Kehidupan dan Perkuliahan di Inggris

Nama resmi negeri ini adalah “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland” . Ada empat negara kecil di dalamnya, yaitu England...

Nama resmi negeri ini adalah “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland”. Ada empat negara kecil di dalamnya, yaitu England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. England ibukotanya London, Scotland ibukotanya Edinburgh, Wales ibukotanya Cardiff, sedangkan Northern Ireland beribukota di Belfast. Sementara itu, Republic of Ireland tidak masuk dalam gabungan ini. Kamu tidak bisa masuk ke Republic of Ireland dengan visa Inggris.

Great Britain, atau Britania Raya, merujuk pada pulau besarnya Inggris, yang terdiri dari kerajaan (kingdom) England, kingdom of Scotland, dan principality of Wales. Orang kadang menyebut Britain untuk mempersingkat, walaupun menurut sejarahnya, nama “Britannia” sebenarnya digunakan untuk menyebut England dan Wales saja. Sementara United Kingdom adalah Great Britain tapi ditambah Northern Ireland (Northern Ireland sendiri berada pada pulau besar yang sama dengan Republic of Ireland).

Ada kalanya, negeri ini turun sebagai satu kesatuan Great Britain seperti di Olimpiade. Tapi ada kalanya saling berantem antara England, Scotland, dan Wales, seperti misalnya di Piala Eropa atau Piala Dunia. Jadi, jangan bingung antara England, Great Britain, dan United Kingdom ya. 

Tapi, entah apapun itu namanya, orang Indonesia lebih familiar dengan nama Inggris.



Iklim

Inggris merupakan pulau atau kepulauan di lepas pantai barat daratan Eropa. Dan juga letak lintangnya yang terkenal di wilayah Greendwich itu. Maka dampak dari dua hal itu, atmosfer Inggris memiliki kondisi iklim yang dipengaruhi laut serta arus laut panas. Dampak arus laut panas tersebut sangat kondusif dan nyaman bagi kehidupan di kawasan ini.

Jika kita melihat peta daerah iklim di Eropa, maka Inggris dan kawasan pantai Eropa Barat bahkan Eropa Utara memiliki iklim yang disebut Iklim Laut Pantai Barat. Ciri iklim tersebut ialah pengaruh laut lebih dominan. Musim winter-nya nyaman dan summer-nya sejuk. Hujan jatuh sepanjang tahun dan pada winter cenderung berawan tebal dan berkabut. Siang hari pada winter gejalanya pendek, berawan dan basah. Summer cerah dan nyaman serta siang hari gejalanya relatif lebih panjang.

Secara umum, Inggris maupun kawasan pantai Barat Eropa cukup memiliki iklim yang nyaman dan kondusif bagi aktivitas kehidupan dibandingkan negara-negara di kawasan Eropa lainnya.


Biaya Hidup

Tinggal di Inggris, secara garis besar dibedakan dengan dua wilayah berbeda, London dan Non-London. Perbedaan mendasarnya, biaya hidup di London lebih tinggi dibandingkan dengan tinggal di wilayah bukan London. 

Biaya sewa rumah selalu menjadi komponen biaya terbesar dari beasiswa. Satu kamar di dalam kampus bisa seharga £480-600 an, dimana harga tersebut sudah termasuk utility bill, koneksi internet, dan sebagainya. Dengan kata lain terima beres. Tapi kalau kita ingin harga yang lebih murah, sebaiknya Anda ambil yang private dan di luar kampus. Semakin jauh semakin murah. 

Biaya makan, kalau anda senang ke restoran, untuk kelas mahasiswa sekitar £2.99. Bisa juga lebih murah. Anda bisa membeli Chicken and Chips dengan porsi besar seharga £1.30. Biaya ini sangat tergantung restoran, jenis makanan dan lokasinya. Tapi pilihan bagi yang ingin berhemat adalah memasak. Di sinilah seni hidup di Inggris dimulai. Kita akan menemukan banyak hal baru dengan berburu bahan masakan dan makanan yang affordable. 

Nah, kalau kebutuhan sandang Anda kecualikan, artinya di pinggirkan sementara, maka selama satu bulan tinggal di Inggris, ini rata-rata, Anda hanya akan menghabiskan sekitar £600-700 bagi yang tinggal di asrama dan masak sendiri. Atau sekitar £400-500 bagi yang tinggal di luar kampus.


Bahasa

Tentu saja bahasa utama orang Inggris itu adalah bahasa Inggris


KBRI di Inggris

Indonesian Embassy
38 Grosvenor Square
London W1K 2HW
Tel. (020) 7499 7661
Fax. (020)7491 4993
email: kbri@btconnect.com


Pendidikan di Inggris

Inggris bisa dikatakan sebagai salah satu negara pelajar. Inggris menjadi negara kedua setelah U.S. yang paling banyak mendatangkan mahasiswa baru dari berbagai negara setiap tahunnya. Banyaknya mahasiswa yang datang tersebut karena mereka tertarik memasuki universitas yang bersekala global di negara tersebut.

Jika ditinjau dari segi pendidikan, menurut data dari KBRI London, sebagian besar pelajar/mahasiswa Indonesia di Inggris terkumpul di kota-kota Birmingham, Manchester, Leeds, dan Newcastle. Di London sendiri cukup banyak orang Indonesianya, tetapi kebanyakan bukan pelajar/mahasiswa. Kota-kota seperti Manchester, Birmingham, dan Nottingham masih jadi favorit. Sementara bidang studi yang diambil kebanyakan business/management (termasuk di dalamnya economics, finance, accounting).


Alasan Kenapa Kuliah di Inggris

Kualitas dan standar pendidikan tinggi di Inggris terkenal di seluruh dunia. Ada dua bidang yang secara khusus membuatnya menonjol: penelitian di Inggris yang telah dikenal luas di dunia serta sejarah panjang institusi pendidikannya.

Selain sebagai penyandang predikat memiliki universitas tertua dan termapan di dunia, , Inggris juga memiliki fasilitas pendidikan termodern di dunia. Pada beberapa dekade terakhir ini, Inggris telah berinvestasi besar-besaran dalam dunia pendidikan. Ini berarti Anda dapat mengakses teknologi paling mutakhir, diajar oleh para dosen dan profesor yang ahli di bidangnya masing-masing, serta fasilitas penunjang pendidikan yang terbaik.

Berikut ini adalah alasan kenapa Inggris sangat cocok menjadi tempat kuliah Anda.

1. Hampir Semua Mahasiswa dari Berbagai Negara ada di Inggris. 
Inggris merupakan tempat tinggal bagi 410.000 lebih mahasiswa internasional. Namun, bukan hanya cerita sukses mahasiswa internasional yang menjadikan Inggris pilihan yang tepat untuk belajar, tetapi juga keberagaman mahasiswa internasional yang membuat Inggris menjadi lokasi yang unik untuk belajar. 

Anda akan menjadi bagian komunitas mahasiswa yang diwakili oleh nyaris setiap negara di dunia, belajar berdampingan dengan beragam mahasiswa yang membawa pengalaman mereka ke dalam ruang kuliah, ruang ceramah atau di laboratorium akan menambah segala yang telah Anda peroleh dari para pembimbing.

2. Inggris juga menawarkan pendidikan hemat biaya. 
Pendidikan jenjang sarjana dan pascasarjana di Inggris cenderung lebih intensif dibanding dengan kebanyakan negara-negara lain, artinya Anda akan mendapat kualifikasi yang diakui secara internasional dan siap memasuki pilihan karir Anda relatif lebih cepat. Sepanjang proses ini, sistem pendidikan di Inggris juga akan mendukung Anda.

 Jumlah mahasiswa yang putus belajar di Inggris relatif lebih sedikit dibanding hampir di setiap negara lain. Di banyak universitas-universitas di Inggris, lebih dari 95% mahasiswa dapat menyelesaikan studi mereka - ini merupakan bukti tentang dukungan yang mereka terima sepanjang masa kuliah.

3. Fasilitas Publik Sangat Berkualitas
Keuntungan lain dengan memilih Inggris sebagai tempat kuliah adalah keberadaan sederet bandara internasional. Selain itu, England juga memiliki Channel Tunnel, terowongan di bawah Selat Channel yang menghubungkan Inggris dengan daratan Eropa, jaringan rel kereta api luas, pilihan penerbangan dan penyeberangan feri dengan harga murah, yang membuat Anda tidak akan pernah merasa jauh dari Eropa atau dari negara-negara lain.

4. Pendidikan Bermutu 
Di Inggris terdapat lebih dari 90 universitas dan masih banyak lembaga pendidikan tinggi lainnya. Para alumni internasional lembaga pendidikan di Inggris termasuk para tokoh politik dan pengusaha berpengaruh kuat di dunia.

Untuk memperoleh gelar sarjana di Inggris dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu tiga tahun dan untuk gelar master (pascasarjana) hanya satu tahun. Sementara di kebanyakan negara-negara lain membutuhkan waktu selama empat dan dua tahun. 

5. Lingkungan Belajar yang Kondusif
Lingkungan di Inggris merangsang mahasiswa untuk berpikir secara efektif, kreatif dan mandiri. Para ilmuwan dan institusi pendidikan di Inggris telah meraih hampir 100 Hadiah Nobel untuk prestasi ilmiah mereka. Inggris  juga terkenal dalam membina bakat kreatif dan merupakan tempat penuh inspirasi untuk belajar. Kemampuan berbahasa Inggris adalah sangat penting bagi kemajuan karir Anda. 

Para mahasiswa dianjurkan untuk membaca secara luas, bertanya dan menganalisis apa yang telah dibaca, mendiskusikan secara terbuka gagasan-gagasannya dalam seminar dan tutorial, dan membenamkan diri dalam bahasa Inggris.

6. Banyak hiburan olahraga menarik, terutama sepakbola
Siapa yang tidak kenal dengan sepakbola liga Inggris? Liga inggris adalah ajang pertandingan sepakbola paling kompetitif di dunia untuk saat ini. Nah, di waktu-waktu senggang kuliah, Anda bisa melihat secara langsung pertandingan liga Inggris di stadion Old Trafford, Etihad Stadium, Emirates Stadium, Stamford Bridge, Anfield Stadium, dan banyak lagi.

7. Keamanan
Sebagai negara maju, tentunya keamanan warga di Inggris dijaga dengan baik. Tentunya Anda ingin juga merasa aman beraktivitas. Apalagi di malam hari. Berkativitas tanpa perlu khawatis menjadi korban kejahatan. Di Inggris, hanya sekitar 2% orang yang mengaku pernah menjadi korban kejahatan. Bahkan 71% orang di Inggris mengaku merasa aman berjalan sendirian di malam hari.


Biaya Kuliah

Untuk mendapatkan peringkat sarjana Inggris, dibutuhkan dana sekitar 13.000 poundsterling atau sekitar Rp. 200 juta. Perkiraan biaya kuliah di Inggris per tahun adalah sekitar £ 4,500 - 15,000. Kemudian untuk tinggal dan makan sekitar £ 5,000 -  8,000. Kebutuhan uang saku sekitar £ 2,500 -  3,000. Kemudian untuk keperluan buku-buku sekitar £ 500 -  1,000. Total dana yang diperlukan per tahun adalah £ 12,500 - 27,000. Tergantung universitasnya dan tergantung gaya hidup Anda.




10 Universitas Terkenal di Inggris

Di bawah ini adalah daftar 10 universitas terbaik di Inggris:

Universitas Cambridge adalah universitas terbaik di Inggris. Dibawah Oxford, Cambridge menjadi universitas tertua kedua di Inggris. Alumni universitas ini sudah mengumpulkan sebanyak 65 Nobel. Bersama dengan Imperial College London dan University College London, University of Cambridge merupakan golden triangle universitas di Inggris.

London School of Economics adalah universitas yang fokus pada social sciences. Memiliki perpustakaan dengan koleksi buku terbanyak di dunia. London School of Economics juga salah satu universitas dengan biaya masuk termurah dibandingkan universitas lain di Inggris.

Universitas Oxford meruapakan universitas tertua di Inggris dan universitas tertua kedua yang bisa survive hingga saat ini. Universitas Oxford terkenal karena banyak menciptakan lulusan yang menjadi orang penting dan terkenal.

Imperial College London bernama lengkap The Imperial College of Science, Technology and Medicine. Universitas ini berfokus pada biomedical research dan sudah mendapatkan 14 Nobel.

Universitas Durham merupakan salah satu universitas tertua di Inggris. Universitas ini juga kedua tertinggi dalam hal private education di Inggris.

Universitas St. Andrews berlokasi di Fife, Skotlandia. Universitas ini terkenal dengan program Fisika dan Astronomi yang mereka sediakan. Program tersebut terbaik kedua setelah Cambridge.

Universitas Warwick bisa ditemukan di kota Coventry. Universitas riset yang satu ini terkenal karena program riset dan jaringannya yang kuat ke dunia industri. Lulusan Universitas Warwick banyak dicari oleh perusahaan.

Satu lagi universitas riset di Inggris. Merupakan perguruan tinggi pertama yang ada di London. Hingga saat ini University College London sudah mengoleksi 26 Nobel.

Universitas Lancaster terletak di kota Lancashire. Universitas ini terkenal sebagai universitas riset. Mereka selalu mengutamakan kualitas riset yang tinggi.

Universitas Bath pertama kali mendapatkan status sebagai universitas pada tahun 1963. Sebelumnya universitas ini bernama Bristol Trade School di tahun 1856. Lalu kemudian berkembang hingga akhirnya pada tahun 1966 berubah nama menjadi University of Bath.


PPI Inggris

Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) adalah organisasi yang terdiri dari pelajar-pelajar Indonesia yang terjaring di berbagai kota di United Kingdom melalui PPI Cabang dan Perwakilan. Sampai saat ini telah terdapat 32 PPI Cabang di wilayah United Kingdom. Apabila anda adalah seorang warganegara Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di UK, maka anda adalah bagian dari keluarga besar PPI UK. Anda bisa mengakses informasi PPI UK di website resmi PPI UK : http://ppiuk.org/.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kehidupan dan Perkuliahan di Inggris
Kehidupan dan Perkuliahan di Inggris
https://2.bp.blogspot.com/-aCnqGQS45sc/U6LlcnzUokI/AAAAAAAAAdw/romatQUb0lc/s1600/london.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aCnqGQS45sc/U6LlcnzUokI/AAAAAAAAAdw/romatQUb0lc/s72-c/london.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/kehidupan-dan-perkuliahan-di-inggris.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/kehidupan-dan-perkuliahan-di-inggris.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy