25 Universitas Terbaik di Jepang

Anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Jika Anda berminat untuk kuliah di luar negeri, Anda perlu mempertimbangkan untuk ku...

Anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Jika Anda berminat untuk kuliah di luar negeri, Anda perlu mempertimbangkan untuk kuliah di negara Jepang. Saat ini Jepang memang menjadi negara pilihan siswa-siswa dari berbagai negara di dunia untuk melanjutkan studi termasuk juga pelajar Indonesia. Kemajuan teknologi industri dan inovasi dalam ilmu pengetahuan menjadi daya tarik utama mereka. Hal ini juga tidak terlepas dari campur tangan pemerintah Jepang dan sejumlah perguruan tinggi yang terus melakukan perbaikan agar lebih banyak mahasiswa internasional (asing) yang bisa belajar di sana. Target pemerintah Jepang sendiri akan ada 300.000 mahasiswa asing belajar di Jepang tahun 2020.

Selain itu, anggapan tentang biaya kuliah di Jepang yang mahal tidak sepenuhnya benar. Untuk biaya hidup, Jepang memang bisa dikatakan cukup mahal dibandingkan negara lainnya. Namun, untuk biaya kuliah, Jepang relatif sama dengan negara lain, bahkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan Amerika atau Eropa, seperti Inggris. Beberapa universitas terbaik terdapat di sana, di antaranya.



Gifu University adalah sebuah universitas nasional yang berbasis di Gifu, sebuah kota bersejarah yang secara geografis terletak di pusat Jepang. Universitas ini berdiri pada tahun 1949 dan pada awalnya hanya terdiri dari dua fakultas, yaitu Fakultas Pendidikan dan Fakultas Pertanian. Saat ini, universitas ini telah diperluas dengan tambahan tiga fakultas lain, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Studi Regional. Universitas ini memiliki sekitar 800 staf pengajar, termasuk 294 profesor dan 800 staf medis, teknis, dan administratif. Ada sekitar 6.000 sarjana dan 1.600 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, 62 sarjana internasional dan 255 mahasiswa pascasarjana internasional yang sedang belajar di kampus ini.




Osaka Prefectural University adalah salah satu universitas negeri terbesar di Jepang. Universitas ini telah menetapkan standar tertinggi dalam penelitian dan pendidikan. Dengan sekitar 6.500 mahasiswa dan 1.500 mahasiswa pascasarjana, universitas ini menawarkan total pendaftaran lebih dari 8.000 siswa, semua aktif berpartisipasi di bidang akademik, kegiatan penelitian, dan ekstrakurikuler.



Tokushima University pertama kali didirikan pada tahun 1949 sebagai hasil merger dari enam sekolah yang ada, membentuk apa yang sekarang Fakultas Seni dan Ilmu Terpadu, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Universitas ini memiliki sekitar 6.000 sarjana dan sekitar 1.700 mahasiswa pascasarjana dari Jepang dan negara-negara lain termasuk Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat.




Kumamoto University adalah sebuah universitas yang terletak di Kumamoto, Jepang. Didirikan pada tanggal 31 Mei 1949 dan merupakan gabungan dari perguruan tinggi guru Kumamoto (didirikan pada 1874), perguruan tinggi farmasi Kumamoto (1885), SMA 5 (1887), perguruan tinggi medis Kumamoto (1896), dan perguruan tinggi teknik Kumamoto (1906).




Niigata University adalah sebuah universitas nasional di Niigata, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1949 dan merupakan salah satu perguruan tinggi nasional Jepang yang terbesar di Laut Jepang. Universitas ini terdiri sembilan fakultas dan tujuh sekolah pascasarjana (per April 2010). Jumlah mahasiswa yang terdaftar sekitar 12.000.




Osaka City University terletak di Sumiyoshi-ku, Osaka, Jepang. OCU menjadi universitas terbuka pada tahun 2006. Pada tahun 2010, OCU merayakan ulang tahunnya yang ke-130.




Tokyo Medical and Dental University didirikan pada tanggal 12 Oktober 1928. Awal mula berdirinya universitas ini berakar di Rumah Sakit Eiraku. Universitas ini semula bernama Sekolah Nasional Kedokteran Gigi dan merupakan sekolah nasional kedokteran gigi pertama di Jepang. Sekolah ini mendapat status universitas pada tahun 1944. Pada tahun 1946, namanya kemudian diubah menjadi Universitas Kedokteran Gigi Tokyo.




Tokyo Metropolitan University atau lebih dikenal dengan TMU adalah sebuah universitas publik di Jepang. Universitas ini menempati peringkat 266 universitas terbaik di dunia. Tokyo Metropolitan University didirikan pada tahun 2005 dengan mengintegrasikan empat universitas, yaitu Tokyo Metropolitan University, Tokyo Metropolitan Institute of Technology, Tokyo Metropolitan University of Health Sciences, dan Tokyo Metropolitan College.




Tokyo University of Science didirikan pada tahun 1881 sebagai sebuah Akademi Fisika Tokyo oleh 21 lulusan dari Departemen Fisika di Faculty of Science, University of Tokyo. Pada tahun 1883, universitas ini berganti nama menjadi Tokyo University of Science dan telah mencapai status universitas pada tahun 1949.




Okayama University adalah sebuah universitas nasional di Jepang. Kampus utamanya terletak di Tsushima-Naka, Okayama, Okayama Prefecture. Sekolah ini didirikan pada tahun 1870 dan menjadi sebuah universitas pada tahun 1949.




Kanazawa University adalah sebuah universitas nasional Jepang yang terletak di kota Kanazawa, ibukota Ishikawa Prefecture. Universitas Kanazawa dibagi menjadi dua kampus utama, yaitu Kakuma dan Takaramachi. Mahasiswa baru yang terdaftar sekitar 11.000 termasuk 350 mahasiswa internasional.




Hiroshima University didirikan pada tahun 1949. Universitas ini merupakan penggabungan sejumlah lembaga pendidikan nasional di Jepang.




Waseda University adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Shinjuku, Tokyo, Jepang. Didirikan pada tahun 1882 dengan nama Tokyo University oleh Okuma Shigenobu, sekolah ini lalu berganti nama menjadi Waseda University pada tahun 1902. Sebagai universitas swasta kedua yang didirikan di Jepang, Universitas Waseda dianggap salah satu universitas paling bergengsi di Jepang. Universitas ini memiliki banyak alumni terkemuka di Jepang, diantaranya tujuh perdana menteri Jepang dan banyak CEO, termasuk Tadashi Yanai, CEO Uniqlo dan orang terkaya di Jepang.




Chiba University atau biasa juga disingkat sebagai Chibadai adalah sebuah universitas nasional di kota Chiba, Jepang. Universitas ini dibentuk pada tahun 1949 dari lembaga pendidikan yang ada di Prefektur Chiba. Chiba University berada di peringkat ke-75 dalam 100 universitas terbaik se-Asia pada tahun 2013.

Saat ini, Chiba University terdiri dari sembilan fakultas, dengan 11.179 siswa di program sarjana dan telah lama menjadi salah satu universitas terbesar di Jepang. Adapun lulusan sekolah, ada sekitar 2.354 mahasiswa dalam sepuluh program master dan 1.220 dalam sembilan program doktor.


11. Kobe University


Kobe University, yang juga dikenal di daerah Kansai sebagai Shindai, adalah universitas nasional terkemuka yang terletak di Kobe, Hyogo, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1949.

Kobe University terdiri dari 14 lulusan sekolah dan 11 fakultas sarjana. Universitas ini memiliki total sekitar 16.000 siswa yang terdaftar dalam program sarjana dan pascasarjana. Lembaga ini juga menerima mahasiswa asing, yang pada 2011 menyumbang total 1.108 siswa. Universitas ini memiliki 3.300 anggota staf, termasuk profesor, profesor asosiasi, dan pejabat administrasi.
Kobe University adalah salah satu universitas nasional tertua dan terbesar di Jepang. Terletak di samping kaki Gunung Rokko, universitas ini menyuguhkan pemandangan kota dan pelabuhan Kobe yang sangat indah.



University of Tsukuba adalah salah satu universitas nasional tertua di Jepang yang terletak di Kota Tsukuba, Ibaraki Prefecture di wilayah Kanto Jepang. Universitas ini memiliki 28 kelompok perguruan tinggi dan sekolah-sekolah dengan total sekitar 15.000 mahasiswa (tahun 2003). Kampus Tsukuba utama meliputi area seluas 258 hektar (636 hektar) sehingga merupakan kampus tunggal terbesar di Jepang.




Universitas Hokkaido adalah salah satu universitas nasional Jepang. Universitas ini adalah anggota dari tujuh universitas nasional Jepang. Universitas ini terletak di pusat Kota Sapporo, di utara Stasiun Sapporo. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terkemuka di Jepang.




Nagoya University, disingkat Meidai adalah sebuah universitas nasional Jepang yang berkantor pusat di Chikusa-ku, Nagoya. Universitas ini adalah salah satu dari tujuh universitas nasional Jepang.




Kyushu University atau disingkat Kyudai adalah sebuah universitas publik Jepang yang terletak di Fukuoka, Kyushu. Universitas ini adalah salah satu dari tujuh universitas nasional Jepang (yang lainnya adalah Hokkaido University, Tohoku University, The University of Tokyo, Nagoya University, Kyoto University, dan Osaka University). Sejarah Universitas Kyushu dapat ditelusuri oleh sekolah-sekolah medis dari domain feodal yang dibangun pada tahun 1867, dan sekarang merupakan universitas negeri terbesar di Kyushu.

Ada 1.292 mahasiswa asing (per 1 Mei 2008) yang terdaftar di universitas ini. Universitas ini adalah salah satu dari 3 universitas tujuan bagi mahasiswa asing (setelah Universitas Tokyo dan Universitas Osaka).




Keio University adalah sebuah universitas di Jepang yang terletak di Minato, Tokyo. Universitas ini dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua di Jepang. Pendiri Fukuzawa Yukichi awalnya mendirikan sekolah ini sebagai sebuah sekolah untuk studi Barat pada tahun 1858 di Edo (sekarang Tokyo). Ini memiliki sebelas kampus di Tokyo dan Kanagawa. Ini memiliki sepuluh fakultas, yakni Sastra, Ekonomi, Hukum, Bisnis dan Perdagangan, Kedokteran, Sains dan Teknologi, Manajemen Kebijakan, Lingkungan dan Studi Informasi, Keperawatan dan Perawatan Medis, dan Farmasi.

Para alumni adalah orang-orang terbaik termasuk perdana menteri Jepang dan pemimpin politik, administratif, hukum, medis dan perusahaan terkemuka. Secara khusus, alumni Fakultas Ekonomi telah memiliki pengaruh yang signifikan pada dunia bisnis Jepang. Keio menduduki peringkat ketiga di dunia untuk jumlah alumni yang memegang posisi CEO di 500 perusahaan.




Tohoku University adalah sebuah universitas nasional Jepang yang terletak di Sendai, Miyagi di Tohoku Region, Jepang. Universitas ini adalah universitas ketiga tertua di Jepang dan merupakan anggota dari tujuh universitas nasional. Hal ini dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di Jepang, dan salah satu dari lima puluh universitas terbaik di dunia.

Pada tahun 2009, Universitas Tohoku memiliki sepuluh perguruan tinggi dalam universitas, termasuk lima belas departemen dengan mahasiswa pascasarjana, dengan total 17.949 mahasiswa yang terdaftar. Pada tahun yang sama, Tohoku University menjadi salah satu dari 13 universitas yang dipilih oleh pemerintah Jepang untuk memimpin internasionalisasi pendidikan tinggi di Jepang.




Tokyo Institute of Technology adalah sebuah universitas riset papan atas nasional yang terletak di Greater Tokyo Area, Jepang. Tokyo Tech adalah lembaga terbesar untuk pendidikan tinggi di Jepang yang didedikasikan untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalamnya terdaftar 4.850 mahasiswa dan 5.006 mahasiswa pascasarjana untuk periode tahun 2009-2010. Universitas ini mempekerjakan sekitar 1.400 anggota fakultas.




Universitas Osaka adalah sebuah universitas nasional yang terletak di Osaka, Jepang. Universitas ini adalah universitas tertua keenam di Jepang sebagai Prefektur Osaka Medical College, dan salah satu dari tujuh universitas nasional Jepang. Banyak ilmuwan terkemuka telah bekerja di Universitas Osaka seperti peraih Nobel dalam bidang fisika, Hideki Yukawa.




Kyoto University adalah sebuah universitas nasional yang terletak di Kyoto, Jepang. Universitas ini adalah universitas tertua kedua di Jepang dan menjadi salah satu universitas dengan peringkat tertinggi di Asia dan salah satu dari tujuh universitas nasional Jepang. Kyoto University telah menelurkan peneliti kelas dunia, termasuk delapan peraih hadiah Nobel, dua medali Fields dan satu Gauss Prize. Universitas ini secara konsisten menjadi institut terbaik peringkat kedua di Jepang sejak tahun 2008.




The University of Tokyo atau disingkat Todai adalah sebuah universitas riset yang terletak di Bunkyo, Tokyo, Jepang. Universitas ini memiliki 10 fakultas dengan total sekitar 30.000 mahasiswa, 2.100 di antaranya adalah mahasiswa asing. Lima kampus berada di Hongō, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Universitas ini adalah yang pertama dari tujuh universitas nasional Jepang dan dianggap sebagai universitas paling bergengsi di Jepang. Peringkatnya adalah yang tertinggi di Asia dan ke-21 di dunia menurut peringkat akademik universitas dunia.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 25 Universitas Terbaik di Jepang
25 Universitas Terbaik di Jepang
http://1.bp.blogspot.com/-jaIwS_4o9Lo/U5_i4SdHHBI/AAAAAAAAAFo/GJbQcOs-CjM/s1600/25.png
http://1.bp.blogspot.com/-jaIwS_4o9Lo/U5_i4SdHHBI/AAAAAAAAAFo/GJbQcOs-CjM/s72-c/25.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/25-universitas-terbaik-di-jepang.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/25-universitas-terbaik-di-jepang.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy