12 Fakta Menarik Tentang Australia

Australia merupakan negara tetangga dengan Indonesia. Meskipun bertetangga, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada dua negara i...

Australia merupakan negara tetangga dengan Indonesia. Meskipun bertetangga, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada dua negara ini. Mulai dari suku etnisnya, budayanya, penduduknya, pendidikannya, dan masih banyak lagi. Untuk mengenal Australia secara lebih dekat, silakan simak ulasan di bawah ini.

Image Credit

1. Jumlah tertinggi ketiga pelajar internasional

Australia menjadi negara yang favorit untuk dijadikan tujuan oleh para pelajar internasional dari berbagai negara. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan nagara Australia sebagai negara ketiga yang terbanyak menampung pelajar internasional setelah Inggris dan Amerika.  Padahal populasi negara Australia hanya berkisar antara 23 juta jiwa, namun ternyata Australia menampung sangat banyak pelajar internasional. Ini menunjukan bahwa Australia layak menjadi tujuan studi untuk jenjang lebih tinggi.


2. Memiliki 7 dari 100 perguruan tinggi terbaik dunia



Salah satu rahasia mengapa Australia menjadi negara ketiga terbanyak menampung pelajar internasional adalah Australia memiliki tujuh perguruan tinggi berkualitas top university dari 100 terbaik perguruan tinggi di dunia. Inilah mengapa banyak pelajar yang memilih melanjutkan studinya ke Australia.
Negara ini memiliki 22.000 progam studi yang bisa dipilih oleh para pelajar dan tersebar di 1.100 lembaga pendidikan. Karenanya wajar saja para pelajar internasional memiliki kreatifitas yang baik dan independensi kecerdasan yang baik pula, karena Australia menyediakan lahan progam studi yang begitu banyak, sehingga pelajar akan leluasa memilih sesuai dengan passion mereka.


3. Meraih peringkat 12 sistem pendidikan tinggi nasional

Tidak hanya secara kuantitas yang fantastis, Australia memiliki lembaga pendidikan yang terjamin sistemnya. Tidak hanya diakui oleh lembaga penjamin mutu pendidikan nasional yang ada di Australia senidiri, melainkan penjaminan mutu ini diberikan oleh lembaga penjamin mutu internasional dan Australia meraih peringkat 12 dalam hal sistem penjaminan mutu pendidikannya.


4. Memiliki 5 kota terbaik dari 30 kota terbaik dunia


Berdasarkan heterogenitas pelajar yang ada di Australia, 5 kota di Australia telah meraih prestasi sebagai kota terbaik di dunia dari 30 kota yang ada di seluruh dunia. Prestasi ini didasarkan pada keterjangkuan biaya hidup yang diperoleh di Australia, kualitas hidup yang baik, serta aktivitas yang mendukung produktifitas kerja di sana. Menjadi sangat wajar tatkala produktifitas masyarakat Australia menjadikannya memperoleh penghargaan tersebut, karena dengan produktifitas tersebut berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat menjadi baik pula. Pelayanan publik, kemudahan akses, serta regulasi keuangan akan menjadi tertata dan teratur.


5. Beasiswa per tahun 200 juta dollar

Pemerintah sangan mendukung terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Australia, tak tanggung-tanggung mereka menggelontorkan dana pemerintah sebanyak 200 juta dolar, biaya seperti ini diberikan pemerintah secara rutin setiap tahunnya. Hal ini juga yang nampaknya memicu minat pelajar dari berbagai penjuru dunia, karena selain memiliki pergururan-perguruan tinggi terbaik dunia, adanya beasiswa ini juga akan memicu semangat pelajar untuk mendapatkannya, dengan harapan mereka bisa hidup lebih hemat dan tetap nyaman belajar.


6. Menghasilkan 15 pemenang Nobel

Penghargaan Nobel adalah penghargaan kelas dunia di bidang penelitian dan pengetahuan. Tidak sembarnag ilmuwan dapat meraih penghargaan bergengsi kelas dunia ini. Penghargaan Nobel hanya diberikan kepada para ilmuan yang telah menemukan sebuah teori baru atau penelitiaan yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh orang di dunia.

Tidak tangung-tanggung, Australia telah melahirkan lima belas ilmuwan yang meraih penghargaan Nobel. Prestasi ini tentu saja bukan suatu yang kebetulan, melainkan kerja keras para peraihnya dan dukungan dari lembaga pendidikan, pemerintah serta komponen yang ada di lingkungan pendidikan maupun pemerintah tersebut. Ini membuktikan bahwa prestasi lembaga pendidikan yang ada di Australia bukan wacana semata, atau obrolan kosong semata. Ini menunjukkan bahwa Australia bersungguh-sungguh dalam merawat dan membesarkan ilmuwan-ilmuwan yang ada dengan fasilitas lembaga pendidikan yang telah mereka persiapkan.


7. Lumbung penelitian

Sebagai negara yang banyak meraih penghargaan Nobel, tentu saja banyak sekali peneliti dan hasil penelitian kelas dunia yang lahir di Australia. Hasil penelitian ini banyak digunakan oleh pihak yang membutuhkan di berbagai belahan dunia, mulai dari prkatisi industi, tenaga medis, bahkan sesama peniliti, maupun masyarakat umum. Lebih dari 1 miliyar orang bergantung pada penemuan penelitian negara Australia.


8. Pagar Dingo terpanjang

Dingo adalah anjing liar dari australia, karena jumlahnya yang banyak di Australia. Dingo ini dikhawatrikan oleh banyak masyarakat yang berternak domba di Australia. Pasalnya, dingo ini sering menyelinap ke kandang ternak dan memangsa domba-domba yang ada, sehingga acap kali merugikan para peternak domba. Sebab alasan tersebut pemerintah Australia membangun pagar untuk mengkarantina dingo agar tidak merugikan para perternak, karena inilah pagar tersebut dinamai dengan pagar dingo. Tidak tangung-tangung pemerintah Australia membangun pagar ini sepanjang lima ribu kilometer lebih dengan dalam kurun waktu selama lima tahun.


9. Flying Doctor

Flying doctor adalah pelayanan kesehatan bagi masyarkat yang ada di Australia, sama seperti negara lainnya, Australia memiliki penduduk yang berada dikawasan pelosok desa. Dengan adanya flying doctor ini, atau dokter terbang ini, masyarakat di pelosok desapun tak perlu kahawatir saat berobat. Flying doctor bukanlah dokter yang bisa terbang, melainkan layanan dokter yang akan datang ke berbagai pelosok desa menggunakan pesawat terbang lengkap dengan peralatan medisnya. Pelayanan publik yang telah menjadi layanan masyarakat ini telah menjadi ikon negara Australia, karena selain layanan ini gratis juga merupakan layanan dibawah lembaga non-profit yang dijalankan dengan naungan departemen kesehatan Australia.


10. Dijuluki negeri domba


Kain wool merupakan hasil dari bulu-bulu domba. Australia merupakan rumah bagi jutaan domba. Sangking banyaknya, Australia pernah mengalami suatu masa dimana jumlah dombanya lebih banyak dibandingkan populasi manusianya. Hal ini disebabkan karena pada waktu itu, sekitar tahun 2000an permintaan wool oleh industri pengrajin kain wool dunia sedang menurun. Sehingga berakibat pada melonjaknya populasi domba.


11. Rumah Opera Sydney


Ketika melihat bangunan ini, tentu saja hampir semua orang tahu bahwa ini adalah salah satu ikon yang paling terkenal di negara Australia. Opera Sydney namanya, merupakan bangunan unik yang memiliki ketinggian atap mencapai 75 meter lebih, dibangun pada 1957, bediri diatas lahan seluas 2 hektar, panjang bangunan 183 meter dan engan lebar 120 meter. Bangunan  yang dirancang oleh Jorn Utzon ini yang menarik adalah memiliki atap dengan berat yang fantastis, yaitu 161.000 ton.



12.  Memiliki benua khusus 160.000 narapidana 

Inggris memang diakui sebagai negara penjajah terbaik di dunia. Terbukti dari peninggalan-peninggalannya di negeri yang pernah dijajah termasuk Australia. Di berbagai kelebihan Australia, ternyata ada kelebihan yang unik lagi terkait pelaku narapidana di negara ini. Hal ini karena memang angka kriminalitas di Australia cukup tinggi, sehingga pemerintah menyiapkan wadah bagi narapidananya di tempat khusus dan di pulau khusus juga, guna menjaga keamanan warganya.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,304,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 12 Fakta Menarik Tentang Australia
12 Fakta Menarik Tentang Australia
http://2.bp.blogspot.com/-VTyV9dj6t6A/U7tb23Z6-4I/AAAAAAAACI8/R1eaovfrxcE/s1600/australia9.png
http://2.bp.blogspot.com/-VTyV9dj6t6A/U7tb23Z6-4I/AAAAAAAACI8/R1eaovfrxcE/s72-c/australia9.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/12-fakta-menarik-tentang-australia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/12-fakta-menarik-tentang-australia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy