Bagaimana Berguru di Negeri Gajah Putih, Thailand

Thailand terletak di Asia Tenggara dan memiliki perbatasan dengan Myanmar, Laos, Kamboja dan Malaysia dan garis pantai sepanjang kedua Telu...

Thailand terletak di Asia Tenggara dan memiliki perbatasan dengan Myanmar, Laos, Kamboja dan Malaysia dan garis pantai sepanjang kedua Teluk Thailand dan Selat Malaka. Pernah dijajah, negara modern yang dikenal dengan keramahannya, masakan lezat, kota mempesona dan kuil-kuil bersejarah. Negara ini menawarkan berbagai medan dan pemandangan, dari pantai dan pegunungan pemandangan tropis. Maka tidak heran kalau negeri gajah putih ini terkenal sebagai tujuan wisata para turis dari seluruh dunia.

Thailand memiliki ekonomi global, dengan penerbangan internasional dari sebagian besar negara-negara besar di dunia. Banyak perusahaan internasional memiliki kantor di negara dan Thailand juga rumah bagi markas regional PBB. Unit mata uang adalah Baht dan negara merupakan produsen terbesar kedua di dunia tungsten dan produser terbesar ketiga timah.

Bidang pertanian juga merupakan salah satu andalan dari negeri ini. Hampir seluruh hasil pertanian dan perkebunan yang berasal dari Thailand merupakan produk unggulan. Secara umum, penduduk Thailand beragama Budha (88%), kemudian Islam (10%), dan sisanya adalah Kristen dan Katolik (2%). 



Iklim

Cuaca mayoritas adalah tropis dan bercirikan monsun. Ada monsun hujan, hangat dan berawan pada bulan Mei dan September. Serta monsun yang kering dan sejuk dari bulan November hingga pertengahan Maret. Tanah genting di sebelah selatan selalu panas dan lembap. 


Biaya Hidup

Biaya hidup di Thailand pada dasarnya terhubung ke dua hal: apakah Anda seorang lokal atau asing dan jenis gaya hidup yang Anda harapkan untuk memiliki sementara di sana.

Biaya hidup di Thailand sangat rendah. Apartemen kecil bisa disewa untuk sekitar $ 60 (US) ke $ 215 (US) per bulan. Siswa dapat mengharapkan untuk membayar hanya sekitar $ 30 (US) setiap bulan untuk makanan.


Bahasa

Bahasa Thai adalah bahasa resmi yang digunakan di Thailand. Namanya dalam bahasa Thailand sendiri adalah phasa thai yang artinya bahasa rakyat Thailand. Bahasa ini adalah bagian dari kelompok bahasa Tai dari kelompok bahasa Tai-Kadai. Bahasa-bahasa Tai-Kadai diperkirakan berasal dari selatan RRC, dan sebagian ahli bahasa telah menyatakan kemungkinan adanya hubungan dengan kelompok bahasa Austroasiatik, Austronesia atau Sino-Tibet.


KBRI di Thailand

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand
600-602 Petchburi Road Phyathai, Bangkok 10400 - THAILAND
Telp : (66-2) 252.3135-40, 252.3177-78, 252.3180
Fax : (66-2) 255.1267


Pendidikan di Thailand

Pendidikan di Thailand juga sangat maju dalam 10 tahun terakhir ini. Lima dari sepuluh kampus terbaik di ASEAN berasal dari Thailand. Universitas-universitas di negara ini, baik universitas swasta maupun negeri dikenal sangat berkwalitas, terutama di Bangkok dan Chiang Mai. Bahasa Inggris pun sudah dijadikan sebagai medium utama dalam perkuliahan. 

Selain itu, banyak pula masyakarat Indonesia yang belajar maupun bekerja disana sehingga Anda tidak akan merasa jauh dari Indonesia saat berada di Thailand. Biaya kuliah juga terbilang relative murah jika dibandingkan dengan Singapura atau Malaysia.

Thailand memiliki budaya yang sangat beragam dan terbuka yang mendorong perdebatan dan diskusi dan negara mempromosikan solusi berkelanjutan dan holistik untuk masalah. Sekitar 400 program gelar master di negara tersebut ditujukan untuk siswa internasional dan diajarkan dalam bahasa Inggris. Banyak lembaga pendidikan tinggi di Thailand sangat dihargai, terutama di bidang studi lingkungan, pertanian, energi, hukum dan studi Buddhis. Selain itu, banyak program pascasarjana ada di bisnis dan manajemen dan sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris.


7 Alasan Kenapa Kuliah di Thailand

Belajar di Thailand memiliki beberapa keuntungan, yakni :

1. Ilmu pengetahuan yang diajarkan sangat sesuai dengan keadaan negara berkembang seperti Indonesia.
2. Kampus-kampus terkemuka di Thailand memiliki tenaga pengajar yang hampir 100% memegang gelar 3. Doktor dari berbagai universitas terkemuka dunia, sehingga kualitas pendidikannya terjamin.
4. Riset yang kita lakukan di Thailand dapat diaplikasikan langsung di Indonesia, baik itu dalam ilmu sosial, teknik, kesehatan maupun ilmu pertanian, karena iklim dan kondisi masyarakat yang hampir sama. Hal ini berbeda dengan di negara maju yang gap pengetahuannya terasa sangat jauh.
5. Cultural shock tidak begitu dahsyat bagi mahasiswa Indonesia yang baru datang, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
6. Dukungan industri dan pemerintah terhadap penelitian terhitung besar di banding di Indonesia, sehingga dana untuk riset dapat diperoleh dengan mudah.
7. Bisa Belajar Banyak Hal selain Kuliah. Selain menyaksikan keindahan budaya, Anda dapat langsung belajar dan mempraktikkan berbagai hal di Thailand seperti belajar seni memasak/kuliner, belajar membuat sutra, patung, keramik, belajar pijat ala Thai, Fotografi, Meditasi, yoga dan sebagainya.


Biaya Kuliah

Biaya kuliah dan biaya bervariasi di universitas dan program. Biaya kuliah untuk program gelar master di perguruan tinggi negeri biasanya sekitar $ 1.000 (US) sampai $ 2.000 (US) per tahun. Biaya kuliah di universitas swasta adalah sekitar $ 75 (US) sampai $ 125 (US) per jam kredit.

Program master umumnya memerlukan dua tahun dan 36 jam kredit untuk menyelesaikan. Siswa biasanya mendapatkan 9-15 jam kredit setiap semester.


Universitas Terbaik di Thailand

Agak sulit untuk membuat rangking universitas-universitas terbaik di Thailand. Karena semuanya bagus dan kualitasnya merata. Dalam artian, setiap kampus memiliki spesialis atau unggul di bidang masing-masing . Namun, mayoritas mahasiswa Indonesia banyak mengenal beberapa nama universitas besar Thailand seperti Chulalongkorn University, Mahidol University, King Mongkut’s University of Technology, Kasetsart University, Thammasat University, Chiang Mai University, Prince of Songkla University dan Asian Institute of Technology. 

Mayoritas mahasiswa Indonesia belajar di Asian Institute of Technology (AIT). Kampus ini telah terkenal selama puluhan tahun mendidik orang Indonesia. Puluhan alumni AIT telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan saat ini telah menjadi pimpinan berbagai institusi di Indonesia.Mayoritas profesi para alumni adalah dosen atau rektor di universitas besar di Indonesia seperti UGM dan ITB. 


PPI Thailand

PPI Thailand sering disebut sebagai Permitha. Anda bisa mengakses Permitha di website : http://permitha.net/


Jenis Beasiswa 

Thailand merupakan salah satu negara tetangga yang menyediakan banyak beasiswa bagi pelajar internasionalnya. Di Negeri Gajah Putih ini, kita bisa belajar dalam lingkup studi yang cukup luas, mulai dari teknik hingga agrikultur. 

Nah, apa saja sih beasiswa untuk pelajar Indonesia agar bisa kuliah di Thailand? Berikut ulasannya :

1. AUN/SEED-Net dan JICA 
Beasiswa yang dikhususkan pada bidang teknik (engineering) ini merupakan hasil kerjasama antar-perguruan tinggi di ASEAN dan beberapa kampus di Jepang. Di Thailand, kita bisa melamar untuk program S-2 dan S-3 di Chulalongkorn University dan King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang. 

Sebagai penerima beasiswa, kita akan mendapatkan fasilitas biaya keberangkatan dan kepulangan, biaya kuliah, biaya hidup bulanan, biaya riset dan perjalanan seminar, biaya buku, dan jaminan kesehatan. 

2. ASEAN University Network (AUN) untuk jurusan Korean Studies
Kolaborasi antar-perguruan tinggi di ASEAN yang memberikan beasiswa di berbagai kampus di ASEAN. Program AUN di Thailand dibuka untuk studi Korea di Chulalongkorn University. Nantinya kita juga akan mencicipi kuliah satu semester di Korea. 

3. Beasiswa Unggulan BKPLN Kemendikbud 
Program beasiswa pertukaran pelajar ini diperuntukkan bagi jenjang S-1 di bidang manajemen. Nantinya Anda akan menuntut studi di Rajamangala University of Technology Tanyaburi (RMUTT) selama 12 bulan. 

4. Asian Institute of Technology 
Kita bisa menempuh studi S-2 atau S-3 dengan beasiswa di Asian Institute of Technology. Anda bisa mengakses info lebih lengkapnya di website : http://www.ait.ac.th/

5. Kasetsart University 1 (Agro Industry) 
Program beasiswa ini dikelola oleh Fakultas Agro-Industri Kasetsart University untuk jenjang S-2 dan S-3. 

6. Kasetsart University 2 (Food Security) 
Kasetsart University juga menyediakan beasiswa jenjang PhD dan Post-Doctoral pada bidang Food Security Center. 

7. Sripatum University 
Sripatum University menawarkan beasiswa bagi masyarakat umum, tidak terbatas pada status pekerjaan tertentu. Beasiswa akan diberikan berupa biaya kuliah saja. Bidang kajian yang ditawarkan diantaranya adalah International Business, Airline Business, Accounting, English Chinese Communication, dan International Hotel Management. 

8. Dirjen Dikti Kemendikbud
Kemendikbud menyediakan beasiswa penuh bagi para dosen Tanah Air. Beasiswa ini terbuka bagi pengajar mata kuliah apa pun. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Bagaimana Berguru di Negeri Gajah Putih, Thailand
Bagaimana Berguru di Negeri Gajah Putih, Thailand
http://3.bp.blogspot.com/-ZmcfaSkvgDY/U6LedF64WeI/AAAAAAAAAdY/OqV5XDKmfIY/s1600/thailand.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-ZmcfaSkvgDY/U6LedF64WeI/AAAAAAAAAdY/OqV5XDKmfIY/s72-c/thailand.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/bagaimana-berguru-negeri-gajah-putih-thailand.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/bagaimana-berguru-negeri-gajah-putih-thailand.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy