Kuliah di Turki, Negeri Asia Rasa Eropa

Berbicara tentang Turki, ada banyak hal menarik yang bisa kita diskusikan disini. Yang pertama adalah, pandangan orang awam bahwa Turki ada...

Berbicara tentang Turki, ada banyak hal menarik yang bisa kita diskusikan disini. Yang pertama adalah, pandangan orang awam bahwa Turki adalah negara islam. kebanyakan orang awam mengetahui bahwa Turki adalah negara yang berkependudukan islam. Memang benar semua penduduk di Turki beragama Islam, tapi walaupun demikian banyak juga budaya-budaya eropa yang sudah merambah ke negara ini. 

Kemudia dari segi kepadatan penduduk di Ankara, ibukota Turki. Hampir setiap hari di sudut kota, apalagi di pusat kota selalu ramai akan manusia. Bahkan di jalanan ibukota Jakarta yang padat akan kendaraan pun bisa tersaingi dengan padatnya manusia di Ankara. Hampir setiap alat transportasi di Ankara selalu penuh sesak, apalagi waktu jam-jamnya kerja. Kehidupan di Ankara pun sangat panjang, dari pagi sampai pagi lagi tetep masih ramai akan kegiatan para penduduknya. 

Hal yang sama juga terjadi di Istanbul, bahkan kota terbesar di Turki ini lebih ramai dari pada ibukota. Hal ini mungkin disebabkan letak geografis dan sejarah kota Istanbul sendiri, yang berada diantara 2 benua, yang langsung dipengaruhi oleh budaya eropa dan memiliki sejarah masa lalu yang sangat menarik.

Kemudian untuk perihal transportasi, transportasi Indonesia sudah tertinggal jauh dengan Turki. Selain ada sistem metro bawah tanah selayaknya negara eropa lainnya, Turki juga mempunyai kereta gantung. Di Indonesia kereta gantung ini banyak kita jumpai di tempat-tempat rekreasi, misalnya di TMII. Selain transportasinya yang maju, sistem transportasinya pun tidak amburadul dan selalu sesuai jadwal. Dari pagi jam 5 hingga malam jam 11 selalu ada kendaraan yang siap, kebersihan di setiap armadanya pun terjaga walaupun saya juga sering melihat bangku bis kota ada coretan spidol selayaknya angkutan di Indonesia.

Dan satu hal lagi yang sering menjadi perdebatan banyak orang, Turki adalah satu negara dengan dua benua. Secara letak geografis, separuh wilayah dari Istanbul berada di kawasan Benua Eropa, sementara setengahnya lagi berada di Benua Asia. Keduanya dipisahkan oleh selat bosforus yang dihubungkan oleh 2 jembatan, jembatan Bosphorus dan jembatan Sultan Ahmed, yang panjangnya mencapai 1,5 km. Yang ini jelas merupakan karakteristik paling unik milik Turki secara umum, dan Istanbul secara khusus.



Iklim

Turki termasuk negara yang memiliki empat musim. Ada musim panas pada Juni-Agustus, musim gugur pada September-November, musim dingin pada Desember-Februari, dan musim semi pada Maret-Mei.

Perlu diketahui bahwa perbedaan waktu antara Indonesia dengan Turki adalah empat jam pada musim panas dan lima jam pada musim dingin. Pada akhir bulan Oktober dan akhir bulan Maret terdapat perubahan jam, dimana jam dimajukan atau dimundurkan satu jam.


Biaya Hidup

Biaya hidup di Turki tergolong 2 kali lebih mahal di bandingkan dengan di Indonesia. Mengacu kepada standar hidup minimum di kota Istanbul bagi pelajar/mahasiswa undergraduate berikut rincian sederhana (di luar gaya hidup seperti biaya nonton bioskop, harga makanan-minuman di café atau restaurant hingga belanja barang-barang bermerk).

Seorang mahasiswa internasional rata-rata di Turki akan menghabiskan sekitar 400-500 USD per bulan pada biaya akomodasi, makanan, pakaian, hiburan, transportasi dan telepon. Buku dan biaya administrasi sekitar 100-150 USD per semester. Ingat, jumlah tadi tergantung pada lokasi Anda tinggal, gaya hidup dan program gelar yang Anda jalani. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang biaya hidup dari institusi Anda secara langsung.


Bahasa

Bahasa Turki adalah bahasa resmi Negara Republik Turki. Hampir 90% dari kurang lebih 74 juta jiwa penduduk di turki menggunakan bahasa ini.

Bahasa Turki adalah salah satu dari bahasa asia yang berasal dari rumpun bahasa Altaic. Seperti yang kita tahu rumpung dari Bahasa Altaic antara lain Bahasa Korea, Bahasa Jepang, bahasa mongolia, dsb.


KBRI di Turki

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki
Abdullah Cevdet Sokak No. 10, Cankaya 06680
Ankara, Turkey
PO. BOX 42
Telp : (90-312) 438-2190
Fax : (90-312) 438-2193
Surel : indoank@marketweb.net.tr
http : ankara.kemlu.go.id


Pendidikan di Turki

Kuliah di luar negeri dengan beasiswa tentu sudah menjadi impian bagi setiap orang di Indonesia. Apalagi dengan mahalnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia saat ini tentunya bisa kuliah gratis. Ditambah lagi dapat menikmati  kehidupan di luar negeri yang berbeda budaya, tentu akan menjadi satu pengalaman hidup tersendiri. Salah satu negara yang belakangan ini menjadi tujuan belajar para calon mahasiswa Indonesia adalah Turki.

Turki adalah negara yang cukup unik karena berada di persimpangan dua benua yaitu Asia dan Eropa terutama kota tua İstanbul atau yang dulu disebut Konstantinopel. Kota İstanbul memang dibelah menjadi dua bagian yaitu di Asia dan Eropa, bagian utara berada di benua Eropa dan selatan di benua Asia. Selain itu Turki juga banyak menyimpan koleksi benda bersejarah mulai dari zaman pra sejarah hingga kekhalifahan terbesar di dunia Islam, Utsmaniyah. Dengan latar belakang itulah Turki menjadi negara yang kaya akan muatan sejarah dan budaya. Alasan inilah yang banyak menarik minat mahasiswa Indonesia untuk belajar di Turki selain juga wilayah geografis yang sudah masuk ke dalam benua Eropa.

Studi di Turki bisa ditempuh dengan beberapa jalan yaitu biaya sendiri (bagi yang memiliki cukup biaya) dan beasiswa. Untuk studi di Turki dengan biaya sendiri maka prosedur yang harus dilakukan memang cukup rumit terutama untuk warga negara asing. 


7 Alasan Kenapa Kuliah di Turki

Untuk mahasiswa internasional, Turki memiliki banyak hal yang ditawarkan : pendidikan berkualitas tinggi dan populasi yang sangat multikultural, kota hidup dan pemandangan indah, seni, budaya dan sejarah yang menarik. Tinggal dan belajar di Turki akan menginspirasi Anda dan mengubah perspektif Anda tentang Negara tersebut.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan lain mengapa Turki cocok untuk menjadi tempat kuliah :

  1. Jumlah perguruan tinggi negeri di Turki adalah untuk mencapai 100
  2. Ada banyak perguruan tinggi negeri mapan di Turki
  3. Jumlah mahasiswa internasional di Turki terus meningkat
  4. Tingkat kualitas pendidikan di perguruan tinggi negeri cukup baik, dimana bahasa pengantar adalah bahasa Inggris, yang merupakan bahasa standart
  5. Universitas-universitas Turki memberikan gelar yang diakui secara internasional dengan biaya kuliah yang terjangkau.
  6. Memiliki misi untuk mendukung mahasiswa dengan berbagai beasiswa
  7. Universitas-universitas Turki menjamin mahasiswa internasional belajar di lingkungan yang aman dan ramah.



Biaya Kuliah

Biaya pendidikan bervariasi tergantung apakah universitas swasta atau didanai publik. Di universitas negeri, biaya semester sekitar 300 USD, sedangkan di universitas swasta biaya kuliah bisa mencapai ribuan. Informasi tentang biaya pendidikan yang terbaik bisa dicari langsung dari institusi yang Anda inginkan. PTS biaya lebih mahal daripada kampus negeri dan studi pascasarjana lebih mahal daripada studi sarjana.

Biaya kuliah untuk program gelar perguruan tinggi ditetapkan oleh pemerintah pada setiap awal tahun akademik. Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional bervariasi tergantung pada programnya. Biaya kuliah tahunan perkiraan adalah sebagai berikut :

Untuk Program SARJANA
a) Universitas yang memakai bahasa Turki :
Warga Turki : 80-250 USD
Warga negara asing : 240-750 USD

b ) Universitas yang memakai bahasa Inggris :
Warga Turki : USD 150-500 USD
Warga negara asing : USD 450 - 1500 USD


10 Universitas Terkenal di Turki

1. Middle East Technical University
2. Ankara University
3. Istanbul University
4. Sabanci University
5. Istanbul Technical University
6. Hacettepe University
7. Bilkent University
8. University of Anatolia
9. Bogaziçi University
10. Ege University


PPI Turki

Organisasi awal yang dibentuk oleh pelajar Indonesia di Turki adalah Insan Turki (Indonesian Student Association in Turkey) yang didirikan di Ankara pada tahun 2007 dan menjadi cikal bakal berdirinya PPI Turki. 

Perkembangan pesat jumlah pelajar Indonesia di Turki dan makin berkembangnya masalah yang dihadapi mendorong para pelajar untuk melakukan penataan organisasi dengan perangkatnya yang lebih merangkul dan melayani. Melalui musyawarah besar yang dihadiri perwakilan pelajar-pelajar yang saat itu tersebar di seluruh Turki disepakati untuk membentuk sebuah organisasi pelajar berbentuk perhimpunan yaitu Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki) bersifat independen, akademis dan demokratis serta beretika. Sekarang Anda bisa mengakses ppiturki.org untuk informasi lebih lengkap.


Jenis Beasiswa 

Pemerintah Turki setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada lebih dari 100 siswa asal Indonesia untuk kuliah di Turki melalui program beasiswa.

Beasiswa ini mencakup semua biaya, termasuk kuliah, uang saku bulanan, akomodasi, hingga tunjangan kesehatan. Menurut informasi dari laman Pemerintah Turki, besaran uang saku per bulan yang diterima yakni 500 lira Turki atau setara Rp2,7 juta untuk program diploma dan sarjana, 750 lira Turki atau Rp4,1 juta dan 1.000 lira Turki atau Rp5,5 juta.

Sementara itu, untuk biaya akomodasi, setiap mahasiswa dapat tinggal di asrama yang disediakan oleh kampus mereka secara gratis. Namun, apabila mereka ingin tinggal di luar asrama, biaya itu harus ditanggung pribadi.

Tenggat waktu untuk pengajuan beasiswa pada tahun selanjutnya, menurut Zekeriya, ada pada bulan Maret dan Mei 2014. Pemerintah Turki lewat Dubes Turki untuk Indonesia menjamin semua pelajar asing yang berkuliah di Turki akan merasa aman.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kuliah di Turki, Negeri Asia Rasa Eropa
Kuliah di Turki, Negeri Asia Rasa Eropa
https://3.bp.blogspot.com/-N_HmlC_d9n0/U6LheGsGOuI/AAAAAAAAAdk/HRwRmnfAvZg/s1600/Hagia_Sophia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-N_HmlC_d9n0/U6LheGsGOuI/AAAAAAAAAdk/HRwRmnfAvZg/s72-c/Hagia_Sophia.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/kuliah-di-turki-negeri-asia-rasa-eropa.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/kuliah-di-turki-negeri-asia-rasa-eropa.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy