8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi

Kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses m...

Kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses menyampaikan pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu efek atau timbale balik, mungkin terlihat begitu sederhana. Namun, apa sih yang sebenarnya dipelajari di dunia komunikasi ini?
    
Seiring dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang kian pesat, tentu segala unsure hidup kita menerima banyak pengaruh dari hal – hal baru. Hal – hal baru tersebut tentu mempengaruhi cara kita berkomunikasi. Cara berkomunikasi manusia jaman purba, jaman 90-an, dan saat ini, tentu berbeda – beda bukan? Nah, dengan menjunjung tinggi modernitas, studi Ilmu Komunikasi terus menjadi bidang ilmu yang kritis untuk selalu menyajikan strategi yang tepat untuk menyampaikan suatu pesan, tergantung pada konteksnya, unsurnya, hingga isi pesannya.
    
Seperti yang kita ketahui, studi Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang cukup banyak. Broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya, bila kita memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, kita juga paham akan cabang – cabangnya yang lain. Namun, pada cabang Ilmu Komunikasi yang kita pilih itulah kita akan menjadi ahli di dalamnya. Lantas, apa saja sih, prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini? Yuk, kita simak bersama – sama.
Image Credit

1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran

Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting  biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.

2. Jurnalis

Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.

3. Announcer dan presenter

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.

4. Master of Ceremony (MC)

Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.

5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik. Menantang, bukan?

6. Event Organizer

Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. Tertarik?

7. Praktisi periklanan / Advertising 
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.

8. Marketing Communications  
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang menjalaninya.

Itulah 8 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sesuaikah dengan minat anda?

============================================================

Selamat datang di dunia nyata untuk Lulusan Ilmu Komunikasi. Apakah kamu sudah menentukan langkah apa yang akan kamu ambil?  Ada info menarik banget buat kamu lulusan Ilmu Komunikasi, bahwasannya kamu memiliki kesempatan besar untuk melanjutkan studi di luar negeri baik itu S2, S3, atau postdoc

Jika kamu memutuskan untuk kuliah ke luar negeri dan memperdalam Ilmu Komunikasi kamu, maka yang kamu butuhkan paling utama adalah bukti penguasaan bahasa asing yang bisa dilihat dengan sertifikat TOEFL. Buat kamu yang sudah menguasai bahasa asing tinggal memperdalam lagi, dan buat yang belum menguasai maka kamu bisa mempelajarinya sekarang juga.

Kini Inspira Book hadir dengan buku paling revolusionernya,

TOEFL KILLER

Baca ini, kamu pasti dapat skor TOEFL 600!
Dijamin 100%!

Dengan TOEFL Killer ini, kamu bisa...


  • Mendapat skor TOEFL minimal 600, kami jamin!
  • Nggak sekedar menjamin, uangmu akan kami kembalikan 100% kalau kamu merasa tidak puas. Ya, uang kembali utuh!
  • Kamu bisa menghemat biaya kursus yang mencapai jutaan rupiah. Ya, dengan ebook "TOEFL Killer" ini kamu bisa mendapat skor 600, tanpa perlu kursus. Cukup belajar sendiri.
  • Udah punya skor TOEFL 600? Mau melamar beasiswa ke negara manapun jadi gampang banget. Tinggal pilih negaranya. Mau di Eropa? Amerika Serikat? Australia? atau di negara-negara Asia? 
  • Dengan skor TOEFL 600, kamu jadi makin pede saat melamar pekerjaan. Nggak cuma di perusahaan-perusahaan besar Indonesia, dengan skor TOEFL setinggi itu, perusahaan multi nasional juga akan menganggapmu sebagai kandidat yang kuat. Tentu, kamu juga akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar.


Apa saja isi TOEFL Killer?

Paket TOEFL Killer terdiri dari buku setebal 302 halaman, dan DVD berisi ebook dan video tutorial TOEFL.

Ebook tambahan setebal 500 halaman dan video tutorial TOEFL 40 jam tidak akan membuatmu bosan, bahkan di dalamnya kamu akan mendapatkan bocoran SUPEEEEERRR lengkap mengenai listening, structure and written expression, reading comprehension, writing, dan tips TOEFL penting, serta strategi lainnya baik secara teknik maupun psikologis.

Siapakah penulisnya?

TOEFL Killer ditulis oleh Tim Inspira Research Center dengan melakukan riset selama 8 tahun, guna menemukan formula paling jitu untuk menaklukkan Tes TOEFL. Tak hanya itu, Inspira Research Center juga sudah berpengalalaman menghasilkan buku-buku di dunia pendidikan, salah satunya adalah "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN) yang sudah membantu banyak sekali mahasiswa Indonesia kuliah di luar negeri.

Untuk menghasilkan buku berkualitas sekelas TOEFL Killer, Inspira Research Center menggaet 4 orang narasumber sarat pengalaman dalam bidang TOEFL. Mereka adalah orang-orang yang sudah berhasil melampaui 10.000 jam dalam bidang TOEFL, dan membagikan setiap detail trik dan tipsnya kepada kamu semuanya.

Tonee Emti



Tonee Emti, atau lebih dikenal dengan nama "Mr. TOEFL". Mr. Tonee sudah berkecimpung dalam dunia pendidikan bahasa Inggris lebih dari 15 tahun. Terlebih ia berhasil menyelesaikan studinya bidang bahasa inggris di English and Foreign Languages University. Ia juga merupakan owner dari Albibek Smart English dan sudah berkeliling ke puluhan kampus di berbagai penjuru Indonesia untuk memberikan pelatihan TOEFL. Di setiap pelatihananya, ia memberikan garansi kepuasan nilai TOEFL tinggi untuk setiap peserta.

Rehita Hasian Batubara




Ia adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang berprestasi di India, tepatnya di Jawaharlal Nehru University tempat dimana ia kuliah S2 Jurusan Linguistics. Bahasa Inggris adalah bidang yang sangat ia kuasai, dan sangat familiar dengan tips dan trik TOEFL. Karena pengalamannya kuliah bidang Bahasa Inggris sudah ditekuni sejak S1, maka Inspira Book tidak ragu dalam menggaet wanita ini untuk dijadikan salah satu tutor dalam video tutorial TOEFL Killer.

Listya Arum Ridhawati




Jika kamu bertemu wanita ini pasti tidak menyangka kalau sudah S2. Beliau menyelesaikan S1-nya di  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Setelah lulus S1, langsung melanjutkan S2-nya di Universitas Gajah Mada (UGM) Jurusan Linguistik. Hobinya adalah berdebat, tapi debat dalam artian positif lho ya. Beliau ini sudah mengikuti banyak sekali ajang debat bahasa Inggris baik di lingkup UAD, antar universitas se-Yogyakarta, antar universitas se-Jawa, dan ajang debat-debat lainnya. Belajar dengan wanita satu ini nggak akan pernah bosan karena senyum dan suaranya yang sangat imut, dan tentunya metode serta cara menyampaikannya akan membuatmu lebih mudah paham.

Dijamin, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa setelah membaca buku ini!

Berapa harganya?


  • Tanyakan dulu, berapa kerugian kamu kalau nggak baca buku ini?


  • Kalau nggak tahu caranya, kursus TOEFL bisa habis jutaan rupiah per bulan.

  • Bolak-balik ke tempat les cuma buang-buang waktu.


  • Beli buku satu per satu di toko, bisa habis jutaan! Padahal bukunya belum tentu bagus dan sesuai.


  • Ikut tes berkali-kali tanpa informasi yang komprehensif dan pola sukses, rugi umur! Nggak terhitung harganya.


Cukup dengan Rp 158.000, peluangmu untuk tes TOEFL akan meningkat 100%


Murah banget ya harganya?

Selain itu, masih ada bonus gila-gilaan yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut. 

1 Roadmap dan Checklist TOEFL 600 senilai Rp 80.000,00
2 Ebook bonus: Tips teknis (Grammar, Vocabulary, Phrase, Idioms, dan kisah 
sukses peraih TOEFL) senilai Rp 100.000,00
3 100+ Infografis TOEFL senilai Rp 100.000,00
4 Software gratis tes TOEFL: Simulasikan sendiri TOEFL-mu senilai Rp 200000
5 Bank soal: 1000+ soal TOEFL senilai Rp 150.000,00

Total bonusnya senilai Rp 630.000,00

Bagaimana cara pemesanannya?

Untuk pemesanan, silakan klik saja tombol "Beli Sekarang" di bawah ini. Silakan kontak HP atau LINE di bawah jika kamu ingin bertanya lebih jauh mengenai TOEFL Killer dengan customer service kami.


HARGA SPESIAL
Paket Lengkap TOEFL KILLER 
(BUKU + DVD):
Rp 158.000,-





SMS/WA : 0823-0016-6669
official.inspirabook@gmail.com · www.inspirabook.com
Jl. Pasir no. 35 Patuk Gamping Sleman Yogyakarta

Telp: (0274) 5305734
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi
8 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Ilmu Komunikasi
https://2.bp.blogspot.com/-2Rwl5t3XGhw/U8YWc-6CFEI/AAAAAAAADE4/0dKECZdBM7g/s1600/Snap+2014-07-16+at+13.05.55.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-2Rwl5t3XGhw/U8YWc-6CFEI/AAAAAAAADE4/0dKECZdBM7g/s72-c/Snap+2014-07-16+at+13.05.55.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/8-prospek-kerja-terbaik-lulusan-ilmu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/8-prospek-kerja-terbaik-lulusan-ilmu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy