RCSI & UCD Dublin Scholarship Programme dari Penang Medical College

Beasiswa Kuliah S1 Kedokteran di Malaysia

Kuliah dalam bidang kedokteran memang dikenal mahal di Indonesia. Dalam bidang kedokteran untuk jenjang kuliah S1 ternyata ada pilihan program beasiswa kuliah di luar negeri yang kali ini ditawarkan oleh Penang Medical College. Sebagai salah satu negara ASEAN, Malaysia menawarkan program beasiswa yang bernama RCSI & UCD Dublin Scholarship Programme bagi pelajar internasional termasuk dari Indonesia untuk menempuh studi jenjang S1 dalam bidang kedokteran di Penang Medical College.

Program kedokteran jenjang S1 ini ditawarkan oleh PMC sbagai satu program yang sudah diakui secara internasional. Program ini bekerja sama dengan Royal College of Surgeons in Ireland (RCSI) dan University College Dublin (UCD) sehingga nama program ini menggunakan singkatan RCSI dan UCD. Kedua nama tersebut sudah tentu bukan nama asing lagi dalam dunia pendidikan tinggi di Irlandia khususnya pada bidang kedokteran.

Royal College of Surgeons in Ireland didirikan pada tanggal 11 Februari 1784 yang hingga saat ini sudah sangat berkembang dan menjadi institusi pendidikan tinggi terbesar di Irlandia khususnya pada bidang kesehatan dengan lebih dari 3,000 mahasiswa dari 60 negara di dunia menempuh pendidikan disana. Sudah pasti hingga saat ini lulusan dari RCSI bisa ditemukan di banyak negara di dunia dengan keahlian dan keunggulan masing-masing. Lingkungan RCSI sangat tepat untuk melanjutkan kuliah dan mengembangkan diri karena memang RCSI sangat menghargai kemandirian, kebebasan akademis, keragaman, toleransi, inovasi, dan juga keberlangsungan komunitas yang luar biasa.


Sementara itu, University College Dublin yang populer disebut sebagai UCD didirikan pada awalnya tahun 1854 dengan peremajaan secara total pada tahun 1880. Universitas ini adalah universitas berbasis penelitian dengan total 32,000 mahasiswa dan 1,480 pengajar saat ini. Beberapa alumni terkenal dari universitas ini seperti James Joyce (penulis), Gabriel Byrne (aktor), Peter Sutherland (pimpinan World Trade Organization), Sean MacBride (pemenang Nobel bidang perdamaian), Brian O’Driscoll (atlit rugby), dan Neil Jordan (sutradara dan produser film pemenang Oscar).

Satu lagi peguruan tinggi yang menjadi lokasi kuliah untuk program ini adalah Penan Medical College atau PMC. Didirikan pada tahun 1996, PMC senantiasa berusaha menyediakan dan menawarkan pendidikan tinggi yang sesuai dengan standar internasional selama 20 tahun dan akan terus berlanjut. Menurut riset oleh Institute for Health System Research, Kuala Lumpur, Malaysia, House Officer Performance in Malaysia, PMC termasuk dalam sekolah terbaik dengan fokus bidang kesehatan yang mampu menyiapkan lulusannya dengan modal terbaik untuk karir masing-masing. Berjarak hanya 5 menit perjalanan dari Penang Hospital tentu merupakan sebuah keuntungan dari PMC karena bisa sering mengadakan praktek disana.

Karena memang merupakan sebuah kerjasama antara 3 perguruan tinggi tersebut, penerima beasiswa dalam program ini nantinya terlebih dulu akan ditempatkan di RCSI atau UCD selama 2,5 tahun pertama untuk mempelajari materi biomedical dan early clinical science studies. Setelah menyelesaikan materi studi di RCSI atau UCD tersebut kemudian sisa masa studi S1 yang masih tersedia akan dilanjutkan dgan studi di PMC, Penang, Malaysia untuk mempelajari materi extensive clinical training.

Mahasiswa penerima beasiswa ini yang nantinya bisa menyelesaikan program studi S1 Kedokteran yang ditawarkan akan mendapatkan gelar dari National University of Ireland serta juga Licentiates of RCSI dan RCPI (Royal College of Physicians of Ireland). Gelar yang akan diterima tersebut sudah sama atau setara dengan gelar yang diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang menjalani studi penuh di Irlandia. Sangat luar biasa bukan?


Rincian Beasiswa
Program RCSI & UCD Dublin Scholarship Programme ini adalah sebuah beasiswa uang kuliah penuh dimana pembiayaan uang kuliah dari universitas atau perguruan tempat menempuh studi akan ditanggung oleh beasiswa. Pembiayaan untuk kuliah akan diberikan selama 5 tahun masa studi S1 Kedokteran. Namun perlu diperhatikan bahwa beasiswa ini hanya menanggung uang kuliah saja jadi untuk berbagai biaya lain yang dibutuhkan selama menjalani studi tersebut harus disiapkan dan ditanggung oleh mahasiswa atau bisa juga mencari sumber pembiayaan lainnya.

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai syarat untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa studi S1 Kedokteran dari PMC:
Bukan warganegara Malaysia
Memiliki nilai minimal A, A, A pada A-Level atau 40 points pada IBDP atau setara
Memiliki pencapaian yang baik dalam hal akademik maupun non-akademik
Bersedia untuk berlaku menjadi Student Ambassadors selama masa studi
Bersedia diberhentikan jika harus mengulang tahun akademik pada studi yang ditempuh
Memenuhi persyaratan masuk sebagai mahasiswa PMC yang bisa dilihat di halaman berikut (http://www.pmc.edu.my/admissions-procedure/) 
Memenuhi persyaratan kecakapan berbahasa Inggris yang bisa berupa IELTS 6.5, TOEFL CBT 250, TOEFL IBT 100, TOEFL 600

Selain berbagai hal sebagai persyaratan tersebut ada juga dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk menunjang proses pendaftaran serta seleksi dari beasiswa ini. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut antara lain:
Formulir Pendaftaran yang bisa diunduh di tautan berikut (link) 
Essay sepanjang 250 hingga 300 kata mengenai hal-hal yang bisa dilakukan sebagai penerima beasiswa ini untuk membuat perbedaan baik di masyarakat maupun di PMC
Essay sepanjang 250 hingga 300 kata dengan topik yang bisa dipilih yaitu:
   o Menjelaskan masalah kesehatan yang paling utama di negara asal serta kemudian bagaimana pemohon beasiswa bisa membantu menghadapi masalah tersebut sebagai dokter
   o Menjelaskan masalah-masalah berkaitan dengan etika yang dialami para dokter di lingkup dunia modern saat ini serta solusi-solusi yang bisa dicoba untuk menghadapi masalah tersebut
Surat referensi yang bisa berasal dari pihak sekolah, senior ketika menjadi relawan, pimpinan komunitas, atau siapa saja yang mengenal penerima serta sudah pernah bekerja bersama pemohon beasiswa yang intinya menyatakan bahwa pemohon pantas menerima beasiswa tersebut


Prosedur Pendaftaran Beasiswa
Proses atau prosedur pendaftaran yang pertama kali harus dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai mahasiswa PMC di halaman berikut (link). Pastikan ketika melakukan pendaftaran ini semua persyaratan menjadi mahasiswa di PMC sudah dipenuhi agar tidak ada kendala. Selanjutnya beasiswa bisa diajukan dengan mengisi formulir pendaftaran beasiswa serta semua berkas yang diperlukan dalam seleksi beasiswa ini melalui email ke alamat scholarship@pmc.edu.my. Pemohon yang lolos dalam seleksi awal atau seleksi administrasi akan diundang untuk melakukan seleksi wawancara.\

Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut dari beasiswa RCSI & UCD Dublin Scholarship Programme ini bisa didapatkan dengan enghubingi kontak berikut ini dengan memastikan bahwa kontak yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang semestinya:

Scholarship Office
Penang Medical College
4 Jalan Sepoy Lines
10450 Penang Malaysia
Telp: 604-228 7171
Fax: 604-228 7272
Email: scholarship@pmc.edu.my
Website: www.pmc.edu.my



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.