9 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Perancis

1. Departemen atau Kementerian Luar Negeri Bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri adalah prospek kerja yang paling banyak di...

1. Departemen atau Kementerian Luar Negeri

Bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri adalah prospek kerja yang paling banyak diinginkan lulusan Sastra Perancis. Prospek kerja bagi lulusan Sastra Perancis untuk menjadi seorang diplomat cukup besar karena kemampuan berbahasa asing adalah syarat mutlak untuk menjadi duta negara. Dengan bekerja di Departemen atau Kementerian Luar Negeri, kamu dapat berpergian ke berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia untuk melakukan berbagai proyek dan penelitian. 

Pada masa kerja di luar negeri, kamu akan mendapat asuransi, pendapatan dari pemerintah, dan berbagai fasilitas penunjang karena sudah bekerja untuk negara. Dengan menjadi diplomat, keuntungan lainnya yaitu dapat mempelajari seni budaya asing yang memperkaya pengalaman dan wawasan. Saingan untuk mendapatkan pekerjaan di Departemen atau Kementerian Luar Negeri adalah para sarjana lulusan Hubungan Internasional dan Hukum.


2. Pengajar kursus, guru, atau dosen

Untuk dapat bekerja sebagai pengajar kursus, guru, atau dosen bahasa Perancis, kamu harus mempunyai kemampuan berbahasa Perancis yang baik secara lisan maupun tertulis. Prospek kerja di profesi ini cukup besar karena ilmu sastra adalah salah satu ilmu yang paling diminati para pelajar di Indonesia. Banyak orang yang ingin belajar bahasa Perancis karena negara ini memiliki banyak daya tarik di bidang pariwisata, seni, fashion, gastronomi, arsitektur dan masih banyak lagi. Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa yang banyak dipergunakan dalam pergaulan internasional sehingga orang-orang yang berminat mempelajarinya. 

Para mahasiswa Sastra Perancis dapat mencoba menjadi pengajar kursus selagi kuliah, sehingga setelah lulus sudah punya pengalaman untuk bekerja di institusi pengajaran yang lebih besar. Gaji pengajar kursus, guru, atau dosen bahasa Perancis di Indonesia cukup besar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta terdapat banyak lembaga kursus, sekolah dan universitas yang membuka lowongan pekerjaan bagi pengajar kursus, guru, atau dosen bahasa Perancis setiap tahunnya.


3. Wartawan, jurnalis atau editor media massa

Bekerja di media massa cetak maupun elektronik mempunyai  prospek yang cukup menjanjikan bagi para lulusan Sastra Perancis. Dengan kemampuan berbahasa asing yang didapatkan selama kuliah, mereka dapat bekerja di media massa sebagai wartawan, editor, penulis, redaktur, maupun jurnalis untuk penulisan artikel-artikel dengan sumber berbahasa asing. 

Kemampuan gramatikal dibutuhkan jika ingin bekerja di bidang tulis-menulis, sedangkan kemampuan verbal dibutuhkan jika ingin bekerja sebagai pembaca maupun peliput berita yang baik di TV. Saingan bagi lulusan Sastra Perancis untuk bekerja di media massa adalah lulusan Komunikasi karena selama kuliah mereka telah mempelajari banyak teknik dan ilmu komunikasi di berbagai media.



4. Penerjemah

Prospek kerja yang paling nyata bagi lulusan Sastra Perancis adalah menjadi penerjemah bahasa Perancis. Profesi penerjemah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penerjemah secara lisan (interpreter) dan penerjemah secara tulisan (translater). Gaji penerjemah lisan bisa menjadi lebih besar daripada penerjemah tulisan apabila bekerja di proyek resmi seperti menerjemahkan pidato pejabat atau wawancara selebritis asing secara lisan pada siaran langsung di TV. Para lulusan Sastra Perancis juga dapat melamar pekerjaan sebagai penerjemah di perusahaan-perusahaan penerbitan untuk menerjemahkan buku, majalah, hingga komik.


5. Pengamat dan peneliti bahasa Perancis

Meskipun di Indonesia belum banyak orang yang berprofesi sebagai pengamat dan peneliti bahasa Perancis, prospek pekerjaan ini terus ada di kalangan intelektual dan budayawan. Profesi ini dapat menyalurkan minat untuk benar-benar mempelajari seluk-beluk dan perkembangan bahasa Perancis khususnya di Indonesia. Pengamatan dan penelitian dapat dibayar mahal apabila diwujudkan dalam karya tulis seperti buku atau thesis.


6. Wiraswasta

Meskipun siapa saja dapat bekerja di bidang wiraswasta, banyak lulusan Sastra Perancis yang sukses mengembangkan bisnisnya dalam berbagai bidang. Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa bisnis internasional yang digunakan di berbagai negara. Kemampuan berbahasa Perancis dapat membantu mengembangkan bisnis Anda di era globalisasi saat melakukan negosiasi dan transaksi dengan klien asing. Bisnis-bisnis wiraswasta yang jelas membutuhkan bahasa Perancis adalah bisnis restoran masakan Perancis, butik pakaian impor Perancis, galeri lukisan karya seniman Eropa, dan masih banyak lagi.


7. Guest Relation Officer

Guest Relation Officer adalah seorang petugas yang melayani tamu hotel atau resor properti kelas atas. Banyak hotel high-end di seluruh dunia mempekerjakan Guest Relation Officer termasuk di Indonesia. Profesi ini mempunyai prospek yang menjanjikan bagi lulusan Sastra Perancis karena kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan agar dapat berkomunikasi dengan tamu dari luar negeri. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, bekerja di sebuah hotel dapat sangat sibuk dan stres karena harus sering berurusan dengan tamu secara sabar. Jika ingin menjadi Guest Relation Officer, kamu harus mampu bekerja secara efisien di bawah tekanan sekaligus tetap mempertahankan sikap yang menyenangkan.


8. Event Organiser Internasional

Prospek kerja sebagai Event Organiser Internasional bagi lulusan Sastra Perancis terus meningkat dari tahun ke tahun seiring meningkatnya berbagai fasilitas pariwiasata dan hiburan di seluruh Eropa. Profesi ini bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan dan memastikan kegiatan tersebut berjalan semulus mungkin. Jenis-jenis kegiatan yang membutuhkan Event Organiser Internasional antara lain konferensi, pertemuan dan lokakarya, pameran, peluncuran produk dan promosi, acara penggalangan dana, pernikahan, festival, konser dan acara olahraga. 

Untuk dapat menjadi Event Organiser Internasional yang berhasil, kamu harus mempunyai kemampuan dan kesabaran untuk meneliti dan mengunjungi lokasi acara, melakukan pemasaran dan promosi acara, mengelola anggaran, melacak pendapatan dan pengeluaran, dan lain sebagainya. Event Organiser Internasional berbasis kantor atau institusi resmi harus siap kapan pun melakukan perjalanan untuk mengunjungi klien, mitra, sponsor, tuan rumah dan relasi lainnya.


9. Staf penerbangan Perancis

Staf Penerbangan bertugas untuk memberikan pelayanan kepada customer, baik pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun pelayanan sesudah penerbangan (After Flight Service). Lulusan Sastra Perancis mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai staf penerbangan Perancis dengan kemampuan bahasa yang telah mereka pelajari semasa kuliah. Tentu saja kemampuan bahasa itu juga harus dilengkapi dengan pendidikan dan pelatihan khusus melalui perusahaan-perusahaan penerbangan yang menyediakannya. 

Tugas staf penerbangan antara lain adalah menyapa penumpang sebelum memasuki pesawat, menangani penjualan tiket, menangani bagasi penumpang, menangani kargo pesawat, melakukan loading dan unloading pesawat, membantu penumpang dalam proses check in, boarding, dan disembarking.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 9 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Perancis
9 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Perancis
http://3.bp.blogspot.com/-PNKObOyM8ws/U8tgThTuQmI/AAAAAAAAAS8/nbyTq8Q3A1A/s1600/Snap+2014-07-20+at+13.22.12.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-PNKObOyM8ws/U8tgThTuQmI/AAAAAAAAAS8/nbyTq8Q3A1A/s72-c/Snap+2014-07-20+at+13.22.12.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan-sastra.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan-sastra.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy