Artikel Terbaru

Pembiayaan Kuliah dan Beberapa Kebutuhan Pokok di Kanada

Terletak di benua Amerika, Kanada cukup populer dalam hal negara pilihan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi. Sistem pendidikan di Kanada sendiri ternyata merupakan salah satu dari yang terkuat dan terbaik di dunia. Karena itu jika kamu menginginkan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, Kanada sangat mungkin untuk kamu jadikan tujuan. Dengan sistem pendidikan yang dipunya Kanada, sampai saat ini ada 97 universitas, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi di Kanada. Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di daftar universitas di Kanada.

Meskipun dalam hal sistem pendidikannya Kanada termasuk salah satu yang terbaik, satu fakta mengejutkan adalah bahwa biaya untuk kuliah disana ternyata sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan biaya untuk kuliah di Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan juga Selandia Baru, kamu hanya membutuhkan sekitar setengahnya saja. Luar biasa bukan? Nah dengan fakta bahwa biaya untuk kuliah di Kanada ternyata murah, tidak perlu bingung lagi memikirkan masalah pembiayaannya bukan? Berikut ini adalah beberapa hal yang termasuk dalam pembiayaan-pembiayaan pokok yang harus kamu pikirkan dan persiapkan jika kamu ingin melanjutkan kuliah di Kanada.


1. Biaya Kuliah
Dalam hal biaya kuliah di Kanada tentu ada perbedaan antara satu universitas dengan yang lainnya. Hal ini memang benar adanya karena setiap universitas memiliki kebijakan masing-masing dalam hal biaya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa di Kanada perbedaan biaya kuliah bisa disebabkan beberapa hal. Hal-hal tersebut diantaranya adalah propinsi, jenjang pendidikan, dan juga popularitas dari universitasnya sendiri. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan di Indonesia dimana universitas-universitas yang tergolong favorit akan sangat mungkin membutuhkan pembiayaan yang lebih tinggi dibanding yang tidak begitu favorit.

Sebagai perbandingan berikut ini adalah kisaran biaya kuliah di Kanada yang terbagi menurut propinsinya dan juga jenjang yang diambil.

Newfoundland
CAD 8,800 (sarjana)
CAD 1,896 – CAD 3,549 (pascasarjana)
Prince Edward Island
CAD 10,624 (sarjana)
CAD 6,100 (pascasarjana)
Nova Scotia
CAD 8,050 – CAD 14,200 (sarjana)
CAD 4,329 – CAD 15,000 (pascasarjana)
New Brunswick
CAD 8,677 – CAD 14,532 (sarjana)
CAD 5,610 – CAD 8,465 (pascasarjana)
Quebec
CAD 14,562 – CAD 16,260 (sarjana)
CAD 8,268 – CAD 20,000 (pascasarjana)
Ontario
CAD 9,107 – CAD 25,826 (sarjana)
CAD 5,432 – CAD 29,000 (pascasarjana)
Manitoba
CAD 6,050 – CAD 13,417 (sarjana)
CAD 3,795 – CAD 9,685 (pascasarjana)
Saskatchewan
CAD 12,735 – CAD 15,344 (sarjana)
CAD 5,313 (pascasarjana)
Alberta
CAD 9,331 – CAD 18,058 (sarjana)
CAD 5,298 – CAD 19,200 (pascasarjana)
British Columbia
CAD 10,416 – CAD 21,963 (sarjana)
CAD 2,272 – CAD 17,499 (pascasarjana)

Nah itu tadi adalah daftar perkiraan untuk biaya kuliah saja di propinsi-propinsi yang ada di Kanada. Selain biaya pokok untuk kuliah tersebut kamu juga harus memikirkan biaya tambahan. Ketika kuliah di Kanada kamu akan menemukan banyak aktivitas dan kegiatan mahasiswa di kampus. Oleh karena itu ada biaya yang berkaitan dengan Student Activity. Biaya yang dibayarkan akan digunakan untuk aktivitas-aktivitas mahasiswa diluar kuliah seperti surat kabar, perkumpulan mahasiswa, stasiun radio, serta juga berbagai klub mahasiswa. Karena sudah ada biaya untuk hal tersebut maka ketika akan bergabung dengan berbagai kegiatan tersebut mahasiswa tidak perlu membayar lagi.

Satu hal lagi yang perlu diketahui kaitannya dengan biaya kuliah di Kanada adalah bahwa mahasiswa harus melunasi biaya kuliah dalam setiap semesternya yang berarti pada 1 tahun ajaran hanya akan ada 2 periode pembayaran saja. Pembayaran biaya kuliah ini dapat dilakukan melalui kartu kredit atau juga kartu debit. Pada saat mendaftarkan diri ke universitas, perguruan tinggi, atau institusi pendidikan yang dipilih, calon mahasiswa akan diminta menunjukkan dokumen sebagai bukti kesanggupan dalam membiayai kuliahnya tersebut. Hal tersebut juga bisa terjadi ketika mengajukan permohonan visa pelajar internasional. Untuk informasi yang lebih lanjut mengenai biaya kuliah sangat disarankan untuk langsung mengunjungi website resmi masing-masing universitas yang ada di Kanada.


2. Biaya Hidup
Dibandingkan dengan kota-kota lain seperti New York dan London, biaya hidup di berbagai kota di Kanada masih lebih bersahabat. Tentunya dalam hal biaya hidup ada beberapa macam biaya yang harus selalu kamu siapkan setiap waktu secara rutin.

Akomodasi
Pada umumnya di tahun pertama masa kuliah di Kanada, mahasiswa internasional akan tinggal di dalam kawasan kampus. Tempat tinggal dalam kampus dikenal dengan sebutan residence atau rez. Selain itu ada juga asrama kampus yang disebut sebagai dormitory atau dorm saja. Meskipun tinggal dalam asrama yang disediakan oleh kampus untuk ditempati bersama-sama dengan mahasiswa lainnya namun fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan terjamin. Fasilitas-fasilitas yang disediakan meliputi dapur, mesin cuci, serta ruang duduk sehingga mahasiswa juga bisa berhemat. Untuk membiayai akomodasi dalam kampus ini disarankan menyiapkan dana sebesar CAD 3,000 – CAD 7,000 untuk periode 1 tahun.

Setelah tahun pertama masa studi di Kanada mahasiswa akan menyewa satu tempat tinggal bersama dengan teman-temannya yang berupa apartemen dengan beberapa kamar agar bisa lebih berhemat lagi. Fasilitas yang biasanya ikut disewakan serupa dengan akomodasi dalam kampus. Harga sewa juga tergantung kotanya masing-masing seperti biaya kuliah. Dengan adanya kemungkinan untuk menyewa bersama teman, maka disarankan untuk menyiapkan uang sebesar CAD 250 – CAD 700 setiap bulannya. Berikut ini adalah perkiraan biaya sewa apartemen yang terdiri dari 3 kamar di beberapa kota di Kanada yang meliputi Toronto (CAD 1,900), Vancouver (CAD 1,950), Ottawa (CAD 1,300), Montreal (CAD 1,050), Edmonton (CAD 1,500), dan Calgary (CAD 1,600).

Selain pilihan apartemen kamu juga bisa memilih homestay yang berarti kamu akan tinggal bersama dengan keluarga atau warga lokal Kanada. Biaya untuk tinggal di homestay adalah CAD 200 sebagai biaya dimuka dan setiap bulannya berkisar antara CAD 400 – CAD 800 yang sudah termasuk makan. Pilihan tinggal di homestay adalah pilihan tepat jika kamu ingin lebih mengenal Kanada.

Transportasi
Sarana transportasi tentunya akan sangat kamu butuhkan untuk bepergian di Kanada. Jika kamu tinggal di Toronto, disana ada sistem Toronto Transit Comission (TTC) yang merupakan jaringan transportasi seluruh kota Toronto mencakup bis dan juga subway. Untuk bisa mengunakan transportasi ini kamu harus mempunyai Monthly Pass (CAD 99,75 per bulan), Annual Pass (CAD 91,50 per bulan), Day Pass (CAD 8,50), atau Single Pass (CAD 2,50). Selain itu ada juga sistem serupa di Montreal yang bernama Societe de transport de Montreal (STM) yang hanya mencakup subway 4 jalur. Untuk menggunakan transportasi ini kamu harus mempunyai Monthly Pass (CAD 65,00), Weekly Pass (CAD 19,00), atau Single Pass (CAD 2,75).


Makanan
Nah ini adalah sebuah kebutuhan pokok yang harus kamu perhitungkan setiap harinya. Dalam hal makanan bahkan kamu sendiri tidak akan bisa memastikan biayanya. Bisa saja hari ini kamu tidak banyak makan namun besok sebaliknya. Paling tidak kamu harus mengetahui perkiraan harga dari bahan makanan dan minuman di Kanada seperti susu (CAD 1,77 per liter), roti (CAD 2,57), beras (CAD 3,07 per kilogram), telur (CAD 3,17 per 12 butir), dada ayam tanpa tulang (CAD 12,47 per kilogram), kentang (CAD 1,98 per kilogram), air (CAD 1,63 per botol). Dengan begitu paling tidak kamu bisa mempersiapkan biaya untuk makanan dan minuman tentunya.

Beragam biaya yang disebutkan tadi adalah perkiraan saja yang bisa saja berubah karena memang banyak hal yang bisa mempengaruhinya. Khususnya biaya kuliah kamu bisa selalu memantau website resmi dari masing-masing universitas untuk mengetahui perubahan pembiayaannya.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top