Semua Hal tentang Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India)

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan organisasi para pelajar Indonesia di luar negeri. Organisasi ini ada di hampir seluruh negara...

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan organisasi para pelajar Indonesia di luar negeri. Organisasi ini ada di hampir seluruh negara yang memiliki mahasiswa Indonesia, terutama yang mencukupi untuk membentuk organisasi ini (nama terkadang sedikit berbeda di beberapa negara, seperti Permitha di Thailand. Permitha adalah Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand). Organisasi ini merupakan organisasi non-profit, bertujuan untuk menjadi media silaturahmi antar mahasiswa dan juga masyarakat Indonesia di India, mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis dan non-akademis, untuk memajukan para pelajar Indonesia di negara tersebut, dan juga beberapa kegiatan lainnya.


Sejarah

Sejarah mahasiswa Indonesia di India sudah dimulai sejak puluhan tahun yang lalu. Semakin bertambahnya jumlah mahasiswa yang berdatangan membuat munculnya ide untuk membuat sebuah wadah perkumpulan bagi mahasiswa Indonesia di India. Tujuan utamanya adalah untuk menjalin tali komunikasi. PPI India resmi berdiri pada 16 Februari 1997 bersamaan dengan dideklarasikannya “Deklarasi Safdarjung”.
Info Singkat PPI India

Nama Organisasi : Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India)
Sekretariat : 50-a, Chanakyapuri, Kautilya Marg, New Delhi 110021
Situs         : www.ppiindia.wordpress.com; www.ppi-india.org


PPI India Komisariat

Agra
Aligarh
Bangalore - Mysore
Delhi
Hyderabad
Pune-Mumbai
Roorke


DEKLARASI  SAFDARJUNG

Proses pembangunan nasional di Indonesia telah menunjukkan berbagai hasil  yang mengagumkan di berbagai aspek kehidupan. Menyadari akan arti pentingnya melanjutkan serta mensukseskan pembangunan nasional yang berkesinambungan telah mendorong lebih banyak putra-putri Indonesia meninggalkan bumi pertiwi untuk menimba berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Sementara teknologi komunikasi dan informasi telah manjadikan hubungan antar negera begitu dekat dan hampir tak berjarak, sehingga dari waktu ke waktu, gelombang kedatangan pelajar Indonesia ke India semakin meningkat. Untuk menciptakan sarana komunikasi yang lebih intens antara sesama pelajar Indonesia di India dan ikut serta dalam dinamika pembangunan bangsa, maka dengan ini kami pelajar Indonesia di India sepakat untuk mendirikan suatu perhimpunan yang di beri nama:


PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA (PPI)

Demikianlah deklarasi safdarjung ini kami cetuskan bersama di New Delhi pada tanggal 16 februari 1997.
Atasnamaseluruhpelajar Indonesia di India.

Sa' ban H. Muhammad   Muhammad Mujab


MARS PPI INDIA


Di rentang waktu berkiprah mulia
Membangun visi untuk berkarya
Mendukung reformasi
Demi ibu pertiwi
Menggapai abad modernisasi

Reff:
PPI India menggalang persatuan
Rapatkan barisan menapak dinamika
Majulah 
Bangkitlah
Wahai putera-puteri bangsa

PPI India wadah kaum pelajar
Luaskan wawasan calon intelektual
Majulah
Bangkitlah
Wahai generasi bangsa

Raihlah demi bakti
Ilmu dan teknologi
Membangun masyarakat madani




Kegiatan

Dewan Pimpinan (DP) PPI India bermarkas di New Delhi, ibu kota India. Ini dimaksudkan untuk memudahkan komunikasi antara PPI India sendiri dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di New Delhi.

Kegiatan PPI India terfokus pada kegiatan akademis. Kegiatannya adalah seperti pembuatan Jurnal PPI India, latihan menulis ilmiah, seminar jurnalistik, sampai lomba menulis cerita pendek untuk merangsang minat menulis mahasiswa. Kegiatan-kegiatan ini disesuaikan dengan tujuan organisasi, yaitu untuk meningkatkan kualitas keilmuan mahasiswa Indonesia yang berada di India. Namun, tidak jarang juga kegiatan bersifat hiburan seperti mengadakan panggung gembira untuk tahun baru, atau memenuhi undangan-undangan untuk mengisi tarian tradisional Indonesia di kota-kota di lain, seperti di Ayodhya atau Bhopal. 

Kegiatan PPI India juga ada di masing-masing komisariat. Tidak berbeda dengan kegiatan di PPI India pusat, kegiatan di komisariat juga bertujuan meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa. Diskusi-diskusi ilmiah yang diisi oleh pembicara dari kalangan mahasiswa sendiri, dari segala disiplin ilmu yang dikuasai oleh para mahasiswa sering dilakukan oleh masing-masing komisariat. Berbagai kegiatan lainnya juga diadakan oleh komisariat, seperti PPI Hyderabad yang pada Bulan April 2012 ini mengadakan Kejuaraan Badminton antar Negara yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Negara.

Semua kegiatan di PPI Komisariat di sinkron-kan dengan kegiatan di PPI India pusat. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi bentrokan antara kegiatan di pusat dengan komisariat, agar kerja mereka sinkron, agar PPI Komisariat bisa menjadi perpanjangan tangan dari PPI India pusat dengan baik, dan semua program kerja dapat direalisasikan. Program-program kerja kecil, baik yang dilakukan oleh pusat maupun komisariat, tetapi tidak direncanakan sebelumnya akan dilaporkan sebagai program kerja tambahan, dan tidak ada pertanggungjawaban atas program tersebut kepada Musyawarah Tahunan Anggota (MTA).

Salah satu program besar yang akan diadakan oleh PPI India adalah Simposium Internasional PPI Dunia yang akan diadakan pada Bulan Desember 2012. Acara ini akan mengundang perwakilan pelajar Indonesia dari seluruh dunia termasuk yang dari Indonesia. Simposium ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada bangsa melalui peran pelajar Indonesia untuk mewujudkan kemadirian bangsa di bidang politik, ekonomi, dan budaya.

Pengurus

Untuk PPI India sendiri, kepengurusan terbagi atas dua bagian, yaitu Dewan Pimpinan (DP) yang memiliki otoritas atas mahasiswa Indonesia di seluruh India, dan Dewan Komisaris (DK) yang merupakan para Ketua dari PPI India wilayah (PPI Komisariat), dan menjadi perpanjangan tangan langsung dari Dewan Pimpinan kepada mahasiswa di daerah. Saat ini, PPI India Komisariat terdiri dari 7 wilayah, yaitu: PPI India Komisariat Agra,PPI India Komisariat Aligarh, PPI India Komisariat Bangalore-Mysore, PPI India Komisariat Hyderabad, PPI India Komisariat New Delhi (dibedakan dengan DP PPI India), PPI India Komisariat Pune-Mumbai dan PPI India Komisariat Roorkee. 

Pada awalnya, kegiatan PPI India akan seluruhnya diatur dan dilaksanakan oleh pengurus PPI India di pusat. Namun, mulai tahun 2009, PPI India terdesentralisasi dan menyerahkan kegiatan masing-masing daerah kepada PPI Komisariat, agar kegiatan lebih ter-cover. Desentralisasi ini dilakukan karena PPI India susah mencakup kegiatan pada semua PPI Komisariat, dibarengi dengan wilayah India yang begitu luas. Hingga pada akhirnya, PPI India memberikan kewenangan kepada masing-masing komisariat untuk menentukan sendiri kegiatan-kegiatan mereka.

PPI India pusat mengadakan Musyawarah Tahunan Anggota (MTA) setiap tahun. MTA adalah ajang penyampaian laporan pertanggung- jawaban Ketua Umum lama. Dalam MTA, dan juga akan dipilih Ketua Umum baru untuk memimpin PPI India selama satu tahun ke depan. Semacam Pemilu, dalam MTA akan juga diadakan debat antar calon ketua, penyampaian visi dan misi mereka untuk PPI, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pengurus, pemilihan dilakukan oleh Ketua Umum seluruhnya, tanpa ada pemilu. Itu menjadi hak prerogratif Ketua Umum yang terpilih. Hanya akan mungkin akan diberikan masukan-masukan oleh para mantan pengurus, agar Ketua Umum bisa mendapatkan lebih banyak pertimbangan.

Sumber Dana PPI India

Dalam melaksanakan kegiatannya, PPI India dibantu oleh iuran wajib oleh pengurus dan anggota organisasi. Selain itu, PPI India juga bisa mengajukan proposal bantuan dana ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) maupun KJRI (Konsulat Jendral Republik Indonesia), serta masyarakat Indonesia di India yang sudah bekerja. Namun, bantuan ini tidak pasti, dalam arti dana tersebut bisa ada dan bisa juga tidak ada. Tergantung dari pihak yang menerima proposal tersebut.

Dalam perjalanan melaksanakan kegiatan-kegiatannya, PPI India juga sering mendapat tawaran-tawaran untuk membantu pihak KBRI, misalkan ketika KBRI melaksanakan kegiatan Festival Makanan tingkat Internasional ataupun festival-festival lainnya. PPI India sering dimintai bantuan, secara organisasi, untuk membantu menjaga stand bazaar, atau ikut memasak. Juga seringkali anggota PPI India secara individual dimintai tolong untuk melakukan banyak hal. Ini digunakan oleh anggota untuk membantu PPI India dari sebagian hasil yang diperoleh, dan juga untuk kepentingan pribadi seperti membeli modul-modul kuliah dan lain-lain.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Semua Hal tentang Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India)
Semua Hal tentang Perhimpunan Pelajar Indonesia di India (PPI India)
https://4.bp.blogspot.com/-d7yYdqesAjc/U6qG_TCUhfI/AAAAAAAABBg/WUxGbN8Kmr8/s1600/ppi.png
https://4.bp.blogspot.com/-d7yYdqesAjc/U6qG_TCUhfI/AAAAAAAABBg/WUxGbN8Kmr8/s72-c/ppi.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/06/semua-hal-tentang-perhimpunan-pelajar-indonesia-di-india.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/06/semua-hal-tentang-perhimpunan-pelajar-indonesia-di-india.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy