20 Fakta Menarik Tentang Rusia

Rusia merupakan negara pecahan dari Uni Soviet. Dahulunya negara ini bernama Uni Soviet. Namun setelah Uni Soviet runtuh, namanya berubah me...

Rusia merupakan negara pecahan dari Uni Soviet. Dahulunya negara ini bernama Uni Soviet. Namun setelah Uni Soviet runtuh, namanya berubah menjadi Rusia. Meskipun jauh, negara ini juga banyak diminati pelajar. Perbedaan bahasa dan budaya menjadi salah satu daya tarik negeri ini. Silakan cermati ulasan di bawah ini.


1. Negara terbesar di dunia

Rusia adalah sebuah negara yang yang membentang luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia dengan luas wilayah 17.075.400 km2. Dengan luas wilayah ini negara Rusia adalah negara terbesar di dunia.


2. Memiliki luas dua kali Amerika Serikat

Negara Rusia memiliki dua kali luas Amerika Serikat, atau dua kali wilayah Republik Rakyat Cina dan dua kali luas wilayah Kanada.


3. Peringkat ketujuh dunia jumlah penduduknya

Negara Rusia memiliki jumlah penduduk terbanyak ketujuh di dunia. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk enam negara yang terbesar jumlah penduduknya, yaitu Cina, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil dan Pakistan.


4. Memiliki iklim tundar

Wilayah terbesar negara Rusia adalah Siberia, yang unik adalah wilayah Siberia ini memiliki iklim yang tidak biasa. Iklim ini disebut iklim Tundar. Iklim Tundar ialah iklim suatu area di mana pertumbuhan pohon terhambat oleh rendahnya suhu yang ada disekitar lingkungan. Karenanya pula wilayah ini sering disebut wilayah tanpa pohon.


5. Perairannya tetutupi es


Negara dengan iklim tundar ini menjadikan hampir semua perairannya tertutupi oleh es. Hanya beberapa laut saja yang tak tertutupi oleh es. Dari 13 wilayah perairan termasuk rawa, hanya ada 8 yang tidak tertutupi oleh es.


6. Menghapus sistem wakil presiden

Dalam pemerintahan, Rusia tidak lagi menggunakan wakil presiden. Pemerintahan sepenuhnya dipegang oleh presiden yang berpusat di salah satu wilayah Rusia bernama Kremlin. Selama pemerintahan, presiden banyak berkolaborasi dengan perdana menteri, yang memiliki tanggun jawab terhadap parlemen di bawahnya dengan peran yang tetap terbatas. Hal ini dilakukan negara Rusia karena sebelum dihapuskannya wakil presiden, pernah terjadi pembangkangan wakil presiden terhadap presiden.


7. Ekonomi ditopang industri peralatan militer dan industri berat

Rusia memiliki perindustrian unggulan yang maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Di antara sekian industri yang ada di Rusia, industri perlengkapan dan peralatan militer adalah yang paling dikenal. Rusia banyak memproduksi peralatan perang seperti tank, helikopter dan berbagai senjata berat maupun ringan, seperti rudal dan senapan.
Selain perlengakapan militer, Rusia juga unggul dalam industri berat. Industri ini memproduksi bahan baku yang juga bisa digunakan untuk menyuplai kebutuhan industri perlengkapan militer, yaitu industri baja, industri mineral, industri batu bara dan minyak bumi.

8. Pendidikan gratis kecuali perguruan tinggi swasta

Di Rusia, pendidikan sangat mudah didapat dengan tanpa biaya. Sistem jenjang pendidikannya hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Di Rusia sekolah menengah terdiri dari 3 tahap, yang pertama adalah sekolah menengah dasar selama 3 tahun, sekolah menengah utama selama 6 tahun dan sekolah menengah khusu selama 2 tahun tahun. Banyak di sekolah menengah khusus mereka hanya fokus pada salah satu mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain.


9. Memiliki senjata nuklir

Rusia mewarisi senjata nuklir yang di beriakan oleh Uni Soviet.



10. Negara multikultural

Budaya yang menyebar di masyarakat Rusia sangat bermacam-macam karena dipengaruhi oleh banyak budaya. Namun ada budaya yang dominan di Rusia yaitu budaya gereja ortodoks. Budaya lain yang juga menambah keragaman rusia adalah kebudayaan Slavia, Islam, dan Suku Buryat.


11. Luas wilayah besar dengan kepadatan penduduk rendah

Rusia memiliki populasi sebesar 142 juta jiwa yang menjadikannya sebagai negara dengan populasi yang cukup tinggi. Namun uniknya dengan populasi yang besar itu, negara rusia memiliki kepadatan peduduk yang rendah. Hal ini karena selain wilayah negaranya yang besar, pemerataan penduduk juga berjalan dengan baik.


12. Memiliki 12 etnis

Rusia yang multikultural itu ternyata dihuni oleh 12 etnis. Akan tetapi tetap etnis orang Rusia yang paling mendominasi. Sebanyak 79,8% dihuni oleh etnis Rusia, 3.8% etnis Tatar, 2.0% etnis Ukraina, 1.2% etnis Baskhir, 1.1% etnis Chuvash, 0.9% etnis Chechen. Adapula etnis bangsa Armenia 0.8% yang ada di Rusia. Sedangkan 10.4%-nya justru tidak diketahui jenis etnisnya.


13. Agama didominasi kristen dan islam

Penduduk Rusia sekitar 63-66% memeluk agama kristen, ini menjadi agama yang paling dominan di rusia dari total jumlah penduduk yang ada. Adapun agama Islam adalah agam terbesar kedua di Rusia dengan presentase 5-6% atau sekitar 15-20 juta jiwa. Agama lain yang ada di Rusia antara lain ialah: Protestan, Yahudi, Katolik dan Budha. Agama yang dipeluk biasanya tergantung dengan etnis dimana ia dilahirkan.


14. Rusia berencana akan bangun peradaban di Bulan

Rusia bermaksud untuk mengirim ekspedisi yang pertama untuk pembanguan pangkalan permanen di Bulan yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2030. Program kolonisasi bulan ini mentargetkan pembangunan pangkalan berpenghuni dan dilanjutkan dengan penelitian sumber daya alam pada satu-satunya satelit alami Bumi itu.


15. Memiliki kapal selam tercanggih

Angkatan laut Rusia memiliki kapal selam tercanggih dengan bahan bakar menggunakan nuklir. Kapal selam ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 1993. Akan tetapi karena berbagai hal, kapal selam ini baru selesai pada tahun 2011. Kecanggihannya dapat dilihat dari kecepatan lajunya dalam keadaan menyelam sebesar 56 km/jam atau 30 knot. Teknologi kapal selam ini menjadi andalan bagi angkatan laut Rusia selain juga mengoptimalkan teknologi pesawat nirawak atau yang sering disebut Drone dan juga tentunya perlengakapan persenjataan lainnya.


16. Danau terdalam di dunia


Rusia memiliki danau yang terletak di Siberia Timur yang dianggap sebagai danau terdalam di dunia dan menjadi tangki tawar terbesar di Bumi. Dalamnya mencapai 5.000 kaki atau 1500 meter.


17. Mother Motherland Monument

Patung yang memiliki dua kali tinggi patung Liberty ini dibangun pada akhir tahun 50’an. Didirikan sebagai penghormatan kepada orang-orang yang terbunuh pada perang dunia kedua.


18. Elbrus, gunung tertinggi di seluruh Eropa

Gunung ini merupakan titik tertinggi di Rusia, banyak yang tidak percaya bahwa gunung Elbrus ini merupakan titik tertinggi di seluruh Eropa. Gunung ini banyak digunakan untuk ski, snowboarding, dan olah raga alam lainnya. Ketinggiannya mencapai 5600 meter.


19. Poles of The Komi Republic

Sebuah batu menjulang kelangit dengan ketinggian 42 meter, meskipun para Ilmuan tidak mengetahui kapan persisinya batu ini tebentuk, para ilmuan percaya bahwa ini adalah dibentuk oleh alam secara almiah.


20. Saint Basil’s Cathedral

Adalah sebuah gereja yang memiliki jumlah atap sangat banyak dan membentuk kerucut di lapangan merah Moskow. Secara tradisional bangunan ini dianggap sebagai simbol unik posisi Rusia antara Eropa dan Asia.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 20 Fakta Menarik Tentang Rusia
20 Fakta Menarik Tentang Rusia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzEgC8BpszRKNsstoVpgyYtHD6j-sLINDt1qd9ysEwJXDIUy7yak22FwUynEamS2SbiXkNIFIHycmsCFBMx-eq8axCerXuoNb0fkaeZdw7vSKVinl9nl9FzVF3u1k8swdMTyjlDGjwC9w/s1600/rusia3.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzEgC8BpszRKNsstoVpgyYtHD6j-sLINDt1qd9ysEwJXDIUy7yak22FwUynEamS2SbiXkNIFIHycmsCFBMx-eq8axCerXuoNb0fkaeZdw7vSKVinl9nl9FzVF3u1k8swdMTyjlDGjwC9w/s72-c/rusia3.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/20-fakta-menarik-tentang-rusia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/20-fakta-menarik-tentang-rusia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy