Beasiswa SISS untuk Merasakan Pengalaman Kuliah di Swedia dengan Pembiayaan Penuh dari Pemerintah Swedia

Satu lagi peluang yang bisa digunakan untuk menempuh studi lanjutan tingkat S2 atau Master di Eropa khususnya Swedia yaitu SISS. Program yan...

Satu lagi peluang yang bisa digunakan untuk menempuh studi lanjutan tingkat S2 atau Master di Eropa khususnya Swedia yaitu SISS. Program yang bernama SISS ini adalah the Swedish Institute Study Scholarships yang memang memberikan bantuan pembiayaan studi penuh untuk jenjang S2 atau Master bagi para pelajar internasional dari berbagai negara..

Rincian Beasiswa
Secara garis besar program beasiswa SISS ini akan menyediakan bantuan pembiayaan penuh yang mencakup biaya kuliah dan juga biaya hidup bagi sekitar 300 orang penerima beasiswa yang terpilih nantinya. Hal yang perlu diperhatikan bagi yang ingin mengajukan permohonan beasiswa ini adalah bahwa sebelumnya pemohon harus sudah terdaftar dan diterima sebagai mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi di Swedia sebelum pertengahan bulan Januari dan menyelesaikan pembayaran uang pendaftaran serta penerimaan dari masing-masing universitas atau perguruan tinggi sebelum pertengahan bulan Februari.

Proses seleksi dari program beasiswa SISS ini merupakan proses terpisah dan berdiri sendiri serta tidak berkaitan dengan proses seleksi masuk dari masing-masing universitas atau perguruan tinggi di Swedia. Sangat disarankan bagi pemohon beasiswa ini yang memang sudah diterima di perguruan tinggi atau universitas di Swedia untuk juga mencari beasiswa atau bantuan pembiayaan lain karena memang kompetisi dan persaingan dalam memperoleh beasiswa SISS ini sangat ketat.

Beasiswa SISS ini dikelola oleh Swedish Institute atau SI yang merupakan sebuah organisasi dibawah pengawasan pemerintah Swedia. Tujuan dari SI utamanya adalah untuk mencari dan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari para calon pemimpin dunia di masa depan nantinya. Sumber pendanaannya berasal dari Kementerian Luar Negeri Swedia (Ministry for Foreign Affairs of Sweden). Pada intinya penerima beasiswa ini akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan dan mengenal budaya Swedia sambil mengembangkan diri dalam bidang akademik dan dalam lingkup yang profesional berskala internasional. Pada akhirnya pihak SI dan Swedia tentunya berharap adanya ikatan dan hubungan yang harmonis dengan negara-negara asal para penerima beasiswa tersebut.

Para pemohon dari beasiswa ini akan disaring sedemikian rupa guna menemukan para calon pemimpin yang memang mampu menunjukkan ambisi tinggi dalam lingkup profesional berskala internasional dan diiringi dengan kapasitas dalam bidang akademik yang luar biasa. Jiwa kepemimpinan yang kuat serta kemampuan untuk memahami dengan jelas bagaimana studinya nanti bisa berguna di daerah asalnya juga akan diperhatikan untuk pertimbangan pemberian beasiswa ini. Prioritas bidang studi dari beasiswa ini adalah hal-hal yang mencakup gender equality, sustainable development, democracy, human rights, dan poverty reduction. Kesemuanya itu adalah hal-hal yang sangat dibutuhkan dan akan sangat berguna demi peningkatan kualitas hidup di dunia.



Negara-Negara Asal
Salah satu kriteria atau syarat dari pihak SI adalah adanya pengelompokkan negara-negara asal para pemohon beasiswa. Jika pemohon bukan berasal dari negara-negara yang ada dalam kelompok ini maka pemohon tidak akan mendapat kesempatan menerima beasiswa SISS ini.

Secara umum ada 3 kategori berbeda dari negara-negara asal penerima beasiswa ini dengan total sekitar 100 beasiswa akan diberikan di masing-masing kategori. Dengan demikian total beasiswa yang diberikan setiap tahunnya adalah 300 beasiswa sesuai dengan yang sudah disebutkan tadi. Berikut ini adalah kategori-kategori atau kelompok-kelompok negara yang boleh mengirimkan pemohon untuk mengikuti seleksi beasiswa ini:

1. Kategori 1
Afghanistan, Bangladesh, Bolivia, Burkina-Faso, Cambodia, Democratic Republic of Congo, Ethiopia, Kenya, Liberia, mali, Mozambique, Myanmar, Rwanda, Somalia, South Sudan, Sudan, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe
2. Kategori 2
Brazil, China, Colombia, Egypt, India, Indonesia, South Africa, dan Syria
3. Kategori 3
Kategori ini terdiri dari negara-negara dalam daftar DAC penerima ODA selain dari yang sudah termasuk dalam 2 kategori sebelumnya tadi

Meskipun sudah tercantum jelas dari negara-negara asal pemohon yang memungkinkan pemohon untuk mendapatkan beasiswa SISS ini, ada hal-hal yang termasuk dalam pengecualian meskipun berasal dari negara-negara yang sejatinya diberikan beasiswa SISS ini. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pengecualian tersebut:

1. Pemohon sudah pernah tinggal di Swedia dengan total akumulasi lama waktu tinggalnya adalah lebih dar 2 tahu sebelum periodepemberian beasiswa
2. Pemohon mempunyai izin tinggal permanen di Swedia atau di negara-neara yang tergabung dala kawasan Uni Eropa
3. Pemohon sudah pernah mendapatkan beasiswa dari SI sebelumnya dengan jenjang yang sama yaitu S2 atau maste di perguruan tinggi atau universitas Swedia
4. Pemohon sudah mempunyai gelar dari universitas atau perguruan tinggi di Swedia
5. Pemohon saat ini sedang menempuh studi di universitas atau perguruan tinggi di Swedia

Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa adanegara-negara yang pemohon dari sana tidak bisa mengikuti seleksi pemberian beasiswa ini. Negara-negara tersebut meliputi Albania, Montenegro, Russia, Serbia, Turkey, Ukraine, Belarus, Bosnia-Herzegovina, Georgia, kosovo, Macedonia, dan Moldova.

Cakupan Pembiayaan
Sudah sempat disebutkan tadi bahwa pembiayaan yang diberikan oleh program beasiswa ini adalah pembiayaan penuh yang berarti semua biaya akan ditanggung oleh pihak SI selaku pengelola beasiswa ini. Berikut ini adalah rincian pembiayaan yang diberikan oleh beasiswa ini:
1. Uang kuliah penuh
Biaya kuliah akan dibayarkan langsung oleh pihak SI sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan ke pihak universitas dan perguruantingi di Swedia tempat peneria beasiswa menempuh studimnya.
2. Tunjangan Hidup
Dalam hal biaya hidup setiap bulan penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan sebesar SEK 9.000. Perlu diperhatikan bahwa tidak akan ada tunjangan hidup bagi keluarga dar pemohon seandainya mengajak keluarga ke Swedia selama masa studi berlangsung.
3. Biaya Transportasi
Khusus bagi penerima beasiswa SISS dari kategori 3 yang merupakan negara-negara dalam daftar DAC penerima ODA akan mendapatkan biaya transportasi sebesar SEK 15.000 yang akan diberikan dalam 1 kali pembayaran saja.
4. Biaya Asuransi
Dalam kaitannya dengan biaya asuransi, sebenarnya penerima tidak perlu membayar apapun karena memang pihak SI menjamin dan memberikan asuransi melalui Swedish State Group Insurance and Personal Insurance. Asuransi ini akan menanggung jika penerima sakit atau mengalami kecelakaan dalam masa studi.

Perlu diperhatikan bahwa beasiswa ini tidak bisa diperpanjang, dipindah kepenerima lain, atau digunakan untuk menempuh studi lain lagi selain yang sudah dimulai dengan beasiswa ini.



Tahapan Seleksi Beasiswa
Dalam proses seleksi untuk pemberian beasiswa SISS ini dalam garis besarnya ada 2 tahapan saja yang akan berlangsung. Total waktu untuk 2 tahapan seleksi tersebut adalah selama kurang lebih 2 bulan saja dari awal bulan Desember hingga pertengahan bulan Februari.

1. Tahap Pertama
Tahap ini berlangsung dari awal bulan Desember hingga akhir Januari tahun berikutnya. Dalam tahap ini para pemohon beasiswa harus mendaftarkan diri masing-masing secara online. Untuk melakukan pendaftaran secara online pemohon bisa langsung menuju ke halaman berikut (link). Tidak dibutuhkan pengumpulan apapun dalam tahap 1 ini.
2. Tahap Kedua
Selanjutnya adalah tahap kedua yang aka dilangsungkan mulai awal bulan Februari hingga akhir bulan Februari. Dalam tahap ini akan ada dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan untuk menunjang seleksi pemberian beasiswa ini. Berikut adalah rincian dari tahap kedua ini yang harus kamu perhatikan:
Siapkan motivation letter sesuai dengan pola atau template yang disediakan oleh SI. Motivation letter dalam format apapun selain yang disediakan oleh SI tidak akan diterima. Pastikan untuk memahami semua hal berkaitan dengan motivation letter ini termasuk berbagai pertanyaan yang ada dalam format yang diberikan SI.
Siapkan CV dalam bahasa Inggris dan hanya mengikuti format yang sesuai dengan standar Eropa. CV harus dalam batas maksimal 3 halaman dan tidak dalam format selain yang sesuai standar Eropa.
Siapkan paling tidak 2 buah referensi sesuai dengan template atau pola dari SI. Pastikan referensi yang kamu siapkan sesuai dengan pengalaman yang sudah kamu dapat dalam bidang studi yang akan kamu ambil. Ingat bahwa referensi harus ditanda tangani agar berlaku resmi.
Siapkan fotokopi dari paspor yang harus kamu sertakan dengan dokumen-dokumen untuk keperluan seleksi ini. Pastikan fro diri dan bukti kewarganegaraan yang ada sudah jelas dan sesuai.

Selanjutnya harus benar-benar dipastikan untuk semua hal yang diperlukan dalam tahap seleksi ini adalah yang paling baru, sudah sesuai, dan seperti yang diminta oleh pihak SI agar tidak ada masalah yang terjadi nantinya.

Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut seputar beasiswa SISS ini bisa dipantau di halaman resminya (link). Selain itu bisa juga melakukan kontak dengan pihak SI untuk berbagai hal yang mungkin kurang jelas melalui kontak yang terdapat di halaman berikut (link).



Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,10,Info Universitas,31,Inggris,85,Interview,437,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,9,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,46,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,33,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Beasiswa SISS untuk Merasakan Pengalaman Kuliah di Swedia dengan Pembiayaan Penuh dari Pemerintah Swedia
Beasiswa SISS untuk Merasakan Pengalaman Kuliah di Swedia dengan Pembiayaan Penuh dari Pemerintah Swedia
https://1.bp.blogspot.com/-IH4fNx1y2BI/V4iXPlBkeqI/AAAAAAAABKs/upykki2Jv6QUL8-bs90x74jG3dpbML3vwCLcB/s640/Snap%2B2016-07-15%2Bat%2B14.54.32.png
https://1.bp.blogspot.com/-IH4fNx1y2BI/V4iXPlBkeqI/AAAAAAAABKs/upykki2Jv6QUL8-bs90x74jG3dpbML3vwCLcB/s72-c/Snap%2B2016-07-15%2Bat%2B14.54.32.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/07/beasiswa-siss-untuk-merasakan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/07/beasiswa-siss-untuk-merasakan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy