10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan salah satu daerah strategis untuk dijadikan tujuan kuliah bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini disebabkan karena lokasi...

Asia Tenggara merupakan salah satu daerah strategis untuk dijadikan tujuan kuliah bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dan budayanya yang masih memiliki kemiripan. Selain budaya, iklim negara-negara di Asia Tenggara pun cenderung sama, memudahkan mahasiswa untuk beradaptasi dengan cepat. Di bawah ini kami berikan rekomendasi universitas yang ada di Asia Tenggara bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliahnya di sini:


1. National University of Singapore (NUS)


National University of Singapore ini, selain berada pada urutan pertama sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara, juga merupakan universitas terbaik di Asia. Universitas ini menawarkan pendekatan global melalui pendidikan dan penelitian dengan berfokus pada keahlian dan perspektif orang-orang Asia. Lebih dari 37.000 mahasiswa dari 100 negara tersebar dalam 16 fakultas yang disediakan oleh National University of Singapore. NUS dikenal memiliki kekuatan dalam hal penelitian dalam bidang teknik, ilmu kehidupan dan biomedis, ilmu sosial, serta ilmu alam. Beberapa penelitian yang dilakukan di NUS mencakup bidang-bidang yang meliputi teknologi kuantum, kanker dan obat translasi, media interaktif dan digital, serta lingkungan dan air. Universitas ini juga berupaya untuk menciptakan lingkungan yang inovatif dan mendukung mahasiswa agar menjadi kreatif dalam bidangnya masing-masing.


2. Universiti Malaya (UM)

Universiti Malaysia terletak di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. University Malaya tumbuh dari tradisi melayani rakyat. Sejak didirikan, Universiti Malaya melayani masyarakat melalui kebutuhannya akan pendidikan yang tinggi. Perkembangan Universiti Malaya terbilang sangat cepat pada abad pertama didirikannya universitas ini. Moto universitas ini yang berbunyi “Ilmu Punca Kemajuan”—dan berarti “Knowledge is the Key to Success—mencerminkan filosofi unversitas dalam usahanya yang secara terus-menerus untuk mencari dan mendalami pengetahuan di segala bidang demi menghasilkan lulusan yang sukses.


3. Chulalongkorn University

Chulalongkorn University yang terletak di Kota Patumwan, Thailand, ini merupakan universitas tertua dan salah satu universitas paling bergengsi yang ada di Thailand. Universitas ini secara resmi didirikan pada tahun 1917 oleh Raja Vajiravudh sebagai bentuk penyebarluasan pendidikan sehingga Thailand dapat beradaptasi terhadap perkembangan dunia dan mencegah adanya kolonisasi. Saat ini, Chulalongkorn University memiliki 18 fakultas, 3 sekolah, 3 kampus, dan 6 institut dengan total siswa yang terdaftar lebih dari 32.500 siswa. Pada tahun 2008, universitas ini mendapat peringkat yang sangat baik di bidang akademik dan penelitian oleh The Comission of Higher Education. Universitas ini juga secara konsisten berada di peringkat atas sebagai universitas terkemuka di Thailand.


4. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universitas yang terletak di Bangi, Selangor, ini memiliki 13 fakultas, 16 institut, dan 18 centres dengan lebih dari 30.000 mahasiswa di dalamnya. Universitas ini merupakan satu dari lima universitas riset di Malaysia. Pada tahun 2006, Universiti Kebangsaan Malaysia pernah diberi penghargaan sebagai “Universitas Riset Malaysia” oleh Perdana Menteri Pendidikan. Pada tahun 2006, universitas ini juga memenangkan “Prime Minister’s Quality Award”. Penghargaan ini mengindikasikan usaha dari Universiti Kebangsaan Malaysia dalam kuaitas pendidikan dan manajemennya.


5. Mahidol University

Universitas yang berada di Salaya, Thailand, ini telah berkembang dari tahun ke tahun dan kini menjadi sebuah universitas multi disiplin yang bergengsi di Thailand. Universitas ini meliputi berbagai pengajaran, termasuk Kedokteran, Ilmu-Ilmu Dasar dan Terapan, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kedokteran Gigi, Teknik, Lingkungan, Manajemen, Perhotelan, Ilmu Agama, dan lain-lain. Kunci dari suksesnya Mahidol University adalah dengan pembuatan atmosfer pembelajaran internasional dan mempertahankan fokus akademik yang kuat.


6. University of Indonesia 

Image Credit

University of Indonesia atau yang dikenal juga sebagai UI, merupakan universitas yang terletak di Depok dan beberapa kampus lainnya di Salemba. UI secara konsisten selalu masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia bahkan dunia. Universitas ini juga dinilai sebagai universitas paling vibran di Indonesia. Sejak tahun 2004, Majalan Tempo, salah satu majalah terkemuka di Indonesia, mengatakan bahwa lulusan dari universitas ini termasuk ke dalam lulusan terbaik di Indonesia dilihat dari kualitas lulusan, citra yang baik, kualitas fasilitas kampus, kepuasan industri yang menggunakan tenaga kerja, kualitas pengajaran, dan keketatan persaingan masuk yang tinggi. Fakultas ini memiliki 13 fakultas dan 2 program, yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Hukum, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan Budaya, Psikologi, Ilmu Sosial dan Politik, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Program Pascasarjana dan Program Vokasi.


7. Universiti Sains Malaysia (USM)

Didirikan sebagai universitas kedua di Malaysia, Universiti Sains Malaysia  telah berkembang pesat. Kini, Universiti Sains Malaysia telah memiliki mahasiswa sebanyak kurang lebih 20.000 mahasiswa. Universiti Sains Malaysia juga dikenal di kalangan nasional dan internasional. Sejak awal didirikan, universitas ini telah menerapkan “school system”, bertentangan dengan sistem-sistem fakultas konvensional.  Tiap sekolah di universitas ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk berfokus pada bidang yang dia pilih, namun dalam waktu yang sama memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi bidang lain.


8. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Universitas yang terletak di Skudai, Johor Baru, ini resmi didirikan pada tahun 1975. Universitas ini juga merupakan universitas teknik terbesar yang ada di Malaysia. Universiti Teknologi Malaysia menawarkan berbagai program untuk semua tingkat pendidikan. Universitas yang memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa pada program sarjana dan 6.000 mahasiswa pascasarjana ini menawarkan program-program di bdang teknik, teknik bio-medis, ICT, bio-sains, lingkungan perkotaan, geo-informasi, pendidikan, dan juga manajemen.


9. University of the Philippines

University of Philippines berlokasi di Diliman, Filipina. Universitas ini memiliki komitmen untuk terus mendukung memodernisasi fasilitas-fasilitas dan berbagai bentuk pelayanannya terhadap masyarakat. Sebagai universitas terbaik di Filipina, University of the Philippines siap untuk bersaing dengan universitas-universitas terkemuka lain di kawasan Asia-Pasifik.


10. Universiti Putra Malaysia


Universiti Putra Malaysia terletak di Serdang, Malaysia. Universitas ini mempertahankan peran tradisional yang berfokus pada penelitian sektor pertanian dan area-area yang relevan. Pada awal tahun 1980, universitas ini memperluas cakupannya dengan menambahkan program ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Universiti Putra Malaysia bercita-cita untuk menjadi “The University of the Next Millenium”. Visi dari universitas ini adalah untuk menjadi “pemain” dunia global dengan komunitas-komunitas internasional yang terkemuka dan intelektual yang dapat membuat bangsanya bangga atas kontribusi mereka. Kontribusi yang mereka lakukan berupa penulisan makalah ilmiah dan penemuan-penemuan baru.  Universiti Putra Malaysia berupaya untuk terus memberikan arti baru bagi kemajuan, pertumbuhan, dan perkembangan bagi bangsa dan dunia dengan menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, kompetitif, dan tangguh. Biaya kuliah yang harus dikeluarkan dalam satu tahun ajaran bagi siswa lokal sebesar US$ 0 (gratis) hingga US$ 1,000 dan US$1,000 hingga US$2,500 bagi siswa internasional untuk program S1.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara
10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara
http://3.bp.blogspot.com/-aIUl9toe9EY/U8dHWBsGduI/AAAAAAAADLU/QnR7_K4QeJY/s1600/National+University+of+Singapore+(NUS).png
http://3.bp.blogspot.com/-aIUl9toe9EY/U8dHWBsGduI/AAAAAAAADLU/QnR7_K4QeJY/s72-c/National+University+of+Singapore+(NUS).png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-universitas-terbaik-di-asia-tenggara.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/10-universitas-terbaik-di-asia-tenggara.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy