15 Universitas Terbaik di India

Ingin belajar di India namun masih bingung menentukan di universitas mana nantinya Anda akan berkuliah? Simak saja daftar dari Berkuliah.co...

Ingin belajar di India namun masih bingung menentukan di universitas mana nantinya Anda akan berkuliah? Simak saja daftar dari Berkuliah.com berikut ini yang akan membantu Anda dalam menentukan pilihan, terutama dari segi akademis universitas di negara ini.

Dalam artikel ini, kami menyajikan daftar 15 universitas terbaik di India yang disusun berdasarkan QS Universities Ranking Asia 2014. Parameter yang digunakan untuk menyusun ranking ini ada cukup banyak, antara lain reputasi akademis, reputasi staf pengajar, publikasi jurnal internasional, jumlah mahasiswa asing, dan masih banyak lagi.



Terletak di state Maharasthra, University of Pune memiliki lebih dari 400 program studi untuk kategori Undergraduate (S-1) dan Postgraduate (S-2). Tak hanya itu, universitas ini juga memiliki cakupan riset yang luas untuk program kuliah doktor (S-3) dalam berbagai bidang studi. Selain memiliki kualitas yang bagus, University of Pune juga merupakan salah satu pilihan favorit bagi ribuan mahasiswa asing yang menuntut ilmu di India.


Dari namanya saja, kita bisa menyimpulkan bahwa Birla Institute of Technology and Science merupakan institut yang mengkhususkan diri di bidang teknologi dan sains. Institut ini berlokasi di sebuah kota bernama Pilani, sekitar 140 kilometer dari New Delhi. Baru-baru ini, Birla Institute of Technology and Science membuka cabangnya di Dubai. Institut ini juga memiliki nilai akreditasi yang sangat tinggi, yaitu 3,71 dari maksimal 4.


Manipal University terletak di Manipal, Karnataka dan memiliki lebih dari 28.000 mahasiswa dari 52 negara. Selain memiliki cabang di berbagai kota besar di India, Manipal University juga memiliki kampus di Dubai, Malaysia, dan Antigua. Universitas ini memiliki akademi khusus yang digunakan untuk riset teknologi dan sains, berkolaborasi dengan universitas-universitas top di Eropa serta Amerika Serikat.


Panjab University meraih peringkat pertama dalam daftar "Universitas Terbaik di Dunia" yang diterbitkan oleh  Times Higher Education World University Rankings 2013-14. Universitas ini terletak di Chandigarh, memiliki sekitar 75 departemen dan 15 pusat riset. Universitas ini sudah cukup lama berdiri, tepatnya sejak tahun 1882 di Lahore, daerah yang saat ini menjadi wilayah Pakistan. Lulusan terkenal dari universitas ini antara lain adalah Shankar Dayal Sharma (presiden India ke-9) dan Manmohan Singh (Perdana Menteri India  ke-14).


Universitas ini terletak di kota suci, Varanasi, tempat diadakannya berbagai festival keagamaan di tepi Sungai Gangga. BHU juga merupakan residential universitas (universitas di mana para mahasiswa dan pengajarnya tinggal di asrama kampus) terbesar di Asia. Setiap tahunnya, universitas ini menerima sekitar 20.000 mahasiswa baru dan ada pula banyak mahasiswa asing dari 34 negara yang belajar di tempat ini. Salah satu alumnus terkenal dari BHU adalah Sarvepalli Radhakrishnan, Presiden India kedua.


Universitas ini merupakan satu dari tiga universitas tertua di India. Jurusan terfavorit di universitas ini adalah jurusan teknik, yang masuk dalam daftar Universitas Teknik Terbaik di dunia versi Business Insider tahun 2012. Universitas ini terletak di Mumbai, kota tempat pusat ekonomi dan perdagangan di India. Satu hal yang harus dipertimbangkan jika kamu ingin berkuliah di tempat ini adalah biaya sewa rumah yang sangat tinggi di Mumbai, berkisar minimal 6 sampai 8 juta Rupiah per bulan.


Universitas ini dikenal karena mampu mencetak banyak sarjana serta ilmuwan handal. Terletak di West Bengal, University of Calcutta didirikan pada tahun 1857 dan kini memiliki kurang lebih 22.000 mahasiswa. Peningkatan kualitas University of Calcutta terbilang cukup drastis. Di tahun 2011, universitas ini menduduki ranking di atas 600 versi QS Ranking, namun satu tahun setelahnya mampu menembus peringkat 150 besar. Kini, Universiy of Calcutta dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di India.


Nama besar Indian Institute of Technology sudah dikenal di dunia internasional. Institut ini memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh India, salah satu yang terbaik berlokasi di Guwahati, di state yang bernama Assam. Institut ini berhasil menembus peringkat 100 besar terbaik dunia terutama setelah menyelenggarakan berbagai event bernuansa teknologi yang berskala internasional.


Terletak di ibukota India, New Delhi, kualitas University of Delhi memang sudah diakui sebagai salah satu yang terbaik di negara ini. Sering disebut dengan nama Delhi University (DU), tempat ini sudah melahirkan banyak tokoh besar, antara lain Amitabh Bachchan, Aung San Suu Kyi (pemenang hadiah Nobel Perdamaian asal Myanmar), dan Rahul Bajaj (pemimpin perusahaan Bajaj Group). Sebagai universitas sentral, Delhi University mendapat sokongan dana penuh dari pemerintah.


IITR terletak di Uttarakhand dan memiliki reputasi sebagai salah satu institut teknologi terbaik di dunia. Setiap tahunnya, jutaan mahasiswa India memperebutkan kursi sebagai mahasiswa IITR. Karena dinilai memiliki reputasi yang sangat bagus, wajar jika IITR memiliki standar tes masuk yang sangat tinggi. Tak hanya memiliki staf pengajar yang kompeten, salah satu alasan IITR mampu menempatkan diri dalam daftar 10 besar universitas terbaik di India adalah karena fasilitas pembelajarannya yang sangat canggih.


Universitas ini didirikan pada tahun 1951 dan memiliki ukuran kampus yang paling luas dibandingkan dengan seluruh IIT yang ada di India. Terletak sekitar 120 kilometer dari Kolkata, bangunan kampus ini didesain dengan sangat elegan oleh arsitek dari Swiss. Sama seperti kampus IIT lainnya, IITKGP juga memiliki standar yang sangat tinggi dalam perekrutan mahasiswa baru. Kampus ini telah melahirkan setidaknya 50 nama yang menjadi orang berpengaruh di India.


Terletak di Madras, India selatan, institut ini juga memiliki keunggulan di bidang teknologi dan teknik. Institut ini dulunya merupakan bagian dari salah satu taman nasional di India dan memiliki lingkungan kampus yang sangat hijau dan asri. Tak hanya itu, IITM juga memiliki partner berbagai universitas di seluruh penjuru dunia, dan mahasiswa institut ini sering mengadakan kolaborasi dengan mahasiswa dari banyak kampus top di Eropa dan Amerika Serikat.


Terletak di Kanpur, Uttar Pradesh, institut ini memiliki kualitas yang tidak perlu lagi dipertanyakan. Tak hanya departemen teknik dan sains, IITK juga memiliki departemen ilmu sosial, desain, dan inter-disiplin. Salah satu faktor yang membuat IIT Kanpur menempati peringkat yang cukup tinggi dalam daftar ini adalah kualitas laboratoriumnya yang canggih dan berbagai karya yang telah dihasilkan oleh lulusannya.


IITB merupakan IIT tertua kedua yang didirikan pada tahun 1958. Sejak saat itu, institut ini telah mencetak lebih dari 19.000 insinyur dan sarjana yang handal. Sama seperti IITK, IITB juga memiliki departemen ilmu sosial. Jurusan terfavorit dari IITB adalah jurusan Teknik Kimia, yang sudah dalam beberapa tahun berturut-turut ini berhasil menjadi yang terbaik di India. Salah satu alumni terkenal dar IITB adalah Nitin Nohria, Dekan Harvard Business School.


IITD menduduki peringkat ke-38 universitas terbaik di Asia versi QS Ranking, dengan skor total 74,5 dari maksimal 100. Kualitas institut ini sama sekali tidak perlu diragukan, karena IITD telah sukses mencetak tokh-tokoh besar dunia, mulai dari ilmuwan, pebisnis, profesor, hingga novelis. Tak hanya itu, IITD juga secara aktif mengadakan berbagai event berskala internasional serta mengirimkan para mahasiswanya untuk melakukan penelitian kolaborasi dengan mahasiswa dari kampus luar negeri.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 15 Universitas Terbaik di India
15 Universitas Terbaik di India
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGegsikaAT7hNVUwK_8ybj7pW4PjpF5m_P3YdcH1SknsseK8Qw7uqWUcgggxhBx3HutXbLmdG8EEAP14dtmBXvhTYQ84IhZkVV9pErhrPR9kYzM8Y_0ipCmFx0m5JtpfHR6wH3F32tzWs/s1600/pune.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGegsikaAT7hNVUwK_8ybj7pW4PjpF5m_P3YdcH1SknsseK8Qw7uqWUcgggxhBx3HutXbLmdG8EEAP14dtmBXvhTYQ84IhZkVV9pErhrPR9kYzM8Y_0ipCmFx0m5JtpfHR6wH3F32tzWs/s72-c/pune.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/15-universitas-terbaik-di-india.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/15-universitas-terbaik-di-india.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy