Gambaran Kehidupan dan Perkuliahan di Australia

Kedekatan geografis untuk kawasan Asia-Pasifik dan pengaruh sosial dan budaya dari jutaan migran yang telah menetap di Australia sejak ...


Kedekatan geografis untuk kawasan Asia-Pasifik dan pengaruh sosial dan budaya dari jutaan migran yang telah menetap di Australia sejak Perang Dunia II. Beragam budaya dan gaya hidup Australia mencerminkan tradisi liberal demokratis dan nilai-nilai.

Australia adalah produk dari perpaduan unik dari tradisi mapan dan pengaruh baru. Penduduk asli negara itu adalah suku. Sisanya orang Australia adalah migran atau keturunan migran yang tiba di Australia dari sekitar 200 negara sejak Inggris mendirikan pemukiman Eropa pertama di Sydney Cove pada tahun 1788.

Banyak orang yang datang ke Australia sejak tahun 1945 termotivasi oleh komitmen keluarga, atau keinginan untuk lepas dari kemiskinan, perang atau penganiayaan. Gelombang pertama para migran dan pengungsi kebanyakan berasal dari Eropa. Gelombang berikutnya datang dari kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Migran telah memperkaya hampir setiap aspek kehidupan Australia, dari bisnis sampai seni, dari memasak untuk komedi dan dari ilmu pengetahuan untuk olahraga. Mereka, pada gilirannya, harus disesuaikan dengan toleran Australia, informal dan egaliter masyarakat luas.


Iklim


Australia adalah sebuah negara yang luas dengan berbagai iklim yang berlainan. Ada beberapa factor yang mempengaruhi iklim Australia, yaitu garis lintang, arus samudera, jarak dengan pantai, keadaan suhu dan angin, dan bentang alam.


Iklim di Australia dipengaruhi oleh keadaan angin yang berhembus di atas benua tersebut. Pada musim panas (Sekitar bulan Januari), iklim di Australia lebih dipengaruhi oleh udara tropis yang hangat. Pada musim dingin (sekitar bulan Juli), iklimnya lebih dipengaruhi oleh udara kutub yang dingin. Massa udara dan angin yang berasal dari bagian tengah benua Australia bersifat kering dan panas pada musim panas serta kering dan dingin pada musim dingin.


Biaya Hidup

Sebelum pindah ke Australia, penting untuk mengetahui biaya hidup di sana, sehingga Anda bisa hidup lebih nyaman dan sesuai anggaran Anda ketika sedang studi. Anda tidak perlu malu-malu karena warga lokal juga akan senang membantu Anda menemukan makanan, penyewaan dan keperluan lain yang terbaik dan termurah.


Berikut ini adalah beberapa perkiraan biaya hidup di Australia :

  • Menyewa kamar: $120-$180 per minggu
  • Pekerjaan paruh waktu sampai 20 jam per minggu: $100-$350.
  • Belanja bahan pokok: $50-$80 per minggu
  • Kontrak ponsel prabayar: sekitar $30 per bulan
  • Transportasi mingguan zona 1: $30,20
  • Bensin per liter: $1,20 - $1,50


Bahasa


Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Australia adalah bahasa Inggris. Jadi, sangat dianjurkan buat Anda yang benar-benar serius ingin tinggal di Australia, untuk segera menguasai bahasa internasional ini.



KBRI di Australia


KBRI di Australia


  • Address :  8 Darwin Avenue, Yarralumla Canberra, ACT 2600 Australia 
  • Telepon: +61262508600 
  • Faksimil: +61262733545, +61262736017 
  • Email: indonemb@bigpond.com; indonemb@kbri-canberra.org.au 
  • Website: www.kemlu.go.id/canberra


KJRI di Australia

Melbourne
72 Queens Road, Melbourne 3004, Victoria, Australia
Phone : (61-3) 9525-2755
Fax : (61-3) 9525-1588
Email : kjri@kjri-melbourne.org
Website : www.kjri-melbourne.org

Perth
134 Adelaide Terrace (P.O.BOX 6683 East Perth), WA 6004, Australia
Phone : (61-8) 9221-5858
Fax : (61-8) 9221-5688
Email : ri@iinet.net.au
Website : www.kri-perth.org.au

Sydney
236-238 Maroubra Road, Maroubra, Sydney NSW 203, Australia
Phone : (61-2) 934-49933
Fax : (61-2) 934-96854
Email : protocol@indonsyd.org.au
Website : www.indonsyd.org.au

Darwin
20, Harry Chan Avenue, Northern Territory 0801 Darwin, Australia
Phone : (61-8) 8943 0200
Fax : (61-8) 894-12709
Email : kridrw@indoconsdarwin.org.au
Website : www.kri-darwin.org

Adelaide
TCN The Communication Network. 1st Floor, 28 Green Hill Road, Way Ville, SA 5034 (GPO Box 2210 Adelaide SA 5001), Australia
Phone : (61-8) 8357-8955
Fax : (61-8) 8373-3342

Brisbane
Address : Level 20, Riverside Centre, 123 Eagle Street, Brisbane QLD 4001, Australia (P.O.BOX 407)
Phone : (61-7) 3309-0888
Fax : (61-7) 3309-0999



Pendidikan di Australia

Pendidikan di Australia terkenal dengan kualitas pengajaran dan penelitian. Australia adalah salah satu tujuan utama siswa internasional untuk mendapatkan pendidikan tinggi di luar negeri.  Australia menawarkan beragam pilihan studi dengan lebih dari 1.200 pilihan lembaga pendidikan dan lebih dari 22.000 pilihan jurusan bagi siswa internasional.

Anda dapat belajar pada berbagai level pendidikan dan kualifikasi mulai dari sekolah dasar, menengah, hingga pendidikan kejuruan dan pelatihan (VET), dari kursus bahasa Inggris hingga pendidikan tinggi (termasuk universitas). Anda juga dapat menempuh jenjang Gelar Sarjana atau mengambil kursus singkat bekerja atau berlibur di sini.


4 Alasan Kenapa Kuliah di Australia

Australia menawarkan banyak kelebihan dibandingkan negara lainnya, baik secara geografis maupun dari segi kualitas pendidikan, biaya pendidikan dan akomodasi serta kehidupan multikulturalnya.

a. Secara Geografis 
Australia relatif lebih dekat  dengan Indonesia sehingga  mudah terjangkau dan tidak memerlukan waktu travel yang lama. Letak geografis Australia juga menjadikannya tempat yang memiliki iklim yang lebih bersahabat dan memudahkan para pelajar Indonesia untuk beradaptasi.

b. Sistem dan kualitas pendidikan 
Sistem dan Kualitas pendidikan di Australia sangat baik dan telah diakui oleh dunia. Australia menawarkan berbagai macam program pendidikan dan courses, baik akademik, technical maupun vocational yang memiliki reputasi internasional.  Sistem pendidikannya memiliki struktur yang dinamis, progresif  dimana lebih mengutamakan partisipasi dan interaksi aktif siswanya  dalam proses belajar.

Hal ini menjadikan pelajar lulusan sekolah Australia berkembang menjadi individu yang lebih independent, kreatif dan kritis.  Kualifikasi seperti inilah yang membuat para pelajar lulusan sekolah Australia lebih unggul dalam dunia kerja.

c. Biaya akomodasi 
Biaya akomodasi biasanya berkisar antara AUD 800- AUD 1,000 per bulannya. Biaya akomodasi meliputi biaya tempat tinggal, transport, konsumsi dan hiburan dan bisa bervariasi tergantung gaya hidup para pelajar yang bersangkutan.

d. Kehidupan yang Multikultural
Penduduk Australia memiliki reputasi sebagai salah satu yang paling ramah di dunia, dan kota-kota Australia aman dan bersih, dengan tingkat kejahatan yang rendah. Sifat multi-budaya Australia berakar dari kombinasi budaya Aslinya, pemukiman awal kaum Eropa dan imigrasi massal.

Hampir 40 persen penduduk Australia berasal dari latar belakang budaya campuran. Australia sangat bangga akan keanekaragaman penduduknya, dan menikmati variasi budaya dan makanan yang dibawanya. Australia juga merupakan sebuah negara sekuler, yang berarti tidak mempunyai agama resmi. Masing-masing ibukota mempunyai tempat beribadah bagi berbagai agama dari seluruh dunia.


Biaya Kuliah


Biaya pendidikan di Australia berkisar antara AUD 9,000- AUD 30,000 per tahunnya, relatif lebih rendah dibandingkan negara berbahasa Ingris lainnya seperti: Inggris atau AS. Biayanya bisa bervariasi tergantung program dan  jurusan pendidikan.



10 Universitas Terbaik di Australia


Untuk daftar 10 besar kampus terbaik di Australia, memang agak susah dalam menentukan. Namun, 10 kampus dibawah ini adalah kampus yang paling sering masuk daftar 10 kampus terbaik di Australia. Berikut informasinya :


PPI Australia (PPIA)

PPIA adalah organisasi yang lahir pada tahun 1981 di Canberra untuk mewadahi interaksi dan mendukung kegiatan pelajar Indonesia yang sedang belajar, atau akan belajar, di Australia. Untuk menghubungi pengurus PPIA, Anda bisa mengakses website PPIA di ppi-australia.org atau bisa juga Anda mengakses akun twitternya di @PPIAustralia.


Jenis Beasiswa 


Australia Awards Scholarship
Salah satu beasiswa dari Australia yang terkenal adalah Australia Awards Scholarship atau AAS. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Australia dan dikelola oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Beasiswa AAS, dulunya dikenal dengan ADS juga dikenal oleh masyarakat umum dengan beasiswa AusAID karena awalnya dikelola oleh lembaga ini. Beasiswa AAS diberikan kepada orang Indonesia dan beberapa negara lain yang ingin belajar S2 atau S3 di Australia.

Mereka yang berhasil memperoleh beasiswa ini bisa menempuh pendidikan S2 atau S3 di institusi/universitas Australia yang menjadi rekanan AusAID. Artinya, pelamar harus belajar di universitas yang masuk dalam daftar ini. Perlu diketahui, tidak semua institusi/universitas Australia masuk ke dalam daftar AusAID. Daftar institusi yang masuk dalam daftar Beasiswa AAS bisa dilihat di formulir pendaftaran yang bisa diunduh dari website AAS, www.australiaawardsindo.or.id.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Gambaran Kehidupan dan Perkuliahan di Australia
Gambaran Kehidupan dan Perkuliahan di Australia
https://4.bp.blogspot.com/-gpYWwmvUBZE/U6KFIspofrI/AAAAAAAAAUY/Qqiz9uEEs-M/s1600/Australia_Day.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-gpYWwmvUBZE/U6KFIspofrI/AAAAAAAAAUY/Qqiz9uEEs-M/s72-c/Australia_Day.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-kehidupan-dan-perkuliahan-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-kehidupan-dan-perkuliahan-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy