Kegiatan -Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di India

Kegiatan kuliah tidak terjadi pagi-malam dari Senin sampai Minggu. Banyak waktu kosong yang akan kamu miliki. Mulai dari waktu sepulang kul...

Kegiatan kuliah tidak terjadi pagi-malam dari Senin sampai Minggu. Banyak waktu kosong yang akan kamu miliki. Mulai dari waktu sepulang kuliah sampai liburan panjang. Waktu-waktu tersebut bisa kamu isi dengan berbagai kegiatan bermanfaat atau sekedar refreshing untuk menyegarkan otak. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan:


FOREIGN STUDENTS ASSOCIATION

Foreign Students Association (FSA) atau perhimpunan mahasiswa asing di India adalah organisasi yang didirikan oleh mahasiswa-mahasiswa dari mancanegara untuk mengakomodir mahasiswa asing dalam berbagai hal mulai dari akademik, budaya, olahraga sampai masalah-masalah pribadi. FSA biasanya terstruktur di tiap-tiap kota atau tiap universitas. Setiap tahun akan diadakan pemilihan pengurus FSA. Kita juga bisa bergabung di FSA, manfaatnya pun banyak sekali. Seperti yang diungkapkan Mahadnyani, mahasiswi Indonesia yang pernah menjabat sebagai General Secretary FSA Hyderabad, menurutnya dengan bergabung di FSA kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya:

• Dapat bergaul dan berinteraksi mahasiswa mancanegara. Kita bisa bertukar pendapat, pikiran, gagasan dan banyak hal. Kemungkinan saling membahu dan membantu dalam berbagai hal juga bisa didapat di organisasi ini. Hal ini akan menambah wawasan kita.

• Sebagai pemersatu mahasiswa asing dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi.

• Mengorganisir berbagai macam acara seperti budaya, kesenian, olahraga dan akademis. Kemampuan berorganisasi kita tentu akan meningkat. Hal ini juga menjadi semacam simulasi saat kita berada di dunia kerja kita.

• Kita bisa belajar berdiskusi, rapat dengan banyak pihak dan orang penting. Seperti bertemu dengan Vice Chancellor (Rektor) universitas untuk mendiskusikan masalah akademis.

Tidak harus menjadi pengurus untuk aktif, Kamu juga bisa berpartisipasi sebagai peserta dalam berbagai acara yang diadakan FSA, seperti Ahmad, yang baru saja memenangkan lomba debat antar mahasiswa asing di Hyderabad. Hal ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Kamu bisa bertanya tentang keberadaan organisasi ini di tiap universitas saat Kamu mendaftar di bagian administrasi. Beberapa FSA juga memiliki website masing-masing seperti JNU di www.fsajnu2008.blogspot.com, FSA Mysore di www.facebook.com/fisa.mysore dan alamat-alamat FSA lainnya baik berupa website, facebook group atau alamat sekertariat yang bisa kamu temukan sesuai dengan tempat kamu belajar.


WAKTU LUANG MAHASISWA

Jadwal kuliah bagi mahasiswa padat sekali. Bahkan di India, ada beberapa universitas yang tidak memberikan libur bagi mahasiswa pada hari Sabtu. Sehingga, hari Sabtu pun kita tetap harus masuk kuliah. Waktu istirahat kita pun hanya hari Minggu, dan itu pun digunakan tidak hanya untuk istirahat; yaitu untuk mencuci pakaian jika kita mencuci sendiri, membersihkan rumah, dan kegiatan-kegiatan pribadi lainnya.

Namun, Kamu juga memiliki waktu libur, seperti pada hari perayaan festival. India memiliki ratusan festival, dan banyak diantaranya menjadikan kampus libur. Contohnya pada saat festival Diwali, festival terbesar di India. Perkantoran dan perkuliah diliburkan selama 15 – 21 hari. Maka, pada saat seperti itu mahasiswa mungkin juga mendapatkan waktu luang untuk mereka gunakan dengan bijak.


Kegiatan Mahasiswa di Waktu Luang

Kegiatan di waktu luang untuk tiap mahasiswa sangatlah bervariasi. Ada mahasiswa yang memanfaatkannya untuk belajar di rumah, keluar rumah, mencari hiburan, atau juga menjadikan waktu padat dan waktu luang sama saja. Artinya, dia akan tetap belajar walaupun waktu sedang senggang. Banyak cara mahasiswa memanfaatkan waktu luang, tergantung tipe dan kebiasaan masing-masing. Kalau saya sendiri, lebih senang menghabiskan waktu untuk keliling India untuk mengenal Negara ini lebih dalam.


Terkadang ada juga kegiatan bersama, ketika waktu luang tersebut seperti liburan semester terjadi bersama dengan teman-teman mahasiswa Indonesia lainnya. Dibawah payung organisasi PPI India, mahasiswa Indonesia  sering berkumpul bersama di suatu tempat (biasanya dirumah salah satu mahasiswa). Mereka mengadakan presentasi, academic talk session, debat ilmiah, atau sekedar kumpul-kumpul bersama untuk makan dan mempererat silaturrahmi. Kegiatan seperti ini juga tidak jarang dilakukan. Biasanya teman-teman mahasiswa Indonesia akan berkumpul setiap satu bulan sekali untuk kegiatan PPI dan silaturrahmi. Acara seperti ini sangat berguna. Selain menjadi hiburan tersendiri, kita juga bisa belajar tentang pengetahuan baru dari teman kita yang mungkin memberikan presentasi atau pada acara diskusi.


Jenis Hiburan




Jika kurang tertarik dengan hal-hal berbau akademis ditengah waktu luang Kamu yang berharga, Kamu juga dapat mencari hiburan sendiri di kota. Tersedia jenis hiburan mulai dari bioskop, pameran-pameran, atau sekedar duduk-duduk di taman kota untuk santai. Jika Kamu suka keluar malam, Kamu juga bisa menikmati kehidupan India di malam hari.

Jenis hiburan bervariasi dan tidak terbatas. Kamu dapat mendapatkan jenis hiburan dari tingkatan paling hemat biaya sampai dengan yang mengeluarkan dana besar sekalipun. Tempat-tempat wisata lokal juga banyak yang menarik dikunjungi, yang menjadikan pilihan hiburan kita semakin banyak. Biaya yang diperlukan juga tidak banyak.


Olahraga

Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, maka tidak ada salahnya juga sesekali kita menghabiskan waktu luang kita untuk berolahraga. Melihat pengalaman hidup di India, mungkin sedikit diantara mahasiswa yang sering berolahraga. Padahal, selain belajar, kita juga perlu olahraga untuk kesehatan. Karena kalau sudah sakit, belajar pun tidak bisa. 


Jika kita senang berolahraga, kita bisa ikut kegiatan olahraga yang diadakan mahasiswa di kampus. Biasanya, kegiatan diadakan pada saat mahasiswa selesai kuliah, yaitu sore. Setiap kampus mempunyai pilihan kegiatan olahraga masing-masing. Yang paling umum dimiliki setiap universitas adalah kriket (cricket). Ini adalah olahraga kebanggaan masyarakat India, karena India termasuk ke dalam negara Persemakmuran Inggris. Olahraga ini sangat terkenal di semua negara Persemakmuran Inggris, termasuk di Inggris sendiri. Jika tidak suka, kita juga bisa latihan basket, sepakbola, badminton, dan lain-lain. Kegiatan olahraga oleh kampus ini tidak mengganggu kegiatan kampus dan kita bisa mengikutinya. Kalaupun harus diadakan pada saat jam kuliah, itu dikarenakan tim tersebut akan menghadapi lomba, dan jam latihan ditambah.

Jika Kamu kuliah di New Delhi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) juga sering mengadakan acara-acara olahraga, seperti sepakbola bersama, voli, atau badminton. Kamu bisa ikut serta dalam kegiatan yang diadakan KBRI, sekaligus mempererat silaturrahmi dengan pihak KBRI. Demikian juga di Hyderabad, PPI Komisariat Hyderabad sering mengadakan kumpul bersama untuk olahraga badminton. Acara biasanya dilakukan di lapangan badminton Osmania University (indoor) atau English and Foreign Language University (outdoor).
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kegiatan -Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di India
Kegiatan -Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di India
https://1.bp.blogspot.com/-xKtKaMQiWdE/U6lCva7aVFI/AAAAAAAAA5E/zRF_uiqDUWQ/s1600/beuty+lady.png
https://1.bp.blogspot.com/-xKtKaMQiWdE/U6lCva7aVFI/AAAAAAAAA5E/zRF_uiqDUWQ/s72-c/beuty+lady.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/kegiatan-kegiatan-yang-bisa-kamu-lakukan-di-india.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/kegiatan-kegiatan-yang-bisa-kamu-lakukan-di-india.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy