Daftar 7 Universitas Terbaik di Austria

Negara yang berbatasan langsung dengan Swiss, Jerman, Italia, Slovenia, Slovakia dan Republik Ceko ini, memang menjadi negara yang terkurung daratan di wilayah Eropa Tengah. Berbagai keindahan tempat wisata yang ditawarkan, menjadikan Austria ramai dikunjungi oleh para wisatawan. 

Tapi, ada yang tidak boleh dilupakan dari negara bermata uang Euro ini. Austria juga memiliki banyak universitas – universitas terbaik di dunia yang patut diacungi jempol. Hal inilah yang menyebabkan Austria banyak dijadikan alternative pilihan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Nah, di ulasan kali ini, Inspira Tech akan mengajak kalian untuk berkenalan dengan universitas-universitas terbaik di Austria. Yuk, kita simak bersama-sama!

Asal-usul nama Johannes Kepler pada universitas ini adalah adanya penghotmatan pada astronom Johannes Kepler (1571 – 1630) yang menulis karya besarnya, Harmonices Mundi, di Linz, Austria. Pada saat itu, Johannes Kepler juga mengajar matematika di sebuah sekolah di Linz. Saat ini, The Johannes Kepler University Linz juga menyediakan akses langsung menuju universitas dari jalur sepeda yang terletak di sepanjang sisi utara sungai Danube. Hal ini ditujukan agar kepadatan lalu lintas di sekitar Linz dapat dikurangi.

7. Alpen-Adria-Universität Klagenfurt


Alpen-Adria-Universität Klagenfurt atau yang dikenal dengan University of Klagenfurt, adalah universitas di Austria yang terletak di Klagenfurt. Namun, universitas ini juga memiliki bagian kampus lain di dua kota besar Austria, yaitu Wina dan Graz. Universitas ini terletak di sisi paling selatan dari negara-negara berbahasa Jerman. Hebatnya, University of Klagenfurt mendukung multilingualisme, terutama dalam konteks minoritas Slobenia di Carinthia.
University of Klagenfurt didirikan pada tahun 1964-1970, pada masa Gubernur Sima di Klagenfurt, Austria saat itu. Universitas ini memiliki empat fakultas besar antara lain Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial, Fakultas Manajemen dan Ekonomi, Fakultas Teknologi dan Fakultas Studi Interdisipliner. Adapun University of Klagenfurt menawarkan jenjang pendidikan lengkap mulai dari sarjana, master hingga gelar doktor.


6. Paris Lodron University of Salzburg

Paris Lodron University of Salzburg, terletak di kota Salzburg, Austria. Paris Lodron University of Salzburg memiliki empat fakultas besar, antara lain Fakultas Teologi Katolik, Fakultas Hukum, Fakultas Humaniora dan Fakultas Ilmu Alam. Paris Lodron University of Salzburg didirikan pada tahun 1622 oleh Pangeran Uskup Agung Paris Lodron, dan merupakan lembaga pendidikan terbesar di daerah Salzburg. 

Pada awalnya, universitas ini dikelola oleh perkumpulan biara dari Salzburg, Swiss, Austria dan Bavaria. Dulunya, studi yang dipelajari hanyalah teologi, filsafat, hukum, dan kedokteran. Hingga pada akhirnya, Pangeran Ferdinand dari Austria mendirikan Fakultas Kedokteran yang pertama di kampus ini.


5. The Johannes Kepler University Linz 

The Johannes Kepler University Linz atau yang biasa disebut JKU, adalah perguruan tinggi yang terletak di Linz, Austria. Perguruan tinggi ini menawarkan pendidikan untuk tingkat diploma, sarjana, master hingga doktor di bidang bisnis, teknik, hukum, ilmu pengetahuan dan ilmu – ilmu sosial.The Johannes Kepler University Linz adalah universitas pertama di Austria yang memperkenalkan mahasiswa elektronik pada tahun 1998.


4. Karl-Franzens-Universität Graz


Karl-Franzens-Universität Graz, sering pula disebut University of Graz, adalah universitas yang terletak di Graz, Austria. Universitas ini adalah universitas terbesar dan tertua kedua setelah university of Vienna. Karl-Franzens-Universität Graz didirikan pada tahun 1585 oleh Archduke Charles II dari Austria. Pada masanya dulu, Karl-Franzens-Universität Graz sempat ditutup oleh Kaisar Joseph II karena sebagian besar keberadaannya dikendalikan oleh gereja Katolik. 

Agar dapat bangkit kembali dengan mendapatkan kontrol negara sebagai lembaga pendidikan, Joseph II mengubah universitas ini menjadi taman bacaan. Hingga akhirnya pada tahun 1827, universitas ini kembali dilembagakan oleh Kaisar Francis I, yang menjadi awal mula terbentuknya nama Karl-Franzens-Universität Graz.
Karl-Franzens-Universität Graz memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Ilmu Ekonomi, fakultas Lingkungan, Ilmu Daerah dan Pendidikan, serta Fakultas Teologi Katolik. Untuk studi kedokteran kini sudah dipisahkan sejak tahun 2004. Fakultas Kedokteran Karl-Franzens-Universität Graz telah berdiri sendiri membentuk Medical University of Graz. Karl-Franzens-Universität Graz berhasil menempati posisi universitas terbaik ke-4 di Austria, dengan peringkat ke-394 dari universitas di seluruh dunia.


3. Universität Innsbruck


Universitas Innsbruck adalah universitas yang terletak di Innsbruck, Austria. Univeritas Innsbruck berdiri sejak tahun 1669. Universitas Innsbruck adalah universitas yang memiliki fasilitas pendidikan terbesar di negara bagian Inssbruck, serta terbesar ketiga di negara Austria menurut jumlah pelajarnya, setelah University of Vienna dan Karl-Franzens-Universität Graz. Universitas ini masuk ke dalam peringkat ke – 289 di dunia, dan universitas terbaik ke -3 di Austria.


2. The Vienna University of Technology

The Vienna University of Technology adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di Wina, ibukota dari negara Austria. The Vienna University of Technology didirikan pada atahun 1815 sebagai Imperial  Royal Polytechnic Institute. The Vienna University of Technology memiliki delapan fakultas, antara lain Fakultas Perencanaan dan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Industri dan Mekanik, Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Indormasi, Fakultas Matematika dan Geoinformasi, Fakultas Fisika, Fakultas Teknik Kimia, dan Fakultas Sistem Informasi.


1. The University of Vienna


The University of Vienna adalah sebuah universitas yang terletak di Wina, ibu kota Austria. Universitas ini didirikan oleh Duke Rudolph IV pada tahun 1365. University of Vienna merupakan universitas tertua di dunia yang berbahasa Jerman. Universitas ini memiliki latar belakang sejarah yang panjang dan menarik, yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu universitas terbesar di Eropa, khususnya di bidang keilmuan humaniora. 

The University of Vienna memiliki 15 Fakultas, yang mencakup hampir seluruh bidang  keilmuan yang ada. Fakultas yang terdapat di University of Vienna ini antara lain, Fakultas Teologi Katolik, Fakultas Teologi Protestan, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis, Ekonomi dan Statistika, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Studi Sejarah dan Budaya, Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Filsafat dan Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika, Fakultas Fisika, Fakultas Kimia, Fakultas Ilmu Bumi, Geografi dan Astronomi, serta Fakultas Ilmu Hidup. 

Dalam peringkat universitas seluruh dunia, University of Vienna meraih peringkat terbaik ke-158 di dunia, dan menduduki peringkat  terbaik pertama di Austria.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



36 Fakta Menarik tentang Turki

Turki, negara bagian di Timur Tengah ini sangat termasyhur dengan desain khasnya yang megah nan mewah. Tak hanya itu, Turki menjadi sebuah negara yang banyak sekali merekam jejak sejarah peradaban di dunia. Sejarah – sejarah besar banyak sekali terukir di kota ini. Meski kini Turki menjadi negara dengan mayoritas agama Islam, tahukah Anda bahwa Turki cukup banyak menyimpan sejarah agama Kristen?

Berikut ini Berkuliah akan menyajikan fakta – fakta unik dan menarik dari negara Turki.

1. Istanbul, Turki, adalah satu – satunya wilayah kesatuan di dunia yang dibangun di dua benua.
2. Turki merupakan negara dengan mayoritas agama Islam.
3. Terkenal dengan makanan Kebabnya.
4. Memiliki makanan dengan cita rasa dan ciri khas berlemak, pedas dan berbahan dasar daging.
5. Negara terpadat. Ankara dan Istanbul menjadi kota yang sangat ramai di negara Turki.


6. Meskipun negara yang khas dengan Timur Tengah, Turki juga dipengaruhi dengan budaya dan gaya Eropa. Hal ini bisa dilihat dari gaya bangunan, desain, budaya dan lain sebagainya.
7. Meskipun mayoritas penduduknya agama Islam, Turki banyak menyimpan sejarah mengenai agama Kristen.
8. Gereja pertama yang dibangun ole manusia berada di Antioch, Turki. Gereja tersbeut bernama Gerjea St. Peter.
9. Pemukiman manusia tertua terdapat di Turki. Pemukiman tersebut bernama Catalhoyuk. Pemukiman ini muncul tepatnya pada Millenium ke – 7 sebelum Masehi.
10. Anda mengenal Sinterclaus? Ya, dialah St. Nicholas yang disebut – sebut lahir di Patara dan menjadi Uskup di Demre. Patara dan Demre adalah bagian mediteranian, Turki.


11. Turki menjadi tempat mendaratnya perahu Nabi Nuh yang tepatnya berada di Gunung Ararat (Agri Dagi). Agri Dagi terletak di bagian timur Turki.
12. Turki adalah negara yang memperkenalkan kopi ke Eropa.
13. Turki adalah negara yang memberikan tulip kepada Belanda.
14. Hagia Sofia, gereja yang pernah berubah menjadi masjid, dan kini telah menjadi museum. Bangunan ini begitu megah dengan gaya bangunan Turki yang memadukan gaya Eropa, Asia dan Timur Tengah.
15. Makanan terakhir Nabi Nuh, yaitu puding asam manis, saat ini masih menjadi sajian penutup yang khas dari Turki.


16. Gereja pertama di Turki bernama Konsili Ekumenis.
17. Ingatkah anda dengan film Trojan Wars? Kisah ini pernah difilmkan dengan pemeran utama Brad Pitt dengan judul film Troy. Kisah ini adalah kisah nyata yang memang benar terjadi di belahan barat Turki.
18. Kegiatan menulis pertama kali, dilakukan oleh orang – orang purba di Anatolia, Turki.
19. Ephesus dan Halicarrnasus merupakan dua keajaiban dunia yang tidak dapat ditemukan di belahan dunia manapun. Keduanya masih bisa ditemui di Turki hingga saat ini, menjadi situs wisata sejarah.
20. Turki terkenal dengan produk karpet, sajadah dan kain – kain lainnya dengan desain eksklusif, mewah dan penggabungan gaya Eropa, Aisa serta Timur Tengah. Desain yang eksklusif ini menjadi acuan bagi desain dan model produk serupa di seluruh dunia.


21. Alexander the Great menemukan dan memotong simpul Gordian di  Ankara, Ibu kota Turki. Hingga saat ini, simpul Gordian tersebut merupakan teknik dasar untuk membuat karpet Turki.
22. Karena terletak di dua benua yaitu benua Eropa dan benua Asia, Istanbul dipisahkan oleh selat Bosforus dan dihubungkan oleh duaa jembatan. Jembatan pertama adalah jembatan Bosphorus, dan jembatan kedua adalah jembatan Sultan Ahmed. Panjang jembatan ini mencapai 1,5 km.
23. Julius Caesar dengan kalimat andalannya, “Vini Vidi Vici” yang berartti “Saya datang, saya lihat dan saya menang”, ternyata mengucapkannya di bagian Black Sea atau laut hitam di bagian Turki saat Caesar mengalahkan Pontus.
24. Turki memiliki banyak sekali pantai yang bersih dengan warna pasir yang putih, tepatnya di area Aegean dan Mediterania.
25. Turki sangat kaya dengan keanekaragaman tanaman, khususnya tanaman hias. Turki memiliki sekitar 9 ribu jenis bunga, dimana 3 ribu diaantaranya adalah jenis endemic atau hanya hidup dan mekar pada musim tertentu. Apabila ditelisik lebih lanjut, seluruh dataran Eropa yang tentu lebih luas dari Turki, memiliki sekitar 11.500 jenis bunga. Bayangkan, betapa bervariasinya jenis bunga di Turki, kan?
26. Di Turki pula, gereja pertama yang didedikasikan untuk Bunda Maria berada. Gereja tersebut berada di Ephesus.
27. Anda mengenal buah Cherry? Buah menggemaskan berwarna merah menggoda ini diperkenalkan pertama kali di Turki, tepatnya di bagian utara di wilayah bernama Giresun.
28. Selain ditumbuhi berbagai macam jenis bunga yang indah, Turki juga ditinggali oleh berbagai jenis burung. Berdasarkan penelitian, sekitar 453 jenis burung berada di Turki.
29. Pada abad dulu, perjanjian antar bangsa, suku ataupun kerajaan seringkali terjadi untuk mecapai suatu kesepakatan tertentu. Nah, perjanjian pertama di dunia juga terjadi di Turki. Perjanjian tersbeut adalah perjanjian Kadesh, yang menyangkut pihak kerajaan Hitite dan kerajaan Mesir.
30. Orang – orang Hitite, Turki, menjual goa kepada Abraham. Goa tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat  Abraham mengubur istrinya, ketika Israel menyambangi Palestina.


31. Tulisan Neolitikum manusia pertama ada di Catalhoyuk, Turki. Tulisan tersebut berupa ukiran di dinding.
32. Istanbul memiliki stasiun yang sangat bersejarah. Stasiun tersebut bernama Sirkeci. Stasiun ini merupakan pemberhentian terakhir dari “Orient Express” yang menghubungkan antara kota Paris dengan Constatimople pada tahun 1883 – 1977. Kini, stasiun Sirkeci menjadi situs sejarah yang banyak dikunjungi.
33. Nama – nama besar dalam sejarah seperti Homer (penulis puisi), Raja Midas, Herodotus (Bapak sejarah) dan Santo Paulus, lahir di Analtolis, Turki.
34. Transportasi Turki sangat maju dan terpelihara. Beberapa kendaraan yang dimiliki oleh negara Turki antara lain metro bawah tanah, serta kereta gantung. Sistem transportasi negara Turki ini pun sangat teratur dan sesuai jadwal. Rata – rata kendaraan di Turki beroperasi mulai dari pukul 5 pagi hingga pukul 11 malam. Dan yang paling penting, kendaraan transportasi umum di Turki hampir seluruhnya bersih dan terjaga.
35. Memiliki banyak sekali situs sejarah yang kemudian dijadikan tempat wisata. Sistem pemberdayaan dan perawatan bangunan sejarah disini sangat bagus. Turki mampu menghargai sejarah dan mampu merubahnya menjadi sumber penghasilan negaranya.



36. Di Turki, anda dapat menemui menara dan rumah – rumah batu seperti di negeri dongeng. Wilayah ini merupakan wilayah pemukiman dan bangunan tua yang terletak di Cappadocia. Di Cappadocia, anda juga dapat menemukan kota yang berada di bawah tanah. Dan yang paling menarik, anda bisa menaiki balon udara raksasa di atas daerah dataran tinggi.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



11 Universitas Terbaik di Amerika Serikat


Buat kamu yang ingin kuliah di Amerika Serikat, tapi bingung dalam menentukan kampus mana yang bagus, berikut ini Berkuliah informasikan 10 daftar universitas terbaik di Amerika Serikat menurut US News, institusi yang telah dipercaya selama lebih dari 25 tahun untuk mengelola data peringkat universitas di Amerika Serikat.


10. Dartmouth College


Dartmouth College adalah lembaga pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1769. Memiliki pendaftaran sarjana dengan jumlah sebanyak 4.193 orang, dengan lokasi kampus di wilayah pedesaan, dan ukuran kampus adalah 200 hektar. DAlam menetapkan kalender akademiknya, Dartmounth menggunakan sistem kuartal. Peringkat Dartmouth College di edisi 2014 dari Sekolah Tinggi Terbaik adalah Universitas Nasional, 10. Kuliah Its dan biaya yang $ 46,752 (2013-14).

Kampus Dartmouth College terletak di Hanover. Kampus ini menawarkan berbagai kegiatan mahasiswa. Hampir 25 persen siswa berpartisipasi dalam NCAA, sebuah  Divisi I olahraga di Universitas Dartmouth. Lebih dari 90 persen mahasiswa tinggal di asrama kampus. 

Jurusan-jurusan di Dartmouth College terdiri dari bidang seni dan teknik. Serta ada juga empat program pascasarjana yang meliputi Tuck School of Business, Thayer Sekolah Teknik Thayer dan Dartmouth Medical School. 


9. California Institute of Technology (Caltech)


California Institute of Technology adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1891. Kampus ini memiliki pendaftaran sarjana sebanyak 997 orang (2013). Lokasi kampusnya berada di pinggiran kota di Pasadena, California, atau sekitar 11 km sebelah timur laut dari Los Angeles. Luas kampusnya sebesar 124 hektar. Sama dengan Dartmounth, California Institute of Technology jugan memakai kalender akademik berbasis kuartal. 

Caltech berfokus pada ilmu pengetahuan dan teknik.  Selain studi sarjananya, Caltech juga menawarkan program pascasarjana top di bidang teknik, biologi, kimia, ilmu komputer, ilmu bumi, matematika dan fisika. 

Caltech sering berpartisipasi dalam penelitian besar. Kampus ini sering menerima hibah dari lembaga seperti NASA, National Science Foundation dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Perusahaan top di dunia seperti Intel, Compaq dan Hotmail didirikan oleh alumni dari Caltech. Sutradara terkenal Frank Capra juga lulus dari Caltech.


8. University of Pennsylvania  (Penn)


University of Pennsylvania adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1740. Memiliki sarjana yang terdaftar sebanyak 9682, dengan latar kampus di daerah perkotaan di Philadelphia. Kampus yang didirikan oleh Benjamin Franklin ini memiliki luas sebesar 302 hektar. Berbeda dengan Caltech, Peen menggunakan kalender akademik berbasis semester. 

Penn menawarkan lebih dari 10 asrama kampus, tetapi banyak mahasiswanya lebih memilih untuk tinggal di apartemen di luar kampus dan rumah-rumah yang tersedia.

Penn memiliki 12 program yang terdiri dari empat untuk sarjana dan pendidikan pascasarjana dan delapan program untuk studi pascasarjana. Program pascasarjana paling terkenal di Penn termasuk Wharton Schoolnya, School of Education, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan, Sekolah Hukum dan Sekolah Kedokteran. Program pascasarjana terkenal lainnya seperti Design School dan School of Dental Medicine. 

Lebih dari 2.000 mahasiswa Penn setiap tahunnya berpartisipasi dalam program studi internasional yang ditawarkan di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Tiga orang alumni Penn yang paling terkenal adalah mantan Presiden AS William Henry Harrison, penyair William Carlos Williams dan Donald Trump.


7. Massachusetts Institute of Technology (MIT)


Massachusetts Institute of Technology adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1861. Memiliki sarjana terdaftar sebanyak 4503, kampus ini terletak di perkotaan Cambridge, Mass, dengan luas kampus sekitar 168 hektar. MIT menggunakan kalender akademik berbasis 4-1-4. 

Semua mahasiswa di MIT diwajibkan untuk tinggal di kampus. Akan tetapi, sekitar 70 persen siswa memilih untuk tetap di kampus selama empat tahun mereka. MIT menawarkan perumahan di salah satu asrama paling keren di Amerika Serikat, yang biasa disebut "The Sponge,". Asrama mahasiswa ini dirancang oleh arsitek Steven Holl. 

MIT berfokus pada penelitian ilmiah dan teknologi dan dibagi menjadi lima sekolah dan satu perguruan tinggi. Sekolah-sekolah pascasarjana yang paling terkenal adalah Sekolah Teknik dan Sloan School of Management. Selain itu, program-program di MIT yang terkenal juga banyak, seperti di bidang ekonomi, psikologi, biologi, kimia, ilmu bumi, fisika dan matematika. 

Dalam melakukan penelitian, MIT biasanya menghabiskan dana melebihi $ 650,000,000 setiap tahun. Pendanaan tersebutk berasal dari instansi pemerintah seperti Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia dan Departemen Pertahanan. 


6. Duke University (NC).



Duke University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1838. Memiliki sarjana terdaftar sebanyak 6.655 orang. Lokasi kampus NC ada di Durham, didaerah pinggiran kota, dengan ukuran kampus seluas 8.709 hektar. NC menggunakan kalender akademik berbasis semester. 

Siswa di Duke diminta untuk tinggal di kampus selama tiga tahun pertama mereka, dan hidup bersama mahasiswa di Kampus Timur.

Duke University dibagi menjadi 10 sekolah dan perguruan tinggi, banyak yang melayani baik mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Program pascasarjana yang paling terkenal adalah Fuqua School of Business, Pratt School of Engineering, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Sanford School of Public Policy dan School of Nursing. Duke juga menawarkan program pascasarjana seperti Divinity School dan Nicholas School of the Environment. 
Alumni dari NC yang terkenal adalah Melinda Gates, co-pendiri Bill dan Melinda Gates Foundation, Pemain NBA Carlos Boozer, dan mantan anggota Kongres AS dan tiga kali calon presiden Ron Paul.


5. University of Chicago 


University of Chicago adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1890. Memiliki pendaftaran sarjana total 5.590, pengaturan adalah perkotaan, dan ukuran kampus adalah 215 hektar. Kampus ini menggunakan kalender akademik berbasis kuartal. 

The University of Chicago, yang terletak di Hyde Park komunitas Chicago, menawarkan kehidupan kampus yang kaya dalam pengaturan kota besar. The Chicago Maroon memiliki basket dan gulat program yang kuat. Di Chicago, mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di kampus, dan lebih dari 50 persen siswa memilih untuk tetap di kampus, sementara yang lain tinggal di apartemen di luar kampus dan rumah-rumah. 

The University of Chicago terdiri dari College dan sarjana dan sekolah profesional. Penawaran pascasarjana yang terkenal meliputi Booth School of Business, Law School, Pritzker School of Medicine, Sekolah Studi Kebijakan Publik Harris dan Departemen Geofisika Sciences, serta program pascasarjana peringkat teratas di bidang ekonomi, Divinity School . 


4. Stanford University (CA)



Stanford University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1885. Kampus ini memiliki total sarjana terdaftar sebanyak 7.063 orang. Kampus ini berada di pinggiran kota California Bay Area (sekitar 30 mil dari San Fransisco) dengan ukuran kampus sebesar 8.180 hektar. Kampus CA menggunakan kalender akademik berbasis kuartal. 

Stanford menawarkan berbagai organisasi mahasiswa, termasuk Pra-Bisnis Association Stanford dan Proyek Stanford Mobil Solar, yang merancang, membangun mobil surya setiap dua tahun. Stanford juga memiliki program yang sukses di tenis dan golf. Walaupun mahasiswanya diwajibkan untuk tinggal di kampus, tetapi mereka diberi perumahan untuk empat tahun, dan sebagian besar memilih untuk tetap di kampus. 

Empat dari tujuh sekolah di Stanford University menawarkan program sarjana dan pascasarjana, sedangkan tiga sisanya melayani sekolah murni pascasarjana. 

Program pascasarjana yang terkenal diantaranya School of Education, School of Engineering, Law School, School of Medicine dan peringkat atas Graduate School of Business. 


3. Columbia University (NY) 


Columbia University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1754. Memiliki sarjana terdaftar sebanyak 6.068 orang. Kampus ini berada di kawasan New York City dengan ukuran kampus sebesar 36 hektar. Kampus NY menggunakan kalender akademik berbasis semester. 

Columbia terdiri dari tiga sekolah-Columbia sarjana College, Yayasan Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan (LAUT) The Fu dan Sekolah Studi. Program pascasarjana Columbia yang paling popular adalah di bidang Bisnis, Teachers College, LAUT, Law School, College of Dokter dan Ahli Bedah, Sekolah Internasional dan Urusan Publik, School of the Arts dan Mailman School of Public Health. Universitas ini juga memiliki kampus yang cukup berkualitas seperti Kedokteran Gigi dan Graduate School of Journalism. 


2. Yale University (CT) 


Yale University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1701. Kampus ini memiliki sarjana terdaftar sebanyak 5.405 orang. Yale University berada di pusat perkotaan New Haven, Conn, dengan luas sekitar 342 hektar. Kampus Yale menggunakan kalender akademik berbasis semester.

Yale University dikenal dengan drama dan musik program yang sangat baik. Para mahasiswa ditugaskan untuk tinggal di salah satu dari 12 asrama kampus selama mereka berada di Yale. 

Yale terdiri dari College, Graduate School of Arts and Sciences dan 13 sekolah profesional. Termasuk di sekolah-sekolah profesional seperti Law School, School of Management, Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni dan School of Nursing. The School of Drama, Sekolah Kehutanan dan Lingkungan Studi dan Divinity School juga dianggap baik untuk program pascasarjana. 

Yale terkenal perkumpulan rahasia, yang paling terkenal di antaranya adalah Skull dan Bone Society, yang beranggotakan seperti George W. Bush dan John Kerry, dan Scroll dan Key Society. Beberapa alumni dari Yale seperti aktris Meryl Streep, wartawan Washington Post, Bob Woodward dan aktor Edward Norton.


1. Harvard University (MA) 


Harvard University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1636. Kampus ini memiliki total 6658 pendaftar sarjana. Lokasi kampus Harvard berada di Cambridge dengan luas kampus sekitar 5.076 hektar. Harvard menggunakan kalender akademik berbasis semester. 

Sistem perpustakaan Harvard sangat canggih. Perpustakaannya memiliki koleksi-koleksi tertua di Amerika Serikat dan koleksi pribadi terbesar di dunia. 

Selain College, Harvard terdiri dari 13 sekolah lain. Beberapa bidang yang paling terkenal adalah Sekolah Bisnis dan Medical School. Selain itu dan sangat peringkat Sarjana Pendidikan Sekolah, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan, Law School dan John F. Kennedy School of Pemerintah. 

Delapan presiden AS lulus dari Harvard College, termasuk Franklin Delano Roosevelt dan John F. Kennedy. Alumni terkenal lainnya termasuk Henry David Thoreau, Helen Keller, Yo-Yo Ma dan Tommy Lee Jones. Harvard juga memiliki dana terbesar untuk kategori sekolah di dunia.


Princeton University - The Best


Princeton University adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1746. Kampus terbaik di AS ini memiliki pendaftaran sarjana sebanyak 5336 mahasiswa.  Princeton, perguruan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat, terletak di kota tenang Princeton dengan luas kampus sekitar 600 hektar. 

Princeton mempunyai program pascasarjana yang sangat terkenal seperti Woodrow Wilson School of Public and International Affairs dan Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan. Salah satu aspek unik dari program akademik Princeton adalah bahwa semua mahasiswa diwajibkan untuk menulis tesis senior. Alumni yang terkenal dari kampus ini adalah Presiden AS Woodrow Wilson, Model / aktris Brooke Shields, dan First Lady Michelle Obama. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat


Berbicara tentang Amerika Serikat, kita berbicara tentang salah satu negara yang biaya hidupnya paling mahal di dunia. Sekarang ini, Amerika Serikat sering dianggap sebagai kiblat dari seluruh negara di dunia. Mulai dari kehidupan di sana, social budayanya, iklimnya, penduduknya, perekonomiannya, sampai kualitas pendidikannya. 

Nah, apakah kamu memiliki impian untuk bisa kuliah di Amerika Serikat? Jika kamu memiliki keinginan untuk tinggal dan belajar di Amerika Serikat, maka mau tidak mau Anda harus belajar mengenal tentang banyak hal. 

Mengenal lebih dekat budaya mereka, bukan berarti kita menjadi sama dengan mereka. Namun, hal ini dilakukan supaya kita mengetahui seperti apa sesungguhnya Amerika Serikat itu. Terutama tentang apa-apa saja perilaku American.  Mulai dari segi mental, bahasa, networking atau teman di Amerika, sampai urusan keuangan. Nah, yang terakhir ini adalah hal yang paling sering menghambat teman-teman kita di Indonesia untuk kuliah di Amerika Serikat. 

Biaya kuliah ditambah biaya hidup yang amat tinggi membuat impian kuliah ke luar negeri seakan jadi mimpi tak terjangkau. Satu cara paling masuk akal untuk mewujudkan keinginan ini adalah dengan berburu beasiswa.

Seperti di negara Indonesia, di Amerika Serikat juga ada banyak disediakan program beasiswa. Dan beasiswa tersebut tentu saja akan banyak sekali direbutkan oleh banyak orang, terutama di Indonesia. Nah, kalau secara umum, ada dua cara untuk mendapatkan dana belajar ke Amerika Serikat ini.

Pertama, beasiswa yang diberikan lembaga kerja sama Indonesia dan Amerika. Kedua, beasiswa yang diberikan universitas bersangkutan. 

Kita bahas dulu yang bagian pertama. 


Beasiswa atas kerjasama pemerintah Indonesia dan Amerika.

Di Indonesia, lembaga yang mengelola kerjasama ini bernama The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).  yang didirikan tahun 1992. AMINEF yang berdiri pada tahun 1992 inilah yang kemudian mengkoordinasi program beasiswa Fulbright, sebuah program beasiswa kuliah di Amerika Serikat yang paling terkenal di Indonesia. Melalui Fulbright tersebut, AMINEF memberikan sekitar 120 sampai 130 beasiswa setiap tahun untuk pelajar Indonesia. Baik itu beasiswa untuk kuliah  atau mengadakan riset di berbagai bidang ilmu. Untuk informasi lebih detail tentang AMINEF, kamu bisa membuka situs http://www.aminef.or.id/.

Jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa Fullbright ini, kamu bisa hidup di Amerika Serikat dengan tenang dan tidak perlu mengkhawatirkan biaya hidup disana. Gimana nggak tenang kalau semua biaya mulai dari tiket pesawat, biaya kuliah, uang saku, tempat tinggal, dan biaya hidup suadh ditanggung? Inilah caranya kuliah di Amerika Serikat dengan modal dengkul saja. 

Bahkan ya, untuk tes awal seperti tes TOEFL dan GRE sudah ditanggung oleh pemberi beasiswa. Enak banget kan? 

Namun, setelah menyelesaikan pendidikannya, penerima beasiswa Fulbright harus segera pulang ke Indonesia. Kamu tidak diizinkan untuk tinggal sementara di Amerika Serikat untuk bekerja misalnya, apalagi kalau sampai pindah kewarganegaraan.

Nah, karena kamu sudah tahu beasiswa Fullbright ini modal dengkul, maka bisa dipastikan pendaftarnya banyak sekali, mencapai ribuan. Jadi, kamu harus mempersiapkan dirimu sebaik-baiknya, dari jauh-jauh hari. Seperti misalnya nilai-nilai akademik di sekolah atau di kampus harus ditingkatkan lagi, skill berbahasa inggris juga ditingkatkan lagi,  termasuk pengalaman dalam mengikuti organisasi.


Beasiswa dari Universitas di Amerika Serikat itu sendiri. 

Harvard university
Berbeda dengan jenis pertama, pihak pemberi beasiswa adalah universitas. Nah, supaya kamu bisa mendapatkan beasiswa ini, kamu harus mendaftar langsung ke sekolah yang diminatinya, tanpa perlu perantara seperti AMINEF dan sebagainya.

Pihak Universitas biasanya akan memberikan beasiswa dalam beberapa jenis, seperti misalnya Felowships, Teaching Assistanships (TA), dan Research Assistanships (RA).

Research Assistanships dan Teaching Assistanships bisa dikatakan sebagai beasiswa untuk bekerja. Soalnya, sang penerima beasiswa TA dan RA akan bekerja di kampus selama kurang lebih 12-20 jam seminggu. Tenggang waktu bekerja ini tidak fix karena mengikuti permintaan dari profesor. 

Jika kamu menerima salah satu dari tiga jenis beasiswa ini, kamu akan mendapatkan uang saku bulanan dan biaya kuliah yang juga sudah dibayarkan universitas. Namun kadang-kadang tidak selalu demikian. Kamu bisa menanyakannya kepada universitas untuk jenis-jenis biaya yang ditanggung.

Untuk deskripsi kerjanya, bagi kamu yang menerima beasiswa Teaching Assistanships, kamu harus membantu dosen untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kuliah. Contoh misalnya, menyiapkan ruang kuliah atau ruang ujian, mengoreksi PR atau ujian mahasiswa S1, dan lain sebagainya. Nah, untuk hari liburnya biasanya antara bulan April sampai Agustus. Karena pada waktu tersebut, hanya sedikit kelas yang masih dibuka. 

Disaat-saat liburan itulah, para penerima beasiswa TA ini memanfaatkan waktu untuk menambah uang saku mereka dengan bekerja di sana. 

Terus, untuk kamu yang beruntung mendapatkan beasiswa Research Assistanships, kamu akan banyak  berhubungan dengan riset atau proyek yang dikerjakan oleh sang professor, dan kerjanya sudah pasti adalah membantu professor untuk mengerjakan proyek dan risetnya. Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh penerima beasiswa ini sangat fleksible, tidak seperti penerima beasiswa TA. Contoh misalnya jalan-jalan ke lapangan, kerja lab, analisis data, membuat laporan, pokoknya banyak hal. 

Nah, salah satu keunggulan dari beasiswa ini adalah, walaupun kita libur, kita tetap digaji dan diberi uang saku. Kenapa? Karena riset ini biasanya berjalan sepanjang tahun. Makanya, para penerima beasiswa RA sepertinya nggak perlu mencari penghasilan tambahan atau pekerjaan lain. 


Dan, selain liburan tetap digaji, satu lagi kelebihan RA, yaitu pengalaman dalam membantu professor ini bisa dimasukkan ke dalam CV kita sebagai pengalaman bekerja.

Dan yang terakhir adalah Fellowships. Beasiswa ini adalah yang paling santai dari dua beasiswa yang lain. Jika kamu beruntung mendapatkan Fellowship, kamu tidak diwajibkan bekerja sekian jam per minggu. Ini lebih kurangnya mirip dengan beasiswa yang biasa kita terima di Indonesia. Nggak melakukan apa-apa, asal kedaftar, dan sudah tanggalnya, keluar dan cairlah dana beasiswa itu.

Kelebihan lain dari penerima beasiswa dari universitas, peraturannya lebih fleksibel. Maksudnya, setelah kamu lulus dan selesai, jika kamu ingin bekerja dulu di Indonesia dan tidak buru-buru pulang ke Indonesia, itu sangat memungkinkan. Mau lanjut ke S3 juga bisa.

Nah, untuk 3 jenis beasiswa tadi, biasanya pelamar tidak memiliki banyak saingan seperti beasiswa Fullbright, karena langsung melamar ke universitas. Namun, semakin sedikit pesaing kita, justru malah semakin berat pesaing kita. Kenapa? Karena kita harus bersaing dengan mahasiswa lain di luar negeri. Coba bayangkan!
Bersiap-siaplah jika Kamu memang serius dengan 3 jenis beasiswa tadi. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Daftar 10 Universitas Terbaik di Inggris

Selain identik dengan keunikan pemerintahannya, Inggris pun terlihat sangat maju dalam sektor pendidikannya. Hal ini terlihat dalam berbagai riset perguruan tinggi kelas dunia, beberapa perguruan tinggi di Inggris mampu menembus angka 10 besar. 

Kredibilitas pendidikan di Inggris memang tidak perlu diragukan lagi. Ilmuwan –ilmuwan yang lahir dari perguruan tinggi yang besar disana sekiranya sudah menggambarkan sejauh mana kualitas pendidikan di Inggris. 

Pada ulasan kali ini, Berkuliah.com akan menjelaskan sedikit universitas – universitas terbaik yang ada di Inggris menurut QS World University Rankings® tahun 2014 :

1. University of Cambridge



University of Cambridge adalah pecahan dari University of Oxford. Konon, pada tahun 1209, beberapa sarjana kabur dari Oxford setelah bertengkar karena sebuah permasalahan dengan penduduk di sekitar Oxford. Perhimpunan sarjana yang kabur ke kota Cambridge tersebut akhirnya mendirikan University of Cambridge pada tahun 1209. 

Sama seperti Oxford, universitas of Cambridge pun juga mampu menjadi universitas yang bergengsi di Britania Raya, bahkan dunia. Ketatnya persaingan antara University of Oxford dan University of Cambridge, membuat masyarakat sering menjulukinya dengan Oxbridge. Kedua perguruan tinggi ini memang memiliki peraturan seleksi yang ketat, karena keduanya memang merupakan perguruan tinggi paling bergengsi di Britania Raya bahkan dunia. Dalam peringkat QS World University Rankings®, University of Cambridge menempati peringkat universitas terbaik pertama di Inggris dan terbaik ke -3 di dunia.


2. University College London (UCL)



Peringkat terbaik kedua dalam universitas terbaik di Inggris adalah University College London (UCL). University College London (UCL) adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di Bloomsbury, London, Inggris. Universitas ini merupakan perguruan tinggi terbesar dan tertua di London. Berawal pada tahun 1826, universitas ini dahulunya bernama Universitas London, didirikan sebagai lembaga pendidikan yang sekuler, untuk menerima mahasiswa secara bebas tanpa memandang agama ataupun gender. 

Universitas ini memiliki 10 fakultas, antara lain Faultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pemikiran, Fakultas Pemberdayaan Lingkungan, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Fisik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan  Fakultas Ilmu Kedokteran. Universitas ini juga merupakan universitas terbaik ke -4 di dunia. 


3. Imperial College London


Imperial College London adalah perguruan tinggi terbaik ke -3 di Inggris dan terbaik ke -5 di dunia. Imperial College London terletak di London, Inggris. Universitas ini memiliki fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Dengan latar belakang kedokterannya, Imperial College London juga mengoprasikan Lee Kong Chian School of Medicine di Singapura dan bermitra dengan Nanyang Technological University. Universitas ini selalu bertengger di peringkat atas tingkat dunia. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings, universitas ini menduduki peringkat terbaik ke -8 di dunia dan terbaik ke- 3 di Eropa.

4. University of Oxford


University of Oxford adalah perguruan tinggi tertua di Inggris. Letak perguruan tinggi ini tentu berada di kota Oxford, Inggris. Universitas ini telah berdiri sejak abad ke – 11, meskipun tanggal tepat berdirinya universitas ini tidak diketahui secara pasti. Terlepas dari hal tersebut, University of Oxford adalah universitas paling bergengsi di dunia, karena dalam Times Higher Education World University Rankings 2013, University of Oxford berhasil menempati posisi kedua setelah Hardvard University. University of Oxford telagh melahirkan berbagai alumni terkemuka, dengan 58 penerima hadiah Nobel. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Britania Raya, dengan 11 juta koleksi buku yang ada di dalamnya.


5. University of Edinburgh


Berdiri sejak tahun 1583, University of Edinburgh adalah universitas tertua keenam di dunia. Universitas ini pun menjadi universitas dengan bangunan antik di Skotlandia. Dalam peringkat dunia, universitas ini menduduki posisi ke -17. Universitas ini memiliki tiga jurusan besar yang masih dibagi kembali menjadi program studi yang banyak. Jurusan besar tersebut antara lain Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.


6. King’s College London


King’s College London yang lebih dikenal dengan sebutan KCL, adalah universitas riset publik yang terletak di London, Inggris. Universitas ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington tahun 1829. Kampus KCL berpusat di London, dan menjadi salah satu pusat pendidikan terbesar untuk sarjana dan pasca sarjana medis serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa. KCL menempati posisi ke -19 di dunia dank e -6 di Inggris. Sementara untuk tingkatan Eropa, KCL berhasil menduduki urutan ke -8.


7. University of Bristol


University of Bristol adalah sebuah universitas yang terletak di Bristol, Inggris. Berdiri sejak tahun 1876, University of Bristol memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Kesenian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. University of Bristol meraih peringkat ke -30 tingkat dunia dan peringkat terbaik ke -7 di Inggris.


8. The University of Manchester


The University of Manchester adalah sebuah universitas yang terletak di kota Manchester, Inggris. Universitas ini merupakan gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Universitas ini juga membawahi beberapa aset budaya besar di Inggris, antara lain Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory. 


9. University of Glasgow


University of Glasgow adalah universitas tertua keemapt di dunia yang berbahasa Inggris. Didirikan pada tahun 1451, University of Glasgow semakin mengepakkan sayapnya di dunia akademik. Kini, University of Glasgow telah meraih peringkat ke -51 di dunia dank e -9 di Inggris. Universitas ini memiliki empat departemen antara lain, departemen Seni, Departemen Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik, Departmen Ilmu Sosial, serta Departemen Kedokteran dan Kedokteran Hewan.


10. University of Birmingham


University of Birmingham adalah universitas dengan bangunannya yang unik, yang terlihat berupa bangunan bata merah. Universitas ini terletak di kota Birmingham, Inggris. Universitas ini memiliki beberapa departemen, antara lain Departemen Seni dan Hukum, Departemen Ilmu Fisika dan Teknik, Departemen Ilmu Lingkungan Hidup, Departemen Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Departemen Ilmu Pengetahuan Alam dan Seni Liberal, serta Departemen Ilmu Sosial.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di India

India memiliki kebudayaan yang sudah sangat tua dan besar. Mereka sudah menerapkan budaya tersebut sejak lama, bahkan sejak Indonesia sendiri belum mengenal kebudayaan. Oleh karena itu, kita harus melakukan apapun untuk bisa menghormati cara mereka hidup, dengan budaya dan kebiasaan mereka, maka sebaliknya, mereka juga akan menghargai kita.


Melihat beberapa hal yang berbeda diatas, marilah kita lihat sekilas tentang apa yang harus kita lakukan dan apa saja yang sebaiknya tidak kita lakukan :


Hal-hal yang harus dilakukan :

Perhatikan pola hidup dan tingkah laku masyarakat di sekitar Kamu, dan jadikan pola tersebut sebagai petunjuk untuk Kamu bertingkah laku.

Perhatikan tanda-tanda yang terpasang di depan kuil-kuil, atau tempat ibadah lainnya tentang berbagai himbuan seperti penggunaan sepatu dan baju terbuka.

Berbicara dengan bahasa Inggris yang jelas dan standar, tanpa menggunakan idiom-idiom ataupun expressions karena tidak semua orang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Layaknya kita hidup di Indonesia, menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Jika mengundang tamu orang India untuk makan bersama, perhatikan jenis makanan apa yang mereka makan. Karena tidak sedikit masyarakat yang hanya memakan sayuran (vegetarian).

Berani menawar barang lebih dari biasanya, karena terkadang orang asing diberikan harga lebih mahal sampai beberapa kali lipat.

Bersikaplah tegas masalah waktu apalagi dalam pengurusan hal yang berhubungan dengan administrasi dan birokrasi.

Menggunakan pakaian yang sopan seadanya.


Hal-hal yang tidak boleh dilakukan

Menggunakan tangan kiri untuk makan ataupun memberikan sesuatu yang penting.

Menganggap ritual keagamaan sebagai sebuah hiburan, walaupun kadang tarian-tarian dan nyanyian menjadi bagian dari ritual tersebut.

Menunjukkan rasa sukamu pada lawan jenis secara jelas di depan publik dan juga bermesraan di depan umum
.
Mengharapkan orang India untuk datang tepat waktu.

Hal-hal lain berkenaan dengan berkehidupan sosial dengan masyarakat dapat kita pahami sendiri ketika kita sudah berada di dalam komunitas tersebut. Asumsi-nya, masyarakat mereka adalah masyarakat yang plural, sehingga terkadang kita harus menyesuaikan diri dengan beberapa pola hidup masyarakat India, meskipun tinggal di satu tempat.

Sebagai tambahan gambaran, saya akan menulis tentang iklim di India dan apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi musim-musim yang ada.
India terletak pada kawasan negara yang empat jenis iklim, yaitu lembap tropika, kering tropika, lembap subtropika, dan pergunungan. Iklim di India dipengaruhi oleh pegunungan Himalaya dan Gurun Thar di kawasan perbatasan India dan Pakistan. Kedua kawasan ekstrim tersebut (dingin di Himalaya dan sangat panas di Gurun Thar) memicu dinamika monsoon.


Musim di India

Menurut The India Meteorological Department (IMD), India memiliki empat musim. Empat musim tersebut dibagi sebagai berikut:


Winter atau musim dingin. Musim dingin di India tiba mulai pada bulan Desember sampai dengan awal Maret. Waktu paling dingin di India adalah pada bulan Desember sampai dengan Januari, dengan suhu rata-rata sekitar 07-12 derajat Celsius di kawasan Barat Laut. Suhu semakin meningkat pada daerah yang semakin mendekati garis ekuator (semakin Selatan). Suhu tertinggi pada musim dingin adalah di kawasan India bagian Tenggara. Suhu di daerah Tenggara sekitar 20-25 derajat Celsius pada musim dingin.

Summer atau musim panas. Musim dingin di India dimulai setelah musim dingin berakhir, yaitu Maret sampai dengan Juni (untuk kawasan India bagian Barat Laut dimulai pada April dan berakhir pada bulan Juli). Kawasan terpanas saat musim panas di daerah Barat dan Selatan India adalah pada bulan April, sedangkan di Kawasan Utara India pada bulan Mei. Suhu rata-rata berkisar antara 32-40 derajat Celsius.

Monsoon atau musim hujan. Musim hujan dimulai pada bulan Juni sampai dengan September. Kawasan India Barat Daya akan menjadi begitu lembab. Hujan di daerah Utara akan mulai surut pada bulan Oktober sedangkan di Selatan akan lebih lama. Daerah selatan memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah Utara.

Post-Monsoon yaitu musim setelah musim hujan. Waktunya antara Oktober sampai dengan Desember. Di kawasan Barat Laut India, langit biasanya tanpa awan. Bagian negara lainnya mengalami kemarau.

Untuk kawasan negara Bagian yang dekat dengan pegunungan Himalaya, mereka mengalami tambahan dua musim, yaitu musim semi (spring) dan musim gugur (autumn).


Pakaian yang Sesuai

Melihat kepada keterangan tentang musim di India, kita dapat melihat kebutuhan pakaian kita masing-masing, tergantung kepada daerah mana yang ingin kita kunjungi.


Untuk kawasan Selatan seperti di Hyderabad, Bangalore, Kerala atau Chennai, iklim relatif sama dengan iklim di Indonesia. Musim dingin di daerah-daerah ini tidak terlalu terasa dingin layaknya di Utara. Ini karena posisi mereka yang dekat dengan garis ekuator. Saran untuk mahasiswa yang berniat kuliah di daerah tersebut tidak banyak. Sesuaikan saja pakaian yang selalu kita gunakan di Indonesia untuk hidup di daerah tersebut. Hanya mungkin Kamu akan membutuhkan beberapa pakaian untuk musim dingin. Walaupun tidak sedingin di kawasan Utara, udara di daerah Utara tanpa disadari juga bisa menjadi begitu dingin, atau jika suatu hari Kamu berada di Delhi atau Roorke pada musim dingin. 

Sedangkan daerah Utara, seperti Delhi, Roorkee, Punjab, musim dingin di kawasan tersebut sangat terasa dinginnya, sehingga disarankan untuk mempersiapkan pakaian dingin yang cukup. Selain pada waktu musim dingin, misal pada Summer, kembali kita hanya perlu menyesuaikan pakaian yang biasa kita gunakan.

Yang jelas, summer akan terasa sangat panas dan kering di semua daerah, baik di daerah Utara maupun Selatan. Summer bisa mencapai suhu lebih dari 40 derajat pada siang hari. Sedangkan winter, hanya daerah Utara saja yang akan merasakan perbedaan yang signifikan.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Ini Detail Biaya Kuliah di India

Universitas di India menawarkan program studi dari berbagai disiplin ilmu. Program studi yang paling berkembang dan diminati oleh masyarakat India sendiri adalah Engineering atau di Indonesia disebut jurusan Teknik. Kurikulum yang mereka tawarkan pun sudah dirancang agar cocok dengan kurikulum yang digunakan di universitas-universitas lainnya di dunia, untuk keperluan melanjutkan studi misalnya. Jurusan-jurusan lain juga sama, disesuaikan dengan kurikulum universitas-universitas lainnya (terutama di Inggris) oleh University Grants Commission dan All Indian Universities.


Program studi ditawarkan bagi semua tingkatan (dari Undergraduate sampai level Doctorate). Namun ada juga universitas, seperti Jawaharlal Nehru University atau University of Hyderabad (nama lainnya adalah Hyderabad Central University), yang hanya menyediakan program studi untuk Masters dan Doctorate. Mereka menginginkan unversitas yang terfokus pada riset, sehingga hanya membuka kursi untuk program Master dan setelahnya.


Biaya Studi

Biaya studi pada universitas-universitas diatas relatif murah. Akan tetapi cukup bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya. Misalkan kita melihat pada Jawaharlal Nehru University (JNU). Biaya kuliah di JNU dipatok rata dengan harga US$ 500 per tahun untuk semua program sosial dan US$ 750 untuk program sains, dari tingkat Masters sampai Ph.D (JNU juga membuka beberapa program studi Undergraduate untuk bahasa saja). Untuk Hyderabad Central University (HCU), biaya kuliah berkisar antara US$ 1000 sampai US$ 1800 per tahunnya. HCU lebih dikenal sebagai universitas yang spesifik ke bidang sains, sedangkan JNU untuk ilmu sosialnya.

Biaya kuliah di Delhi University adalah Rs. 7000 / tahun untuk program BA, dan Rs. 13000 untuk M.A. dan biaya masuknya adalah 200, 300 dan 500 US Dollar untuk S1, S2 dan S3. Ini bisa bervariasi untuk tiap jurusan dan fakultas. Berbeda lagi di Aligarh Muslim University yang biayanya jauh lebih murah, yaitu untuk program B.A. biayanya adalah 1000 USD untuk belajar selama 3 tahun (sampai selesai). Osmania Universitas menarik biaya sekitar 250-600 USD per tahun untuk program S1 dan S2 kecuali program engineering.

Biaya paling tinggi hanya di Anna University, Chennai. Hal ini dikarenakan mereka fokus pada bidang engineering. Anna University menjadi salah satu kampus favorit untuk jurusan-jurusan Technology dan Engineering. Biaya yang harus kita bayar berkisar antara US$ 6000 sampai dengan US$ 9000 per tahunnya untuk program Undergraduate sampai Ph.D., dan merupakan yang termahal diantara universitas-universitas lainnya yang tercantum dalam daftar. Sangat kontras dengan Banaras Hindu University yang biaya kuliahnya hanya sekitar Rs.1800 per tahunnya (sekitar Rp.400.000).

Namun pada dasarnya, biaya yang dikenakan kepada mahasiswa asing memang ditinggikan. Untuk mahasiswa India sendiri, tarif yang harus dibayarkan jauh dibawah tarif untuk mahasiswa internasional. Pemerintah memberikan subsidi kepada setiap universitas, yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam negeri dan agar pendidikan dapat dijangkau semua kalangan masyarakat. Jawaharlal Nehru hanya meminta sekitar Rs.300 per tahunnya kepada setiap mahasiswa India, atau sekitar Rp.60.000 per tahun. Biaya yang sangat murah, yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh Indonesia.


BUKU di INDIA


Buku sangat diperlukan untuk menunjang kuliah dan juga pengembangan diri kita. Untuk urusan kuliah, memang ada perpustakaan kampus untuk meminjam. Jadi kita tidak harus membeli buku sendiri. Namun terkadang meminjam tidak cukup untuk beberapa mahasiswa. Sebagian lebih memilih membeli buku sendiri, selain mungkin karena referensi yang mereka butuhkan tidak tersedia di perpustakaan, juga karena bagi sebagian orang membaca buku milik sendiri lebih menyenangkan. Mereka akan memilih membeli sendiri, tentu jika harga buku tersebut masih terjangkau kantong.

Untuk buku di India, penerbit-penerbit disana banyak melakukan kerjasama dengan penerbit ternama di Amerika dan Inggris seperti Oxford Press dan McGraw-Hill Companies, New York. Salah satu penerbit adalah perusahaan multinasional Tata Group. Tata Group bergerak tidak hanya pada produksi automobile dengan mobil termurah di dunia-nya, Tata Nano, tetapi juga bergerak di bidang pendidikan. Mereka menjalin kerjasama dengan McGraw-Hill sejak tahun 1970, dan memiliki tempat penerbitan sendiri di India. Dengan ini, harga buku dari McGraw-Hill akan menjadi lebih murah karena diproduksi secara lokal. Penerbit McGraw Hill di India dinamakan Tata McGraw-Hill.

Tidak hanya menjadikan buku tersebut murah untuk dijual di India, tetapi juga menjadi murah hanya untuk India. Umumnya, buku yang mereka, Tata McGraw-Hill, terbitkan adalah buku khusus berbasis kawasan, dalam arti, buku tersebut hanya bisa dijual di kawasan India (atau biasanya juga ditambah dengan Bhutan, Sri Lanka, Bangladesh dan Nepal). Ini akan sangat membantu mahasiswa ketika mereka harus membeli text book sendiri, jika mungkin perpustakaan kampus tidak menyediakan buku yang harus mereka baca untuk referensi kuliah. Untuk Oxford Press, umumnya yang menjalin kerjasama adalah universitas itu sendiri. Universitas di India mengadakan perjanjian dengan Oxford Press di Inggris, dan mendapatkan izin untuk mencetak ulang buku-buku Oxford Press di India, yang kemudian dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Dengan beberapa kerjasama diatas, dan juga banyak kerjasama lainnya, akan menjadi keuntungan bagi para mahasiswa yang kuliah di India. Mereka bisa mendapatkan buku-buku Inggris atau Amerika dengan harga India. Tentunya, isi juga tidak berbeda dengan cetakan McGraw Hill yang asli, karena telah diadakan kerjasama diantara keduanya.


 Toko Buku di India


Ada beberapa toko buku di India yang sering menjadi tempat para mahasiswa membeli buku, terutama buku-buku non-akademik, seperti novel dan buku-buku suplemen diluar kuliah. Toko-toko buku yang terkenal adalah Landmark, The Book Point, Crossword dan Odyssey. Toko-toko tersebut menjual berbagai jenis buku, dari buku-buku kuliah, novel, buku suplemen, dan lainnya. Empat toko buku ini cukup lengkap, dan bisa dijadikan tempat membeli referensi-referensi untuk suplemen dan buku-buku jenis lainnya.

Tetapi, untuk membeli buku-buku kuliah, mahasiswa jarang yang pergi ke Crossword atau Odyssey. Banyak terdapat toko-toko buku murah, seperti di Kwitang kalau di Jakarta atau di Jalan Cik Di Tiro di Jogjakarta, yang menjadi sasaran mahasiswa. Mereka menjual bukan hanya buku baru, tapi juga buku-buku secondhand yang kondisinya masih baik. Setiap kota di India rata-rata memiliki pusat-pusat penjualan buku seperti itu. Di Hyderabad misalnya, kawasan Kothi dan Abids Road. Penjual buku disana menyediakan buku-buku baru dengan harga miring, dan juga menjual buku bekas. Di Delhi bahkan terdapat pusat penjualan buku yang harganya luar biasa murah, yaitu di sepanjang jalan di kawasan Jama’ Masjid. Buku yang dijual disini rata-rata bekas tetapi dalam kondisi baik. Buku kuliah bekas ada yang harganya Rs. 25 per buku, atau sekitar Rp. 5.000.

Namun, penjual di Jama Masjid hanya buka pada hari Minggu, sepanjang hari. Jadi, ketika kita sedang longgar, bisa berkunjung ke Jama Masjid dan menghabiskan sepanjang hari mencari buku-buku berkualias disana, dan pastinya dengan harga miring. Di kota-kota lainnya juga terdapat tempat yang sama seperti M.G. Road di Bangalore dan Sudder Street di Kolkata.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Media-Media yang Ada di India

Berikut ini adalah beberapa media hiburan yang dapat Kamu simak ketika kuliah di India, chekidot!


RADIO

Radio terdengar seperti barang langka bagi anak muda jaman sekarang. Hal ini dikarenakan dengan berkembang pesatnya dunia informasi melalui internet dan televisi. Bagi sebagian orang, radio masih merupakan sarana hiburan dan informasi favorit. Siaran radio pertama kali dikumandangkan pada tahun 1927. Kemudian diambil alih oleh Pemerintah India dan diberi nama All India Radio pada tahun 1937. Pada tahun 1957 namanya diubah menjadi Akashvani. Sejak saat itu pertumbuhan stasiun radio di India benar-benar menjamur. Sekarang terdapat ratusan stasiun radio di seluruh India. Kebanyakan menggunakan bahasa daerah masing-masing. Akan tetapi terdapat juga sebagian yang menggunakan bahasa Inggris. Tanyakan kepada masyarakat lokal mengenai stasiun radio tersebut. Kamu dapat mendengarkan berita, motivasi dan lagu-lagu berbahasa Inggris. Jika Kamu menyukai lagu India, maka tersedia banyak pilihan, dari lagu lawas sampai yang terpopuler. 


SURAT KABAR, TELEVISI DAN FILM

Surat kabar adalah salah satu penghubung mahasiswa dengan dunia luar. Banyak peristiwa dan berita yang perlu diketahui agar tetap up-to-date dan juga menambah wawasan kita. Bagi penggemar berita, kalian boleh berbahagia karena fasilitas surat kabar dan majalah di India sangatlah beraneka ragam. Harganya pun murah meriah. Harga rata-rata surat kabar di India adalah Rs. 1,5/- sampai Rs. 6/-. Apalagi kalau mau berlanggangan, contohnya berlangganan surat kabar Deccan Chronicle 1 tahun biayanya hanya Rs. 550/- Apalagi tiap bulan kita masih bisa menjual surat kabar bekas tersebut ke tukang loak. Jadi media surat kabar benar-benar mudah dan murah untuk di akses di India. Dengan berlangganan surat kabar kita juga bisa mengetahui event-event yang akan dilaksanakan di kota tempat kita tinggal seperti pameran pendidikan, pertunjukan musik/teater, jadwal seminar-seminar, pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi. Iklan-iklan lokal yang berhubungan dengan keperluan kita sehari-hari seperti pencarian rumah, komputer, alat elektronik, dsb bisa kita dapatkan di surat kabar. Membaca surat kabar dan majalah juga membuat Kamu mempunyai bahan untuk dibicarakan bersama teman-teman Kamu di kampus.

Jika masih malas untuk berlangganan, kita bisa mengakses surat kabar elektronik di masing-masing website mereka secara gratis.

Surat Kabar Berbahasa Inggris di India




Televisi

Di India, televisi adalah sarana hiburan terbesar bagi masyarakatnya. Sampai saat ini terdapat ribuan stasiun televisi yang tersebar di seluruh provinsi di India. Selain karena jumlah penduduknya yang banyak, hal ini juga dilatarbelakangi oleh populernya film-film Bollywood dan juga opera sabun. Ada yang berpendapat kegemaran mereka menonton film dikarenakan agar dapat melupakan masalah kehidupan mereka sejenak. Aksi-aksi para jagoan di film itu membuat pikiran mereka melayang seakan merekalah jagoan di film tersebut. Akan tetapi perkembangan film India sudah menunjukkan taringnya, terbukti dengan banyaknya film India yang meraih penghargaan Internasional. Bahkan di Indonesia sendiri, film-film India sudah menjamur layaknya film lokal.

Di luar semua itu, TV bisa membuat kita aware dengan dunia luar. Pilihan siaran berbahasa Inggris yang banyak menjadikan kita lebih peka dalam mendengarkan Bahasa Inggris. Cara mendapatkan saluran TV di India sebenernya gratis atau sangat murah menggunakan TV Kabel. Akan tetapi TV kabel di India hanya menyiarkan siaran-siaran berbahasa lokal. Untuk mendapatkan saluran berbahasa Inggris kita harus berlangganan TV Satelit. Terdapat banyak pilihannya seperti Airtel digital TV, BIG TV, DD Direct+, Dish TV, Sun Direct DTH, Tata Sky, dan Videocon D2H.
Biaya berlangganan pun bermacam-macam  tergantung dari paket mana yang mau dipilih. Tersedia pilihan paket mulai dari Rs. 300/- sampai Rs. 1000/- per bulan. Syarat pemasangan juga tidak susah, cukup dengan identitas diri kita sudah bisa memasang TV Satelit.


Stasiun TV Berbahasa Inggris di India


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top