10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Filsafat

1. Konsultan rekrutmen perusahaan Lulusan Filsafat mempunyai prospek kerja sebagai konsultan rekrutmen perusahaan karena mampu menafsir...

1. Konsultan rekrutmen perusahaan

Lulusan Filsafat mempunyai prospek kerja sebagai konsultan rekrutmen perusahaan karena mampu menafsirkan, meringkas dan memperjelas informasi dari berbagai pengalaman belajarnya selama kuliah. Profesi ini bertanggung jawab untuk menarik calon pegawai dan mencocokan mereka di posisi sementara atau permanen di perusahaan. Konsultan rekrutmen bekerja dengan perusahaan dan membangun relasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan serta persyaratan rekrutmen.

Konsultan rekrutmen perusahaan menarik calon pegawai dengan menyusun naskah iklan untuk digunakan melalui berbagai media. Mereka menyaring para kandidat, mewawancarai, melakukan pemeriksaan latar belakang dan akhirnya mencocokkan mereka untuk perusahaan klien yang membutuhkan. Konsultan rekrutmen juga memberikan informasi lengkap kepada klien dan kandidat mengenai tingkat gaji, persyaratan pelatihan dan peluang karir selama bekerja.



2. Eksekutif pemasaran

Eksekutif pemasaran adalah karir yang banyak dikejar oleh lulusan Filsafat karena mereka telah terbiasa mempresentasikan ide dan informasi di berbagai mata kuliah Filsafat. Profesi ini terlibat dalam pengembangan kampanye pemasaran untuk mempromosikan produk, jasa atau ide sebuah perusahaan. Pekerjaan mereka bervariasi meliputi perencanaan, periklanan, organisasi acara, pengembangan produk, distribusi, sponsor dan penelitian. Pekerjaan-pekerjaan tersebut cocok bagi orang yang dinamis.

Banyak organisasi memiliki departemen pemasaran sehingga eksekutif pemasaran dapat ditemukan di sektor swasta dan publik, seperti di bagian keuangan, ritel dan industri media untuk organisasi pribadi ataupun di sektor publik. Tanggung jawab seorang eksekutif pemasaran bervariasi tergantung pada ukuran organisasi dan sektornya. Fokus utamanya adalah pada penjualan produk atau jasa serta meningkatkan kesadaran dari masyarakat mengenai dampak dan manfaat produk yang ditawarkan. Eksekutif pemasaran juga dikenal sebagai petugas pemasaran atau koordinator.


3. Guru atau dosen Filsafat
Para sarjana Filsafat dapat mengaplikasikan ilmu mereka kepada anak didiknya dengan menjadi guru atau dosen. Profesi ini secara nyata dapat menerapkan berbagai ilmu Filsafat yang pernah dipelajari. Kamu juga dapat mengajarkan pola pemikiran baru bagi generasi muda untuk lebih kritis menghadapi persoalan yang ada.

Di Indonesia kamu dapat melamar pekerjaan sebagai dosen filsafat di beberapa lembaga pendidikan sekolah tinggi seperti Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara, Jakarta dan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik/ STFK Ledalero, Maumere, NTT. Beberapa universitas besar di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Sanata Darma, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Widya Mandiri juga rutin membuka lowongan pekerjaan bagi dosen baru.


4. Wartawan

 
Wartawan adalah profesi yang cocok bagi lulusan Filsafat yang memiliki kemampuan untuk menafsirkan dan menganalisis berbagai informasi berbeda. Pekerjaan utama waratawan adalah meneliti dan menulis berita nasional, regional dan lokal. Serta berita umum dan politik, mereka juga meliput olahraga, seni dan budaya, ilmu pengetahuan, hiburan dan bisnis. Saat awal bekerja, kamu akan menjabat sebagai wartawan junior terlebih dahulu. Wartawan junior menulis berita yang dialokasikan kepada wartawan senior dan editor berita. 

Apabila memiliki pengetahuan dan keahlian di satu bidang khusus, kamu dapat melamar menjadi penulis feature yang merupakan spesialis di satu bidang dengan cakupan topik lebih mendalam dan gaya penulisan lebih pribadi. Jika bekerja pada surat kabar kecil, kamu harus siap menjadi wartawan yang dapat mendesain  tata letak, fotografi dan mengedit berita. Saat ini jurnalisme di surat kabar menjadi semakin multi-platform, sehingga juga harus mempersiapkan berbagai keterampilan di bidang teknologi informasi.


5. Psikoterapis

Banyak lulusan Filsafat yang bekerja sebagai konselor atau psikoterapis karena mereka terus mengembangkan rasa ingin tahu dan pola pikir lateral semenjak kuliah. Psikoterapis bekerja dengan individu, pasangan, keluarga maupun kelompok untuk membantu mereka mengatasi berbagai masalah psikologis dan emosional. Psikoterapis menggunakan metode pribadi dengan berbagai perawatan non-medis untuk memahami proses berpikir dan konflik batin para klien. 

Psikoterapis harus dapat menemukan berbagai cara baru untuk meringankan stress dan masalah kliennya selama konsultasi. Beberapa metode teoritis yang sering digunakan para psikoterapis di seluruh dunia antara lain adalah terapi perilaku kognitif, terapi psikoanalitik dan psikodinamik, psikoterapi humanistik dan integratif, terapi sistemik, hypno-psikoterapi dan eksperensial terapi konstruktivis.


6. Pejabat pemerintah daerah

Pejabat pemerintah daerah bertanggung jawab untuk membantu pengembangan kebijakan dan prosedur dewan daerah. Para lulusan Filsafat banyak direkrut dalam pekerjaan ini karena melibatkan kontak dan pemahaman dengan anggota masyarakat, anggota dewan, administrator dan berbagai spesialis di departemen lain. Pejabat pemerintah daerah harus memastikan bahwa layanan dari dewan daerah telah disampaikan secara efektif kepada masyarakat.

Pemerintah daerah menawarkan lingkungan profesional yang beragam dan luas. Lingkungan ini mempunyai prospek yang baik untuk perkembangan dan promosi jabatan. Beberapa  bidang spesialis dalam pekerjaan pejabat pemerintah daerah ada di bidang perumahan, keuangan, sumber daya manusia, pendidikan, perencanaan, transportasi, pariwisata, perpustakaan, waktu luang dan rekreasi, regenerasi, kerja sosial, kesehatan dan informasi teknologi.


7. Anggota Departemen Agama dan Departemen Pariwisata

Departemen Dalam Negeri di Indonesia rutin membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan S1 Filsafat untuk bekerja di Departemen Agama dan Departemen Pariwisata. Agar dapat diterima di pekerjaan ini, kamu harus mempunyai kemampuan merumuskan pendapat dan membelanya dalam perdebatan. Departemen Agama mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keagamaan. Sementara Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan kepariwisataan.


8. Rohaniwan atau Pastor

Filsafat merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang mutlak dipelajari di berbagai negara Eropa. Filsafat adalah dasar dalam berpikir kritis selama proses belajar. Para calon Rohaniawan atau Pastor dianjurkan untuk memiliki gelar filsafat untuk mendasari cara berpikir kritis dan analitis dalam mempelajari serta mempraktekkan ilmu Teologi di kehidupannya.


9. Manajer pelayanan kesehatan

Lulusan Filsafat dapat bekerja sebagai manajer pelayanan kesehatan. Profesi ini bertanggung jawab atas strategi, keuangan dan pelayanan sehari-hari di rumah sakit atau pelayanan kesehatan masyarakat. Manajer pelayanan kesehatan bekerja sama dengan staf klinis dan non-klinis untuk mempertimbangkan tuntutan kebijakan politik dan keadaan setempat.

Ada sejumlah besar peran manajerial dalam pelayanan kesehatan, termasuk di bidang keuangan, sumber daya manusia, manajemen klinis, manajemen staf, manajemen proyek dan pengadaan, manajemen informasi, manajemen fasilitas, dan manajemen operasional.


10. Penulis buku


Lulusan Filsafat dapat menjabarkan ide-ide kritis, teori baru serta berbagai hasil penelitiannya ke dalam bentuk buku. Buku filsafat yang sukses dapat memberikan pengaruh besar di bidang kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Dengan menerbitkan buku, kamu akan memperoleh uang dari royalti penjualan dan undangan ke berbagai seminar dan diskusi yang membahas buku tersebut.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Filsafat
10 Prospek Kerja Terbaik Lulusan Filsafat
https://4.bp.blogspot.com/-YPF3ls9NS6c/U8tf1B1-keI/AAAAAAAAAS0/ncQEyz1iHdk/s1600/Snap+2014-07-20+at+13.20.26.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-YPF3ls9NS6c/U8tf1B1-keI/AAAAAAAAAS0/ncQEyz1iHdk/s72-c/Snap+2014-07-20+at+13.20.26.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan_19.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-prospek-kerja-terbaik-lulusan_19.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy