Arab Saudi, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Minyak Ini

Arab Saudi merupakan negara yang begitu populer di kalangan umat islam di seluruh penjuru dunia. Di sinilah awal perkembangan agama I...



Arab Saudi merupakan negara yang begitu populer di kalangan umat islam di seluruh penjuru dunia. Di sinilah awal perkembangan agama Islam. Di sinilah ibadah haji dan umrah dilaksanakan. Nah, bagi mitra haji dan umrah yang hendak bepergian ke Arab Saudi, tak ada salahnya jika kita memperhatikan budaya yang ada dan berlaku di sana.

Arab Saudi sangat mementingkan keramahtamahan terhadap tamu, kemurahan hati, keberanian, kehormatan, dan harga-diri. Nilai kehormatan orang Arab sangat melekat pada anggota keluarganya, khususnya wanita, yang tidak boleh diganggu orang luar. Di Arab Saudi, adalah hal yang lazim jika seorang pria tidak pernah mengenalkan atau bahkan sekadar memperlihatkan wajah istri atau anak perempuan kepada orang lain. Meskipun mereka telah lama bersahabat dan sering saling mengunjungi. 

Dari cara berkomunikasi, meski pada umumnya warga Saudi beragama islam, tidak berarti cara dan etika mereka dalam berkomunikasi selalu santun. Sebagian dari mereka berkomunikasi berdasarkan budaya, sama seperti di Indonesia. Hal ini penting dipahami oleh orang-orang yang berziarah atau berkunjung ke Arab Saudi, baik untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Hal ini berguna untuk mengatasi kesalahpahaman dan konflik yang mungkin muncul saat berhubungan dengan orang arab.

Gaya komunikasi orang arab tidak berbicara apa adanya, kurang jelas, dan kurang langsung. Umumnya orang Arab Saudi suka berbicara berlebihan dan banyak basa-basi. Sebagai contoh, jika seorang arab Saudi bertemu dengan temannya utuk sekadar tanya kabar, tidak cukup dengan satu kali ungkapan, tapi berkali-kali agar tidak terjadi kesalahpahaman dan meyakinkan. Jadi yang semestinya kata “iya”  berarti ya, bukan sebaliknya.

Busana orang Arab Saudi hampir semua sama. Mereka semua memakai pakaian putih yang biasa disebut `tsaub` dengan sorban motif kotak-kotak kecil berwarna putih-merah plus diikat dengan `igal` di kepala.

Saudi Arabia memiliki  berbagai koleksi seni tradisional yang menunjukkan adanya keragaman budaya di Saudi Arabia, seperti lagu-lagu yang bercorak kelautan dan lagu-lagu yang bernuansa padang pasir dan pedesaan, sampai adanya bermacam kesenian panggung dan tarian tradisional. Pada sisi lain, di Saudi Arabia terdapat beberapa oraganisasi kebudayaan dan kesenian yang tersebar di berbagai kota.


Iklim

Berdasarkan letak lintangnya, Arab Saudi mengalami dua macam iklim, yaitu iklim tropis (dialami di daerah bagian selatan) dan iklim subtropis (dialami daerah bagian utara). Perbedaan suhu harian pada waktu siang dan malam hari sangat besar. Suhu pada siang hari sangat panas diaman bisa mencapai 49oc, sedangkan suhu pada malam hari sangat dingin dimana bisa mencapai 2oc.

Curah hujan di Arab Saudi cukup rendah dan bervariasi. Sekitar 90% wialyah Arab Saudi mendapat hujan rata-rata hanya 100 mm setahun. Bahkan, beberapa bagian di gurun Rub Al-Khali tidak pernah terjadi hujan. Angin yang bertiup tidak merata. Di bagian timur berembus angin Shamal yang bertiup dari timur laut. Angin ini terkenal karena menimbulakan topan pasir.


Biaya Hidup

Biaya hidup di Arab Saudi cukup tinggi. Bahkan pada anggaran yang ketat, mahasiswa kemungkinan akan membutuhkan setidaknya US $ 1.500 per bulan. Sedangkan visa pelajar tidak memberikan hak-hak kerja.


Bahasa

Secara umum, bahasa resmi yang dipakai oleh bangsa Arab Saudi adalah bahasa arab.Bahasa Arab sendiri memiliki dua macam, yaitu bahasa Arab fushah (bahasa arab standar/baku) dan bahasa Arab amiyyah (bahasa arab pasaran). Bahasa Arab fushah umumnya digunakan dalam komunikasi resmi, misalnya di sekolah, kantor, dan ruang publik formal lainnya. Sementara bahasa Arab amiyyah digunakan untuk keperluan komunikasi atau percakapan sehari-hari.

Pola komunikasi orang Arab termasuk tipe komunikasi yang sangat ekspresif. Tipe ini memadukan bahasa verbal dengan nonverbal sekaligus, seperti berbicara dengan mimik, gerak tubuh (gesture), dan pendukung nonverbal lainnya untuk meyakinkan lawan bicaranya.


KBRI di Arab Saudi

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Arab Saudi
Riyadh Diplomatic Quarter
Riyadh 11693
Saudi Arabia

  • Post   : PO Box 94343
  • Telp. Lokal : (011) 488.2800
  • Internasional : +966.11.488.2800
  • Fax Lokal    : (011) 488.2966
  • Internasional : +966.11.488.2966
  • Email : contact@kbri-riyadh.org.sa
  • Website         : http://www.kbri-riyadh.org



Pendidikan di Arab Saudi

Negara Arab Saudi banyak membantu bidang sarana pendidikan dan kesehatan seperti gedung-gedung sekolah, pondok pesantren, dan rumah sakit. Pemerintah Arab Saudi juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Arab Saudi. 

Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan lebih banyak pilihan untuk siswa internasional yang mencari gelar sarjana. Lembaga-lembaga pendidikan di Arab Saudi berkualitas tinggi dan memiliki fasilitas teknologi tinggi. Di luar kelas, ada begitu banyak bagi mahasiswa program Master di Arab Saudi untuk mengeksplorasi, termasuk bukit pasir gurun, sejarah, budaya, dan situs arkeologi, orang ramah, kegiatan laut, dan kota-kota menarik.


Alasan Kenapa Kuliah di Arab Saudi

Ada berbagai alasan untuk menjatuhkan pilihan melanjutkan studi ke salah satu universitas di Arab Saudi, antara lain:

  1. Perguruan-perguruan tinggi yang unggul dan berkelas dunia, beberapa universitas termasuk perguruan tinggi terbaik di dunia.
  2. Suasana dan lingkungan keilmuan yang kondusif, dimana terdapat berbagai lembaga dan pusat penelitian dan pengkajian yang diakui dan terus berkembang pesat pada masing-ming universitas.
  3. Civitas akademik multinasional. Saat ini mahasiswa yang menuntut ilmu di Arab Saudi berasal dari lebih 165 negara dunia. Demikan juga dengan tenaga edukatf bersal dari berbagai negara.
  4. Pelayanan fasilitas istimewa bagi setiap mahasiswa penerima beasiswa.
  5. Kuliahnya gratis


Biaya Kuliah

Warga Arab Saudi disediakan dengan pendidikan gratis dan buku. Banyak mahasiswa internasional belajar gratis juga. Misalnya, semua mahasiswa mengaku Raja Abdullah Universitas Sains dan Teknologi disediakan dengan persekutuan yang mencakup biaya kuliah, tempat tinggal, cakupan medis dan gigi, dan sekitar US $ 30.000 biaya hidup tahunan.


10 Universitas Terbaik di Arab Saudi

  • King Saud University, Riyadh
  • King Abdulaziz University, Jeddah
  • King Faisal University, Al-Ahsa
  • King Fahd University of Petroleum and Minerals, Dhahran
  • Umm Al-Qura University, Makkah
  • King Abdullah University of Science and Technology, Thuwal
  • Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University, Riyadh
  • Institute of Public Administration, Riyadh
  • Taibah University, Al-Madinah Al-Munowarrah
  • King Khalid University



PPI Arab Saudi

Untuk mengakses PPMI di Arab Saudi, Anda bisa mengakses website : ppmi-arabsaudi.org. Cabang PPMI di Arab Saudi sekarang ada empat, yaitu : PPMI Riyadh, PPMI Jeddah, PPMI Mekkah, dan PPMI Dammam.


Jenis Beasiswa 

Setiap kampus di Arab Saudi biasanya mempunyai beasiswa untuk calon mahasiwanya yang memenuhi kriteria. Salah satu beasiswa yang terkenal di Arab Saudi untuk mahasiswa Indonesia adalah beasiswa dari Universitas Islam Al Madinah Al Munawwarah.

Universitas Islam Al Madinah Al Munawwarah menyediakan sekitar 150 program beasiswa khusus untuk calon mahasiswa asal Indonesia yang ingin belajar di salah satu perguruan tinggi negeri di Arab Saudi itu.

Beasiswa tersebut diberikan oleh pemerintah Arab Saudi secara penuh kepada mahasiswa S-1 Universitas Islam Madinah asal Indonesia yang pengajuan aplikasi lamarannya dinyatakan diterima. Pengajuan aplikasi lamaran bisa dilakukan melalui alamat www.iu.edu.sa.

Selain beasiswa, semua akomodasi mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Universitas Islam Madinah tersebut ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi, termasuk uang makan dan tempat tinggal. Pemerintah Arab Saudi juga memberikan tiket gratis Madinah-Indonesia pergi-pulang sekali dalam setahun. Tiket gratis itu diberikan pada saat libur musim panas pada Juni-Juli-Agustus. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa menghubungi institusi terkait.

Anda juga bisa mencari beasiswa lain yang berada di berbagai kampus di Arab Saudi dengan mengunjungi webite mereka atau bisa browsing di Internet untuk lebih lengkapnya.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Arab Saudi, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Minyak Ini
Arab Saudi, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Minyak Ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQxJONYQ_igX7NvseCCgXuZk0_TljzPfcmbrBie0t1gEaEJ37SBc-4eu_ofY_au3g-GqEzb5tQeTAu-U_w2DzM3aDCevo606ysiogssP17dszqT3fchkziqhyphenhyphenGJkwlgmR4TF3YKt0W60E/s1600/1628414Peta-Arab-Saudi780x390.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQxJONYQ_igX7NvseCCgXuZk0_TljzPfcmbrBie0t1gEaEJ37SBc-4eu_ofY_au3g-GqEzb5tQeTAu-U_w2DzM3aDCevo606ysiogssP17dszqT3fchkziqhyphenhyphenGJkwlgmR4TF3YKt0W60E/s72-c/1628414Peta-Arab-Saudi780x390.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/arab-saudi-bagaimana-kuliah-dan-tinggal.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/arab-saudi-bagaimana-kuliah-dan-tinggal.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy