Carilah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Cina dikenal sebagai penemu kertas dan amunisi. Maka tidak heran jika Nabi Muhammad pernah bersabda, “Carilah Ilmu Sampai ke Negeri C...



Cina dikenal sebagai penemu kertas dan amunisi. Maka tidak heran jika Nabi Muhammad pernah bersabda, “Carilah Ilmu Sampai ke Negeri China,”. Saat ini negara Republik Rakyat Cina (RRC) adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di bumi dan keanekaragaman suku yang cukup tinggi. RRC yang sekarang adalah negara yang paling disegani, negara yang sangat pesat perkembangan dan kemajuannya hampir di segala bidang, khususnya perekonomian.


Iklim

Musim kemarau dan monsun lembap merupakan dua musim yang akrab dengan China. Dua musim itu yang menyebabkan perbezaan suhu ketara antara musim sejuk dan musim panas. Pada musim sejuk, angin utara yang bertiup dari kawasan garis lintang tinggi menjadi sejuk dan kering; pada musim panas, angin selatan dari kawasan laut di garis lintang rendah adalah hangat dan lembap. Iklim di China berbeza dari rantau ke rantau kerana topografi negara yang meluas dan kompleks.


Biaya Hidup

Biaya hidup di China sangat di tentukan oleh lokasi dan gaya hidup kita. Kalau diratakan, biaya hidup di China adalah dua kali lipat hidup di Jakarta.  


Bahasa

Bahasa Mandarin adalah bahasa resmi masyarakat Cina. Maka dari itu, jika Anda berencana untuk study atau datang ke RRC, sangat dianjurkan untuk mengikuti kursus bahasa mandarin tersebut.  


KBRI di China

Jika Anda sedang berkunjung ke China, tidak ada salahnya berkunjung juga ke kantor perwakilan Republik Indonesia di China yang beralamat di :

No. 4, Dongzhimenwai Dajie, Chaoyang District, Beijing, 100600, PRChina

  • Phone       : (86-10) 65325488/89
  • Facsimile   : (86-10) 65325368/5782
  • Email       : set.beijing.kbri@kemlu.go.id
  • Website     : http://www.kemlu.go.id/beijing
  • Official FB Page       : Embassy of Republic of Indonesia
  • Official Weibo          : Indonesia_Embassy_Beijing



Pendidikan di China

China dalam sepuluh tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Diperkirakan lebih dari 6.000 mahasiswa asal Indonesia belajar di sejumlah perguruan tinggi di China. Selain kemajuan yang diraih China, alasan mahasiswa asing belajar disana adalah biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan biaya kuliah di UK, AS, Australia maupun Singapura. Jurusan yang banyak diambil mahasiswa asing adalah bahasa Mandarin, ekonomi, manajemen dan Chinese Medical.


8 Alasan Kenapa Kuliah di China

Jika tak ingin jauh-jauh kuliah ke Eropa atau Amerika, negara-negara Asia juga bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah China. Apa sih istimewanya kuliah di China?

1. Kualitas pendidikan di China terus berkembang dan meningkat pesat. 
Pemerintah setempat juga menaruh perhatian dan mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk sektor pendidikan.

2. Kesempatan membangun network yang lebih luas
Karena para pelajar berasal dari berbagai negara, termasuk yang berasal dari China sendiri. Networking ini kelak akan menjadi aset yang sangat berharga saat akan membangun karir atau berbisnis sendiri.

3.  Menambah wawasan
Sebab, pelajar bisa melihat sendiri perkemangan yang ada di negara tersebut. Termasuk, mengetahui mengenai kebiasaan, etos kerja, dan gaya hidup masyarakat China.

4. Prospek kerja yang lebih baik karena kesempatan kerja yang luas setelah kita menguasai bahasa Mandarin.

5.  Memiliki kesempatan untuk memelajari bahasa Mandarin secara cepat, dan dengan pengucapan yang akurat.

6. Biaya pendidikan yang murah dan berkualitas 
Bahkan, biaya pendidikan lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa universitas lokal.

7. Bisa belajar tentang Entrepreneurship dari masyarakat China.
8. Mahasiswa mendapatkan kesempatan magang di perusahaan terkemuka di China
 Tentunya Anda sudah tahu kalau China adalah salah satu Negara yang telaten memproduksi berbagai barang elektronik. Nah, jika Anda kuliah di China, kesempatan Anda untuk bisa magang di salah satu perusahaan elektronik di China sangat memungkinkan. 


Biaya Kuliah

Jika dibandingkan dengan Negara maju di Asia seperti Korea dan Jepang, China termasuk paling murah dalam hal biaya perkuliahan. Terutama di bidang Teknik. Namun 


10 Universitas Terbaik di China

Berikut 10 daftar nama universitas yang sering masuk dalam urutan universitas terbaik di China :

  1. Beijing Jiaotong University (BJTU) 
  2. South China University Technology-Guangzhou (SCUT) 
  3. East China University Science Technology-Shanghai (ECUST) 
  4. Jiangxi Normal University-Nanchang (JXNU) 
  5. Ningbo University (NBU) 
  6. Xian Jiaotong Liverpool University-Suzhou (XJTLU) 
  7. Chongqing Medical University (CQMU) 
  8. Suzhou University Science Technology (SUST)
  9. Nanjing University Aeronautics Astronautics (NUAA) 
  10. Sino British College-Shanghai (SBC)


PPI China

Jika Anda berencana untuk kuliah di China, Anda bisa bertanya-tanya kepada teman atau pengurus PPI di China. Untuk menghubungi mereka, Anda bisa mengakses website : ppitiongkok.orgatau ppitnanchang.org.


Jenis Beasiswa 

Menurut data yang dilansir dari website ppinanchang.org, ada sekitar 74 mahasiswa Indonesia kuliah gratis di sepanjang tahun 2011, dan 100 mahasiswa Indonesia di sepanjang tahun 2010. 

Nah, berikut ini adalah beberapa beasiswa yang bisa Anda gunakan untuk bisa kuliah di China, seperti yang diinformasikan dari PPI Nanchang. 

Beasiswa pemerintah daerah
Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi yang diinginkan. Jenis beasiswa ini macam-macam, ada Outstanding contribution scholarship dan Outstanding volunteer scholarship, Beijing municipal government international student scholarship. 

Beasiswa jenis ini berupa pembebasan “Tuition fee” saja selama satu tahun pelajaran. Biasanya batas akhir pengajuan beasiswa pada tanggal 31 Mei setiap tahunnya. Untuk jelasnya silahkan kunjungi website http/ www.csc.edu.cn.

Beasiswa pemerintah pusat
Beasiswa ini terdapat dalam 3 bentuk yaitu:

  • Beasiswa Chinese government scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang akan menempuh jenjang Bachelor dan Master. Beasiswa yang diberikan full scholarship mencakup tuition fee, buku, asrama, asuransi kesehatan dan uang saku kurang lebih sebesar 1500 – 1700 yuan per-bulan. 
  • Beasiswa Distinguished international student scholarship. Beasiswa yang satu ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi yang diinginkan. Beasiswa ini untuk program Bachelor, Master dan Doktor. Beasiswa ini full scholarship.
  • Beasiswa Distinguished foreign self funded international students scholarship. Beasiswa ini bernilai kurang lebih 7000 yuan sebagai uang bantuan kuliah bagi mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi yang dimaksud.

Undergraduate Foundation Program for International Student Scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa asing dalam rangka persiapan masuk jurusan yang dipilih yang diajarkan dalam bahasa mandarin serta persiapan ujian HSK atau masa matrikulasi program studi di jurusannya.

Great Wall Fellowship (China-Unesco) Scholarship. Beasiswa full scholarship ini diberikan kepada para dosen yang ingin melakukan post doctoral research di perguruan tinggi China

Study in Asia Scholarship. Beasiswa full scholarship ini diberikan dengan tujuan untuk mendukung mobilisasi pertukaran para peneliti dan dosen negara-negara Asia.

China/AUN Scholarship Program. Beasiswa full scholarship ini diberikan dalam rangka perjanjian antara China-ASEAN untuk mendukung pertukaran mahasiswa, dosen dan guru antara Negara-negara ASEAN dengan China. Beasiswa ini untuk program Magister dan Doktor.

Chinese Government Special Scholarship Program. Beasiswa full scholarship ini diberikan dalam rangka menaikan derajat ranking universitas di China pada level world class University dan mendukung internasionalisasi kampus perguruan tinggi di China. Program yang ditawarkan adalah beasiswa untuk belajar program magister dan doctor.

Beasiswa Hanban
Hanban adalah sayap organisasi propaganda bahasa dan kebudayaan China di bawah Kementerian Pendidikan China dengan dana yang cukup banyak. Organisasi ini membangun cabang di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. 

Ada 7 Confucious Institute yang dikelola Hanban di Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan melalui Hanban adalah:

  1. Confucious institute scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA atau sarjana yang ingin melanjutkan studi bahasa Mandarin. Jenis beasiswa ini full scholarship dengan batas akhir pendaftaran tanggal 1 April setiap tahunnya.
  2. Confucious institute scholarship for MTCSOL program. Beasiswa ini untuk lulusan sarjana yang ingin melanjutkan studi ke jenjang master bahasa Mandarin. Jenis beasiswa ini full scholarship dengan batas akhir pendaftaran tanggal 1 April setiap tahunnya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengakses website www.hanban.org.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Carilah Ilmu Sampai ke Negeri Cina
Carilah Ilmu Sampai ke Negeri Cina
http://2.bp.blogspot.com/-EADmKGRK5kc/U6KS-q9IZUI/AAAAAAAAAXo/NotgW6fAHSI/s1600/chine.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-EADmKGRK5kc/U6KS-q9IZUI/AAAAAAAAAXo/NotgW6fAHSI/s72-c/chine.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/carilah-ilmu-sampai-ke-negeri-china.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/carilah-ilmu-sampai-ke-negeri-china.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy