10 Makanan Terlezat Khas Jerman

Tertarik dengan kebudayaan Jerman? Jika demikian, kamu tentunya juga akan tertarik dengan berbagai macam makanan khas Jerman yang tentunya ...

Tertarik dengan kebudayaan Jerman? Jika demikian, kamu tentunya juga akan tertarik dengan berbagai macam makanan khas Jerman yang tentunya memiliki rasa yang sangat lezat. Penasaran, apa sajakah makanan khas Jerman tersebut? Berikut ini adalah 10 makanan terlezat khas Jerman.


1. Wurst

Wurst, atau sosis, merupakan makanan yang sangat dan populer di Jerman. Wurst atau sosis khas Jerman ini umumnya terbuat dari daging sapi atau daging babi. Sosis khas Jerman ini pun dapat dimasak dan disajikan dalam berbagai bentuk. Beberapa jenis hidangan sosis khas Jerman tersebut, yaitu bratwurst, currywurst, weisswurst, dan leberwurst.


Bratwurst adalah hidangan sosis khas Jerman yang dimasak dengan cara dipanggang. Orang Indonesia barangkali akan menyebutnya sosis panggang. Umumnya, orang-orang Jerman memakannya bersama dengan kartoffelsalat atau yang juga disebut dengan salad kentang, sauerkraut, atau juga dengan spicy mustard. Sementara itu, di luar Jerman, bratwurst juga biasa disajikan bersama roti dengan topping keju maupun bawang.

Selain sosis panggang biasa yang disebut bratwurst sebagaimana disinggung sebelumnya, terdapat pula currywurst. Apa beda currywurst dengan bratwurst? Jika bratwurst merupakan sosis panggang biasa, currywurst merupakan sosis panggang yang dibubuhi saus tomat dan dicampur dengan bumbu kari. Karena begitu terkenalnya sosis kari ini, dibangunlah sebuah museum bernama Museum Currywurst di Berlin! 

Selain sangat terkenal, currywurst juga tentunya sangat lezat. Umumnya, sosis kari ini dihidangkan dengan ukuran yang cukup panjang, yaitu sepanjang 30 sentimeter. Kabarnya, sosis kari ini ditemukan pertama kali oleh seorang perempuan bernama Herta Heuwer pada tahun 1949 di Berlin.

Sementara itu, ada pula wurst atau sosis yang tidak dibuat dari daging sapi atau daging babi saja. Wurst yang seperti demikian, misalnya weisswurst dan leberwurst. Weisswurst dibuat dari campuran daging sapi muda, otak, dan limpa. Sementara itu, leberwurst dibuat dari hati sapi atau babi yang dibumbui.


2. Schwarzwalder kirschtorte

Schwarzwalder kirschtorte dikenal di berbagai belahan dunia dengan nama black forest. Kue yang satu ini memang sudah sangat terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Schwarzwalder kirschtorte merupakan kue coklat yang dilapisi krim vanilla segar dan serutan coklat, serta dihias dengan buah cherry. Banyak orang Indonesia barangkali menggemari kue yang sangat lezat ini. Akan tetapi, pernahkah kamu membayangkan betapa lezatnya schwarzwalder kirschtorte yang dibuat di Jerman? Barangkali rasanya berkali-kali lebih lezat dibandingkan dengan yang dibuat di Indonesia. Penasaran ingin mencobanya? Kunjungilah Jerman dan jangan lupa berburu schwarzwalder kirschtorte!


3. Sauerkraut

Makanan khas Jerman ini dibuat dari irisan halus kol putih yang difermentasikan. Rasanya tentu asam, namun segar dan lezat! Selain unik, sauerkraut ternyata juga sangat menyehatkan bagi tubuh karena makanan ini banyak mengandung vitamin C. Di samping itu, sauerkraut pun sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca dingin karena makanan ini dapat meningkatkan suhu tubuh.


4. Kartoffelsalat

Kartoffelsalat, atau salad kentang, dibuat dari potongan kentang rebus yang dicampur dengan bawang bombay segar, mayonnaise, cuka, tomat, telur, dressing milk, dan daging sapi. Salad kentang ini tentunya sangat terkenal di Jerman.


5. Gulaschsuppe

Gulaschsuppe, atau sup gulasch, adalah sup kental yang berisi daging sapi atau babi. Daging tersebut tidak dipotong seperti biasa, melainkan dicincang agak besar. Umumnya, orang-orang Jerman memakan sup ini bersama roti.


6. Apfelstrudel

Apfelstrudel adalah kue yang terbuat dari apel. Apfelstrudel merupakan kue tradisional Jerman. Apfelstrudel umumnya berbentuk bulat dan bertekstur lembut. Kue apel ini tentunya sangat lezat dan begitu terkenal di Jerman. Konon, kue ini dibuat untuk pertama kalinya pada tahun 1696!


7. Falscher Hase


Falscher Hase berarti kelinci palsu. Meskipun dinamakan demikian, falscher hase bukan dibuat dari daging kelinci. Makanan ini sesungguhnya dibuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan tepung, bawang dan telur. Falscher hase dihidangkan dnegan cara diiris pipih dan dibumbui sedikit saus di atasnya. Selain itu, makanan ini juga umumnya dimakan bersama dengan kentang. Pertanyaannya, mengapa diberi nama falscher hase yang berarti kelinci palsu? Makanan ini diberi nama demikian mungkin karena bentuknya yang mirip dengan punggung kelinci.


8. Bienenstich

Bienenstich berarti sengatan lebah. Terkait dengan namanya, makanan manis ini memang mengandung madu. Bienenstich dibuat dari adonan manis dengan campuran krim vanilla, almond, dan madu sebagai pelapis atas adonan tersebut. Penyuka makanan manis pasti akan sangat menyukai makanan ini karena manisnya yang unik dan lezat. Di samping itu, terdapat cerita yang melatarbelakangi makanan manis ini. 

Konon, pada abad ke-15, para pembuat roti di daerah Andernach tengah mengumpulkan madu ketika pasukan Linz menyerang kota tersebut. Para pengumpul madu tersebut kemudian melemparkan sarang lebah ke arah pasukan Linz sehingga mereka mundur dan pergi. Untuk merayakan kemenangan itu, mereka pun memanggang kue bienenstich ini bersama-sama.


9. Bretzel

Makanan khas Jerman yang satu ini berbentuk pita dan berwarna coklat dengan taburan garam kasar, biji wijen, atau biji bunga matahari di permukaannya. Bretzel tentu sangat populer di Jerman dan kini juga populer di berbagai daerah di dunia, termasuk di Indonesia. Roti ini dibuat dari tepung gandum dan merupakan makanan wajib dalam pesta panen yang disebut dengan Oktoberfest. Selain tepung gandum, adonan roti ini juga mengandung garam, ragi, air, dan malt. Meskipun tekstur roti ini keras, bretzel tetap digemari berkat bentuknya yang unik dan khas serta rasanya yang lezat.

Di samping itu, bretzel ternyata memiliki varian tersendiri. Selain bretzel yang berbentuk pita, ada pula laugenbrotchen, kase-bretzel, dan laugenstangen. Laugenbrotchen adalah bretzel yang berbentuk bola-bola kecil. Kase-brezel merupakan bretzel dengan topping keju yang ditambahkan beberapa menit sebelum pretsel selesai dipanggang. Sementara itu, laugenstangen merupakan bretzel yang berbentuk stick.


10. Lebkuchen


Lebkuchen adalah kue tradisional khas Jerman yang juga dikenal dengan sebutan ginger bread atau roti jahe. Kue berwarna coklat ini dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan madu, telur, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon, marzipan, dan berbagai rempah, seperti kayu manis, jahe, adas manis, pimento, ketumbar, dan kapulaga. Sungguh banyak bahan-bahan yang terdapat di dalamnya. Rasa kue jahe ini pastilah sangat enak!


Sekarang tentunya kamu sudah mengetahui 10 makanan terlezat khas Jerman. Nama yang terdengar unik di telinga kita mungkin akan menarik minat dan hasrat untuk menyicipinya. Oleh karena itu, jika tengah barkunjung ke negara Jerman, jangan lupa untuk mencari dan mencoba kesepuluh makanan khas yang tampaknya sangat lezat tersebut!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Makanan Terlezat Khas Jerman
10 Makanan Terlezat Khas Jerman
https://1.bp.blogspot.com/-G_BGl5JZ_BQ/U8YBrvW8GEI/AAAAAAAAAFc/HsZFcDTwJy4/s1600/jerman+2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-G_BGl5JZ_BQ/U8YBrvW8GEI/AAAAAAAAAFc/HsZFcDTwJy4/s72-c/jerman+2.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-makanan-terlezat-khas-jerman.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-makanan-terlezat-khas-jerman.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy