Gambaran Pendidikan di Amerika Serikat

Sistem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan untuk mahasiswa internasional. Ketika Anda memulai pencarian di internet, mahasiswa...


Sistem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan untuk mahasiswa internasional. Ketika Anda memulai pencarian di internet, mahasiswa terkadang kewalahan dalam memilih universitas yang akan dituju, program apa yang dipilih, serta lokasi. 

Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenal sistem pendidikan di Amerika, jauh-jauh hari bahkan berbulan-bulan sebelum Anda berangkat ke Amerika. Pemahaman sistem akan membantu Anda untuk mempersempit pilihan studi serta membangun rencana studi Anda.

Jika secara umum, sistem pendidikan di Amerika sangat bersifat terbuka. Di wilayah Asia seperti Hongkong, atau bahkan Indonesia, Anda hanya belajar apa yang guru tulis di papan tulis dan di slide presentasi. Di Amerika, Anda mendiskusikan isu-isu dan berfokus dalam banyak ide.


4 Alasan Kenapa Kuliah di Amerika Serikat

1. Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan di Amerika Serikat merupakan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Anda bisa menemukan berbagai institusi dengan berbagai program menarik di Amerika Serikat.

Institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan banyak program belajar yang fleksibel dan multifungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa internasional. Anda bisa selalu mengubah program Anda untuk menyesuaikan dengan bidang karir yang ingin Anda tekuni, ataupun mengambil kombinasi program untuk menyesuaikan dengan minat Anda.

Kuliah di Amerika memberikan banyak kesempatan bagi para pelajar untuk melakukan penelitian, mempraktekkan teknik pengajaran dan pelatihan. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Amerika menghasilkan banyak pemimpin dalam bidang medis, teknologi dan sains.

Menurut Times Higher Education World University Rankings pada tahun 2012 – 2013, Amerika Serikat memiliki 15 universitas yang memasuki 20 besar universitas terbaik di dunia, dimana California Institute of Technology menempati peringkat pertama dan Stanford University di peringkat kedua.

2. Wilayahnya Luas dan Beragam

Disamping mempelajari berbagai teori dan materi belajar di dalam ruang kelas, sistem pendidikan Amerika Serikat sangat mementingkan kualitas hidup sosial para mahasiswanya dengan menawarkan banyak kegiatan ekstra kurikuler di luar kelas. Dari berbagai klub di bidang sosial, kebudayaan hingga olahraga, ada banyak pilihan kegiatan bagi para mahasiswa, dimana mereka berkesempatan untuk bergaul dengan para mahasiswa lainnya.

Walau berada dalam satu negara, negara-negara bagian Amerika serikat memiliki pemandangan, warga dan nilai-nilai yang berbeda. Dari Kota New York yang sibuk dan semarak, hingga padang gurun Nevada, dan dari pantai-pantai dan taman-taman bermain di Florida hingga pegunungan Alaska, Amerika Serikat adalah negara yang kaya dengan berbagai macam pemandangan dan gaya hidup. Alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan masa kuliah Anda untuk menjelajahi daerah-daerah yang menarik minat Anda.

3. Meningkatkan Saling Pengertian di Antara Budaya yang Berbeda-beda

Amerika Serikat adalah bukti bahwa berbagai manusia yang berasal dari ratusan negara bisa bersatu dan hidup dengan rukun dan harmonis. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Itu karena pemerintahnya tegas menetapkan berbagai Undang-undang yang melindungi Hak Asasi Manusia untuk berkumpul, beragama dan berbudaya..

4. Belajar Hidup Berdampingan Satu Sama Lain

Dengan pengalaman belajar ke luar negeri, banyak pelajar Indonesia yang hidupnya tidak lagi bak katak dalam tempurung. Dalam buku-buku yang ditulis oleh para peraih beasiswa ke luar negeri, banyak pengalaman-pengalaman yang fantastis bagaimana manusia bisa hidup berdampingan satu sama lain. 

Misalnya saja ada seorang pelajar muslim wanita yang mengenakan jilbab takut mengalami perlakuan diskriminasi untuk sekolah di Amerika Serikat. Namun ternyata hal tersebut sama sekali tidak terjadi. Malah teman-temannya selalu mengingatkan dia untuk sholat 5 waktu. Ketakutan tersebut hanyalah ilusi. 


Biaya Kuliah

Memang, biaya kuliah di Amerika Serikat tidak semurah di Australia. Amerika agak sedikit mahal. Namun jika Anda bisa merencanakan keuangan dengan baik, bukan mustahil dengan dana yang pas-pasan Anda bisa kuliah disana. Jika biaya hidup sudah kita bahas di atas, berikut adalah komponen biaya yang perlu disiapkan ketika Anda merencanakan kuliah di Amerika Serikat. Biaya kuliah yang rata-rata yang dikeluarkan per tahun di Amerika Serikat adalah sekitar ± US$ 17,500 – 25,000.

10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat banyak sekali universitas dengan kualitas terbaik tingkat dunia. Setiap kampus pasti memiliki kelebihan masing-masing. Namun, jika dihitung secara garis besar, berikut daftar 10 universitas terbaik 2014 di Amerika Serikat :



PPI di Amerika Serikat

Berbeda dengan PPI di negara lain, PPI di Amerika Serikat disebut dengan Permias. sebagaimana yang tersebut dalam pendirian organisasi Permias pertama di Washington D.C. pada tanggal 24 Desember 1961. Secara organisasi, Permias memiliki perbedaan dengan PPI, namun secara jiwani, kedua-duanya sama-sama berdiri untuk menaungi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang bersekolah di luar Indonesia.

Permias Indonesia dibagi berdasarkan negara bagian, namun tidak sedikit pula yang memiliki lebih dari satu Permias di satu negara bagian jikalau negara bagian tersebut luas atau memiliki lebih dari satu perguruan tinggi populer, dan jaraknya tidak berdekatan sehingga tidak memungkinkan bagi pelajar-pelajar yang tinggal berjauhan tersebut untuk diwadahi dalam satu Permias.

Selain Permias, di universitas-universitas di AS juga dikenal organisasi kemuridan yang disebut ISA (Indonesian Student Association) yang hampir sama dengan PPI atau Ikatan Mahasiswa Indonesia lainnya. Biasanya sebuah ISA hanya menaungi sebuah universitas atau perguruan tinggi, sedangkan Permias lebih luas cakupannya dengan menaungi beberapa sekolahan sekaligus, baik itu perguruan tinggi maupun sekolah pra-universitas (college).


Jenis Beasiswa

Jika Anda yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika, namun terkendala oleh biaya, berikut ini barangkali bisa menjadi informasi yang tepat. Berikut ini ada beberapa alternative beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat kepada mahasiswa Indonesia :

The Fulbright Program
Program Fulbright didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1946 dan bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan komunikasi antara Amerika Serikat dan negara-negara lain dengan mendanai berbagai pertukaran pendidikan.
Website: http://fulbright.state.gov


Humphrey Fellowships
Hubert H. Humphrey Fellowship Program menyediakan sepuluh bulan pengayaan profesional dan studi non-gelar tingkat pascasarjana di Amerika Serikat untuk level menengah profesional berdasarkan potensi kepemimpinan dan komitmen yang ditunjukkan untuk pelayanan publik.

Study of the U.S. Institutes (SUSI)
Studi Institusi AS (SUSI) adalah program akademik jangka pendek untuk kelompok sarjana, fakultas, atau pemimpin mahasiswa dari seluruh dunia. 

East-West Center Fellowships
a. New Generation Seminar
Program New Generation Seminar (NGS) merupakan sebuah program yang mempertemukan 12-14 pemimpin berkualitas dari kawasan Asia Pasifik dan AS untuk mengikuti dialog dan studi wisata selama dua minggu. Program ini didanai oleh Freeman Foundation of Stowe, Vermont dan bertujuan untuk membangun pemahaman yang sama mengenai isu-isu regional dan mengembangkan jejaring profesional serta menumbuhkan keterampilan dalam memimpin di bidang mereka masing-masing.

b.  Beasiswa East-West Center Visiting Fellows Program
Program beasiswa East-West Center (EWC) Visiting Fellows Program membuka kesempatan untuk para akademisi melakukan penelitian dan mepublikasikan hasil penelitian dengan berkerjasama dengan para staf EWC, untuk proyek-proyek penelitian yang berhubungan dengan beberapa area program studi penelitiannya.

c. Asia Pacific Leadership Program
Asia Pacific Leadership Program (APLP) adalah program pendidikan kepemimpinan terbaik di Asia Pasifik dan merupakan program unggulan di East-West Center. Program ini menghubungkan analisa mendalam dari berbagai disiplin ilmu mengenai isu-isu regional yang sedang berkembang dengan pendidikan kepemimpinan yang didasarkan pada berbagai pengalaman.

d. Program Beasiswa East-West Center Graduate Degree Fellowship
Program Beasiswa East-West Center Graduate Degree Fellowship memberikan pendanaan untuk menempuh program Master dan Doktor bagi para sarjana S1 dan S2 dari Asia, Pasifik, dan Amerika Serikat melalui program pendidikan dan penelitian di East-West Center (EWC) sambil mejalankan studi S2 atau S3 di Universitas Hawai'i. 

e. Ford Foundation International Fellows Program
Sebagai program pendidikan inovatif yang ditawarkan oleh East-West Center, International Fellowships Program (IFP) menyasar individu terpilih yang berasal dari kaum termarginalkan di negara-negara berkembang. Sebagai bagian dari upaya yang dirancang dan didukung oleh Ford Foundation, anggota IFP dipilih dari kelompok sosial yang tinggal di luar pusat kota metropolitan, yang secara historis mempunyai akses terbatas ke pendidikan tinggi dan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. 

f. East West Center Affiliate Scholars Program
East West Center Student Affiliate Scholars Program dibentuk untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk terlibat dalam program-program East-West Center (EWC).  Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa  program sarjana University of Hawai‘i at Manoa (UHM), baik yang sudah memperoleh beasiswa dari lembaga lain maupun yang membiayai kuliahnya sendiri, untuk berpartisipasi penuh dalam program pendidikan EWC dan tinggal di asrama mahasiswa internasional-nya. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,290,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Gambaran Pendidikan di Amerika Serikat
Gambaran Pendidikan di Amerika Serikat
https://2.bp.blogspot.com/-aO2eXQM2Kg0/U6J_SuJucqI/AAAAAAAAAUE/EFCL9dMkR7Q/s1600/1041780973_e98d748001_z.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aO2eXQM2Kg0/U6J_SuJucqI/AAAAAAAAAUE/EFCL9dMkR7Q/s72-c/1041780973_e98d748001_z.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-pendidikan-di-amerika-serikat.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambaran-pendidikan-di-amerika-serikat.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy