International Students Academic Merit Scholarship dari East Tennessee State University di Amerika Serikat

Benar adanya jika Amerika Serikat memang menjadi salah satu pilihan favorit mahasiswa internasional termasuk dari Indoesia untuk menempuh studi di luar negeri. Hal tersebut kemudian memunculkan adanya banyak pilihan bagi mahasiswa internasional untuk bisa kuliah di Amerika Serikat dengan bantuan program beasiswa. Salah satu hal yang digunakan oleh berbagai universitas, perguruan tinggi, dan juga institusi pendidikan di Amerika Serikat untuk menarik minat mahasiswa internasional tentu saja memang melalui berbagai macam program beasiswa.

Satu nama universitas di Amerika Serikat yang mungkin tidak sepopuler nama-nama seperti MIT, Caltech, Cambridge, atau juga Harvard adalah ETSU yang merupakan singkatan dari East Tennessee State University. Terlepas dari masalah nama yang mungkin bagi sebagian mahasiswa internasional khususnya dari Indonesia masih terdengar asing, ETSU menawarkan sebuah program beasiswa untuk berbagai jenjang studi mulai dari S1, S2, dan juga S3 bagi mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia.

Terletak di Johnson City, Tennessee, Amerika Serikat, ternyata ETSU adalah institusi pendidikan terbesar keempat di Amerika Serikat. ETSU sendiri juga merupakan bagian dari Tennessee Board of Regents dengan berbagai pilihan program studi untuk diambil pada jenjang-jenjang yang ditawarkan. Daftar lengkap program studi yang bisa diambil di ETSU bisa dilihat pada tautan berikut ini (link).


Rincian Beasiswa
Program yang bernama International Students Academic Merit Scholarship ini akan memberikan bantuan pembiayana bagi mahasiswa internasional yang menempuh studi pada jenjang S1, S2, atau S3 di ETSU sebanyak 50% dari total biaya kuliah yang harus dibayar. Karena memang beasiswa ini adalah beasiswa parsial atau sebagian, maka sudah menjadi kewajiban bagi penerima beasiswa ini untuk juga mencari tambahan pembiayaan lainnya yang dibutuhkan selama masa studi di ETSU.

Program beasiswa ini mewajibkan siapapun yang ingin mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa untuk terlebih dahulu lolos seleksi mahasiswa ETSU. Jadi pemohon harus mendaftarkan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa ETSU terlebih dahulu untuk bisa mengajukan permohonan beasiswa ini. Nantinya jika sudah terdaftar menjadi mahasiswa ETSU pemohon akan bisa mengisi formulir pendaftaran beasiswa ini pada tahap selanjutnya.


Persyaratan Beasiswa
Hal-hal yang menjadi persyaratan dari beasiswa ini mencakup beberapa hal. Perhatikan dan pahami persyaratannya berikut ini:
Pemohon terlebih dulu mendaftar sebagai mahasiswa ETSU yang bisa dilakukan melalui tautan berikut ini (link) untuk jenjang S1 dan pada tautan berikut ini (link) untuk jenjang S2 dan S3
Sudah memiliki atau berencana untuk menggunakan Student Visa F-1 atau J-1
Mempunyai prestasi akademik
Memiliki skor kecakapan bahasa Inggris yang bisa salah satu dari TOEFL PBT 500, TOEFL CBT 173, TOEFL IBT 61, atau IELTS 5,5
Pemohon yang mendaftarkan diri untuk program M.D. atau Pharm.D tidak diperbolehkan mengajukan permohonan untuk program beasiswa ini

Selain hal-hal yang menjadi persyaratan tersebut perlu diperhatikan juga bahwa penerima beasiswa harus mempertahankan GPA atau IPK minimal 2,75 untuk jenjang S1 dan 3,00 untuk jenjang S2 dan S3 selama masa studi jika ingin terus mendapatkan beasiswa ini.

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dilakukan secara online setelah resmi terdaftar sebagai mahasiswa di ETSU. Pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut ini (link). Batas pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai pada Musim Semi adalah pada pertengahan bulan Oktober. Informasi yang lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke alamat shupej@etsu.edu atau dengan mengunjungi halaman resminya di tautan berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



International Major Entrance Scholarship (IMES) dari University of British Columbia di Kanada

Saat ini sudah sangat biasa dan bahkan mudah bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Hal ini dkarenakan memang semakin banyak pilihan yang bisa diambil dalam hal kuliah di luar negeri. Mulai dari negara tujuan, universitas, program studi, hingga beasiswa yang tersedia semua bisa dipertimbangkan untuk memilih yang dirasa paling sesuai saja. Bahkan semakin hari semakin terbuka kesempatan ke semakin banyak negara untuk keperluan melanjutkan studi di luar negeri.

Salah satu negara yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan kuliah ke luar negeri dari pelajar dan mahasiswa Indonesia adalah Kanada. Saat ini sudah semakin banyak pilihan yang bisa diambil untuk melanjutkan studi di Kanada dengan bantuan beasiswa. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah program International major Entrance Scholarships dari University of British Columbia. Program beasiswa yang biasa disingkat IMES ini hanya salah satu dari beberapa pilihan beasiswa yang ditawarkan oleh University of British Columbia.

Sekilas mengenai University of British Columbia atau UBC ini adalah salah satu universitas ternama yang bisa ditemukan di Kanada. Peringkatnya dalam QS World University Rankings 2015/16 termasuk dalam 50 besar universitas terbaik di dunia yang menandakan bahwa memang UBC cukup diperhitungkan di lingkup internasional. Didirikan pada tahun 1908 dengan nama McGill University College of British Columbia, hingga saat ini UBC secara konsisten termasuk dalam 3 universitas riset terkemuka di Kanada dan tentu termasuk dalam golongan universitas riset terkemuka di dunia.



Rincian Beasiswa
University of British Columbia menawarkan International Major Entrance Scholarship bagi mahasiswa internasional yang berniat melanjutkan studi pada jenjang S1. Pilihan program S1 di University of British Columbia yang bisa diambil menggunakan beasiswa ini bisa dilihat di tautan berikut ini (link).

Program beasiswa ini menawarkan bantuan pembiayaan hingga senilai total $40,000 CAD yang setara sekitar Rp 400juta. Proses pemberian beasiswanya dilakukan setiap tahun sejumlah $10,000 CAD berturut-turut selama 4 tahun masa studi S1 di UBC. Jumlah penerimaan beasiswa ini bervariasi setiap periodenya karena memang menyesuaikan ketersediaan anggaran untuk program beasiswa internasional ini.

Persyaratan Beasiswa
Program beasiswa IMES dari UBC ini tentu saja memiliki hal-hal sebagai persyaratan yang wajib dipenuhi untuk para pemohonnya. Berikut ini adalah persyaratan untuk mengajukan permohonan beasiswa IMES:
Lulusan SMA/sederajat
Pelajar internasional yang akan melanjutkan studi di UBC dengan student visa
Menunjukkan prestasi akademik yang baik, terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan masyarakat, serta memiliki tingkat intelektual yang menjanjikan
Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa program S1 di UBC sebelum tanggal 1 Desember



Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran atau pengajuan untuk beasiswa IMES ini akan secara otomatis mengikuti proses pendaftaran pemohon menjadi mahasiswa di UBC. Jika pemohon sudah resmi terdaftar sebagai mahasiswa S1 di UBC maka ia akan secara otomatis dipertimbangkan menjadi peserta dalam seleksi program beasiswa IMES. Nantinya setelah mendapatkan LoA maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa IMES akan lebih besar. Pemberitahuan mengenai beasiswa akan dikirimkan maksimal dalam waktu 3 minggu setelah pemohon mendapatkan LoA untuk menempuh studi di UBC. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa IMES bisa dilihat di tautan berikut ini (link). Sementara itu untuk informasi mengenai UBC bisa dilihat di halaman berikut (link). Informasi pendaftaran ke UBC ada di halaman berikut (link atau link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



NRTPU Rosatom State Scholarships

Ada berbagai macam alasan yang membuat orang mengambil keputusan tentang pilihan mereka untuk berkuliah di luar negeri, salah satunya adalah negara lokasi universitas yang dituju. Negara tujuan memang menjadi hal yang tidak luput dari pertimbangan saat memutuskan kuliah di luar negeri karena selain menuntut ilmu di universitas tersebut, kegiatan bersosialisasi dan hidup sementara di sana untuk jangka waktu yang dapat dikatakan tidak sebentar juga adalah satu hal yang pasti.

Salah satu negara yang belum banyak menjadi pilihan dalam menuntut ilmu di luar negeri bagi mahasiswa Indonesia ialah Rusia. Sebagai negara paling besar di dunia ternyata masih banyak pelajar dan mahasiswa Indonesia yang belum begitu mengenal Rusia. Pada akhirnya hal tersebut membuat mereka tidak menjatuhkan pilihan pada negara tersebut. Padahal faktanya negara Rusia memiliki banyak manfaat dan keunggulan bagi mahasiswa internasional yang berkuliah di negara tersebut jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya.

Hal-hal yang menjadi keunggulan dan manfaat tersebut antara lain karena Rusia negara yang sangat besar dimana terdapat lebih dari 160 etnis yang menyimpan budaya masing-masing yang sangat unik dan sangat menarik untuk dipelajari. Selain itu dalam dunia pendidikan sendiri Rusia juga tidak kalah menunjang perkembangannya karena pendidikan tinggi di negara tersebut sudah diakui oleh dunia dengan lebih dari 300 fakultas tentu bidang pendidikan yang tersedia di Rusia tidak hanya terbatas pada program-program tertentu saja.


Rincian Beasiswa
Salah satu beasiswa yang datang dari negara Rusia adalah NRTPU ROSATOM STATE SCHOLARSHIP 2016. Beasiswa yang ditawarkan oleh National Research Tomsk Polytechnic University (NRTPU) ini menyediakan 5 posisi beasiswa yang ditujukan bagi para mahasiswa (Indonesia) melalui jalur aplikasi Studi Rusia.

Sekilas mengenai NRTPU adalah sebuah pusat ilmu pengetahuan dan pendidikan yang menawarkan 220 program dalam berbagai jenjang. NRTPU memiliki 21 macam laboratorium dan gedung-gedung akademi, institusi dan pusat penelitian, laboratorium internasional, perpustakaan riset, kafe, pusat budaya internasional, pusat rekreasi, tempat olahraga, dan bahkan stadion. Universitas ini telah mendapatkan sertifikat Quality Assurance Ltd. dan juga merupakan anggota aktif dari organisasi penelitian dan pendidikan internasional.

Beasiswa yang ditawarkan ini ditujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S2 (Master) untuk Program Nuclear Power Instalation Operation selama 2 tahun. Apabila pemohon memilih bahasa pengantar studi dalam bahasa Rusia, maka beasiswa akan diberikan selama 3 tahun yang sudah mencakup pendidikan bahasa Rusia selama satu tahun. Beasiswa yang diberikan telah meliputi uang kuliah dan sejumlah uang saku bulanan. Untuk biaya lainnya seperti uang pendaftran, development fee, tiket pesawat, visa dan dokumentasi, serta biaya hidup sehari-hari (sekitar Rp 1 s/d 3 juta per bulan) ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa.


Persyaratan untuk mengikuti Beasiswa Rusia S2 Tahun 2016 oleh NTRPU adalah sebagai berikut:
1. Memiliki IPK minimal 3.2 atau rata-rata nilai rapor yakni 8 (delapan)
2. Telah menyelesaikan sendidikan S1 (Sarjana) dengan ijazah Teknik/Fisika/yang berkaitan 
3. Berusia maksimal 35 tahun

Untuk proses pendaftaran dapat dimulai dengan mengisi formulir pendaftaran beasiswa secara online melalui tautan berikut ini (link)Sebagai catatan, kode beasiswa ini adalah NRTPU 1601. Kemudian, emailkan dokumen ke alamat emali beasiswa@studirusia.com dan cantumkan pula nomer telepon yang dapat dihubungi. Batas waktu pendaftaran adalah sebelum tanggal 31 Maret untuk keberangkatan ke Rusia di bulan September. Para peserta nantinya akan menjalani tes seleksi dan wawancara dengan pihak universitas melalui Skype. 

Kontak dan Informasi
Untuk informasi lebih detail mengenai beasiswa Rusia dari NRTPU tersebut dapat menghubungi kontak Studi Rusia di nomer telp. 021-9380-5678 atau via email info@studirusia.com dan mengunjungi langsung laman resmi Studi Rusia pada tautan berikut ini (link). Jika masih ragu untuk melanjutkan studi di Rusia karena menganggap Rusia adalah negara komunis dan tidak beragama, sangat disarankan membaca artikel pada tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Chinese Government Scholarship – AUN Program

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina! Sepertinya semboyan tentang nasehat agar seseorang meraih pendidikan setinggi mungkin kini bukan lagi hanya sebatas semboyan, karena untuk melanjutkan pendidikan atau kesempatan kuliah gratis di negara yang sama dengan negara dalam semboyan tersebut, yakni di Cina (Tiongkok) tersedia bagi mahasiswa dan pelajar dari Indonesia. Benar bahwa kesempatan untuk melanjutkan S2 dan S3 gratis di negeri tirai bambu dengan beasiswa kini terbuka lebar.

Salah satu program beasiswa yang bisa dimanfaatkan adalah Chinese Government Scholarship – AUN Program. Pada dasarnya program beasiswa ini adalah sebuah beasiswa yang bersifat full scholarship. Beasiswa ini didanai oleh AUN (ASEAN University Network) dan ditujukan khusus bagi para pemohon yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Tiongkok. Skema beasiswa ini ditawarkan dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerjasama antara Tiongkok dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN termasuk salah satunya adalah Indonesia.


Cakupan Beasiswa
Para penerima Chinese Government Scholarship – AUN Program ini nantinya akan menerima cakupan pembiayaan dalam hal-hal sebagai berikut:
Tanggungan penuh biaya kuliah, biaya administrasi, dan pengeluaran yang mendukung kegiatan mahasiswa
Akomodasi. Apabila pihak kampus mengharuskan mahasiswa untuk tinggal di kampus, maka akomodasi akan disediakan dalam bentuk asrama mahasiswa. Tetapi jika pihak kampus memperbolehkan mahasiwa untuk tinggal di luar kampus, maka mahasiswa akan menerima subsidi akomodasi sejumlah CNY 700 per bulan untuk pelamar S2 dan CNY 1000 per bulan untuk pelamar S3
Tunjangan bulanan dari pihak kampus sejumlah CNY 3,000 per bulan untuk pelamar S3
Biaya asuransi

Berikut ini adalah rincian total biaya yang akan diterima oleh penerima beasiswa ini nantinya yang berbeda-beda berdasarkan bidang studi yang diambil:
S2 field of study I – CNY 70.200 per tahun
S2 field of study II – CNY 74.200 per tahun
S2 field of study III – CNY 79.200 per tahun
S3 field of study I – CNY 87.800 per tahun
S3 field of study II – CNY 92.800 per tahun
S3 field of study III – CNY 99.800 per tahun 

Sementara itu untuk rincian field of study yang bisa diambil adalah mencakup program-program berikut ini:
Field of Study I : Filosofi, Ekonomi, Hukum, Pendidikan, Literatur (kecuali Fine Arts), Sejarah, dan Manajemen
Field of Study II : Sains, Teknik, dan Pertanian
Field of Study III : Fine Arts dan Kedokteran

Durasi pemberian bantuan beasiswa ini untuk program S2 maksimal 3 tahun dan untuk program S3 maksimal 4 tahun. Pada beberapa universitas yang menyediakan program Master dan Doktor dengan bahasa pengantar Mandarin, pihak universitas akan memberikan kursus persiapan bahasa Mandarin secara gratis selama 1 hingga 2 tahun sebelum masa perkuliahan reguler dimulai. Namun jika pemohon sudah memiliki nilai HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) atau Chinese Proficiency Test yang merupakan tes penguasaan dan kemampuan menggunakan bahasa Mandarin pada level tertentu maka tidak perlu lagi mengikuti kursus persiapan bahasa Mandarin ini.

Persyaratan Beasiswa
Hal-hal yang menjadi persyaratan untuk mengikuti beasiswa kuliah S2 & S3 di Tiongkok ini adalah sebagai berikut:
1. Formulir pebdaftaran untuk Chinese Goverment Scholarship
2. Salinan resmi Ijazah terakhir 
3. Salinan resmi Transkrip Nilai
4. Rencana Studi atau Proposal Riset dengan panjang minimal 800 kata
5. 2 (dua) Surat Rekomendasi dari Professor atau Associate Professor
6. Salinan Foreigner Physical Examination Form, bisa di-download pala halaman berikut (link) dengan tes kesehatan yang diberikan harus meliputi semua hal yang tertera pada form tersebut yang form tersebut harus ditandatangani oleh dokter atau distempel resmi dari pihak rumah sakit yang melakukan tes kesehatan tersebut
7. Salinan Pre-admission Letter dari universitas yang terdapat di Tiongkok (jika ada)
8. Salinan Sertifikan HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) atau Chinese Proficiency Test (jika ada)


Seluruh berkas dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris atau Mandarin. Apabila dokumen tersebut masih menggunakan bahasa Indonesia (misalnya ijazah dan transkrip nilai), maka dapat menggunakan jasa Penerjemah Tersumpah untuk membantu menterjemahkannya ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Pastikan hasil terjemahan tersebut telah dilegalisir oleh notaris agar bisa digunakan dalam pengajuan beasiswa ini. Sertakan juga hasil terjemahan tersebut bersama dengan fotocopy dokumen asli yang telah dilegalisir. Urutkan seluruh dokumen berdasarkan urutan di atas dan di klip menjadi satu pada bagian pojok kiri atas. Jangan lupa, seluruh dokumen dikirimkan rangkap 2 (dibuat dua set klip).

Pendaftaran Beasiswa
Selanjutnya untuk prosedur atau tata cara pendaftaran dari program beasiswa ini adalah sebagai berikut:
1. Daftarkan diri pada Sekretariat AUN untuk keperluan pendaftaran beasiswa CGS
2. Setelah mendapatkan rekomendasi dari AUN yang berupa award letter untuk kandidat CGS kemudian pemohon visa mendaftarkan diri pada universitas tujuan di Tiongkok untuk mendapatkan pre-admission letter
3. Lengkapi prosedur pendaftaran online pada link atau tautan berikut ini (link) dimana sebelumnya pemohon harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan Username dan Password yang dibutuhkan.
4. Lengkapi form tersebut dengan mengisi sesuai data-data yang diminta, kemudian pilih submit dan lalu cetak formulir tersebut dan pastikan Nomer Agency untuk AUN pada pengisian form aplikasi adalah ‘00005’
5. Kirimkan seluruh berkas dokumen yang dibutuhkan di atas kepada pihak Sekretariat AUN sebelum batas waktu pendaftaran pada alamat berikut:

Ms. Pasita Maruke
ASEAN University Network Secretariat
17th  Floor, Chaloem Rajakumari 60 Building,
Chulalongkorn University, Phayathai Road,
Pathumwan, Bangkok 10330 Thailand
Tel: +66 2 21 53640 ext. 102
Fax: +66 2 2158808
Email: aun.pasita@gmail.com

Perlu diperhatikan bahwa hanya pemohon yang direkomendasikan oleh AUN yang akan dipertimbangkan dalam seleksi beasiswa ini. Pendaftaran yang ditujukan langsung kepada CSC (China Scholarship Council) juga tidak akan dipertimbangkan. Pemohon yang memiliki pre-admission letter  akan ditempatkan sesuai dengan universitas tujuan namun bagi mereka yang tidak memiliki pre-admission letter harus menerima penempatan universitas dari CSC.


Kontak dan Informasi
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai China-AUN Scholarship, pemohon dapat menghubungi kontak Sekretariat AUN di atas, atau menghubungi pihak CSC pada kontak berikut:

DIVISION OF INTERNATIONAL STUDENTS
AFFAIR, CHINA SCHOLARSHIP COUNCIL
Tel: 0086-10-66093923
Fax: 0086-10-66093972
Email: yazhou2@csc.edu.cn
Website: link atau link




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Regional Champion Scholarship dari Tanoto Foundation

Sebagai sebuah lembaga yang berfokus pada dunia pendidikan di Indonesia, Tanoto Foundation melalui berbagai program bantuannya layak dijadikan pilihan utama bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia yang memiliki kendala dalam hal keuangan. Jangan sampai masalah keuangan menjadi kendala pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk bisa memaksimalkan potensi dalam dirinya dan kemudian bisa menggunakan berbagai peluang yang ada demi masa depan yang lebih baik.

Salah satu program yang diadakan oleh Tanoto Foundation adalah satu program yang bernama Regional Champion Scholarship. Program ini pada dasarnya adalah sebuah program beasiswa yang lingkupnya regional atau berdasarkan wilayah masing-masing mahasiswa dan pelajar Indonesia. Target dari program ini khususnya adalah para calon pemimpin masa depan Indonesia yang berasal dari wilayah pedesaan dengan komitmen tinggi untuk memajukan dan membangun wilayahnya di kemudian hari.


Pihak Tanoto Foundation menggandeng beberapa universitas dan perguruan tinggi baik itu PTN atau juga PTS dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menjalankan program ini. Berikut adalah nama-nama universitas dan perguruan tinggi yang menjadi mitra dari Tanoto Foundation dalam Regional Champion Scholarship:
Institut Pertanian Bogor – Bogor
Institut Teknologi Bandung – Bandung
Institut Teknologi Medan – Medan
Universitas Andalas – Padang
Universitas Batanghari – Jambi
Universitas Bengkulu – Bengkulu
Universitas Brawijaya – Malang
Universitas Darmawangsa – Medan
Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta
Universitas Hasanuddin – Makassar
Universitas HKBP Nommensen – Medan
Universitas Indonesia – Jakarta
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim – Riau
Universitas Islam Riau – Pekanbaru
Universitas Islam Sumatera Utara – Medan
Universitas Jambi – Jambi
Universitas Katolik Parahyangan – Bandung
Universitas Katolik Santo Thomas – Medan
Universitas Lampung – Bandar Lampung
Universitas Lancang Kuning – Pekanbaru
Universitas Methodist Indonesia – Medan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara – Medan
Universitas Mulawarman – Samarinda
Universitas Padjadjaran – Bandung
Universitas Riau – Pekanbaru
Universitas Sriwijaya – Palembang
Universitas Sumatera Utara – Medan
Universitas Syiah Kuala – Banda Aceh

Dalam mendapatkan nama-nama penerima beasiswa ini, pihak Tanoto Foundation menjalankan sebanyak 4 tahapan seleksi bagi semua pendaftar untuk program Regional Champion Scholarship. Tahapan seleksinya meliputi seleksi berkas, psikotes, wawancara, dan penandatanganan perjanjian. Program ini sejak dimulai pada tahun 2011 hingga akhir tahun 2015 lalu sudah memberikan sebanyak 173 beasiswa kepada para penerimanya yang disebut sebagai Tanoto Scholars.


Persyaratan Beasiswa
Dalam menyaring seluruh mahasiswa dan pelajar Indonesia yang mendaftarkan diri dalam program ini tentu pihak Tanoto Foundation memiliki persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah persyaratannya yang dibagi menjadi persyaratan umum dan persyaratan khusus:

Persyaratan Umum
o Siswa kelas 3 atau XII SMA/SMK/MA di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi
o Peringkat 10 besar sejak kelas 1 atau X hingga kelas 3 atau XII
o Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
o Melengkapi dokumentasi administrasi yang sudah ditentukan

Persyaratan Khusus
o Berasal dari keluarga yang kurang mampu dalam hal keangan yang dibuktikan dengan surat rekomendasi RT atau Kepala Desa dan slip gaji orang tua
o Melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa pemohon layak mengikuti seleksi beasiswa
o Diterima di perguruan tinggi yang sudah ditentukan Tanoto Foundation atau program studi yang sudah diteapkan oleh Tanoto Foundation
o Mengikuti kegiatan magang di PT Royal Golden Eagle Indonesia
o Mempertahankan IPK minimal 2,75
o Menjalani ikatan dinas selama 4 tahun di PT Royal Golden Eagle Indonesia

Selain persyaratan perlu diketahui juga berbagai hal yang menjadi manfaat atau keuntungan dari program Regional Champion Scholarship ini. Hal-hal yang menjadi keuntungan dari penerima program beasiswa ini mencakup:
Uang masuk peguruan tinggi
Uang kuliah
Tunjangan bulanan
Kepastian karir di PT Royal Golden Eagle Indonesia
Pengalaman magang
Program pembekalan
Program bimbingan konseling
Tanoto Scholars gathering

Pendaftaran dan Informasi
Jika ingin mendaftarkan diri dalam program Regional Champion Scholarship ini bisa dengan menuju ke halaman berikut ini (link). Selanjutnya jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa menuju ke tautan berikut ini (link). Sementara itu informasi mengenai Tanoto Foundation bisa didapat di tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



National Champion Scholarship dari Tanoto Foundation

Merupakan satu hal yang wajar apabila sebuah lembaga atau organisasi yang bukan berasal dari pemerintah kerap ikut andil dalam memajukan dunia pendidikan dan mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia. Hal tersebut bisa dilakukan melalui berbagai program dari setiap lembaga atau organisasi tersebut yang salah satunya adalah program beasiswa. Satu nama yang sudah tentu dikenal di Indonesia sebagai penyedia bantuan dalam hal pendidikan adalah Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation adalah sebuah lembaga filantropi yang memiliki fokus pada penanggulangan kemiskinan melalui dukungan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup. Lembaga ini didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto yang dilandasi oleh keyakinan mereka bahwa setiap orang patut untuk diberikan dan mendapatkan kesempatan dalam merealisasikan potensinya secara penuh khususnya dimulai dar dunia pendidikan.

Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation adalah National Champion Scholarship yang mulai diperkenalkan pada tahun 2006. Program beasiswa ini mendidik calon pemimpin masa depan Indonesia melalui dukungan penuh dalam bentuk beasiswa studi S1 dan S2. Target utama dari program ini adalah mahasiswa berprestasi dari jenjang studi S1 dan S2 yang memiliki kendala dalam hal keuangan sehingga benar-benar potensi mereka dalam dunia pendidikan tidak akan terbuang hanya karena tidak memiliki biaya.


Penerima beasiswa ini akan disebut sebagai Tanoto Scholars yang nantinya tidak hanya akan menerima bantuan keuangan saja. Pelatihan untuk pengembangan kapasitas diri khususnya soft skills sperti dalam bekerjasama dan berkomunikasi juga akan termasuk dalam hal-hal yang akan diperoleh sebagai Tanoto Scholars. Selain itu ada juga Tanoto Scholars Association dimana semua penerima beasiswa ini didukung penuh untuk berpartisipasi dalam mengikuti berbagai kegiatan sosial di lingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, Tanoto Scholars juga akan mendapatkan bimbingan jika ternyata nilai akademis masing-masing tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa dari Tanoto Foundation. Khusus dalam program National Champion Scholarship ini para penerimanya nanti juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan yang akan sangat berguna untuk menambah pengalaman masing-masing. Luar biasa bukan?

Dalam menjalankan program National Champion Scholarship, pihak Tanoto Foundation bekerja sama dengan total 12 perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi tersebut meliputi:
Institut Teknologi Bandung
Institut Pertanian Bogor
Universitas Indonesia
Universitas Gadjah Mada
Universitas Sumatera Utara
Universitas Riau
Universitas Jambi
Universitas Mulawarman
Universitas Hasanuddin
Universitas Brawijaya
Universitas Diponegoro
Universitas Andalas


Total jumlah penerima beasiswa dalam program National Champion Scholarship ini hingga akhir tahun 2015 lalu adalah 2.412 dengan Tanoto Scholars Association yang sudah didirikan ada di 11 kota di Indonesia. Program ini juga sudah sangat berhasil dalam mempertahankan presentase yang rendah dalam hal drop out dari universitas yaitu hanya 1,5% yang masih ditambah dengan rata-rata nilai yang bagus dari mahasiswanya yaitu dengan IPK 3,6 pada skala 4,0.

Pada tahun yang sama yaitu tahun 2015 jumlah pendaftar dari program National Champion Scholarship berjumlah 8.057 dengan jumlah total yang diterima sebagai Tanoto Scholars adalah 236. Seluruh pendaftar dari program ini harus melalui 4 tahap seleksi yaitu seleksi berkas, psikotes, wawancara, dan penandatanganan perjanjian.

Persyaratan Beasiswa
National Champion Scholarship menawarkan program bantuan beasiswa tentu hanya untuk mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang memang sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang sudah ditentukan. Berikut ini persyaratannya:
Warga Negara Indonesia
Terdaftar sebagai mahasiswa di IPB, ITB, UGM, UNHAS, UI, UNJA, UNMUL, UNRI, USU, UNDIP, UB, atau UNAND
Usia maksimal 21 tahun untuk S1 dan 40 tahun untuk S2
Untuk S1 IPK minimal 3,00 atau jika belum ada IP S1 maka minimal nilairta-rata rapor kelas 3 adalah 8
Untuk S2 IPK minimal 3,25 atau jika belum ada IP S2 maka IPK minimal S1 harus 3,25
Untuk S2 harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun setelah lulus S1
Membutuhkan dukungan keuangan sesuai rekomendasi perguruan tinggi
Memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian serta komitmen untuk ikut serta memajukan bangsa Indonesia

Pendaftaran dan Informasi
Pendaftaran untuk mengikuti program National Champion Schoparship dari Tanoto Foundation ini bisa dilakukan dengan menuju ke tautan berikut ini (link). Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa dilihat di halaman berikut (link). Informasi mengenai Tanoto Foundation tersedia di halaman berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Universitas dengan Jurusan Teknik dan Teknologi yang Terbaik di Jerman

Jerman sebagai salah satu negara di kawasan Eropa sudah tidak perlu diragukan lagi dalam berbagai hal yang salah satunya adalah kualitas pendidikan khususnya pada bidang teknologi dan teknik. Bahkan jika menoleh kembali pada masa kelam Perang Dunia II sebenarnya banyak ide brilian dalam hal teknologi dan teknik yang ditemukan oleh orang-orang Jerman namun layu sebelum berkembang karena pihak Jerman berhasil dikalahkan.
Meninggalkan masa lalu tersebut dan kemudian beranjak pada masa kini ternyata Jerman masih unggul dalam bidang teknik dan juga teknologi. Hal ini dibuktikan dengan beberapa universitas di Jerman yang dijadikan pilihan utama oleh mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia yang ingin melanjutkan studi khususnya pada bidang teknik atau teknologi. Sudah tentu mahasiswa dari Indonesia juga bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di universitas-universitas berikut ini jika memang sangat tertarik untuk menekuni bidang teknik dan teknologi.

5. Karlsruher Institut fur Technologie (link)
Institut teknologi ini berada dalam peringkat 10 besar universitas di kawasan Eropa pada program Teknik dan Sains. Kualitas pengajaran dari Karlsruher Institut fur Technologie sejalan dengan kualitas penelitian disana yaitu dalam tingkatan yang tinggi. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang menjadikannya terkenal di dunia dalam sains dan teknik. Selain berbagai jurusan pada bidang sains dan teknik yang berkualitas, di KIT juga tersedia penelitian ekstensif kelas dunia dalam bidang teknologi nuklir. Universitas ini juga menyediakan pilihan program dalam bahasa Inggris yang lagi-lagi menambah daya tarik mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di KIT. Jadi tunggu apa lagi? Segera kembangkan kemampuan sains dan teknik di KIT.


4. Technische Universitat Munchen (link)
Universitas yang berlokasi di kota Munchen ini adalah sebuah universitas bergengsi dengan berbagai program pelatihan yang ditawarkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Satu hal menarik dari universitas ini adalah bahwa universitas ini sanggup menarik minat penyandang dana dalam jumlah besar untuk keperluan riset dan proyek. Salah satu investor terbesar di universitas ini adalah Dewan Riset Eropa (European Research Council) yang sangat dermawan dalam menjamin berbagai kegiatan berbau sains dan teknologi untuk menciptakan banyak peluang di kemudian hari. Ada juga kerja sama dengan Cambridge University, National University of Singapore, Nanyang Technological University, University of California at Berkeley, MIT, dan sebagainya guna menjamin tersedianya dan terbukanya kesempatan untuk lebih mengembangkan diri dan juga bidang ilmu yang terkait dengan sains dan teknologi.


3. Technische Universitat Berlin (link)
Universitas selanjutnya dalam daftar universitas teraik di Jerman pada jurusan sains dan teknik serta teknologi adalah Technische Universitat Berlin. Universitas ini menganut dan mengikuti semua tren modern dalam hal atau bidang pendidikan ilmu teknik. Mahasiswa baru di universitas ini akan sangat didukung secara aktif dan intensif oleh pihak universitas agar mampu lebih mengembangkan teknologi tinggi sesuai bidang dan minat khusus masing-masing. Satu hal yang menarik dari universitas ini adalah ada total 10 penerima Nobel Prize dari universitas ini. Dalam hal peringkat di dunia pada bidang Teknik dan Teknologi, universitas ini berada pada peringkat 44. Universitas ini menjadi salah satu anggota dari the Association of European Engineering Universities yang hal ini sangat memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar ganda.


2. Technische Universitat Dresden (link)
Peringkat kedua dari 5 besar universitas terbaik di Jerman dalam bidang sains dan teknologi adalah Technische Universitat Dresden. Reputasi dari perguruan tinggi ini sudah terdengar luas di Jerman dan Eropa. Universitas ini menjadi pendidik mahasiswa teknik terbesar di Jerman yang mayorita dari mahasiswanya adalah mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut disebabkan karena universitas ini memberikan peluang luar biasa dalam hal penelitian dengan kurikulum interdisipliner. Jurusan nanoteknologi dan mikroeletronika adalah 2 jurusan di universitas ini yang juga memang dipelopori oleh Technisch Universitat Dresden. Luar biasanya di universitas ini tersedia 10 pusat penelitian untuk jurusan-jurusan seperti teknik informatika, logistik & transportasi, mesin, teknik elektro, dan tentu saja pada nanoteknologi dan mikroelektronika.


1. RWTH Aachen (link)
Universitas dengan nama Rhine-Westphalian Technical University in Aachen ini merupakan salah satu institusi penelitian ternama di Eropa. BJ Habibie yang pernah menjabat sebagai presiden Indonesia dulunya menempuh pendidikan disana. Usianya sudah lebih dari 100 tahun dari awal didirikan sehingga membuat RWTH Aachen tidak perlu diragukan lagi dalam hal kualitas pendidikannya. Spesialisasinya memang adalah sains dan teknik yang memberikan berbagai program pelatihan serta praktek guna mempersiapkan mahasiswanya agar siap bekerja setelah lulus nanti. Alumni dari universitas ini banyak dicari oleh berbagai pihak karena jaminan kemampuan dan ilmunya dalam bidang sains dan teknik baik itu di kawasan Eropa maupun secara internasional di dunia.


Jadi, sudah ditentukan mana pilihan utama untuk melanjutkan studi pada bidang sains dan teknik di Jerman?




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Program Magang Bakti dari BCA

Sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia, BCA berusaha berbagi manfaat kepada masyarakat Indonesia yang salah satu caranya adalah dengan mengadakan program magang rutin yang bernama Program Magang Bakti. Program ini rutin diadakan oleh BCA guna memberikan kesempatan bagi pelajar SMA atau SMK serta juga mahasiswa jenjang D3 atau S1 untuk mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya.

Dalam program ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai dunia layanan perbankan serta juga pengalaman yang luar biasa dalam hal operasional perbankan yang sekaligus memberikan gambaran bagaimana bekerja bersama para profesional baik itu rekan kerja sejawat maupun para atasan dan pimpinan. Satu hal lagi yang pasti adalah bahwa para peserta program ini akan merasakan sebuah pengalaman bekerja di salah satu bank terbaik di Indonesia yang akan sangat bisa digunakan sebagai bekal dikemudian hari.


Selama menjalani program ini nantinya peserta akan menjalankan tugas sebagaia Customer Service atau Teller selama jangka waktu 1 tahun berlangsungnya program. Nanti pada akhir masa berlangsungnya magang tersebut peserta akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat yang bisa digunakan di kemudian hari dan juga beasiswa.

Persyaratan Program
Untuk bisa mengikuti Program Magang Bakti ini setiap calon peserta harus memastikan bahwa mereka sudah memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak BCA sebagai penyelenggara program. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:
Warga Negara Indonesia
Pria atau Wanita dengan penampilan menarik
Lulusan SMA atau SMK dengan nilai rata-rata rapor pada tahun terakhir minimal 7,0
Mahasiswa jenjang D1, D2, D3, atau S1 dengan IPK minimal 2,50
Usia antara 18 tahun hingga 25 tahun
Sehat jasmani dan rohani
Ramah dan sangat mampu berkomunikasi dengan baik
Tidak pernah terlibat narkoba dan bentuk-bentuk pelanggaran hukum lainnya
Bersedia ditempatkan di seluruh kantor cabang BCA di wilayah kota seleksi
Lulus seleksi program
Bersedia untuk tidak menikah selama proses magang berlangsung


Pendaftaran Program
Setelah memahami dan mengetahui semua hal sebagai syarat dari program ini dan dirasa sesuai maka pendaftaran bisa segera dilakukan. Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui tautan berikut ini (link). Pendaftaran tersebut bisa dilakukan hingga pada tanggal 31 Januari 2017 untuk periode Program Magang Bakti yang saat ini ditawarkan. Setelah proses pendaftaran dilakukan nantinya akan langsung masuk ke proses seleksi yang mencakup seleksi administrasi, walk in interview, psikotes, wawancara, serta tes kesehatan.

Kontak dan Informasi Program
Selanjutnya jika dirasa masih membutuhkan berbagai informasi tambahan mengenai Program Magang Bakti ini bisa dengan mengunjungi website resminya di tautan berikut ini (link). Selain itu bisa juga dilakukan dengan mengirimkan email ke alamat recruitment@bca.co.id.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



KAUST Fellowship dari King Abdullah University of Science and Technology

Jika benar-benar dicari maka secara mengejutkan ada banyak sekali program beasiswa yang bisa digunakan untuk kuliah ke luar negeri. Bahkan dengan tujuan kuliah di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi sekalipun tersedia beasiswa untuk melanjutkan kuliah. Memang tidak sebanyak pilihan beasiswa di negara-negara seperti Inggris, Australia, atau Singapura, tapi tetap saja sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Pemberi beasiswa yang juga menjadi tempat studi dengan beasiswa ini nantinya adalah King Abdullah University of Science and Technology. Tidak main-main jika dilihat faktanya bahwa universitas tersebut adalah universitas terbesar serta termegah di kawasan Timur Tengah yang dimiliki oleh Raja Abdullah. Lokasinya ada di sebelah utara kota Jeddah sejauh 80 km. Universitas ini sesuai namanya hanya memiliki 2 jurusan yaitu sains dan teknologi. Hal ini dikarenakan oleh tujuan dari Raja Abdullah ketika mendirikan universitas ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang dapah memajukan sains dan teknologi do kawasan Timur Tengah.


Cakupan Beasiswa
Program KAUST Fellowship dari King Abdullah University of Science and Technology adalah satu program beasiswa bagi lulusan S1 atau S2 untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Arab Saudi. Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh dengan hal-hal yang termasuk dalam cakupannya antara lain:
Biaya kuliah penuh selama menjalani studi di KAUST
Uang saku sebesar USD 20.000/tahun untuk S2 dan USD 25.000/tahun untuk S3 yang akan naik menjadi USD 30.000/tahun setelah lulus ujian kualifikasi, proposal, atau kandidat doktoral
Tempat tinggal yang berupa rumah atau apartemen dengan fasilitas lengkap dan bisa digunakan untuk tinggal bersama keluarga
Pemeliharaan kesehatan dan gigi dari BUPA (Asuransi Kesehatan Saudi) untuk penerima beasiswa dan keluarga yang diajak selama masa studi
Tiket pesawat PP ke negara asal sekali setahun
Dukungan relokasi

Selain hal-hal tersebut tadi yang merupakan cakupan utama dari beasiswa ini, masih ada lagi keuntungan-keuntungan yang bsia didapatkan dengan menjadi penerima beasiswa dari KAUST ini diantaranya adalah:
Kesempatan riset dengan profesor-profesor kelas dunia dan berkolaborasi dalam berbagai riset dengan perusahaan-perusahaan besar di dunia seperti Boeing, Schlumberger, Saudi Aramco, Sabic, serta juga akses yang tak terbatas ke berbagai fasilitas penelitian paling mutakhir dari hasil dukungan USD 20 milyar dari raja Abdullah
Kesempatan mengunjungi tempat-tempat suci dan besejarah bagi mahasiswa muslim seperti Makkah dan Madinah dimana KAUST menyediakan layanan bis gratis untuk keperluan tersebut
Kesempatan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena justru penggunaan bahasa Inggris sangat ditekankan dalam lingkungan KAUST sehingga bahkan ketika studi disana tidak harus bisa bahasa Arab

Persyaratan Beasiswa
Selanjutnya hal-hal yang harus diperhatikan adalah persyaratan dari beasiswa ini agar kesempatan untuk bisa menjadi penerimanya lebih besar. Berikut ini adalah persyaratannya:
Pemohon sudah menyelesaikan studi S1 untuk melanjutkan S2 atau studi S2 untuk melanjutkan S3
Mampu menggunakan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor TOEFL iBT minimal 79 atau IELTS minimal 6.0
Pemohon disarankan untuk mengikuti tes GRE yang hasilnya akan langsung dikirimkan oleh pihak ETS ke KAUST

Setelah hal-hal tersebut yang menjadi persyaratan beasiswa ini sudah terpenuhi selanjutnya dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa ini juga harus dilengkapi. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan:
Statement of Purpose
Curriculum Vitae
Salinan resmi (sudah dilegalisir oleh universitas) dari ijazah dan transkrip nilai lengkap dengan sistem pemberian nilai atau grading scale dari universitas asal yang sudah diterjemahkan oleh jasa penerjemah tersumpah dalam bahasa Inggris
Surat rekomendasi sebanyak 3 buah
Salinan skor TOEFL/IELTS
Salinan skor GRE (jika ada)

Khusus bagi lulusan universitas di Amerika Serikat, Australia, Inggris, Irlandia, Kanada, atau Selandia Baru maka tidak diperlukan bukti kemampuan bahasa Inggris baik itu TOEFL maupun IELTS.


Prosedur Pendaftaran
Pendaftaran dimulai dengan mendaftarkan diri secara online di tautan (link). Semua informasi yang diminta pada halaman pendaftaran wajib diisikan terlebih dahulu. Kemudian semua dokumen yang menjadi syarat dari beasiswa ini wajib diunggah . Khusus untuk surat rekomendasi wajib dikirimkan atau diunggah langsung oleh yang memberikan rekomendasi menggunakan media yang sudah disediakan. Nantinya jika sudah diumumkan diterima oleh KAUST, dokumen yang menjadi syarat tersebut harus dikirimkan dalam format hardcopy ke alamat berikut:

   Office of Admissions
   Graduate Affairs
   Building 9, Suite 4328
   4700 King Abdullah University of Science and Technology
   Thuwal, jeddah 23955-6900
   Kingdom of Saudi Arabia

Pendaftaran beasiswa ini biasanya berakhir pada awal bulan April setiap periodenya. Informasi lebih lanjut kaitannya dengan beasiswa dari KAUST ini bisa didapatkan di tautan berikut (link) atau dengan mengirimkan email ke admissions@kaust.edu.sa serta memantau Komunitas Mahasiswa KAUST di tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Humber International Entrance Scholarships dari Humber College

Hanya dalam 1 jenjang yang sama saja pilihan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri ternyata cukup banyak yaitu pada jenjang kuliah S1. Sebuah institusi pendidikan tinggi di Kanada yang bernama Humber College adalah satu dari banyak universitas, perguruan tinggi, dan institusi pendidikan tinggi di dunia yang menawarkan program beasiswa jenjang S1 bagi pelajar internasional.

Melalui sebuah skema atau program yang bernama Humber International Entrance Scholarships, pihak Humber College menawarkan sebuah beasiswa yang ditawarkan secara rutin setiap tahun bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi pada jenjang kuliah S1 di Kanada khususnya di Humber College.

Toronto yang merupakan kota terbesar di kanada adalah kota dimana Huber College berada. Terletak di kota besar yang juga menjadi ibukota dari Ontario sudah pasti membuat Humber College menjadi satu tempat menuntut ilmu yang berkualitas. Melalui berbagai fakultas yang ada, Humber College menawarkan studi yang tidak kalah dari kampus-kampus lain dalam skala internasional. Fakultas yang ada di Humber College antara lain:
School of Applied Technology
School of Creative & Performing Arts
School of Health Sciences
School of Hospitality, Recreation & Tourism
School of Liberal Arts & Sciences
School of Media Studies & Information Technology
School of Social & Community Services
The Business School


Sudah pasti dari 8 fakultas tersebut ada program-program studi spesifik yang bisa dipilih untuk menempuh studi S1 di Humber College. Daftar lengkap dari program studi yang bisa diambil menggunakan program beasiswa ini bisa dilihat di halaman berikut (link).

Pada dasarnya beasiswa ini adalah beasiswa parsial jadi biaya-biaya lain seperti akomodasi, biaya hidup, dan berbagai keperluan lainnya selama masa studi di Humber College harus ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa ini. Jumlah pembiayaan yang ditanggung oleh beasiswa ini beraneka ragam mulai dari $5,000, $1,000, hingga keseluruhan dari uang kuliahnya. Pembiayaan dari beasiswa ini bisa diperpanjang asalkan penerima mampu mempertahankan nilai minimal 75%.

Proses seleksi dari beasiswa ini akan menggunakan pertimbangan dalam hal prestasi akademik, surat referensi, keterlibatan pada komunitas dan masyarakat,s erta juga pernyataan yang kuat akan ketertarikan pada bidang yang diinginkan untuk studi S1 di Humber College. Pendaftaran program Humber International Entrance Scholarships ini bisa dilakukan setelah diterima sebagai mahasiswa di Humber College jadi prosesnya memang terpisah. Pemohon harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dimana nantinya formulir pendaftaran beasiswa akan disertakan di formulir pendaftaran mahasiswa.

Agar bisa diterima dalam program beasiswa ini, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pemohon. Persyaratan lengkap dan panduan pendaftaran dari program Humber International Entrance Scholarships ini bisa dilihat di tautan ini (link). Sementara itu informasi mengenai ketersediaan program beasiswa ini ada di halaman berikut (link).


Beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam seleksi beasiswa ini seperti salinan resmi ijazah SMA, transkrip nilai, serta bukti kecakapan bahasa Inggris yang bisa berupa TOEFl/IELTS dalam format atau bentuk softcopy. Seluruh dokumen tersebut harus disertai pengisian formulir pendaftaran secara online di halaman berikut (link). Dalam proses pendaftarannya dikenakan biaya sebesar $75.

Dokumen yang sudah lengkap sesuai persyaratan dari beasiswa ini kemudian harus dikirimkan melalui email intlapplications@humber.ca dengan penerima yang dituju adalah:

     Humber College Institute of Technology & Advanced Learning
     International Centre, Room D224, 205 Humber College Boulevard,
     Toronto, Ontario CANADA M9W 5L7

Pengajuan permohonan beasiswa ini bisa dilakukan 2 kali pada setiap periodenya yaitu dengan batas akhir pada bulan Mei untuk kuliah mulai bulan September dan batas akhir pada bulan September untuk kuliah mulai bulan Januari. Tambahan informasi seputar beasiswa ini bisa diperoleh di tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



The Zalora Scholarship dari Zalora

Satu lagi hal yang bisa dijadikan sebagai dasar dari sebuah program beasiswa adalah minat pada bidang tertentu. Hal ini yang terjadi pada program, The Zalora Scholarship dari Zalora. Program ini ditawarkan secara khusus bagi para pemohon yang memiliki minat luar biasa dalam bidang fashion. Hal ini juga memang sesuai dengan pihak Zalora itu sendiri sebagai penyedia beasiswa. Zalora merupakan sebuah portal fashion online yang terkemuka di Asia jadi sangat wajar jika bahkan program beasiswa yang ditawarkan oleh Zalora hanya dikhususkan pada bidang fashion saja.

Nama Zalora itu sendiri sudah ada sejak tahun 2012 silam. Hingga saat ini Zalora sudah semakin berkembang sebagai portal fashion online di Asia dengan cabang di berbagai negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan lain sebagainya.


Rincian Beasiswa
Program beasiswa ini ditujukan bagi para mahasiswa yang berada di universitas-universitas terkemuka di kawasan Asia yang meliputi  Filipina, Vietnam, Thailand, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Indonesia yang memang sudah menjalin kerja sama dengan pihak Zalora. Nantinya dari seleksi yang dilakukan oleh penyedia beasiswa ini hanya akan dipilih sejumlah 7 penerima beasiswa berdasarkan relevansi dan juga inovasi pada bidang fashion yang memang menjadi tema pokok dari program beasiswa ini.

Program The Zalora Scholarship ini diberikan dan disediakan oleh Zalora sebagai sebuah bentuk partisipasi nyata Zalora dalam hal peningkatan industri e-commerce di Indonesia secara khusus dan di Asia secara umum. Pada intinya, program ini menjadi sebuah kesempatan emas bagi siapapun yang ingin memaksimalkan potensi dan kesempatan dalam dunia fashion. Penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan bantuan biaya untuk studi sebesar Rp 10.000.000.- ditambah dengan pengalaman kerja dan magang yang sudah tentu tidak akan bisa dengan mudah didapatkan oleh orang lain.

Program beasiswa ini selalu mempunyai tema yang pada periode saat ini yaitu “Function Vs Fashion: How the Two Coexist in (Major) Trends Over the Decades” dimana tema tersebut mengisyaratkan para pemohon beasiswa untuk bisa mengirimkan interpretasi masing-masing dari tema tersebut. Interpretasi yang dikirimkan bisa berupa foto dalam format infografis yang tidak lebih dari 2MB atau essay yang tidak lebih dari 1000 kata dengan syarat mutlak harus sekreatif mungkin dan juga harus menampilkan atau menggambarkan brand Zalora secara relevan sesuai dengan tema yang diberikan.

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipenuhi sebagai syarat utama dari program The Zalora Scholarship:
Pemohon bukan merupakan karyawan dari Zalora atau keluarga dari karyawan Zalora
Memiliki catatan akademis yang baik
Memiliki ketertarikan dan minat yang tinggi pada dunia fashion, kemampuan analisa, kreativitas luar biasa, dan mental seorang problem-solver
Merupakan mahasiswa aktif di universitas-universitas yang bekerja sama dengan Zalora pada semua jurusan


Pendaftaran Beasiswa
Setelah mengetahui tentang beasiswa ini mulai dari rincian program dan juga persyaratan yang harus dipenuhi, selanjutnya bagian yang penting adalah mengenai pendaftaran. Pendaftaran untuk program beasiswa The Zalora Scholarship ini harus mencakup formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di tautan berikut (link) dan juga hasil karya sesuai tema “Function Vs Fashion: How the Two Coexist in (Major) Trends Over the Decades”.

Sudah pasti ada batas akhir dari masa pendaftaran untuk beasiswa ini yang harus diperhatikan. Dalam periode terbarunya saat ini batas maksimal untuk mendaftaran adalah pada tanggal 31 Juli 2016. Batas akhir pendaftaran ini bisa saja berubah pada periode selanjutnya jadi memang harus selalu mengikut perkembangan terbaru setiap saat.

Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut mengenai program The Zalora Scholarship ini bisa didapatkan dengan mengunjungi halaman berikut ini (link) atau yang berikut ini (link). Bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat scholarship@zalora.com. Jika ingin mengetahui pemenang dari periode sebelumnya bisa menuju ke tautan berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top