Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Gingseng, Korea Selatan

Beberapa ciri dan kebiasaan khas bangsa Korea yang paling terkenal adalah adat mereka dalam menyambut tamu. Mereka memperlakukan tamu den...

Beberapa ciri dan kebiasaan khas bangsa Korea yang paling terkenal adalah adat mereka dalam menyambut tamu. Mereka memperlakukan tamu dengan sangat istimewa. Keperluan tamu dipersiapkan semua, mulai dari ruang tidur hingga perlengkapan mandi. Mereka juga akan menyajikan makanan istimewa. 

Orang Korea tak memperkenankan tamunya mengerjakan apa pun ketika sedang menumpang, mungkin pengecualian jika keadaan memaksa. Sampai-sampai baju kotor tamunya pun mereka yang mengumpulkan dan memasukkannya ke mesin cuci, dan si tamu terima beres dengan pakaian yang sudah wangi dan terlipat rapi.  Ini adalah sebagai bentuk pelayanan mereka.

Satu lagi hal yang unik dari kebudayaan Korea adalah cara penghitungan umur. Tidak seperti di negara kita yang menghitung umur satu tahun setelah anak menjalani hidup selama satu tahun, bayi Korea langsung dinyatakan berumur satu tahun ketika mereka lahir. Jadi, anak berumur sembilan tahun di Indonesia dianggap berusia sepuluh tahun di Korea.



Iklim

Korea Selatan mempunyai 4 musim yang berbeda. Tidak seperti Indonesia yang dilalui garis katulistiwa yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis dan menyebabkan Indonesia hanya memiliki 2 musim berbeda. 

Ketika musim panas (Juni hingga Agustus), suhu berkisar antara 25,4℃, karena 3 bagian semenanjung Korea dikelilingi laut. Musim panas sangat sesuai dengan olahraga di laut. Makanya, musim berenang di pantai Korea biasanya ada di bulan Juli dan Agustus.

Kedua adalah musim dingin (Desember-Februari). Suhunya rata-rata berkisar -8℃ sampai 0℃ di daerah Laut Selatan. Masyarakat biasanya menikmati olahraga musim dingin dan pariwisata salju.  Di kawasan pegunungan daerah timur, salju cukup banyak turun, hingga daerah permainan ski dan kawasan papan luncur salju dapat dinikmati mulai bulan Desember hingga bulan Februari.

Yang Ketiga adalah musim semi (Maret-Mei). Di musim ini tidak dingin dan juga tidak panas. Sangat pas untuk berjalan-jalan. Namun suhu udara cukup enak dan pemandangan disertai bunga dan pohon-pohon. Tapi hujan juga relatif lebih banyak turun.

Yang terakhir adalah musim gugur (September - November). Hujan tidak begitu banyak turun dibanding dengan musin Semi. Di musim gugur udara sangat cerah, hingga paling sesuai untuk berjalan-jalan. Oleh karena itu, kebanyakan festival dan acara olahraga diselenggarakan di musim gugur.

Cirikhas bencana di Korea Selatan biasanya topan, hujan deras, salju hebat, musim dingin yang hangat, kerugian akibat cuaca dingin dan sebagainya.


Biaya Hidup

Biaya hidup di Korea termasuk tinggi. Mayoritas penduduk Korea bertempat tinggal di apartemen. Harga sewa apartemen di Korea kurang lebih 150 ribu won/bulan atau sekitar 1. 174 .500 rupiah.

Untuk biaya listrik dan air, antara musim panas dan musim dingin ada sedikit perbedaan. Karena ketika musim dingin ada pengeluaran tambahan berupa gas atau boiler yang berfungsi sebagai penghangat ruangan. Biaya air dan listrik untuk musim panas sekitar 130 ribu won , musim dingin 150 ribu won. Rata ratanya pengeluaran untuk hal ini adalah sekitar 140 ribu won/bulanatau sekitar 1. 096.200 rupiah.

Untuk biaya makan, kalau mengambil harga termurah yakni 2500 won, sehari 3 kali menjadi 7500 won sehari. Jadi untuk biaya makan selama 1 bulan = 7500 x 30 = 225.000 won atau sekitar 1.761.750 rupiah.
Jadi jumlah total untuk biaya tempat tinggal , biaya air dan listrik , dan biaya makan per bulan adalah sekitar 4.032.450 rupiah. Jumlah ini adalah gambaran umum. Karena bisa saja naik bisa saja turun sesuai dengan gaya hidup Anda dan lokasi dimana Anda tinggal.

Namun, mayoritas teman-teman yang mendapat beasiswa kuliah di Korea biasanya sudah mencakup biaya kuliah,akomodasi, uang saku, dan uang makan. Jadi beruntunglah Anda yang mndapatkan beasiswa.


Bahasa

Bahasa utama di Korea Selatan adalah bahasa Korea. Dan bahasa kedua mereka adalah bahasa Inggris.


KBRI di Korea Selatan

Embassy of the Republic of Indonesia :

  • Alamat : 55 Yeouido-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Telepon : +82-2-7835675/7, 7835371/2
  • Fax : +82-2-7804280
  • Homepage : http://www.deplu.go.id/seoul
  • Email : kbriseoul@kornet.net



Pendidikan di Korea Selatan

Kebudayaan yang menarik adalah salah satu faktor penarik pelajar asing untuk belajar di Korea Selatan, baik dari kesenian, makanan, maupun gaya hidup. Sistem pendidikan Korea yang serupa dengan pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu daya tarik pelajar Indonesia untuk belajar di sana. 

Pada umumnya, perkuliahan di Korea menggunakan pengantar bahasa Korea. Hanya 20%-30% mata kuliah yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Korea mutlak diperlukan bagi Anda yang ingin belajar ke Korea.

 Walaupun demikian, jika Anda ingin berkuliah di Korea menggunakan bahasa Inggris, terdapat beberapa universitas yang menyelenggarakan Program Khusus Bahasa Inggris. Dalam program ini, seluruh mata kuliah diberikan menggunakan pengantar Bahasa Inggris. 

Sebaliknya, jika Anda ingin belajar bahasa Korea dulu, Anda dapat mengambil Program Belajar Bahasa Korea. Hampir seluruh universitas di Korea menyelenggarakan program ini yang diperuntukkan bagi pelajar asing di Negeri Gingseng itu.


4 Alasan Kenapa Kuliah di Korea Selatan

Bisa mempelajari Kebudayaan Korea Selatan Secara Langsung
Budaya korea tak lagi menjadi bahan cerita yang sering diceritakan oleh berbagai media, saat ini kalian bisa merasakan langsung bagaimana mengenal kebudayaan Korea yang bervariasi dan beragam

Sudah Memiliki Jurnal international
Jika Anda kuliah di Korea, tak perlu khawatir terhadap jurnal yang ada. Karena Korea sudah menggunakan Jurnal International dan sangat mudah mengakses jurnal internasional karena setiap universitas pasti sudah berlangganan jurnal internasional.

Iklim Korea yang Staregis
Empat Iklim di Korea yang bisa memicu semangat belajar lebih giat lagi. Nah, jika melihat dunia kampus Anda jangan heran melihat semangat belajar mahasiswa Korea. Mereka tidak sungkan untuk belajar berkelompok. Salah satu kelebihan di Korea adalah tidak ada kebiasaan mencontek disana. Karena mahasiswa Korea sangat mandiri dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Fasilitas Kelas Dunia
Fasilitas lab di Korea terkenal kecanggihannya. Dan para meahasiswa dianjurkan untuk menggunakan headset ketika masuk kedalam lab agar tidak mengganggu dan terganggu dengan mahasiswa lainnya.


Biaya Kuliah

Biaya perkuliahan di Korea pada umumnya adalah Rp30.000.000,00-Rp40.000.000,00 per semester. Adapun perkiraan biaya yang diperlukan dari pengurusan visa, keberangkatan ke Korea, biaya kursus bahasa Korea selama satu tahun, hingga pendaftaran ke sekolah tujuan adalah sekitar Rp50.000.000,00. Mahal nggak? Hehe. Bagi orang Korea barangkali itu standart. Karena penghasilan mereka di sana juga besar tentunya.


10 Universitas Terkenal di Korea Selatan

1. Seoul National university
2. KAIST (Korea Advance Institute of Science and Technology) 
3. Korea University
4. Hanyang University
5. Yonsei University
6. Pohang University of Science and Technology
7. Pusan National University
8. Sungkyunkwan University
9. Konkuk University
10. Sogang University


PPI Korea Selatan

Para pelajar Indonesia di Korea Selatan diwadahi sebuah organisasi yang bernama PERPIKA. Pada perkembangannya saat ini PERPIKA pusat memiliki tiga cabang yaitu:

  1. PERPIKA Wilayah I yang menaungi daerah Gangwon-do, Gyeonggi-do, Seoul dan Incheon.
  2. PERPIKA wilayah satu memiliki dua komisariat yaitu komisariat Konkuk-Sejong dan komisariat KIST
  3. PERPIKA Wilayah II yang menaungi daerah Chungcheongbuk-do, Chungcheongnam-do, Daejon dan Jeollabuk-do.
  4. PERPIKA wilayah dua memiliki dua komisariat yaitu komisariat Daejon dan komisariat Cheonan
  5. PERPIKA Wilayah III yang menaungi daerah Gyeongsangbuk-do, Gyeongsangnam-do, Jeollanam-do, Jeju-do, Busan, Ulsan, Daegu dan Gwangju.
  6. PERPIKA wilayah tiga memiliki tiga komisariat yaitu komisariat Busan, komisariat Gyeongsan dan komisariat Jinju

Jika Anda berencana ke Korea, tidak ada salahnya mengontak pengurus perpika di akun twitter @perpika atau bisa mengakses website Perpika di http://www.perpika.kr/. 


Jenis Beasiswa 

Ada sekitar 4 sumber beasiswa jika Anda berminat kuliah di Korea Selatan. Diantaranya :

  • Beasiswa yang dikelola oleh Pemerintah Korea (KGSP, NIIED)
  • Beasiswa yang diberikan oleh Universitas
  • Beasiswa yang diberikan oleh Perusahaan
  • Beasiswa dari Project yang dikelola oleh Lab/Professor

Selain melalui empat hal diatas, Anda juga dapat mendapatkan informasi beasiswa Korea dengan cara mengunjungi website universitas-universitas di Korea dan lihat menu admission. Disana biasanya dijelaskan proses seleksi masuk, jurusan yang tersedia dan biasanya dijelaskan pula mengenai beasiswa yang tersedia. 

Anda juga bisa mengunjungi website Study in Korea atau http://www.niied.go.kr/ untuk informasi resmi mengenai studi di korea dan beasiswa dari pemerintah Korea.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,290,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Gingseng, Korea Selatan
Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Gingseng, Korea Selatan
https://3.bp.blogspot.com/-wD9ekxDzIsk/U6LGgjM3wII/AAAAAAAAAbg/Xdis5hYLuTs/s1600/korea.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wD9ekxDzIsk/U6LGgjM3wII/AAAAAAAAAbg/Xdis5hYLuTs/s72-c/korea.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/bagaimana-kuliah-dan-tinggal-di-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/bagaimana-kuliah-dan-tinggal-di-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy