Beasiswa LExS dari Leiden University untuk Periode 2017

Salah satu universitas favorit tujuan mahasiswa dari berbagai negara untuk melanjutkan studi adalah Leiden University yang terletak di Belanda. Sudah tentu sebagai universitas favorit, Leiden University menyediakan banyak pilihan program beasiswa dan bantuan keuangan atau pembiayaan bagi mahasiswa-mahasiswa yang menginginkan untuk kuliah disana. Salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh Leiden University adalah Leiden University Excllence Scholarships atau bisa dsingkat LExS.

Beasiswa ini khusus diadakan dan disediakan bagi mahasiswa S2 semua jurusan dari luar kawasan Eropa dan mahasiswa S2 program Master of Laws atau MSc in International Relations & Diploacy dari negara manapun. Sebagai mahasiswa dari Indonesia tentu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Leiden University dengan beasiswa LExS ini jika kamu berniat mengambil kuliah jenjang S2.


Target Beasiswa LExS
Seperti sudah disebutkan tadi bahda beasiswa ini terbuka lebar untuk mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Lebih jelasnya berikut ini adalah target dari beasiswa LExS ini:
Mahasiswa dari negara di luar kawasan Eropa yang berniat menempuh studi jenjang S2 dengan masa studi yag dimulai pada bulan Februari 201 atau September 2017. Jurusan yang bisa diambil mencakup semua yang diseburkan dalam halaman resmi studi S2 Leiden University (http://en.mastersinleiden.nl/).
Mahasiswa dari negara manapun termasuk kawasan Eropa yang hendak mengambil kuliah jenjang S2 pada program Advanced Master dengan studi yang dimulai pada bulan Februari 2017 atau September 2017. Jurusan yang bisa diambil meliputi 9 jurusan dari bidang Master of Laws dan 1 jurusan MSc in International Relations & Diplomacy.

Persyaratan Tambahan Beasiswa LExS
Selain target dari beasiswa ini yang bisa juga dibilang sebagai persyaratan utamanya, ada hal-hal lain yang wajib diperhatikan kaitannya dengan proses seleksi dan permohonan beasiswa ini. Berikut rinciannya:
Pemohon beasiswa ini paling tidak harus termasuk dalam 10% dalam peraih nilai atau prestasi terbaik pada jenjang sebelunya dalam bidang yang akan diambil. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas dari lulusan dan beasiswa ini sendiri selalu terjaga dan bahkan meningkat.
Pemohon dari luar kawasan Eropa tidak diberikan kesempatan meminta bantan keuangan atau pinjaman lain lagi di kawasan Eropa khususnya Belanda dimana Leiden University berada.
Beasiswa ini tidak akan diberikan jika pemohon sudah lebih dulu mendapatkan gelar Master di Leiden University kecuali di jurusan-jurusan yang memang mengisyaratkan adanya gelar master terlebih dahulu.
Penerima beasiswa ini harus setuju dengan segala peraturan dan kondisi apapun sesuai yang berlaku dan diisyaratkan pihak Leiden University sebagai pemberi beasiswa.

Beasiswa LExS ini memberikan 3 jenis bantuan pembiayaan yang berbeda bagi penerimanya. Berikut ini adalah 3 jenis pembiayaan yang diberikan Leiden University melalui program beasiswa LExS:
Biaya pendidikan sebesar EUR10.000
Biaya pendidikan sebesar EUR15.000
Total biaya pendidikan dikurangi biaya statutory
Hal yang perlu diingat adalah bahwa beasiswa LExS ini bukan beasiswa penuh. Biaya yang diberikan bisa juga terantung pada budget yang tersedia di fakultas dimana jurusan kuliah diambil oleh penerima beasiswa ini.

Pendaftaran Beasiswa LExS
Dalam proses pendaftaran atau permohonan untuk beasiswa ini, ada dokumen-dokumen yang harus disiapkan sesuai yang telah ditentukan oleh pihak Leiden University. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan permohonan beasiswa LExS:
Salinan paspor resmi yang masih berlaku
Motivation letter
Salinan ijazah dan transkrip nilai jenjang S1
Salinan sertifikat TOEFL, IELTS, atau CPE
CV terbaru
Dua buah surat rekomendasi


Daftar dokumen tersebut adalah yang paling umum atau dasar. Bisa saja bahwa akan dibutuhkan dokumen lain pada jurusan yang berbeda.
Proses pendaftaran dari beasiswa LExS ini juga sudah sekaligus mencakup pendaftaran sebagai mahasiswa Leiden University jadi pemohon tidak perlu melakukan pendaftaran terpisah. Pendaftaran bisa langsung dimulai dengan melakukannya secara online di halaman pendaftaran beasiswa LExS.

Setelah mengisi data yang diminta pada halaman tersebut maka pemohon diwajibkan untuk melampirkan dokumen-dokumen yang diminta untuk proses seleksi beasiswa ini. Ketika melakukan pengisian formulir pendaftaran atau permohonan tepatnya di bagian beasiswa, pemohon perlu menyebutkan bahwa dirinya mengajukan program beasiswa LExS. Lakukan hal serupa jika mendaftar lebih dari satu program master.

Pemohon akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran online senilai EUR100 yang merupakan biaya pendaftaran universitas juga. Deadline pendaftaran bisa dilakukan hingga tanggal 1 Oktober 2016 untuk perkuliahan yang dimulai pada bulan Februari 2017 dan tanggal 1 Februari 2017 untuk studi yang dimulai pada bulan September 2017. Sementara itu khusus untuk jurusan hukum deadlinenya 1 Maret 2017 untuk perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September 2017. 

Komite seleksi dari fakultas akan menilai pengajuan beasiswa yang sudah diajukan masing-masing pemohon. Penilaian akan didasarkan pada capaian prestasi akademi pada jenjang sebelumnya. Semua pemohon beasiswa ini akan memperoleh pemberitahuan hasil seleksi pada pertengahan bulan November 2016 untuk perkuliahan yang dimulai pada bulan Februari 2017 dan pada akhir bulan April 2017 untuk perkuliahan yang dimulai pada bulan September 2017. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa LExS ini bisa disimak di halaman resmi Beasiswa LExS.



Informasi Lengkap Kuliah ke Luar Negeri ada DISINI

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Yoni Erawati: Kuliah Program Adcanced/ Diploma Jurusan Public Relation di Humber College, Toronto, Kanada

Energik dan ramah, begitulah sosok perempuan yang akrab disapa Yoni ini. Bisa berangkat ke Kanada dan kuliah di sana menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi Yoni. Mahasiswi jurusan Public Relation ini mengaku nyaman dan senang sekaligus bangga bisa kuliah di Kanada tepatnya di Humber College. Berikut ini kisah singkat Yoni Erawati selama berkuliah dan merantau di Kanada.



Mari kenalan dulu biar sayang...

Halo, perkenalkan nama aku Yoni Erawati biasa dipanggil Yoni. Aku berasal dari Bali dan sekarang aku kuliah di Humber College jurusan Public Relations masuk tahun 2015 program advanced atau diploma.

Pertimbangan-pertimbangan yang dibuat sampai akhirnya memilih Kanada!

Pertimbangan aku adalah keamanan negaranya (kriminalitas yang rendah), lingkungannya yang multicultural, dan biaya. Biaya hidupnya memang mahal tetapi kalau dibandingkan dengan Amerika, London, Sydney, biaya hidup di Toronto lebih murah. Biaya kuliahnya juga jauh lebih rendah namun kualitas pendidikannya tidak kalah dengan Australia, Singapura, dan negara lain.



Dari sekian banyak jurusan, kenapa mbak Yoni memilih Public Relation?

Aku suka sekali mengutak-atik (nulis, fotografi, edit video) di social media, blogging, youtube video, dll. Aku melihat bahwa social media itu berpeluang besar dalam bisnis karena consumer social media banyak dan global. Aku research ternyata itu bagian dalam Public Relation atau PR. Jadi aku memilih PR deh.

Hal apa saja yang dipelajari dalam jurusan Public Relation?

Di PR aku mempelajari attitude dalam berkomunikasi dengan banyak orang, membangun reputasi perusahaan, membuat ide-ide baru dalam bisnis, dan yang paling bikin challenging adalah menulis news release. Paling challenging karena menulis dalam PR itu harus singkat tapi to the point, menarik, terhindar dari grammar error dan sesuai ya sebut saja EYD versi Kanada. Dituntut untuk sesempurna mungkin. Aku yang baru lulus SMA dan tidak terbiasa menulis tulisan formal dalam bahasa Inggris jadi lumayan challenging buat aku, apalagi EYD versi Kanada kan aku tidak banyak tahu. Tapi untungnya profesornya bersedia untuk membantu aku kalau aku sedang kesulitan.

Nah, bicara tentang Profesor, bagaimana sih karakter Profesor di sana?

Dosennya terbuka banget. Apapun ide dan jawaban kalian akan selalu diterima dan dihargai. Dosennya juga ramah jadi kalau aku kebingungan ya aku tidak segan atau takut untuk bertanya kepada mereka.

Siapakah dosen favorit mbak Yoni, dan bagaimanakah beliau?

Dosen favorit aku namanya Daniel Schneider. Beliau mengajar pelajaran social media & writing. Favorit menurut aku karena beliau ngajarnya asyik. Aku selalu ada banyak pertanyaan dan dia selalu sabar membantuku. Apalagi kalau urusan writing yang aku bilang challenging tadi. Dia bersedia bantu aku sampai aku benar-benar mengerti.

Selama di Kanada, dimanakah mbak Yoni tinggal? Bagaimana kekurangan dan kelebihan tinggal di sana?

Aku tinggal di Dufferin dekat Downtown. Aku tinggal di homestay, jadi aku tinggal bersama host parents.

Aku nggak tahu sih kurangnya dimana. Aku senang tinggal bersama host family karena mereka membantu banget aku untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dan yang pasti nggak bakal merasa kesepian karena ada mereka. Rasanya seperti keluarga.



Setiap orang dari suatu negara pasti memiliki kebiasaan yang berbeda, nah bagaimana cara kita bisa bergaul dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda?

Sama saja sih dengan cara bergaul di Indonesia. Bedanya lawakan mereka berbeda dengan lawakan kita, hehehe. Tapi tetap asyik kok. Di sini bisa berteman dengan siapa saja, tidak mengenal umur, walaupun beda umur 10 tahun kita tetap saling memanggil nama jadi lebih akrab.

Tentang kerja  Part Time..

Ya, boleh. Tapi ada syaratnya yaitu harus memiliki study permit (bekerja tidak boleh lebih dari 20 jam). Kalau untuk sekarang sih aku masih kuliah saja mungkin semester depan baru mulai kerja part time.

Tentang fasilitas yang ada di Kanada

Fasilitas umumnya sangat bagus. Aku paling suka library. Buku-buku di perpustakaan di sini lengkap dan wifi-nya juga kenceng banget. Pokoknya nyamanlah.

Kalau untuk transportasi, Aku biasa naik bus, street car, dan subway.

About living cost

Aku di sini biaya homestay termasuk breakfast dan dinner $780. Kalau lunch aku biasa di kampus kurang lebih $4-$8 sekali makan. Oh iya di sini susah sekali mencari makanan Indonesia karena orang Indonesia sedikit di sini. Ada sih satu dan itu perlu 1-2 jam dari tempat tinggal aku, rasanya juga beda banget.

Best experience ever

Pengalaman yang nggak pernah aku lupakan ada banyak. Tapi yang berpengaruh banget adalah pertama kali aku presentasi. Aku sangat gugup, aku malu takut bahasa Inggrisku salah karena satu kelas hanya aku yang bukan Canadian. Tapi teman-teman di sini semua supportive, menyemangati aku seperti “Yoni, I know you can! You are my favourite person in this class!” Akhirnya aku merasa sedikit percaya diri dan akhirnya aku bisa presentasi dengan baik. Walaupun hanya ngomong begitu, berpengaruh banget sama emosi aku. Lingkungan memang sangat berpengaruh ya. Kalau kita berada di lingkungan positive dan supportive, kita juga jadi berpikir positive dan jadi semangat untuk maju.



Tips untuk teman-teman di Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri!

Banyak-banyak latihan bahasa Inggris saja. Tidak harus belajar dari buku. Supaya tidak bosan, aku biasa belajar lewat film dengan subtitle bahasa Inggris atau tanpa subtitle sama sekali, nonton youtube, dll. Belajar harus fun!

Reporter: Adelina Mayang

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa The Schwarzman Scholars untuk S2 di Tsinghua University Periode 2017

Setiap tahunnya sejumlah hingga 200 orang akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan penghargaan beasiswa ini sebagai para calon pemimpin dunia untuk generasi yang akan datang. Untuk periode kali ini, program penghargaan beasiswa ini akan dimulai pada musim panas tahun 2017 dengan 125 peserta dan akan terus dimaksimalkan hingga mencapai 200 peserta. Seleksi para pemohon penghargaan beasiswa ini dilakukan tidak hanya berdasarkan dari prestasi dan kemampuan dalam bidang pendidikan saja melainkan juga berbagai kemampuan lain seperti jiwa kepemimpinan, semangat Entrepreneur, serta juga semangat untuk mengerti dan memahami berbagai budaya, sudut pandang, dan posisi-posisi lain dalam kehidupan. Program beasiswa ini khusus ditujukan bagi siapapun yang sudah menyelesaikan studi jenjang S1 sebelumnya dan juga ahir menggunakan bahasa Inggris.


Program beasiswa The Schwarzman Scholars ini memang terbilang baru yang didirikan oleh Stephen A. Schwarzman yang merupakan pemimpin, CEO, dan juga CO-Founder dari Blackstore. Program beasiswa ini dibuat untuk menyiapkan generasi penerus dunia yang memang terbaik dari yang lain. Program beasiswa ini menawarkan studi jenjang S2 dengan 3 bidang ilmu yang bisa dipilih yaitu International Studies, Economics and Business, dan juga Public Policy. Meskipun nantinya kuliah dilangsungkan di Schwarzman College, Tsinghua University yang terletak di Beijing, China, namun bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris yang mengharuskan penerima beasiswa ini untuk menguasai bahasa Inggris. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan selama 1 tahun.

Dari total 125 kuota yang diediakan untuk program beasiswa ini, 35% dibebaskan untuk pemohon dari berbagai negara termasuk Indonesia sedangkan sisanya khusus untuk pemohon dari Amerika Serikat dan Tiongkok. Biaya-biaya yang ditanggung dalam beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya asrama, biaya transport ke dan dari Beijing, biaya studi tour, biaya buku, asuransi kesehatan, uang saku USD3.500, serta paket laptop dan smartphone dari Lenovo.


Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Sudah lulus studi jenjang S1 dari universitas atau perguruan tinggi yang terakreditasi dalam jurusan apapun atau akan selesai studi S1 paling lambat pada tanggal 1 Agustus 2017
Usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal belum mencapai 29 tahun pada tanggal 1 Agustus 2017
Mampu menggunakan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor TOEFL PBT 600, TOEFL iBT 100, atau IELTS 7

Dokumen yang Diperlukan untuk Pengajuan Permohonan
Formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi secara online
Salinan ijazah dan juga transkrip lengkap dengan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris jika bahasa aslinya memang bukan bahasa Inggris
Surat rekomendasi sebanyak 4 buah
Video selama 1 menit dengan ukuran kurang dari 20 MB tentang pengenalan diri
Personal statement maksimal 750 kata
Leadership essay maksimal 750 kata
Current affairs essay maksimal 500 kata
Resume atau CV
Sertifikat skor TOEFL atau IELTS sesuai yang dipersyaratkan skornya

Tsinghua University

Proses Pendaftaran
Pendaftaran bisa mulai dilakukan dengan membuat akun resmi di halaman web Schwarzman Scholars yaitu DISINI. Setelah membuat akun maka pemohon bisa melengkapi formulir yang disdiakan serta kemudian melampirkan dokumen-dokumen yang diminta dalam pket pendaftaran. Pendaftaran dan pengajuan permohonan program beasiswa ini dibuka mulai dari tanggal 15 April 2016 hingga 15 September 2016. Tahap selanjutnya yang lolos dari seleksi administrasi adalah wawancara semi-finalist yang dilakukan di Bangkok pada 28 Oktober, London pada 2 November, dan New York pada 7 November. Pengumuman terakhir untuk pemohon yang terpilih mendapatkan beasiswa ini akan diberikan pada pertengahan bulan November 2016. Pendaftaran dan permohonan beasiswa ini sudah mencakup pendaftaran ke Tsinghua University sehingga tida diperlukan adanya pendaftaran terpisah ke universitas tersebut.

Kontak untuk informasi seputar beasiswa ini bisa ditanyakan melalui email di 
SchwarzmanScholars.AsiaPacific@iie.org



KLIK untuk Informasi Legkap Seputar Kuliah ke Luar Negeri

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



I Wayan Sathya Linggawa: Mahasiswa Indonesia Penerima Beasiswa NZAS, Kuliah di Auckland University of Technology, New Zealand

Wayan Linggawa menjadi salah satu mahasiswa asal Indonesia yang menempuh program master di Auckland University of Technology, New Zealand. Waktu yang ia habiskan selama menempuh kuliah di New Zealand telah memberinya banyak pengalaman berharga. Berikut ini pengalaman yang Wayan bagikan selama ia tinggal di New Zealand.


Kenalan sama Mas Wayan yuuuukkk!!

Halo nama saya I Wayan Sathya Linggawa, saya dari Jakarta (tapi orang tua asli dari Bali). Saat ini saya sedang kuliah di Auckland University of Technology program Master in Computer and Information Sciences dan mulai kuliah tahun 2015.

Sklumit tentang Beasiswa NZAS

Iya, beasiswa saya namanya New Zealand ASEAN Scholars (NZAS) Awards. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah New Zealand melalui Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT). Secara umum, peluang beasiswa ini terbuka untuk kita yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3, tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk program-program sertifikasi. Tuition fees, living cost dan transportasi dari daerah asal ke New Zealand dicover. Yang menarik adalah setelah lulus, kita harus berkontribusi di Indonesia selama minimal 2 tahun, sehingga kita bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari selama kuliah disini. Lebih lengkapnya ada disini.

Why New Zealand?

Sebetulnya karena pengaruh dari pengalaman masa kecil juga. Dulu saya sering dibelikan es krim New Zealand Natural oleh orang tua ketika kami mampir ke toko buku. Es krimnya enak banget. Saya berpikir mungkin kalo makan di tempatnya langsung lebih enak. Ternyata, alam dan kegiatan outdoornya juga sangat menarik. Selain itu, New Zealand juga memiliki riwayat historis yang panjang melalui kebudayaan Maori yang tetap mereka jaga disini.

Persiapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan beasiswa NZAS

Saya ikut persiapan IELTS sebelum melakukan tesnya. Kemudian setelah skor IELTS-nya keluar, saya lengkapi semua persyaratan yang diminta beasiswa NZAS. Mereka akan membantu memproses semua dokumennya langsung ke kampus. Seleksi untuk beasiswa NZAS sendiri yang dulu saya alami adalah screening awal dan wawancara.

Tentang kuliah Master di kampus Auckland University of Technology

Sebagai mahasiswa S2, saya dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri dan menggali informasi sendiri. Apabila ada kendala di dalam tugas, saya bisa langsung berdiskusi dengan dosen atau teman di kelas. Yang saya senang adalah semua fasilitas yang ada di kampus sangat menunjang dalam belajar. Misalnya, banyak spot untuk diskusi kelompok dan mengerjakan tugas di luar kelas. Perpustakaannya relatif lengkap. Wi-fi tersedia di hampir seluruh area kampus dan cepat.


Dosen favorit selama kuliah di New Zealand

Saya pernah mendapatkan mata kuliah Geocomputation yang intinya tentang perpaduan antara geografi dengan IT. Dosen saya, yang biasa saya panggil Jacqui, sangat care terhadap mahasiswanya. Kebetulan saya pernah ada project yang langsung di supervise olehnya. Learning progress saya, termasuk dalam struktur konten saat menulis report dan tata bahasa di dalamnya, banyak diberikan feedback yang membangun dan detil.

Cara bergaul ala Mas Wayan

Disini sangat multi-cultural: banyak sekali orang dari berbagai suku bangsa tinggal disini, terutama di Auckland dan Wellington. Secara umum tipikal masyarakat disini adalah laid-back, santai dan berimbang antara sosialisasi dengan kolega maupun keluarga. Mereka cukup terbuka di dalam pertemanan. Sebagian besar juga cukup toleran terhadap lingkungan sekitarnya.


Tempat tinggal dan biayanya

Saya tinggal di Auckland Central, salah satu suburb di Auckland. Kebetulan kampus saya di sana juga. Untuk tempat tinggal, saya mengeluarkan biaya sekitar $200 per minggunya, termasuk sewa kamar dan berlangganan akses internet.

Management keuangan saat kuliah di New Zealand

Selain tempat tinggal, biasanya saya belanja bahan makanan untuk dimasak di rumah. Ini membuat pengeluaran untuk makan menjadi jauh lebih hemat. Untuk di kampus, saya keluarkan biaya untuk print dan alat tulis saja. Belanja baju dan sepatu jarang sekali karena saya sudah bawa semuanya dari Indonesia. Diluar itu, biasanya uang tabungan saya gunakan untuk traveling di New Zealand dengan teman-teman.


Segala fasilitas dan keunikannya

Fasilitas di kampus yang saya sangat suka adalah layanan IT-nya. Kita bisa melakukan scan dan print dari mana saja, selama menggunakan komputer kampus (dengan sistem free-seat: bisa gunakan komputer mana saja di seluruh kampus asal memasukkan user ID dan password yang benar). Printer juga kita operasikan sendiri dan biaya printnya memotong langsung dari deposit dana yang kita punya. Ini sangat mudah, murah dan tidak perlu ada orang yang standby di setiap printer.

Fasilitas yang saya suka di kota Auckland adalah kemudahan untuk transportasinya. Rute bus jelas, haltenya layak dan biasanya selalu menaikkan dan menurunkan penumpang di tempatnya. Kita hanya perlu satu kartu (namanya AT Hop) yang bisa di top-up untuk bisa menggunakan seluruh jenis transportasi di Auckland (bus, kereta dan ferry).

Tenang makanan di New Zealand

Di sini untungnya ada Asian supermarket yang menjual bumbu dan barang-barang dari negara di Asia, termasuk Indonesia. Jadi saya bisa beli beberapa bumbu seperti nasi goreng atau rendang. Daging di sini (terutama lamb untuk saya) rasanya enak dan kualitasnya bagus. Dan karena banyak etnis dari berbagai negara, banyak pilihan makanan yang bisa saya coba seperti masakan Thai, Vietnam, Brazil, Turki dan sebagainya. Sejauh ini yang saya suka adalah lamb-diced bumbu kecap yang teman saya sempat ajarkan untuk dimasak sendiri. Ada beberapa restoran Indonesia juga di Auckland. Biasanya ketika saya kangen rumah, saya juga mampir untuk makan nasi kuning atau sekedar sate ayam.

Tenang Perhimpunan Pelajar Indonesia di New Zealand

Saya kebetulan dipercaya oleh teman-teman di Auckland untuk menjadi ketua PPI hingga akhir tahun 2016 ini. Kegiatan yang kami lakukan biasanya adalah piknik dan BBQ untuk menyambut pelajar baru, diskusi (kami namakan Lingkar Diskusi Indonesia), nonton bareng, berpartisipasi di event kebudayaan kampus hingga membuat event olahraga dan perayaan kemerdekaan Indonesia. Lebih lengkapnya bisa dilihat di website kami disini.

Sistem Ujian di Auckland University of Technology

Untuk ujian biasanya tergantung mata kuliahnya. Ada mata kuliah yang hanya mewajibkan untuk membuat report (biasanya tengah dan akhir periode pembelajaran) tapi ada juga yang mengadakan ujian. Di semester 1 dan 2 kemarin, 1 mata kuliah yang saya ambil memiliki ujian tertulis. Sisanya saya membuat project dan menulis reportnya.


Untuk teman-teman Indonesia yang ingin kuliah di New Zealand

Saya rasa ke depannya, New Zealand akan menjadi salah satu destinasi studi favorit selain dalam hal tourism. Keadaan ekonomi dan keamanan disini relatif stabil. Tipsnya, apabila ada hal yang ingin kalian tanyakan untuk cari tahu tentang studi disini, maupun persiapan berangkat, silakan kontak PPI dari kota tempat kalian studi. Terus, siapkan gear favorit kalian untuk bisa menikmati apapun yang disajikan oleh New Zealand, terutama alamnya dan kegiatan outdoornya. It’s an adventure in a lifetime!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



KANIA DEWI NASTITI: Berangkat dari Tangerang Selatan ke Korea Selatan Buat Belajar Master Civil Engineering di Chungnam National University

Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri? Kuliah di negara lain memberikan banyak sekali manfaat pada diri seseorang. Selain ilmu-ilmu baru, seseorang juga bisa mendapatkan banyak pengalaman. Pengalaman untuk hidup mandiri, pengalaman untuk bergaul dengan teman-teman dari berbagai negara, pengalaman untuk hidup jauh dari rumah, dan lain sebagainya. Kania Dewi Nastiti telah merasakan begitu banyak pengalaman sejak ia kuliah di Korea Selatan. Mau tahu apa saja itu? Ini dia hasil wawancara dengan Kania seputar pengalamannya kuliah di Korea Selatan.


Eitsss... Sebelum baca ceritanya mari kita kenalan dulu ya!

Assalamu’alaikum wr wb. Halo teman-teman semua! Namaku Kania Dewi Nastiti atau biasa dipanggil Kane. Asal dari Bandung yang sekarang bertempat tinggal di Tangerang Selatan. Sekarang aku sedang menempuh pendidikan di Korea Selatan (yang Insya Allah bentar lagi beres.. amin). Nama universitasnya sendiri Chungnam National University di Kota Daejeon. Fakultas Civil Engineering, jurusan Civil Engineering¸ laboratorium Hydraulic and Environmental Engineering. Di sini aku sedang menempuh Master’s degree yang perkuliahannya sudah dimulai sejak tahun 2014.

Ini dia Keunikan dari Chungnam National University

Kelebihan dan keunikan dalam hal apa ya? Mungkin aku coba share keunikan kampus-kampus di korea dulu ya dalam hal pengenalan budaya mereka. Biasanya, dalam periode tertentu Spring dan Fall, kampus-kampus di korea selalu mengadakan festival untuk mahasiswa-mahasiswanya. Dan artis-artis yang datang ke festival itu seperti yang suka kalian tonton di Youtube atau drama-drama. Oh iya, kelebihan kampusku kalau sedang cherry blossom, kampusku indah loh! Selain keindahannya, kelebihan universitas Chungnam (yang merupakan universitas negeri di Korea Selatan) adalah jurusannya yang banyak dan bervariasi, selain itu Universitas Chungnam bekerja sama dengan KGSP (Korean Government Scholarship Program) untuk kelas bahasa korea.

Mungkin bisa di perjelas tentang yang dipelajari Mbak Kane di Chungnam University!

Yang dipelajari dari jurusanku adalah semua hal-hal yang berkaitan dengan sumberdaya air (water resources engineering). Termasuk erosi, sedimentasi, banjir. Aku sendiri sedang meneliti banjir dan cara pencegahannya untuk salah satu daerah di Indonesia. Mohon doanya semoga penelitian ini bermanfaat.


Mbak Kane dapat beasiswa yang nggak biasa lho, Mau Tahu?

Iya, Alhamdulillah di Korea ini aku mendapat beasiswa. Beasiswanya adalah beasiswa langsung yang dibayar oleh professor atau biasa disebut beasiswa Research Assistant. Mungkin ini adalah beasiswa yang bisa dibilang paling mudah dalam hal registrasi, namun paling susah untuk dijalankan karena di sini, khususnya aku sendiri, mendapatkan beasiswa dari professor dimana biayanya didapatkan dari proyek-proyek yang dilaksanakan oleh professor. Jadi kenapa disebut Research Assistant Scholarship karena kita di sini akan belajar dan juga ikut dalam bagian salah satu atau beberapa proyek professor yang membuat kita akan merasakan kuliah “rasa” bekerja di Korea ini. Tahu sendiri kan kerja di Korea sistemnya seperti apa? Hehehehe (bukan menakuti loh! Hanya menceritakan yang mungkin akan dialami teman-teman jika mendapatkan beasiswa ini).

Untuk cara apply-nya sendiri cukup simpel dan mudah seperti yang aku katakan sebelumnya. Pertama adalah kalian harus mencari professor yang kalian inginkan. Bisa dimulai dengan mencari nama-nama  professor pada bidang dan universitas yang kalian inginkan. Setelah mendapatkan kontak Beliau, kalian bisa langsung coba untuk e-mail Beliau dan bertanya apakah Beliau sedang mencari atau menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing. Dalam tahap ini, biasanya kalian harus meningkatkan tingkat kesabaran karena gak jarang banyak kasus yang sudah ditunggu bertahun-tahun tapi tetap tidak mendapat balasan e-mail dari  professor yang diinginkan. Jadi harus sabar menunggu.. iya menunggu. Kalau sudah dapat  professor yang diinginkan, dan komunikasi sudah berjalan. Cobalah bertanya-tanya seperti apa jurusan yang Beliau ajarkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa dari Beliau (biasanya beberapa professor mempunyai cara yang berbeda). Seandainya kalian sudah mendapatkan persetujuan, cobalah meminta LoA (Letter of Acceptance) dari Beliau. Nah! Surat inilah yang biasanya menjadi salah satu dokumen untuk mendaftar melalu website kampus yang dituju.

Macam Beasiswa untuk kuliah ke Korea Selatan 

Sebenarnya benar kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Beasiswa yang tersedia untuk bisa sekolah di Korea Selatan banyak. Jadi dibutuhkan keaktifan teman-teman semua untuk mencari informasi secara detail dari beasiswa-beasiswa yang tersedia. Jaman sekarang, internet sudah yang paling lengkap menyediakan informasi. Aku kasih beberapa contoh beasiswanya. Selain Research Assistant Scholarship, ada juga KGSP (Korean Government Scholarship Program), LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), beasiswa DIKTI, KOICA, KGPA, dan masih banyak lagi.

Sistem Belajar dan Gaya Mengajar Dosen

Sistem belajar di sini adalah kita harus aktif. Dimana  professor akan memberikan kalian berbagai informasi (yang terbilang tidak banyak) dan kalian sendiri yang harus mencari tau lebihnya dari buku-buku yang sudah disarankan  professor dan tentu saja internet. Gaya mengajar  professor juga berbeda-beda di sini. Ada yang aktif sekali hingga perlembar textbook dibahas hingga detail, ada juga yang hanya menyediakan slide dan kita yang harus mencari tahu sendiri detailnya dari buku. Ada yang selalu memberi banyak tugas, ada juga yang tidak pernah memberi tugas. Ada yang selalu tidak pernah bertanya-tanya di kelas dan ada juga yang sering menunjuk murid untuk maju ke depan kelas menjawab soal. Jadi, beda-beda cara mengajarnya.

Gaya hidup orang Korea Selatan dan cara beradaptasi

Awal-awal sangat sulit, terlebih karena aku disini seorang Muslim berhijab. Jadi kita harus kuat mengatakan dan meyakinkan  professor beserta teman-temannya bahwa kita tidak bisa melakukan beberapa gaya hidup yang mereka biasa lakukan, contohnya seperti minum alkohol dan memakan beberapa bahan yang diharamkan.

Cara berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia dan kemudahan internet

Untuk komunikasi, di Korea sangat mudah. Kalau teman-teman ingin berkomunikasi dengan keluarga, teman-teman bisa menggunakan fasilitas SKYPE ataupun messenger lainnya. Oh ya, Korea Selatan terkenal dengan negara yang memiliki kecepatan internet nomor satu di dunia. Kalau kalian sedang malas menggunakan internet, di sini juga tersedia international calling card jadi gak ada masalah.

Lebih mudah dibandingkan Indonesia. Di sini banyak tersedia café dan tempat makanan yang sudah pasti memiliki jaringan internet gratis dalam bentuk Wifi. Namun kalo di jalanan, cukup sulit.

Fasilitas Umum

Fasilitas Korea sangat nyaman terlebih untuk kamu-kamu yang suka traveling dan jalan-jalan sendirian. Jangan takut nyasar karena di sini map Naver sangat lengkap dan memilikii informasi yang sangat detail dan juga terintegrasi baik dengan informasi transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat yang kalian akan tuju. Selain itu, masih banyak lagi.

Tempat tinggal selama di Korea Selatan

Selama di Korea, aku tinggal di asrama kampus. Pilihan tempat tinggal di korea selain di asrama kampus, kalian juga bisa tinggal di luar kampus. Banyak juga tempat-tempat yang menyewakan one room atau family room. Tapi, kalau teman-teman ingin tinggal di luar, teman-teman harus menyediakan uang yang sangaaaat banyak untuk deposit tempat tinggal tersebut.

Fasilitas Kesehatan dan Asuransi Kesehatan

Fasilitas kesehatan di Korea sangat baik, namun mahal. Jadi buat teman-teman yang ingin sekolah di sini, sesampainya di Korea jangan lupa untuk mendaftarkan asuransi kesehatan, karena jika tidak mendaftar, biaya yang harus dibayarkan ketika sakit sangat mahal. Hmm.. lebih baik jangan sakit sih.. Tapi hanya untuk jaga-jaga.


Kesibukan sehari-hari

Karena lagi-lagi aku mendapat beasiswa dari  professor, jadi cukup sibuk juga untuk melakukan kegiatan-kegiatan kampus selain belajar dan melaksanakan proyek  professor.  
Tips Buat Teman-Teman Indonesia yang Ingin Kuliah ke Korea Selatan

Tips untuk teman-teman semua, jangan minder duluan untuk kamu yang seandainya ingin melanjutkan kuliah di korea tapi memiliki GPA yang gak tinggi. Coba terus, banyak jalannya. Oh ya, satu hal yang aku alami selama registrasi di website kampus, kesulitan dalam bahasa karena bercampur dengan bahasa korea, jadi banyak-banyak tanya juga sama professornya. Minta dibimbing untuk pendaftaran di website kampus. Dan yang terakhir, jangan pernah berpikiran bahwa semua informasi akan kamu dapatkan begitu saja. Untuk bisa kuliah di Korea, kita harus aktif mencari informasi. Semangat ya, teman-teman semua.

Reporter: Adelina Mayang

You want to know more about us? Klik HERE! 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia - Bagian Kedua

Beberapa waktu yang lalu Berkuliah memberikan informasi mengenai daftar universitas terbaik di Asia menurut Times Higher Education Rangkings untuk periode tahun 2015 untuk bagian pertama yang terdiri dari universitas atau perguruan tinggi di peringkat 10 sampai 6. Untuk melengkapi daftar 10 besar universitas terbaik di Asia tersebut inilah bagian kedua yang mencakup peringkat 5 hingga 1. Sudah pasti universitas-universitas atau perguruan tinggi yang ada dalam daftar ini sangat layak kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dalam lingkup yang lebih luas bukan hanya di Indonesia saja. Intinya adalah bahwa kuliah ke luar negeri nggak harus selalu jauh-jauh ke Eropa atau Amerika Serikat karena di Asia juga bisa dan pilihannya juga banyak dengan kualitas yang juga tidak perlu diragukan lagi.

5. Tsinghua University – Tiongkok
Sejumlah 39,763 mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa aktif di universitas ini pada tahun ajaran 2015. Dikenal dengan nama singkat THU, universitas ini merupakan sebuah universitas berbasis riset dan penelitian yang juga termasuk dalam C9 League yang merupakan sebuah kelompok yang beranggotakan universitas terbaik di Tiongkok. Kelompok tersebut merujuk pada Ivy League di Amerika Serikat atau juga Russel Group di Inggris. Universitas ini didirikan pada tahun 1911 dengan nama Tsinghua College yang kemudian berubah menjadi Tsinghua School pada tahun 1912 hingga akhirnya menjadi National Tsinghua University pada tahun 1928. Universitas ini merupakan yang terbaik di Tiongkok dan memang merupakan pilihan favorit dari lulusan jenjang sebelumnya di Tiongkok. Hal ini menyebabkan seleksi masuk ke Tsinghua University setiap tahunnya sangat kompetitif. 


4. Peking University – Tiongkok
Kampus universitas ini dikenal dengan sebutan Yan Yuan yang bisa diartikan sebagai taman Yan. Lokasinya ada di Distrik Haidian yang berada di kawasan barat dari Beijing dengan luas keseluruhan 2,743,532 meter persegi. Universitas ini merupakan sebuah universitas nasional di Tiongkok yang mengedepankan riset atau penelitian pada subyek-subyek yang spesifik dan penting serta juga fokus pada pengembangan individu untuk menguasai kemampuan-kemampuan khusus atau spesialisasi pada bidang-bidang tersebut. Peking University menyediakan berbagai pilihan bidang studi seperti ilmu terapan, ilmu sosial, humaniora, manajemen, farmasi, dan juga pendidikan agar lulusan yang dihasilkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan dari Peking University itu sendiri dalam lingkup internasionalnya.

3. University of Hong Kong – Hong Kong (Tiongkok)
HKU begitu University of Hong Kong biasa disingkat namanya merupakan salah satu dari universitas terbaik di Asia yang sudah terkenal juga dalam lingkup internasional. Universitas ini juga sudah lama dikenal dalam dunia pendidikan selama lebih dari 100 tahun. Karena memang sudah dikenal dalam lingkup internasional, di HKU bisa ditemukan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara dan kawasan termasuk Australia, Amerika Serikat, Jepang, India, Estonia, Korea Selatan, Portugal, dan beberapa negara lainnya. Waktu demi waktu HKU semakin berkembang menuju sebuah universitas yang lebih baik lagi karena memang didukung oleh staf dan karyawan yang juga berasal dari latar belakang beraneka ragam serta memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.


2. National University of Singapore – Singapura
Bergeser dari Tiongkok kini giliran NUS pada posisi kedua dalam daftar 10 universitas terbaik di Asia. NUS bisa dibilang merupakan ikon dari Singapura dalam dunia pendidikan saat ini. Aktif dalam jaringan organisasi internasional dalam bidang penelitian atau riset seperti Association of Pacific Rim Universities dan International Alliance of Research University merupakan bukti bahwa NUS memang berorientasi pada penelitian dan riset. NUS memiliki total 16 fakultas dan sekolah khusus yang semuanya berlokasi di Kent Ridge, Outram, dan Bukit Timah Singapura. Sejumlah 37,000 mahasiswa dan bahkan lebih yang berasal dari lebih dari 100 negara di dunia saat ini menempuh studi di NUS. Satu lagi bukti bahwa NUS berorientasi serius pada riset adalah adanya sekitar 23 pusat penelitian tingkat universitas dan 16 pusat penelitian tingkat nasional yang sudah pasti akan menjadi tempat dimana berbagai penemuan dan hasil penelitian terbaru akan dibuat.

1. University of Tokyo – Jepang
Didirikan pada tahun 1877, UTokyo sudah menjadi sebuah universitas nasional pada saat itu juga. Sudah lebih dari 1 abad tentunya UTokyo berkembang menjadi universitas yang semakin besar dengan banyak pencapaian diraih termasuk Penghargaan Nobel salah satunya. Saat ii ada lebih dari 27,000 mahasiswa yang menempuh studi di UTokyo. Rasio perbandingan pengajar dan mahasiswa di UTokyo sangat rendah sehingga memastikan bahwa setiap mahasiswa akan mendapatkan arahan dan bimbingan semaksimal mungkin serta setara sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal seperti ini juga menjamin bahwa lulusan dari UTokyo semakin hari semakin baik demi mencapai reputasi yang semakin tinggi juga untuk UTokyo.


Nah itu tadi secara keseluruhan dalam dua bagian adalah 10 universitas terbaik di Asia menurut Times Higher Eucation Rangkings. Jika kamu punya keinginan kuliah di luar negeri, maka 10 universitas tersebut sangat bisa kamu jadikan tujuan. Lokasinya yang masih berada di kawasan Asia tentu merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Selain itu kualitas dari 10 universitas tersebut juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dalam lingkup internasional. Jadi mana universitas pilihanmu?



Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia - Bagian Pertama
Informasi Lengkap Kuliah ke Luar Negeri

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia - Bagian Pertama

Satu langkah yang harus diambil dan dilakukan pada tahapan awal untuk kuliah ke luar negeri adalah menentukan universitas pilihan. Pada awalnya memang akan nampak pilihan yang sangat banyak karena memang faktanya ada banyak sekali universitas dan perguruan tinggi di dunia. Sebagian besar dari mereka sudah tentu membuka jalan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa asing untuk mengambil studi di kampus mereka. Dalam menentukan pilihan universitas tentu ada faktor-faktor yang bisa digunakan untuk menemukansatu pilihan terakhir yang dirasa paling pas dengan minat dan kebutuhan calon mahasiswa itu sendiri.

Sebagai pelajar dari Indonesia tentu kamu bisa mulai dengan menggunakan batasan lokasi di Asia untuk mencari universitas yang bisa kamu jadikan pilihan menempuh studi di luar negeri. Selain lokasi kamu kemudian bisa juga menentukan pilihan universitas dari peringkat universitas-universitas tersebut. Nah salah satu daftar peringkat yang bisa digunakan dalam hal ini adalah Asia University Rangkings 2015 dari Times Higher Education. Berikut ini adalah daftar 10 universitas terbaik di Asia dari peringkat yang dibuat oleh Times Higher Education.

10. Nanyang Technological University – Singapura
Universitas yang beken dengan singkatan NTU ini memang masih cukup muda namun jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbasis penelitian yang intensif dalam berbagai bidang studinya, NTU benar-benar dalam percepatan untuk menjadi satu universitas dengan skala internasional meski lokasinya di Asia. Kampus ramah lingkungan NTU dikategorikan dalam 15 kampus paling indah di dunia dengan sekitar 33,000 mahasiswa aktif baik itu di jenjang S1 dan jenjang S2 saat ini menempuh studi disana. NTU bahkan juga bekerja sama dengan Imperial College London dalam salah satu bidang studinya demi menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kampus pusat dari NTU terletak di Jurong namun ada juga kampusnya yang berlokasi di Novena.

Kyoto University - Jepang

9. Kyoto University – Jepang
Pada peringkat kesembilan ada Kyoto University yang berlokasi di 606-8501 Kyoto Yoshida-Honmachi Sakyo-ku Japan. Serupa dengan NTU, Kyoto juga merupakan universitas yang memiliki orientasi pada bidang penelitian. Bahkan Kyoto University digolongkan sebagai salah satu yang terbaik dalam hal penelitian karena memiliki pendekatan yang unik dan mengedepankan kreatifitas serta dialog antar mahasiswa dan dosen agar mampu mencapai penemuan-penemuan dan hasil-hasil penelitian yang luar biasa. Karena berorientasi pada penelitian sudah tentu Kyoto University menyediakan fasilitas penelitian yang sangat lengkap dan mendukung berbagai kepelruan penelitian yang dilakukan mahasiswanya. Satu lagi yang menarik adalah adanya Kyoto University Programs for Future International Leaders yang menawarkan berbagai kelas dalam bahasa Inggris sepenuhnya.

8. Korea Advanced Institute of Science and Technology – Korea Selatan
Salah satu universitas di Korea Selatan ini didirikan pada tahun 1971 yang juga dikenal dengan nama KAIST. Tujuan awal dari didirikannya kampus ini adalah untuk mendidik dan mengembangkan individu-individu yang berkualitas untuk keperluan sains dan teknologi di masa mendatang. Pada kenyataannya KAIST itu sendiri sudah menjadi semacam penggerak di Korea Selatan dalam hal riset-riset inovatif dalam pengembangan teknologi. KAIST saat ini sudah berhasil dalam berkembang menjadi sebuah institusi pendidikan internasional berbasis sains dan teknologi dengan bukti adanya banyak insinyur dan peneliti yang merupakan lulusan KAIST. Universitas ini memiliki total 3 lokasi kampus yaitu di Daejeon dimana ada kampus pusat dan kampus Munji lalu ada juga sekolah bisnis KAIST di Seoul.

7. Hong Kong University of Science and Technology – Hong Kong
Faktanya di Asia memang cukup mudah ditemukan universitas-universitas yang relatif masih muda namun sudah berhasil membuktikan kualitasnya dengan pencapaian-pencapaian masing-masing. HKUST adalah salah satunya yang didirikan pada tahun 1991 dengan orientasi awal sebagai universitas riset dengan skala internasional. Selain menyediakan pendidikan khususnya dalam bidang seperti sains, teknologi, teknik, manajemen, dan bisnis yang dilengkapi oleh ilmu-ilmu sosial dan humaniora, HKUST juga menjadi semacam penggerak dalam perkembangan sosial dan ekonomi di kawasan Hong Kong. Saat ini terlepas dari usianya yang masih muda, HKUST berhasil merangsek naik pada daftar peringkat universitas terbaik baik itu di skala Asia atau juga dunia.

Seoul National University - Korea Selatan

6. Seoul National University – Korea Selatan
SNU, begitu universitas ini biasa disingkat namanya, bukan hanya satu dari banyak universitas yang bisa ditemukan di Korea Selatan. Konsep dasar dari universitas ini adalah pengembangan diri untuk jangka panjang dimana para mahasiswanya akan disiapkan semaksimal mungkin dan sebaik mungkin untuk mampu menghadapi persaingan yang kompetitif dalam lingkup internasional di masa mendatang. SNU menjamin bahwa siapapun yang mengambil studi di SNU akan mendapatkan kesempatan luar biasa yang hanya ada di SNU am lingkup pendidikan tinggi dan juga riset. Didirikan pada tahun 1946, SNU selalu menjadi yang terdepan dalam hal pendidikan tinggi di kawasan Korea Selatan dan perlahan-lahan membangun reputasi globalnya.


Nah, manakah dari 5 universitas tersebut yang menjadi pilihanmu? Penasaran dengan peringkat 5 sampai 1 juga? Nantikan bagian selanjutnya dari daftar 10 universitas terbaik di Asia.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa Kuliah S1 ke Luar Negeri untuk Lulusan Madrasah dari Kementeriean Agama

Kuliah ke luar negeri bisa jadi merupakan keinginan dan sebagian bahkan mimpi yang seolah tidak bisa benar-benar diraih dan dirasakan oleh semua orang. Beberapa tahun kebelakang mungkin bisa dibilang demikian. Akses ke berbagai program dan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri masih sangat sedikit hingga hanya beberapa orang saja yang bisa kuliah ke luar negeri. Bahkan faktanya sampai saat ini masih ada pihak-pihak yang merasa bahwa kuliah ke luar negeri itu hal mewah yang hanya bisa didapatkan oleh orang-orang tertentu saja. Sebut saja lulusan SMA Negeri favorit dengan nilai tinggi adalah yang paling sering dianggap bisa kuliah ke luar negeri.

Itu adalah sebuah asumsi yang sebenarnya bisa dengan mudah dipatahkan untuk saat ini. Satu hal yang bisa digunakan untuk membantah hal tersebut adalah sebuah program beasiswa S1 di luar negeri yang disediakan oleh pihak Kementeria Agama Republik Indonesia. Program beasiswa ini dikhususkan untuk para lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan lulusan dari Madrasah Aliyah Swasta di Indonesia. Nah paling tidak ada jalan terbuka untuk lulusan MAN/MAS untuk bisa kuliah di luar negeri dengan sedikit bantuan pembiayaan dari program beasiswa Kementerian Agama ini. Lulusan Madrasah tahun lalu dan tahun ini bisa mengikuti seleksi beasiswa ini.

Program dari Kementerian Agama ini merupakan Beasiswa Biaya Hidup yang membuatnya berbeda dari kebanyakan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Biasanya beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah ke luar negeri berupa beasiswa penuh atau beasiswa parsial untuk biaya pendidikannya saja. Kementerian Agama menyalurkan Beasiswa Biaya Hidup ini melalui Direktorat Pendidikan Madrasah yang bisa digunakan untuk mendukung studi S1 di luar negeri yang diambil di berbai universitas di Timur Tengah, Eropa, Amerika, dan Asia. Program ini membuktikan bahwa Pemerintah Indonesia memperhatikan pelajar-pelajar lulusan Madrasah untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di luar negeri demi kualitas pendidikan yang lebih baik.

Beasiswa Biaya Hidup dari Kementerian Agama ini akan bisa digunakan oleh penerima beasiswa ini nantinya untuk mengajukan perohonan bantuan biaya kuliah dari Universitas tujuan. Jadi pada akhirnya penerima beasiswa ini akan mendapatkan kesempatan kuliah ke luar neger dengan bantuan pembiayaan dari Kementerian Agama dan Universitas tempat menempuh studinya. Biaya-biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini meliputi asuransi kesehatan, visa, transportasi pulang dan pergi, serta biaya hidup bulanan. Pembiayaan tersebut diberikan selawa 4 tahn sesuai degan standar waktu normal untuk menyelesaikan studi S1. 


Persyaratan
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan dari beasiswa dari Kementerian Agama ini dan dibagi menjadi persyaratan umum dan juga persyaratan khusus.

Persyaratan Umum
Warga Negara Idonesia (WNI)
Siswa MAN/MAS yang sudah terakreditasi dan merupakan lulusan periode 2014/2015 atau 2015/2016
Bersedia menandatangani surat-surat pernyataan mengenai:
    1. Bersedia kembali ke Indonesia setelah studi selesa
    2. Sanggup untuk mengabdi demi kepentingan peningkatan mutu pendidikan         Islam di Indonesia
    3. Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa lain
    4. Tidak terlibat dalam tindakan atau kegian apapun yang melanggar hukum         atau bertentangan dengan ideologi Pancasila
    5. Tidak pernah terlibat atau akan mengikuti kegiatan yang melanggar kode           etik akademik
    6. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia
    7. Sanggup memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh
        Kementerian Agama
    8. Menyerahkan data-data dan dokumen-dokumen yang benar sesuai yang
        dibutuhkan
    9. Menyerahkan bukti kesehatan diri dan bebas dari narkoba
    10. Memilih bidang studi di Universitas luar negeri yang terakreditasi
    11. Pemohon dinyatakan gugur dan tidak boleh mengajukan permohonan lagi
          jika ditemukan pemalsuan data dan dokumen
    12. Mampu menyelesaikan studi S1 sesuai masa studi 4 tahun
    13. Jika studi lebih dar 4 tahun maka pembiayaan selanjutnya ditaggung oleh
          penerima beasiswa
    14. Diprioritaskan untuk pemohon yang berprestasi atau memiliki
          keterbatasan finansial

Persyaratan Khusus
Menyelesaikan studi pada perode tahun ajaran 2014/2015 atau 2015/2016 yang dibuktikan dengan ijazah atau rapor dari kelas X hingga XII dan sudah dilegalisir oleh sekolah masing-masing
Menyediakan surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2016 dan surat pengantar dari sekolah untuk lulusan 2015
Menyerahkan LoA baik itu unconditional atau conditional dari perguruan tinggi tujuan untuk studi S1 tahun ajaran 2016/2017
Mempunyai surat jaminan beasiswa tuition fee atau bebas SPP dari pihakperguruan tinggi tujuan
Menyerahkan surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian

Pendaftaran
Pemohon yang berniat mengikuti seleksi program beasiswa ini harus melakukan proses pendaftaran secara online terlebih dahulu di halaman resmi dari Kementerian Agama dalam hal Pendidikan Madrasah DISINI yang bisa dilakukan mulai dari tanggal 1 Mei 2016 hingga 15 Mei 2016 nanti. Setelah proses pendaftaran secara online dilakukan dan selesai maka berkas-berkas persyaratan yang diminta harus dikirimkan oleh pemohon ke alamat:

          Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Madrasah
          Kementerian Agama RI 
          Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Lantai 6
          Jakarta Pusat 10710

Berkas-berkas yang diminta sebagai persyaratan tersebut dikirimkan mulai tanggal 16 Mei 2016 hingga tanggal 20 Mei 2016. Tahap selanjutya adalah pengumuman hasil seleksi dan verifikasi yang akan dilakukan pada periode tanggal 23 hingga 27 Mei 2016. Pemohon yang lolos dalam tahap pertama tersebut kemudian akan diminta untuk mengikuti seleksi wawancara pada 31 dan 31 Mei 2016. Pengumuman terakhir yang menunjukkan pemohon yang lolos dan menjadi penerima beasiswa ini akan diumumkan pada 6 Juni 2016.





Tips Mudah Mulai Bisnis di Usia Muda

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Terbongkar! Inilah Rahasia Nilam Sari, Owner Kebab Turki Baba Rafi Dapatkan Omzet Ratusan Miliyar dengan Modal Gerobak!!

Kuliner kebab memang sudah tak asing lagi di Indonesia. Beberapa pelaku usaha lokal memang sengaja memilih kuliner asal Timur Tengah ini. Respon konsumen Indonesia akan kuliner satu ini ternyata sangat baik.
Salah satu pelaku usaha kebab yang telah sukses menjalankan bisnis adalah Nilam Sari. Dengan mengusung brand “Baba Rafi”, Nilam memulai bisnis kuliner kebab turki-nya di usia yang masih sangat muda, yakni 19 tahun.

Seperti apa perjalanan bisnis kebab Baba Rafi yang dijalaninya? Berikut ulasannya.

Pada awalnya, bisnis berskala kecil dengan konsep gerobak yang dijalankan Nilam dan suami tidak langsung berjualan kebab, melainkan burger, hot dog, dan nugget. Modal usahanya sendiri didapat Nilam dari uang nikahan dari orang-orang yang memberi angpao. Meski sebenarnya bisnis awal Nilam ini cukup menguntungkan, namun bisnis berkonsep gerobak ini akhirnya harus gulung tikar karena tidak bisa bersaing dengan brand burger yang waktu itu tengah menjadi tren kuliner di Surabaya.


Dapat Inspirasi Sepulangnya dari Qatar
Bisnis kebab yang kemudian mengantarkan Nilam mencapai suskes yang sendiri didapat tanpa kesengajaan. Sebab inspirasinya didapat Nilam ketika ia melakukan perjalanan ke Qatar sekitar sebulan. Di sana, pasangan suami istri ini kembali mendapatkan inspirasi bisnis kebab setelah melihat beberapa penjual kebab di sekitar Qatar.

Setelah mendapatkan ide dan inspirasi dari perjalanan ke Qatar, Nilam langsung menerapkannya di Indonesia. Namun uniknya, Nilam tidak membuat kebab yang seperti dijumpai di Qatar, tapi ia meracik dan memodifikasi kebab tersebut serta menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Dari kreativitasnya ini lahirlah Kebab ala Baba Rafi yang bercita rasa Indonesia.
Namun meski telah menyesuaikan dengan lidah Indonesia tak lantas produk Baba Rafi langsung bisa diterima masyarakat. Pasalnya masyarakat memang banyak yang belum familiar dengan makanan satu ini.

Meski demikian, Nilam tak patah arang, Ia dan suaminya lantas menjadikan kendala ini sebagai tantangan untuk mengedukasi pasarnya. Hasil perjuangan edukasinya pun akhirnya membuahkan sesuatu, perlahan masyarakat mulai penasaran  dengan kebab Nilam, dan lama-lama akhirnya kebab Baba Rafi pun kian digandrungi oleh konsumen. Berawal dari satu gerobak, Hendi dan Nilam akhirnya mampu membeli ruko sendiri, hingga akhirnya memiliki gedung kantor.

Berhasil Menjadi Pioner Franchise Skala Industri Kecil
Setelah sukses menjalankan bisnis Kebab Baba Rafi secara terpusat, maka kemudian Nilam membuka franchise atau waralaba untuk publik. Tak disangka, tawaran waralaba berkonsep gerobak yang ditawarkan Nilam kemudian mengantarkan dirinya menjadi pionir franchise industri kecil atau gerobakan.

Kini, Kebab Turki Baba Rafi sendiri telah mempunyai lebih dari 1000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 1.500-an pegawai. Tidak hanya di Indonesia, Baba Rafi saat ini pun juga telah hadir di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Tidak hanya itu, tim marketing Baba Rafi pun juga sedang merencanakan pengembangan dan perluasan usahanya ke Eropa, tepatnya di negeri kincir angin Belanda.



==================================================================

Bisnis kuliner memang bisa jadi pilihan yang sangat menarik untuk dijalankan. Selain karena memang sedang menjadi tren di berbagai kota, bisnis kuliner juga mampu menghasilkan omzet yang besar.
Tapi kenyataan tidak semua bisnis kuliner mampu bertahan lama.
Tentunya anda tidak mau ini terjadi pada bisnis kuliner anda, bukan..? 
                     

                      Ini Sebenarnya yang Anda BUTUHKAN



Dengan baca ERBIKU ini, Anda bisa….
- Paham bisnis kuliner apa yang paling prospek
- Paham cara menentukan bisnis kuliner mulai dari :
1. Menentukan nama produk dan perusahaan agar mudah diingat orang
2. Menentukan logo yg bagaimana yg bermakna bagi pembeli
3. Memilih jenis menu andalan yang disukai dan banyak dicari oleh pembeli
4. Menentukan lokasi dan dekorasi yang tepat
- Paham strategi bisnis kuliner yang paling tepat
- Paham cara manajemen keuangan bisnis kuliner
- Paham alur produksi bisnis kuliner mulai dari menentukan supplier bahan baku, mencari peralatan, dan menentukan tempat produksi
- Paham strategi branding yang tepat untuk bisnis kuliner

Apa saja isi ERBIKU?
Paket ERBIKU terdiri dari buku setebal 300 halaman lebih dan sebuah DVD berisi video wawancara berdurasi lebih dari 4 jam dengan puluhan pebisnis kuliner sukses Indonesia, diantaranya :
Owner Black Kebab, Sambal Bu Rudy Surabaya, Calzone, Cracomilk, Geprek Gobyos, Gudeg Yu Djum, Jejamuran, Kalimilk, Kebab Turki Baba Rafi, Kedai Kopi Ekspresso, Lontong Balap Surabaya, Nasi Liwet Bu Wongso, Rockect Chicken, SS-Spesial Sambal, WS-Waroeng Steak, dan masih banyak lainnya

Materi disajikan secara EKSKLUSIF dan APLIKATIF. Bukan sekedar motivasi dan bisa langsung diterapkan. Dan lagi, cerita inspiratif dari pemilik bisnis kuliner yang membuatmu langsung PANAS dan YAKIN bisa sukses.

Berapa harganya?

Tunggu dulu…

Tanyakan dulu, berapa kerugianmu kalau tidak baca buku ini?
Kalau tidak tahu caranya, membuka bisnis kuliner itu bisa mengeluarkan modal yang tidak sedikit, manajemen yang tidak teratur, capek dan akhirnya rugi.


Tentunya anda tidak mau semua itu terjadi kan…?

Nah, ERBIKU yang berisi rahasia lengkap bisnis kuliner berkualitas ini bisa anda miliki hanya dengan :

Harga Normal Rp 157.000,-

Harga Pre-Order Rp 137.000,-

Harga ini jauh lebih murah daripada ikut seminar bisnis kuliner dimanapun.


Nggak hanya itu…

Khusus masa Pre Order ini, Anda akan dapat ebook Kitab Hitam Blackberry,  Reseller-Dropship Revolution, Strategi Manajemen Bisnis senilai 456ribu.

Semuanya bisa anda dapatkan secara GRATIS.

Kapan lagi bisa dapat buku berisi rahasia lengkap bisnis kuliner berkualitas seharga 137ribu dan dapat bonus berbagai ebook bisnis senilai 456ribu. Belum lagi ada jaminan kepuasan 100%!

Bagaimana cara pemesanannya?

Pemesanan pada masa Pre Order akan mendapatkan harga spesial. Setelah masa Pre Order selesai, harga akan naik.

Untuk pemesanan, silakan hubungi kontak berikut :
HP/SMS/WA : 0815-7357-1433
LINE @inspirabook (mohon menggunakan tanda “@” )
official.inspirabook@gmail.com
Jl. Pasir No 35 RT 09 RW 15, Patok, Gamping, Sleman, Yogyakarta


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top