Daftar 10 Universitas Terbaik di Inggris

Selain identik dengan keunikan pemerintahannya, Inggris pun terlihat sangat maju dalam sektor pendidikannya. Hal ini terlihat dalam berbag...

Selain identik dengan keunikan pemerintahannya, Inggris pun terlihat sangat maju dalam sektor pendidikannya. Hal ini terlihat dalam berbagai riset perguruan tinggi kelas dunia, beberapa perguruan tinggi di Inggris mampu menembus angka 10 besar. 

Kredibilitas pendidikan di Inggris memang tidak perlu diragukan lagi. Ilmuwan –ilmuwan yang lahir dari perguruan tinggi yang besar disana sekiranya sudah menggambarkan sejauh mana kualitas pendidikan di Inggris. 

Pada ulasan kali ini, Berkuliah.com akan menjelaskan sedikit universitas – universitas terbaik yang ada di Inggris menurut QS World University Rankings® tahun 2014 :

1. University of Cambridge



University of Cambridge adalah pecahan dari University of Oxford. Konon, pada tahun 1209, beberapa sarjana kabur dari Oxford setelah bertengkar karena sebuah permasalahan dengan penduduk di sekitar Oxford. Perhimpunan sarjana yang kabur ke kota Cambridge tersebut akhirnya mendirikan University of Cambridge pada tahun 1209. 

Sama seperti Oxford, universitas of Cambridge pun juga mampu menjadi universitas yang bergengsi di Britania Raya, bahkan dunia. Ketatnya persaingan antara University of Oxford dan University of Cambridge, membuat masyarakat sering menjulukinya dengan Oxbridge. Kedua perguruan tinggi ini memang memiliki peraturan seleksi yang ketat, karena keduanya memang merupakan perguruan tinggi paling bergengsi di Britania Raya bahkan dunia. Dalam peringkat QS World University Rankings®, University of Cambridge menempati peringkat universitas terbaik pertama di Inggris dan terbaik ke -3 di dunia.


2. University College London (UCL)



Peringkat terbaik kedua dalam universitas terbaik di Inggris adalah University College London (UCL). University College London (UCL) adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di Bloomsbury, London, Inggris. Universitas ini merupakan perguruan tinggi terbesar dan tertua di London. Berawal pada tahun 1826, universitas ini dahulunya bernama Universitas London, didirikan sebagai lembaga pendidikan yang sekuler, untuk menerima mahasiswa secara bebas tanpa memandang agama ataupun gender. 

Universitas ini memiliki 10 fakultas, antara lain Faultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pemikiran, Fakultas Pemberdayaan Lingkungan, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Fisik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan  Fakultas Ilmu Kedokteran. Universitas ini juga merupakan universitas terbaik ke -4 di dunia. 


3. Imperial College London


Imperial College London adalah perguruan tinggi terbaik ke -3 di Inggris dan terbaik ke -5 di dunia. Imperial College London terletak di London, Inggris. Universitas ini memiliki fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Dengan latar belakang kedokterannya, Imperial College London juga mengoprasikan Lee Kong Chian School of Medicine di Singapura dan bermitra dengan Nanyang Technological University. Universitas ini selalu bertengger di peringkat atas tingkat dunia. Berdasarkan Times Higher Education World University Rankings, universitas ini menduduki peringkat terbaik ke -8 di dunia dan terbaik ke- 3 di Eropa.

4. University of Oxford


University of Oxford adalah perguruan tinggi tertua di Inggris. Letak perguruan tinggi ini tentu berada di kota Oxford, Inggris. Universitas ini telah berdiri sejak abad ke – 11, meskipun tanggal tepat berdirinya universitas ini tidak diketahui secara pasti. Terlepas dari hal tersebut, University of Oxford adalah universitas paling bergengsi di dunia, karena dalam Times Higher Education World University Rankings 2013, University of Oxford berhasil menempati posisi kedua setelah Hardvard University. University of Oxford telagh melahirkan berbagai alumni terkemuka, dengan 58 penerima hadiah Nobel. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Britania Raya, dengan 11 juta koleksi buku yang ada di dalamnya.


5. University of Edinburgh


Berdiri sejak tahun 1583, University of Edinburgh adalah universitas tertua keenam di dunia. Universitas ini pun menjadi universitas dengan bangunan antik di Skotlandia. Dalam peringkat dunia, universitas ini menduduki posisi ke -17. Universitas ini memiliki tiga jurusan besar yang masih dibagi kembali menjadi program studi yang banyak. Jurusan besar tersebut antara lain Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.


6. King’s College London


King’s College London yang lebih dikenal dengan sebutan KCL, adalah universitas riset publik yang terletak di London, Inggris. Universitas ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington tahun 1829. Kampus KCL berpusat di London, dan menjadi salah satu pusat pendidikan terbesar untuk sarjana dan pasca sarjana medis serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa. KCL menempati posisi ke -19 di dunia dank e -6 di Inggris. Sementara untuk tingkatan Eropa, KCL berhasil menduduki urutan ke -8.


7. University of Bristol


University of Bristol adalah sebuah universitas yang terletak di Bristol, Inggris. Berdiri sejak tahun 1876, University of Bristol memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Kesenian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. University of Bristol meraih peringkat ke -30 tingkat dunia dan peringkat terbaik ke -7 di Inggris.


8. The University of Manchester


The University of Manchester adalah sebuah universitas yang terletak di kota Manchester, Inggris. Universitas ini merupakan gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Universitas ini juga membawahi beberapa aset budaya besar di Inggris, antara lain Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory. 


9. University of Glasgow


University of Glasgow adalah universitas tertua keemapt di dunia yang berbahasa Inggris. Didirikan pada tahun 1451, University of Glasgow semakin mengepakkan sayapnya di dunia akademik. Kini, University of Glasgow telah meraih peringkat ke -51 di dunia dank e -9 di Inggris. Universitas ini memiliki empat departemen antara lain, departemen Seni, Departemen Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik, Departmen Ilmu Sosial, serta Departemen Kedokteran dan Kedokteran Hewan.


10. University of Birmingham


University of Birmingham adalah universitas dengan bangunannya yang unik, yang terlihat berupa bangunan bata merah. Universitas ini terletak di kota Birmingham, Inggris. Universitas ini memiliki beberapa departemen, antara lain Departemen Seni dan Hukum, Departemen Ilmu Fisika dan Teknik, Departemen Ilmu Lingkungan Hidup, Departemen Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Departemen Ilmu Pengetahuan Alam dan Seni Liberal, serta Departemen Ilmu Sosial.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Daftar 10 Universitas Terbaik di Inggris
Daftar 10 Universitas Terbaik di Inggris
https://1.bp.blogspot.com/-z35Pu9KC5fU/U7D4fQPExEI/AAAAAAAABTU/sDnOHJr5ffY/s1600/cambridge.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-z35Pu9KC5fU/U7D4fQPExEI/AAAAAAAABTU/sDnOHJr5ffY/s72-c/cambridge.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/daftar-10-universitas-terbaik-di-inggris.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/daftar-10-universitas-terbaik-di-inggris.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy