10 Makanan Terlezat Khas Cina

Cina merupakan salah satu negara yang terletak di benua Asia. Selain terkenal dengan kepadatan penduduknya, Cina juga terkenal dengan berba...

Cina merupakan salah satu negara yang terletak di benua Asia. Selain terkenal dengan kepadatan penduduknya, Cina juga terkenal dengan berbagai makanan khasnya yang begitu lezat. Tidak kalah dengan berbagai makanan khas Eropa yang sangat lezat dan telah mendunia, beberapa makanan khas Cina sesungguhnya telah banyak dikenal pula di berbagai belahan bumi. Pertanyaan berikutnya, tahukah kamu apa saja makanan khas Cina yang begitu lezat itu? Berikut ini adalah 10 makanan terlezat khas Cina.


1. Bebek peking


Makanan yang satu ini barangkali sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Telah banyak terdapat rumah makan di Indonesia yang menyajikan bebek peking. Kamu barangkali juga sudah pernah merasakan makanan ini. Sungguh lezat, bukan? Karena rasanya yang begitu lezat ini, bebek peking ini konon dipercaya sebagai hidangan untuk para raja. 

Bebek peking merupakan bebek panggang berwarna merah kecoklatan yang berbumbu manis. Bebek peking umumnya disajikan dengan cara diiris tipis dan dapat dimakan bersama nasi maupun pancake dan saus kacang merah yang manis. Bagi yang belum pernah mencobanya, cobalah segera! Kelezatan bebek peking tidak akan pernah membuatmu menyesal telah memakannya.


2. Bintanghulu (manisan cina)

Bintanghulu adalah manisan berupa permen yang sangat terkenal di kalangan anak-anak dan remaja di Cina. Selain tentunya memiliki rasa yang manis, bintanghulu memiliki bentuk menyerupai sate yang indah dan penuh warna. Pernah melihat adegan ketika anak-anak kecil membeli permen ini di film Mandarin? Benar, seperti itulah bentuk bintanghulu ini. Bintanghulu terbuat dari buah kering, seperti apel atau cherry, yang dicelupkan ke dalam gula yang telah dicairkan. Permen kemudian akan terbentuk dari gula, yang melapisi buah kering tadi, yang telah mengeras. Permen yang telah terbentuk itu kemudian sangat enak untuk digigit-gigit. Betapa manis dan lezat tentunya, bukan?


3. Jiaozi


Dalam dunia internasional, jiaozi terkenal dengan nama dumpling. Makanan lezat khas Cina ini mirip seperti siomay yang banyak terdapat di Indonesia dan tentunya sudah dikenal luas. Bedanya, jika siomay di Indonesia terbuat dari campuran tepung terigu, kanji, dan ikan, jiaozi atau dumpling ini terbuat dari campuran tepung terigu dan kanji yang di dalamnya diisi banyak daging. Daging tersebut biasanya berupa daging ayam atau udah yang telah dimasak sebelumnya. Selain dimasak dengan cara dikukus, jiaozi atau dumpling juga kerap kali dimasak dengan cara digoreng. Rasanya? Tentu sama lezat!


4. Ayam pengemis

Nama makanan ini memang cukup unik, seunik cerita yang melatarbelakanginya. Seperti yang telah diceritakan turun-temurun, tersebutlah seorang pengemis yang sangat lapar. Saking laparnya, ia memutuskan untuk mencuri seekor ayam yang ketika itu tengah berkeliaran. Kemudian, agar tidak diketahui orang lain bahwa ia tengah memasak ayam curian, ia memasak ayam itu dnegan cara membungkusnya dalam daun teratai dan tanah liat. Tidak disangka, ayam yang dibungkus dalam daun teratai dan tanah liat ini memiliki rasa yang khas, unik, dan lezat tentunya. Ayam pengemis ini pun memiliki aroma tanah yang segar dan harum. Ayam pengemis ini pun kabarnya sungguh pas jika dinikmati bersama secangkir teh Cina.


5. Ma Yi Shang Shu (semut memanjat pohon)

Benar, ma yi shang shu memang berarti ‘semut memanjat pohon’. Nama makanan ini memang tidak kalah unik dari ayam pengemis di atas. Pertanyaannya, mengapa makanan ini disebut semut memanjat pohon? Makanan ini diberi nama seperti demikian karena potongan daging cincang yang lengket pada mi ketika ditarik dengan sumpit menyerupai semut yang tengah berusaha memanjat pohon. 

Ma yi shang shu yang, selain terkenal dengan keunikan namanya, juga terkenal dengan kelezatannya ini berasal dari daerah Sichuan. Makanan ini terbuat dari cincangan halus daging sapi yang ditumis bersama mi dan bumbu, seperti rempah-rempah dan cabai. Rasanya memang sangat pedas, namun juga sangat lezat!


6. Bakso kepala singa

Apakah bakso ini benar berbentuk kepala singa? Ataukah ukurannya sebesar kepala singa sungguhan? Jawabannya, tentu tidak. Akan tetapi, jangan khawatir, bakso kepala singa ini tetap dapat menarik perhatian, juga tentunya menarik lidah untuk mencobanya. Bakso kepala singa adalah bakso yang berukuran antara 7 hingga 10 sentimeter. Bakso yang cukup besar ini umumnya disajikan hanya satu butir dalam setiap mangkuk. 

Rasanya? Sudah pasti sungguh lezat karena bakso ini pun kerap disajikan dengan campuran sup sayuran. Sup sayuran tersebut umumnya berisi kol, rebung, dan tahu. Di Indonesia pun kini mulai banyak pedagang bakso yang menyajikan bakso berukuran besar seperti bakso kepala singa ini. Benar, barangkali mereka memang terinspirasi dari bakso kepala singa yang berasal dari daerah Huaiyang di Cina ini!


7. Chow Mein

Masakan mi yang banyak mendominasi di Cina memang berupa mi rebus. Akan tetapi makanan khas Cina yang satu ini berupa mi yang digoreng. Bukan hanya digoreng saja, chow mein ini berupa mi yang dimasak dengan cara digoreng hingga benar-benar kering! Selain lezat, chow mein ini juga terasa unik karena rasanya yang renyah dan gurih. Umumnya, chow mein disajikan bersama tumis daging sapi atau daging ayam dan dapat pula disajikan dengan tumis sayuran. Kadang-kadang, chow mein juga disajikan dengan cara dimasukkan ke dalam sup hangat.


8. Wonton


Wonton adalah makanan berupa sejenis siomay yang disajikan di dalam sup. Wonton terbuat dari daging ikan atau udang yang dibungkus dengan kulit siomay rebus yang halus. Sementara itu, sup hangat tempat wonton disajikan memiliki rasa yang cukup pedas. Makanan ini ternyata telah dikenal sejak zaman dinasti Tang pada abad ke-7 dan umumnya dimakan untuk merayakan datangnya musim dingin. Meskipun pada umumnya wonton dimasak dengan cara direbus, kadang-kadang wonton juga dimasak dengan cara digoreng. Rasanya? Sungguh lezat tentunya!


9. Tahu Ma Po

Tahu, yang tampaknya sangat sederhana sebagai sebuah makanan, ternyata dapat pula menjadi sebuah masakan yang lezat dan terkenal sebagai masakan elit dunia. Salah satu masakan berbahan dasar tahu yang sangat lezat dan terkenal adalah tahu ma po. Masakan ini terbuat dari tahu lembut yang digoreng bersama lada bubuk dan cabai merah. Tahu yang memiliki rasa pedas ini kemudian disajikan bersama daging sapi giling dan bawang bombay. Tahu ma po yang juga terkenal sebagai makanan lezat khas Cina ini umumnya disajikan dengan nasi hangat.


10. Ayam Cincang Gong Bao

Tidak hanya lezat, makanan ini juga memiliki warna yang indah dan menggugah selera. Makanan ini terbuat dari ayam cincang yang dimasak dengan kecap dan saus khas Cina serta disajikan bersama cabai kering dan kacang goreng. Ayam cincang gong bao ini ternyata termasuk dalam salah satu makanan khas Cina yang digandrungi oleh turis asing berkat kelezatan dan kekhasan rasanya!


Itulah 10 makanan terlezat khas Cina. Makanan-makanan itu tentu amat menggugah selera. Oleh karena itu, jika sedang mengunjungi negeri Cina, janganlah lupa untuk mencoba makanan-makanan yang rasanya sungguh lezat tersebut.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Makanan Terlezat Khas Cina
10 Makanan Terlezat Khas Cina
https://1.bp.blogspot.com/-qqoIwZUrv9c/U8X7hBLgT2I/AAAAAAAAAEo/owy5B3wlLjI/s1600/cina.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qqoIwZUrv9c/U8X7hBLgT2I/AAAAAAAAAEo/owy5B3wlLjI/s72-c/cina.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-makanan-terlezat-khas-cina.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-makanan-terlezat-khas-cina.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy