Gambaran Kehidupan di Amerika Serikat

Ada banyak sekali hal baru yang bisa kita bahas tentang Amerika. Mulai dari kehidupan di sana, social budayanya, iklimnya, penduduknya, sam...

Ada banyak sekali hal baru yang bisa kita bahas tentang Amerika. Mulai dari kehidupan di sana, social budayanya, iklimnya, penduduknya, sampai kualitas pendidikannya. 

Bila suatu ketika Anda berkeinginan untuk studi atau kerja di Amerika, dalam waktu yang relatif lama maka mau tidak mau Anda harus paling tidak sedikit mengenal tentang apa-apa saja perilaku kebanyakan orang Amerika, gaya hidup, dan budaya mereka. Mengenal lebih dekat budaya suatu daerah tidak serta merta supaya kita menjadi sama dengan mereka, tapi supaya kita mengetahui seperti apa sesungguhnya negara atau daerah yang akan kita tuju itu.

Kebanyakan orang Amerika sangat menghargai waktu. Time is money disana benar-benar terasa. Hal itu bisa Anda lihat sendiri, misalnya di pusat kota New York. Setiap detik, ribuan orang berlalu-lalang dengan berjalan kaki di sana. Bila ada undangan pesta pukul 7 malam, orang Amerika akan datang tepat waktu atau bahkan datang lebih awal. 

Namun apabila terpaksa harus terlambat, orang Amerika akan memberi kabar beberapa jam sebelumnya atau jauh jauh hari. Berbeda dengan orang Indonesia dan Asia biasanya akan muncul jam 7.30 atau bahkan terlambat 1 jam. Luar biasa terlambat.

Itu sedikit gambaran tentang kehidupan di Amerika Serikat. 



Iklim

Keadaaan iklim dan cuaca di Amerika Serikat sangat bervariasi, tergantung dari letak geografis masing-masing daerah.

Di timur laut pasifik, seperti Washington dan Oregon adalah tempat terbasah di Amerika. Walau demikian, temperatur disana masih mencapai sekitar 32’C, dan akan lebih panas. Musim dingin disana cukup dingin, Anda harus mempersiapkan pakaian-pakaian hangat.

Di bagian tengah atau selatan pasifik seperti California, Wyoming, Colorado, Utah dan Montana, udara akan menjadi sangat kering di saat musim panas. California terkenal akan cuacanya yang bersahabat, Anda bisa membawa pakaian renang. Colorado, Utah dan Nevada terkenal akan permainan ski di musim dingin. Kami rekomendasikan Anda untuk mempersiapkan baju hangat saat musim dingin tiba.

Jika Anda berada di barat daya: Arizona, Texas, Oklahoma dan beberapa bagian dari Louisiana dan Arkansas, maka Anda berada di tempat yang paling panas, dengan curah hujan yang tinggi. Di wilayah ini Anda perlu menyiapkan payung dan jas hujan setiap waktu. Musim panas di Amerika bagian barat daya sangat panas, dengan temperatur yang hampir selalu di atas 38’C.

Di timur laut dan tenggara sering turun hujan sepanjang tahun, dengan iklim yang hangat sewaktu musim panas dan musim gugur. Musim dingin di sini tidak akan berlangsung terlalu lama.

Michigan, Dakotas, Wisconsin, Illinois dan Indiana yang berada di tengah barat lebih sering beriklim cukup kering. Musim dingin di daerah ini bisa saja sangat dingin, bersalju dan berangin, dengan temperatur rendah hingga -40’C. Disini Anda benar-benar memerlukan jaket tebal dengan lapisan thermal. Musim panas di sini cukup bersahabat dan Anda bisa bersantai dengan pakaian musim panas.

Dengan mempelajari iklim tempat kuliah Anda, Anda bisa mempersiapkan pakaian dan bawaan Anda dengan lebih baik.


Biaya Hidup

Umumnya, pengeluaran mahasiswa luar Amerika Serikat yang kuliah di Amerika adalah makanan, buku, cuci baju, hiburan, bensin, pulsa, dan beberapa hal darurat seperti obat-obatan. Sama seperti di Indonesia. Biasanya universitas di Amerika menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi mahasiswa internasional. Dan itu sudah termasuk dalam tuition fee, berikut dengan asuransi. 

Untuk biaya makan cukup bervariasi, tentunya lebih murah jika Anda membeli bahan makanan di supermarket dan masak sendiri di asrama. Jika Anda membeli bahan baku makanan, maka anda akan mengeluarkan $1-2 per sekali makan, bahkan bisa beberapa sen saja. Anda akan mengeluarkan sekitar $9-15 jika anda makan di luar. 

Untuk biaya tempat tinggal, jika Anda ingin tinggal di luar kampus (asrama), Anda perlu mencari apartemen atau rumah tempat tinggal. Di kota kecil, Anda bisa mendapatkan rumah kontrakan seharga $500/bulan. Jika anda tinggal di kota besar seperti California, Washington, New York, atau Chicago, anda harus merogoh kocek hingga $2,500/bulan hanya untuk tempat tinggal. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak kampus terlebih dahulu jika anda ingin tinggal di luar kampus.

Untuk urusan mencuci baju, Anda tidak perlu khawatir. Karena di setiap asrama disediakan mesin cuci pakaian. Biaya pemakaian mesin cuci ini adalah sekitar $3 untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Ini belum termasuk biaya deterjen, yang bisa didapatkan dengan $2-4 di supermarket.

Untuk biaya membeli buku, usahakan cari buku termurah yang memungkinkan. Untuk diktat kuliah biasanya harga yang dipatok oleh professor disana sekitar $5-10. Sebearnya hal ini bisa diakali dengan meminjam dari senior yang sudah tidak mengambil kuliah tersebut. Kalau nggak enak hati meminjam ya di beli. Harga second hand biasanya lebih murah. 

Selanjutnya adalah biaya transportasi dan bensin. Amerika memberlakukan satuan volume yang berbeda dengan Indonesia. Amerika tidak menggunakan satuan liter untuk volume, melainkan galon. 1 galon = 3,8 liter dan harga BBM rata-rata per galon adalah $3.5. Itu jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil. Jika Anda hobi naik transportasi umum, dengan $28/minggu Anda bisa menggunakan seluruh moda transportasi masal yang ada. Terkadang malah untuk mahasiswa ada harga khusus.

Untuk urusan pulsa, Amerika memberlakukan sistem yang berbeda dengan Indonesia untuk perihal pulsa. Semua transaksi pengisian pulsa dilakukan secara online. Tidak ada counter pulsa dan semacamnya disana. Serba online. Untuk mahasiswa pada umumnya, pengeluaran untuk pulsa telepon adalah $30 per bulan.


Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa paling umum di Amerika Serikat. Meski pemerintah federal A.S. tidak memiliki bahasa resmi, bahasa Inggris adalah bahasa umum yang digunakan oleh pemerintah federla dan dianggap sebagai bahasa de facto Amerika Serikat karena sering digunakan. Namun bahasa Inggris Britania Raya dengan Bahasa Inggris Amerika ada beberapa perbedaan. Bahasa Inggris Amerika adalah sekelompok dialek bahasa Inggris yang banyak dipertuturkan di Amerika Serikat. Sekitar dua per tiga penutur asli bahasa Inggris dunia tinggal di Amerika Serikat.

Penggunaan bahasa Inggris di Amerika Serikat adalah hasil kolonisasi bangsa Inggris. Gelombang pertama pendatang penutur bahasa Inggris tiba di Amerika Utara pada abad ke-17. Sejak itu, bahasa Inggris Amerika telah dipengaruhi oleh bahasa-bahasa Amerika Pribumi, bahasa kolonis Eropa dan non-Eropa, imigran dan tetangga, dan bahasa budak asal Afrika Barat.


KBRI di Amerika Serikat

2020 Massachusetts Avenue
N.W. Washington, D.C. 20036, United States of America
Telepon: (1-202) 775-5200
Fax: (1-202) 775-5365
Surel: informasi@embassyofindonesia.org
http://washington.kemlu.go.id


KJRI di Amerika dan Wilayah Kerjanya

Konsulat Jendral Republik Indonesia di San Francisco

  • Alamat : 1111 Columbus Avenue, San Francisco, CA 94133
  • Telepon    : (415) 474 - 9571
  • Fax : (415) 441 - 4320
  • Website : www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Pages/default.aspx
  • Wilayah Kerja : Alaska, Idaho, Oregon, Washington State, Nothern California (Counties of Almeda, Alpine, Amador, Butte, Calaveras, Colusa, Contra, Costa del Norte, Eldorado, Fresno, Glenn, Humboldt, Invo, Kings, Lakelaslen, Mardera, Monterey, Napa, Palcer, Plumas, Sacramento, San Benito, San Francisco, San Joaquin, San Metao, Santa Carla, Santa Cruz, Shasta, Sierra, Siskyou, Solana, Sonoma, Stanislaus, Sutter, Tehama, Trinity, Tulare, Toulumne, Yolo, Yuba)

   
Konsulat Jendral Republik Indonesia di Los Angeles

  • Alamat : 3457 Wilshire Boulevard, Los Angeles, CA 90010
  • Telepon : (213) 383 - 5126
  • Fax : (213) 487 - 3971
  • Website : www.kemlu.go.id/losangeles/Pages/default.aspx
  • Wilayah Kerja : Colorado, Arizona, Nevada, Montana, Wyoming, Utah, Hawaii, Pacific Island territory under US, Souther California (Counties of Imperial, Kern, Los Angeles, Orange, Riverside, San Benardino, San Diego, San Luis Obispo, Santa Barbara, Ventura)

   
Konsulat Jendral Republik Indonesia di Houston

  • Alamat : 10900 Richmond Avenue, Houston, TX 77042
  • Telepon : (713) 785 - 1691
  • Fax : (713) 780 - 9644
  • Website : www.indonesiahouston.net
  • Wilayah Kerja : Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, Mississippi, New Mexico, Oklahoma,, Tennessee, Texas, U.S. Virgin Island, The Commonwealth of Puerto Rico

   
Konsulat Jendral Republik Indonesia di Chicago

  • Alamat : 211 West Wacker Drive, 8th Floor, Chicago, IL 60606
  • Telepon : (312) 920 - 1880
  • Fax : (312) 920 - 1881
  • Website : www.indonesiachicago.info
  • Wilayah Kerja : Illinois, Michigan, Wisconsin, Indiana, Iowa, Kansas, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, South Dakota, Kentucky, Ohio

   
Konsulat Jendral Republik Indonesia di New York

  • Alamat : 5 East 68th Street, New York, NY 10065
  • Telepon : (212) 879 - 0600
  • Fax : (212) 570 - 6206
  • Website : www.indonesianewyork.org
  • Wilayah Kerja : Connecticut, Delaware, Maryland, Maine, Massachusetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, South Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, Vermont, Virginia, West Virginia
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Gambaran Kehidupan di Amerika Serikat
Gambaran Kehidupan di Amerika Serikat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCTayHfTOIRMnpx0sfCFGZr1EBf_m7S3YNt4xzS-SrGOpkT-73UCZmfbK3xxGe0oS0l1zGF58dtX3_T4eb5EWhBr48yHjBlPYqZUHngDlUpVlZ55Koy3MkOv4IfSD2ZHBozSru1vuU0ZQ/s1600/amerika.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCTayHfTOIRMnpx0sfCFGZr1EBf_m7S3YNt4xzS-SrGOpkT-73UCZmfbK3xxGe0oS0l1zGF58dtX3_T4eb5EWhBr48yHjBlPYqZUHngDlUpVlZ55Koy3MkOv4IfSD2ZHBozSru1vuU0ZQ/s72-c/amerika.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-kehidupan-di-amerika-serikat.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-kehidupan-di-amerika-serikat.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy