Gambaran Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura

Jika berbicara tentang Singapura, salah satu aspek yang menarik untuk dibicarakan adalah karakter penduduknya. Penduduk Singapura sangat co...

Jika berbicara tentang Singapura, salah satu aspek yang menarik untuk dibicarakan adalah karakter penduduknya. Penduduk Singapura sangat cosmopolitan. Artinya, mereka memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Ini adalah sebuah keuntungan alami dari posisi geografisnya yang strategis maupun keberhasilan komersialnya. Dibangun oleh Thomas Stamford Raffles sebagai sebuah pusat perdagangan sejak tahun 1819, kota kecil ini segera menarik para imigran dan pedagang dari negeri Tiongkok, India, Indonesia, Semenanjung Malaya, dan Timur Tengah.



Iklim

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia bagian Sumatera atau Kalimantan, Singapura memiliki iklim tropik khatulistiwa. Suhu berkisar antara 22 hingga 34 °C. Bulan Mei dan Juni merupakan bulan terpanas, sedangkan November dan Desember merupakan musim muson basah. Dari bulan Agustus hingga Oktober, seringkali terdapat kabut. Terkadang cukup mengganggu hingga pemerintah mengeluarkan peringatan kesehatan kepada public. Kabut ini seringkali disebabkan oleh kebakaran semak-belukar di Indonesia. 


Biaya Hidup

Biaya hidup di Singapura termasuk sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Tetapi jika dibandingkan dengan negara barat, biaya hidup di Singapura masih bisa dibilang terjangkau. Pengeluaran terbesar semasa kuliah tentunya adalah biaya kuliah, diikuti dengan biaya akomodasi dan makan. Biaya hidup di Singapura pada umumnya berkisar antara S$750-S$2000 per bulan tergantung gaya hidup masing-masing pelajar.   


Bahasa

Empat bahasa resmi di Singapura adalah bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Bahasa Melayu adalah bahasa nasional Singapura. Namun, bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan untuk business, pemerintahan, dan di sekolah.

Keberadaan bahasa-bahasa lainnya, khususnya bahasa Melayu dan Tionghoa, tentunya berpengaruh terhadap jenis bahasa Inggris yang digunakan di Singapura. Pengaruh ini terutama tampak dalam bahasa Inggris informal, sebuah bahasa sehari-hari yang berbasiskan bahasa Inggris yang dikenal secara umum sebagai Singlish. 

Hampir semua orang di Singapura dapat berbicara dalam lebih dari satu bahasa, dan banyak yang mampu berbicara dalam tiga hingga empat bahasa. Sebagian besar anak-anak di Singapura dibesarkan dalam dua bahasa sejak kecil, dan mereka pun mempelajari bahasa lain saat mereka tumbuh dewasa. 


KBRI di Singapura

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura
No. 7 Chatsworth Road, Singapore 249761
Tel. : (65) 6737 7422
Fax. : (65) 6737 5037 / 6235 5783
Web : www.kbrisingapura.sg
Email : info@indonesianembassy.sg
  

Pendidikan di Singapura

Pemerintah Singapura sangat memprioritaskan kualitas pendidikan di negaranya. Dari sekolah dasar hingga universitas, siswa sudah dipantau dan diarahkan untuk mendapatkan pendidikan yang cocok untuknya. Jadi, tidak semua warga layak atau bebas masuk universitas di Singapura. Bagi mereka yang tidak layak masuk universitas di Singapura, memang bebas memilih kuliah di luar negeri sesuai dengan kemampuan orangtua, tetapi tidak bebas masuk universitas di Singapura jika tidak melewati tes tertentu.

Dengan pendapatan per kapita lebih dari 24.000 dollar AS per tahun, Singapura termasuk negara kaya raya. Namun, Singapura tidak menyamaratakan bahwa semua warga pasti mampu. Biaya sekolah di Singapura relatif murah. Yang bikin agak mahal adalah biaya di luar uang sekolah. Misalnya penunjang kelancaran sekolah, transportasi, buku-buku, dan lainnya.

Untuk keluarga yang tidak mampu, pemerintah menyediakan beasiswa jika perlu. Itu disediakan untuk memastikan bahwa kemiskinan bukan hambatan untuk mengenyam pendidikan.


8 Alasan Kenapa Kuliah di Singapura

Nah, sekarang, kita liat keuntungan mengikuti pendidikan di Singapura. Dapat menggali langsung dari referensi induknya dengan bahasa asli penulisnya. Hal ini dapat membuka peluang untuk memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajamannya.

  1. Mengikuti pendidikan di Singapura bisa mendapatkan banyak buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru yang belum tentu ada di Indonesia untuk mengembangkan ilmu kita.
  2. Di Singapura banyak sekali diadakan seminar keilmuan, kajian dan diskusi yang gratis dengan fasilitas seabrek.
  3. Peluang-peluang untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia lebih terbuka. Di Indonesia cukup jarang ada tamu tingkat dunia.
  4. Karena di Singapura memakai bahasa Inggris kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengasah bahasa asing kita.
  5. Kuliah di luar negeri khususnya di Singapura, kita bisa mempunyai banyak jaringan, bisa jadi teman sesama mahasiswa di Indonesia dan mungkin dapat bertemu banyak mahasiswa-mahasiswa dari Negara-negara eropa dan amerika.
  6. Di Singapura, konsentrasi belajar sangat tinggi, kita akui bahwa Singapura adalah negara kecil, tetapi semangat untuk menuntut ilmunya sangat tinggi. Ini yang perlu diaplikasikan oleh kita.
  7. Dari sisi finansial kuliah di Singapura yang tergolong Negara maju di dunia bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negara-negara maju lainnya.
  8. Di Singapura jika kita sukses kuliah sambil kerja, maka gaji yang didapat sudah pasti mencukupi biaya hidup yang semestinya. Tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedung-gedung ibukota kita.



Biaya Kuliah

Biaya Hidup Rata – Rata di Singapura :

  • Akomodasi : $485/bulan
  • Transportasi : $$36.80/bulan
  • Makanan : $133.08/ (Burger McD, fast food, rice)
  • Hiburan : $57.07/ (Bioskop, olahraga, travelling, dll)


Biaya Kuliah Rata – Rata

  • Undergraduate / Sarjana : $9.000 – $14.000
  • Postgraduate / Pasca-sarjana : $10.000 – $12.000

Penghasilan kerja rata – rata mahasiswa luar negeri di Singapore : $3.96/jam

*dilansir dari konsultanpendidikan.com


10 Universitas Terbaik di Singapura

Singapura memiliki banyak universitas bermutu. Beberapa universitas bahkan masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia. Berikut adalah daftar 10 universitas terbaik di Singapura:

1. National University of Singapore (NUS)
2. Nanyang Technological University (NTU)
3. Singapore Management University
4. Singapore Institute of Management (SIM)
5. Singapore University of Technology and Design
6. Melior International College
7. Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management
8. James Cook University
9. Pioneer Junior College
10. Jewellery Design And Management International School


PPI Singapura

PPI Singapura (singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura) bisa dikatakan masih muda. PPI Singapura baru berdiri sejak tahun 2005, yang kemudian diresmikan pada tanggal 11 Maret 2006 dan didukung penuh oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Singapura.

Tujuan PPI Singapura adalah untuk menjalin dan mempererat hubungan antar pelajar Indonesia di Singapura, dan mempersatukan para anggota untuk menggalang aspirasi serta kerjasama untuk berkontribusi melalui usaha-usaha yang bermanfaat bagi seluruh pelajar Indonesia di Singapura dan bagi bangsa dan negara Indonesia pada umumnya, sebagai perwujudan usaha pengembangan generasi muda yang handal dan dinamis.

Kantor PPI Singapura bergabung dengan kantor KBRI Singapura di : 
7 Chatsworth Road Singapore 249761 
Email : contact@ppisingapura.org
Wesite : http://ppisingapura.org/


Jenis Beasiswa 

Beasiswa di Singapura yang terkelan adalah SCP Singapore Scholarship. Beasiswa ini diumumkan oleh Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong pada KTT ASEAN ke-6 pada bulan Desember 1998. SCP Singapura diberikan kepada mahasiswa dari negara-negara anggota ASEAN lainnya dan dipertahankan untuk program gelar sarjana penuh waktu di salah satu dari tiga universitas di Singapura. 

Semua disiplin ilmu kecuali untuk Kedokteran, Kedokteran Gigi, Arsitektur dan Hukum terbuka untuk Scholars. Durasi setiap Beasiswa selama tiga atau empat tahun , tergantung pada disiplin.

Kelebihan lain dari beasiswa ini adalah tidak ada ikatan dikenakan oleh Pemerintah Singapura. Para sarjana diharapkan untuk kembali ke negara asal untuk berkontribusi pada pembangunan negara-negara mereka setelah lulus.

Yang bisa mendaftar beasiswa SCP Singapore ini adalah warga negara-negara anggota ASEAN (kecuali Singapura). Calon harus memiliki catatan akademis yang luar biasa, penguasaan bahasa Inggris yang baik dan memenuhi persyaratan masuk NTU, NUS, dan SMU. Intinya, beasiswa S1 Singapura diberikan secara kompetitif prestasi akademis.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Gambaran Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura
Gambaran Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura
http://4.bp.blogspot.com/-qewOMWd6-R4/U6LU2AfdHjI/AAAAAAAAAc8/XzVjMh1sDpM/s1600/The_Singapore_Merlion.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-qewOMWd6-R4/U6LU2AfdHjI/AAAAAAAAAc8/XzVjMh1sDpM/s72-c/The_Singapore_Merlion.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambarang-biaya-hidup-dan-kuliah-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/gambarang-biaya-hidup-dan-kuliah-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy