Jepang, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Matahari Terbit Ini

Bumi ini terdiri dari berbagai macam pulau yang terpisah berdasarkan benua, bahkan negara. Dan di setiap-tiap negara itu sendiri memiliki...

Bumi ini terdiri dari berbagai macam pulau yang terpisah berdasarkan benua, bahkan negara. Dan di setiap-tiap negara itu sendiri memiliki banyak perbedaan, baik dari struktur negara, pemerintahan, kesenian dan kebudayaan. 

Sama seperti halnya Indonesia, Jepang pun memiliki banyak kesenian dan kebudayaan. Walaupun Jepang tidak tidak terlalu luas seperti Indonesia, namun negara ini memiliki kesenian dan kebudayaan yang menarik.

Negara Jepang kaya dengan berbagai kebudayaan leluhurnya yang beraneka ragam. Walaupun saat ini perkembangan teknologi di Jepang terus maju, terutama dibidang animasi, namun sisi tradisional masuh terus dilestarikan hingga sekarang ini. Seperti Matsuri, sebuah festival budaya rakyat Jepang.



Iklim

Negara kepulauan dan terdiri dari pegunungan-pegunungan tinggi seperti Jepang  membuat iklim di setiap wilayah Jepang berbeda. Terutama karena pulau di Jepang menjulur dari utara ke selatan. Iklim bagian utara dan selatan Jepang jauh berbeda. Demikian pula iklim di daerah laut Jepang dan daerah Pantai Pasifik memiliki iklim yang berbeda pula.

Pada musim panas bertiup angin dari Samudra Pasifik, sedangkan pada musim dingin bertiup angin dari Laut Jepang (dari daratan Asia). Sehingga pada musim panas di daerah pantai Samudra Pasifik banyak turun hujan, sedangkan di daerah pantai Laut Jepang banyak turun hujan pada saat musim dingin tiba. 

Pada musim dingin cuaca di daerah Pantai Samudra Pasifik akan cerah walaupun udara sangat dingin. Sebaliknya cuaca di daerah pantai Lautan Jepang akan gelap dan suhu udara sangat dingin disertai turunnya hujan.

Suhu musim dingin di beberapa wilayah Jepang seperti Hikkaido rata-rata di bawah nol derajat celcius. Hal ini menyebabkan salju turun di Hokkaido dari awal musim dingin sampai akhir musim dingin yang mengakibatkan salju menjadi sangat tebal. 

Udara di Tokyo pada musim panas sangat panas, tetapi pada musim semi dan musim gugur cuaca cerah dan udaranya sejuk. Bagi Anda yang berencana untuk tinggal di Jepang, akan lebih baik jika Anda mengetahui dulu di wilayah mana Anda akan tinggal di Jepang. Hal ini penting karena iklim dan cuaca beberapa wilayah di Jepang berbeda-beda. 


Biaya Hidup

Memang benar biaya hidup di jepang tergolong sangat mahal. Untuk setiap kota di Jepang relatif bervariasi biaya hidupnya. Tapi tidak terlalu menyolok. Secara garis besar, biaya hidup di Jepang, belum termasuk uang kuliah, bisa dibagi dalam beberapa kategori:

1. Gaya hidup normal: 
Total sekitar 120.000 yen/bulan (apartemen 60.000 yen, makan = 30.000 yen, transportasi = 10.000 yen, air listrik gas telepon = 15.000 yen, tak terduga = 5000 yen)

2. Gaya hidup hemat 
Total sekitar 95.000 yen/bulan (asrama/apartemen murah seharga 45.000 yen/bulan, makan seharga 25.000 yen, transportasi seharga 5000 yen, air listrik gas telepon seharga 15.000 yen, dan biaya tak terduga sebanyak 5000 yen)

3. Gaya hidup irit. 
Total sekitar 55.000 yen/bulan (asrama/apartemen dengan patungan berdua dengan teman Anda = 20.000 yen, makan = 20.000 yen, transportasi = 5000 yen, air listrik gas = 5000 yen, tak terduga = 5000 yen). Tidak beli makanan di kantin, jarang jalan-jalan, tinggal di asrama sekolah, atau apartemen yang fasilitasnya terbatas.


Bahasa

Bahasa Jepang merupakan bahasa resmi di Jepang. Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Cina. Di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil juga bisa kita jumpai bahasa Jepang. Ini  akibat banyaknya emigrasi orang Jepang (Suku Nisei) ke sana, namun tidak lagi sefasih di wilayah Jepang.


KBRI di Jepang

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang
5-2-9 Higashi Gotanda, Shinagawa-ku, Tokyo 141-0022
info@kbritokyo.jp
03 – 3441 – 4201


Pendidikan di Jepang

Secara umum sistem pendidikan tinggi di Jepang dapat dikategorikan ke dalam 4 bagian, diantaranya universitas (Daigaku), akademi teknologi (Tanki-daigaku), sekolah tinggi teknik (Koto-senmon-gakko) dan sekolah kejuruan (Senmon-gakko).

Hampir sama dengan Indonesia, lama masa studi untuk pendidikan tinggi (sarjana) adalah 4 tahun kecuali bidang pendidikan kedokteran yang relatif menghabiskan  6 tahun. Untuk tingkat studi lanjutan, biasanya dibutuhkan waktu 2 tahun (program master) dan 3 tahun (program doktor).

Tahun akademik dimulai sekitar bulan April dan berakhir Maret tahun berikutnya. Perkuliahan dibagi dalam dua semester, semester pertama berlangsung dari Maret sampai dengan September dan semester kedua dimulai dari bulan oktober dan berakhir Maret.

Bahasa yang umum digunakan dalam proses belajar mengajar adalah bahasa Jepang. Namun, ada beberapa program tertentu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai perantara. Oleh karena itu setiap mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi ke Jepang perlu mempersiapkan kemampuan bahasa ini dengan sebaik mungkin.


4 Alasan Kenapa Kuliah di Jepang

1. Kualitas pendidikan di Jepang terbilang sangat bagus, 
Khususnya universitas- universitasnya. Ada 4 universitas jepang yang bercokol di peringkat 100 besar dunia, yaitu: Tokyo University, Kyoto university, Osaka University, dan Tokyo Institute of Technology.

2. Biaya Sekolah Relatif Murah ( untuk universitas negeri) 
Di bandingkan dengan negara - negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik lainnya, seperti USA dan UK. Biaya sekolah di universitas negeri Jepang semuanya sama sekitar 600.000 yen.

3. Kebudayaan Jepang yang Unik
Kebudayaannya yang unik membuat negari bunga sakura itu banyak di kenal masyarakat dunia, salah satunya Indonesia. Hal ini karenakan masyarakat jepang mencintai kebudayaannya sendiri dan mau menjaganya. Orang Jepang mau memakai pakaian seberat dan setebal kimono untuk sekedar menghadiri upacara resepsi pernikahan. Dari hal itu kita tahu bagaimana cintanya warga Jepang pada kebudayaannya sendiri. 

4. Bisa Nyambi Kerja 
Hal ini bisa menjadi alternative untuk mengimbangi biaya hidup yang lumayan tinggi di Jepang. Di Jepang 85% para siswa punya part time job. Yang paling banyak kerja di restoran dan selain itu ada uga cleaning service, sales, berdagang, guru bahasa asing. Gaji untuk part time job kira kira 900 -1,200 yen. Siswa yang mempunyai izin belajar bisa kerja 4 jam 1 hari atau 20 jam 1 minggu. Yang mempunyai izin visa student bisa bekerja 28 jam 1 minggu.

Kalau mau dapat part time job harus ada izin dari sekolahnya sendiri dan kantor imigrasi. Yang menjadi perhatian untuk part time job adalah tidak boleh menggangu waktu belajar, tujuannya hanya untuk menambahkan biaya sekolah. Tidak boleh bekerja di tempat hiburan malam, karaoke, dan panti pijat. Dan tidak boleh melewati waktu dari jam tertentu.


Biaya Kuliah

Untuk biaya kuliah S1 di universitas negeri di Jepang paling mahal sebanyak Rp54 juta setahun, sedangkan universitas swasta sebanyak Rp150 juta setahun. Ini cuma seperempat ketimbang biaya kuliah di Amerika Serikat. 

Sedangkan untuk calon mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Jepang sedangkan sama sekali tidak memiliki uang, pemerintah Jepang menawarkan beasiswa penuh bahkan diberikan uang saku, ada beasiswa Monbukagakusho, yang direkomendasikan Kedutaan Besar Jepang.

Untuk monbukagakusho sendiri, penerima beasiswa akan dibebaskan biaya kuliah dan akan diberikan uang saku sebesar 117.000 yen atau sekitar Rp17 juta per bulan, tiket pulang-pergi pesawat kelas ekonomi Indonesia-Jepang, dan tanpa ikatan dinas. Namun tentunya beasiswa ini harus melalui seleksi yang ketat.

Untuk masyarakat yang kurang mampu dalam segi keuangan dan juga tidak lolos dalam seleksi Monbukagakusho tidak usah takut belajar di Jepang. Karena setiap universitas di Jepang akan memberikan potongan biaya kuliah hingga 100 persen untuk mahasiswanya dengan ketentuan yang berlaku. Pemotongan biaya kuliah berbeda dengan beasiswa. Setiap mahasiswa yang sudah dapat pemotongan biaya kuliah masih memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Supaya Anda lebih mantap, ada baiknya Anda mencari sendiri informasi dengan cara datang ke Kedutaan Besar Jepang maupun ke Organisasi Pelayanan Mahasiswa Jepang (JASSO) yang memiliki perwakilan di Jakarta, atau dengan menghadiri pameran pendidikan Jepang yang rutin setiap tahunnya di Jakarta dan Surabaya.


10 Universitas Terbaik di Jepang

1. Universitas Tokyo 
Universitas Tokyo mendapat gelar peringkat tertinggi di Asia, dan menduduki peringkat ke-21 di dunia (berdasarkan Ranking Akademik Universitas Dunia). Dalam survei lain, Universitas Tokyo menduduki peringkat ke 6 di dunia.

Universitas Tokyo mulai berdiri sejak jaman Edo sebagai institusi akademik, misalnya Astronomy Agency (1684). Jumlah pendaftar mencapai 30,000 orang (6.5% ) mahasiswa asing.

2. Universitas Kyoto
Universitas berikutnya adalah universitas Kyoto, yang merupakan universitas tertua keduadi Jepang. Sama seperti Tokyo, Kyoto juga merupakan salah satu kota besar di Jepang, namun Kyoto mempunyai unsur klasik dengan memiliki ribuan kuil.

3. Universitas Osaka 
Osaka juga merupakan salah satu kota terbesar di Jepang. Universitas Osaka menduduki peringkat ke-43 di dunia. Program studi unggulannya antara lain : hukum, sains, teknik, dan pendidikan dokter.

4. Universitas Keio
Keio adalah universitas tertua di Jepang, resmi berdiri tahun 1858. Alumninya banyak yang berkecimpung di dunia politik Jepang, contohnya tiga orang yang pernah menjadi perdana menteri Jepang.

Universitas Keio cukup mendapat pengakuan dari dunia, dengan  mendduduki urutan ke-320 (berdasarkan 2012 Times Higher Education World University Rankings).

5. Institut Teknologi Tokyo
Jika Indonesia mempunyai Institut Teknologi Bandung (ITB), Jepang juga mempunyai institut teknik semacam ITB. Institut Teknologi Tokyo menduduki ranking ke-37 dunia dalam kategori perguruan tinggi teknik.

6. Universitas Hokkaido
Merupakan universitas kecil di daerah Sapporo, menduduki urutan ke 139 di dunia (berdasarkan QS World University). Coba lihat gedungnya, tetap memperhatikan penghijauan kota ya :) . Konstruksi gedung seperti ini sudah mulai diikuti oleh Perpustakaan  dan gedung fakultas rumpun kesehatan Universitas Indonesia.

7. Universitas Tohoku
Universitas Tohoku sering menduduki 50 besar universitas terbaik dunia. Universitas Tohoku mempunyai tiga prinsip penting : melakukan penelitian terlebih dahulu, kebijakan terbuka dan berorientasi praktek dan pendidikan.

8. Universitas Nagoya
Universitas Nagoya mempunyai prinsip penting , yaitu mempromosikan intelektual dengan keberanian dengan cara menyediakan pendidikan yang menghargai pemikiran independen. Prinsip tersebut ternyata tidak sekedar wacana, karena 4 alumninya memperoleh 4 nobel ternama.

Universitas Nagoya juga dikenal dunia karena sangat memelihara kesehatan lingkungan kampus. Saat ini, diperkirakan terdapat 13% mahasiswa Universitas Nagoya adalah orang asing

9. Universitas Tsukuba
Merupakan salah satu universitas tertua di Jepang (1872). Tradisi akademiknya yang kuat membawanya ke dalam 10 besar universitas terbaik di Jepang. Universitas Tsukuba mendduduki urutan ke-172 di dunia (berdasarkan QS World University Rankings). Kampus Trukuba merupakan universitas dengan area terluas di Jepang (636 yar persegi).

10. Universitas Kobe
Walaupun tergolong universitas baru, namun Universiats Kobe sudah mendapat reputasi baik di Jepang. Universitas Kobe berdiri setelah perang dunia ke II tahun 1949


PPI Jepang

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang atau disingkat PPI Jepang merupakan organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Organisasi ini didirikan di Tokyo pada tanggal 24 Juni 1953.

5-2-9 Higashi-Gotanda, 東五反田5-2-9, Shinagawa-ku(品川区),
Tokyo, 141-0022, Japan
Website : http://ppijepang.org


Jenis Beasiswa 

Sekarang ini ada ribuan mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Jepang. Sebagian besar dari mereka adalah penerima beasiswa. Baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang  atau sering disebut Monbukagakusho. Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun. 

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Jepang, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Matahari Terbit Ini
Jepang, Bagaimana Kuliah dan Tinggal di Negeri Matahari Terbit Ini
https://3.bp.blogspot.com/-7DYUO-ueQ5Y/U6KXXSeJcaI/AAAAAAAAAYA/ukTU3Do-fVE/s1600/12.png
https://3.bp.blogspot.com/-7DYUO-ueQ5Y/U6KXXSeJcaI/AAAAAAAAAYA/ukTU3Do-fVE/s72-c/12.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/jepang-bagaimana-kuliah-dan-tinggal-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/jepang-bagaimana-kuliah-dan-tinggal-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy