10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Inggris

1. Pengajar bahasa Inggris Di era globalisasi seperti saat ini, anak-anak hingga orang dewasa membutuhkan belajar bahasa Inggris untuk ...

1. Pengajar bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti saat ini, anak-anak hingga orang dewasa membutuhkan belajar bahasa Inggris untuk berbagai alasan seperti tuntutan pekerjaan, bisnis, sekolah atau liburan. Pengajar bahasa Inggris dapat bekerja di berbagai lembaga dengan siswa yang memiliki rentang usia berbeda-beda. Lembaga-lembaga tersebut mencakup tempat kursus komersial, sekolah dan institusi serta pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Terdapat kemungkinan juga untuk mengajar di sektor-sektor industri dan wiraswasta.

Isi bahan pelajaran dapat bervariasi, tergantung pada alasan mengapa siswa ingin belajar bahasa Inggris, misalnya untuk penggunaan bisnis bagi orang dewasa, tugas sekolah bagi anak-anak, dan sebagainya. Tujuan dari setiap pelajaran adalah untuk mendorong siswa untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan struktur dan kosakata yang telah mereka pelajari. Untuk dapat menjadi pengajar bahasa Inggris yang baik, kamu harus meningkatkan empat keterampilan berbahasa dasar yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis.


2. Asisten editorial

Asisten editorial bekerja untuk membantu semua tahap publikasi seperti buku, jurnal, majalah, materi online, dan bahan publikasi. Mereka mendukung staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi. Tingkat tanggung jawab dan berbagai tugas berbeda-beda, tergantung pada ukuran perusahaan serta jenis publikasinya. Asisten editorial adalah titik awal dalam pekerjaan sebagai editor.

Untuk mendapatkan kemajuan karir dalam bidang editorial, dibutuhkan sekali keterampilan dan pengalaman yang telah diperoleh selama proses bekerja. Dengan meningkatnya pertumbuhan penerbitan digital saat ini, ada peningkatan kesempatan untuk bekerja di perusahaan  publikasi online yang melibatkan tugas mengedit dan menulis konten website serta publikasi menggunakan media sosial.


3. Penulis

Penulis terlibat dalam penciptaan dan pengembangan karya-karya fiksi dan non-fiksi. Karya yang dapat dibuat antara lain puisi, cerita pendek, novel, kisah nyata, naskah teater, film dan radio, serta artikel majalah, surat kabar, konten web. Media baru juga membuka kesempatan bagi para penulis di berbagai bidang seperti konten aplikasi ponsel dan naskah permainan komputer. Kebanyakan penulis bekerja lepas dan wiraswasta. Penghasilan dari menulis mungkin rendah dan tidak menentu, jadi kebanyakan penulis menambah penghasilan mereka dengan kegiatan terkait lainnya seperti lokakarya, pameran buku, pembacaan puisi ulasan dan acara-acara kritik sastra.


4. Leksikografer

Leksikografer bekerja dengan menulis, mengkompilasi dan mengedit kamus baik dalam bentuk cetak maupun yang dipublikasikan secara online. Jenis-jenis kamus yang biasa mereka kerjakan adalah kamus Bahasa Inggris untuk penutur asli, kamus Bahasa Inggris untuk pelajar, kamus Bahasa Inggris teknis (misalnya untuk istilah-istilah hukum) serta kamus bilingual. Leksikografer juga bertugas memonitor dan merekam menggunakan bahasa dan database.

Mereka mencari arti dan penggunaan kata-kata serta menyusun definisinya dengan cara yang terstruktur. Leksikografer juga harus mempertimbangkan kesulitan peserta didik dalam mempelajari istilah-istilah bahasa Inggris dengan mengedit, mengoreksi dan memeriksanya secara teliti. Leksikografer Bilingual bertugas menerjemahkan kata-kata dan ekspresinya, bukannya mendefinisikan setiap kata dengan gamblang.


5. Pustakawan akademik

Pustakawan akademik bekerja di bidang pendidikan tinggi, pendidikan lanjutan dan lembaga penelitian yang menjadi bagian dari bagian institusi akademik. Mereka juga dikenal sebagai pustakawan yang mengelola, mengatur, mengevaluasi, menyebarkan informasi, dan memberikan bantuan kepada anggota komunitas akademis termasuk mahasiswa, peneliti dan staf pengajar.

Pustakawan akademik juga dapat bertanggung jawab untuk pelajaran akademis tertentu dengan mengembangkan pengetahuan khusus seperti pengembangan sistem TIK dalam berbagai proyek perpustakaan. Peran utamanya adalah memfasilitasi dan mendukung pembelajaran dengan mengajarkan keterampilan pencarian informasi kepada siswa dan staf melalui ruang kelas atau lingkungan belajar virtual. Pustakawan akademik menghabiskan banyak waktu bekerja dengan berbagai sarana teknologi yang melibatkan manajemen database dan pengembangan halaman web.


6. Wartawan majalah

Wartawan majalah bekerja dengan meneliti dan menulis artikel berita serta fitur untuk berbagai publikasi majalah. Jenis-jenis majalah tersebut antara lain adalah majalah hiburan, majalah keluarga, majalah bisnis, majalah olahraga, dan lain sebagainya. Wartawan majalah dapat juga bekerja di berbagai disiplin ilmu seperti menulis, wawancara, sub-editing, dan desain.

Di era teknologi sekarang ini, majalah juga banyak diproduksi melalui berbagai media lain terutama web. Pengetahuan tentang SEO dan gaya penulisan yang singkat sangat dibutuhkan untuk bekerja sebagai wartawan majalah online. Ada ribuan judul majalah berbahasa Inggris. Meskipun ada banyak kesempatan, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga sangat ketat.


7. Wartawan koran

Wartawan koran bekerja dengan meliput dan menulis artikel di bidang nasional, regional dan lokal. Selain meliput berita-berita dalam dunia politik, mereka menulis artikel mengenai bidang  olahraga, seni dan budaya, ilmu pengetahuan dan bisnis. Mereka juga meliput acara nasional dan lokal, hiburan serta kegiatan sosial. Pada umumnya, wartawan junior menulis artikel yang dialokasikan ke meja berita dengan melewati berbagai koreksi dari editor berita senior.

Jenis-jenis lain wartawan koran adalah wartawan spesialis yang fokus menulisnya hanya di satu bidang atau lokasi dan wartawan feature yang menulis topik secara lebih mendalam serta sering menggunakan gaya tulisan yang lebih pribadi. Jurnalisme koran saat ini menjadi semakin multi-platform, sehingga ketrampilan di bidang teknologi informasi sangat dihargai. Koran-koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya adalah The Jakarta Post serta koran Kompas dan Tempo versi bahasa Inggris.


8. Petugas informasi

Petugas informasi bekerja dengan mengelola dan mengembangkan distribusi informasi untuk sebuah perusahaan atau klien dalam mendukung kebutuhan serta tujuan bisnis mereka. Petugas informasi bekerja dengan informasi elektronik terutama database online, sistem manajemen konten, internet serta buku-buku dari perpustakaan. Layanan dapat diberikan secara internal atau eksternal dan perannya melibatkan pengelolaan dan pemanfaataan informasi yang dihasilkan secara internal maupun dari luar perusahaan.

Jabatan dalam profesi ini bervariasi seperti spesialis informasi, pustakawan internet, ilmuwan informasi atau asisten manajer informasi. Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting untuk memahami sumber-sumber informasi yang berasal dari berbagai tempat. Petugas informasi memainkan peran kunci dalam berbagai perusahaan dan menangani semua jenis informasi termasuk di bidang ilmiah, teknis, hukum, komersial, keuangan, medis serta pendidikan.


9. Eksekutif periklanan

Eksekutif periklanan bekerja dalam bidang iklan atau lembaga multi-layanan. Mereka bertindak sebagai penghubung antara klien dan agen. Eksekutif periklanan bertanggung jawab untuk koordinasi promosi iklan dan harus mampu berkomunikasi dengan jelas kepada semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk memperlancar komunikasi dengan klien asing. Mereka harus memahami kebutuhan dan tujuan klien mereka dan bekerja sama sepanjang promosi iklan setiap hari. Mereka mengelola pekerjaan administratif dan memastikan bahwa proyek iklan selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.


10. Public relations (PR)

Bidang Public relations (PR) bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan dukungan bagi klien serta mempengaruhi opini publik. Petugas PR menggunakan semua bentuk media dan komunikasi untuk membangun, memelihara dan mengelola reputasi klien mereka. Mereka sering menggunakan dukungan pihak ketiga dalam rangka membangun dan memelihara pengertian antara klien dan publik.

Untuk dapat memantau publisitas dan melakukan penelitian mengenai klien, dibutuhkan ketrampilan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan agar dapat melaporkan dan menjelaskan analisa mereka kepada pihak manajemen. Saat ini terdapat ratusan perusahaan lokal dan internasional yang membutuhkan jasa PR, jadi prospek karir ini sangat menjanjikan.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Inggris
10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Sastra Inggris
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3GWjO84KKEE-pCJld82-Cjqcc9nmfw4hw-vLvT-uOfUEq5Rjc3k3ZxiW37NgC3BCRNntUh2ElIVEk7Z8nZu0AjPFRyBqFMtIZmBhz4nOsd0OpUl0m2VbirN_nK2d-sGJhBdqNqrjaTW0/s1600/Snap+2014-07-22+at+13.09.05.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3GWjO84KKEE-pCJld82-Cjqcc9nmfw4hw-vLvT-uOfUEq5Rjc3k3ZxiW37NgC3BCRNntUh2ElIVEk7Z8nZu0AjPFRyBqFMtIZmBhz4nOsd0OpUl0m2VbirN_nK2d-sGJhBdqNqrjaTW0/s72-c/Snap+2014-07-22+at+13.09.05.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan-sastra_21.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan-sastra_21.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy