Selandia Baru, Alternatif Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri

Jika mendengar kata Selandia Baru, biasanya yang ada dipikiran kita adalah negara yang memiliki kesan segar, hijau, dan indah. Memang benar...

Jika mendengar kata Selandia Baru, biasanya yang ada dipikiran kita adalah negara yang memiliki kesan segar, hijau, dan indah. Memang benar, Selandia Baru bisa dikatakan mempunyai kondisi geografis yang mirip dengan Indonesia. Negara ini memiliki hamparan lahan berbukit dan landai. Selandia Baru adalah contoh nyata salah satu negara yang berhasil memajukan kehidupan petani dan peternak. Dan juga sukses mengolah berbagai industri yang berkaitan dengan pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

Selandia Baru terbagi menjadi dua pulau yaitu Utara dan Selatan dengan bentuk permukaan yang menyerupai pulau Sulawesi dan Jawa. Negara ini merupakan negara maju dengan kontribusi hasil pertanian, perternakan dan perkebunan yang cukup besar. Tidak heran, produk-produk hasil pertanian, perikanan, perkebunan merupakan kekuatan utama dalam mendatangkan devisa. Hampir 50% komoditas ekspor Selandia Baru berasal dari industri pertanian yang diekspor ke negara-negara tetangga seperti Australia, Amerika, China, Jepang dan Inggris.


Iklim

Iklim Selandia Baru terbagi atas 4 musim, yaitu musim panas (Januari dan Februari), musim gugur (Maret-Mei), musim dingin (Juni-Agustus), dan musim semi (September-November). Iklimnya pada musim dingin relatif sejuk dan basah, serta musim panas yang hangat dan kering. Iklimnya bukan termasuk subtropis, kecuali jauh di bagian utara. 


Biaya Hidup

Biaya hidup di Selandia baru kurang lebih sekitar US$20,000/tahun. Itu sudah termasuk standar akomodasi, makan, dan transportasi.


Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling luas digunakan di Selandia Baru, dipertuturkan oleh 98% penduduk. Bahasa Inggris Selandia Baru adalah serupa dengan Bahasa Inggris Australia dan ada banyak penutur dari belahan utara bumi yang tidak mampu mengucapkan aksen ini. 


KBRI di Selandia Baru

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Selandia Baru
70 Glen Road, Kelburn,
Wellington 6012, Selandia Baru
PO BOX 3543 

  • Tel : 64-4-4758 697/98/99
  • Fax : 64-4-4759 374
  • Email : info@indonesianembassy.org.nz



Pendidikan di Selandia Baru

Selama ini, sebagian besar orang selalu mengincar peluang melanjutkan studi ke benua Eropa, Amerika, atau terbatas hanya di Australia saja. Padahal, tidak jauh dari negeri kanguru tersebut, terdapat satu negara kecil yang juga memiliki kualitas pendidikan tidak kalah dengan pendidikan di negara lain.


Alasan Kenapa Kuliah di Selandia Baru

Berikut lima keunggulan dari belajar di Selandia Baru:

1. Kualitas pendidikan yang baik
Sebagai salah satu negara persemakmuran Inggris, kualitas pendidikan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Inggris karena sistem yang dianut diadopsi dari sistem pendidikan Inggris yang menawarkan World Class University. Selain itu, fasilitas pendidikan dan perpustakaannya lengkap sehingga memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas.

2. Lingkungan yang menyenangkan
Lingkungan sosial di Selandia Baru sangat menyenangkan dengan penduduk yang ramah. Berbagai macam hiburan dan tempat wisata yang beragam bisa dijadikan pilihan saat waktu luang. Untuk mahasiswa Indonesia, meski jumlahnya sedikit, tetapi kekeluargaan yang dijalin dengan sesama Indonesia maupun mahasiswa lain biasanya sangat kuat.

3. Biaya kuliah dan biaya hidup yang murah
Selandia Baru memiliki penawaran menarik untuk masyarakat Indonesia, yaitu kebijakan pemerintah yang mengenakan biaya domestik untuk mahasiswa internasional di seluruh universitas Selandia Baru. Dengan demikian, mahasiswa hanya membayar sesuai dengan biaya kuliah di universitas negeri di Indonesia. Untuk biaya hidup, apabila dibandingkan dengan negara lain, maka Selandia Baru jauh lebih murah. 

4. Hubungan yang dekat antara mahasiswa dengan dosen
Biasanya kan mahasiswa segan untuk banyak berbicara dengan dosen, maka di Selandia Baru justru mahasiswa didorong untuk lebih banyak berkomunikasi dengan dosen. Tujuannya untuk membuka wawasan pengetahuan yang belum dipahami. Dosen juga biasanya lebih terbuka, dan menyempatkan waktu bertemu dengan mahasiswanya di lokasi yang sesuai untuk belajar.

5. Peluang kerja terbuka lebar bagi lulusan Selandia Baru
Banyaknya jurusan yang ditawarkan di Selandia Baru dan kualitas pendidikan yang bermutu, membuat lulusan dari Selandia Baru banyak dicari sehingga tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan. Bahkan, tidak sedikit mahasiswa luar yang belajar di Selandia Baru langsung lanjut bekerja di negeri kiwi ini.


Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Selandia Baru bisa dikatakan standart. Bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan Australia dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah baiknya. Biaya kuliah di Selandia Baru adalah sekitar NZ$15,000-NZ$25,000/tahun untuk Diploma/Sarjana. Sedangkan untuk Pasca-Sarjana berkisar antara NZ$20,000-NZ$25,000/tahun.


10 Universitas Terbaik di Selandia Baru

Berikut ini adalah delapan universitas terbaik yang ada di New Zealand :
1. The University of Auckland
2. Auckland University Technology
3. Waikato University
4. Victoria University of Wellington
5. Massey University
6. University of Canterbury
7. Lincoln University Canterbury 
8. Otago University 


PPI Selandia Baru

Alamat pos : PO Box 3543, Wellington 6140
Alamat fisik : 70 Glen Road, Kelburn, Wellington 6012
Telepon : +64 4 475 8697/ 98 / 99 (KBRI reception)
Fax : +64 4 475 9374


Jenis Beasiswa 

Beasiswa ke Selandia Baru yang terkenal adalah The New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZ-AS). Dari beasiswa ini, pemerintah Selandia Baru berusaha memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah ASEAN dengan memberikan kesempatan beasiswa untuk studi pascasarjana yakni Postgraduate Diploma, gelar Master dan doktor/PhD di Selandia Baru.

Beasiswa tersebut merupakan kepedulian dari pemerintah Selandia Baru untuk memberikan bantuan resmi pembangunan ke kawasan ASEAN. Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT) serta program bantuan lainnya dengan memberikan skema beasiswa.

Kriteria umum bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa ini, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) dan telah tinggal di Indonesia paling tidak selama dua tahun pada saat aplikasi. Tidak memiliki kewarganegaraan atau status tinggal permanen untuk di Selandia Baru, Australia, atau negara lain. Tidak memiliki atau telah mendapatkan beasiswa 24 bulan pada saat aplikasi ke Selandia Baru atau Pemerintah Australia.

Selain itu, untuk umur sebaiknya berada di bawah 40 tahun pada saat aplikasi. Sementara bagi guru dan di bawah 45 tahun untuk doktor/studi PhD. Tidak memegang kualifikasi pada tingkat yang sama atau dalam bidang yang sama dari studi tingkat yang sama, artinya pemegang gelar sarjana harus mendaftar untuk Master atau studi PhD, dan lulusan Guru harus mendaftar untuk studi PhD.

Persyaratan selanjutnya adalah Bahasa Inggris, yaitu IELTS memiliki minimum (akademik) 5,5 secara keseluruhan, dengan tidak kurang dari 5,0 atau skor TOEFL lebih dari 513, artinya tidak lebih dari 24 bulan pada saat melamar dan hasil tes internasional yang disukai.

Bagi yang kemampuan Bahasa Inggrisnya masih kurang, jangan khawatir. Akan ada pelatihan Bahasa Inggris sebelum berangkat ke Selandia Baru dan ditanggung oleh pemerintah Selandia Baru bagi yang lolos mendapatkan beasiswa.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Selandia Baru, Alternatif Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri
Selandia Baru, Alternatif Bagus untuk Kuliah di Luar Negeri
http://3.bp.blogspot.com/-jLrSZKUzDOs/U6LOcSx_KHI/AAAAAAAAAcQ/tj5hmzGfLzI/s1600/new+zeland.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-jLrSZKUzDOs/U6LOcSx_KHI/AAAAAAAAAcQ/tj5hmzGfLzI/s72-c/new+zeland.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/selandia-baru-alternatif-menarik-untuk-kuliah-di-luar-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/selandia-baru-alternatif-menarik-untuk-kuliah-di-luar-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy