Wuih! Gita Gutawa Lulus S2 di LSE dengan LPDP!

Muda, cantik, dan berbakat mungkin itulah deskripsi yang pas untuk Gita Gutawa. Bahkan kalau mau ditambahkan, mungkin kita bisa menyebut Gita Gutawa sebagai seorang yang cerdas. Bagaimana tidak, penyanyi berusia 22 tahun ini baru saja menyelesaikan pendidikan S2nya. Tak tanggung-tanggung lho, ia menyelesaikan gelar masternya ini dalam waktu setahun di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris dengan beasiswa!


Wah, hebat ya! Kabar bahagia itu dibagikan Gita Gutawa melalui akun Instagram pribadinya baru-baru ini. Pelantun lagu berjudul Parasit tersebut mengunggah fotonya mengenakan toga sambil memegang ijazah. Dalam caption-nya,Gita menulis "Master's degree".

Di beberapa foto lainnya, Gita Gutawa juga memperlihatkan prosesi wisuda di atas panggung. Senyum manisnya terpancar dari foto hasil candid tersebut. Kali ini dalam caption fotonya, ia menceritakan tentang impiannya bisa masuk dan berkuliah di kampusnya itu. Caption tersebut ditulis menggunakan bahasa Inggris, yang kalau diterjemahkan kira-kira menjadi begini:
"Tujuan pendidikan adalah pengetahuan, bukan dari fakta, tetapi nilai-nilai." Dari dulu cita-cita banget MASUK LSE, Dan terwujud Akhirnya. Alhamdulillah. : ') Terima kasih LSE untuk perjalanan luar biasa, tantangan akademik, dan pelajaran hidup. Terima kasih telah membantu saya untuk menemukan suara saya sendiri dan untuk melihat dunia dalam perspektif baru. #LSEalumni # LSEClassof2015".


Mendapati mimpinya menjadi kenyataan, Gita tak puas hanya mengunggah dua foto saja. Pada foto selanjutnya ia juga memamerkan momen bahagia lainnya. Dalam foto tersebut terlihat Gita Gutawa menggabungkan dua posenya jadi satu. Anak dari Erwin Gutawa ini tersenyum bahagia atas perjuangannya menimba ilmu di negeri orang. Lagi-lagi dalam caption foto tersebut Gita menuliskannya dalam bahasa Inggris yang kalu diterjemahkan kira-kira seperti ini:
"Salah satu kenikmatan terbesar dalam hidup adalah mencapai apa yang orang (bahkan diri Anda sendiri) berpikir Anda tidak bisa melakukan. Tapi perjalanan saya belum berakhir. Bahkan, dalam banyak hal, itu baru saja dimulai. Bismillah," pungkas Gita Gutawa.


Dari foto-foto tersebut, sangat terlihat bagaimana kegembiraan Gita yang telah berhasil merampungkan kuliahnya di universitas impiannya. Namun ternyata kegembiraan dan kepuasan Gita telah merampungkan kuliahnya tak sampai di situ saja. Satu minggu setelah foto-foto tersebut diunggah, ia mengunggah sebuah video. Video tersebut berisi momen wisudanya saat itu. Dalam caption-nya, Gita menuliskan:
“The biggest highlight of my 2015. Alhamdulillah, I made one of my dreams came true - sekolah yang lancar sampe S2. Berharap satu per satu mimpi ku yang lain bisa terwujud. Dan semoga tahun yang baru ini bisa memberikan lebih banyak kesempatan baru, pengalaman baru, dan pelajaran baru. Bismillah. #mybestmoment2015 #grateful #LSE #LPDP”

Dari caption tersebut kita jadi tahu bahwa Gita Gutawa menyelesaikan studi S2-nya tersebut dengan beasiswa LPDP. Hal ini mungkin tak banyak orang yang tahu. Tapi tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Benar-benar bisa jadi inspirasi buat kita ya!


Setelah menyelesaikan studi S2-nya tersebut, kini Gita kembali ke Indonesia. Penyanyi yang sebelumnya telah lulus sebagai sarjana ekonomi dari Birmingham of University, Inggris ini pun mulai kembali merencanakan fokus karisrnya.

Gita pun berencana fokus bermusik setelah empat tahun menimba ilmu di luar negeri. Apalagi saat ini ia sedang merilis album terbarunya yang bertajuk “The Next Chapter”. Baru-baru ini ia juga merilis single terbarunya berjudul “Rumah”. Ditambah lagi, ia juga tengah disibukkan dengan project bersama sang ayah dengan nama Di Atas Rata-rata (DARR) yang menemukan banyak anak dengan bakat musik yang luar biasa.

Wah, Selamat dapat gelar S2 ya, Gita! Terus semangat berkarya untuk Indonesia!


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Kenalkan Sosok Damar, Putra Dono Warkop yang Sedang Menempuh S3 Teknik Nuklir di Swiss!

Sumber: liputan6.com

Mungkin kamu sebelumnya kurang atau bahkan tidak mengenal sosok yang satu ini. Selintas memang sosoknya biasa saja, tak istimewa. Tapi kalau kamu tahu kisahnya tentu anggapan itu menguap di udara. Ya, sosok ini adalah Damar Canggih Wicaksono. Beberapa waktu terakhir, ia mendadak menjadi perbincangan di dunia hiburan tanah air.


Bagaimana tidak, selain karena prestasinya yang segudang ia ternyata juga merupakan anak dari mendiang Dono Warkop. Sosok ini menjadi perbincangan setelah beberapa waktu terakhir ia diketahui tengah menempuh studi S3-nya di Swiss. Jurusannya pun tak main-main lho! Taknik Nunklir! Tentu saja hal ini sontak menjadi perbincangan hangat. Apalagi seperti yang banyak diketahui, ia telah lama hidup tanpa seorang ayah. Keberhasilannya ini tentu langsung membuat banyak orang kagum.

Bahkan, di beberapa media, Indro Warkop selaku sahabat sang ayah juga mengungkapkan kekagumannya pada Damar. Bahkan tak hanya kepada Damar, pentolan Warkop DKI tersebut juga mengatakan bahwa ketiga anak mendiang Dono telah menjadi orang yang “berhasil”. Ketiga anak Dono tersebut adalah Andika Aria Sena, Damar Canggih Wicaksono, dan Satrio Sarwo Trengginas.


Kekaguman Indro ini memang bukan tanpa alasan. Apalagi mengingat bahwa ketiganya tumbuh tanpa kedua orang tua sejak tahun 2001. Ya, mereka hidup sebagai yatim piatu sejak meninggalnya sang ayah pada tahun 2001. Sedangkan ibu mereka sendiri telah berpulang dua tahun sebelum sang ayah meninggal. Maka sangat pantas jika kita mengagumi keberhasilan tiga kakak beradik ini.

Seperti yang telah disebutkan, Damar Canggih Wicaksono sekarang ini kuliah S3 untuk menjadi ahli nuklir di École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL). Kakaknya, Andika Aria Sena, adalah lulusan sarjana Broadcast UI dan saat ini bekerja di salah satu televisi swasta. Sedangkan si bungsu, Satrio Sarwo Trengginas, kini tengah menekuni profesinya sebagai reporter majalah anak setelah lulus jadi sarjana dari Sastra Belanda UI.

Namun tak ada orang yang langsung berhasil. Begitu juga Damar. Kesempatannya meneruskan kuliahnya di Swiss ia mempunyai perjuangan yang panjang. Sebelum melanjutkan kuliahnya di Swiss, Damar Wicaksono telah menyelesaikan strata satu Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 2009. Setahun berselang, Damar baru mendapat kesempatan untuk mendapat gelar master di Swiss dengan jurusan sama hingga lulus pada 2012. Hingga kemudian ia juga diberikan kesempatan untuk melanjutkan S3-nya di jurusan yang sama.

Keberhasilan Damar meraih kesempatan berkuliah S3 di Swiss ini memang patut kita apresiasi. Apalagi, seperti yang diceritakan sang adik pada sebuah portal berita, perjuangan Damar terbilang cukup berat dank keras lho.

Satrio, sang adik, bercerita bahwa Damar sejak kecil merupakan sosok yang dianggap kutu buku. Sang adikjuga  menceritakan bagaimana Damar belajar lebih keras disbanding dengan yang lain. Bahkan salah satu peristiwa yang dingat oleh Satrio adalah ketika Damar  sewaktu sudah duduk di bangku SMA sampai nulis-nulis rumus matematika pakai kapur di lemari pakaian. Menurut Satrio, ini dilakukan oleh Damar agar semakin ingat dengan rumus tersebut.

Ketika disinggung mengenai sejauh mana kuliah Damar saati ini dan kabar Damar menjadi asisten dosen, Satrio hanya menjawab kurang tahu. Menurutnya hal ini karena Dmar belum cerita kepadanya. Menurutnya, Damar memang pernah bercerita tentang perjalanannya ke Amerika sebagai pembicara yang berkaitan dengan pendidikannya dan ke Jepang untuk menerima penghargaan sebagai best student. Tapi hanya sebatas itu saja.

Hingga saat ini, Satrio bisa dibilang cukup terinspirasi oleh sang kakak. Hal itu ia sampaikan delam pernyataanya “Sebagai adik, tentunya bangga memiliki kakak seperti itu. Ya, saya juga akan ikuti jejaknya karena bagi keluarga, pendidikan itu penting. Rencana saya ke depan, melanjutkan pendidikan S2. Kalau Mas Damar mungkin ingin menjadi seorang peneliti ke depannya.”

Ternyata hal serupa juga dirasakan oleh kakak tertuanya, yaitu Aria. Melihat keberhasilan sang adik, Andika Aria Sena, menyampaikan dukungannya melalui akun Path pribadinya yang terhubung ke Twitter. Aria mengunggah foto adiknya yang disandingkan bersama foto mendiang ayah mereka di salah satu media online.

Memang tak banyak yang ditulisnya. Namun tulisan Aria cukup menggetarkan hati.dalam akunnya tersebut, Aria hanya mengatakan, "Bapak pasti bangga mang."


Ternyata, keberhasilan anak-anak Dono ini tak jauh berbeda dengan sang ayah. Semangat ketiganya mengingatkan kita pada sosok almarhum Dono. Memang tak banyak orang yang mengetahui jika pelawak yang satu ini dulunya tak hanya eksis di dunia hiburan saja. Ia juga bisa lulus sekaligus menjadi dosen jurusan Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Tak heran jika Aria, Damar, dan Satrio mengikuti jejaknya dengan begitu konsen dengan pendidikan.
Wah, turut bangga ya sama Mas Damar!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship untuk Kuliah S2 dan S3 di Kawasan Asia Tenggara dalam Bidang Teknik

Jika kamu berniat menempuh studi di luar negeri khususnya untuk jenjang S2 dan S3 namun tidak mau berada terlalu jauh dari Indonesia, ada satu lagi pilihan program beasiswa yang bisa kamu ambil. AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship adalah pilihan yang bisa kamu ambil dan manfaatkan. Apakah kamu sudah pernah mendengar nama program beasiswa ini sebelumnya?



AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship ini merupakan sebuah beasiswa yang memberi kesempatan kepada lulusan serta juga staf dari institusi-institusi yang menjadi anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan kuliah pada jenjang S2 dan S3. AUN/SEED-Net itu sendiri merupakan singkatan dari ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network. Berikut ini adalah daftar lengkap institusi-institusi yang menjadi anggota AUN/SEED-Net:

1. Brunei Darussalam
Institut Teknologi Brunei
Universiti Brunei Darussalam
2. Kamboja
Institute of Technology of Cambodia
3. Indonesia
Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Sepuluh November
Universitas Gadjah Mada
Universitas Indonesia
4. Laos
National University of Laos
5. Malaysia
Universiti Malaya
Universiti Putra Malaysia
Universiti Sains Malaysia
Universiti Teknologi Malaysia
6. Myanmar
University of Yangon
Yangon Technological University
7. Filipina
De La Salle University
Mindanao State University-Iligan Institute of Technology
University of the Philippines-Diliman
8. Singapura
Nanyang Technological University
National University of Singapore
9. Thailand
Burapha University
Chulalongkorn University
Kasetsart University
King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
Thammasat University
10. Vietnam
Hanoi Universty of Science and Technology
Ho Chi Minh City University of Technology



SEED-Net itu sendiri merupakan sebuah sub-jaringan dalam bidang khusus yaitu pendidikan teknik dari AUN. Oleh karena itu para pemohon beasiswa ini nantinya harus memilih bidang studi yang akan ditempuh tersebut adalah yang berhubungan dengan teknik.

Seperti disebutkan sebelumnya tadi bahwa program beasiswa ini juga menyediakan beasiswa untuk jenjang S3 berupa beasiswa S3 Sandwich. Selain itu ada juga program beasiswa dengan gelar pascasarjana terpadu yang bisa diambil dalam program dari AUN/SEED-Net ini. Nah, dengan adanya pilihan yang tidak sedikit tersebut, tentu satu program beasiswa ini akan sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Apalagi jika kamu memang tertarik untuk mendalami bidang teknik yang sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan oleh manusia.

Setiap periodenya, AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship ini memberikan bantuan pembiayaan penuh untuk biaya kuliah dan juga biaya hidup dari penerima beasiswa jika studi yang diambil dilakukan di dalam negeri atau negara asal penerima beasiswa. Akan tetapi jika studi yang diambil dilakukan di luar negeri maka akan ada juga pembiayaan asuransi kesehatan, tunjangan relokasi, dan juga biaya tiket pesawat pergi-pulang untuk satu kali. Pemberian pembiayaan dari program beasiswa ini akan langsung efektif ketika waktu studi sudah dimulai. Bagi penerima beasiswa untuk jenjang S2, beasiswa akan diberikan selama jangka waktu 2 tahun.

Persyaratan
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan dari beasiswa ini dan tentunya harus dipenuhi oleh pemohon jika ingin mendapatkan beasiswa AUN/SEED-Net ini ya. Perhatikan baik-baik agar kamu paham harus mulai menyiapkan apa saja untuk mengajukan permohonan beasiswa ini.
1. Pemohon beasiswa harus merupakan staf atau lulusan dari institusi anggota AUN/SEED dan memiliki motivasi sangat kuat dalam mengejar karir profesional khususnya di lingkungan institusi pemohon.
2. Pemohon sudah mendapatkan persetujuan untuk mendaftarkan diri sebagai pemohon beasiswa dari institusi asal dan memang nantinya diharapkan akan tetap menjadi staf di institusi tersebut setelah selesai menempuh studi.
3. Pemohon beasiswa jenjnag S2 harus sudah mempunyai gelar S1 atau Sarjana dalam bidang yang sesuai yaitu teknik atau bisa menyelesaikan studi S1 sebelum program beasisaw ini dimulai nantinya.
4. Pemohon harus memenuhi minimal satu dari standar berikut ini:
Masuk dalam kelompok 15% yang terbaik di kelas studinya pada tahun terakhir untuk gelar Sarjana yag ditempuh
Mempunyai IPK minimal 3.0 pada skala 4 atau 7.5 pada skala 10
Memiliki prestasi akademik yang luar biasa dan didukung adanya bukti yang bisa berupa sertifikat atau surat pernyataan
5. Pemohon mempunyai kemampuan menggunakan bahasa Inggris untuk belajar dan melakukan penelitian. Sertifikat bukti kemampuan penggunaan bahasa Inggris harus disertakan jika ada.
6. Pemohon berusia kurang dari 30 tahun saat mengajukan permohonan beasiswa dan mampu untuk nantinya melakukan penelitian secara independen.
7. Pemohon dapat melakukan proses pendaftaran di institusinya langsung jika ternyata institusi asal dan yang dituju sama dan berada di dalam negeri dengan syarat pemohon juga harus masuk dalam peringkat 5% terbaik di kelasnya untuk tahun terakhir studi jenjang sarjana.
8. Pemohon sudah teruji sehat secara fisik dan juga mental guna mengikuti seleksi program beasiswa.

Selain memenuhi syarat-syarat tersebut, jika kamu berniat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini, maka kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini. Perhatikan dan pahami jadi nanti jika kamu harus menyiapkannya maka kamu sudah paham.
1. Formulir pendaftaran yang dilengkapi dengan foto terbaru dan juga tanda tangan
2. Salinan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
3. Salinan transkrip nilai terakhir yang resmi dan sudah dilegalisir
4. Surat keterangan yang menunjukkan prestasi akademik dengan presentase peringkat tercantum didalamnya termasuk IPK kumulatif dan dikeluarkan secara resmi oleh dekan
5. Surat pengesahan dari pimpinan institusi mengenai posisi pemohon saat mengajukan permohonan beasiswa ini
6. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik pemohon
7. Surat rekomendasi dari dekan atau pimpinan departemen minimal 1 buah
8. Sertifikat bukti kemampuan menggunakan bahasa Inggris
9. Abstrak tesis
10. Proposal tesis atau rencana studi untuk riset

Pendaftaran
Sebelum bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa AUN/SEED-Net ini, kamu sebagai pemohon harus sudah mendapatkan persetujuan serta pengesahan dari institusi asal baik itu dimana kamu menempuh studi sebelumnya atau dimana kamu sedang bekerja saat ini. Setelah pengesahan didapatkan maka kamu harus mengajukan 2 jenis permohonan yaitu:
1. AUN/SEED-Net Application Form
2. Host Institution’s Application Form
Untuk bisa mendapatkan kedua formulir tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi halaman formulir pendaftaran beasiswa AUN/SEED-Net dan memilih pilihan kedua formulir tersebut. Selanjutnya kamu harus mengisi dan melengkapi kedua formulir tersebut sesuai dengan tata cara yang berlaku dan diminta oleh pihak AUN/SEED-Net.

Pendaftaran dari program beasiswa ini ada 2 tahap yang kamu harus melalui tahapan tersebut untuk bisa ikut dalam seleksi penerima beasiswanya nanti.
1. Pendaftaran Tahap Pertama
Dalam tahap pertama pendaftaran beasiswa AUN/SEED-Net ini kamu harus menyiapkan 3 set dokumen dalam bentuk hard copy yang masing-masing set dimasukkan dalam satu amplop untuk dikirimkan ke institusi pengirim atau asal pemohon agar disahkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah rincian dari 3 set dokumen tersebut:
1 set dokumen untuk AUN/SEED-Net yang mencakup formulir pendaftaran yang asli dan dokumen pendukung lainnya
1 set dokumen untuk institusi tujuan yang terdiri dari salinan formulir pendaftaran, formulir pendaftaran institusi tujuan, dan dokumen pendukung yang lain
1 set dokumen untuk institusi tujuan yang menjadi prioritas kedua yang terdiri dari salinan formulir pendaftaran, formulir pendaftaran institusi tujuan, dan dokumen pendukung lainnya
Setelah dokumen - dokumen tersebut diserahkan maka nantin institusi pengirim akan melakukan pengesahan dan selanjutnya juga mengirimkan dokumen-dokumen tersebut ke pihak AUN/SEED-Net serta ke institusi tujuan dari pemohon.
2. Pendaftaran Tahap Kedua
Setelah dokumen-dokumen tersebut diserahkan dalam tahap pertama dari pendaftaran, kamu sebagai pemohon akan diminta juga untuk mengirimkan beberapa dokumen tambahan ke AUN/SEED-Net secara langsung melalui email dengan alamat master@aun-seed.net. Ketika mengirimkan email pastikan kamu mengisi bagian subyek dengan jelas. Dokumen yang harus dikirimkan melalui email ini mencakup formlir pendaftaran dalam format Microsoft Excel dan juga scan copy dari surat pengesahan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Pengumuman
Beasiswa akan diumumkan oleh pihak AUN/SEED-Net melalui institusi pengirim atau asal pemohon. Hasil akhir dari seleksinya akan disampaikan juga di halaman resmi AUN/SEED-Net yaitu di halaman pengumuman beasiswa AUN/SEED-Net

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Taklukkan Dirimu dan Wujudkan Cita-citamu Kuliah ke Luar Negeri

Dirimu adalah musuhmu. Mungkin kata-kata ini selalu cocok buat kita. Apalgi kalau kamu adalah salah satu orang yang merasa bahwa kamu tidak cukup pantas untuk bisa kuliah ke luar negeri. Mungkin kamu berpikir kamu kurang pintar, nilai kamu pas-pasan, atau lain sebagainya. Padahal sebenarnya kamu bisa kak untuk meraihnya. Asalkan kamu punya kemuan yang kuat untuk mencapai tujuan itu. Salah satu caranya adalah kamu harus bisa menundukkan dirimu sendiri dulu.
Tapi tentu saja menundukkan diri sendiri tidak pernah mudah. Bahkan Lao Tzu, seorang filsuf dari Cina, pernah mengatakan, ”Menundukkan orang lain membutuhkan tenaga. Menundukkan diri kita sendiri membutuhkan kekuatan.”

Sepertinya kita harus mengamini pendapat Lao Tzu ini. Karena pada kenyataannya, mudah bagi kita menasihati orang lain. Namun, terasa sangat sulit bagi diri kita sendiri untuk melakukannya. Bahkan sangat mudah untuk kita membuat orang lain menuruti apa yang kita inginkan. Kita Cuma harus mengasah kemampuan berkomunikasi saja. Dengan kemampuan komunikasi yang handal, kita bisa saja mempengaruhi orang-orang di sekitar kita. Tapi coba kita lihat ke dalam diri kita sendiri. Mudahkah kamu menundukkan diri sendiri supaya tidak jatuh dalam sebuah kemalasan, rendah diri, dan juga keburukan?

Tapi untungnya, manusia tak hanya dianugerahi akal namun juga self awareness (kesadaran diri). Self awareness ini adalah senjata yang paling ampuh untuk kita mengendalikan diri dalam jalur yang seharusnya. Hal tersebut bertujuan agar kita sadar akan seluruh perasaan dan emosi kita. Sayangnya, mengelola self awareness ini tidaklah mudah. Banyak sekali batu sandungan bahkan hambatan besar yang justru akan membuat kita melaju beringas tanpa perhitungan. Atau mungkin kamu malah hanya bisa diam terus-menerus dalam sebuah tempurung yang memenjarakan karena takut menghadapinya.

Nah, kalau kamu tidak bisa mengendalikan self awareness-mu sendidi dan malah berada dalam kondisi stagnan bisa jadi kamu sedang terjangkit penyakit mental block. Sesuai dengan namanya, penyakit ini memang menyerang pertahanan mental kita. Bentuknya bahkan bermacam-macam, bisa berupa ketakutan terhadap hal baru, terlalu takut untuk memulai, malas mengeksplore sesuatu, atau bahkan sekadar gengsi. Semuanya itu akhirnya hanya bisa membuat kita jalan di tempat alias tidak bergerak ke manapun. Jangankan maju, berpikir untuk memulai saja mungkin sangat sulit buat kamu.

Penyakit mental block ini bahkan bisa sangat berbahaya untuk masa depanmu. Harus kita akui bahwa orang yang banyak terpapar mental block hanya memiliki sedikit kesempatan atau bahkan tidak punya kesempatan sama sekali untuk sukses. Ya jelas dong. Bagaimana mau sukses, sedangkan kamu tidak punya usaha sama sekali untuk menundukkan diri sendiri. Kalau kamu punya penyakit ini, maka kamu harus segera mewaspadainya.


Tapi jangan khawatir, gak cuma kamu kok yang punya penyakit ini. Bahkan seorang pengusaha media sekaliber Harry Tanoe pun ternyata pernah mengidap mental block yang cukup fatal. Dilansir dari sebuah laman berita, dijelaskan bahwa Harry muda adalah Harry yang gagal. Saat SMA, ia masuk dalam jajaran anak nakal, bodoh, dan juga malas belajar. Harry muda hidup dalam belenggu mental block yang kuat. Sampai-sampai ia harus merelakan masa SMAnya. Ya, ketika SMA ia mempensiunkan dirinya sendiri alias drop out.

Peristiwa drop out inilah yang kemungkinan menjadi tamparan keras bagi Harry Tanoe. Selepas DO, barulah Harry mulai berpikir bahwa perilakunya harus segera diubah. Karena ia meyakini, jika ia tetap melanjutkan kebiasaan lamanya ini maka kehancuran sudah pasti akan datang padanya. Dari situlah kemudian ia mulai memperbaiki diri.

Untungnya, kedua orang tua Harry masih mempercayainya ketika Harry memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Walaupun orang tuanya bersedia menuruti dengan sejumlah syarat. Salah satunya adalah ia harus bersedia serius belajar dengan keras. Akhirnya Harry mati-matian mengejar ketertinggalannya di SMA. Hingga kemudian pada tahun 1980, ia mengikuti ujian paket C. Segera setelahnya, ia berangkat ke Kanada setelah mendapat ijazah persamaan.

Di Kanada, ia belajar bisnis di Carleton University dan dilanjutkan ke Ottawa University untuk gelar Master of Business. Keseriusannya belajar kemudian membuahkan hasil. Salah satunya ia mampu meraih gelar cum laude dan mendapat beasiswa. Mengejutkan, bukan? Seorang yang bahkan di DO dari SMA, malah bisa mendapatkan beasiswa S2. Bahkan saat ini ia termasuk jajaran orang yang mempunyai jaringan media terbesar di Asia Tenggara. Ia hanya melakukan satu hal, yaitu menaklukkan diri sendiri. Lalu bagaimana denganmu? Masih berpikir kalau kuliah di luar negeri itu gak mungkin?

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Jadikan Kuliah Ke Luar Negeri Resolusimu Tahun Depan dan Wujudkan dengan Cara Ini!

Sebentar lagi kita akan menyambut tahun yang baru. Umumnya, setiap orang punya resolusi untuk masa-masa di tahun depan. Bagaimana denganmu? Apa resolusimu untuk tahun 2016? Apakah kamu beresolusi untuk bisa kuliah di luar negeri tahun depan? Atau mungkin bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan, ingin segera lulus?


Apapun itu, kamu sah-sah saja punya keinginan. Tapi yang menjadikan resolusi tahun baru ini salah atau sia-sia belaka adalah kalau kamu tidak punya usaha dan target untuk meraihnya. Sayangnya, kebanyakan orang memang hanya membuat resolusi tahun baru saja, tanpa punya rencana, target, dan juga usaha untuk meraihnya. Di lansir dari sebuah laman berita, 78% orang gagal melaksanakan resolusi tahun baru. Wow! Angka yang cukup besar, ya?

Lalu apa sih sebenarnya yang membuat resolusi tahun baru kita selalu saja gagal terlaksana? Bahkan mendekati resolusi itupun sulit sekali rasanya. Apa ya masalah dari resolusi saya, mungkin pertanyaan itu yang sekarang bergelayut dipikiranmu. Mungkin kamu juga berpikir apakah resolusi yang kamu buat terlalu muluk. Eits, jangan buru-buru menyimpulkan begitu! Karena tidak ada mimpi yang terlalu besar, kok!

Bisa jadi sebenarnya resolusimu itu tidak terlalu muluk, hanya saja kamu tidak membuat resolusi tersebut spesifik. Kamu cuma membuat daftar keinginan saja, tanpa penjelasan lengkapnya. Contohnya kalau kamu punya keinginan untuk berkuliah di luar negeri tahun depan atau kamu ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Jangan sekedar menulis itu. Tapi tulis segala penjelasan tentang keinginanmu itu secara rinci dan jelas. Misalnya saja, waktu yang jelas kapan rencana tersebut harus selesai atau terlaksana, di mana kamu mau melanjutkan kuliahmu, dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa jadi resolusimu gagal karena kamu tidak punya strategi yang tepat untuk mewujudkannya. Kamu tidak tahu apa saja kendala yang akan kamu hadapi untuk mencapainya. Parahnya lagi, kamu mungkin masih bigung usaha apa yang harus kamu ambil untuk mewujudkan resolusimu. Untuk itu, kamu harus mempertimbangkan kendala dan usaha yang akan kamu hadapi di depannya.


Tentu boleh kamu membuat resolusi yang besar dan muluk. Semua itu tidak salah, tapi mimpi yang besar juga harus diimbangi dengan usaha yang besar. Untuk itu, kamu bisa embuat resolusimu seperti ini: Saya akan mulai berkuliah di program master bidang jurnalistik di University of Amsterdam pada Oktober 2016. Untuk itu, mulai sekarang saya harus ...........,............... untuk mempersiapkan pendaftaran pada bulan Januari 2016. Jika nantinya saya menghadapi........ maka saya akan .................

Jadi, sudah siap membuat resolusimu untuk tahun depan?

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation untuk Kuliah Pascasarjana di Jepang

Salah satu program beasiswa yang bisa kamu ambil jika kamu berniat untuk kuliah di Jepang adalah program Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation. Sekedar informasi bahwa untuk periode pemberian beasiswa ini yang akan efektif pada tahun 2016 sudah ditutup pendaftarannya namun kamu bisa mempersiapkan diri dan segala syaratnya terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri dalam periode selanjutnya. Jadi simak baik-baik berbagai hal terkait dengan beasiswa ini ya!



Gambaran Umum
Program beasiswa ini dapat dirangkum kedalam hal-hal yang menjadi garis besarnya, antara lain meliputi:

1. Beasiswa ini terbka untuk pelajar internasional yang berniat untuk menempuh studi tingkat lanjut atau pascasarana di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jepang.
2. Pemberian bantuan pembiayaan dari program beasiswa ini akan mulai diberikan pada bulan April di setiap periodenya.
3. Penerima beasiswa initidak diwajibkan untuk mengganti atau membayarkan kembali sejumlah uang yang sudah diberikan oleh program beasiswa ini.
4. Lamanyajangka waktu pemberian beasiswa ini disesuaikan dengan waku studi paling cepat yang bisa dilakukan oleh penerima beasiswa. Ketika sudah menerima beasiswa, maka penerima beasiswa harus memilih pilihan pembiayaan sebagai berikut:
200,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 1 hingga 2 tahun
180,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 3 tahun
150,000 Yen per bulan untuk jangka waktu 4 hingga 5 tahun
5. Beasiswa tidak bisa diperpanjang dan juga penerima tidak bisa mengganti pilihannya dari ketiga pilihan yang disediakan jika sudah menentuan dan melaporkan pilihannya.
6. Pemohon yang masa studinya diperkirakan kurag dari 1 tahun tidak boleh mendaftarkan diri untuk program beasiswa ini.
7. Biaya transportasi bagi penerima beasiswa yang nantinya perlu menghadiri seminar internasional dan lain sebagainya berkaitan dengan studi yang diambil akan disediakan juga sesuai dengan aturan dari program beasiswa ini.
8. Penerima beasiswa ini tidak boleh menerima beasiswa lain ketika sedang menerima beasiswa ini.
9. Penerima beasiswa tidak bisa bekerja selain hanya pekerjaan paruh waktu yang sesuai dan sejalan dengan studi yang diambilnya.
10. Setiap bulan penerima beasiswa wajib menghadiri semacam wawancara individu guna melaporkan perkembangan studinya serta juga wajib mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa.
11. Setelah lulus menempuh studi dengan beasiswa ini, penerima beasiswa wajib mengikuti acara-acara yang ditujukan bagi para alumni atau lulusan program beasiswa ini.
12. Beasiswa ini diberikan kepada 15 sampai 20 orang penerima setiap periodenya.

Persyaratan
Selain hal-hal yang menjadi garis besar tentang beasiswa dari Honjo International Scholarshp Foundation yang sudah disebutkan tadi, kamu juga harus mengetahui syarat-syarat yang wajib dipenuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Berikut ini hal-hal yang menjadi syarat-syaratnya:

1. Pemohon bukan merupakan warga negara Jepang
2. Pemohon sudah harus diterima dan terdaftar secara resmi atau paling tidak sudah mendaftarkan diri di universitas atau perguruan tinggi dimana pemohon akan menempuh studinya nanti
3. Pemohon untuk jenjang S3 maksimal berusia 35 tahun pada bulan Maret pada periode pendaftaran beasiswa dan untuk jenjang S2 usia maksimalnya adalah 30 tahun
4. Pemohon harus mampu meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa nantinya ia akan segera bekerja dengan etos kerja yang tinggi setelah lulus dari studinya dengan menggunakan pembiayaan beasiswa ini
5. Pemohon harus bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan menjaga hubungan baik dalam lingkup internasional serta juga harus mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan oleh pengelola beasiswa baik itu ketika masih menempuh studi maupun ketika sudah lulus
6. Pemohon harus bisa menggunakan bahasa Jepang dalam komunikasi sehari-hari karena wawancara bulanan dari beasiswa ini akan dilakukan dalam bahasa Jepang



Pendaftaran
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk bisa mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi beasiswa ini. Perhatikan baik-baik ya!

1. Langkah pertama adalah kamu harus mengisi formulir yang disediakan di halaman official website. Pastikan untuk mengingat bahwa setelah waktu pendaftaran selesai maka formulir tidak akan tersedia lagi di halaman tersebut. Pengumuman dari penerima akan diberitahukan pada bulan Januari dengan menggunakan nomer pendaftaran pemohon, jadi ingat selalu nomor pendaftaran yang kamu dapatkan.
2. Masukkan nomer pendaftaran yang kamu dapat kedalam formulirnya dan sertakan dokumen-dokumen berikut ini untuk kemudian dikirimkan menggunakan POS.
Formulir pendaftaran beasiswa yang sudah diisi dan dilengkapi dengan foto terbaru
Resume 
Lembar informasi pribadi atau personal
Ketiga dokumen tersebut bisa kamu dapatkan dari halaman resmi beasiswa ini seperti sudah disebutkan tadi. Isi ketiga formulir tersebut dalam bahasa Jepang boleh diketik boleh ditulis tangan langsung.
Transkrip nilai dari jenjang sebelumnya yang tidak hanya berupa transkrip dari universitas tempat menempu studi sebelumnya tetapi juga termasuk transkri dari berbagai kursus dan sekolah sampingan lainnya jika ada.
Rencana studi atau riset dalam bahasa Jepang yang mencakup gambaran umum atau garis besar, rencana jadwal studi atau riset, rencana dan tujuan untuk waktu yang akan datang, riset yang sudah dilakkan sebelumnya.
Satu buah surat rekomendasi dari profesor yang harus menyebutkan hal-hal seperti pencapaian pemohon dalm bidang akademik, karakter, kepribadian, serta potensi pemohon di masa depan.
Surat yang menjelaskan bahwa pemohon sudah diterima dalam program studi untuk jenjang yang akan ditempuh menggunaka beasiswa ini.
Untuk 4 dokumen terakhir, kamu harus menyiapkan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahas Jepang. Jika dokumen aslinya bukan dalam 2 bahasa tersebut maka harus diterjemahkan terlebih dahulu.

Untuk dokumen-dokumen yang harus kamu kirimkan melalui POS, kamu harus mengirimkannya ke alamat berikut ini:
Honjo International Scholarship Foundation
1-14-9, Tomigaya, Shibuya-ku, Tokyo 151-0063
Tel: +81-3-3468-2214 Fax: +81-3-3468-2606
Website : http://www.hisf.or.jp 
Email : info@hisf.or.jp 

Proses Seleksi
Selanjutnya adalah mengenai poroses seleksi dari beasiswa ini yang juga tentunya penting untuk kamu perhatikan.
1. Periode pendaftaran setiap tahunnya untuk beasiswa ini adalah pada bulan Agustus hingga Oktober.
2. Seleksi pertama dari beasiswa ini akan menggunakan dokumen-dokumen yang sudah dikumpulkan pemohon sebagai bahan pertimbangan. Pemohon yang lolos seleksi pertama akan diumumkan di halaman resmi beasiswa ini pada bulan Januari tahun berikutnya.
3. Seleksi kedua dari beasiswa ini akan diadakan pada paruh pertama bulan Februari di Tokyo. Hal-hal berkaitan dengan seleksi kedua ini akan dikomunikasikan hanya dengan pemohon yang sudah lolos seleksi pertama.
4. Pengumuman akhir dari beasiswa ini akan dilakukan pada pertengahan bulan Maret.



Kemudian berikut ini adalah hal-hal yang juga harus kamu ketahui kaitannya dengan beasiswa ini agar tidak menjadi pertanyaan atau menyebabkan kebingungan nantinya:
1. Dokumen-dokumen untuk pendaftaran beasiswa ini tidak akan dikembalikan pada pemohon
2. Informasi pribadi yang diminta dalam formulir dan berbagai dokumen untuk keperluan pendaftaran beasiswa ini dijamin tidak akan digunakan dalam kepentingan-kepentingan lain lagi oleh pihak pengelola beasiswa
3. Dokumen-dokumen yang dikirimkan harus berada dalam 1 amplop ukuran A4
4. Pastikan untuk melengkapi semua dokumen yang diminta kemudian memastikan bahwa semua dokumen tersebut sudah dijadikan satu dalam amplop yang kamu kirimkan agar permohonan beasiswa yang kamu kirimkan tersebut sah

Nah itu tadi mengenai program beasiswa Foreign Students’ Scholarship dari Honjo International Scholarship Foundation yang bisa kamu gunakan untuk melanjutkan studi pascasarjana di Jepang.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Pilih 7 Jurusan Ini Jika Ingin Dapat Gaji Tinggi di Malaysia

Sumber: hotcourses.co.id

Setiap mahasiswa yang berkuliah pasti bertujuan untuk meningkatkan prospek kerjanya. Dan bekerja di negara tempat kita berkuliah juga sering menjadi dambaan mahasiswa internasional. Kalau kita memilih untuk berkuliah di Malaysia, jurusan apa saja sih yang mempunyai prospek kerja yang cerah? Berikut ini adalah ranking jurusan di Malaysia berdasarkan gaji yang diterima lulusan baru, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi:


7. IT – SOFTWARE

Gaji per bulan: RM2, 452

Malaysia adalah negara yang sedang berkembang, terutama di bidang teknologi. Sehingga sangat wajar jika masih banyak kesempatan kerja dalam bidang teknologi. Banyak sekali perusahaan atau organisasi yang mencari kandidat yang mempunyai latar belakang dan kualifikasi IT di Malaysia. Jika kamu bisa memanfaatkan peluang ini, tentu akan member banyak keuntungan buatmu.


6. ACTUARIAL SCIENCE

Gaji per bulan: RM2, 475

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari segala hal tentang investasi? Atau kamu menyukai angka dan ingin belajar berinvestasi? Malaysia adalah tempat yang tepat untuk mempelajari Actuarial Science! Malaysia terkenal sebagai negara yang menghabiskan jutaan ringgit setiap tahunnya untuk produk-produk finansial seperti asuransi, pension, dan hipotek.



5. AVIASI

Gaji per bulan: RM2, 533

Apakah kamu pernah bercita-cita untuk melakukan pekerjaan di bidang penerbangan? Misalnya saja kamu ingin menjadi pilot atau yang lainnya. Jika iya, maka pekerjaan di bidang aviasi cocok untukmu. Sebenarnya pekerjaan bidang Aviasi tidak hanya menjadi pilot, tetapi juga pekerjaan seperti mencarter pesawat, komuter atau penerbangan perusahaan atau pribadi, bagi mereka yang ingin menjalani bisnis yang berhubungan dengan aviasi. Kabar baiknya adalah, saat ini Malaysia sedang mencari tenaga kerja yang memiliki kualifikasi bidang Aviasi. 


4. GEOFISIKA

Gaji per bulan: RM2, 600

Kuliah di bidang geofisika sering kali mempunyai kesan bahwa jurusan ini adalah jurusan bagi orang-orang pintar dan berkacamata tebal. Tapi tahukah kamu, geofisika sebenarnya adalah ilmu yang mempelajari planet serta menilai perilaku dan properti fisik dengan menggunakan metode fisika. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan ini. Jadi pantas saja jika Malaysia saat ini memerlukan banyak ahli geofisika untuk industri yang berhubungan dengan tanah, serta untuk mengatasi masalah polusi yang terus memburuk setiap harinya. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang sayang lingkungan dan menginginkan bayaran yang tinggi. Tertarik? Segera daftar ke universitas-universitas yang memiliki program satu ini ya!


3. KEDOKTERAN

Gaji per bulan: RM2, 719

Di Malaysia, dokter adalah sebuah profesi yang sangat dihargai. Pengghargaan tersebut umumnya ditunjukkan dengan pemberian gaji yang tinggi. Bahkan, dokter di Malaysia adalah orang yang memiliki gaji ketiga tertinggi di Malaysia.


2. STRATEGI KORPORASI

 Gaji per bulan:  RM3, 200

Jurusan strategi korporasi atau corporate strategy adalah bidang keilmuan yang mempelajari cara untuk bertahan dalam pasar yang penuh persaingan serta menyusun rencana jangka panjang untuk memperkuat kelangsungan hidup perusahaan. Pekerjaan ini membutuhkan kreatifitas dan kemampuan berinovasi, serta naluri bisnis. Melihat perkembangan ekonomi dunia, pekerjaan semacam ini akan terus dibutuhkan. Tak terkecualai di Malaysia. Maka pantas saja jika negara ini sangat menghargai orang dengan jurusan ini.

1. FARMASI

Gaji per bulan:  RM3, 640

Saat ini, industri farmasi di Malaysia sedang berkembang dengan pesat. Hal ini juga menyangkut dengan bidang pekerjaan kedokteran yang ada di negeri Jiran ini. Sehingga tidak heran bidang ini memberikan gaji yang sangat tinggi.



Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Kuliah Bisnis di Australia, Pastikan memilih 10 Universitas Ini, Ya!

Sumber: hotcourses.co.id

Di Australia, ada banyak universitas yang menawarkan berbagai program jurusan. Salah satu jurusan yang paling dimintai di berbagai universitas di Australia adalah ilmu bisnis. Sayangnya, memilih salah satu universitas yang tepat untuk jurusan ilmu bisnis kadang-kadang membuat pusing kepala. Apalagi jika pilihan universitasnya cukup banyak seperti di Australia.


Untuk mempermudahmu menentukan universitas mana yang ingin kamu masuki, kamu bisa memulainya dengan mengetahui program yang ingin kamu pilih. Selain itu, kamu bisa melihat reputasi dari universitas tersebut. Bagi kamu yang ingin mendalami ilmu bisnis, kuliah di Australia merupakan pilihan yang tepat karena universitas bisnis di Australia memiliki reputasi berstandar internasional. Di antara banyaknya universitas bisnis di Australia, inilah daftar 10 universitas bisnis terbaik di Australia yang diakui oleh dunia pendidikan internasional:

•    Australian Graduate School of Management (AGSM)
•    Melbourne Business School
•    RMIT University
•    University of Sydney, Business School
•    La Trobe University, Graduate School of Management
•    Macquarie University, Graduate School of Management
•    University of Southern Queensland
•    James Cook University
•    Griffith University
•    Curtin University of Technology

Kesepuluh universitas tersebut telah terkenal memiliki mutu pengajaran terbaik di Australia. Selain itu, mereka mampu memberikan lingkungan belajar yang mendukung dan juga kompetitif bagi para mahasiswanya. Tidak hanya dari segi mutu pendidikan, universitas-universitas ini juga menyediakan sarana dan kegiatan di luar program kuliah yang menunjang bagi para mahasiswa. Contohnya tersedia klub olah raga, klub debat, klub musik dan kegiatan kompetitif lainnya.

Universitas-universitas di Australia ini termasuk dalam jajaran universitas terbaik di tingkat dunia. Tak heran jika mahasiswa bisnis universitas di Australia memiliki persentase tertinggi untuk diterima di organisasi internasional.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Siapkan Biaya-biaya Berikut Jika Kamu Mau Kuliah di Amerika!

Sumber: hotcourses.co.id

American dream, mungkin adalah salah satu alasan banyak mahasiswa internasional memilih Amerika sebagai destinasi kuliah. Bayangan untuk bisa berkuliah di negeri Paman Sam itu menjadi impian banyak orang. Namun sayangnya, Amerika adalah negara dengan biaya pendidikan yang sangat tinggi. Hal ini sering membuat urung banyak mahasiswa internasional mencapai mimpinya.
 

Tapi tahukah kamu, sebenarnya biaya hidup di Amerika tergolong rendah? Ya, meski biaya pendidikannya tinggi, namun biaya hidup di Amerika tergolong rendah. Hal ini tentu saja tergantung di mana kamu tinggal. Amerika adalah tempat yang sangat besar dengan biaya hidup di berbagai daerah berbeda. Nah, sebagai persiapan untuk bisa berkuliah di Amerika, sebaiknya cari tahu berapa besar biaya hidup rata-rata yang kamu butuhkan selama kuliah di sana nantinya.

Akomodasi

Untuk merasakan kehidupan kampus sesungguhnya, umumnya mahasiswa akan disarankan untuk tinggal di kampus. Hal ini karena nantinya banyak aktivitas mahasiswa yang diadakan di kampus dan kamu akan sering mengikutinya. Tapi kamu juga masih bisa memilih untuk tinggal di luar kampus kok jika tidak nyaman tinggal di asrama kampus. Yang jelas masalah akomodasi ini harus diatur sebelum kamu tiba di Amerika.

Untuk kamu yang memilih akomodasi di asrama kampus, umumnya kamu akan dikenakan biaya sewa yang terbilang cukup banyak. Universitas terkenal atau berada di kota yang mahal akan membebankan biaya sewa lebih mahal. Biaya sewa umumnya termasuk peralatan dan makan bersubsidi. Sebagai contoh, Cornell University membebangkan mahasiswa US$9,180 per tahun ajaran untuk kamar single, termasuk peralatan sedangkan Pennsylvania State University membebankan US$2,595 per semester untuk kamar sharing di asrama dan US$3,060 untuk suite dua kamar yang dilengkapi kamar mandi.

Jangan khawatir jika nantinya kamu memilih akomodasi di luar kampus. Biasanya, pihak universitas bisa membantu atau menunjukkan jalan yang tepat untuk mendapatkan kamar di rumah bersama atau flat. Tapi, hal ini perlu kamu pertimbangkan dengan seksama karena kehidupan kuliah di Amerika adalah kunci dan bagian unik dari kebudayaan di sana. Umumnya biaya sewa akomodasi di luar kampus sekitar US$1,800 per bulan untuk apartemen belajar di New York dan hanya US$1,040 di pusat kota Colorado.

Biaya hidup

Jika kamu memilih untuk tidak tinggal di kampus, sangat sulit untuk memperkirakan berapa biaya sewa yang harus kamu keluarkan. Tapi untungnya, biaya hidup yang lain di Amerika terbilang lebih konsisten. Misalnya saja biaya untuk kebutuhan berikut.

•    Internet (jika tidak termasuk didalam sewa) – US$50 per bulan
•    T-mobile, bicara sepuasnya, sms, web, 500 MB data kecepatan tinggi - US$50 per bulan
•    Peralatan (jika tinggal di luar kampus atau tidak termasuk didalam sewa) – US$162


Biaya Transportasi

Setiap negara bagian di Amerika memiliki sistem transportasi umum tersendiri dengan biaya dan servis yang berbeda-beda. Mengatahui biaya transportasi ini menjadi sebuah hal yang sangat perlu kamu lakukan. Hal ini dikarenakan kebanyakan kampus terletak jauh dari pusat kota. Jadi nantinya kamu akan sering menggunakan transportasi umum. Untuk mengetahui gambaran umum biaya transportasi umu di Amerika, berikut ini daftarnya.

•    Kereta api lokal atau bis, 1 kali perjalanan, New York – US$2.50
•    Metrocard perjalanan sepuasnya, 1 bulan, New York – US$112
•    Bis lokal, kereta api atau perjalanan dengan mobil, Utah – US$2.50
•    Pas mahasiswa 30 hari – US$62.75
•    Satu kali perjalanan, hari kerja, metro, zone 1 – US$4.75
•    Pas Mahasiswa Kota, Philadelphia – US$327.60

Makanan

Untuk soal makanan, Amerika tergolong negara yang cukup murah. Berbelanja makanan di supermarket seperti Walmart dan Target akan sesuai dengan “kantong” mahasiswa. Beberapa kebutuhan makanan yang biasanya dibeli oleh mahasiwa adalah:

•    Susu, 2.3L – US$2
•    Roti putih atau roti sandwich – US$1.30
•    Fillet dada ayam, 680g – US$9.49
•    Spaghetti, 454g – US$1.48
•    Minyak Olive, 482ml – US$8
•    Telur, 12 – US$4
•    Big Mac – US$4.20

Biaya lain

Selain belajar, tentunya kita juga dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan baik selama masa kuliah di Amerika. Ketika berkuliah, kehidupan sosialmu akan terpusat pada kampus. Jadi kamu akan lebih sering menghabiskan malam bersama teman teman ketimbang di bar. Tetapi, jika kamu ingin bepergian ke luar kampus, kamu tidak akan menghabiskan terlalu banyak uang saku kok. Beberapa hal ini mungkin bisa menjadi gambaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk kehidupan sosialmu selama di Amerika.

•    Pint di bar atau restaurant – US$3.25
•    Cappuccino di kafe – US$3.50
•    Air botol 300ml – US$1.30
•    Makan keluar, restoran menengah, tiga lauk – US$25
•    Tiket bioskop tanpa diskon mahasiswa – US$8.40

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Ikuti Program Pra-Master Ini Jika Ingin Sukses Kuliah Master Degree!

Sumber: hotcourses.co.id

Apakah kamu adalah orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus kuliah? Mungkin kamu adalah orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke program master di luar negeri. Sayangnya, kamu mungkin masih bingung bagaimana caranya bisa sukses measuk ke universitas yang kamu inginkan. Eits, jangan sedih dulu! Karena University of Sussex International Study Centre punya jawabannya!!


Yap, University of Sussex International Study Centre memang punya jawaban untuk masalahmu itu. Yaitu dengan menawarkan program persiapan master. Mengikuti program persiapan master adalah ide yang bagus untuk memulai langkahmu. Karena program ini bisa menentukan seberapa berhasilkan kamu dalam menjalani program master kamu setelahnya.

Apa itu program pra-master?

Mungki kamu masih asing dengan istilah program pra-master. Sebenarnya yang disebut sebagai pre-masters di luar negeri adalah  program yang didesain khusus untuk menyiapkan mahasiswa mengikuti perkuliahan gelar pascasarjana. Utamanya, yang diberikan oleh University of Sussex International Study Centre adalah persiapan untuk masuk program master di universitas Inggris. Program ini dirancang khusus untuk menyediakan persiapan yang menyeluruh untuk studi pascasarjana. Fokusnya adalah pada area-area seperti:
•    Keahlian berbahasa Inggris
•    Keahlian riset tingkat tinggi
•    Kerja kelompok
•    Manajemen waktu

Di University of Sussex International Study Centre, program pra-master ini bersifat intensif dan berdurasi satu hingga dua semester. Program ini mengkombinasikan modul-modul akademis, pelatihan keahlian studi, dan juga bimbingan bahasa Inggris. Semua bimbingan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa benar-benar siap menghadapi berbagai tantangan perkuliahan gelar Master dan jalur pembelajarannya. Program ini didesain supaya mahasiswa dapat maju secara lancar untuk mengikuti perkuliahan master purna waktu di universitas.

Bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan karir mereka, memperdalam pengalaman di universitas Inggris, dan ingin melakukan penelitian yang lebih mendalam di area yang spesifik, program ini akan memberikan banyak manfaat. Ada banyak keunggulan yang bisa diperoleh dari program pra-master ini. Di antaranya adalah:

1.    Menjadikan gelar master kualifikasi yang mungkin bagi semua orang
Jika kamu belum memenuhi persyaratan masuk ke program master, mengambil program pra-master akan membantumu memastikan kamu telah mempelajari keahlian yang diperlukan. Setelah menyelesaikan program ini dengan nilai yang ditentukan, kamu bisa mengikuti perkuliahan master di berbagai universitas di Inggris.

2.    Meningkatkan rasa percaya diri
Kamu bukan fresh graduate? Atau telah meninggalkan bangku kuliah selama beberapa waktu? Mungkin kamu perlu menyegarkan kembali keahlian berbahasa dan pengetahuan tertentu sebelum kembali mengambil program pascasarjana purna waktu. Salah satu keunggulan dari program pra-master ini adalah kamu akan mempelajari keahlian, pengetahuan, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri untuk mengikuti perkuliahan. Selain itu, program ini akan memastikan kamu benar-benar siap memenuhi tuntutan studi untuk dapat sukses dalam perjalanan mengejar gelar master.

3.    Menikmati program khusus
Kamu dapat menemukan serangkaian program pra-master di Inggris, yang sesuai dengan gelar master yang ingin kamu ambil. Di University of Sussex International Study Centre sendiri, kamu bisa memilih salah satu dari jalur berikut:
•    Komputer
•    Hubungan Internasional dan Perkembangan Internasional
•    Hukum
•    Manajemen dan Keuangan
•    Studi Media, Jurnalisme, dan Perfilman

kamu akan mempelajari modul-modul utama dari setiap jalur beserta modul-modul spesifiknya. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk fokus pada bidang akademis yang relevan dengan jurusan master pilihan kamu.

4.    Mengenal kehidupan di Inggris
Salah satu kelebihan utama dari program pra-master adalah kamu bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan dan sistem akademis di Inggris lebih awal. Dengan program persiapan ini, kamu berkesempatan meningkatkan keahlian berbahasa Inggris kamu dengan cepat sebelum memulai perkuliah yang sesungguhnya. Kamu juga mendapat kesempatan untuk mulai berbaur dengan kebudayaan Inggris. Selain itu, kamu juga bisa memastikan kenyamanan tempat tinggal barumu. Hal ini tentunya akan sangat membantu mengurangi tekanan yang mungkin dihadapi selama perkuliahan, sehingga kamu dapat benar-benar fokus dengan baik sewaktu mengikuti perkuliahan pascasarjana. 


5.    Merasakan kehidupan universitas dari hari pertama
Mengambil program pra-master di tempat di mana kamu akan mengikuti perkuliahan master nantinya akan membantu kamu menyesuaikan diri dengan kehidupan universitas sebelum perkuliahan gelar dimulai. University of Sussex International Study Centre mengenalkan kamu terhadap gaya pengajaran yang akan diterapkan sewaktu perkuliahan master. Kamu akan belajar dalam kampus, mengakses berbagai fasilitas yang sama dengan mahasiswa-mahasiswa di universitas, berpartisipasi dalam tutorial, kelas bergaya seminar, dan bahkan merasakan perkuliahan dengan kelompok yang lebih besar seperti yang akan kamu ikuti di perkuliahan master nantinya. Semua ini akan membuat masa transisi kamu menjadi begitu gampang.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Masih Bingung Menentukan Jurusan Kuliah di Hong Kong? Pilih Salah Satu dari Daftar Ini!

Sumber: hotcourses.co.id

Hong Kong adalah negara favorit untuk dijadikan destinasi kuliah. Alasan negar ini menjadi favorit adalah karena negara ini sangat kaya akan sejarah, kebudayaan, dan juga bahasa. Tapi selain bidang-bidang tersebut, Hong Kong juga mempunyai jurusan-juruasn unggulan. Di antaranya:


Bisnis/MBA

Dari tahun ke tahun, perekonomian Asia selalu mengalami peningkatan. Bahkan, kini banyak negara-negara Asia yang menjadi saingan bagi negara-negara Barat. Hong Kong adalah salah satu negara tersebut. Tak heran jika banyak mahasiswa internasional sangat berminat untuk belajar tentang bisnis di negara ini apalagi, Hong Kong memiliki keunggulan dibanding negara Asia lainnya. Keunggulan tersebut adalah karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa pengantar utama di negara ini. Hal ini membuat mahasiswa internasional lebih mudah berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Banyak sekali mahasiswa intenasional yang memilih tetap tinggal di Hong Kong. Itu semua karena Hong Kong merupakan salah satu negara Asia yang memiliki perekonomian terkuat di dunia. 


Politik dan Sejarah

Sejarah adalah salah satu daya tarik dari Hong Kong. Hong Kong memang terkenal kaya akan sejarah, mulai dari pengalaman penjajahan di bawah imperialisme British selama hampir setengah abad hingga menjadi bagian dari Republik Rakyat Tiongkok. Oleh karena itu belajar Politik ataupun Sejarah di sebuah negara yang dianggap sebagai ‘orang luar’ oleh Tiongkok dan Barat akan menjadi satu kajian yang menarik. Bahkan, dengan kuliah di Hong Kong, kamu juga memiliki peluang untuk perjalanan ke Tiongkok untuk memahami secara langsung apa yang dimaksud dengan rezim Komunis. Sungguh menarik, bukan?

 

lmu Lingkungan Hidup

seperti yang kamu tahu, Hong Kong adalah salah satu negara yang indah untuk dikunjungi. Di negara ini kita bisa melihat berbagai jenis pemandangan. Itu semua tergantung di mana kita berada. Kita mungkin bisa melihat pemandangan kota, pemandangan alam yang hijau, dan puncak gunung tanpa harus memutar kepala! Hanya sekitar 25% dari tanah Hong Kong yang dikembangkan. Sedangkan sisanya meninggalkan banyak bebukitan dan daerah pegunungan untuk dieksplorasi. Walau begitu, di negara ini terdapat beberapa isu-isu lingkungan dan iklim. Misalnya saja yang paling besar adalah isu kabut asap akibat industrialisasi yang pesat di abad ke-20. Hal ini membuat Hong Kong terus berusaha untuk menjadi lebih hijau dan ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir. Sementara itu, iklim subtropis dan musiman menjanjikan sinar matahari yang cukup dan angin yang nyaman. Meskipun sesekali negara ini dilanda topan dan badai tropis. Keseluruhan hal tersebut membuat Hong Kong menjadi tempat yang meraik untuk belajar ilmu lingkungan hidup.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Langkah-Langkah Dasar dalam Mencari Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri


Meskipun benar bahwa ada banyak pilihan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, faktanya adalah kamu tidak bisa asal memilih dan pasti langsung akan diterima. Justru karena banyaknya beasiswa tersebut, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa memilih satu pilihan yang paling tepat untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Sayangnya bahkan sampai saat ini masih saja ada yang mengalami kesulitan untuk bisa memilih beasiswa yang paling sesuai untuk diri masing-masing.

Kali ini akan dijelaskan langkah-langkah dasar yang harus kamu lakukan jika kamu ingin mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri yang paling pas buat kamu. Pemilihan beasiswa yang paling tepat ini sangat penting karena beasiswa biasanya ada yang dibatasi hanya dalam bidang-bidang tertentu saja. Salah pilih beasiswa bukan tidak mungkin kamu justru harus membayar studi dengan biaya sendiri karena ternyata studi yang kamu ambil tidak didukung beasiswa tersebut.

Nah, berikut ini adalah hal-hal mendasar yang harus kamu ingat dan lakukan ketika kamu berniat mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri. Perhatikan dan ingat baik-baik ya.


1. Buat Kriteria Khusus untuk Kamu Sendiri
Nah dari banyaknya beasiswa yang ada dan bisa kamu ambil, tentu kamu harus memperkecil lingkup pilihannya. Bagaimana caranya? Satu cara yang sangat mendasar adalah dengan membuat sebuah kriteria yang khusus hanya untuk kamu dan sangat sesuai dengan kamu sendiri. Dalam membuat kriteria ini tentu ada faktor-faktor yang wajib kamu pertimbangkan seperti bidang studi, ikatan dinas, serta juga level pendidikan. Dengan menggunakan hal-hal tersebut yang sesuai dengan diri kamu, maka nantinya kamu akan mendapatkan sebuah kriteria untuk memilih beasiswa yang paling sesuai.

2. Tentukan dan Jaga Fokus Beasiswa
Nah setelah kamu mempunyai kriteria khusus dari beasiswa yang akan kamu cari, kamu sudah bisa mulai mencari berbagai informasi seputar beasiswa dengan menggunakan kriteria yang sudah kamu punya. Dengan demikian kamu bisa menentukan fokus dalam mencari beasiswa yang paling sesuai dengan kriteria kamu. Satu sisi mungkin merugikan karena kamu jadi tidak mengetahui informasi beasiswa lain yang tidak ada dalam kriteria kamu, namun hal ini juga ternyata menguntungkan karena kamu jadi bisa benar-benar serius dalam mencari informasi beasiswa dalam fokus yang sudah kamu tentukan. Ingat selalu untuk menjaga fokus dalam mencari beasiswa ini sampai kamu benar-benar menemukan yang pas dan cocok buat kamu.

3. Cari Informasi yang Relevan dari Sumber Terpercaya
Hal ini sangat penting kamu lakukan karena kamu membutuhkan semua informasi tentang beasiswa yang ada sesuai dengan kriteria yang sudah kamu buat. Nah dalam mencari informasi tentang beasiswa tersebut yang memang relevan dan dijamin dari sumber terpercaya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Kunjungi Website Penyedia Informasi Beasiswa
Salah satu cara paling gampang yang bisa kamu lakukan untuk mencari informasi seputar beasiswa adalah dengan mengunjungi website penyedia informasi beasiswa. Ada banyak website yang bisa kamu kunjungi dan disana akan ada banyak informasi beasiswa yang bisa kamu pergunakan. Biasanya akan ada kolom pencarian dimana kamu bisa mencari beasiswa sesuai dengan kriteria dan fokus yang sudah kamu tentukan sebelumnya tadi.

Langganan Informasi Beasiswa
Kamu pernah dengar yang namanya milis? Jika belum, segeralah cari milis yang memberikan informasi beasiswa. Ada banyak juga milis dimana kamu bisa bergabung dan akan selalu mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar beasiswa. Hal ini akan sangat membantu kamu jika kamu memang sudah mempunyai aktivitas rutin setiap harinya. Tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu kamu sudah akan mendapatkan informasi seputar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri.

Cari Menggunakan Search Engine
Nah jika kamu mempunyai cukup banyak waktu luang atau kamu memang selalu ter-koneksi dengan internet maka cara ini akan sangat gampang kamu lakukan. Kamu hanya harus memastikan bahwa kata kunci yang kamu gunakan nantinya sudah sesuai dengan kriteria dan fokus dari beasiswa yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan kata kunci mulai dari negara, bidang studi, jenjang, dan lain sebagainya.

Baca Media Cetak
Selanjutnya satu hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunggu dan kemudian membaca serta mencerna informasi dari media cetak. Hal ini bersifat pasif jadi kamu hanya harus menunggu kapan informasi itu ada kemudian memprosesnya.

Nah dalam mencari informasi beasiswa, sangat disarankan kamu untuk mengkombinasikan cara-cara tadi agar hasilnya lebih maksimal dan bisa memberikan pertimbangan yang lebih baik ketika nanti kamu harus menentukan pilihan terakhirmu pada beasiswa tertentu.


4. Pilih Satu Beasiswa yang paling Sesuai
Setelah mempunyai kriteria dan menggunakannya untuk mencari segala informasi tentang beasiswa untuk kamu kejar nantinya, maka kamu kemudian harus mampu untuk memilih satu pilihan yang kamu rasa paling tepat. Bahkan ketika kamu sudah menggunakan kriteria dan fokus dalam mencari beasiswa, kamu masih akan menemukan beberapa pilihan yang akhirnya harus kamu pertimbangkan masing-masing. Pertimbangkan matang-matang ketika harus memilih satu beasiswa karena biasanya beasiswa itu periodenya bersamaan jadi jika ternyata salah pilih kamu mungkin baru akan bisa mengikuti seleksi lagi tahun berikutnya bahkan untuk beasiswa lainnya lagi.

5. Siapkan Berbagai Syarat yang Dibutuhkan
Terakhir untuk bisa mengejar dan mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri kamu tentu harus menyiapkan segala hal yang menjadi persyaratan dari sebuah beasiswa itu sendiri. Beasiswa yang berbeda bisa mempunyai persyaratan yang berbeda jadi pastikan kamu memahami persyaratan-persyaratan dari beasiswa yang akan kamu ambil tersebut. Dalam persyaratan beasiswa biasanya akan dibutuhkan juga dokumen-dokumen tertentu yang meliputi:
Sertifikat TOEFL , IELTS, atau bukti kemampuan bahasa yang lain
Hasil tes GMAT atau GRE
Bukti pengalaman kerja
Surat rekomendasi dari dosen, guru, atau atasan di tempat kerja
Bukti penerimaan atau Letter of Acceptance dari universitas yang kamu tuju
Surat rekomendasi dari pihak universitas yang menerima kamu (jika memungkinkan)
Esai personal yang memuat motivasi, tujuan, dan berbagai hal yang membuatmu layak menerima beasiswa tersebut


Hal-hal tersebut hanya sebagian dar prasyarat ketika kamu mengajukan permohonan beasiswa. Bisa saja beasiswa yang kamu kejar memiliki prasyarat yang berbeda jadi pastikan untuk membaca dan memahami informasi tentang beasiswa tersebut ya.

Kelima hal tersebut adalah hal-hal paling mendasar yang harus kamu lakukan ketika kamu berniat untuk mengejar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Jadi jangan hanya setiap waktu bertanya tentang “Bagaimana cara kuliah ke luar negeri?”, tapi lakukan hal-hal tersebut jadi kamu tidak hanya akan jalan ditempat dalam proses mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa SEARCA untuk Studi S2 dan S3 di Kawasan Asia Tenggara

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri namun tidak ingin terlalu jauh dari Indonesia, salah satu pilihan yang bisa kamu ambil adalah beasiswa SEARCA. Saat ini beasiswa ini sedang membuka penerimaan untuk periode 2016 – 2017 yang akan memberikan kesempatan untuk penerima beasiswa ini menempuh studi di salah satu universitas anggota SEARCA. Nama SEARCA itu sendiri merupakan singkatan dari Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture. Secara resmi nama beasiswa ini dikenal dengan SEARCA Graduate Scholarship for Southeast Asians.



Dari nama beasiswanya sendiri yang mencakup kawasan Asia Tenggara, tentu Indonesia termasuk dalam lingkup asal pemohon beasiswa yang akan bisa mendapatkan beasiswa ini jika berhasil lolos seleksinya. Tentu sasaran utama atau target dari beasiswa ini adalah para pemohon beasiswa lulusan S1 yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara.

Untuk lebih jelasnya, pemohon yang berasal dari Vietnam, Timor Leste, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Malaysia bisa mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. Mereka yang mempunyai prestasi atau pencapaian dalam bidang akademik, penelitian, atau juga di lembaga pemerintah juga bisa mengikuti seleksi beasiswa ini asalkan tidak berusia lebih dari 35 tahun pada saat mendaftarkan diri.

Seperti juga terdapat dalam nama dari beasiswa ini, bidang yang ditawarkan untuk bisa diambil dan dibiayai oleh beasiswa ini adalah dalam bidang pertanian dan beberapa bidang yang berkaitan atau juga mendukung pertanian. Bidang-bidang yang mendukung tersebut antara lain meliputi ilmu-ilmu sosial, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, perikanan, dan juga ilmu biologi. Jadi jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk beasiswa ini, pastikan bahwa kamu sudah memahami bidang-bidang apa saja yang bisa kamu ambil.

Pemohon yang sudah lolos proses seleksi penerimaan beasiswa ini nantinya akan mendapatkan pembiayaan penuh selama studi S2 atau S3. Pambiayaan penuh tersebut mencakup uang kuliah, uang saku, biaya perjalanan baik itu internasional aupun domestik, biaya tesis atau disertasi, tunjangan buku, serta asuransi kesehatan. Dengan pembiayaan penuh seperti itu sangat sayang jika kamu tidak menggunakan kesempatan semaksimal mungkin untuk mengejar beasiswa ini.

Selain memahami bidang-bidang yang bisa kamu ambil, kamu juga harus mengetahui pilihan universitas atau perguruan tinggi yang termasuk dalam program beasiswa SEARCA ini. Berikut ini adalah universitas atau perguruan tinggi yang termasuk dalam program SEARCA Graduate Scholarship for Southeast Asian:

Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor, Indonesia
(IPB official website
Universitas Gadjah Mada (UGM) – Yogyakarta, Indonesia
(UGM official website
Universiti Putra Malaysia (UPM) – Selangor, Malaysia
(UPM official website
Kasetsart University (KU) – Bangkok, Thailand
(KU official website
University of the Philippines Los Banos (UPLB) – Laguna, Philippines
(UPLB official website
University of the Philippines Diliman (UPD) – Quezon City, Philippines
(UPD official website
University of the Philippines Visayas (UPV) – Iloilo, Philippines
(UPV official website



Nah bahkan ada universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang termasuk dalam program beasiswa ini. Dengan mengetahui daftar universitas dan perguruan tinggi yang termasuk dalam program ini maka selanjutnya kamu bisa mulai mencari informasi seputar universitas atau perguruam tinggi tersebut melalui situs resminya masing-masing.

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tema-tema studi yang menjadi prioritas dari beasiswa ini juga ditentukan. Simak baik-baik bidang-bidang berikut ini yang nantinya akan kamu ambil dalam tesis atau disertasi yang kamu buat guna menyelesaikan studi dengan beasiswa ini:

Social Inclusion
1. Strengthening of Value Chains and Agribusiness Commodity Systems
2. Integration of small-scale farmers into commercial food systems
3. Food and Nutrition Security
4. Productivity-enhancing innovations and modern technologies
5. Rural entrepreneurship toward off-farm and non-farm businesses

Environmental Sustainability
1. Climate change adaptation and resiliency
2. Natural Resource Management

Cross-cutting Concerns
1. Sub-regional cooperation in trade and investments
2. Regional Economic Integration (AFTA and AEC 2015)
3. Government Policies, Institutions, and Governance Mechanisms/Reforms that can address and redress rural poverty, inequitable growth, and environmental degradation

Dalam hal persyaratan dasar dari beasiswa ini sudah disebutkan sebelumya jadi selanjutnya adalah mengenai dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan, kamu lengkapi, dan kamu kumpulkan untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa ini. Berikut adalah daftar lengkap dalam hal dokumen untuk beasiswa SEARCA ini:

Formulir permohonan atau pendaftaran beasiswa SEARCA yang sudah diisi dan dilengkapi sesuai permintaan (2 copy). Formulir ini bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di http://www.searca.org/index.php/application-forms.
Formulir pendaftaran ke universitas atau perguruan tinggi dari maksimal 3 universitas atau perguruan tinggi yang diisikan di formulir permohonan atau pendaftaran beasiswa SEARCA yang merupakan tempat pemohon nantinya menempuh studi.
Ijazah dan transkrip resmi dari jenjang sebelumnya dalam bentuk salinan yang sudah dilegalisir. Pemohon studi S2 menggunakan ijazah dan transkrip S1 sedangkan pemohon S3 menggunakan ijazah dan transkrip S1 serta S2.
Surat Keterangan Kerja
Curriculum Vitae terbaru
Penjelasan atau deskripsi singkat dari penelitian tesis atau disertasi yang akan dilakukan dalam studinya nanti
Foto terbaru ukuran paspor (2 lembar)
Surat keterangan sehat jasmani dan mental dari dokter serta mampu mengambil atau menempuh studi pascasarjana
Surat persetujuan resmi dari atasan atau pimpinan
Sertifikat TOEFL dengan skor 550 atau IELTS dengan skor 6.0



Setelah semua dokumen tersebut kamu lengkapi, kamu bisa melakukan proses pendaftaran dengan mengirimkan langsung dokumen-dokumen tersebut melalui Kementerian Pendidikan. Pihak Kementerian Pendidikan kemudian akan menyaring permohonan yang masuk lalu mengesahkan permohonan-permohonan tersebut yang nantinya akan diajukan ke pihak SEARCA. Hal ini wajib kamu lakukan pada bulan September setiap periodenya jika ingin mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top