Sudah Siapkah Kamu Untuk Tes IELTS? Pahami Dulu Apa Itu IELTS!

TOEFL adalah tes berbahasa Inggris yang umum dikenal. Namun, tahukah kamu bahwa, selain TOEFL, ada juga tes berbahasa Inggris lain yang dia...

TOEFL adalah tes berbahasa Inggris yang umum dikenal. Namun, tahukah kamu bahwa, selain TOEFL, ada juga tes berbahasa Inggris lain yang diakui dunia internasional? Tes kemampuan itu adalah tes IELTS.


Standar tes IELTS (International English Language Testing System) telah diakui oleh lebih dari 5.000 organisasi di seluruh dunia. Selain untuk sertifikasi di dunia pendidikan, sertifikasi IELTS juga diakui oleh organisasi-organisasi di dunia kerja dan untuk kepentingan migrasi.

Tes IELTS diselenggarakan sejak tahun 1989. IELTS adalah inisiatif dari tiga organisasi, yaitu The British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge English Language Assessment. Pada awalnya, tes IELTS digunakan di negara-negara persemakmuran Ingris, seperti Australia, Selandia Baru, Hong Kong, dan negara Inggris sendiri. Namun, sekarang ini, standar tes IELTS sudah digunakan di banyak negara, termasuk Amerika dan beberapa negara di benua Eropa.

Tes IELTS dibagi menjadi dua format berdasarkan kebutuhan penggunanya, yaitu format akademik dan format pelatihan umum (general training). Tes IELTS format akademik digunakan untuk kamu yang ingin belajar di institusi pendidikan, sedangkan tes IELTS format pelatihan umum digunakan untuk yang ingin bekerja di institusi kerja atau kepentingan lain selain pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, yang membedakan kedua format tersebut adalah tes membaca dan menulis. Perbedaan tes ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan orientasi peserta tes. Sementara itu, untuk bagian tes yang lain, tidak ada perbedaan bagi kedua format tes tersebut.

Tes IELTS dibagi menjadi beberapa ujian kemampuan yang terpisah untuk pesertanya. Ujian-ujian tersebut adalah:

1. Ujian Mendengarkan (Listening)

Ujian ini adalah uji kemampuan mendengarkan dari peserta. Durasi ujian adalah 30 menit yang terdiri dari 4 bagian, yaitu:

dialog sehari-hari,
monolog sehari-hari,
obrolan dalam diskusi 4 orang dengan topik pendidikan atau pelatihan, dan
monolog mengenai dunia pendidikan.

Masing-masing bagian terdiri dari 10 pertanyaan. Keempat bagian tersebut harus diselesaikan dalam waktu 30 menit. Tujuan ujian ini adalah untuk melihat kemampuan peserta dalam mendengar percakapan, baik percakapan sehari-hari maupun percakapan dengan topik khusus.

2. Ujian Membaca (Reading)

Ujian membaca membutuhkan waktu 60 menit. Peserta ujian diwajibkan menjawab 3 bagian dari ujian tersebut. Dalam mengerjakan ujian ini, kemampuan memahami teks dan informasi yang terkandung di dalam teks sangat diperlukan. Teks yang menjadi bahan ujian berasal dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah, media massa, atau selebaran iklan.

Di ujian membaca, peserta yang mengambil format akademik akan mendapat bahan ujian yang berbeda dengan peserta yang mengambil format pelatihan umum. Mereka akan mendapat ujian dan pertanyaan bertema akademis, seperti topik ilmu pengetahuan, sosial, atau sejarah.  Sementara itu, dalam tes IELTS dengan format pelatihan umum, ujian membaca juga terdiri dari tiga bagian yang disesuaikan dengan situasi dunia kerja. Ketiga bagian itu adalah:

dua-tiga teks singkat, misalnya iklan atau pengumuman,
dua teks singkat tentang dunia kerja, misalnya melamar kerja atau mengikuti pelatihan, dan
satu teks panjang tentang topik umum.


3. Ujian Menulis (Writing)

Ujian menulis dari tes IELTS menghabiskan waktu 60 menit dan terbagi menjadi dua bagian. Tujuan dari ujian ini adalah untuk melihat kemampuan perbendaharaan kata, pemakaian tata bahasa, kemampuan struktur kalimat, dan lain-lain.

Pada tes IELTS format akademik, ujian menulis bagian pertama berisi perintah untuk membuat tulisan atas suatu tabel atau diagram data. Peserta diwajibkan menulis dengan gaya bahasa formal dengan minimal penggunaan kata sejumlah 150 kata. Di bagian kedua, peserta diminta untuk membuat tulisan dari sebuah opini atau fenomena di masyarakat. Jumlah minimal penggunaan kata di bagian kedua ini adalah 250 kata.

Berbeda dengan ujian menulis tes IELTS format akademik, ujian menulis tes IELTS format pelatihan umum terkesan lebih luwes. Di format ini, peserta diminta menulis dengan gaya bahasa non-formal dan personal. Di bagian pertama, peserta diwajibkan menulis surat yang berisi pertanyaan atau penjelasan atas suatu hal, sedangkan di bagian kedua, peserta diwajibkan membuat esai pada suatu fenomena atau opini.

4. Ujian Berbicara (Speaking)

Di bagian ujian ini, durasi waktu yang diperlukan sekitar 15 menit. Ujian berbicara terbagi jadi tiga bagian. Bentuk tes berbicara adalah wawancara antara peserta ujian dengan seorang penguji. Tema yang dibahas di ujian ini tidak terbatas pada satu tema tertentu. Pada awalnya, peserta diminta untuk mengenalkan dirinya selama beberapa menit. Kemudian, peserta diminta untuk membahas topik atau fenomena tertentu. Setelah itu, penguji akan memberikan beberapa pertanyaan untuk menguji kemampuan berbicara dan pemahaman peserta ujian.

Untuk sistem penilaiannya, IELTS memiliki skor penilaian di rentang skala 1 (rendah) hingga 9 (tinggi). Pembulatan ke atas angka di belakang koma adalah tiap 0.5. Jadi, jika kamu mendapatkan skor 4.4, skor kamu akan dibulatkan menjadi 4.5. Di tes IELTS, sistem penilaian dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama terdiri dari penilaian atas ujian listening dan reading, sedangkan kategori kedua terdiri dari penilaian atas ujian writing dan speaking.

Tes IELTS dianggap lebih baik daripada tes kemampuan bahasa Inggris lain  karena peserta dibebaskan untuk melakukan pendekatan sesuai dengan gaya personalnya. Selain itu, tes IELTS dianggap lebih baik bagi mereka yang memasuki negara-negara dengan penduduk yang menggunakan bahasa Inggris beraksen British karena, pada awalnya, tes IELTS digunakan di negara negara persemakmuran Inggris. Akan tetapi, saat ini, tes IELTS tidak saja digunakan untuk orang yang akan memasuki negara British English. Sertifikasi IELTS kini sudah bisa digunakan untuk negara Amerika.

Sistem Penilaian IELTS

Penilaian setiap tes kemampuan penggunaan bahasa selalu mempunyai cara tersendiri. Umumnya, cara penilaian antara satu tes kemampuan bahasa satu dengan yang lain berbeda-beda. Pada tes kemampuan bahasa Inggris saja misalnya, cara penilaian IELTS berbeda dengan TOEFL. Namun, di bagian ini, kita hanya akan membahas mengenai sistem penilaian pada IELTS.

Penilaian IELTS menggunakan sistem band score dengan skala 1 (terendah) sampai 9 (tertinggi). IELTS sendiri punya sistem penilaian yang cukup unik, yaitu pembulatan ke atas tiap setengah (0.5) poin. Misalnya. ketika kamu memperoleh skor 4.3, skormu akan dibulatkan menjadi 4.5. Begitu pula ketika ada seseorang dengan skor IELTS 5.75, skornya akan dibulatkan menjadi 6. Nilai terendah dari skor IELTS adalah satu. Akan tetapi, ada juga, lo, yang nilainya nol. Nilai 0 ini hanya diberikan untuk peserta yang tidak hadir atau mengosongkan lembar jawabannya.

Tentunya, penilaian pada tes IELTS ini tidak muncul begitu saja. Ada beberapa mekanisme yang harus dilalui. Mekanisme penilaian tes Listening dan Reading misalnya. Untuk setiap jawaban yang benar, kamu akan mendapatkan 1 poin. Total dari poin yang juga disebut raw score ini nantinya akan dikonversi ke dalam band score 1 sampai 9.

PENTING!
Bobot semua soal adalah sama dan tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, kabar bahagianya adalah Inspira Book saat ini sudah memiliki buku yang bisa membantu kamu meningkatkan skor IELTS. Nama bukunya adalah IELTS KILLER.



Dengan Paket IELTS Killer ini, kamu bisa:

- Dapat panduan super lengkap untuk raih skor IELTS 7.0 bahkan lebih!

- Menghemat biaya kursus sampai jutaan rupiah. Sudah sering dengar kan kalau yang mau tes IELTS diarahkan buat ambil IELTS Preparation yang biayanya luar biasa mahal? IELTS KILLER adalah solusi, tidak usah kursus dengan biaya yang menguras tabungan, kamu cukup baca buku ini dan dapatkan skor 7.0!

- IELTS 7.0? Jalan kamu buat kuliah ke luar negeri bakal semulus jalan tol. Kamu tinggal pilih beasiswa macam apapun, universitas apapun, di negara manapun, pasti diterima

- Kalau sudah punya skor IELTS 7.0, kemampuan bahasa Inggrismu LEBIH DIAKUI dimanapun. Bukan hanya untuk kuliah di luar negeri, tapi juga untuk melamar pekerjaan. Perusahaan –perusahaan multi nasional pasti LEBIH tertarik pada kandidat yang memiliki kemampuan bahasa Inggris mumpuni

Apa sih isi IELTS Killer ini?

Paket IELTS KILLER ini terdiri dari buku setebal 300+ halaman yang berisi workbook dan panduan IELTS serta DVD Tutorial IELTS dengan durasi 20 jam lebih.

Kamu akan mendapat bocoran sekaligus tips dan trik detail mengenai Listening, Reading, Speaking, dan Writing Test dalam IELTS. Ada banyak cerita juga dari pengalaman IELTS test takers yang sudah berhasil menaklukkan IELTS dengan skor 7.0 – 8.5 lho! WOW!


Siapa dibalik IELTS KILLER?

IELTS Killer ditulis oleh tim Inspira Research Center. Inspira Research Center sudah memiliki pengalaman menghasilkan buku-buku di bidang pendidikan, seperti JKLN (Jurus Kuliah ke luar Negeri), Kunci Inggris, dan TOEFL KILLER.

IELTS KILLER awalnya lahir dari banyak permintaan dan dukungan dari pembaca, terutama setelah membaca paket TOEFL KILLER. Karena banyak peminat, maka Inspira menyusun paket panduan belajar IELTS yang lengkap dan mudah dipahami. Inspira telah melakukan berbagai riset dan wawancara mendalam untuk merumuskan buku panduan menaklukkan tes IELTS ini. Tak cukup sampai disitu, Inspira juga bekerjasama dengan pengajar bahasa Inggris dan juga IELTS test takers yang sudah TERBUKTI berpengalaman mendapatkan skor IELTS yang tinggi.

CARA PEMESANAN

Harga  Rp 157.000,- .

Transfer ke rekening di bawah ini, semuanya atas nama Sri Rahmawati :
BCA 8610292250
BNI 0165318957
BRI 1056-01-004593-50-2
Mandiri 132-00-1465845-5
Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.
Setelah transfer, harap konfirmasi ke Whatsapp : 082136005515 atau Line@inspirabook

INSPIRA BOOK OFFICE

Jalan Pasir No.35, Gamping, Yogyakarta, 55294
Telp: (0274) 5305734 |
WA/SMS 1: 0821-3700-8000
WA/SMS 2: 0823-0016-6669
WA/SMS 3: 0815-7357-1433
WA/SMS 4: 0821-3600-5515
ID LINE: @inspirabook
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Sudah Siapkah Kamu Untuk Tes IELTS? Pahami Dulu Apa Itu IELTS!
Sudah Siapkah Kamu Untuk Tes IELTS? Pahami Dulu Apa Itu IELTS!
https://3.bp.blogspot.com/-0RFdDURiCfw/V2y48y5ibPI/AAAAAAAAJtE/YGIEom7hXwAKuM925lzEOXh4Ran75dwxgCKgB/s640/Snap%2B2016-06-24%2Bat%2B11.31.07.png
https://3.bp.blogspot.com/-0RFdDURiCfw/V2y48y5ibPI/AAAAAAAAJtE/YGIEom7hXwAKuM925lzEOXh4Ran75dwxgCKgB/s72-c/Snap%2B2016-06-24%2Bat%2B11.31.07.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/06/pengertian-dan-penjelasan-tentang-ielts-buku-ielts-killer.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/06/pengertian-dan-penjelasan-tentang-ielts-buku-ielts-killer.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy