Top University: Universitas Princeton

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Princeton? Salah satu institusi pendidikan bergengsi di Amerika ini terletak di kota tua Princeton...

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Princeton? Salah satu institusi pendidikan bergengsi di Amerika ini terletak di kota tua Princeton. Berdiri sejak 1746, Universitas Princeton menempati peringkat ke-4 sebagai perguruan tinggi paling tua di ‘Negeri Paman Sam.’ Kota Princeton memiliki banyak peninggalan bangunan bersejarah dan menjadi bagian dari sejarah Revolusi Amerika. Jika berkunjung ke kompleks perguruan tinggi ini, kamu bisa melihat berbagai perpaduan arsitektur eksotis masa lalu dan bangunan-bangunan modern dalam tata ruangnya.



Di Princeton, kamu bisa menjumpai jalanan kuno ‘Nassau Street’. Kini tempat itu menjadi pusat perdagangan di Princeton yang melingkari wilayah kampus. Kamu bisa melihat bagaimana kantor administrasi universitas, ‘Nassau Hall’, yang dulunya pada tahun 1783 adalah ruang rapat Continental Congress.

Transportasi umum cukup banyak tersedia dan memudahkan kamu menjangkau kota Princeton, mulai dari bus, kereta, bahkan pesawat dari bandara internasional di Philadelphia. Dari arah Selatan universitas ini dekat ke kota Philadelphia dan Trenton, sedangkan dari arah Utara kota terdekat adalah Newark dan New York. Bisa dikatakan Princeton berada ditengah-tengah antara megapolitan New York dan Philadelphia.

Princenton benar-benar kota unik yang memiliki pemandangan sekeliling yang indah. Jalan-jalan atau bersepeda sepanjang jalan di kota ini, akan membawamu ke Danau Carniage melalui Herrontown Woods, Marquand Park, dan sepanjang Delaware dan Kanal Raritan. Menjelajahi berbagai tempat-tempat menarik dari kota Princeton akan menghadirkan kejutan sepanjang perjalanan ke Farmlands, Pine Barrens, pantai Jersey, Appalachian Trail, dan bahkan arena ski alam, dapat kamu kunjungi tanpa harus meninggalkan New Jersey.

Universitas Princeton sendiri dibangun berdasarkan tradisi pelayanan masyarakat yang masih dipegang hingga saat ini. Sekitar 1.100 staf dan dosen di Princeton siap membantu dan melayani mahasiswanya. Di sini, kamu bisa menikmati pendidikan yang berkualitas dan setara sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Buat kamu yang ingin kuliah di Princeton tetapi kurang memiliki dukungan keuangan yang memadai, kamu tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak kesempatan untuk memperoleh bantuan finansial.

Princeton juga memberikan perhatian lebih kepada metode pengajaran program sarjana, serta menjadi universitas riset unggulan. Beberapa perusahaan seperti AT&T Research Laboratory, Siemens, Sarnoff, Bristol-Myers Squibb, NEC, The Gallup Organization, dan Educational Testing Service, bekerjasama dengan Princeton untuk kegiatan riset mereka. Interaksi yang luas antara para akademisi, penulis, artis, ilmuwan, serta kalangan pebisnis telah menumbuhkan iklim intelektual yang beragam.

Selain hal-hal akademis, Princeton juga menyediakan wadah untuk berbagai aktivitas olahraga. Universitas ini juga menyediakan berbagai pendidikan jasmani dan program rekreasi untuk anggota komunitas Princeton. Sesuai misi program atletik, Princeton memiliki sasaran terhadap mahasiswa yang berpartisipasi dalam atletik untuk menjadi atlet yang sesungguhnya. Sebagian besar mahasiswa berpartisipasi dalam atletik pada tingkat tertentu.Warna Princeton adalah oranye dan hitam. Atlet sekolah dikenal sebagai Macan, dan maskot mereka adalah harimau.

Universitas juga memberi jaminan kemudahan bagi 5 ribu orang mahasiswa sarjana dan diploma, serta 2.500 orang mahasiswa pascasarjana untuk tinggal di asrama kampus. Bahkan,  bisa dikatakan hampir semua mahasiwa prasarjana memilih tinggal di asrama. Princeton memang sengaja mendesain kompleks asrama mahasiswa yang terintegrasi dengan kampus. Letak asrama mahasiswa yang dekat dengan kampus Princeton, membuka kesempatan buat kamu untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin dalam lingkungan universitas yang kondusif. Sementara itu, kamu bisa menikmati kehidupan di luar kampus yang menawarkan nuansa kota Princeton dengan cita rasa seni yang tinggi.



Kamu bisa menyaksikan pertunjukan teater, orkestra, ballet, musik, serta vokal grup yang sering digelar di kota ini. Kehidupan modern ditawarkan oleh kota ini dengan keberadaan deretan pertokoan, restoran, dan bioskop di sepanjang jalan Princeton yang akan menambah semarak suasana kota ini di malam hari. Princeton benar-benar kota yang unik, di mana kamu akan merasa bahwa kota ini memiliki perpaduan masa lalu dan masa kini yang indah dengan institusi pendidikan yang berkelas.


How to apply?

Bagi yang ingin mendaftar program prasarjana maupun pascasarjana di Princeton, kamu perlu tahu kalau universitas ini menerapkan proses penerimaan mahasiswa secara holistik. Artinya, semua faktor akan dinilai secara seksama, yakni meliputi prestasi akademik dan non akademik. Jadi, kamu mesti persiapkan semuanya dengan baik sambil mempelajari proses pendaftaran yang biasa dilakukan di Princeton.


Akademik di Universitas Princeton

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan pendidikan umum, boleh memilih di antara berbagai mata kuliah pilihan. Bekerja secara independent merupakan ciri dari pendidikan sarjana di Princeton. Mahasiswa yang lulus akan mendapat gelarBachelor of Arts (A.B.) atau Bachelor of Sciencein Engineering (B.S.E).

Sekolah pascasarjana menawarkan gelar yang mencakup jurusan humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, dan teknik. Pendidikan Doktor tersedia di semua disiplin ilmu. Program gelar Master di bidang arsitektur, teknik, keuangan, dan urusan publik dan kebijakan publik mempersiapkan lulusannya untuk berkarir dalam kehidupan di masyarakanmaupun praktek profesional.


Undergraduate Program

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah program sarjana atau diploma di Princeton, kamu harus persiapkan berkas pendaftaran sebaik mungkin karena prosesnya sangat selektif. Beberapa tahun terakhir saja, hanya 10% dari jumlah total aplikasi yang berhasil lolos. Kamu harus bisa meyakinkan komite penerimaan mahasiswa bahwa kamu memang layak diterima di Princeton. Tunjukkan bakat, kemampuan akademik, serta pencapaian pribadi kamu yang spesial dalam gaya tulisan kamu yang menarik. Ceritakan rencana kamu seandainya kamu diterima di Princeton. Misalnya, bagaimana kamu memanfaatkan kesempatan yang ada di sana baik akademik maupun non akademik, atau bagaimana nantinya kamu bisa berkontribusi di komunitas kampus Princeton. Transkrip akademik serta surat rekomendasi kamu memang penting, tapi Princeton biasanya tidak hanya menilai statistik prestasi kamu.


Estimasi biaya kuliah program prasarjana Universitas Princeton tahun akademik 2013-2014 adalah sebesar $ 56,750, yang sudah termasuk:

Uang kuliah/SPP :$ 40,170
Sewa kamar :$ 7,220
Uang makan :$ 5,860
Biaya lain-lain :$ 3,500 ($ 915 untuk ongkos kegiatan mahasiswa, iuran kelas, 1 kali ongkos transkrip serta uang deposit asrama). Termasuk juga pengeluaran pribadi serta pembelian buku.


Semua biaya kuliah akan ditagih oleh universitas. Bantuan kredit keuangan akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dan dikurangkan dari tagihan universitas yang besarnya $ 54,165. Pembayaran kredit bisa dilakukan per bulan atau per semester. Perkiraan biaya ini tidak termasuk ongkos transport yang berkisar antara $ 100-$ 2,500, ataupun asuransi kesehatan sebesar $ 1,900. Biaya kuliah di Princeton biasanya mengalami kenaikan berkala, termasuk untuk tahun akademik 2014-2015.

Princeton memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk bisa mengajukan pembebasan biaya kuliah bila merasa keberatan karena kondisi ekonomi yang kurang memadai. Tapi, sayangnya pengajuan pembebasan biaya kuliah ini tidak berlaku untuk mahasiswa internasional. Hanya warga Negara AS dan mereka yang punya ijin tinggal permanen saja yang berhak mendapatkan bantuan ini. Jadi, buat kamu mahasiswa internasional yang kesulitan biaya kuliah untuk program diploma atau sarjana, siap-siap saja mencari sponsor dari luar kampus Princeton.


Graduate – Postgraduate Program

Pendaftaran program pascasarjana mulai dibuka bulan September sampai dengan Desember, untuk awal perkuliahan periode fall tahun akademik berikutnya. Princeton tidak membuka penerimaan mahasiswa pascasarjana untuk periode spring. Tapi, kamu tetap bisa kuliah secara full time di program pascasarjana. Kamu hanya bisa mendaftar satu fakultas setiap tahunnya. Ada uang pendaftaran yang harus kamu bayarkan yakni sebesar $ 90, dan tidak bisa ditarik kembali.


Bantuan Finansial

Semua calon mahasiswa program doktoral (baik lokal maupun internasional) secara otomatis akan disertakan dalam program bantuan keuangan (fellowship) yang tersedia pada waktu pendaftaran. Untuk program Humaniora dan ilmu Sosial, kamu akan mendapatkan fellowship yang besarnya rata-rata mencapai $60,000- $72,500. Uang ini cukup untuk membayar biaya kuliah, asuransi kesehatan serta biaya hidup selama 12 bulan, yang dihitung mulai awal September. Bantuan ini bisa kamu perpanjang sepanjang kamu bisa memberikan kemajuan akademik yang memuaskan. Mahasiswa doktoral untuk program studi Ilmu Alam dan Teknik juga mendapat bantuan keuangan yang besarnya $64,000-$68,000 tapi hanya untuk 10 bulan saja. Sebagai kelanjutannya, kamu bisa ikutan kegiatan riset atau yang lainnya (membantu mengajar misalnya) dan mendapatkan bayaran untuk itu semua.

Tambahan bantuan sebesar $8,000 bisa kamu dapatkan dari Summer Funding. Bantuan ini diberikan secara penuh untuk 12 bulan, untuk kamu yang mengambil PhD di fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial. Tambahan biaya ini bisa kamu gunakan untuk menutup ongkos perjalanan akademik, penelitian, kursus bahasa dan lain-lain. Aplikasi harus kamu ajukan di bulan Januari/Februari. Dana akan cair di bulan Mei, di mana kamu bisa leluasa menggunakan uangnya untuk berbagai keperluan di atas. Mahasiswa di fakultas Teknik dan Ilmu Alam tidak bisa mengajukan Summer Funding. Akan tetapi, biasanya mereka mendapat bantuan dana dari fakultas masing-masing dalam bentuk fellowship maupun research. Bagi mahasiswa program master, kamu berhak mendapat Summer Funding untuk 10 bulan saja tetapi tidak dapat diperpanjang lagi.

Semua dana bantuan yang diterima mahasiswa pascasarjana akan dipotong pajak dan bisa kamu dapatkan setiap bulan, mulai bulan September.


Kehidupan dan Budaya Mahasiswa

Asrama kampus menjamin akomodasi bagi seluruh mahasiswa selama 4 tahun. Lebih dari 98% siswa tinggal di asrama kampus. Mahasiswa baru dan tingkat dua harus tinggal di perumahan universitas, sementara mahasiswa tingkat atas biasanya tinggal di asrama yang ditunjuk. Asrama sebenarnya sebanding dengan perumahan, perbedaannya hanya di ruang makan yang hanya ada di perumahan saja. Tapi, mahasiswa tingkat berapapun diperbolehkan untuk membeli makan di ruang makan perumahan universitas. Mereka juga memiliki pilihan untuk hidup di luar kampus, tapi harga sewa kos/apartemen yang cukup mahal di wilayah Princeton mendorong hampir semua mahasiswa tinggal di perumahan universitas.

Enam perumahan Universitas Princeton tuan rumah berbagai kegiatan sosial dan aktivitas, pembicara tamu, dan perjalanan. Mereka juga mensponsori perjalanan ke New York agar para mahasiswa dapat melihat balet, opera, pertunjukan Broadway, acara olahraga, dan kegiatan lainnya. Klub-klub makan, terletak di Prospect Avenue, adalah organisasi co-educational untuk para senior. Kebanyakan para senior makan di salah satu dari sebelas klub makan. Selain itu, klub-klub berfungsi sebagai tempat malam dan akhir pekan sosial bagi anggota dan tamu.

Princeton menjadi tuan rumah dua konferensi Model United Nations, PMUNC pada musim gugur untuk siswa SMA dan PICSim di musim semi untuk mahasiswa. Universitas ini juga menjadi tuan rumah Princeton Invitational Speech dan Turnamen Debat setiap tahun pada akhir November. Princeton juga melaksanakan Princeton Model Congress, sebuah acara yang diadakan setahun sekali pada pertengahan November. Konferensi 4 hari ini menghadirkan siswa SMA dari seluruh negeri sebagai peserta.


Tradisi di Universitas Princeton

Arch Sings - konser larut malam yang menampilkan satu atau beberapa grup acapela mahasiswa program sarjana Princeton.
Bonfire - api unggun upacara yang berlangsung di Cannon Green belakang Nassau Hall. Acara ini diadakan jika Princeton mengalahkan Universitas Harvarddan Universitas Yale dalam ajang sepak bola di musim yang sama. Api unggun ini terakhir dinyalakan pada tanggal 23 November 2013.
Bicker - Proses seleksi anggota baru yang diadakan oleh klub makan selektif. Calon anggota baru, atau biasa disebut bickerees, diminta untuk melakukan berbagai kegiatan atas permintaan anggota saat ini. Mirip OSPEK di Indonesia, ya.
Cane Spree - Kompetisi atletik antar mahasiswa baru dan mahasiswa tingkat dua yang diselenggarakan di musim gugur. Acara berpusat pada gulat tongkat, di mana seorang mahasiswa baru dan mahasiswa tahun kedua akan bergulat untuk mengendalikan tongkat.
The Clapper atau Clapper Theft - Kegiatan mendaki ke puncak Nassau Hall untuk mencuri lonceng, yang berdering untuk menandai dimulainya kelas pada hari pertama tahun ajaran. Karena alasan keamanan, lonceng punsengaja dipindahkan dan tidak dipasang lagi.
Jaket Kelas (Beer Jaket) - Setiap kelas mendesain sebuah Jaket Kelas yang melambangkan/mencirikan tahun kelasnya. Desainnya hampir selalu didominasi oleh warna-warna khas universitas dan motif harimau.
Communiversity– Sebuah acara pameran jalanan tahunan yang menampilkan pertunjukan, seni dan kerajinan, dan kegiatan lain untuk mendorong interaksi antara komunitas universitas dan penduduk Princeton.
Dean’sDate - Hari Selasa terakhir setiap semester, deadline semua tugas kuliah yang dikerjakan secara tertulis. Hari ini menandai akhir semester dan menjadi awal ujian akhir. Biasanya secara tradisional, mahasiswa berkumpul di luar McCosh Hall sebelum jam 5 sore untuk menyemangati rekan-rekan mahasiswa yang tengah mengerjakan tugas di menit-menit terakhir deadline tugas mereka.
FitzRandolph Gates - Pada akhir upacara kelulusan Princeton, lulusan baru keluar melalui gerbang utama universitas sebagai simbol dari fakta bahwa mereka telah lulus dan meninggalkan universitas. Menurut mitosnya, siapapun yang keluar kampus melalui Gerbang FitzRandolph sebelum tanggal kelulusan sendiri maka tidak akan lulus.
Holder Howl - Tengah malam sebelum Dean’sDate, siswa dari Holder Hall dan tempat lain berkumpul di halaman Holder dan mengambil bagian dalam satu menit panjang menjerit untuk melampiaskan frustrasi karena belajar.
Houseparties–Pesta formal yang digelar serentak oleh semua klub makan pada akhir semester di musim semi.
Ivy stones–Batu peringatan kelas yang ditempatkan pada dinding luar bangunan akademik di sekitar kampus.
Lawnparties - Pesta yang menampilkan live band yang digelar serentak oleh semua klub makan pada awal kelas dan pada akhir tahun ajaran.
PrincetonLocomotive - Nyanyian tradisional yang digunakan oleh Princetonians untuk mengakui eksistensi mahasiswa baru.
Hari Newman – Mahasiswa akan mencoba minum 24 bir dalam 24 jam pada 24 April Menurut New York Times, "hari ini (Newman) mendapat namanya dari kutipan yang dikaitkan dengan Paul Newman: '24 bir dalam sebuah kasus, 24 jam dalam satu hari. Ketidaksengajaan? Aku kira tidak.'
Nude Olympics– Pesta telanjang dan telanjang-sebagian, acara tahunan di halaman Holder yang diadakan selama salju pertama musim dingin. Dimulai pada awal tahun 1970, Olimpiade Telanjang mendapatkan banyak sorotan pers Amerika. Untuk alasan keamanan, pemerintah melarang olimpiade ini dilakukan pada tahun 2000.
Prospect 11–Acara minum bir di total semua 11 klub makan dalam satu malam.
P-rade - Parade tradisional alumni dan keluarga mereka. Mereka berjalan berurutan melewati mahasiswa antar angkatan selama reuni.
Reuni - Pertemuan tahunan besar-besaran dari alumni yang diadakan akhir pekan sebelum kelulusan.


Baiklah, demikian informasi dari berkuliah.com mengenai profil Universitas Princeton yang merupakan salah satu kampus terkemuka yang ada di Amerika Serikat. Semoga bermanfaat!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Top University: Universitas Princeton
Top University: Universitas Princeton
https://3.bp.blogspot.com/-5MCF4kgtR9s/VDKGoBXoCBI/AAAAAAAADZk/GxLnTP_5rvM/s1600/4y4t45h4h.png
https://3.bp.blogspot.com/-5MCF4kgtR9s/VDKGoBXoCBI/AAAAAAAADZk/GxLnTP_5rvM/s72-c/4y4t45h4h.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/10/top-university-universitas-princeton.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/10/top-university-universitas-princeton.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy