Austria, Negara Favorit untuk Kuliah di Eropa

Republik Austria adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utar...



Republik Austria adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna. Austria terkenal dengan musik klasiknya. Negara ini dahulu kala jauh lebih besar dan merupakan bagian dari kekaisaran Austria-Hongaria.

Austria adalah negara dengan sistem demokrasi representatif parlementer yang terdiri dari sembilan negara bagian federal, dan menjadi salah satu dari dua negara Eropa yang mendeklarasikan kenetralannya.

Masyarakat Austria adalah masyarakat Eropa dengan gaya hidup liberal dan sekuler yang cukup berbeda dengan pola masyarakat yang banyak dikenal di Indonesia. Persiapan mental untuk menghadapi kehidupan di tengah masyarakat Austria adalah sangat perlu, agar di satu sisi bisa menempatkan diri, dan di sisi lain bisa menyaring hal-hal yang pantas untuk ditiru.


Iklim

Kehidupan di Austria adalah mirip kehidupan di Eropa Barat lainnya. Dengan iklim kontinentalnya, Austria memiliki 4 musim, dengan suhu di musim dingin (Desember-Maret) sekitar -20°C dan musim panas (Juni-September) mencapai 40°C.

Sebagian besar kota universitas di Austria ada di dataran rendah. Wina terletak di tepi sungai Donau pada ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Kota yang terletak di atas pegunungan Alpen adalah Innsbruck, pada ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, dan udaranya relatif lebih dingin.

Karena faktor iklim ini, pendatang baru di Austria dianjurkan untuk mempersiapkan pakaian yang sesuai. Di Indonesia, pakaian musim dingin bisa didapat di department store yang menjual pakaian untuk ekspor.


Biaya Hidup

Biaya hidup di Austria termasuk tinggi diantara negara-negara Uni Eropa lainnya, akan tetapi hal tersebut bervariasi tergantung kota/daerah tempat kita menetap dan gaya hidup kita. Salah satu komponen biaya hidup yang tinggi adalah upah tenaga manusia, oleh karena itu sebaiknya calon mahasiswa mempersiapkan diri sedapat mungkin untuk dapat melakukan banyak hal secara mandiri seperti memasak, membetulkan peralatan elektronik yang rusak, dan sebagainya.

Menurut ÖEAD, secara umum biaya hidup mahasiswa adalah sebagai berikut :

  • Akomodasi : € 310
  • Makanan          : € 220
  • Kebutuhan individu : € 270 
  • Biaya rata-rata per bulan : € 800


Bahasa

Bahasa Jerman menjadi bahasa resmi pemerintahan dan digunakan oleh hampir keseluruhan penduduk Austria. Namun, dialek Jerman di Austria dan di Jerman berbeda. Hampir semua kawasan menggunakan dialek Austro-Bavaria kecuali di barat Austria (Vorarlberg) yang menggunakan dialek Alemanik (Alemannic).


KBRI di Austria

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Austria
Gustav Tschermakgasse 5-7, A-1180, Wien, Austria

  • Phone : (43-1) 47-623 
  • Fax : (43-1) 479-0557 
  • Email : info@kbriwina.at 
  • Website : www.kbriwina.at



Pendidikan di Austria

Seperti halnya di Indonesia, perguruan tinggi di Austria bisa dikategorikan menjadi 5 yaitu : Universitas (Universitäten), Universitas Seni (Kunstuniversitäten), Universitas Terapan atau Politeknik (Fachhochschulen), University Colleges of Teacher Education (Pädagogische Hochschulen), dan Universitas Swasta (Privatuniversitäten). Masing-masing mempunyai peraturan, persyaratan dan program yang berbeda-beda.

a) Universitas Umum dan Universitas Seni
Universitas Umum, adalah lembaga pendidikan di Austria yang menyelenggarakan program pendidikan berbagai disiplin ilmu dan program spesialis. Sedangkan 6 Universitas musik di Austria menyelenggarakan program pendidikan musik, drama, dan seni audio visual.

Pada umumnya kuliah di Austria menggunakan bahasa Jerman, namun tersedia beberapa program dalam bahasa Inggris di beberapa Universitas khusunya program doktoral. Sistem pendidikan tinggi di Austria terbagi dalam dua semester yaitu winter semester dan summer semester. Perkuliahan winter semester dilaksanakan dari 1 Oktober hingga 31 Januari sedangkan summer semester dilaksanakan dari 1 Maret hingga 30 September. Namun perlu dicatat disini bahwa tidak ada perkuliahan pada hari Natal dan semester break.

b) Universitas Terapan
Universitas Terapan atau University of Applied Sciences (Fachhochschulen/FH) merupakan lembaga pendidikan yang menprogram pendidikan profesional untuk orientasi kerja. Kalau di Indonesia biasa dikenal dengan Politeknik. Kurikulum yang digunakan adalah menitikberatkan pada praktek dan magang kerja. Pada Universitas ini, jumalah mahasiswa dibatasi sehingga memerlukan kelulusan ujian seleksi masuk yang diberikan pihak universitas.

Gelar akademik yang dianugrahkan pada lulusannya terdiri dari Bachelor dan Master of Science. Untuk menyelsaikan program Bachelor diperlukan waktu 3 tahun sedangkan untuk master diperlukan 1-2 tahun. Lulusan dari universitas ini juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan doktoral di universitas umum.

c) University colleges of teacher education
Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Guru memberikan pendidikan bagi guru-guru pada sekolah yang diwajibkan oleh pemerintah. Mereka menawarkan program studi dengan gelar bidang pendidikan untuk sekolah dasar, sekolah menengah dan sekolah berkebutuhan khusus. Selain studi akademis dan teoritis, pengajaran ditekankan terlebih kepada pelatihan dan praktek yang berorientasi pada sekolah. Selain itu, perguruan tinggi ini menawarkan kesempatan pendidikan tingkat lanjut kepada semua guru.


Alasan Kenapa Kuliah di Austria

Kualitas pendidikan di Austria bisa jadi sama dengan negara-negara lain di Eropa. Namun,ada satu hal yang bikin Austria itu istimewa : Perpustakaannya. Tahukah anda bahwa Perpustakaan Biara Terbesar di Dunia terletak di Austria?

Di Biara tersebut perpustakaanya memiliki berbagai koleksi manuskrip kuno yang sangat langka. Perpustakaan Biara ini secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian. Ada sekitar 200 ribu buku di perpustakaan peninggalan era Barok akhir itu. Wah, seru kali ya jalan-jalan di perpustakaan itu

Pada bagian atas langit-langit bangunan perpustakaan, terdapat ukiran dan 7 karya lukisan yang sangat indah yang merupakan karya dari Bartolomeo Altomonte. Usia dari lukisan tersebut sudah berusia sekitar 80 tahun.

Jika ditelusuri arti nama Biara, biarawan adalah orang yang bertanggungjawab memelihara berbagai buku langka dan kuno serta menyimpan buku-buku tersebut di perpustakaan demi kepentingan generasi yang akan datang.


Biaya Kuliah

Tuition fee (atau kita biasa menyebutnya sebagai uang SPP) per semester di universitas di Austria sangatlah murah (dibandingkan mayoritas universitas di Indonesia), yakni 363,36 EUR per semester. Ditambah biaya ÖH Beitrag (student union membership fee) 16,5 EUR per semester, menjadikan biaya semesteran kita "hanya" sekitar 380 EUR per semester. Tidak ada biaya SKS di Austria.

Hal ini juga yang menyebabkan banyak pelajar dari Indonesia yang menuntut ilmu di negeri ini. Orang mengatakan: kualitas (pendidikan) bintang lima, harga kaki lima.


7 Universitas Terbaik di Austria


  • University of Vienna
  • Medical University of Vienna
  • University of Innsbruck
  • Medical University of Graz
  • Medical University of Innsbruck
  • University of Graz
  • Vienna University of Technology



PPI Austria


Persatuan Pelajar Indonesia Austria
Pensosbud KBRI/PTRI Wina
Gustav Tschermakgasse 5-7
A-1180 Wien, Austria




Jenis Beasiswa 

Salah satu beasiswa yang bisa kita gunakan untuk kuliah di Austria adalah Erasmus Mundus. Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Austria, Negara Favorit untuk Kuliah di Eropa
Austria, Negara Favorit untuk Kuliah di Eropa
http://1.bp.blogspot.com/-8LxEX8CpsCo/U6KO3A_4UbI/AAAAAAAAAXc/c9ytE5SV7Po/s1600/austria.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8LxEX8CpsCo/U6KO3A_4UbI/AAAAAAAAAXc/c9ytE5SV7Po/s72-c/austria.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/austria-negara-favorit-untuk-kuliah-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/austria-negara-favorit-untuk-kuliah-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy