20 Universitas India Terfavorit Versi Mahasiswa Indonesia Dijelaskan dengan Sangat Detail Disini

Di India terdapat ratusan universitas dan ribuan institusi pendidikan lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai berbagai universitas y...

Di India terdapat ratusan universitas dan ribuan institusi pendidikan lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai berbagai universitas yang berada di India kami menyajikan beberapa profil dari universitas di India. Pemilihan universitas-universitas ini adalah berdasarkan ranking (publikasi dan riset) dan lokasi universitas. Pengalaman mahasiswa asing yang belajar (khususnya dari Indonesia) di sana juga menjadi acuan kami dalam membentuk list ini. Adapun institut-institut terkenal seperti IIT dan IIM tidak kami masukkan di sini karena sampai saat ini masih jarang sekali mahasiswa asing yang belajar di sana, proses pendaftarannya pun sedikit berbeda (dijelaskan dalam bagian pendaftaran). Sedangkan IIT Roorkee kami masukkan karena sudah ada jaringan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia. Berikut ini adalah profil dari sebagian universitas di India.


1. Aligarh Muslim University



Aligarh Muslim University (AMU) didirikan pada tahun 1875 dengan nama Mohammedan Anglo-Oriental College oleh Sir Syed Ahmed Khan. Tahun 1920, namanya diubah menjadi Aligarh Muslim University dan mendapatkan status Central University. AMU terletak 130 km di sebelah Tenggara dari kota Delhi. Universitas ini dibangun dengan mengadaptasi sistem pembelajaran di Universitas Cambridge dan Oxford, Inggris. Sir Syed Ahmed Khan berkeinginan untuk memajukan India, caranya adalah dengan membasmi keterbelakangan masyarakatnya menggunakan pendidikan. Walaupun sistem pendidikan yang diambil berasal dari negara barat, tapi AMU tetap menjaga nilai-nilai kandungan islam sebagai pedoman.

AMU memiliki 88 departemen dan lebih dari 280 jurusan baik di bidang tradisional maupun modern. Universitas ini juga menawarkan jurusan-jurusan berkaitan dengan agama Islam seperti Islamic Studies, Theology dan Bahasa Arab. AMU juga terkenal karena perpustakaannya, Maulana Azad library. Perpustakaan ini berdiri di bangunan besar berlantai tujuh dan memiliki taman indah di sekelilingnya. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 900.000 buku dari berbagai macam bidang pendidikan.

Aligarh adalah kota kecil berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa. Terletak di Provinsi Uttar Pradesh, Aligarh terkenal dengan sebutan Kota Universitas. AMU sendiri memiliki luas wilayah sebesar 467 hektar. Biaya hidup di Aligarh bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di India. Apalagi mengenai biaya tempat tinggal. AMU adalah salah satu universitas pertama yang dijadikan tempat kuliah oleh mahasiswa dari Indonesia. Sampai sekarang keberadaan mahasiswa Indonesia di universitas ini seakan selalu mengalir dari jaringan pertemanan. Tiap tahun bisa dibilang selalu ada mahasiswa baru dari Indonesia yang kuliah ke AMU. Informasi spesifik mengenai pendaftaran bisa ditanyakan melalui:
Alamat Kantor : Aligarh Muslim University, Aligarh-202002 Uttar Pradesh INDIA
Telepon         : +91-571-2700935, 2700922 - 1161 (Extention)
Website         : http://www.amu.ac.in/


2. Anna University



Anna University dibentuk pada tahun 1978, hasil dari penggabungan 4 perguruan teknik di Chennai, Tamil Nadu. Salah satunya adalah Madras Institute of Technology yang didirikan pada tahun 1949 dan juga institusi pertama yang memberikan gelar Sarjana Teknik di India. Anna University menawarkan pendidikan dalam bidang teknik dan teknologi. Anna University termasuk 10 besar universitas terbaik dalam bidang teknologi. Salah satu lulusan terbaiknya adalah Dr. A.P.J. Abdul Kalam, mantan Presiden India yang membangun dimensi baru dalam dunia teknologi di India. Pembelajaran di Universitas ini sudah memenuhi standar internasional, terbukti dengan masuknya Anna University ke dalam Asosiasi Universitas Commonwealth dan partner dari UNESCO Pusat Internasional untuk Pendidikan Teknik. Bahkan University Grant Commission memberikan peringkat bintang lima (tertinggi) bagi universitas ini.
Alamat : Sardar Patel Road, Chennai – 600025 Tamil Nadu INDIA
Telepon : +91-44-22351126/22352312
Email : vc@annauniv.edu
Website : http://www.annauniv.edu/


3. Banaras Hindu University



Banaras Hindu University (BHU) didirikan pada tahun 1916 oleh Pandit Madan Mohan Malviya. Walaupun terdapat nama “Hindu”nya, BHU tetap menerima staf pengajar dan mahasiswa dari berbagai macam agama dan negara. Bahkan sang pendiri pernah berkata bahwa “India bukanlah negara para orang Hindu saja, tapi juga negara dari para orang Muslim, Kristen, dan Parsi. Kita harus bersatu dan bangkit bersama-sama agar dapat menjadi negara yang maju dan terhormat.” BHU terletak di Ibu kota ilmu pengetahuan India, Varanasi, yang juga terkenal dengan Sungai Gangga-nya. BHU memiliki wilayah sekitar 5,5 km persegi dan menjadi universitas perumahan terbesar di Asia dimana lebih dari 12.000 mahasiswa tinggal di dalam kampus. BHU memiliki reputasi terbaik dalam bidang teknik, sains, linguistik, hukum, dan kedokteran. Bahkan mulai tahun ajaran 2010 salah satu engineering college dari BHU (IT-BHU) mendapatkan kehormatan menjadi IIT ke 16 di India. Walaupun begitu segala proses adminstrasi dari IIT-BHU ini akan tetap di bawah Banaras Hindu University.

Alamat : International Students Centre C/3/3, Tagore House, Banaras Hindu University, Varanasi –                             221005 Uttar Pradesh INDIA
Telepon : +91-542-2307639, 3098124
Email : trraobhu@hotmail.com, drtrrao@satyam.net.in
Website : http://www.bhu.ac.in/


4. Bangalore University



Bangalore University terletak di kota metropolitan Bangalore yang terkenal sebagai ibukota IT India. Sebenarnya universitas ini mempunyai sejarah panjang sejak abad 18. Setelah melalui pergantian nama dan berbagai perubahan, akhirnya pada Juli 1964  diresmikanlah namanya sebagai Bangalore University. Secara akademik universitas ini mempunyai 6 fakultas yaitu: Arts, Science, Commerce, dan Management, Education, Law, dan Engineering. Bangalore University memiliki 473 affiliated colleges yang tersebar di seluruh penjuru kota. Dengan jumlah mahasiswa yang hampir mencapai 300.000 orang, Bangalore University menjadi salah satu universitas terbesar di India. Salah satu alumni terkenalnya adalah C.V.Raman, pemenang nobel bidang fisika yang terhubung dengan Bangalore University saat bekerja di Indian Institute of Science.
Alamat : Bangalore University, Jnana Bharathi Campus, Jnana Bharathi Post Bangalore – 560056                               Karnataka INDIA
Telepon : +91 – 80 - 2291006
Email : registrar@bub.ernet.in
Website : http://www.bub.ernet.in/


5. Calcutta University



Calcutta University didirikan pada tahun 1857 dan dinobatkan sebagai universitas modern pertama di India. Calcutta University menghasilkan 4 peraih penghargaan nobel yaitu Ronald Ross, Rabindra Nath Tagore, Sri Chandrasekhara Venkata Raman dan Amartya Sen. Mereka berkiprah di Calcutta University sebagai staf pengajar atau alumni. Universitas ini terkenal dalam bidang seni dan humaniora. Dalam bidang tersebut, Calcutta University menduduki peringkat ke 39 sedunia menurut Times Higher Education. Sedangkan bidang yang paling banyak peminatnya adalah Sains dan Bisnis. Masyarakat menganggap bidang ini mempunyai peluang kerja yang lebih baik.

Alamat : Senate House,87/1 College Street, Kolkatta -700073 West Bengal INDIA
Telepon : +91-33-22410071
Email : admin@caluniv.ac.in
Website : http://caluniv.ac.in/


6. Delhi University




Delhi University (DU) terletak di Ibukota India, New Delhi. Universitas ini didirikan pada tahun 1992 oleh Pemerintah India. DU adalah salah satu universitas favorit bagi kebanyakan mahasiswa Indonesia. Biaya kuliah bagi berbagai jurusan umum di DU bisa dibilang cukup murah. Akan tetapi sistem penilaian di sini dirasa cukup sulit dibandingkan dengan universitas lain. Mahasiswa dituntut untuk belajar sungguh-sungguh. Secara internasional, DU berada dalam 300 besar universitas sedunia. Universitas ini mempunyai 83 affiliated college, yang tersebar di seluruh Delhi dan bisa dikelompokan menjadi 2 bagian besar, yaitu kampus Selatan dan kampus Utara. College-college ini banyak yang menjadi college unggulan di India menurut bidangnya.  Diantara college-college yang terkenal adalah St. Stephens College, Ramjas College, Hindu College dan Shri Ram College of Commerce.

Kampus ini menjadi salah satu kampus favorit bagi mahasiswa Indonesia. Pertama karena kualitasnya yang memang bagus, kedua karena lokasinya yang berada di ibukota India. DU menyediakan satu kantor khusus untuk mengurusi mahasiswa asing khususnya untuk pendaftaran, detailnya adalah:

Alamat : Foreign Student Registry Office C/o Faculty of Management Studies University of Delhi, Delhi –                  110007 INDIA
Telepon : +91-11-27666756 Ext. 1625
Email : dydean_fs@du.ac.in dan fsr_du@yahoo.com
Website : http://www.du.ac.in/


7. English and Foreign Language University

English and Foreign Language University (EFLU), Hyderabad bisa dikatakan sebagai universitas terbaik di India untuk jurusan bahasa, pendidikan, literatur, dan linguistik. Jurusan – jurusan yang ditawarkan pun hanya fokus kepada bidang-bidang tersebut. Sebelumnya EFLU bernama Central Institute of English and Foreign Language (CIEFL). Setelah melalui reformasi dan pembangunan besar-besaran akhirnya CIEFL berubah menjadi sebuah universitas. Bahkan EFLU berhasil mendapatkan status sebagai central university atau bisa disebut sebagai universitas nasional. Hal ini membuat banyak kucuran dana yang mengalir ke EFLU dan digunakan untuk pembangunan, baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya. EFLU juga terkenal dengan keanekaragaman mahasiswanya. Terdapat banyak mahasiswa dari berbagai pelosok dunia belajar di sini. EFLU sendiri sudah membuka cabang di 4 kota di India yaitu di Lucknow, Shillong, Haryana, dan Kerala. Pada masa mendatang, EFLU berencana membuka kampus cabang di beberapa negara seperti Yaman, Oman, Sri Lanka, Myanmar, dan China.

Sejak tahun 2008, EFLU membuka program baru untuk sarjana integrated sampai master dengan durasi waktu 5 tahun. EFLU juga terkenal dengan program International Trainning Programme (ITP) yaitu 3 bulan program belajar bahasa Inggris bagi orang asing. ITP diadakan bekerja sama dengan Kementrian Luar Negeri India. Mereka juga menawarkan beasiswa penuh untuk program ini (lihat kursus bahasa inggris). Pembangunan besar-besaran juga sedang dilakukan oleh kampus ini. Predikat Central University yang disandangnya, membuat EFLU berhak mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat. Alokasinya macam-macam mulai dari infrastruktur, pengembangan SDM, dan sebagainya.
Alamat : EFLU, Hyderabad – 500007 Andhra Pradesh INDIA
Telepon : +91-40-27098131/27689400
Email : eflu_deanfs@rediffmail.com
Website : http://www.efluniversity.ac.in/


8. Guru Nanak Dev University



Guru Nanak Dev University (GNDU) didirikan pada tanggal 4 November 1969, sekaligus untuk memperingati 500 tahun lahirnya Sri Guru Nanak Dev Ji, pemimpin agama Sikh. Universitas ini terletak di kota Amritsar yang terkenal dengan Golden Temple-nya. Amritsar berada hanya 32 km jauhnya dari perbatasan India dan Lahore, Pakistan. GNDU menawarkan berbagai macam jurusan dari humaniora sampai teknologi. GNDU juga mendapatkan ranking tertinggi dari National Assessment and Accreditation Council (NAAC) yaitu bintang lima. Universitas ini juga telah memenangkan trofi Maulana Abul Kalam Azad sebanyak 17 kali.

Alamat : GNDU, Amritsar -143005 Punjab INDIA
Telepon : +91-183-2255711/2258802-09
Email : spsingh_gndu@yahoo.com/rsbawa@flashmail.com
Website : http://www.gndu.ac.in/


9. Hyderabad Central University

Hyderabad Central University (HCU) adalah salah satu universitas terbaik di India. National Institute of Science Communication and Information Resources menobatkan HCU sebagai universitas terbaik di India tahun 2009 dalam bidang riset dan publikasi ilmiahnya. HCU terletak 20 km dari kota Hyderabad. Lokasinya yang cukup jauh dari kota ditambah lagi dengan luas wilayahnya yang mencapai 9 km2 membuat suasana belajar benar-benar kondusif dan tenang. Dengan luas wilayah yang sangat besar ini menjadikan mahasiswa perlu kendaraan untuk berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya. Kendaraan tersebut bisa berupa sepeda, sepeda motor, mobil, maupun bis umum yang melewati kampus.

Rasio pengajar dan mahasiswa di HCU adalah 1 banding 9. Sebelumnya HCU hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Masterdan Ph.D. Namun pada tahun ajaran 2006-2007, HCU membuka program terpadu Master selama 5 tahun bagi pelajar lulusan SMA. Lingkungan kampus yang menjadi satu dengan hostel mahasiswa membuat suasana kampus terasa kental. Dari laboratorium komputer yang buka 24 jam, kantin mahasiswa, tempat fitness sampai klinik kesehatan tersedia di dalam kampus HCU.

Alamat : University of Hyderabad, P.O. Central University, Hyderabad 500046 Andhra Pradesh INDIA
Telepon : +91-40-23132102/3
Email : acadinfo@uohyd.ernet.in
Website : http://www.uohyd.ac.in/


10. Indian Institute of Technology Roorkee



IIT-Roorkee berada di kota Roorkee, Uttarakhand, India. Di awal berdirinya pada tahun 1847, institut ini bernama Thomason College of Civil Engineering. Kemudian berubah menjadi University of Roorke pada tahun 1949. Pada 21 September 2001, University of Roorke dinobatkan oleh pemerintah India sebagai Indian Institute of Technology yang ke-tujuh. Ini menjadikan IIT-Roorkee sebagai institusi penting nasional. Sekarang, IIT-Roorkee menawarkan banyak pilihan program pendidikan. Tercatat ada 11 program Under Graduate, 5 program Dual Degree terpadu, 3 program M.Tech. terpadu, 3 program M.Sc. terpadu, 61 program Post Graduate dan beberapa program Doktorat. IIT-Roorkee sendiri melalui program kerjasama Colombo Plan menawarkan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia (informasi detail terdapat pada bagian beasiswa). Memang bagi masyarakat Indonesia, IIT Roorkee memiliki kenangan yang cukup panjang. Sejak tahun 1974 Pemerintah Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan institute ini. Tiap tahunnya pemerintah kita selalu mengirimkan warganya untuk menuntut ilmu di IIT Roorkee. Biasanya mereka akan masuk program S2 jurusan Water Resources Development & Management.

Lulusannya pun rata-rata sekarang sudah menjadi pejabaat di Departemen Pekerjaan Umum maupun Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk kuliah di institut ini, cobalah untuk mencari informasi dari para alumni yang sudah lulus mengenai segala hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan, termasuk untuk urusan beasiswa.

Alamat : Indian Institute of Technology Roorkee, Roorkee Uttarakhand – 247667 INDIA
Telepon : +91-1332-284292,284010
Email  : aracd@iitr.ernet.in, adap@iitr.ernet.in
Website : http://www.iitr.ac.in/


11. Jadavpur University



Jadavpur University adalah institusi pendidikan dan riset yang terletak di kota Kolkata. Jadavpur University memiliki 2 kampus yaitu kampus utama yang berada di Jadavpur dan kampus baru di Salt Lake. Dalam bidang riset dan publikasi ilmiah, Jadavpur University menduduki peringkat ke 6 se-India. Universitas ini diakui sebagai salah satu universitas terbaik di India dalam bidang teknik. Selain itu, Jadavpur University juga terkenal untuk kebijakan pendidikan, dan pembentukan kebijakan bagi banyak institutis pemerintah dan non-pemerintah. Universitas ini juga mendapatkan status bintang 5 dari NAAC.

Alamat : Raja S.C. Mullick Road Jadavpur, Calcutta -700032 West Bengal INDIA
Telepon : +91-33-23359347, 23355215
Email : registrar@admin.jdvu.ac.in
Website : http://www.jadavpur.edu/


12. Jamia Millia Islamia



Jamia Millia Islamia (JMI) dalam bahasa Arab atau Urdu berarti Universitas Islam Nasional. JMI memiliki perjalanan sejarah yang panjang sejak pertama kali didirikan di Aligarh pada tahun 1920. Karena berbagai masalah politik dan krisis keuangan, akhirnya dengan dibantu Mahatma Gandhi JMI memindahkan kampusnya ke New Delhi. Saat itu para pendiri JMI berjuang keras mendapatkan dana bagi kelanjutan universitas tersebut. Bahkan pada tahun 1928, terdapat satu grup pengajar muda yang dipimpin Dr. Zakir Hussain berjanji untuk mengabdi di JMI selama 20 tahun ke depan dengan bayaran tidak lebih dari Rs. 150. Kejadian yang sama terulang pada tahun 1942. 

Sekarang JMI berhasil menyandang status Central University dari Pemerintah India. Meskipun mengandung nama islam, tapi tidak berarti kampus ini hanya menawarkan program-program yang berhubungan dengan agama Islam. JMI juga memiliki fakultas-fakultas dan jurusan lainnya, sekarang kampus ini memiliki 9 Fakultas dan 26 Centres for Studies. Bahkan pada awal tahun 2006, Raja Arab Saudi mengunjungi JMI dan memberikan bantuan sebesar 30 juta dollar Amerika bagi pembangunan perpustakaan.

Alamat : JMI, Maulana Mohammad Ali Johar Marg, Jamia Nagar, New Delhi - 110025 INDIA
Telepon : +91-11-26981717/4075/6167/8044 Ext. 2959/1760
Email : fsajamia@yahoo.co.in/fsa@jmi.ac.in
Website : http://www.jmi.nic.in/


13. Jawaharlal Nehru University



Jawaharlal Nehru University (JNU) didirikan pada tahun 1969 oleh mantan Perdana Menteri India, Indira Gandhi. Nama universitas ini diambil dari nama Perdana Menteri pertama India yaitu Jawaharlal Nehru. Pada dasarnya JNU diperuntukkan bagi mahasiswa Master, Ph.D dan Post Doctoral. Tapi terdapat satu fakultas yang menyediakan program bagi mahasiswa program S1 yaitu School of Language, Literature, and Culture Studies. JNU terkenal dengan keberagaman mahasiswanya dan juga banyaknya acara-acara kebudayaan, hiburan dan seminar. School of International Studies,  yang merupakan fakultas paling tua, adalah program unggulan dari JNU. Terletak di bagian selatan kota New Delhi, tidak membuat JNU terpengaruh dengan keadaan sekitar. JNU memiliki wilayah sebesar 1000 acres yang masih banyak ditumbuhi pepohonan rindang. Universitas ini memiliki jaringan kerja sama dan pertukaran pelajar dengan 71 universitas asing di seluruh dunia seperti Australian National University, George Washington University, King’s College London, Yale University dan lainnya. Jika kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, maka tentunya kita akan dapat menimba banyak pengalaman tersendiri dari JNU.

Sebagai salah saatu kampus favorit di India, kampus ini juga menarik mahasiswa dari berbagai Negara. Keberagaman suku bangsa mahasiswanya dapat kita rasakan ketika kita memasuki kampus ini. Hal itu berarti jika kita belajar di JNU, peluang untuk mendapatkan jaringan internasional lebih terbuka. Bahkan beberapa waktu yang lalu, salah satu mahasiswa dari Indonesia berhasil terpilih menjadi presiden Foreign Students Association. Setiap tahunnya JNU juga mengadakan International Food Festival, Indonesia menjadi salah satu peserta rutin acara ini.

Alamat : JNU, New Mehrauli Road, New Delhi – 110067 Delhi INDIA
Telepon : +91-11-26742617/26704215
Email : dr_admissions@mail.jnu.ac.in, advisor_fsa@mail.jnu.ac.in
Website : http://www.jnu.ac.in/


14. Madras University



Madras University yang didirikan pada tahun 1857 dikenal sebagai induk dari hampir semua universitas di India bagian Selatan. Pada awalnya universitas ini mengacu pada London University sebagai model. Universitas ini terkenal dalam ilmu sosial, kebudayaan, dan keseniannya. Bahkan pada tahun 2004, semua jurusan teknik dari Madras University dipindahkan ke Anna University, ini membuat Madras University makin fokus kepada bidangnya. Moto dari universitas ini adalah “Learning Promotes (One’s) Natural (Innate) Talent”.

Alamat : UoM, Chepauk, Chennai – 600005 Tamil Nadu INDIA
Telepon : +91-44-25361074, 25399401
Email : vcoffice@unom@ac.in, vchome@md3.vsnl.net.in
Website : http://www.unom.ac.in/


15. Mumbai University



Didirikan pada tahun 1857 di Mumbai, Maharashtra, Mumbai University termasuk ke dalam 3 universitas tertua di India. Universitas ini termasuk ke dalam jajaran 500 Universitas terbaik di dunia. Mumbai University memiliki kerjasama dengan banyak institusi riset di dunia seperti Institute of Chemical Technology, Tata Institute of Fundamental Research dan Tata Memorial Hospital. Perpustakaan utamanya, Jawaharlal Nehru Library, memiliki koleksi buku yang hampir mencapai 1 juta buah ditambah lagi dengan dokumen-dokumen, Jurnal Sains, Thesis, Ensklopedia, lebih dari 30,000 film mikro, lebih dari 1000 naskah langka, dan ratusan jurnal elektronik. Walaupun begitu sekarang masih jarang terdapat mahasiswa di Indonesia di universitas ini, hal ini dikarenakan mahalnya biaya hidup di kota Mumbai. 

Alamat : University of Mumbai, Mahatma Gandhi, Road Fort Mumbai – 400032 Maharasta INDIA
Telepon : +91-22-22652819/26526091
Email : sanket@ucc.mu.ac.in
Website : http://www.mu.ac.in/


16. Mysore University



Mysore University didirikan pada tahun 1916, menjadikannya universitas tertua di Provinsi Karnataka. The National Assessment and Accreditation Council, belum lama ini melakukan akreditasi ulang dan memberikan status A+ dan menjadikan Mysore University sebagai universitas pertama yang mendapatkan status tersebut. Ditambah lagi University Grant Commission merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat India agar meng-upgrade Mysore Universtiy sebagai “National Centre for Excellence”. Universitas ini terkenal dengan Departemen Botani Terapan, Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi dan Departemen Fisika.

Alamat : The University of Mysore, Vishwavidyalaya Karyasoudha Crawford Hall, Mysore – 570006                         Karnataka INDIA
Telepon : +91-821-2419316
Email : vc@uni_mysore.ac.in, registrar@uni_mysore.ac.in
Website : http://www.uni-mysore.ac.in/


17. Osmania University



Osmania University (OU) adalah universitas pemerintah yang termasuk ke dalam salah satu universitas modern paling tua di India. OU didirikan pada tahun 1918 oleh Nizam VII dari Hyderabad, Nawab Mir Osman Ali Khan. Sekarang OU memiliki lebih dari 300.000 mahasiswa yang tersebar di berbagai affiliated college di seluruh kota Hyderabad dan Secunderabad. Fakultas manajemen OU dikenal sebagai institusi manajemen terbaik di dalam sistem universitas. OU juga cukup terkenal di kalangan mahasiswa asing. Terdapat lebih dari 2.000 mahasiswa asing dari 56 negara yang tergabung di dalam universitas ini. Bagi mahasiswa asing, OU membuka UFRO (University Foreign Relations Office) yang berperan sebagai kantor utama untuk segala macam urusan mahasiswa asing.

Mahasiswa asing di OU juga terkenal aktif mengadakan berbagai macam kegiatan baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Suasana yang didapat di sini juga terasa menjadi lebih global dimana hubungan antar mahasiswa antar negara cukup erat.
Alamat : UFRO OU, Hyderabad – 500007 Andhra Pradesh INDIA
Telepon : +91-40-27096187//27682282
Email : director_ufro@osmania.ac.in
Website : http://www.osmania.ac.in/


18. Panjab University



Panjab University (PU) pada awalnya didirikan pada tahun 1882 di Lahore (sekarang Pakistan). Setelah terpisahnya wilayahnya pada tahun 1947, PU tidak memiliki tempat lagi. Sampai pada akhirnya, PU dipindahkan lokasinya ke kota Chandigarh pada tahun 1956. Lokasinya yang di utara tidak menjadikan PU terbelakang. Bahkan selain Pune, kota Chandigarh juga disebut-sebut sebagai salah satu kota pendidikan. PU memiliki mahasiswa asing berasal lebih dari 15 negara. Selain universitas ini, terdapat beberapa pelajar Indonesia yang belajar di tingkat pendidikan dasar, menengah dan atas di Chandigarh. 

Alamat : Panjab University, Chandigarh-160014 Chandigarh INDIA
Telepon : +91-172-2541873/2541054
Email : regr@pu.ac.in
Website : http://www.pu.ac.in/


19. Pune University



The University of Pune terletak di provinsi Maharashtra, India. Universitas ini didirikan pada tahun 1949 dan sekarang mempunyai 46 Departemen. Pune University begitu terkenal di kalangan mahasiswa asing, ditambah lagi dengan status kotanya yang sering disebut sebagai kota pelajar. Saat ini tercatat lebih dari 14.000 mahasiswa asing berasal dari 99 negara lebih terdaftar di Pune University. Kondisi kota Pune sendiri cukup ramah bagi mahasiswa. Perpaduan antara kampus-kampus yang tersebar di seluruh kota dengan bangunan modern seperti pusat perbelanjaan dan kafe-kafe membuat mahasiswa asing merasa nyaman. Kota ini berubah menjadi kota internasional dimana di hampir semua sudut kota kita bisa bertemu dengan mahasiswa asing. Pune University juga membangun International Centre yang dikhususkan untuk membantu segala permasalahan dan urusan bagi mahasiswa asing. Sekarang Pune University sudah membuka cabang untuk Fakultas Manajemen di Uni Emirat Arab. 

Alamat : University Road, Ganeshkhind, Pune – 411007 Maharashtra INDIA
Telepon : +91-20-25691954
Email : intcent@ernet.in
Website : http://www.unipune.ac.in/


20. Punjab Agricultural University



Punjab Agricultural University (PAU) adalah salah satu universitas terbaik di India untuk bidang pertanian. Didirikan di Ludhiana, Punjab pada tahun 1962, PAU menempati wilayah di dalam kampus seluas 580 hektar dan di luar kampus seluas 2.000 hektar. Pengembangan teknologi dalam bidang pertanian di PAU berkembang pesat sesuai dengan motonya ENSURING FOOD SECURITY TO THE NATION, our challenge is to feed and clothe. Saat ini, PAU mempunyai 50 Departemen dan 5 college yang menawarkan 5 program S1, 51 program Master dan 42 program Doktor.

Alamat : Punjab Agricultural University, Ludhiana (Punjab) 141004  INDIA
Telepon : +91-161-2401960
Email : registrar@pau.edu
Website : http://www.web.pau.edu/

demikian 20 list universitas terfavorit versi mahasiswa Indonesia yang pernah berkuliah disana, Kamu tertarik untuk kuliah disana?
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 20 Universitas India Terfavorit Versi Mahasiswa Indonesia Dijelaskan dengan Sangat Detail Disini
20 Universitas India Terfavorit Versi Mahasiswa Indonesia Dijelaskan dengan Sangat Detail Disini
https://2.bp.blogspot.com/-b4cquybWmyM/U6jlzcrXa_I/AAAAAAAAAtY/TZ-bKV1YXl0/s1600/Aligarh.png
https://2.bp.blogspot.com/-b4cquybWmyM/U6jlzcrXa_I/AAAAAAAAAtY/TZ-bKV1YXl0/s72-c/Aligarh.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/20-universitas-terfavorit-versi-mahasiswa-indonesia-dijelaskan-dengan-sangat-detail-disini.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/20-universitas-terfavorit-versi-mahasiswa-indonesia-dijelaskan-dengan-sangat-detail-disini.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy