua jenis pakaianmu tertampung di dalamnya. Multi stop contact, agar tidak terlalu banyak kabel karena berbahaya kalau nanti ada yang lecet. Rice cooker yang bisa buat masak dan menghangatkan makanan, kalau ada sekalian yang bisa buat masak mie instan, jadi nggak perlu kompor. TV Tunner, jadi kalau kamu punya PC, nggak perlu beli tv yang besar dan menghabiskan tempat. Hanya tinggal beli TV tunner yang bentuknya kecil, kamu bisa menikmati acara TV kesukaanmu. Dispenser, rak buku gantung, tas alat mandi, gantungan baju, kipas angin dinding, dan lain-lain.


Buat tempat khusus untuk barang tidak terpakai

Tips terakhir, sediakan tempat khusus yang lumayan besar untuk barang-barang yang nggak kamu pakai. Kertas, buku, kardus HP, barang-barang kuliah yang sudah nggak terpakai, dan lain-lain. Ini akan membuat ruanganmu terasa lebih luas dan nyaman.


Oke, sobat berkuliah.com! Itu tadi beberapa tips buat kamu yang hendak mendekorasi ruang kos tercinta agar lebih keliatan nyaman. Gimana? Udah siap buat mengaplikasikannya? Yaps, kalau kamu masih ingin tips-tips yang lebih banyak lagi, pantau terus berkuliah.com, salam sukses dan sampai jumpa!
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.