100 Fakta Menarik Tentang India

India merupakan salah satu tujuan belajar yang cukup populer bagi mahasiswa asing, terutama dalam lima tahun terakhir ini. Selain biaya pen...

India merupakan salah satu tujuan belajar yang cukup populer bagi mahasiswa asing, terutama dalam lima tahun terakhir ini. Selain biaya pendidikan dan biaya hidup yang relatif lebih murah dibandingkan negara-negara seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia; India juga dikenal sebagai negara Asia dengan pusat perkembangan teknologi informasi terbesar di Asia.



Di artikel ini, Berkuliah.com akan mengajak kamu menilik seratus fakta unik tentang India. Beberapa fakta ini bisa membuatmu terkejut, namun kami yakin beberapa akan membuatmu jauh lebih tertarik untuk menuntut ilmu di negara ini. Langsung saja, berikut faktanya:

1. Dengan jumlah penduduk mencapai 1.2 juta milyar, India merupakan negara demokrasi terbesar di dunia.

2. India merupakan negara kedua dengan jumlah penduduk terbanyak, di bawah Cina yang memiliki sekitar 1,3 juta milyar penduduk.

3. Merupakan salah satu tempat dengan tingkat aborsi tertinggi di dunia.

4. Ada lebih dari satu juta warga India yang berstatus sebagai bilyuner.

5. Walaupun demikian, kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan miskin di negara ini sangatlah mencolok. Sekitar 35% penduduk India (sekitar 420 juta jiwa) hidup di bawah garis kemiskinan.

6. India adalah negara yang cinta damai. Negara ini tidak pernah menyerang atau mencoba menaklukkan negara lain.



7. Di India, ada sebuah agama bernama Zoroaster. Pengikut agama ini tidak mengubur atau membakar jasad orang mati, namun meletakannya di atas puncak bukit dan membiarkan burung serta hewan liar memakan jasad tersebut. Hal ini bertujuan untuk tidak merusak alam dan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk makhluk hidup lain.

8. India merupakan negara dengan jumlah pembunuhan terbanyak di dunia, dengan sekitar 32 ribu kasus pembunuhan terjadi setiap tahunnya. Tempat kedua diduduki oleh Rusia.

9. Kita bisa menyaksikan banyak sapi berkeliaran dengan bebas di jalan-jalan India. Menurut agama Hindu, sapi adalah perlambang salah satu dewa yang tidak boleh disembelih.

10. Oleh karena itu, wajar jika di India sangat jarang terdapat makanan yang terbuat dari daging sapi. Makanan seperti hamburger dan pizza kebanyakan mengganti menu sapi dengan daging ayam.

11. Di India, nyaris tidak ada papan reklame. Papan tanda pengenal sebuah toko biasanya langsung digambar / ditulis di tembok bangunan tersebut.


12. India adalah salah satu negara yang paling berkembang dalam seni tari. Ini karena seni tari masuk ke hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, bahkan digunakan sebagai salah satu ritual dalam perayaan berbagai hari besar keagamaan.

13. Ada sebuah festival bernama "Holi" atau "Festival Cahaya". Dalam acara ini, masyarakat turun ke jalan, bermain dengan bubuk cat, dan melumuri tubuh mereka dengan berbagai warna-warna cerah.



14. Sebagian besar wanita India tidak akan mengucapkan nama suaminya keras-keras, karena hal itu bisa dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan.

15. Negara ini merupakan tempat lahirnya permainan catur. Berasal dari bahasa Sansekerta, "Chaturanga", permainan ini ditemukan sejak zaman kuno.

16. Seorang janda dianggap sebagai pembawa kesialan di masyarakat pedesaan India. Mereka dianggap sebagai sosok yang memangsa jiwa suaminya.

17. India merupakan tempat pertama di mana kapuk dipintal dan dijadikan sebagai bahan pakaian.

18. Ada sebuah ritual yang cukup mengerikan di India, di mana seorang istri yang ditinggal mati oleh suaminya akan membakar dirinya hidup-hidup. Ritual ini dikenal dengan nama "suttees".

19. India merupakan negara dengan sistem administrasi dan birokrasi terburuk di Asia. Untuk mengurus sebuah dokumen simpel seperti pendaftaran rekening bank, kita mungkin harus menunggu selama berjam-jam, bahkan berhari-hari.

20. Pemerintah negara ini memberikan beasiswa penuh bagi rakyat dari golongan kasta rendah. Mereka yang kebanyakan berasal dari desa bebas biaya kuliah, diberi tempat tinggal di asrama kampus dengan fasilitas makan tiga kali sehari tanpa perlu membayar sepeser pun.



21. Di India, sangat wajar bagi seseorang untuk memiliki lebih dari satu gelar S-2. Ini karena biaya pendidikan yang murah, waktu studi yang relatif singkat, dan bantuan dari pemerintah yang berlimpah.

22. Negara ini memiliki lebih dari 150 ribu kantor pos dan merupakan salah satu negara dengan sistem jaringan pos terbesar di dunia.

23. Walaupun demikian, sistem pos di negara ini belum berjalan dengan baik. Terkadang sebuah surat perlu waktu berminggu-minggu untuk sampai ke tujuan yang hanya berjarak 40 kilometer.

24. Harimau Bengal adalah satwa khas kebanggaan negara ini yang sekarang terancam punah.

25. Memegang telinga orang lain di India dianggap sebagai salah satu bentuk penghormatan.

26. Negara ini merupakan pusat perkembangan teknologi informasi di Asia. Salah satu kota di India, Bangelore, disebut Silicon Valley of India karena banyaknya perusahaan IT internasional yang berkantor di sana.

27. Selain Bangelore, Hyderabad juga merupakan salah satu pusat IT terbesar di Asia. Kota ini bahkan dijuluki dengan nama "Cyberabad."

28. Hindu merupakan agama terbesar di India. 80% penduduk negara ini beragama Hindu.

29. India merupakan negara Islam ketiga terbesar di dunia setelah Indonesia dan Pakistan.



30. Mumbai merupakan kota industri film terbesar di dunia, bahkan secara kuantitas menghasilkan lebih banyak film dari Hollywood. Industri film di India dikenal dengan nama Bollywood.

31. Selain Bollywood, ada juga berbagai industri film lokal, seperti Tollywood (terletak di Andhra Pradesh, berbahasa Telugu) dan Kollywood (berbahasa Tamil).

32. India merupakan asal dari banyak agama besar di dunia, seperti Hindu, Budha, Jain, dan Sikh.

33. Mumbai dijuluki sebagai "Kota Mimpi" karena banyak pemuda dan pemudi negara ini yang datang ke Bollywood dengan mimpi menjadi bintang film terkenal.

34. Inggris menjajah India selama kurang lebih 89 tahun. Walaupun demikian, pengaruh negara ini masih terasa hingga sekarang, terutama dalam sistem pendidikan, hukum, dan pemerintahan.

35. Karena cukup lama berada di bawah jajahan Inggris, sebagian besar rakyat India fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

36. India merupakan tempat lahirnya banyak pebisnis handal di bidang IT. Mereka antara lain adalah Vinod Khosla (co-founder Microsystems), Vinod Dahm (pencipta chip Pentium), dan Rajiv Gupta (General Manager Hewlett Packard).

37. Mahatma Gandhi, sosok yang memperjuangkan kemerdekaan India, dianggap sebagai salah satu pemimpin terbesar dan terhebat di dunia. Ia dianggap sebagai tokoh yang mampu memperjuangkan hak-hak negaranya tanpa jalan kekerasan.

38. Gandhi dibunuh pada tahun 1948, ditembak di bagian dada.

39. Walaupun dikagumi oleh dunia internasional, ternyata banyak generasi muda India masa kini yang tidak menyukai sosok Mahatma Gandhi. Ia dianggap terlalu teoritis, dan beberapa keluarga Gandhi dikenal memiliki reputasi buruk di dunia politik.

40. Di New Delhi, ada sebuah kuil bernama "Lotus Temple". Kuil ini berbentuk seperti bunga teratai raksasa yang sangat indah.


41. India merupakan salah satu tempat di mana situs mencari jodoh secara online sangat laris.

42. Sebagian besar pernikahan di India dilangsungkan dengan sistem perjodohan. Pernikahan jenis ini disebut dengan "arranged marriage," sedangkan pernikahan di luar perjodohan disebut "love marriage".


43. Masih banyak yang menganggap pernikahan di luar perjodohan sebagai sesuatu yang tabu, bahkan di kalangan masyarakat modern India.

44. Di India, mempelai wanita harus membayar mahar yang dikenal dengan nama dowry. Dowry dibayarkan bergantung dari "kualitas" sang mempelai pria. Mulai dari tingkat pendidikan, gaji, status sosial, dan kasta. Makin tinggi status sang pria, makin besar dowry yang harus dibayarkan.

45. Karena tidak mampu membayar mahar, banyak wanita yang memutuskan untuk tidak menikah hingga mencapai usia tua.

46. Pohon Banyan merupakan pohon nasional India, merupakan simbol keabadian dan muncul dalam banyak cerita legenda negara ini.

47. Dua cerita legenda India yang paling terkenal adalah Ramayana dan Mahabharata.

48. Versi cerita Ramayana dan Mahabharata di India hampir 98 persen sama dengan cerita versi Indonesia.


49. Kriket adalah olahraga terpopuler di India. Popularitas kriket di negara ini jauh melampaui sepakbola dan basket.

50. Walaupun demikian, olahraga nasional negara ini adalah hoki.

51. Burung merak pada awalnya dikembangbiakkan di India sebagai bahan makanan. Lama-kelamaan, hewan ini berubah menjadi burung nasional.

52. Buah nasional India adalah mangga. Di negara ini, kamu bisa menemukan berbagai versi minuman mangga yang rasanya luar biasa manis.

53. Berdasarkan berbagai penemuan yang terjadi, India merupakan negara pertama dalam sejarah yang mendokumentasikan proses operasi plastik.

54. Bahasa resmi India adalah Hindi dan Inggris.

55. Ada pula 22 bahasa lokal yang diakui secara resmi oleh pemerintah, seperti Telugu, Tamil, Kannada, dan Urdu.

56. Ada lebih dari 1.600 dialek yang digunakan dalam negara ini.

57. Dengan jumlah pegawai mencapai 16 juta, India negara dengan jumlah pegawai negeri sipil terbanyak di dunia.

58. Konsumsi produk susu di negara ini juga sangat tinggi. Tak heran, India merupakan negara penghasil susu terbesar di dunia.

59. Mandi di sungai Ganga dianggap sebagai sebuah aktivitas yang bisa mencuci bersih dosa dan berbagai perbuatan buruk di masa lalu.


60. Raziya Sultana merupakan pemimpin wanita pertama di India yang menjalankan kepemimpinannya di abad ke-13. Setelah tiga tahun memerintah, ia dibunuh oleh para penentangnya.

61. Sama seperti di Indonesia dan sebagian besar negara Asia, menggunakan tangan kiri untuk makan dan berjabat tangan dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan.

62. Dengan total jalan raya yang membentang sepanjan 1,9 juta mil, India merupakan negara ketiga dengan jumlah jalan terpanjang di India.

63. Di upacara pemakaman, kebanyakan orang India tidak mengenakan pakaian berwarna hitam, namun justru berwarna putih.

64. Seluruh wilayah di India terletak dalam satu zona waktu.

65. Pakistan pada awalnya merupakan bagian dari India. Negara ini memisahkan diri pada tanggal 15 Agustus 1947.

66. Proses pemisahan Pakistan dari India dilakukan dengan pemberontakan yang menelan ratusan hingga jutaan korban jiwa,

67. India juga cukup maju dalam bidang sastra modern. Beberapa penulis seperti Salman Rushdie, Vikram Seth, dan Arundhati Roy merupakan penulis yang sudah memenangkan berbagai penghargaan internasional.

68. India adalah negara penghasil teh terbesar di dunia.

69. Minuman terpopuler di negara ini dikenal dengan nama chai, merupakan campuran antara teh dan susu yang disajikan dalam cangkir kecil,

70. Di India, ada sebuah musim yang disebut dengan monsoon atau muson yang merupakan musim peralihan dari panas ke dingin.

71. India merupakan tempat di mana salah satu keajaiban dunia, Taj Mahal, terletak.

72. Taj Mahal dibangun oleh kaisar Shah Jahan untuk istri tercintanya, Mumtaz Mahal.


73. Bangunan ini menjadi salah satu keajaiban dunia karena konstruksi bangunannya yang sangat indah. Hampir seluruh bangunan ini terbuat dari marmer.

74. Untuk menyelesaikan Taj Mahal, diperlukan tenaga 22.000 tukang selama 22 tahun.

75. India merupakan salah satu tempat pertama di mana salah satu kebudayaan terbesar di dunia berkembang, tepatnya di daerah Sungai Indus.

76. Kebudayaan Sungai Indus yang lahir 3.000 tahun sebelum Masehi melahirkan berbagai kerajaan, antara lain kerajaan Mesir dan Mesopotamia.

77. Penghuni asli bangsa India disebut bangsa Dravida. Bangsa Arya kemudian mengambil alih dominasi bangsa Dravida pada tahun 2.000 sebelum Masehi.

78. Di India, ada lebih dari 6 juta dewa. Hampir semua dewa tersebut memiliki kuil dan tempat pemujaan sendiri.

79. Nama "India" berasal dari nama Sungai Indus, tempat lahirnya kebudayaan besar umat-manusia.

80. Bentuk pemerintahan India adalah republik federal konstitusional, dijalankan dengan sistem parlementer.

81. Nama resmi India adalah "Bharat Ghanarajya".

82. Harga koran dan buku di India jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia. Satu eksemplar koran dihargai sekitar 200 sampai 500 rupiah.

83. Konon, universitas pertama di dunia didirikan di India dengan nama Takshila pada tahun 700 Sebelum Masehi.

84. India dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki banyak wanita cantik. Sejauh ini, India telah memenangkan dua gelar Miss Universe dan lima titel Miss World.


85. Rata-rata usia penduduk di India jauh lebih muda dibandingkan di negara-negara lain di Eropa atau Amerika. 50% penduduk India berusia di bawah 25 tahun dan 65% berusia di bawah 35 tahun.

86. Karena memiliki banyak penduduk di usia produktif, India diprediksi akan melejit sebagai kekuatan baru perekonomian di Asia.

87. Produk ekspor utama India terletak di sektor pertanian.

88. India dikenal sebagai pengekspor pisang nomor satu di dunia.

89. Makanan pokok di India utara adalah gandum yang diolah menjadi roti, sedangkan makanan pokok di India selatan adalah nasi.

90. India memiliki variasi satwa yang kaya, terutama burung. 13.7% spesies burung yang ada di seluruh dunia bisa ditemukan di negara ini.

91. Pendidikan di bidang IT di berbagai universitas di India juga belakangan ini sangat maju. Salah satu institut terbaik India, IIT (Indian Institute of Technology) telah melahirkan banyak lulusan yang bekerja di berbagai perusahaan elit, seperti Microsoft, Apple, Google, bahkan NASA.

92. Selain bidang IT, bidang bisnis juga menjadi pilihan yang tepat untuk belajar di India. Beberapa sekolah bisnis di India bahkan masuk dalam daftar 20 sekolah bisnis terbaik di dunia.

93. Tirupathi adalah tempat yang paling banyak dikunjungi untuk melakukan "pilgrimage", lebih banyak daripada Vatikan atau Mekah.

94. Tiga warna dalam bendera India memiliki makna yang berbeda-beda. Warna saffron melambangkan keberanian dan pengorbanan, warna putih melambangkan kesucian, dan warna hijau melambangkan kesejahteraan.

95. Di tengah-tengah bendera India terdapat simbol Ashok Chakra yang melambangkan kebenaran.

96. India juga merupakan negara pembeli emas terbesar. Emas sendiri memegang peranan penting dalam berbagai acara seremonial seperti pernikahan, upacara adat, dan perayaan festival keagamaan.

97. Negara ini juga merupakan tempat dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

98. Perusahaan software juga berkembang dengan sangat pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Perusahaan-perusahaan software di negara ini mengekspor produknya ke lebih dari 60 negara.

99. Selain film dan IT, India juga dikenal oleh dunia internasional melalui Yoga, sebuah teknik untuk relaksasi dan meditasi. Yoga dianggap sebagai salah satu bentuk olah tubuh paling populer di dunia, bahkan dimasukkan dalam berbagai terapi medis.

100. Kain saree merupakan pakaian tradisional India yang sangat terkenal dan diminati oleh banyak orang dari berbagai negara.



Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 100 Fakta Menarik Tentang India
100 Fakta Menarik Tentang India
https://4.bp.blogspot.com/-5Ya6P7mNqp8/U6J7eG7ablI/AAAAAAAAATs/FHSpzFfv5NI/s1600/india.png
https://4.bp.blogspot.com/-5Ya6P7mNqp8/U6J7eG7ablI/AAAAAAAAATs/FHSpzFfv5NI/s72-c/india.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/100-fakta-menarik-tentang-india.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/100-fakta-menarik-tentang-india.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy