Istimewanya Hidup dan Kuliah di Kanada

Kanada, ketika mendengar nama yang satu ini, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Banyak orang tidak begitu sering mendengar kabar ...



Kanada, ketika mendengar nama yang satu ini, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Banyak orang tidak begitu sering mendengar kabar berita dari negara yang satu ini. Tidak seperti Amerika Serikat yang setiap hari selalu eksis dengan berita positif dan negatifnya.

Budaya Kanada secara besar dipengaruhi budaya dan tradisi Inggris dan Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. Di samping itu, budaya Kanada juga telah dipengaruhi budaya Amerika karena kedekatannya dengan dua negeri ini. 

Kanada dikenal sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk hidup dan belajar. Tingkat kejahatan di Kanada sangatlah rendah dan orang-orang dapat bepergian dengan bebas dalam Kanada tanpa ada rasa was-was. Menurut survey dari PBB, Kanada merupakan negara dengan peringkat lima di dunia dengan keadaan politik dan ekonomi yang aman dan stabil. Itulah sebabnya sedikit sekali berita tentang konflik di Kanada yang ada di media.

Populasi di Kanada sebanyak kurang lebih 32 juta orang, dimana 80% dari populasi ini menetap di perkotaan. Kanada juga dikenal sebagai negara para pendatang. Hampir semua kelompok suku bangsa di dunia terwakili di Kanada. Banyak sekali makanan daerah lain dan kegiatan hiburan yang berhubungan dengan kebudayaan apapun di Kanada. Berbagai komunitas, klub, dan perkumpulan yang mewakili pelbagai kelompok suku bangsa, baik yang formal maupun tidak formal, mudah dijumpai.


Iklim

Kanada merupakan negara dengan empat musim yakni: 
1. Musim dingin (bulan Maret - Mei) 
2. Musim semi (bulan Juni - Agustus/September) 
3. Musim panas (bulan September - Nopember) 
4. Musim gugur (bulan Desember - Februari) 

Disaat musim panas, siang hari akan lebih lama dari malam hari dan suhunya dapat mencapai 35ºC atau lebih. Sedangkan pada musim dingin, siang hari akan lebih pendek dari malam hari dan suhunya dapat mencapai -25ºC. Suhu yang sedang atau nyaman dialami dalam musim semi dan gugur.


Biaya Hidup

Biaya hidup seperti layaknya di tempat lain, akan bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Rata-rata yang diperlukan oleh setiap pelajar umumnya berkisar antara CA$ 15.000 hingga CA$ 18.000 per tahun. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya. 


Bahasa

Dua bahasa resmi Kanada adalah Inggris dan Perancis. 


KBRI di Kanada

Embassy of Indonesia in Ottawa

  • Post Mail : 55 Parkdale Avenue, Ottawa, Ontario K1Y 1E5, Canada [view on Google Map]
  • Phone : (613) 724-1100
  • Fax : (613) 724-1105


Kedutaan Jenderal Republik Indonesia Kanada

  • Alamat : 129 Jarvis Street, Toronto, Ontario M5C 2H6, Canada
  • Telp : (416) 360-4020
  • Fax : (416) 360-4295


Pendidikan di Kanada

Sebagai salah satu negara maju di dunia, pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang turut mempengaruhi perekonomian Kanada. Oleh karena itu pemerintah Kanada berusaha menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi warga negaranya. Pemerintah Kanada tidak memberlakukan ranking secara resmi kepada institusi pendidikan di Kanada. Ini dikarenakan semua institusi pendidikan di Kanada menawarkan program-program yang berkualitas. 

Lebih dari 130.000 siswa asing datang belajar ke Kanada setiap tahunnya dan bahkan hanya untuk belajar bahasa Inggris atau Perancis. Dengan belajar di universitas Kanada, siswa akan memperoleh kualifikasi akademik dan gelar yang diakui diseluruh dunia serta dapat memiliki karir sukses.



8 Alasan Kenapa Kuliah di Kanada

  1. Negara yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas paling rendah 
  2. Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman
  3. Masyarakat dan budaya Kanada yang bersifat multicultural 
  4. Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional, serta didukung oleh pemerintah Kanada dalam bentuk dana
  5. Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full time 40 jam saat liburan sekolah
  6. Biaya studi yang sangat kompetitif
  7. Sebuah negara yang penuh dengan keindahan alamnya yang bervariasi 
  8. Kesempatan untuk bekerja full time selama satu (1) tahun di Kanada setelah kelulusan 



Biaya Kuliah

Anda dapat mempertimbangkan Kanada sebagai salah satu negara tujuan untuk melanjutkan kuliah. Biaya kuliah di wilayah Kanada dikenal paling rendah dibandingkan dengan biaya kuliah di Amerika, Inggris dan Australia. 

Berbeda dengan negara lainnya, pilihan paling popular di Kanada adalah college dan technical institute. Hal ini dikarenakan Kanada menawarkan profesional program satu (1) hingga tiga (3) tahun yang termasuk magang kerja. Di dalamnya juga ditawarkan program University Transfer Program (UTP), yang memberikan peluang bagi pelajar untuk mendapatkan Bachelor Degree di universitas. Biaya untuk College dan Technical Institute berkisar antara CA$ 10.000 – CA$ 15.000 per tahun.

Namun jika Anda menghendaki universitas, di Kanada juga terbilang berkualitas. Universitas di Kanada menggabungkan tradisi universitas di Kanada dan college, di mana praktikal dan program akademik digabung dalam lingkungan kampus. Program yang ditawarkan seperti program degree, diploma, certificate, UTP, bahkan program English as Second Language (ESL). Kelebihan lainnya yaitu adanya student support services yang kental dan kelas-kelas yang relative kecil.

Untuk biaya University College di Kanada rata-rata sekitar CA$ 20.000 – CA$ 25.000 per tahun.


5 Universitas Terkenal di Kanada

Pada prinsipnya, Pemerintah Kanada tidak memberlakukan ranking secara resmi kepada institusi pendidikan di Kanada. Ini dikarenakan semua institusi pendidikan di Kanada menawarkan program-program yang berkualitas. 

Namun, ada beberapa universitas di Kanada yang terkenal di dunia, yaitu :
1. Universitas British Columbia
2. Universitas McGill
3. Universitas McMaster
4. Universitas Toronto
5. Universitas Waterloo


PPI Kanada

Persatuan Pelajar Indonesia Kanada :
2235 Sheppard Avenue East
Suite 1200
Toronto, Ontario M2J 5B5
Telephone : 416-494-7707
Fax : 416-494-0067


Jenis Beasiswa 

Sejujurnya, ada banyak organisasi di Kanada yang mengelola program beasiswa. Tetapi, seringkali beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa pascasarjana dan para dosen yang sedang mempelajari atau mengadakan riset bidang tertentu. Beasiswa banyak diberikan kepada mahasiswa yang berminat di bidang ‘Canadian Studies’. 

Untuk mengakali hal ini, para mahasiswa dapat menghubungi berbagai organisasi swasta di negara asal untuk bantuan financial yang mungkin mereka sediakan untuk mahasiswa yang berniat untuk belajar di luar negeri.

Nah, apa saja beasiswa di Kanada? Berikut ini diantaranya :

Canadian International Development Agency Scholarships 
Beberapa program beasiswa tersedia bagi mahasiswa yang berniat untuk menyelesaikan studinya di Kanada.

Ontario Graduate Scholarship Program (OGS)
Program ini dirancang untuk menarik minat mahasiswa yang baik di tingkat master atau doktoral. 

International Council for Canadian Studies 
Beberapa penghargaan ditawarkan untuk magang dan riset pascasarjana mengenai kanada. 

International Development Research Centre (IDRC) Funding
Aktivitas pendanaan riset IDRC yang ditujukan untuk menyediakan keuntungan langsung terhadap negara berkembang dan masyarakatnya. 

International Scholarship Programs for Study in Canada
Pemerintah kanada menawarkan penghargaan bagi mahasiswa asing yan belajar di kanada 

Visiting Fellowships in Canadian Government Laboratories 
Dewan riset nasional (NRC) menawarkan kemitraan riset kepada para ilmuwan dan insinyur yang berbakat.

The Trudeau Foundation Doctoral Scholarships Programme 
Lima belas beasiswa baru ditawarkan setiap tahun bagi kandidat doktor yang sangat baik di bidang ilmu sosial dan humaniora.

Quebec Exemption from Differential Tuition Fees
Pemerintah propinsi Quebec menganugrahkan sebuah pengecualian dari kontribusi penambahan finansial terhadap mahasiswa yang memenuhi syarat. 

Québec Merit Fellowships Program for Foreign Students
Beasiswa riset doktoral, beasiswa pascadoktoral, dan beasiswa riset jangka pendek atau beasiswa pengembangan profesional.

The Rotary Foundation's Ambassadorial Scholarships
Program beasiswa international swasta terbesar di dunia menawarkan lebih dari 1000 beasiswa per tahun.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Istimewanya Hidup dan Kuliah di Kanada
Istimewanya Hidup dan Kuliah di Kanada
https://3.bp.blogspot.com/-o59wClDO_nA/U6Kb9AdwGiI/AAAAAAAAAYo/f4YTHbVS5QA/s1600/kanada.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-o59wClDO_nA/U6Kb9AdwGiI/AAAAAAAAAYo/f4YTHbVS5QA/s72-c/kanada.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/istimewanya-hidup-dan-kuliah-di-kanada.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/istimewanya-hidup-dan-kuliah-di-kanada.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy