8 Alasan Kenapa Harus Aktif dalam Organisasi ketika Kuliah di Luar Negeri

Sebuah pertanyaan yang pada akhirnya kerap menjadi sebuah dilema pada mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri adalah mengenai organisasi...

Sebuah pertanyaan yang pada akhirnya kerap menjadi sebuah dilema pada mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri adalah mengenai organisasi dan berbagai kegiatan selain kuliah. Sudah tentu ketika kamu sudah berhasil mendapatkan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri maka kamu akan berusaha untuk memaksimalkan studi yang kamu ambil tersebut. Salah satu hal yang ada dalam pikiran kaitannya dengan hal tersebut adalah dengan berencana untuk benar-benar fokus pada studi tanpa mengikuti berbagai kegiatan lain selain kuliah. Hal seperti itu merupakan hal yang wajar mengingat berbagai kegiatan di luar kuliah bisa sangat memakan waktu dan tidak jarang menguras pikiran juga pada akhirnya.

Tetapi, pemikiran seperti itu juga tidak sepenuhnya merupakan sebuah solusi yang paling tepat dan pas untuk menjaga agar supaya studi yang diambil tidak terganggu oleh aktifitas-aktifitas selain perkuliahan. Faktanya ada juga orang-orang yang sangat mahir dalam mengatur kegiatan dan aktifitas mereka sehingga bahkan meskipun mereka mengikuti banyak kegiatan dan aktifitas di berbagai organisasi di luar universitas, mereka masih sangat mampu untuk menjaga performa dalam hal kuliah. Hal seperti ini juga memang sangat mungkin untuk dilakukan asal benar-benar memahami bagaimana cara yang tepat untuk mengatur semuanya. Jadi tidak bisa disimpulkan bahwa adanya banyak kegiatan dan aktifitas di luar kuliah akan selalu mengganggu penyelesaian studi.


Kaitannya dengan aktifitas dan kegiatan dalam organisasi di luar universitas dan kuliah, sebenarnya memang sangat dianjurkan pada usia muda. Dalam hal ini usia muda merujuk pada masa sekolah menengah dan kuliah jenjang S1 dan S2. Berbagai universitas yang ada di dalam negeri saja mempunyai agenda-agenda masing-masing yang tidak sedikit juga mempunyai target atau lingkup internasional. Ketika kamu sudah berhasil untuk kuliah di luar negeri, sudah seharusnya kamu memanfaatkan kesempatan tersebut guna mengikuti berbagai organisasi yang lingkupnya sudah jelas internasional. Kapan lagi kamu bisa merasakan pengalaman-pengalaman berorganisasi di luar negeri jika bukan ketika kamu sedang kuliah di luar negeri?

Salah satu dari organisasi mahasiswa yang bisa diikuti mahasiswa-mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di luar negeri adalah Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI. Seperti juga berbagai organisasi lainnya yang ada di universitas serta perguruan tinggi tempat menempuh studi, PPI menawarkan berbagai keseruan dan kesenangan bersama bagi mahasiswa Indonesia. Fakta yang pasti adalah bahwa tentu benar adanya jika dengan bergabung dan aktif dalam berbagai organisasi atau kelompok dimana disana ada banyak kegiatan dan aktifitas yang bisa dilakukan dan diikuti akan mampu memberikan beberapa manfaat. Hal-hal yang merupakan manfaat tersebut tentunya kemudian menjadikan alasan bahwa mengikuti kegiatan organisasi di luar kampus adalah satu hal yang sangat sayang jika tidak dilakukan.

1. Pengalaman
Satu alasan utama untuk aktif dalam berbagai organisasi ketika kamu sedang menempuh studi di luar negeri adalah pengalaman. Ada pepatah yang intinya adalah bahwa pengalaman itu merupakan guru yang paling berharga dalam menjalani hidup. Jadi pengalaman harus selalu dicari dalam sebanyak-banyaknya hal. Dengan mengikuti berbagai kegiatan di organisasi-organisasi yang ada di sekitar kampus, paling tidak kamu akan lebih mengenal kawasan sekitar. Selain itu kau juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dari berbagai kegiatan yang diadakan oleh organisasi-organisasi tersebut. Pikirkan fakta bahwa kamu tidak akan mendapatkan kesempatan lain lagi nantinya jika kamu tidak memaksimalkan kesempatan berorganisasi selagi masih muda dan sedang kuliah di luar negeri.

2. Emosi
Usia muda identik dengan emosi yang masih belum 100% stabil dan mudah berubah. Kadang juga terjadi luapan emosi dalam bentuk amarah yang bisa berakibat buruk di kemudian hari. Emosi yang akan bisa dimatangkan dengan mengikuti berbagai organisasi adalah satu lagi alasan yang membuatmu harus aktif dalam organisasi-organisasi yang ada di luar kampus. Kamu akan bisa lebih memahami teman-temanmu serta sekaligus menahan diri dalam menghadapi berbagai konflik yang pasti akan terjadi dalam organisasi. Kamu tidak membutuhkan terapi emosi dalam berbagai bentuk untuk mematangkan emosimu karena hanya dengan berorganisasi kamu bisa melakukannya perlahan-lahan dengan hasil yang pastinya luar biasa di akhir nanti.


3. Teman
Ini merupakan sebuah alasan klasik dari mengikuti organisasi dan berbagai kegiatan di luar kampus. Ketika kamu sedang hidup di luar negeri untuk kuliah, kamu pasti akan ada pada waktu dimana kamu merasa benar-benar sendiri dan tidak mempunyai seorang teman sekalipun. Hal seperti ini bisa dihindari jika kamu mau untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan dari banyak organisasi di luar kampus. Temanmu akan terus bertambah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut yang juga bisa menjadi sarana berdiskusi dalam hal apapun. Kamu bisa lebih mengetahui dan memahami budaya-budaya dari teman-temanmu yang bisa jadi berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dengan kamu. Luar biasa bukan?

4. Cerdas
Kecerdasan bisa dalam berbagai hal dan salah satunya adalah kecerdasan dalam mengatur waktu. Ketika kamu mengikuti berbagai kegiatan dalam banyak organisasi saat sedang kuliah di luar negeri maka kamu harus sangat cerdas dalam mengatur waktu yang kamu miliki. Kamu harus mampu memastikan bahwa kamu tetap bisa mengikuti kuliah dengan lancar tanpa kendala apapun dan juga masih harus selalu hadir dan mengikuti kegiatan organisasi di luar kampus yang kamu ikuti. Sudah pasti pada awalnya kamu akan mengalami kesulitan ketika harus mengatur waktu tersebut namun seiring berjalannya waktu maka kamu akan semakin terbiasa dalam melakukan hal tersebut. Pada akhirnya kamu tidak akan merasakan adanya hambatan sama sekali dalam hal waktu.

5. Tekanan
Pada umumnya orang yang tertekan akan cenderung melakukan kesalahan dan juga hal-hal buruk. Nah, ketika kamu berusaha untuk selalu aktif dalam berbagai organisasi ketika sedang kuliah di luar negeri maka kamu akan selalu berhadapan dengan yang namanya tekanan. Akan ada banyak hal yang kemudian menjadi tekanan buat kamu mulai dari tugas-tugas kampus, jadwal-jadwal kegiatan dan kuliah, lalu juga tentu tekanan dari teman-teman dan lingkunganmu karena pada dasarnya kamu berada di lingkungan baru jadi harus berusaha selalu terlihat maksimal. Pada intinya ketika kamu harus selalu berhadapan dengan tekanan maka kamu perlahan-lahan akan merasa terbiasa dan tidak lagi kesulitan dalam mengatur dan menghadapi tekanan-tekanan tersebut. 

6. Kerjasama
Satu hal yang terdengar sederhana ketika diucapkan namun realisasi dan aktualisasinya sulit adalah kerjasama. Banyak orang yang pada akhirnya gagal mencapai hasil maksimal karena tidak mampu benar-benar bekerja sama dalam meraih dan mengejar sebuah target dan hasil. Nah sudah tentu dengan adanya banyak anggota dan teman dalam organisasi-organisasi yang kamu ikuti beserta berbagai kegiatan disana kamu akan perlahan-lahan terlatih untuk selalu bekerja sama. Mulai dari hal-hal kecil hingga masalah-masalah penting dalam organisasi pasti akan membutuhkan kerjasama demi mencapai hasil akhir yang maksimal. Pada akhirnya kamu akan benar-benar menjadi seorang yang sangat bisa memaksimalkan hubungan kerjasama dengan berbagai pihak setelah kamu aktif dalam berorganisasi ketika kuliah di luar negeri.


7. Ekspresi dan Aktualisasi
Hingga saat ini masih ada orang-orang yang cenderung sulit untuk mengekspresikan diri dalam berbagai lingkup dan bidang. Hal ini bisa merujuk pada alasan selanjutnya bahwa kamu harus selalu aktif dalam berbagai organisasi ketika sedang kuliah di luar negeri. Ketika kamu berada dalam organisasi-organisasi di luar universitas ketika sedang kuliah di luar negeri maka sudah pasti kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan diri hingga bahkan bisa mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Kamu bahkan bisa saja akan terkejut bahwa kamu ternyata bisa melakukan hal-hal yang tidak kamu duga sebelumnya. Budaya apresiasi atau menghargai di banyak negara asing yang menjadi lokasi pilihan mahasiswa dari Indonesia untuk kuliah ke luar negeri.

8. Kebahagiaan
Satu hal lagi yang membuat kamu harus memanfaatkan kesempata ketika kamu sedang kuliah di luar negeri dengan berorganisasi adalah karena kamu akan bisa mendapatkan kebahagiaan yang tidak terhingga dengan melakukan hal tersebut. Kegiatan dalam berorganisasi bisa sangat banyak macamnya jadi sudah sangat jelas kamu akan mungkin bisa memberikan manfaat untuk banyak orang dan juga bagi diri kamu sendiri.

Dengan adanya hal-hal tersebut yang menjadi alasan kamu harus aktif dalam mengikuti organisasi-organisasi ketika sedang kuliah di luar negeri maka sudah bukan waktunya lagi untuk tidak melakukannya. Alasan-alasan tersebut sudah pasti akan mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi dirimu sendiri nantinya di kemudian hari.



Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,235,Australia,74,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,6,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,33,Inggris,85,Interview,438,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,11,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,13,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,50,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,143,Studenthack,344,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,1,Tips Beasiswa,14,Tips Belajar Bahasa Inggris,8,Tips Kuliah ke Luar Negeri,82,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,10,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,34,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 8 Alasan Kenapa Harus Aktif dalam Organisasi ketika Kuliah di Luar Negeri
8 Alasan Kenapa Harus Aktif dalam Organisasi ketika Kuliah di Luar Negeri
https://3.bp.blogspot.com/-4gT0wtgFHJw/V9OE76Io-8I/AAAAAAAABeU/CrKDFtuu_iEqXASotH0TGIRG_kg_Fm4MwCLcB/s640/Snap%2B2016-09-10%2Bat%2B10.57.49.png
https://3.bp.blogspot.com/-4gT0wtgFHJw/V9OE76Io-8I/AAAAAAAABeU/CrKDFtuu_iEqXASotH0TGIRG_kg_Fm4MwCLcB/s72-c/Snap%2B2016-09-10%2Bat%2B10.57.49.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/09/8-alasan-kenapa-harus-aktif-dalam.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/09/8-alasan-kenapa-harus-aktif-dalam.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy