Scholarships for MSc in Engineering dari University of Southern Denmark – Beasiswa Kuliah S2 Teknik di Denmark

Banyak peluang yang terbuka untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 dengan bantuan beasiswa di luar negeri. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan khususnya bagi para lulusan S1 Teknik adalah skema Scholarships for MSc in Engineering. Program beasiswa yang satu ini diadakan oleh University of Southern Denmark yang secara khusus menawarkan peluang untuk menempuh studi S2 Teknik di universitas tersebut. Program beasiswa ini merupakan salah satu bagian dari program beasiswa resmi dari pemerintah Denmark. Target dari beasiswa ini adalah para lulusan S1 dari luar kawasan EU atau EEA yang termasuk Indonesia. Jadi jika ingin kuliah S2 Teknik di Eropa, beasiswa ini adalah salah satu kesempatan yang bisa diambil.


University of Southern Denmark menyediakan kesempatan studi S2 Teknik bagi lulusan S1 dari luar kawasan EU atau EEA dalam skema pembiayaan kuliah secara penuh. Selain itu ada juga kesempatan untuk mendapatkan hibah biaya hidup sebesar DKK 2,000 setara IDR 3,800k yang akan diberikan bagi penerima beasiswa yang bersedia untuk menghabiskan sebagian masa studi di perusahaan Denmark baik pada semester 3 atau pada saat penyelesaian studi atau pembuatan thesis.

Secara khusus program beasiswa ini fokus pada studi S2 Teknik namun secara khusus studi yang bisa diambil adalah MSc in Innovation and Business dan MSc in Mechatronics dimana semuanya didapaikan dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris karena merupakan kelas atau studi internasional. Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing studi bisa didapatkan pada tautan berikut (link) dan (link). Program beasiswa ini pada setiap periodenya diberikan kepada 20 orang yang lolos seleksi. Studi yang diambil nantinya akan dilangsungkan selama maksimal 2 tahun atau 4 semester.

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi syarat untuk mengajukan permohonan beasiswa dari pemerintah Denmark di University of Southern Denmark
1. Merupakan pelajar internasional yang berasal dari luar kawasan EU atau EAA
2. Memenuhi persyaratan yang ada untuk membayar biaya perkuliahan
3. Terdaftar sebagai pemegang gelar sarjana
4. Memiliki izin tinggal di Denmark untuk keperluan pendidikan

Selain hal-hal tersebut yang harus dipenuhi masih ada dokumen-dokumen yang wajib disiapkan untuk melengkapi syarat pendaftaran beasiswa ini yaitu:
1. Formulir pendaftaran yang bisa diunduh pada tautan berikut ini (link)
2. Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai dari jenjang sarjana
3. Motivation letter maksimal 1 lembar A4
4. Bukti sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan
bisa salah satu dari TOEFL minimal 575/230/88, IELTS minimal 6.5, CAE minimal C atau CPE
CAE hanya khusus dari Jaringan Cambridge atau University of Michigan
Jika belum mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris maka harus menyertakan keterangan bahwa sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti tes tersebut maksimal pada bulan Mei pada periode pendaftaran beasiswa
Hasil tes bahasa Inggris yang diterima tidak boleh lebih dari 2 tahun


Prosedur Pendaftaran
Setelah memastikan bahwa semua syarat sudah dipenuhi dan semua dokumen sudah disiapkan untuk proses seleksi beasiswa ini maka proses pendaftarannya bisa dilakukan. Pemohon harus mendaftarkan diri sebagai mahasiswa terlebih dahulu di University of Southern Demark yang bisa diikuti cara-caranya pada tautan berikut ini (link). Kemudian setelah itu semua dokumen sebagai syarat beasiswa yang sudah disebutkan tadi harus disiapkan dalam format PDF dan dikirimkan ke email sdu-soenderborg@sdu.dk. Informasi lebih lanjut juga bisa ditanyakan melalui email tersebut atau dengan langsung mengunjungi laman resminya pada tautan berikut ini (link)




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Qatar University Scholarship - Beasiswa Kuliah S1 di Qatar University

Setiap tahunnya pihak Qatar University menawarkan berbagai pilihan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berasal dari luar kawasan Qatar yang sekaligus memberikan residence permit (izin tinggal) selama menempuh studi di Qatar University. Program beasiswa yang ditawarkan oleh Qatar University bagi pelajar dan mahasiswa internasional adalah merupakan beasiswa untuk jenjang S1. Beasiswa ini merupakan salah satu macam program beasiswa di Qatar University yang setiap tahunnya menawarkan sekitar 400 beasiswa. Pemohon bisa merupakan kandidat yang direkomendaskan melalui kedutaan besar negara asalnya atau juga merupakan pemohon yang mendaftarkan diri secara mandiri di University of Qatar. Tidak akan ada pengecualian untuk seleksinya baik itu yang mendaftarkan diri secara mandiri atau yang direkomendasikan melalui kedutaan besar.

Hal-hal yang merupakan keunggulan dari program beasiswa ini antara lain mencakup beberapa hal berikut ini:
1. Biaya kuliah penuh
2. Visa dan residence permit
3. Biaya buku-buku untuk perkuliahan
4. Biaya transportasi pulang-pergi dari Qatar ke negara asal sekali setiap tahun
5. Penyambutan pada saat kedatangan pertama kali di Qatar
6. Akomodasi di asrama universitas dengan fasilitas double room, makan 3 kali sehari, laundry, internet, perpustakaan, lab komputer, gym, kolam renang di asrama putri, aula permainan, serta transportasi dari dan ke universitas dimana informasi-informasi lain mengenai akomodasi bisa dilihat di tautan berikut ini (link).


Persyaratan Beasiswa
Program beasiswa yang ditawarkan oleh Qatar University ini bisa sangat menguntungkan tentunya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ada kondisi-kondisi sebagai syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini yaitu antara lain:
1. Mempunyai sertifikat atau ijazah pendidikan menengah (SMA) atau yang setara di Qatar.
2. Mempunyai skor TOEFL internasional minimal 450, kecuali pelajar yang mendaftar di Fakultas Syariah
3. Memenuhi persyaratan masuk untuk kuliah di Qatar University

Selain itu khusus mahasiswa yang sudah menempuh studi di Qatar University dan ingin mengajukan permohonan beasiswa ini juga bisa asalkan memenuhi persyaratan berikut ini:
1. Terdaftar sebagai mahasiswa full-time di Qatar University
2. Sudah mengikuti dan menyelesaikan University Foundation Program
3. Sudah menyelesaikan minimal 24 credit hours di Qatar University
4. Memiliki IPK minimal 2.5 dalam skala 4.0

Selain itu penerima beasiswa ini nantinya harus memastikan bahwa dirinya menyelesaikan minimal 15 credit hours pada setiap semesternya dengan IPK minimal 2.5 dalam skala 4.0 untuk tetap bisa mendapatkan beasiswa tersebut karena beasiswa ini diberikan dengan menggunakan skema tahunan saja bukan skema lamanya studi yang diambil.

Prosedur Pendaftaran
Cara Pendaftaran kuliah S1 di Qatar University dan nantinya bisa mengajukan permohonan pada program beasiswa ini adalah sebagai berikut:
1. Tentukan fakultas yang ingin dituju di laman resmi Qatar University pada tautan berikut ini (link)
2. Perhatikan batas waktu pendaftaran dan siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, salah satunya adalah legalisir dari kedutaan Qatar di Indonesia
3. Pastikan sudah memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan setelah keberangkatan
4. Untuk TOEFL/IELTS memang ada juga fakultas yang memang mensyaratkannya, oleh karena itu cermati dahulu persyaratan dari fakultas yang sudah dipilih tadi
5. Lengkapi formulir pendaftaran secara online pada tautan berikut (link) dengan sebelumnya login terlebih dahulu
6. Melakukan transfer uang sejumlah 200 QAR ke bagian pendaftaran atau admission
7. Kirimkan kelengkapan dokumen atau berkas asli yang menjadi persyaratan ke Qatar University yaitu di alamat berikut:
      Undergraduate Admission 
      Admission Department
      PO Box 2713
      Doha, Qatar
8. Selalu cek secara online status berkas dan penerimaan secara online pada laman resmi Qatar University karena disana akan selalu ditampilkan perkembangan beasiswa yang telah diajukan

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa ini khusus untuk calon mahasiswa baru bisa dilihat pada tautan berikut ini (link).


Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut baik mengenai beasiswa maupun mengenai Qatar University bisa didapatkan dengan mengunjungi laman berikut (link) atau (link). Selain itu bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat scholarships@qu.edu.qa atau layanan telepon:
Male : +974-4403-3748 / +974-4403-3741
Female : +974-4403-3649  




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Chinese Government Scholarship Chinese University Program

Setiap tahunnya pemerintah Tiongkok melalui Chinese Scholarship Council menawarkan berbagai pilihan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa internasional. Program-program beasiswa ditawarkan dalam Chinese Government Scholarship yang salah satu pilihannya adalah Chinese Univesity Program. Program beasiswa ini pada dasarnya adalah sebuah beasiswa pascasarjana jadi hanya bisa digunakan untuk menempuh studi pada jenjang pascasarjana di universitas-universitas dan lembaga-lembaga pendidikan di Tiongkok yang ditunjuk saja.

Program beasiswa dari pemerintah Tiongkok ini akan diberikan selama maksimal 3 tahun untuk studi S2 dan maksimal 4 tahun untuk studi S3 dimana cakupannya adalah biaya kuliah penuh dan juga biaya kursus persiapan bahasa Mandarin sebelum memulai studi di Tiongkok. Selain itu biaya akomodasi, tunjangan hidup, dan biaya asuransi kesehatan juga ditanggung oleh beasiswa ini. Program yang bisa diambil dapat merupakan program dengan bahasa pengantar bahasa Mandarin atau bahasa Inggris. 


Persyaratan Beasiswa
Secara umum persyaratan untuk mengikuti seleksi program beasiswa ini adalah bahwa pemohon harus merupakan warga negara selain Tiongkok dan berusia maksimal 35 tahun untuk studi S2 dan maksimal 40 tahun untuk studi S3. Selain persyaratan umum tersebut berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengikuti seleksi Chinese Government Scholarship Chinese University Program:
1. Formulir Pendaftaran dalam bahasa Inggris atau Mandarin
2. Ijazah terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai versi terjemahan resminya
3. Transkrip nilai terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai versi terjemahan resminya
4. Research Proposal atau Study Plan dalam bahasa Inggris atau Mandarin
5. Reccomendation Letter sebanyak 2 buah dalam bahasa Inggris atau Mandarin
6. CD yang berisi hasil karya pemohon khusus untuk bidang seni yang terdiri dari 2 sketsa, 2 lukisan berwarna, dan 2 karya lainnya
7. Foreigner Physical Examination Form dalam bahasa Inggris dengan formulir yang bisa diunduh pada tautan berikut ini (link) atau (link) dengan tes kesehatan tersebut sudah dilakukan maksimal 6 bulan sebelum masa pendaftaran beasiswa
8. Salinan HSK Certificate (jika ada)

Prosedur Pendaftaran
Proses pendaftaran untuk program beasiswa ini setiap tahunnya dibuka pada awal bulan Januari hingga awal bulan April. Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara berikut ini;
1. Mendaftarkan diri secara langsung di universitas yang dituju
2. Melengkapi formulir pendaftaran secara online yang sudah disediakan oleh CSC Online Application System for International Students pada tautan berikut (link) atau (link)
3. Kumpulkan semua dokumen pendaftaran dan formulir pendaftaran yang sudah dicetak ke universitas yang dituju


Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa langsung didapatkan dengan menghubungi daftar kontak dari CSC berikut ini:

     Tel: 0086-10-66093970/66093978
     Fax: 0086-10-66093915
     Email: zizhu1@csc.edu.cn atau zizhu2@csc.edu.cn 
     Address: Division of International Students Affairs, China Scholarship Council
     Level 13,Building A3, No.9, Chengongzhuang Avenue, Beijing, P.R China, 100044
     
     www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org 




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Chinese Government Scholarship WMO Program - Beasiswa Parsial untuk Kuliah di Tiongkok

Melalui China Scholarship Council (CSC) pemerintah Tiongkok (Cina) secara rutin menawarkan beasiswa dalam program Chinese Government Scholarship bagi pelajar dan mahasiswa internasional untuk bisa melanjutkan studi pad ajenjang pendidikan tinggi di Tiongkok. Salah satu pilihan program yang ditawarkan adalah WMO Program dimana program tersebut diinisiasi oleh MOE untuk World Meteorological Organization (WMO). Tentunya kesempatan untuk bisa kuliah di Tiongkok dengan beasiswa seperti ini tidak bisa dilewatkan begitu saja termasuk oleh pelajar dan mahasiswa dari Indonesia.

Rincian Beasiswa
Chinese Government Scholarship WMO Program adalah sebuah program beasiswa parsial yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Beasiswa yang diberikan akan mendukung studi pada jenjang pendidikan tinggi khususnya dalam bidang meteorology, hydrology, dan water resources supervision & management di Tiongkok. Jadi bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang memiliki minat pada bidang-bidang tersebut bisa memanfaatkan beasiswa ini karena tersedia kesempatan untuk S1, S2, dan S3 sekaligus.

Selain batasan dalam bidang studi yang bisa diambil dengan menggunakan bantuan program beasiswa ini ada juga hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Beasiswa akan diberikan selama maksimal 5 tahun untuk S1, 3 tahun untuk S2, dan 4 tahun untuk S3. Studi yang diambil khusus untuk S1 harus dalam bahasa pengantar bahasa Mandarin dimana pemohon yang belum memiliki tingkat kemampuan minimal dalam bahasa Mandarin harus mengikuti kelas persiapan bahasa Mandarin sedangkan untuk S2 dan S3 harus dalam bahasa pengantar bahasa Inggris. Studi yang diambil harus di Nanjing University of Information Science and Technology atau Hohai University.


Persyaratan Beasiswa
Secara umum persyaratan untuk bisa mengajukan permohonan dalam beasiswa ini adalah bahwa pemohon bukan warga asli dari Tiongkok dan sudah memiliki gelar atau ijazah pada jenjang sebelumnya sesuai studi yang akan diambil yaitu SMA untuk S1, S1 untuk S2, dan S2 untuk S3. Selain itu juga ada batasan usia yang harus diperhatikan yaitu maksimal 25 tahun untuk S1, maksimal 35 tahun untuk S2, dan maksimal 40 tahun untuk S3.

Selain persyaratan umum yang sudah disebutkan, pengajuan permohonan untuk beasiswa ini harus disertai dengan dokumen-dokumen berikut ini:
1. Formulir Pendaftaran
2. Ijazah terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai dengan versi terjemahan resminya
3. Transkrip nilai terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai dengan versi terjemahan resminya
4. Study Plan atau Research Proposal dalam bahasa Inggris atau Mandarin minimal 200 kata untuk S1 dan 800 kata untuk S2 serta S3
5. Surat rekomendasi sebanyak 2 buah dalam bahasa Inggris atau Mandarin yang
6. Dokumen resmi yang menyatakan tentang wali di Tiongkok untuk pemohon yang usianya dibawah 18 tahun
7. Foreigner Physical Examination Form dalam bahasa Inggris yang bisa diunduh pada tautan berikut (link) yang untuk pemeriksaan kesehatannya sudah diambil atau dilakukan maksimal 6 bulan dari masa pendaftaran tersebut.
8. Salinan Pre-Admission Letter dari universitas di Tiongkok (jika ada)
9. Salinan HSK Certificate (jika ada)

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk beasiswa ini bisa dilakukan mulai awal bulan Januari hingga akhir bulan Februari setiap periodenya. Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan cara berikut ini:
1. Mendaftarkan diri di WMO Secretariat
2. Mendaftarkan diri di universitas yang dituju di Tiongkok sampai mendapatkan Pre-Admission Letter setelah direkomendasikan oleh WMO Secretariat sebagai kandidat untuk beasiswa
3. Melengkapi formulir pendaftaran onlinedi CSC Online Application System for International Students pada tautan berkut (link) atau pada menu Application Online di tautan berikut (link).
4. Kumpulkan formulir pendaftaran yang sudah dicetak bersama berbagai dokumen lain yang dibutuhkan dalam seleksi beasiswa ini di WMO Secretariat sebelum batas akhir pendaftaran
5. Hanya pemohon yang direkomendasikan oleh WMO Secretariat yang kemudian akan bisa mengikuti tahapan selanjutnya
6. Seluruh dokumen pendaftaran harus dijadikan satu sesuai urutan yang ditetapkan dan harus diserahkan sebanyak 2 bendel lengkap


Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengunjungi laman resmi dari China Scholarship Council pada tautan berikut (link). Selain itu bisa juga dengan melalui kontak yang tersedia berikut ini:

WMO Secretariat
Education and Fellowship Division
Development and Regional Activities Department
World Meteorological Organization 
Address: 7 bis, Avenue de la Paix, Case postale 2300, CH 1211 Geneva2, Switzerland
Tel: +41 22 730 8156
Fax: +41 22 730 8181
Email: FEL@wmo.int 

Division of International Student Affairs, China Scholarship Council
Tel: 0086-10-66093953
Fax: 0086-10-66093915
Email: ouzhou@csc.edu.cn
Website: http://www.csc.edu.cn/laihua, http://www.campuschina.org/ 
Address: Division of International Students Affairs, China Scholarship Council Level 13, Building A3, No.9 Chengongzhuang Avenue, Beijing, P.R. China, 100044




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



PEMBURU BEASISWA: Doa Bapak Ibu Sumber Energi Tak Terkira Untuk Melamar Beasiswa!

Baru-baru ini Tim Berkuliah.com banyak terinspirasi dari sobat-sobat yang akhirnya berhasil kuliah ke luar negeri menggunakan beasiswa setelah sebelumnya melakukan perjuangan mati-matian (#MaafLebay) untuk bisa lolos setiap tahapan seleksi. Memang kalau sudah menjalani kuliah ke luar negeri terlihat nyaman, bahagia kerena sudah di luar negeri, bisa share cerita, tapi yang paling penting dan harus dipahami adalah prosesnya bisa sampai di sana!



Banyak sekali cerita yang sudah mencontohkan bagaimana perjuangan-perjuangan yang luar biasa. Misalnya saja, tahun 2014 lalu ada cerita dari Yufita Dwi Cinta, yang nekat berangkat kuliah ke Jepang untuk kuliah tanpa beasiswa padahal orang tuanya tidak mampu. Yufita hanya meminta doa restu orang tua saja, dan meminta orang tuanya untuk tenang. Kepercayaan diri yang tinggi, mental yang kuat, kerja keras yang dilakukan Yufita akhirnya mampu mengantarkannya mendapatkan pekerjaan part time dan beasiswa. Sampai pada akhirnya Yufita sudah lulus, kemudian tinggal di Jepang sebagai foreign researchers di Ibaraki University. Saat ini, Yufita baru saja menikah dengan laki-laki asli Jepang, dan tinggal di Ibaraki.




Itu cerita dari Jepang, ada lagi cerita dari Taiwan. Namanya Dinarti Tarigan, yang mendaftar kuliah di National Dong Hwa University. Dinarti yang berasal dari keluarga sederhana nekat juga mendaftar kuliah dan diterima dengan beasiswa yang hanya mengcover 50% biaya kuliah, lainnya bayar sendiri. Ternyata setelah melewati bulan pertama kuliah, Dinarti mengalami kesulitan finansial. Sampai-sampai orang tuanya sudah membelikan tiket pulang kembali ke Indonesia. Dinarti hanya bisa menangis, bahkan ia menangis di hadapan profesornya. Akhirnya, Dinarti berhasil meyakinkan orang tuanya bahwa ia mampu untuk melanjutkan. Dinarti pun juga meyakinkan pihak kampus bahwa ia bersungguh-sungguh ingin kuliah dan akhirnya ia mendapatkan bantuan dana dari kampus sebesar 5.000 NTD. Kekuatan keyakinan sungguh mengerikan bukan?



Dari dua cerita di atas ada satu hal unik dimana kedua wanita di atas sama-sama mampu meyakinkan orang tuanya. Tentunya orang tua dari Yufita dan Dinarti mendoakan dengan sangat khusuk. Untuk bisa meyakinkan kedua orang tua dan membuat orang tua selalu mendoakan kita dengan khusuk itu ada caranya lho. Pastinya, setiap orang tua mendoakan anak-anaknya, tapi apa yang terjadi jika setiap saat, waktu, dan hari orang tua mendoakanmu dengan khusuk? Tidak ada yang bisa mengira apa yang terjadi pastinya, jadi berlomba-lombalah untuk mendapatkan doa terbaik dari bapak ibu kalian.

Doa bapak ibu yang ikhlas itu melebihi segunung emas, segudang berlian, dan bertumpuk-tumpuk kebaikan!

Ya, doa bapak ibumu itu lebih dari sekedar harta. Lebih dari apapun. Berbaktilah, maka doanya akan terus mengalir kepadamu. Berusahalah sebaik mungkin maka support bapak ibu akan terus tertuju kepadamu. Tunjukkanlah keyakinanmu maka mereka akan terus dan terus mendoaakan yang terbaik untukmu.

Doa bapak ibu adalah satu kunci kesuksesan paling vital ketika kamu berusaha mendaftar universitas dan melamar beasiswa!

Ketika kamu menjalani sebuah proses melamar beasiswa dengan sungguh-sungguh, niat yang kuat, dan rona keceriaan, maka bapak ibumu pasti juga sangat bahagia memberikan dukungannya. Restu bapak ibu adalah kunci terbesar jalan menuju sukses, karena ketika orang tua merestui maka tidak ada beban dan kekhawatiran-kekhawatiran berarti di dalam benak mereka. Bapak Ibu akan sepenuhnya ikut yakin dengan proses, usaha, dan hasil dari perjuanganmu melamar beasiswa.

Doa bapak ibu adalah sumber energi tak terbatas untuk terus berjuang meraih mimpi dan berproses menjadi lebih baik lagi!

Saya pun punya mimpi, apalagi sobat semuanya. Pasti mimpi sobat semuanya lebih dari sekedar untuk bisa kuliah ke luar negeri. Ya, hidup itu harus dijalani dengan terus berproses menjadi lebih baik dari hari sebelumnya. Ingat dengan tujuan hidup atau target sobat semuanya. Ketika mulai menurun semangatnya, tenaganya, dan hilang fokus, maka berhentilah sejenak. Ingatlah apa yang menjadi harapan bapak ibu kamu, ingatlah apa yang sudah dilakukan bapak ibu kamu setiap harinya untuk mendukungmu baik dengan doa, pikiran, tenaga, maupun finansial. Semuanya bisa kamu rangkum menjadi satu sumber energi untuk terus bergerak. Ya, doa bapak ibu pasti akan memudahkanmu!

Tiga poin di atas semoga bisa ngena di hati sobat semuanya ya. Hehehe. Nah, sebelumnya sudah ada Yufita dan Dinarti, kali ini ada Syafira dan Janu. Mereka berdua sama-sama awardee beasiswa LPDP ke UK. Syafira ke Edinburgh, sedangkan Janu ke Birmingham dan saat ini Janu menjabat sebagai Ketua MIB.



Syafira Fitri Auliya dengan perjuangannya yang panjang mampu mengalahkan ketakutannya pada bahasa Inggris. Gagal mencapai target dalam tes IELTS, IPK mepet banget cuma 3.04, tidak mematahkan semangatnya untuk bisa kuliah di Inggris.Dibalik kisah Syafira yang panjang dan keberhasilannya saat ini, ada sosok Ibu yang terus memotivasi dan memberikan dukungan kepada Syafira. Datengin guru les privat bahasa Inggris, dikurung di rumah buat belajar bahasa Inggris, dikasih wejangan suruh kuliah yang jauh, dan lain-lain. Usaha, semangat, motivasi, dan doa dari ibunya Syafira bener-bener ngefek buat keberhasilan Syafira saat ini. Tentunya semuanya juga dibarengi usaha Syafira yang sangat luar biasa. Keren kan.... kamu sendiri kapan kuliah ke luar negerinya?



Sekarang ada Janu Muhammad. Ini nih, kalau bukan anaknya yang bener-bener keren dan memiliki niat yang kuat nggak bakalan bisa deh tembus beasiswa LPDP dan jadi ketua PPI MIB kayak sekarang. Janu, memiliki segudang prestasi baik tingkat nasional dan internasional. Semangat berjuangnya luar biasa. Gimana nggak luar biasa coba, tes IELTS sampai harus ngulang lima kali baru bisa lolos. Kamu tahu sendiri kan biaya buat tes IELTS berapa?

Keberahasilan Janu ini tak lepas dari setiap kedua orang tuanya. Walaupun orang tuannya nggak lulus SD, tapi mereka tetap semangat memotivasi Janu untuk meraih pendidikan terbaik. Bapak Ibunya juga menjadi sumber semangat Janu untuk menjalani setiap kegiatan yang ada. Jadi, udah makin yakin kan kalau doa orang tua itu sumber dari segala sumber keberhasilan?

Sobat berkuliah.com... yuk kita berlomba-lomba untuk berbakti kepada orang tua masing-masing. Kita juga harus mendoakan orang tua kita agar diberikan yang terbaik juga untuk mereka. Nah, gimana... sudah siapkah kuliah ke luar negeri?

Salam berkuliah.com!

*Jangan lupa Follow LINE@ Berkuliah.com ya....

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



PERJUANGAN JANU: 5 Kali Gagal IELTS, Akhirnya Berhasil Meraih LPDP dan Jadi Ketua PPI-MIB, Inggris!

Beasiswa LPDP saat ini menjadi pokok bahasan paling seksi di kalangan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Target LPDP sendiri adalah mampu menjaring 5.000 awardee. Walaupun jumlah pelamar beasiswa ini lebih dari 5.000, masih banyak yang belum memenuhi kriteria. Jadi, buat kamu yang merasa mampu silakan mendaftar ya!

Nah, sekarang ada salah satu sobat Berkuliah yang sudah berhasil kuliah di University of Birmingham, dan kerennya ia saat ini menjabat sebagai Ketua PPI dan Masyarakat Indonesia di Birmingham. Mau tahu ceritanya? Silakan simak di bawah ini ya…



Assalaamu’alaikum. Halo, Sobat Berkuliah semuanya. Perkenalkan, nama saya Janu Muhammad, pemuda asli Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saya adalah alumni Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Selepas lulus dari UNY tahun 2015, saya kembali aktif di Karung Goni Learning Center (KGLC) yang merupakan perpustakaan komunitas di Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman bersama teman-teman relawan lainnya.

Pada akhir tahun 2015 hingga awal 2016, saya sempat bekerja di Ruangguru.com sebagai konsultan pendidikan. Perjalanan saya selanjutnya berlabuh ke Arizona, USA untuk mengikuti program YSEALI Academic Fellowship. Pada bulan September 2016 kemarin, saya memulai studi M.Sc Research in Human Geography di School of Geography, Earth, and Environmental Sciences, University of Birmingham, UK, dengan beasiswa LPDP. Selain kuliah, saya saat ini aktif sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar dan Masyarakat Indonesia di Birmingham (PPI-MIB).

Memupuk mimpi ala Mas Janu…

Saya pertama kali tertarik dan bermimpi untuk kuliah di luar negeri ketika mengikuti kegiatan pameran beasiswa di salah satu kampus ternama di Yogyakarta. Saat itu ada pameran pendidikan Belanda dan sangat menarik untuk diikuti. Sepulang dari pameran itu, saya terbayang-bayang untuk bisa kuliah di luar negeri suatu saat nanti. Saya tempel mimpi itu di dinding kamar, saya tulis di blog, dan saya ceritakan ke teman-teman agar mereka mendoakan. Tentu mimpi saja tidak cukup. Saya ambil inisiatif untuk mencari-cari program studi yang sesuai dengan pilihan saya serta pilihan beasiswa yang dapat saya ajukan. Saya pelajari syarat-syaratnya di website dan berusaha memenuhinya satu per satu. Selain itu, saya juga sering bertanya kepada kakak-kakak senior yang sudah menginjakkan kaki di luar negeri. Kami di UNY akhirnya sering diskusi terkait peluang studi ke luar negeri dengan teman-teman yang punya cita-cita sama agar tetap semangat dalam menjemput mimpi itu. 

Mulai beraksi…

Setelah melalui banyak proses, mulai dari bermimpi, menempel mimpi di dinding, menulis di blog, bercerita dengan teman, dan berdiskusi dengan teman-teman yang memiliki mimpi yang sama, saya memulai aksi lebih nyata lagi.

Saya lulus bulan Agustus 2015, lalu mengambil kursus TOEFL dan IELTS. Berhubung LPDP masih menerima sertifikat TOEFL ITP, saya pun ambil tes itu. Untuk IELTS, saya persiapkan untuk mendaftar kampus tujuan. Segala informasi tentang persyaratan sudah ada lengkap di website LPDP. Untuk seleksi administrasi, penuhi persyaratan yang diminta, seperti sertifikat bahasa Inggris, 2 esai, rencana studi, surat rekomendasi, dan lain sebagainya. Pastikan mendaftar sebelum deadlineya, agar aman. Jika sudah lolos seleksi administrasi, selanjutnya ada seleksi substansi yang terdiri dari essay on the spot, leaderless group discussion, dan interview.



Tips dari saya, jujur saja dalam menjawab pertanyaan dan percaya diri. Namun ingat, tetap rendah hati dan logis dalam menjawab semua pertanyaan. LPDP mencari mereka yang berintegritas dan jiwa nasionalismenya tinggi agar kembali ke Indonesia. Akhirnya, pada bulan Desember 2015, saya diterima LPDP. Saya benar-benar menghargai proses yang ada.


Penting! 
Dalam proses mendaftar ke universitas dan melamar beasiswa, pasti banyak sekali tantangan yang muncul. Setiap tantangan yang ada harus diantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya. Nah, menurut saya, yang perlu diantisipasi adalah kemampuan bahasa Inggris! Tentunya setiap beasiswa mensyaratkan bukti kompetensi bahasa Inggris, seperti IELTS ataupun TOEFL. Ini perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar dapat mencapai skor yang diharapkan. Jangan seperti saya, ya, yang sampai 5 kali tes IELTS demi mencapai skor yang diminta universitas.

3 Esai Penting LPDP!

Nah, esai Kontribusi untuk Indonesia dimaksudkan untuk mengetahui peran nyata yang akan teman-teman lakukan selepas studi, misalnya sebagai dosen atau pengusaha. Tuliskan dengan yakin kontribusi nyata teman-teman, realistis, punya dampak positif untuk Indonesia, serta perjelas dengan cara bagaimana teman-teman bisa mencapainya.

Untuk Sukses Terbesar dalam Hidupku, di sini teman-teman dapat menceritakan apa saja yang telah dilakukan semasa S1, baik di bangku kuliah ataupun di masyarakat. Menurut saya, fokus saja pada pencapaian yang berdampak pada masyarakat karena dengan demikian reviewer akan tahu kepribadian dan jiwa kepemimpinan kita. Prestasi bukanlah diidentikkan dengan banyaknya piala atau medali. Prestasi di sini saya maknai sebagai kebermanfaatan untuk masyarakat dari peran kita berorganisasi.

Terakhir, untuk Rencana Studi perlu dipikirkan baik-baik program studi dan kampus mana yang menjadi pilihan teman-teman. Perlu diingat, LPDP sudah memiliki list kampus tujuan dan kita hanya bisa memilih maksimal 2 kampus. Jika sejak awal ingin studi ke luar negeri, pilihlah kampus luar negeri yang sesuai dengan minat riset teman-teman. Lakukan mini research untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang ditawarkan. Itu akan membantu teman-teman untuk menulis Rencana Studi. Tentunya, pilihan program studi tersebut haruslah menjadi jembatan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Indonesia, khususnya pada bidang masing-masing.

Daftar LPDP harus punya LoA atau nggak?

Kalau saya menyarankan, sebaiknya teman-teman melamar LPDP ketika sudah punya LoA karena akan memudahkan semuanya. Saya sendiri belum dapat Letter of Acceptance (LoA) ketika mendaftar LPDP. Saya baru mendaftar di Utrecht University Belanda setelah daftar LPDP akhir tahun 2015 saya dapat LoA dari Utrecht. Caranya sebenarnya, ya, tinggal memenuhi syarat yang diminta kampus. Namun. karena saat itu masih terkendala IELTS dan deadline sudah lewat, akhirnya saya juga mendaftar University of Birmingham dan alhamdulillah dapat LoA di awal Juli 2016.



Penting dalam Proses Seleksi!

Sebenarnya sudah saya sampaikan di atas, ya. Untuk Wawancara, LGD, dan On The Spot Essay Writing, pada intinya, tim LPDP ingin ‘mengonfirmasi’ apa saja berkas yang sudah kita serahkan seperti esai, dll. Jawablah pertanyaan wawancara sesuai apa yang telah kita tulis di esai. Jadilah sosok yang bijak dalam LGD karena di situlah karakter kepemimpinan kita dapat dilihat oleh tim LPDP. Jangan terlalu mendominasi untuk menjawab. Untuk esai on the spot, kamu bisa terus update berita terkini dan berlatih untuk menulis esai dalam bahasa Inggris.

Tips Penting Persiapan TOEFL dan IELTS!

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, saya memakai hasil skor TOEFL ITP, alhamdulillah sesuai syarat yang diminta LPDP. Untuk mendaftar kampus Birmingham memakai IELTS, alhamdulillah sudah memenuhi syarat juga. Tips dari saya sebenarnya, mau tidak mau kita harus menyukai bahasa Inggris, banyak latihan reading, listening, speaking, dan writing. Sekarang kan sudah serba teknologi, ya, manfaatkan internet untuk sumber referensi. Tetapi, penting juga lho untuk berlatih dengan kawan yang sudah advance agar dapat feedback langsung. Pastinya, harus semangat dan pantang menyerah!


Proses Paling Berkesan! 
Menurut saya, semua proses yang saya alami dari tahun 2012 hingga saat tulisan ini saya buat adalah kebahagiaan berharga yang saya rasakan. Dari hanya bisa bermimpi, saya termotivasi untuk membuktikan kekuatan mimpi itu. Meski Bapak dan Ibu saya tidak tamat Sekolah Dasar, beliau berdualah yang terus memotivasi saya untuk terus semangat. Persiapan matang, perencanaan waktu, dan persiapan teknis lainnya sangatlah penting. Semuanya tidak ada yang instan, perlu proses yang kadang rumit dan menantang. Tapi percayalah bahwa Allah selalu memberi yang terbaik dari usaha dan doa yang kita panjatkan. Jalan cerita yang telah saya ukir ini akan selalu saya ingat dan bagikan kepada orang lain agar termotivasi untuk meraih mimpi-mimpi lainnya. 
Kesan, Berhasil Kuliah di Inggris!

Alhamdulillah, saat ini saya hampir menyelesaikan semester pertama. Di kelas saya, hanya terdiri dari 8 mahasiswa dan rata-rata adalah British. Sistem pembelajaran di sini menyenangkan karena kita dilatih untuk mandiri, diberi ruang untuk lebih banyak membaca literature ilmiah, berdiskusi, dan tentunya presentasi project. Jika sedang homesick, biasanya yang saya lakukan adalah berkumpul dengan pelajar maupun warga Indonesia di Birmingham dalam kegiatan PPI-MIB. Untuk mengobati rasa kangen, biasanya kami masak masakan Indonesia, seperti soto, nasi goreng, rendang, dan lain sebagainya. Program master saya hanya satu tahun, jadi ketika ada waktu luang biasanya kami explore UK. InsyaAllah akan sangat betah di sini jika teman-teman kuliah di UK.

Dengan kuliah ke luar negeri, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Pikiran dan hati kita bakalan mendapatkan banyak insight yang bisa membuat mindset kita jadi lebih baik lagi. Menurut saya, kuliah di luar negeri itu, di satu sisi, tidak akan menjamin kita untuk sukses di masa depan. Namun saya percaya, dengan kuliah negeri, kita akan mendapat pengalaman baru dalam belajar dengan iklim internasional, menambah networking, melatih kemandirian, semakin menumbuhkan rasa cinta pada tanah air, serta menjadi duta Indonesia di negeri perantauan. Manfaat yang kita harapkan adalah, ketika kembali ke tanah air, dapat berkontribusi nyata di masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang kita dapat sewaktu kuliah di luar negeri (LN). Sebelum kuliah ke LN, tumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat yang tinggi. Ketika kuliah di LN, janganlah hanya fokus pada akademik, tetapi juga aktiflah di PPI ataupun organisasi internasional lainnya agar semakin banyak ruang bagi Indonesia di kancah global. Selepas kuliah di luar negeri, mari dedikasikan diri untuk merawat Indonesia.



Pesan untuk Pelajar Indonesia yang Ingin Kuliah ke Luar Negeri!

Hmm, saya kira teman-teman di sini juga sudah punya motivasi tinggi untuk kuliah di luar negeri. Pesan saya adalah miliki niat yang lurus untuk menimba ilmu, bukan untuk jalan-jalan. Berpikirlah secara terbuka agar ketika kuliah di luar negeri akan berguna untuk Indonesia. Persiapkan dengan matang, berinisiatiflah untuk mencari informasi secara lengkap, dan terus mencoba! Semoga dimudahkan, ya! Mohon doanya juga untuk saya, teman-teman.

Awesome kan ceritanya?

Semoga Mas Janu sukses, ya, kuliah di Birmingham-nya, bisa menginspirasi pelajar Indonesia yang belum kuliah ke luar negeri, dan tentunya nanti ketika lulus bisa berbagi ilmu dengan banyak pelajar Indonesia. 

Tetap semangat, ya, Sobat. Salam berkuliah.com!

Reporter: Imam Sulton Nursidiq

*Jangan lupa Follow LINE@ Berkuliah.com ya....

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



5 Alasan Penting Mengapa Brosur Resmi Universitas Perlu Diunduh

Semakin hari kuliah ke luar negeri semakin ramai peminatnya dari Indonesia. Hal ini salah satunya dikarenakan adanya semakin banyak kesempatan yang bisa diambil untuk merealisasikan keinginan kuliah ke luar negeri. Selain itu saat ini juga semakin mudah mendapatkan informasi dan panduan untuk kuliah ke luar negeri seperti yang disediakan oleh Hotcourses Indonesia melalui laman resminya (link).


Namun sangat disayangkan bahwa ternyata masih ada yang belum benar-benar memahami dan mengerti cara-cara untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kuliah ke luar negeri itu sendiri dan pada akhirnya tidak berusaha sama sekali untuk merealisasikan keinginan kuliah ke luar negeri. 

Pada dasarnya kuliah ke luar negeri membutuhkan adanya informasi dan panduan yang lengkap serta jelas sebagai dasar dalam memutuskan dan melakukan berbagai tindakan demi tercapainya keinginan tersebut. Hotcourses Indonesia sebagai salah satu sumber informasi terpercaya dalam hal kuliah ke luar negeri selalu berusaha menyediakan berbagai informasi yang sangat dibutuhkan oleh pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berniat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Hotcourses Indonesia adalah Brosur Resmi Universitas Luar Negeri.

Melalui fitur Brosur Resmi Universitas Luar Negeri, Hotcourses Indonesia menyediakan brosur-brosur yang secara resmi dikeluarkan oleh universitas-universitas yang ada di berbagai negara yang bisa menjadi pilihan bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk kuliah ke luar negeri. Melalui laman Brosur Universitas Luar Negeri (link). Pelajar dan mahasiswa Indonesia bisa mencari dan menemukan brosur resmi dari puluhan universitas yang ada di luar negeri dan masih terus ditambahkan setiap waktu oleh Hotcourses Indonesia agar semakin lengkap. Saat ini ada 61 pilihan brosur universitas luar negeri dengan segala informasi mengenai masing-masing universitas sebagai sumber informasi resmi yang otentik, serta sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih universitas tujuan kuliah ke luar negeri.


Keunggulan dari Brosur Resmi Universitas Luar Negeri
Beberapa hal yang menjadi keunggulan dari adanya berbagai brosur universitas-universitas di luar negeri dalam fitur Brosur Universitas Luar Negeri dari Hotcourses Indonesia ini antara lain mencakup:
1. Informasi yang lengkap, otentik, dan terbaru mengenai program-program studi dan jurusan-jurusan yang tersedia di universtas-universitas yang ada di luar negeri.
2. Informasibantuan-bantuan pembiayaan seperti misalnya beasiswa yang di setiap universitas bisa berbeda-beda sehingga bisa direncanakan sekaligus jika ingin mengejar beasiswa tertentu yang ditawarkan.
3. Tata cara dan syarat pendaftaran yang harus dilakukan dan harus dipenuhi untuk bisa secara resmi terdaftar menjadi mahasiswa di salah satu universitas yang ada di luar negeri tersebut.
4. Gambaran singkat mengenai kawasan dimana universitas tersebut berada, sehingga bisa diketahui juga kelebihan dari kota tersebut beserta berbagai hal lainnya yang juga sangat bisa digunakan untuk ban pertimbangan dalam memilih universitas untuk tujuan kuliah ke luar rnegeri.
5. Gambaran umum dalam lingkup yang lebih luas mengenai universitas yang ingin dituju. Brosur ini menyediakan informasi yang seringnya tidak bisa didapat dimanapun.

Selain keunggulan dari segi brosur yang tersedia, fitur atau laman Brosur Universitas Luar Negeri dari Hotcourses Indonesia itu sendiri juga memiliki beberapa keunggulan yang mencakup:
1. Brosur yang sudah dikumpulkan oleh Hotcourses Indonesia dan disediakan di laman tersebut bisa diunduh secara GRATIS. Jadi, para calon mahasiswa internasional dari Indonesia bisa menyimpan brosur tersebut untuk dibaca dan dipelajari dikemudian hari ketika sudah dibutuhkan untuk membuat keputusan mengenai universitas yang akan menjadi tujuan untuk kuliah ke luar negeri.
2. Selain itu, bisa melakukan pencarian secara spesifik sesuai minat yang diinginkan. Pada bagian atas ada kolom pencarian yang bisa dipilih mulai dari negara tujuan, jenjang, hingga jurusan secara spesifik yang ingin diambil. Setelah menentukan pilihan dalam 3 hal tersebut maka nanti yang akan ditampilkan hanya brosur-brosur dari universitas-universitas yang memang sesuai dengan kriteria yang sudah digunakan dalam memilih.
3. Brosur yang disediakan bisa diunduh dan disimpan sebanyak-banyaknya bahkan hingga semua brosur yang tersedia di laman Brosur Universitas Luar Negeri. Pelajar yang ingin mengetahui info rinci dan akurat bisa menggunakan fitur ini secara maksimal.


Berawal dari adanya informasi yang otentik mengenai universitas-universitas yang ada di luar negeri, kuliah ke luar negeri bisa direalisasikan. Hotcourses Indonesia melalui laman fitur Brosur Universitas Luar Negeri berupaya maksimal dalam menyediakan informasi mengenai berbagai universitas di luar negeri khusus untuk para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di luar negeri dan membutuhkan informasi mengenai universitas-universitas tujuan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Amsterdam Excellence Scholarship dari University of Amsterdam - Beasiswa Kuliah S2 di Belanda

Sebagai salah satu negara populer untuk kuliah ke luar negeri bahkan termasuk dalam sebuah survey di Amerika Serikat dengan responden para pelajar dan mahasiswa, Belanda tentu menawarkan berbagai pilihan program studi internasional lengkap dengan banyak kemungkinan beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Bahkan bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia ada banyak pilihan dan kemungkinan program studi serta beasiswa untuk kuliah di Belanda. Salah satunya adalah program beasiswa yang bernama Amsterdam Excellence Scholarship (AES) dari University of Amsterdam (UvA).


Program beasiswa ini adalah beasiswa yang rutin diadakan oleh UvA bagi mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi pada jenjang S2. Target utama dari program beasiswa ini adalah lulusan S1 dari luar kawasan Uni Eropa seperti juga berbagai program beasiswa di Eropa kebanyakan. Setiap periodenya ada 15 penerima beasiswa yang dicari melalui proses seleksi yang ketat dimana nanti pada akhirnya para penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa sebesar EUR 25.000 per tahun. Beasiswa diberikan selama 1 tahun namun bisa diperpanjang jika memang program studi S2 yang diambil berdurasi selama 2 tahun. Cakupan biaya dari beasiswa yang diterima tersebut merupakan biaya kuliah penuh dan juga biaya hidup selama menempuh studi S2 di UvA.

Pemohon untuk program beasiswa ini harus termasuk dalam kelompok 10% lulusan terbaik di kelasnya pada jenjang studi S1 yang sudah diselesaikan. Pertimbangan utama dalam proses seleksi beasiswa ini mencakup pencapaian akademik dari pemohon dan juga relevansi dari program studi yang diambil dengan karir yang bisa diambil di kemudian hari. Program-program yang bisa diambil dengan menggunakan program beasiswa ini tidak ada batasan dimana fakultasnya antara lain:
1. Amterdam Law School
2. Faculty of Economics and Business
3. Graduate Schools of Science
4. Graduate School of Humanities
5. Graduate School of Social Sciences


Persyaratan Beasiswa
Jika ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa S2 di UvA ini maka harus dipastikan bahwa semua persyaratan berikut ini harus dipenuhi terlebih dahulu:
1. Memiliki paspor resmi yang masih berlaku dan bukan dari kawasan Uni Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa
2. Diterima di program S2 dengan bahasa pengantar bahasa Inggris di UvA yang terdaftar di Central Register of Higher Education Programmes (CROHO) dimana pengajuan permohonan studi S2 dan beasiswa AES bisa dilakukan secara bersamaan
3. Diterima di program S2 di UvA untuk pertama kalinya
4. Dapat mematuhi semua peraturan visa di belanda sesuai petunjuk dari Dinas Imigrasi Belanda
5. Terdaftar di UvA sebagai mahasiswa full time untuk tahun akademik dan program yang menawarkan beasiswa
6. Tidak sedang menerima beasiswa lain dalam periode studi yang sama dengan di UvA

Setelah memenuhi segala persyaratan tersebut berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan permohonan beasiswa AES:
1. Transkrip akademik pemohon yang menunjukkan bahwa pemohon termasuk 10% lulusan terbaik
2. Dokumen kelulusan atau Ijazah yang juga menunjukkan kualitas akademik dari lembaga pendidikan dimana gelar S1 diperoleh
3. Surat rekomendasi dari dekan, pembimbing akademik, atau pengajar
4. Motivation Letter maksimal 500 kata yang mencantumkan penjelasan mengenai alasan pemohon memilih program spesifik di UvA terkait dengan relevansi karir dan masa depan pemohon
5. Deskripsi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti partisipasi dalam komite mahasiswa, olahraga, musik, pengalaman internasional, atau juga pengalaman menjadi relawan
6. Bukti sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang bisa berupa IBT TOEFL 100 atau IELTS 7.0


Pendaftaran dan Informasi
Proses pendaftaran beasiswa AES ini bisa dilakukan dengan mengunjungi laman berikut ini (link). Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa AES dan juga UvA bisa didapatkan di tautan berikut (link) dan juga berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Beasiswa Kuliah S1 President University

Sejenak beralih dari berbagai informasi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri ada satu lagi kesempatan yang terbuka bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 di dalam negeri. Kesempatan tersebut ditawarkan oleh President University melalui program beasiswa khusus untuk kuliah S1 bagi para pelajar Indonesia. Nama President University itu sendiri merupakan sebuah universitas di Indonesia yang lokasi tepatnya berada di kawasan Industri Jababeka. Meskipun merupakan sebuah universitas di Indonesia, President University sudah mempunyai dan menerapkan standarisasi internasional dalam berbagai kegiatan perkuliahan dan sistemnya sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan disana.


Sedikit informasi mengenai President University khususnya mengenai hal-hal yang ditawarkan bagi pelajar yang melanjutkan studi disana nantinya akan mencakup:
1. Kompleks Student Boarding House dan Student Pavillion
2. Kurikulum Internasional sesuai dengan standar dari berbagai universitas terbaik di dunia
3. Lingkungan belajar yang erat dengan bahasa Inggris dimana semua mata kuliah diajarkan dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dan juga seluruh mahasiswa dibiasakan untuk berpikir, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris
4. Ekstrakurikuler yang eksklusif seperti adanya fasilitas Jababeka Golf and Country Club, President Executive Club, kolam renang, lapangan basket, lapangan tenis, dan lapangan sepak bola
5. Pengalaman kerja sesuai bidang masing-masing melalui magang selama maksimal 2 semester ketika masih menempuh studi di President University sebagai bekal untuk meniti karir nantinya

Rincian Beasiswa
Program beasiswa yang ditawarkan oleh President University bervariasi sesuai dengan kriteria-kriteria yang diminta dengan salah satu pilihan pengurangan biaya hingga maksimal 100%. Berikut adalah pilihan program studi S1 yang bisa diambil di president University menggunakan program beasiswa yang ditawarkan ini:
1. School of Business: Accounting, Business Administration, dan Management
2. School of Computer Science: information technology dan Information System
3. School of Engineering: Industrial Engineering, Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Ocean Engineering, dan Environmental Engineering
4. School of Humanities: International Relations, Law, Communications, dan Psychology

Berikut ini adalah pilihan jenis beasiswa dari President University sesuai dengan jalur seleksi masuk yang dipilih:
1. Jalur Tes
Beasiswa 1 (100% - IPK 3.50)
Beasiswa 2 (70% - IPK 3.25)
Beasiswa 3 (60% - IPK 3.00)
Beasiswa 4 (50% - IPK 2.75)
Beasiswa 5 (25% - IPK 2.50)
2. Jalur Rapor
Beasiswa 1 (100% - IPK 3.50 - Rapor >90)
Beasiswa 2 (70% - IPK 3.25 - Rapor 81-90)
Beasiswa 3 (60% - IPK 3.00 - Rapor 76-80)
Beasiswa 4 (50% - IPK 2.75 - Rapor 71-75)
Beasiswa 5 (25% - IPK 2.50 - Rapor 65-70)
3. Jalur Olahraga
International (100% - Rangking 1-3, 1 Trophy/Year)
National (100% - Ranking 1-3, 1 Trophy/Year)
Province (70% - Ranking 1-3, 1 Trophy/Year)
Region (60% - Ranking 1-3, 1 Trophy/Year)
City (60% - Ranking 1-3, 1 Trophy/Year)


Persyaratan Beasiswa
Selanjutnya bagian penting yang harus diperhatikan adalah persyaratan dari program beasiswa President University ini, antara lain:
1. Pemohon sudah menyelesaikan SMA/sederajat atau A Level/IB Diploma/setara yang dibuktikan dengan adanya salinan ijazah resmi
2. Lolos placement test yang diadakan oleh pihak president University yang tes tersebut mencakup:
School of Humanities: English, Business, dan Psychology
School of Business: English, Business, and Psychology
School of Computer Science: English, Engineering mathematics, dan Psychology
School of Engineering: English, Exact Science, dan Physics

Selain persyaratan yang sudah disebutkan tadi masih ada lagi beberapa berkas dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftarkan diri di President University dan mengikuti seleksi untuk mendapatkan beasiswa yang ditawarkan. Berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan:
1. Salinan Rapor SMA/sederajat dari semester pertama hingga semester terakhir yang sudah dilegalisir
2. Pasfoto terbaru ukuran 4x6 berwarna sebanyak 2 buah
3. Salinan KTP/Kartu Pelajar/Paspor/SIM
4. Salinan sertifikat akademik/non akademik jika ada


Pendaftaran dan Informasi
Selanjutnya untuk proses pendaftaran program beasiswa ini bisa dilakukan dengan melakukan pendaftaran online pada tautan berikut ini (link). Pada tautan tersebut pemohon harus melengkapi data-data sesuai yang diminta untuk bisa melanjutkan proses pendaftaran dan seleksinya. Selanjutnya pemohon harus mengikuti Placement Test sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh President University dengan informasinya bisa dilihat pada tautan berikut (link). Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa didapatkan dengan mengunjungi tautan berikut (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Scroll To Top