Kuliah di University of Wellington, New Zealand? Ini Nih, Cerita dari Ben Kristian!

Halo, sobat berkuliah.com semuanya! Kali ini, berkuliah.com akan kembali menyajikan hasil interview dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang menjalani studinya di New Zealand. Siapakah dia, dan apa saja pengalaman menariknya selama kuliah di sana? Yuk, simak baik-baik ulasan berikut ini, ya! 



Halo, salam kenal. Sebelumnya, bisa perkenalkan diri kamu? Baik dari nama, asal kota, tentang kampus dan jurusan yang diambil, dan saat ini tinggal di mana?

Hai, perkenalkan nama saya Ben Kristian Citto Laksana. Saya berasal dari Bogor, Jawa Barat. Untuk S2 saya, saya kuliah di Victoria University of Wellington, mengambil jurusan Education Policy and Implementation dan focus di bidang Sociology of Education. Saya sudah lulus pada bulan April tahun 2014 kemarin. Saat ini saya sudah berada di Bogor.


Apa yang Ben pikirkan tentang New Zealand sebelum datang kesana, dan apa alasan yang memotivasi kamu untuk datang ke New Zealand?

Jujur pikiran saya mengenai New Zealand (NZ) sebelum saya kesana adalah membayangkan NZ seperti dalam film the Lord of the Rings, di mana negaranya masih sangat hijau dan dipenuhi oleh pegunungan es. 

Yang memotivasi saya untuk ke NZ adalah karena saya ingin mengeksplorasi negara lain selain negara-negara standar yang sering dikunjungi orang Indonesia, dan negara-negara standar yang sering dijadikan tujuan pendidikan lanjut seperti negara-negara di Eropa, AS, Australia, Singapore, Jepang dll. 

Saya riset sedikit mengenai pendidikan NZ, dan ternyata tidak kalah dengan kualitas pendidikan negara lain. Hanya saja mungkin NZ kurang "bergengsi" ketimbang negara-negara lain karena letaknya yang cukup jauh di selatan.


Saat kuliah di NZ, apakah Ben kuliah menggunakan beasiswa atau biaya pribadi? Jika beasiswa, apa namanya dan bagaimana cara applynya sesuai dengan pengalaman kamu?

Untuk biaya, saya kebetulan menerima beasiswa full dari NZ-ASEAN Scholarship.

Beasiswanya setiap tahun dibuka pada sekitar bulan Februari-April dan hanya menyediakan sekitar 50 slot untuk penerima beasiswa. Untuk informasi lebih lanjut mungkin dapat dilihat di: http://www.aid.govt.nz/funding-and-contracts/scholarships/eligible-countries/indonesia.

Pengalaman saya apply beasiswa cukup mudah, hanya mengisi formulir mengenai diri berikut jurusan yang ingin diambil, menulis 2 buah essay mengenai: pilihan jurusan dan mengapa ingin sekolah di NZ, dan memberikan hasil TOEFL saya (min 550 untuk TOEFL atau 6,5 untuk IELTS). 

Kemudian, jika essay dan IELTS dianggap memadai akan dipanggil untuk dilakukan wawancara. Wawancara akan ditanyakan secara mendetail apa yang saya ingin lakukan ketika sudah lulus nanti, apa yang saya harapkan kuliah NZ dan beragam pertanyaan lainnya yang mungkin juga berhubungan dengan essay yang kita tulis.

Setelah wawancara, jika lolos, sekitar bulan November atau December akan diumumkan penerima beasiswanya.

Sekedar informasi, biaya hidup di NZ cukup mahal walaupun mungkin tidak semahal Eropa, 1$ NZ sekitar Rp.9.600 - Rp.10.000. Sekali makan sekitar $9-15, dan untuk kos biayanya sekitar $ 150-200 / minggu. 


Apa kelebihan dari kampus dan jurusan yang saat ini Ben tekuni? Dan mungkin bisa disebutkan 5 jurusan paling favorit di kampus kamu?

Kelebihan dari kampus saya adalah lokasinya yang ada di ibu kota NZ. Dengan itu, saya dapat dengan mudah mengakses informasi dan data yang saya butuhkan secara langsung, karena kantor pemerintahan dan sebagian besar kantor LSM internasional seperti: UNESCO, UNICEF, OXFAM dll ada di Wellington. 

Selain itu, universitas saya, layaknya universitas di negara maju, memiliki fasilitas yang sangat memadai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Termasuk perpustakaan yang sangat lengkap dan memiliki akses ke berbagai jurnal internasional.

Untuk jurusan saya, kelebihannya adalah fleksibilitas yang diberikan oleh jurusan saya dalam hal apa yang ingin kita jadikan bahan penelitian. Walaupun saya berada di bawah jurusan kebijakan pendidikan, saya dapat meniliti mengenai sosiologi agama, toleransi dan hubungannya dengan pendidikan di negara kita. Jadi, tidak hanya terpaut di perihal sekolah, guru atau pandangan umum lainnya mengenai pendidikan.

Jurusan favorit di kampus saya, adalah: jurusan Education Policy and Implementation, jurusan Religious Studies, jurusan Social and Cultural Studies, jurusan Philosophy, dan terakhir jurusan Political Science.


Bagaimana karakter masyarakat New Zealand terhadap mahasiswa asing?

Masyarakat NZ sangat amat terbuka dengan mahasiswa asing dan masalah SARA di NZ, sangat diambil serius oleh masyarakat di sini.



Bagaimana keseharian mahasiswa Indonesia di New Zealand selain berkuliah?

Kegiatan keseharian mahasiswa Indonesia, kadang kita melakukan kegiatan kumpul bersama untuk istirahat sejenak dari kegiatan perkuliahan, tapi kita juga sering bergaul dengan masyarakat lokal. Kalau saya pribadi yang sering ke coffee shops di Wellington dan menikmati kopi yang sangat enak di sini.


Bagaimana akses trasportasi di New Zealand? Dan di mana saja tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi mahasiswa Indonesia agar bertambah wawasannya?

Akses transportasi sangat mudah. Untuk kota Wellington, kita dapat naik bus atau bahkan jalan kaki karena akses sangat mudah kemana-mana. Sebagai mahasiswa, kita juga dapat diskon untuk tiket bus kotanya. Tempat-tempat yang wajib dikunjungi mahasiswa Wellington untuk memperluas wawasan ada City Gallery Wellington, kemudian NZ National Museum Te Papa, kemudian ada juga NZ National Library. 

Untuk NZ secara keseluruhan, ada baiknya mahasiswa mengunjungi pulau selatan agar dapat menikmati alam yang masih sangat bersih dan dijaga dengan baik oleh pemerintah NZ.


Bagaimana kegiatan PPI di New Zealand? Apa saja event yang paling sering adakan dan dimanakah letak sekretariatnya?

Kebetulan saya ketua PPI Wellington masa jabat 2013-2014 dan presiden PPI NZ masa jabat 2013-2014. 

Untuk kegiatan yang sering kami lakukan adalah diskusi bersama mengenai berbagai permasalahan dengan setiap bulan tema diskusi berubah. Kemudian kita juga ada kegiatan berekreasi bersama, bermain bola (atau olahraga lainnya) bersama, kegiatan seni dan budaya yang kita adakan untuk masyarakat Wellington. Letak sekretariatnya ada di Kedutaan Besar Indonesia.


Apa saja syarat untuk masuk menjadi anggota PPI New Zealand?

Syarat menjadi anggota PPI mudah, yaitu tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Wellington / NZ.


Apakah mahasiswa Indonesia yang ada di New Zealand bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu di New Zealand? jika iya, apa saja jenis pekerjaan tersebut?

Ada sangat banyak mahasiswa yang mendapatkan kerja paruh waktu sembari kuliah di NZ. Ada beragam pekerjaan yang dapat dilakukan, seperti: menjadi kasir di supermarket, asisten dosen di universitas, pekerjaan administrasi di universitas, bekerja di supermarket, atau bahkan jika sedang musim dapat bekerja sebagai pemetik buah kiwi atau cherry di salah satu perkebunan dekat dengan Wellington.


Selama di New Zealand, apakah Ben pernah menemui dan mendapati masalah yang lumayan mengganjal? Baik itu Ben atau teman Indonesia yang lain? Jika iya, bagaimana cara mengatasinya dan dimanakah harus menyelesaikan masalahnya?

Selama saya di NZ dari tahun 2012-2014 tidak pernah menghadapi masalah yang cukup mengganjal. Masyarakat NZ sangat santai dan tidak ribet, jadi tidak membesar-besarkan masalah jika ada. Dan mereka sangat suka membantu (berdasarkan pengalaman saya), jadi jika saya dihadapi dengan masalah akan segera terselesaikan sebelum menjadi masalah yang besar.


Adakah tips-tips yang ingin Ben sampaikan kepada teman-teman di Indonesia yang akan melanjutkan kuliah di New Zealand? Motivasi dan persiapan apa saja yang benar-benar harus dilakukan?

NZ secara keseluruhan tidak terlalu ramai seperti negara-negara maju lainnya. Mungkin satu-satunya kota yang cukup ramai adalah kota terbesar NZ yaitu Auckland. Jadi mungkin yang sudah terbiasa dengan hingar-bingar kota Jakarta dan menyukainya akan agak sulit beradaptasi di kota-kota lainnya seperti Wellington. Walaupun ibu kota, Wellington hanya memiliki sekitar 400 ribu penduduk. 

Namun, jika kamu tipe orang yang suka ketenangan seperti saya, saya sangat menganjurkan untuk melihat NZ sebagai salah satu opsi melanjutkan pendidikan kamu. Mengenai persiapan, jika kamu ingin tinggal di Wellington atau kota-kota di selatan Wellington, persiapkan diri menghadapi musim dingin yang sangat dingin! Dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan mental, karena sekolah di negara maju sangat amat jauh lebih sulit ketimbang sekolah di Indonesia.



Nah, demikian uraian tentang cerita pengalaman berkuliah dari Ben Kristian Citto Laksana di negara New Zealand. Semoga bisa menginspirasi dan bisa menambah informasi buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri, khususnya di New Zealand, ya! 

Salam berkuliah.com! 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



MAHASISWA: 9 Tempat yang Asyik Buat Nongkrong dan Selfie di Kampus

Nongkrong dan Selfie, dua kata yang gak lepas dari anak muda zaman sekarang. Dimanapun dan kapanpun, asal ada tempat yang asyik dan bagus buat selfie, pasti langsung nongkrong di tempat tersebut. Kalau udah nongkrong topik obrolannya beragam, mulai dari diskusi tugas kuliah sampai pada tingkat gosip. Banyak mahasiswa tidak begitu saja pulang setelah kuliah di kelas selesai, beberapa di antaranya menyempatkan waktu bergaul dengan teman-teman sekampus, bisa hanya sekedar curhat ataupun melepas penat sehabis kuliah.

Image Credit
Moment nongkrong dan selfie gak hanya dilakukan di tempat elit seperti di mall-mall. Di Kampus pun bisa dijadikan tempat nongkrong dan selfie. Adanya fasilitas kampus dan didukung teknologi gaddget, mendukung untuk melakukan selfie. Indonesia memang terkenal akan anak mudanya yang suka nongkrong.

Bahkan, Barley dalam opininya di The Jakarta Post, menyebutkan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara nongkrong di Amerika dengan nongkrong di Indonesia. 

Di Amerika, yang sangat mengagungkan pribahasa ‘TIME IS MONEY’, membuat orang Amerika bertemu di restoran dan coffe shop hanya untuk hal-hal yang penting seperti bisnis. Masyarakat di sana tidak suka berkumpul dalam jumlah yang banyak, sehingga tipikal coffe shop di Amerika sana lebih sunyi dibandingkan warung kopi yang ada di Indonesia. Sangat kontras dengan kondisi di Indonesia, di mana nongkrong hanyalah sebuah kegiatan-kegiatan membicarakan sesuatu yang bersifat nggak penting. Bagi anak muda, yang terpenting dalam nongkrong adalah teman-teman yang memiliki hobi yang sama, selebihnya tidak ada yang bermanfaat secara spesifik.

Lalu, tempat apa saja yang asyik dijadikan sebagai tempat nongkrong dan selfie di kampus? Yuk, simak beberapa tempat yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong berikut ini!


Kelas

Selain sebagai ruang belajar, kelas juga berfungsi sebagai tempat nongkrong. Banyak mahasiswa yang begitu selesai perkuliahan nggak langsung pulang, melainkan masih betah aja di dalam kelas, alasannya males mau pulang! Apalagi begitu selesai perkuliahan, bisa dilihat fenomena saling pasang posisi masing-masing untuk mengobrol.

Kelas yang pada awal perkuliahan kesannya serem banget karena dosen yang killer, kini seusai aktivitas perkuliahan mendadak berubah menjadi  kelas yang rame, serasa pasar burung pindah ke kelas, semua pada berkicau. Selain itu, kelas juga bisa dijadikan tempat darurat untuk ngadain rapat, jika sudah mepet waktu dan sekret dikunci, kelas bisa jadi alasan buat melakukan rapat di sana.

Kelas bisa juga dijadikan ajang narsis, bangku-bangku kuliah yang pada awalnya tertata rapi, semenjak pulang kuliah, langsung berubah menjadi tak beraturan. Maka, jangan heran kalau si OB (Office Boy) langsung pasang muka garang. Hiiiiiiii…Belum lagi sampah yang berserakan di mana-mana. Poin yang terpenting, mengapa kelas asyik dibuat tempat nongkrong? Karena full AC gratis, hahaha kamu bisa ngadem di sini selama apapun itu. Kecuali bila ada satpam yang udah ngasih peringatan sudah waktunya untuk pulang! Kabuuuurr...


Taman kampus

Beruntunglah bagi mahasiswa yang memiliki kampus yang luas. Selain sejuk, kampus yang luas tentu memiliki taman kampus. Biasanya mahasiswa hobi banget nongkrong di taman kampus ini, terutama di bawah pohon. Taman kampus merupakan tempat yang efektif sebagai tempat alternatif untuk nongkrong ataupun selfie bersama teman. Keuntungan lain yang bisa kamu dapeatkan dari  taman kampus ini adalah satu-satunya tempat yang bisa merefresh pikiran kamu. Angin sepoi-sepoi yang semilir membuat kamu dan teman-teman pasti betah untuk nongkrong di taman kampus. 

Taman kampus yang terawat dan rindang kini sedang digalakkan di berbagai kampus. Suasana yang indah bisa dijaadikan tempat narsis bersama teman-teman. Gak jarang juga terkadang taman kampus ini sering dijadikan ajang hunting foto loh, sobat.


Radio kampus

Bagi kampus yang memiliki radio komunitas, tempat ini bisa dijadikan tempat nongkrong dan selfie. Radio kampus bisa memberikan kamu ruang lebih, tak hanya untuk nongkrong bisa juga untuk selfie, kamu juga bisa berfoto sepuasnya ala announcer di sini meski sekedar berfoto, bukan announce sebenarnya. Hehehe…

Radio kampus bisa menjadikan kamu lebih mengembangkan bakat kamu lebih dalam. Kamu bisa mengambil ilmu di dalam dunia penyiaran. Keren kan, sobat? Selain itu, radio kampus juga bisa manfaatkan untuk mengasah kemampuan dalam mengembangkan potensimu.  Selain itu, adanya wifi gratis juga bisa bikin betah di radio kampus. Kamu bisa bebas ngapain aja di sini.

Siapa coba yang gak betah di radio kampus ?

Nongkrong di radio kampus memberikan kamu banyak keuntungan. Selain menikmati wifi gratis, kamu bisa belajar jadi announcer (penyiar). Udah AC super dingin, bisa belajar announcer, full music, bisa selfie ala announcer lagi. Tak salah jika radio kampus asyik buat dijaikan tempat nongkrong. Masih ragu nongkrong dan selfie di rado kampus? Yuk, jangan ragu lagi segera realisaasikan keinginan kamu tersebut!!!


Kantin

Sejak zaman sekolah hingga kuliah, kantin merupakan tempat favorit buat nongkrong. Ada yang kurang pas rasanya kalo ke kantin hanya untuk sekedar makan. Kini, kantin-kantin di berbagai kampus sudah dipermak sedemikian rupa agar terasa lebih nyaman tentunya.

Kantin, sebagai tempat favorit buat tempat nongkrong kampus juga bisa dijadikan sebagai tempat cari teman. Tempatnya yang strategis dan semua orang dari berbagai fakultas bisa kita temukan di tempat tersebut. Bahkan, ada yang menjadikannya kantin sebagai ajang cari jodoh. Weleh…

Tak jarang beberapa mahasiswa menjadikan kantin sebagai tempat selfie juga. Mereka nggak segan-segan meski hanya mampang di kantin kampus. Saking asiknya, selfie di kantin sampai lupa dengan kuliahnya. hahaha..


Perpustakaan

Siapa bilang perpustakaan itu tempat yang membosankan? Coba pikir lagi! Apalagi sekarang perpustakaan sudah menjadi perpustakaan yang serba digital. Mencari buku, tak perlu pasang mata tajam cukup serching di sistem pencarian digital langsung terdeteksi apakah buku tersebut ada atau tidak. Di perpustakaan, kamu bisa mengambil pengetahuan secara cuma-cuma. Perpustakaan kini sudah gak sekuno dahulu. Buku-buku ter update yang tampilannya menarik kini menghiasi rak-rak perpustakaan. Gak hanya buku, perpustakaan modern sekarang telah melengkapi koleksinya dengan komik, film dan musik. Asyik, kan?

Bisa dibilang perpustakaan ini merupakan tempat nongrong yang paling elit! Mengapa begitu? Karena perpustakaan merupakan tempat nongkrong para intelektual. Ciee.

Tapi bener loh, perhatiin deh temen-temen yang pada nongkrong di perpustakaan. Petugas perpustakaan pasti hafal dengan wajah-wajah yang sering nangkring di perpustakaan. Pada awalnya perpustakaan memang menjadi tujuan buat membaca. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, perpustakaan dengan segala dekorasi yang indah, berubah menjadi ajang buat selfie. Ada sebagian mahasiswa yang menjadikan perpustakaan untuk ajang selfie. Begitu, ada kesempatan mereka selfie dengan sok membaca buku, padahal untuk sekedar pasang foto di instagram. Hehehe...


Lab. Fotografi

Kalau tempat yang satu ini merupakan tempat selfie anak komunikasi, jika ada waktu senggang, mereka memanfaatkan kamera dan studio yang lagi nganggur buat foto narsis bareng. Laboratorium fotografi bisa kamu jadikan ajang berfotobak model terkenal. Tanpa harus bersusah payah mengunjungi studio foto, kamu udah bisa berpose sesuai dengan keinginan kamu.

Namun, nongkrong dan selfie di laboratoirum fotografi tentu memiliki berbagai resiko. Kamera yang digunakan tidak serta bisa kamu gunakan sepuasnya perlu ijin terlebih dahulu  dari pengurus laboratorium terkait untuk menggunakannya. Jika sudah berhasil mendapat ijin, baru deh kamu bisa menggunakan fasilitas di laboratorium fotografi untuk mengambil gambar di dalam studio fotografi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menggunakan semua fasilitas dengna penuh perhatiaan.

Oh ya, satu lagi yang bisa kamu ambil dari nongkrong di laboratorium fotografi, yakni kamu bisa mendapatkan ilmu fotografi dengan mudah tanpa harus belajar di kelas. Belajar otodidak istilahnya. Kamu akan merasa betah di dalam laboratorium fotografi, tempatnya adem (karena full AC) dan bisa berekspresi  sebebas mungkin. 


Koridor kampus

Percaya atau tidak, koridor kampus merupakan tempat yang nyaman untuk nongkrong loh. Kamu bisa asik bercengkrama di koridor ini, baik dengan duduk di lantai ataupun berdiri. Apa duduk di lantai? itulah seninya. Nongkrong di koridor kamu memiliki seni tersendiri karena nongkrong di lantai, hahaha…

Selain itu, di koridor kampus kita bisa asik bercengkrama dengan teman lainnya tanpa perlu ja’im (jaga image). Apalagi jika koridor dilengkapi dengan tempat duduk. Wah, dijamin pada banyak yang nongkrong. Kamu bisa merasakan sensasi asik nongkrong di koridor kampus karena selalu dinasehati oleh satpam kampus.

Tak hanya itu, koridor kampus mendadak berubah menjadi tempat yang ramai akibat ulah sebagian mahasiswa. Banyak yang lewat, terutama kadang gebetan yang lewat. Kalau udah gebetan yang lewat, biasanya suasana jadi hening dan suka sok-sok sibuk supaya diliat sama dia. Eh, giliran udah sok sibuk dan sok ribut, paling ngenes kalau ternyata ditegur dosen yang lagi ngajar di ruang sebelah karena keganggu. 

Nampang paling enak emang di koridor. Nah, ini nih pilihan tempat nongrong saat menunggu jam kuliah berikutnya atau menunggu dosen mata kuliahnya menunjukkan batang hidungnya. Saat nongkrong di koridor ini, biasanya arah pembicaraannya menjadi tidak jelas. Jangan-jangan pernah berharap dari beberapa orang di sana akan fokus pada satu pembicaraan. Masing-masing punya bahan pembicaraan sendiri untuk dibicarakan. Belum satu topik selesai, udah pindah ke topik yang lain. Bisa dimaklumi jika suasan koridor kampus ramai dengan pembicaraan yang beraneka ragam.

Selain itu, beberapa kelakuan-kelakuan aneh dari teman-teman yang jahil, lucu, culun, dan lainnya semakin terlihat ketika nongkrong di koridor kampus. Bercanda, tertawa, bosan karena dosennya tidak muncul-muncul ada semua di lokasi nongrong koridor ruang kuliah.

Bahkan, ada beberapa yang juga selfie di sepanjang koridor yang menimbulkan sensasi tersendiri. Saat asyik selfie, lalu tiba-tiba ada dosen yang lewat, tentu akan menimbulkan kesan tersendiri. Yaitu...malu!


Sekretariat Himpunan/BEM/UKM

Tentu sudah gak asing lagi dengan jargon ini, "Sekretku adalah rumahku"

Punya sekret tersendiri, itu bagai mendapat surga bagi mahasiswa. Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi tersebut sekret merupakan tempat terindah sesudah kost tentunya. Di sekret selain kita bisa rapat, di sana kita bisa nongkrong dan selfi juga. Bisa dibayangkan asyiknya sekret sebagai tempat ngumpul.

Sekret yang ada dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi tempat yang nyaman untuk dijadikan sebagai tempat istirahat. Karena begitu nyamannya tempat ini, sehingga disamakan dengan rumah. Bagi yang sudah punya sekret sendiri, tempat pilihan yang paling menyenangkan adalah berkumpul, menghabiskan waktu, berbagi, belajar adalah secretariat unit. Kenapa? Karena di sini adalah tempat di mana kita diterima menjadi bagian suatu kelompok yang memiliki kesamaan tujuan atau hobi dengan kita. 

Mahasiswa yang kreatif bahkan merubah sekretnya sekreatif mungkin dengan tata lokasi yang indah. Bahkan mereka juga hobi untuk ber-selfie ria di sekret masing-masing. Jadi, jangan heran jika di berbagai media sosial banyak kamu temui teman-teman kamu yang hobi berorganisasi mengupload foto selfie mereka di dalam sekret. Karena bagi mereka sekret adalah bagian dari rumah.

Sekret di berbagai kampus tak jarang dijadikan sebagai rumah kedua bagi sebagian mahasiswa. Mengapa? Karena di sana tersedia berbagai macam peralatan yang mendukung berbagai macam kebutuhan, seperti tersedianya TV, ada juga peralatan dapur yang memudahkan kita untuk lebih betah di dalam sekret. Jangan kaget jika sekret di berbagai kampus mendadak berubah menjadi hunian yang tersedia berbagai fasilitas. Karena sekret memang tempat yang asyik untuk nongkrong bersama teman dalam satu organisasi.


Tempat parkir kampus

Nah, yang terakhir nih nongkrong itu gak harus di tempat yang ada bangkunya. Banyak mahasiswa yang nongkrongnya di parkiran. Biasanya anak-anak teknik yang terkenal gaul yang biasa melakuakan rutinitas ini. Datang pagi-pagi ke kampus sambil nunggu dosen, stay aja di parkiran.

Kawasan yang tadinya hanya sekedar sebagai parkir kendaraan kini berubah menjadi tongkrongan mahasiswa. Kebanyakan yang nongkrong yang kawasan parkir ini mayoritas cowok yang suka akan kebebasan dengan berada di tempat yang bisa mengekspresikan mereka dengan sebebas-bebasnya. 

Orang yang asyik itu adalah orang yang ngobrol dan kenal dengan siapa saja. Bukan hanya kalangan akademik. Mulai satpam, tukang cimol hingga tukang parkir pun bisa akrab dengan kita.  Bagi sebagian orang kenal dengan berbagai kalangan memberikan keuntungan lebih. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa berdiri sendiri tanpa orang lain yang membantu. Dengan kenal berbagai kalangan, kita bisa meminta bantuan kepada siapapun.

Gak tanggung-tanggung, beberapa mahasiswa dengan rasa percaya dirinya bahkan dengan bangganya selfie di parkiran kampus. Yah, meskipun sebagaian besar yang ber-selfie di sini adalah kaum cowok. Memang gak ada yang salah jika nongkrong di parkiran sudah merupakan bagian dari hobi. Selain itu, nongkrong di parkiran juga bisa memberikan nilai lebih, mengapa? Karena dengan kita akrab dan kenal dengan tukang parkir, biasanya pak parkir akan memberikan parkir gratis. Kan asyik tuh, bisa parkir gratis. Lumayan, buat hemat uang jajan, hehe.


Nah, itulah beberapa tempat di kampus yang asyik buat dijadikan tempat nongkrong dan selfie. Kampus bukan hanya dijadikan sebagai ajang tempat kita belajar, loh! Kampus juga asyik dijadikan sebagai tempat nongkrong dan selfie. Perlu bukti? Praktekkan dan datangi saja tempat-tempat yang sudah disebutkan ini! Semoga bermanfaat. 

Salam berkuliah.com!

Oleh: Andreanyta Erni

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Kehidupan Mahasiswa: Ini 10 Cara Hidup Simpel Selama di Asrama & Kampus

Sebagai mahasiswa, penting loh bagi kamu untuk mengenal ‘life hacks’. Mungkin sebagian besar dari kamu belum terbiasa menggunakan istilah ini. Pada dasarnya,arti dari ‘life hacks’ sendiri adalah jalan pintas atau cara mudah untuk melakukan sesuatu di kehidupan kita. Lalu, apa pentingnya untuk mahasiswa?

Image Credit
Sebagian besar mahasiswa dan keluarganya akan mulai mempersiapkan untuk kuliah di jauh-jauh hari. Tetapi, untuk kehidupan secara nyata di kampus, kamu tidak bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Kamu harus mengalaminya sendiri. Kamu harus menghadapinya sendiri barulah kamu bisa mengerti. Karena kehidupan di kampus tidak akan bisa kamu bayangkan apalagi kamu rencanakan. Nah, untuk menjalani kehidupan kampus yang sulit ditebak ini, kamu butuh life hacks atau tips-tips sederhana yang bisa kamu terapkan selama menjadi mahasiswa. 

Apa saja life hacks yang bisa diterapkan sebagai mahasiswa selama di asrama dan kampus? Berkuliah.com kali ini memiliki 10 tips yang perlu kamu pertimbangkan agar kehidupanmu di asrama dan kampus menjadi lebih menyenangkan dan ringan tentunya:


Jadikan koneksi media sosial sebagai kepentinganmu

Media sosial sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru loh! Bukan hanya setelah kegiatan perkuliahan di kampus dimulai. Bahkan, sebelum kegiatan kampus dimulai pun, kamu sudah mulai bisa memanfaatkan media sosial untuk berkenalan dengan teman-temanmu. Lewat media sosial, kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa berkenalan dengan teman-teman yang satu kampus denganmu. Lewat media sosial pula, kamu bisa lebih mengenal teman sekamarmu di asrama nanti, bahkan sebelum kamu bertemu langsung dengannya.

Penting juga untukmu menggunakan media sosial sebagai media berbagi saran, tips, dan informasi mengenai kampus. Tidak diragukan lagi, media sosial telah memberi banyak manfaat bagimu. Terakhir, media sosial akan memberi kamu kesempatan untuk membuka koneksi seluas mungkin sehingga kamu tidak akan merasa sendirian nanti ketika perkuliahan dimulai.


Mengunjungi profesor selama jam kerja

Memulai kelas di perguruan tinggi akan menjadi bagian yang menyenangkan. Untuk pertama kalinya kamu bisa merasakan bagaimana bedanya belajar di perguruan tinggi dengan belajar di sekolah menengah atas. Ketika kamu memulai kelas, kamu akan mendapatkan silabus dan agenda yang memuat jam kantor masing-masing profesor. Luangkanlah sedikit dari waktumu untuk bertemu dengan profesor. Dengan menemui profesor, kamu bisa menjadi lebih dekat dengannya sekaligus bisa menanyakan hal-hal penting yang berhubungan dengan kuliah. Contohnya, kamu bisa bertanya mengenai materi kuliah yang tidak kamu pahami, kamu bisa meminta saran sumber bacaan apa yang tepat sekaligus relevan untuk kamu baca. Tenang saja, profesor tidak akan bersikap tertutup kalau kamu berani bertanya padanya. Justru beliau akan senang karena kamu sudah merelakan diri untuk aktif bertanya.


Meminta bantuan proyek penelitian

Setelah memasuki dunia kuliah, kamu akan dihadapkan pada berbagai jenis pilihan untuk membantumu maju dalam bidangmu dan sekaligus menaikkan resume kamu yang nanti akan bermanfaat ketika kamu lulus lalu bekerja pada proyek-proyek penelitian. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta tolong kepada professor untuk mengikutsertakanmu dalam sebuah proyek penelitian. Katakan pada beliau bahwa kamu bersedia membantu penelitian dan akan melaksanakan tugas sebaik mungkin. Dengan bergabung dalam suatu proyek penelitian, kamu akan tampak hebat di resume. Selain itu, kamu bisa lebih mengenal profesormu yang akan membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan surat rekomendasi dari mereka.


Kenyamanan kamar asrama

Transisi dari kamar di rumah tempat tinggal ke asrama kampus adalah salah satu perubahan terbesar untuk seorang mahasiswa. Ada banyak perubahan yang harus kamu terima setelah kamu pindah ke asrama. Kamar asrama biasanya akan lebih kecil dari kamar di rumahmu. Selain itu, kamu harus memahami warga asrama yang sering tidak memiliki kendali atas hal-hal seperti teman sekamar, situasi kamar mandi, kebersihan kamar, dan hal lainnya. 

Contoh life hacks yang bisa kamu lakukan sehubungan dengan kamar asramamu adalah manipulasi suhu udara dengan termostat. Untuk mengelabui termostat dengan membaca apakah hangat atau dingin sehingga akan menyala dan panas atau dingin di dalam kamar asramamu. Beberapa mahasiswa ada yang menyarankan untuk menempatkan handuk hangat untuk membuat ruangan menjadi tetap hangat. 


Pilihlah teman dengan bijak

Terdapat banyak saran dari para mahasiswa dan dosen tentang bagaimana memilih teman dan mitra belajar dengan bijak. Memilih teman yang pandai yang memiliki kebiasaan belajar yang besar akan menular pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu akan mendapatkan dampak positif dari kebiasaan teman-temanmu yang positif itu. Hal sebaliknya akan terjadi jika kamu memilih teman-teman yang seenaknya sendiri dan tidak tertarik sama sekali untuk belajar.


Bergabung dengan klub, organisasi, dan perkumpulan mahasiswa

Tahu nggak sih, kenapa klub, organisasi, atau perkumpulan mahasiswa bisa bertahan begitu lama di suatu kampus? Ini karena mereka benar-benar membantu mahasiswa melewati kuliah, mencari pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan menjadi aktif di organisasi atau klub kampus adalah mereka sering memiliki waktu untuk pesta dan makan malam. Kalau begini, kamu bisa memanfaatkannya supaya kamu tidak perlu keluar uang tapi perut merasa kenyang.


Jangan biarkan teknologi menyulitkan langkahmu

Ketika kamu perlu mencetak tugas, pastikan bahwa kamu memiliki cara yang mudah untuk melakukannya dan siapkan pula beberapa rencana cadangan. Jika memungkinkan, jangan menunggu sampai menit terakhir untuk mencetak pekerjaanmu. Lakukan pencetakan tugasmu segera setelah kamu menyelesaikannya. Ini untuk mengantisipasi kalau nanti terjadi pemadaman listrik yang membuat printer tidak bisa berfungsi dan kamu tidak bisa mencetak tugas pada akhirnya.


Jangan berhenti mencoba untuk mengajukan beasiswa

Sebagian besar mahasiswa akan menghentikan proses aplikasi beasiswa karena menyerah. Mendapatkan beasiswa memang bukanlah perkara mudah. Kamu perlu bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan jatah beasiswa. Untuk itu, diperlukan semangat yang tinggi untuk terus mencoba mengajukan beasiswa. Siapa tahu kamu beruntung, bukan?!


Cari aplikasi yang membantumu belajar lebih efisien

Terdapat begitu banyak aplikasi yang berbeda-beda jenisnya di luar sana. Banyak dari mereka yang diarahkan secara khusus untuk mahasiswa. Beberapa sumber dapat kamu akses dengan menggunakan internet. Selain itu, dengan menggunakan internet kamu bisa bebas mencari hal-hal apa yang sekiranya belum kamu mengerti dan tidak dijelaskan di buku teks.


Carilah kamar mandi terbaik di kampus

Mungkin terdengar sepele, tapi percaya atau tidak poin ini adalah salah satu yang paling penting jika kita bicara mengenai life hacks. Untuk mahasiswa yang tinggal di kampus, menemukan kamar mandi bersih adalah salah satu hal langka yang sangat mereka hargai. Lihat secara langsung kondisi kamar mandi di kampus atau kamu bisa juga mencari tahu lewat website. Siapa tahu kan ada yang memposting dan menceritakan keadaan kamar mandi kampus lewat internet?!

Semoga bermanfaat, salam berkuliah.com!

Oleh: Adelina Mayang Sari

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Mau Sukses Presentasi Tugas di Depan Kelas? Ini Tipsnya!

Mahasiswa harusnya akrab dengan tugas-tugas yang datang bertubi-tubi tanpa perasaan. Tugas-tugas ini bermacam-macam bentuknya. Ada yang berupa makalah, prototype, review jurnal, sampai ke tugas presentasi di depan kelas. Kamu yang sudah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa pasti akrab dengan tugas-tugas semacam ini.

Image Credit

Kali ini, berkuliah.com akan membahas salah satu jenis tugas yang biasa diterima mahasiswa, yakni tugas presentasi di depan kelas. Tugas semacam ini biasanya diberikan oleh dosen yang cenderung membebaskan mahasiswanya untuk mencari materi kuliah sendiri baik lewat buku teks, jurnal, atau artikel-artikel yang bisa diakses di internet. Dosen akan memberikan sebuah topik yang kemudian dikembangkan oleh mahasiswa untuk dituliskan dalam sebuah presentasi yang harus ditampilkan di depan kelas.

Mengerjakan tugas secara tertulis mungkin sudah biasa ya untuk kita yang berstatus sebagai mahasiswa ini. Tapi, bagaimana dengan tugas presentasi di depan kelas? Perlu keberanian dan keahlian loh untuk bisa menyampaikan tugasmu lewat sebuah presentasi di depan teman-teman dan dosen. Bagaimana ya caranya agar kamu bisa menyampaikan presentasi tugas dengan baik? Bagaimana supaya teman-teman yang menyaksikan presentasimu bisa mengerti dengan jelas dan baik tentang apa yang kamu presentasikan? Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini supaya presentasi tugasmu sukses:


Buatlah presentasi yang menarik

Sebelum mempresentasikan tugas di depan kelas, coba tempatkan dirimu di posisi penonton. Bosan juga kan rasanya kalau kamu menyaksikan presentasi yang tampilannya membosankan dan sama sekali tidak menarik? Pasti kamu cenderung akan merasa ngantuk dan enggan mendengarkan kelanjutan presentasi. Maka dari itu, kalau kamu tidak mau ini terjadi pada presentasimu, cobalah untuk membuat presentasi yang menarik perhatian penonton.


Bagaimana cara membuat presentasi yang menarik? 

Ini butuh keterampilan. Berlatihlah berulang-ulang untuk membuat presentasi yang menarik perhatian. Gunakan warna huruf yang kontras dengan warna background yang kamu gunakan. Perhatikan pula ukuran huruf yang kamu pakai, apakah sudah cukup terlihat dengan jelas jika penonton duduk di barisan paling jauh dari layar? Lengkapi presentasimu dengan gambar-gambar yang selain menunjang penjelasan juga sebagai pelengkap yang meningkatkan estetis dari tampilan presentasimu. Oh iya, kalau bisa sisipkan pula animasi-animasi bergerak yang menarik mata. Sesuatu yang bergerak biasanya akan lebih menarik perhatian daripada hanya sekadar tulisan diam atau gambar mati.


Tampilan sudah, lalu bagaimana dengan isi presentasi? 

Sajikan isi presentasimu dengan ringkas, lengkap, dan jelas. Jangan memasukkan terlalu banyak tulisan ke dalam slide. Kenapa? Karena orang cenderung enggan membaca tulisan yang terlalu banyak. Sajikan saja poin-poin penting yang bisa kamu kembangkan sendiri secara lisan. Selain tidak menarik perhatian penonton, memasukkan terlalu banyak tulisan ke dalam slide presentasi akan membuatmu bingung menyampaikannya. Bisa jadi kamu malah terpaku terus pada teks yang tercantum pada slide dan akhirnya malah membaca semua tulisan yang ada. Ini bisa membuat penonton menjadi semakin bosan.


Perhatikan penampilan diri

Materi sudah siap, itu artinya waktu bagi dirimu sendiri untuk bersiap. Sebagai penyaji, kamu harus tampil maksimal supaya presentasimu menjadi menarik dan membuat penonton ingin mengikuti penjelasanmu dari awal sampai akhir. Berpakaian lah yang sopan. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak terlalu mencolok. Kalau kamu memakai pakaian yang terlalu mencolok, bisa jadi penonton malah sibuk dengan pakaianmu dan tidak peduli dengan materi presentasi yang disajikan olehmu. Tapi juga jangan terlalu sederhana dan cuek. Kamu akan dilihat banyak pasang mata lho ketika menjadi penyaji. Oleh karena itu, kamu perlu untuk berdandan supaya rapi dan enak dilihat. 
  

Pelajari materi dengan baik

Belajar! Kalau kamu mau menjadi penyaji yang baik, maka kamu harus belajar. Mempelajari materi presentasi sebelum tampil akan membuatmu percaya diri. Entah sebenarnya kamu paham atau tidak, setidaknya kamu sudah membaca terlebih dahulu apa yang akan menjadi materi presentasimu. Dengan belajar terlebih dahulu, paling tidak kamu sudah mengetahui garis besar topik yang akan kamu sampaikan di presentasi nanti.

Cobalah menyusun pertanyaan-pertanyaan dari materi yang akan kamu sampaikan. Buatlah sendiri pertanyaan untuk dirimu sendiri. Perkirakan apa saja yang kira-kira akan memancing penonton untuk bertanya. Setelah itu, cobalah untuk menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan itu dengan searching lewat internet, membaca buku, atau dengan memahami kembali materi yang ingin kamu sampaikan.


Kontrol emosi diri 

Jangan gugup. Kamu sendiri yang menyusun materi dan kamu sendiri yang akan menyampaikannya. Jadi, sudah jelas kan kalau hanya kamu yang tahu seluk beluk materi yang akan disampaikan. Jadi ya sudah, tidak perlu merasa takut atau tidak percaya diri. Santai saja dan anggap dirimu sebagai pihak yang paling tahu dalam presentasi itu. Jangan lupa untuk selalu menjaga intonasi bicaramu. Meskipun kamu gugup, cobalah untuk menjaga suaramu tetap stabil supaya kamu tidak terlihat gugup. 

Kenapa sih kita harus menghindari gugup? Mungkin kamu pandai menyembunyikan perasaan gugupmu. Tapi ingat, rasa gugup itu akan membuat pikiranmu sibuk. Akirnya, kamu tidak bisa berkonsentrasi dan lupa dengan semua materi presentasi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Kamu pasti tidak mau kan terlihat bodoh dan aneh di depan banyak pasang mata?


Kuasai penonton 

Ajaklah penonton untuk berkomunikasi saat kamu melakukan presentasi. Yang dimaksud dengan penonton di sini adalah teman-temanmu yang memperhatikan materi presentasi yang sedang kamu sampaikan. Mengapa harus mengajak mereka berkomunikasi? Ya, supaya tidak ada yang terserang wabah mengantuk ketika mendengar presentasi darimu. Komunikasi yang bisa kamu lakukan adalah melontarkan pertanyaan-pertanyaan ringan kepada penonton. Tidak perlu sering-sering, lakukan saja sesekali agar penonton sedikit berinteraksi denganmu.


Selingi dengan bercanda

Joke. Lemparkan beberapa lelucon yang bisa membuat teman-temanmu tertawa. Ini mungkin terdengar menyimpang dari tugasmu seharusnya yang menjadi penyaji sebuah presentasi. Tapi percayalah, dengan sedikit lelucon, penonton akan lebih semangat untuk mendengarkan ceritamu sampai akhir. Oh iya, yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering melemparkan joke, karena bisa jadi presentasi tugasmu menjadi bukan hal yang serius lagi, tapi malah menjadi ajang untuk tertawa dan bercanda.


Percaya diri 

Jawablah pertanyaan yang dilontarkan teman-temanmu dengan penuh keyakinan. Jangan takut salah meskipun kamu memang ragu-ragu akan kebenarannya. Ingat saja kalau kamu ini adalah orang yang serba tahu tentang isi materi presentasi tersebut. Supaya tidak terdengar ragu-ragu ketika menjawab, kamu bisa memulai menjawab pertanyaan dengan satu tarikan napas panjang yang dihembuskan perlahan.


Itu tadi tips-tips yang bisa kamu terapkan ketika kamu akan menampilkan presentasi tugasmu di depan kelas. Kunci utama yang harus disiapkan sebelum melakukan presentasi adalah percaya diri dan persiapan materi yang matang. Dua hal ini saling berhubungan dan saling berpengaruh loh satu sama lain.

Kamu akan percaya diri sehingga mampu menyampaikan materi dengan baik, dan sebaliknya kamu bisa merasa percaya diri setelah kamu menguasai materi tugas yang akan kamu presentasikan.
Selamat mencoba! Salam berkuliah.com

Oleh: Adelina Mayang Sari 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Bagaimana Cara Membuat 'Asuransi Kesehatan' di Jerman???

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu ingin memutuskan studi di Jerman. Selain biaya pendidikan, asuransi kesehatan harus dimiliki oleh setiap pendatang yang datang ke Jerman. Baik warga negara Jerman maupun pendatang, diwajibkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Terdapat penyedia asuransi swasta maupun publik di negara ini.

Image Credit
Ada harga khusus yang tersedia untuk mahasiswa internasional dan biayanya tentu lebih murah. Khusus bagi mahasiwa berusia di bawah 30 tahun, biaya asuransinya sekitar 70 Euro per bulan. 

Bagi yang berumur di atas 30 tahun sekitar 130 Euro, dan perempuan di atas usia 30 tahun lebih mahal lagi, sekitar 150 Euro per bulannya. Asuransi ini sangat berguna jika kamu sakit. Pihak asuransi akan membayar ongkos dokter atau rumah sakit. Jenis yang ditanggung tergantung dengan kontrak yang dibuat pelanggan dengan pihak asuransi. Obat-obatan juga beberapa di antaranya mendapat subsidi dari asuransi.

Biasanya bagi mahasiswa internasional yang masih baru, mendapatkan kartu asuransi sementara. Apa itu ‘kartu asuransi sementara’? Jika kartu asuransi yang asli milik kamu belum selesai dibuat, kamu bisa mengajukan kartu sementara dalam bahasa Jermannya (vorläufige Versicherten Karte) sampai kamu mendapat kartu asuransi yang asli. Kartu asuransi sementara ini berlaku layaknya kartu asuransi yang asli. 

Lalu, bagaimana cara bikin asuransinya ? Berikut prosedur yang harus kamu lakukan!

1) Pergi ke salah satu cabang dari perusahaan asuransi yang kamu pilih (AOK / TK / Barmer GEK / DAK).
2) Sampaikan bahwa kamu ingin mengurus asuransi mahasiswa (Studentische Krankenversicherung).
3) Mengisi formulir yang disediakan (termasuk data-data di rekening bank kamu, karena pembayaran dilakukan dengan cara autodebit).
4) Kamudian kamu akan mendapatkan bukti asuransi.
5) Menyerahkan bukti asuransi kepada pihak universitas saat pendaftaran.
6) Menyerahkan formulir pendaftaran kepada pihak asuransi beserta pasfoto untuk foto di kartu asuransi.
7) Menyerahkan kartu asuransi sementara.
8) Selang 2 minggu setelah mendapatkan kartu asuransi sementara, kamu akan  menerima kiriman via pos dari pihak AOK berisi kartu asuransi. Kartu ini bentuknya seperti kartu kredit dan memiliki chip. Di kartu ini juga terdapat foto beserta data-data kamu. 


Selain itu, Asuransi juga juga menampung klaim yang diajukan oleh pemohon. Syarat-syaratnya, antara lain :

Copy resep dokter
Surat likuidasi dari dokter (Jangan lupa setiap berobat ke dokter selalu bilang pada saat mendaftar bahwa kita memakai asuransi privat)
Kwitansi obat
Secarik kertas dengan data (IBAN BIC/ KONTONUMMER BLZ, Nama, No Asuransi


Lalu kirim ke :

AGA International S.A.
Schadenabteilung mawista
Bahnhofstr. 16
85609 Aschheim


Biasanya, beberapa hari kemudian mereka akan mengirim surat atau email ke kita bahwa klaim kita sedang dalam proses atau juga bisa semua persyaratan di scan kemudian kirim via email. Mudah bukan?! 


Asuransi kesehatan hukum dan swasta

Di Jerman, ada 2 sistem asuransi kesehatan paralel:

(a) asuransi kesehatan negara dijalankan oleh pemerintah Jerman. Kebanyakan orang asing (dan Jerman juga) wajib mengambil asuransi kesehatan negara.
(b) Asuransi kesehatan swasta dapat dipilih dalam beberapa kasus tertentu. Hal ini biasanya menawarkan penutup yang lebih luas, tetapi tidak secara otomatis keuntungan untuk semua kasus


Sistem Asuransi Kesehatan Pemerintah (GKV)

Asuransi kesehatan perundang-undangan yang disediakan oleh jaringan non-profit membuat perusahaan bekerja sama dengan negara untuk mengelola program kesehatan nasional. Beberapa yang paling populer termasuk TK, AOK dan BEK. Sejak tahun 1996, setiap orang bebas untuk memilih dana yang mereka ingin diasuransikan dengan. Meskipun manfaat yang sama di semua perusahaan, seringkali kontribusi membandingkan senilai karena ini dapat bervariasi secara signifikan. Perusahaan asuransi akan mengeluarkan kartu asuransi kesehatan harus dibawa setiap kali kamu mengunjungi dokter, dokter gigi atau spesialis. Pasien yang tercakup oleh sistem asuransi negara masih perlu membayar 10 EUR per tahun.

Manfaat sistem asuransi kesehatan pemerintah yang diberikan meliputi: rawat inap (rumah sakit), perawatan sebagai pasien bangsal dengan dokter yang bertugas di rumah sakit terdekat, rawat perawatan dengan dokter terdaftar dan perawatan gigi dasar. 

Sekedar catatan bahwa tidak ada cakupan untuk dokter pribadi atau ahli bedah, kamar pribadi di rumah sakit, perawatan medis alternatif / homeopati, implan gigi, dan produk-produk visi untuk orang dewasa atau tunjangan kesehatan di luar Eropa. 

Jika kamu memilih untuk bergabung dengan sistem pemerintah Jerman, kamu dapat mendaftar dengan salah satu asuransi kesehatan yang tersedia dan merupakan asosiasi nirlaba pengadministrasian skema kesehatan pemerintah. Beberapa organisasi nirlaba tersebut di antaranya: AOK, TK, BEK, DAK yang sangat besar dan memiliki jutaan anggota sementara yang lain (sering disebut BKK) mungkin hanya beberapa ribu anggota.


Ada 3 pilihan untuk asuransi kesehatan ketika tinggal di Jerman, yaitu :

1. Sistem jaminan kesehatan masyarakat yang diatur pemerintah (GKV)
2. Asuransi kesehatan swasta dari perusahaan Jerman atau asuransi internasional  (PKV) 
3. Atau kombinasi dari keduanya.

Sebagian orang yang memiliki kebutuhan berbeda, tentu memilih asuransi yang sesuai dengan pilihan mereka ketika tinggal di Jerman. Asuransi kesehatan bukanlah komoditas melainkan adalah dukungan keuangan penting pada saat sakit atau setelah kecelakaan. 

Meskipun menimbulkan berbagai keluhan, skema asuransi kesehatan pemerintah juga menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan skema swasta. Poin yang terpenting adalah bahwa hal itu juga menjamin keluarga tanpa biaya tambahan! Semua bisa dicover dalam asuransi secara kolektif selama pendapatan mereka mereka tidak melebihi 365 EUR per bulan. Dalam kasus mereka bekerja, penghasilan mereka tidak boleh lebih dari 400 EUR per bulan.


Kapan Asuransi Kesehatan Negara menjadi wajib?

Asuransi Kesehatan Negara adalah wajib untuk kelompok berikut:

Karyawan yang pendapatan rutin sebelum dipotong tidak melebihi 400 EUR per bulan dan tetap di bawah batas tahunan yang ditetapkan. Semua karyawan di Jerman tunduk pada asuransi kesehatan wajib. Sampai gaji kotor 50.850 EUR (batas atas pendapatan untuk 2012) Hal tersebut wajib diasuransikan oleh perusahaan asuransi kesehatan wajib.

Mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan negara-disetujui. Arus (2012) premium untuk perawatan kesehatan dan keperawatan dimulai pada 77,90 EUR per bulan untuk mahasiswa lokal lebih dari 23 tahun tanpa anak. Siswa internasional bisa mendapatkan asuransi dari 26 EUR / bulan.
Orang-orang di pengalaman kerja (magang) atau pendidikan menengah.

Pensiunan tua yang telah berada di skema asuransi kesehatan wajib diasuransikan atau sebagai anggota keluarga untuk sebagian besar paruh kedua kehidupan kerja.

Pengangguran yang menerima manfaat dari federal Jasa Ketenagakerjaan (dengan beberapa pengecualian).


Dalam jangka waktu 3 bulan, kamu dapat bergabung dengan skema Asuransi Kesehatan Negara secara sukarela jika kamu bisa memenuhi syarat berikut :

Telah menjadi anggota wajib asuransi, keanggotaan bisa dihentikan dan kamumemiliki periode asuransi kualifikasi tertentu.
Kamu adalah seorang karyawan dan pendapatan dalam pekerjaan pertama kamu melebihi batas, asalkan kamu mengajukan permohonan untuk keanggotaan dalam waktu tiga bulan mulai bekerja.
Tunduk pada persyaratan tertentu lainnya.
Telah diasuransikan melalui anggota keluarga untuk jangka waktu minimum tertentu dan asuransi ini telah berakhir.
Siswa dari negara-negara yang telah mengikat perjanjian jaminan sosial yang mencakup asuransi sehingga dapat terus ditanggung oleh perusahaan asuransi  mereka selama berada di Jerman.
Untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada International Office institusi terkait. Dalam kasus tersebut, kamu akan diminta untuk menunjukkan bukti asuransi kepada perusahaan asuransi kesehatan di Jerman.


Adapun tanggungan yang dibebankan pihak asuransi, antara lain :

Medis dan gigi perawatan, dengan pilihan bebas dokter dan dokter gigi
Perawatan rumah sakit
Obat, pengobatan komplementer, dan alat bantu seperti alat bantu dengar dan kursi roda
Deteksi dini penyakit tertentu
Perawatan ortodontik, biasanya hanya sampai usia 18 tahun 
Gigi palsu 
Jika memiliki anak, bisa mengklaim berbagai kebutuhan tambahan. 


Asuransi Kesehatan Swasta

Siapa yang bisa memilih asuransi kesehatan swasta?

Semua orang dapat memilih skema Asuransi Swasta. Namun, setelah kamu memilih keluar dari skema asuransi negara, itu bisa sangat sulit untuk kembali untuk menjadi bagian dari asuransi negara. Beralih kembali ke asuransi negara mungkin dalam situasi berikut, ketika:

Seseorang telah kehilangan pekerjaan mereka
Gaji berada di bawah 50.850 EUR
Digunakan untuk menjadi wiraswasta tetapi sekarang memiliki posisi full-time dengan gaji yang sama. 

Kontribusi asuransi kesehatan negara didasarkan pada pendapatan kotor (sekitar 15,5% dari penghasilan). Semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin lebih murah untuk memilih polis asuransi swasta. Seseorang dapat menggunakan skema asuransi khusus yang menawarkan tarif yang menguntungkan.

Kontribusi asuransi kesehatan swasta didasarkan pada profil resiko, bukan pada penghasilan kamu. Sebagai contoh, wanita dan orang tua umumnya membayar kontribusi lebih tinggi dibandingkan laki-laki muda. Hal ini disebabkan perhitungan biaya rata-rata untuk perawatan medis untuk kelompok yang berbeda. Semakin tua, semakin kurang cocok untuk memilih asuransi swasta.

Skema asuransi kesehatan swasta memberikan penutup yang lebih luas, termasuk pilihan pribadi / rumah sakit semi-swasta, terapi alternatif seperti akupunktur dan perawatan herbal, kacamata dan lensa kontak serta pengobatan lain yang mungkin tidak tersedia di bawah skema negara. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan asuransi wajib juga memperluas cakupan mereka pengobatan alternatif, tapi masih tidak selebar cakupan asuransi swasta.


Pembayaran obat-obatan dan perawatan: 

Jika diasuransikan melalui sistem negara, kamu hanya perlu membayar biaya nominal untuk perawatan dan obat-obatan karena semua langsung dibayar oleh perusahaan asuransi. Sedangkan yang tertanggung pribadi antara lain, membayar biaya dokter dan biaya obat-obatan (yang tidak termasuk di dalam asuransi) dan mengirim tanda terima untuk perusahaan asuransi untuk penggantian (klaim). 

Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki reputasi terbaik dalam bidang perawatan kesehatan di dunia dengan memberikan asuransi yang cukup komprehensif bagi warganya. Sekitar 85% dari poluasi warganya wajib untuk memiliki asuransi kesehatan publik, sedangkan sisanya wajib memiliki asuransi kesehatan swasta. Biaya sistem perawatan kesehatan Jerman sangat besar dan meningkat karena demografi serta inflasi biaya medis. Reformasi pemerintah baru-baru ini telah berusaha untuk membuat rumah sakit yang lebih kompetitif dengan mengurangi biaya untuk penyedia asuransi kesehatan negara (Gesetzliche Krankenversicherung atau GKV). 

Warga negara Uni Eropa dapat tetap berada dalam sistem perawatan kesehatan negara mereka. Namun, mereka masih harus membawa berkas-berkas mereka ke kantor asuransi negara dan meminta pembebasan. Sedangkan warga Non-Uni Eropa penduduk jangka pendek yang tidak ingin mengubah perusahaan asuransi kesehatan mereka selama mereka tinggal di Jerman harus membawa konfirmasi dari perusahaan asuransi rumah mereka dalam bahasa Inggris dan Jerman bahwa asuransi mereka mencakup semua biaya pengobatan yang mungkin. Dokumen ini harus diserahkan dalam asuransi kesehatan wajib Jerman untuk persetujuan. Jika dokumen disetujui, pengecualian dari asuransi kesehatan wajib Jerman akan dikeluarkan.

Jangka panjang penduduk non-Uni Eropa harus mendapatkan kontrak dengan penyedia asuransi kesehatan setempat tergantung pada situasi mereka (freelancer dan orang-orang wiraswasta harus mendaftar untuk asuransi kesehatan swasta).

Umumnya, asuransi kesehatan swasta mencakup pilihan yang lebih luas daripada asuransi yang disediakan pemerintah. Cakupan perawatan medis dan gigi lebih luas dan menyeluruh. Dengan memiliki asuransi kesehatan swasta, kamu akan dianggap sebagai pasien swasta yang dapat mengharapkan layanan lebih dari petugas medis. 

Premi asuransi pemerintah meliputi semua tanggungan non-kerja, sedangkan premi asuransi kesehatan swasta umumnya dibayar untuk setiap orang tertutup. Kamu dapat mengurangi biaya bulanan asuransi pribadimu dengan menyetujui deductible (juga dikenal sebagai kelebihan atau franchise). 

Asuransi kesehatan perusahaan swasta Jerman tidak diperbolehkan untuk membatalkan kebijakan, jika kamu mengajukan klaim yang diperlukan minimal 10%. Selain itu, juga diberlakukan premi sebesar 10% untuk bekal masa tua (pensiun). Hati-hati untuk menghindari kebijakan jangka terbatas dengan tidak ada persyaratan untuk menanggungsegala tenaga medis. Kebijakan ini sangat jarang menawarkan perpanjangan medis secara permanen dan tidak mencakup kondisi yang sudah ada.

Pilihan yang menarik pada terhadap asuransi kesehatan swasta memang difokuskan pada pihak-pihak tertentu. Terutama untuk anak muda, sehat, laki-laki wiraswasta, yang mungkin membayar kurang dari € 100 per bulan. Harga didasarkan pada usia, jenis kelamin, catatan kesehatan yang baik dan seberapa besar mampu untuk membayar asuransi dari hasil jerih payah sendiri. Namun, berhati-hatilah: premi asuransi swasta dapat naik setiap tahunnya. Beberapa pensiunan diasuransikan secara pribadi membayar sebanyak € 1.000 per bulan!


Contoh pelayanan yang dicover asuransi swasta : 

Perawatan Gigi
Di Jerman, perawatan gigi sangat mahal. Untuk perawatan gigi dalam skala besar seperti orthodonsi, pemilik asuransi mendapatkan perkiraan biaya dan menyampaikannya kepada perusahaan asuransi Anda sebelum perawatan. Jika tidak, kamu bisa dihadapkan dengan biaya yang sangat tinggi.

Yang perlu diperhatikan adalah dokter gigi Jerman kadang-kadang dapat menyarankan perawatan gigi yang rumit. Jumlah penggantian dihitung berdasarkan harga tetap tergantung pada kasus ini dan kamu diwajibkan untuk membayar antara 30% - 80% dari biaya pribadi untuk perawatan gigi jika tidak memiliki asuransi gigi tambahan.


Apotek
Jerman memiliki jaringan apotek yang luas dengan cabang hampir di setiap sudut kota. Di Jerman, Apotek mudah dikenali karena berlambang huruf besar "A"(merah). Asuransi kesehatan negara umumnya menyediakan penggantian untuk obat generik yang tercantum dalam resep, meskipun dengan sistem asuransi, skala yang ditanggung sesuai pada biaya obat yang diambil. Sistem publik sedang mencoba untuk mengurangi biaya besar obat-obatan dan telah memaksa diskon dari perusahaan obat besar. Apotek harus mencari harga terendah untuk obat generik ketika ada resep dari dokter yang terdaftar sebagai pasien umum. Jika kamu diasuransikan secara pribadi, merk dan nama obat akan dirkomendasikan, asalkan memiliki resep. 

Image Credit

Itulah beberapa cara membuat asuransi di Jerman beserta jenis-jenis asuransinya. Semoga bermanfaat! Salam berkuliah.com. 

Oleh: Andreanyta Erni

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Siapa Sajakah Para 'Pahlawan Pendidikan Dunia' yang Mulai Terlupakan?

Pendidikan merupakan tonggak yang begitu penting dalam suatu bangsa. Hadirnya pendidikan seperti saat ini tentu tidak terlepas dari berbagai jasa para pahlawan yang memperjuangkan sistem pendidikan hingga mutu pendidikan berkualitas seperti saat ini. Namun, seringkali jasa mereka terlupakan. Siapa saja pahlawan pendidikan dunia yang mulai terlupakan tersebut? Berikut ulasannya:


Aristoteles

Aristoteles
Aristoteles dikenal dunia sebagai salah satu filsuf terbesar sepanjang sejarah. Berbagai tulisannya menjadi dasar pengembangan ilmu filsafat, fisika, metafisika, politik, pemerintahan, dan pengetahuan alam. Aristoteles lahir di Stagira Chalcidice, Thracia, Yunani tahun 384 SM. Ia keturunan seorang ahli pengobatan dari Makedonia. Aristoteles bergelut dengan pemikiran dan pengetahuan sejak usia 17 tahun. Ia berguru dengan Plato yang dikemudian menjadi pengajar di Akademi Plato selama kurang lebih 20 tahun. Ketika muridnya (Alexander Agung) berkuasa di Makedonia, Aristoteles kembali ke Yunani dan mendirikan akademi yang diberi nama Lyceum. 

Filsafat Aristoteles tertulis dalam 6 karya tulisnya yang membahas masalah logika, yang memberi sumbangan besar bagi perkembangan bidang Metafisika, Fisika, Etika, Politik, Ilmu Kedokteran, Ilmu Alam dan karya seni. Di bidang ilmu alam, ia orang pertama yang mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis.

Setelah kekuasaan Alexander melemah dan akhirnya jatuh, Aristoteles hidup di pelarian untuk menghindari pembunuhan seperti dialami Socrates. Ia akhirnya meninggal dalam pengungsian tahun 322 SM.


Daendels

Daendels merupakan penguasa di Nusantara kita (Indonesia) yang pertama kali menciptakan sistem sekolah rakyat. Pada bulan Juni 1810 di Cirebon, Daendels melihat bahwa rakyat sama sekali tak dapat pendidikan aksara, tak mendapat pendidikan mengenal lingkungannya. Lalu, ia berbicara dengan Pangeran Cirebon untuk segera dibentuk ‘Sekolah Ronggeng’. Pada dasarnya, Sekolah Ronggeng adalah sekolah pertama kali yang memadukan sistem pendidikan barat dengan sistem pendidikan timur, di mana siswa didik dikenalkan pada lingkungannya dengan melek huruf.

Daendels terobsesi dengan pemikiran Descartes yang ingin mengenalkan ilmu pengetahuan kepada banyak orang. Di masa lalu, Descartes menjebol buku-buku berbahasa latin ke bahasa Perancis yang juga berarti bahasa rakyat banyak, apa yang dilakukan Descartes berlawanan dengan sakralitas ilmu pengetahuan di Eropa pada masanya, tapi Descartes menjawab “Ilmu pengetahuan bukanlah barang suci, ia sekedar informasi dan setiap orang berhak atas informasi yang disampaikan ilmu pengetahuan.”

Pada tahun 1811 di Batavia, Daendels melihat begitu banyak kematian bayi-bayi, dan tidak adanya perawatan kesehatan sehingga dibentuklah sekolah bidan. “Sekolah Bidan” Daendels bisa dikatakan sebagai sekolah kedokteran tahap pertama sebelum adanya sistem pendidikan yang sistematis pada masa-masa selanjutnya.


George Kerschensteiner

George Kerschensteiner adalah penggagas dari sistem sekolah seragam terstruktur, mempromosikan pengajaran ilmu pengetahuan serta pendidikan seni dan menarik pembentukan karakter siswa di pusat pendidikan sekolah. Sekolah kerja karena itu harus membentuk prinsip metodologis terus menerus perkembangan fisik dan mental dalam pelaporan seluruh sekolah, karena Kerschensteiner percaya bahwa pendidikan yang sesungguhnya, yang juga pengembangan karakter dapat dicapai melalui pendidikan kejuruan, pendidikan kewarganegaraan untuk berdiri di foreground. George Kerschensteiner mendapat banyak kekecewaan di sekolah biinis tentang rendahnya kualitas siswa dan  tidak memiliki konsepsi profesi guru setinggi seperti yang ia lakukan. 


John Dewey

John Dewey lahir di Burlington, Vermont tanggal 20 Oktober 1859. Dewey adalah Bapak Pendidikan Amerika. Karirnya di bidang filosofi dimulai setelah lulus tahun 1879. Tahun 1884 Dewey mendapat gelar doctor dari John Hopkins University dengan disertasi tentang filsafat Kant. Sebagian besar kehidupannya dihabiskan dalam dunia pendidikan dan diterima mengajar di University of Michigan pada tahun 1884-1894.

Tahun 1899, Dewey menulis buku berjudul “The School and Sociaty” yang menformulasikan metode dan kurikulum sekolah yang membahas tentang pertumbuhan anak dan membantu mendirikan sekolah baru bagi Social Research di New York.

Dewey meninggal dunia tanggal 1 Juni 1952. Sepanjang hidup dan karirnya, Dewey telah banyak menulis buku maupun artikel mengenai teori pengetahuan dan metafisika, serta pendidikan. Buku yang paling penting adalah How We Think (1910) dan Democracy and Education(1916) merupakan karya yang fenomenal, Freedom and Cultural, art and Eksperience, The Quest of Certainty Human Nature and Conduct (1922),Experience and Nature (1925) 


Philip H. Coombs

Philip H. Coombs lahir pada tahun 1915 di Holyoke. Studi sarjana diselesaikan di Amherst College dan merupakan lulusan pasca kerja di University of Chicago. Dia mengajar ekonomi di Williams College dan merupakan direktur program untuk pendidikan di Yayasan Ford.

Pada bulan Februari 1961, ia ditunjuk oleh Presiden John F. Kennedy menjadi Asisten Menteri pertama negara untuk pendidikan dan kebudayaan. Dia adalah seorang advokat untuk merombak sistem pendidikan, ia mengatakan bahwa: “setiap distrik sekolah harus menempatkan 2% dari uang negara ke dalam penelitian pendidikan.”

Selama karirnya, ia menulis beberapa buku tentang kebijakan luar negeri dan pendidikan. Ia menikah dengan Brooks Helena selama 65 tahun dan memiliki 2 anak, Peter B. Coombs dan H. Helena Weeks. Ia meninggal pada 15 Peb 2006 di Chester, CT.


William Stern

William Stern - lahir Louis William Stern, Berlin, 29 April 1871. Ia adalah seorang psikolog dan filsuf Jerman tercatat sebagai pelopor dalam bidang psikologi kepribadian dan kecerdasan. Dia adalah penemu konsep intelligence quotient, atau IQ, kemudian digunakan oleh Lewis Terman dan peneliti lain dalam pengembangan tes IQ pertama, didasarkan pada karya Alfred Binet. Dia adalah ayah dari penulis dan filsuf Jerman Günther Anders. 

Ia menerima gelar PhD di bidang psikologi dari University of Berlin, di mana ia belajar di bawah naungan Ebbinghaus pada tahun 1893. Dia mengajar di Universitas Breslau 1897-1916. Pada tahun 1916 diangkat sebagai Profesor Psikologi di University of Hamburg, hingga tahun 1933 sebagai Direktur Institut psikologi. 

Stern dianggap pada masanya sebagai seorang psikolog muda terkemuka dan salah satu pakar terkemuka dalam psikologi diferensial. Dia diperkenalkan ke intelijen pengujian konsep intelligence quotient atau IQ,  dalam praktek membagi usia perkembangan oleh usia kronologis. Iameninggal pada 27 Maret 1938 karena serangan jantung.


William Heard Kilpatrick

William Heard Kilpatrick adalah seorang pendidik Amerika dan murid, kolega dan pengganti dari John Dewey. Dia adalah tokoh utama dalam gerakan pendidikan progresif awal abad ke-20.

Kilpatrick lahir di White Plains, Georgia. Dia memiliki pendidikan ortodoks dan pendidikan di Mercer University dan Johns Hopkins University, di mana ia kemudian menjadi guru matematika di Sekolah Tinggi dan Universitas di Mercer. Dia pertama kali bertemu John Dewey pada tahun 1898. Kilpatrick memutuskan untuk membuat filsafat pendidikan spesialisasinya dan diduduki semua program oleh Dewey. 

Ia menerima kehormatan LL.D. derajat dari Mercer University pada tahun 1926, Columbia University, 1929, dan Bennington College, 1938  dan mendapat gelar kehormatan DHL dari College of Jewish Studies, 1952, dan Penghargaan Brandeis untuk layanan kemanusiaan, 1953.


Kenneth R. Howey

Howey adalah seorang profesor riset di University College Cincinnati Pendidikan. Dia juga bertugas di fakultas pendidikan di Universitas Wisconsin-Madison dan Milwaukee, University of Minnesota dan The Ohio State University. Selama karirnya, Howey telah menjabat sebagai guru, kepala sekolah, laboratorium sekolah direktur, direktur pusat penelitian dan dekan.

Selama 10 tahun, Profesor Howey mengarahkan Jaringan Perkotaan untuk Meningkatkan Pendidikan Guru (UNITE), sebuah konsorsium kemitraan antara universitas, sekolah dan serikat guru di kota-kota besar di seluruh Amerika Serikat. Dia adalah pemimpin tim untuk studi terpanjang pendidikan guru di Amerika Serikat –studi Penelitian Tentang Pendidikan Guru (RATE).

Howey telah menerima banyak penghargaan, termasuk penghargaan untuk kontribusi luar biasa untuk pendidikan guru dari kedua Asosiasi Amerika untuk Kolese Pendidikan Guru (1999) dan Asosiasi Pendidikan Guru (2008).


Mohamad Syafei

Mohamad Syafei mendirikan sebuah sekolah yang diberi nama Indonesische Nederland School (INS) pada tanggal 31 oktober 1926. Di Kayu Tanam, sekitar 60 km di sebelah Utara kota Padang. Sekolah ini didirikan diatas lahan seluas 18 hektar dan dipinggir jalan raya Padang Bukit Tinggi. Ia menolak subsidi untuk sekolahnya, tapi ia membiaya sekolah itu dengan menerbitkan buku-buku kependidikan yang ditulisnya.

Sumber keuangan juga berasal dari sumbangan-sumbangan yang diberikan ayahnya dan simpatisan-simpatisan serta dari berbagai acara pengumpulan dana, seperti mengadakan pertunjukan teater,pertandingan sepak bola, menerbitkan lotere dan menjual hasil karya seni buatan murid-muridnya. Kelas menggunanakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai pelajaran bahasa asing yang pokok, ditekan pada pelajaran-pelajaran yang akan terpakai oleh murid-murid apabila mereka kelak kembali.

Menurut Mohama Syafei, tujuan pendidikan dan pengajaran adalah membentuk secara terus menerus kesempurnaan lahir dan batin anak, agar anak dapat mengikuti perkembangan masyarakat yang selalu mengalami perubahan atau kemajuan.


Prof dr. M.J. (Martinus Jan) Langeveld (1.905-1.989)

Martinus J. Langeveld memperoleh gelar doktor dengan disertasi berjudul Taal en Denken di 12 tot 14 Jarige Leerlingen (Bahasa dan Berpikir siswa dalam usia 12 sampai 14 tahun) pada tahun  1934. Pada tahun 1939, ia menjabat sebagai Ketua Pedagogi di Universitas Utrecht. Sampai Perang Dunia II, pedagogi sebagian besar dihubungkan dengan persiapan guru dan pada tahun 1946, pedagogi menjadi disiplin independen di Universitas Utrecht. 

Salah satu teks Langeveld yang paling berpengaruh adalah Beknopte Theoretische Pedagogiek (Pedagogi Teoritis Concise), di mana ia megembangkan suatu pedagogi fenomenologis. Karya ini diterbitkan dalam edisi 15 antara tahun 1946 dan 1979. 

Langeveld menganalisis fenomena membesarkan anak dan pengalaman pendidikan dengan memperhatikan dekat dengan situasi konkret dan umum dan peristiwa dalam kehidupan anak-anak dan orang dewasa. Hal ini menyebabkan hasil yang luar biasa. Misalnya, dia menolak bahwa otoritas pedagogis harus berkaitan dengan teori umum otoritas. Otoritas bukan hanya soal pilihan moral, melainkan otoritas diperlukan karena anak-anak membutuhkan pedagogi untuk keberadaan mereka dan agar dapat tumbuh.


Jan Ligthart

Jan adalah seorang guru Belanda dan filsuf. Dia menjadi terkenal karena metode inovatif pendidikan dan modernisasi sistem pendidikan Belanda. Dia menulis banyak artikel dan buku tentang pendidikan.

Jan Ligthart lahir pada tanggal 11 Januari 1859 di Amsterdam, di distrik Jordaan. Ayahnya Cornelis Ligthart, adalah seorang tukang kayu dan toko kelontong, yang menderita serangan epilepsi. Ibunya Anna van Spall, putri seorang pendeta, datang dari Klundert. Kedua orang tuanya meninggal selama masa kecilnya. Ligthart lulus dari perguruan tinggi Kristen Reformed dari Bloemgracht. Setelah itu ia bekerja di beberapa sekolah sebagai guru. Pada tanggal 16 Februari 1916 ia meninggal setelah jatuh di kapal dan tenggelam.


Al Ghazali

Sejak kecil Al Ghazali terkenal akan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan dan kegigihannya dalam mencari ilmu. Maka, tidak mengherankan jika dalam masa usia yang masih kanak-kanak, ia telah belajar dengan sejumlah guru di tanah kelahirannya. Al-Ghazali menjelaskan bahwa: konsep pendidikan yang benar itu mengajarkan secara menyeluruh yang meliputi tujuan pendidikan, metode, etika guru, kurikulum dan murid.

Sebagai gambaran kecintaannya akan ilmu pengetahuan, dikisahkan pada suatu hari dalam perjalanan pulangnya ke Thus, beliau dan teman-temannya dihadang oleh sekawanan pembegal yang kemudian merampas harta dan kebutuhan yang mereka bawa. Para pembegal merebut tas al-Ghazali yang berisi buku-buku yang ia senangi, kemudian ia meminta dengan penuh iba pada kawanan pembegal itu agar sudi kiranya mengembalikan tasnya, karena beliau ingin mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Kawanan itupun merasa iba dan kasihan padanya sehingga mengembalikan tas itu. Dan setelah peristiwa itu, ia menjadi semakin rajin mempelajari dan memahami kandungan kitab-kitabnya dan berusaha mengamalkannya. Bahkan, beliau selalu menyimpan kitab-kitab itu di suatu tempat khusus yang aman.

Menurut Al-Ghazali, pendidikan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, begitupun pemanfaatannya harus bertujuan untuk ta’abbud kepada Allah SWT. Beliau membagi ilmu pengetahuan menjadi 3 kategori, yaitu:

ilmu yang tercela, 
ilmu yang terpuji 
ilmu terpuji dalam kadar tertentu atau sedikit, dan tercela jika mempelajarinya secara mendalam. 

Lebih lanjut, Al-Ghazali memakai pendekatan behavioristik dalam metode pendidikannya dan mengelaborasinya dengan pendekatan humanistik. Ia juga memberikan perhatian yang sangat besar pada tugas seorang pendidik dan murid. Menurutnya, pendidik dan murid haruslah menjaga etika dan tugas-tugas mulianya agar dapat mengantarkannya pada kedekatakan Allah SWT sesuai dengan tujuan penciptaannya di muka bumi ini.

Setelah mengajar di berbagai tempat seperti Bagdad, Syam dan Naysaburi, Pada tahun 500 H/1107 M Al-Ghazali kemudian kembali ke kampung halamannya, banyak bertafakkur, menanamkan ketakutan dalam kalbu sambil mengisi waktunya dengan mengajar pada madrasah yang ia dirikan disebelah rumahnya untuk para penuntut ilmu dan tempat khalwat bagi para sufi. Dan pada hari senin, 14 jumadal akhirah 505 H/18 desember 1111 M, Imam al-Ghazali berpulang meninggal  ditanah kelahirannya, Thus dalam usia 55 tahun.


John Locke

John Locke mengenyam pendidikan di Universitas Oxford dan memperoleh gelar sarjana muda tahun 1656 dan gelar sarjana penuh tahun 1658. Saat remaja, dia sangat tertarik pada ilmu pengetahuan dan di 36 tahun dia terpilih jadi anggota “Royal Society.” John Locke menegaskan kurikulum harus diarahkan demi kecerdasan individual, kemampuan dan keistimewaan anak-anak dalam menguasai pengetahuan dan bukan pada pengetahuan yang biasa diajarkan dengan hukuman yang sewenang-wenang.

Salah satu pemikiran Locke yang paling berpengaruh di dalam sejarah filsafat adalah mengenai proses manusia mendapatkan pengetahuan. Ia berupaya menjelaskan bagaimana proses manusia mendapatkan pengetahuannya. Menurut Locke, seluruh pengetahuan bersumber dari pengalaman manusia. Posisi ini adalah posisi empirisme yang menolak pendapat kaum rasionalis yang mengatakan sumber pengetahuan manusia yang terutama berasal dari rasio atau pikiran manusia. Meskipun demikian, rasio atau pikiran berperan juga di dalam proses manusia memperoleh pengetahuan. 

Dengan demikian, Locke berpendapat bahwa sebelum seorang manusia mengalami sesuatu, pikiran atau rasio manusia itu belum berfungsi atau masih kosong. Situasi tersebut diibaratkan Locke seperti sebuah kertas putih yang kemudian terdapat coretan yang isinya berasal dari pengalaman yang dijalani oleh manusia itu. Rasio manusia hanya berfungsi untuk mengolah pengalaman-pengalaman manusia.Sehingga menurut Locke,  sumber utama pengetahuan adalah pengalaman.


John Dewey

John Dewey adalah seorang filsuf dari Amerika Serikat, yang termasuk Mazhab Pragmatisme. Selain sebagai filsuf, Dewey juga dikenal sebagai kritikus sosial dan pemikir dalam bidang pendidikan. Dewey dilahirkan di Burlington pada tahun 1859. Setelah menyelesaikan studinya di Baltimore, ia menjadi guru besar dalam bidang filsafat, dan kemudian dalam bidang pendidikan pada beberapa universitas. Sepanjang kariernya, Dewey menghasilkan 40 buku dan lebih dari 700 artikel.

Menurut Dewey, tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata dalam kehidupan. Oleh karena itu, filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran-pemikiran metafisik belaka. Filsafat harus berpijak pada pengalaman, dan menyelidiki serta mengolah pengalaman tersebut secara kritis. Dengan demikian, filsafat dapat menyusun suatu sistem nilai atau norma.  Dewey juga dianggap oleh aliran fungsionalisme sebagai seorang pemikir bergaya praktis dan pragmatis, sehingga di dalam ilmu pendidikan ia menganjurkan teori dan metode ‘learning by doing.’ 

Di dalam bidang pendidikan, ia menganjurkan teori dan metode ‘learning by doing’ (belajar sambil melakukan). Dalam teori dan metodenya ini, ia berpendapat bahwa untuk mempelajari sesuatu, tidak perlu orang terlalu banyak mempelajari itu. Dalam melakukan apa yang hendak dipelajari itu, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai hal yang dipelajari itu dengan sempurna. Ia mengambil contoh tentang seorang yang akan belajar berenang. Menurutnya, seorang itu tidak perlu diajari macam-macam teori tetapi cukup ia langsung disuruh masuk kolam renang dan mulai berenang, dengan cepat seorang itu akan menguasai kemampuan berenang.

Dewey mengadakan penelitian mengenai pendidikan di sekolah-sekolah dan mencoba menerapkan teori pendidikannya dalam praktek di sekolah-sekolah. Hasilnya, ia menerapkan pola dan proses pendidikan tradisional yang mengandalkan kemampuan mendengar dan menghafal. Sebagai gantinya, ia menekankan pentingnya kreativitas dan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemecahan masalah. Dewey meninggal dunia pada tahun 1952.


Ibnu Sina

Ibnu Sina
Ibnu Sina terkenal dengan pemikirannya sebagai intelektual muslim yang mendapat banyak gelar. Menurutnya, tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki oleh seseorang. Potensi itu tidak hanya menuju pada perkembangan fisik, tapi juga intelektual dan budi pekerti. Selain itu, pendidikan juga harus mampu mempersiapkan seseorang agar dapat hidup bermasyarakat.


Itulah beberapa pahlawan pendidikan di dunia  yang mulai dilupakan. Sebagai generasi muda sudah selayaknya kita menghargai jasa mereka. Karena berkat mereka, kita bisa menjadi kaum intelektual. 
Semoga menginspirasi. Salam berkuliah.com! 

Oleh: Andreanyta Erni

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top