25 Fakta Menarik Tentang Universitas Oxford

Oxford University atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan universitas Oxford, merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris yang tertu...

Oxford University atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan universitas Oxford, merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris yang tertua di dunia. Letak universitas ini adalah di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Sejak abad ke -11, kabarnya perguruan tinggi ini sudah didirikan. Namun sayang, karena kelemahan sejarah dan dokumentasi, hingga kini belum diketahui kapan tepatnya perguruan tinggi bergengsi ini berdiri.

Bersama pesaing terberatnya yang juga berada dalam negara yang sama yaitu University of Cambridge, Universitas Oxford terus mengedepankan prestasi dan kualitasnya dalam dunia akademis. Universitas Oxford pun telah melahirkan banyak sekali orang sukses di berbagai belahan dunia, termasuk diantaranya adalah penerima Nobel yang berjumlah 58 orang. Jumlah yang cukup banyak untuk ukuran penerima hadiah Nobel.

Dibalik kesuksesannya, Universitas Oxford yang memiliki banyak sejarah serta prestasi ini tentu menyimpan banyak sekali cerita unik nan menarik di dalamnya. Kali ini, berkuliah.com akan mengajak kalian untuk menelusuri fakta – fakta menarik dari Universitas Oxford. Yuk, kita simak bersama –sama!



1. Dulunya, Universitas Oxford adalah satu – satunya perguruan tinggi berbahasa Inggris. Namun pada suatu hari, terjadi sebuah kerusuhan antara mahasiswa dengan penduduk kota pada tahun 1209. Kerusuhan ini menyebabkan terpecahnya mahasiswa menjadi dua kubu. Satu kubu tetap bertahan di kota Oxford, satu kubu lagi mengungsi ke kota Cambridge untuk mengamankan diri. Mahasiswa yang mengamankan diri di Cambridge ini pun akhirnya mendirikan ruang belajar sendiri, yang seiring waktu kian berkembang menjadi sebuah universitas besar yaitu Universitas Cambridge.

2. Universitas Oxford memiliki perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan koleksi buku yang mencapai 11 juta eksemplar.

3. Bangunan Universitas Oxford sangat unik, megah, klasik dan berkelas. Bangunan bergaya Victoria ini mampu menarik jutaan mata yang menjadikannya ingin berwisata ataupun berfoto – foto di area kampus Oxford.

4. Universitas Oxford seringkali menjadi salah satu tujuan wisata bagi pada wisatawan dari luar Inggris. Hal ini dikarenakan bentuk bangunan dan eksistensi kampus Oxford yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

5. Universitas Oxford adalah universitas yang digunakan sebagai lokasi syuting dari film terkenal Harry Potter. Masa ke masa, waktu ke waktu, dari semua edisi film Harry Potter, menggunakan lokasi universitas ini untuk pengambilan gambarnya.

6. Universitas Oxford memiliki beberapa museum yang memamerkan benda – benda langka, unik dan bersejarah. Museum ini dibawahi oleh lembaga kampus ataupun fakultas yang berkaitan dengan museum tersebut.

7. Universitas Oxford mengedepankan dunia riset dan kerja sama dengan perusahaan internasional. Hal ini menyebabkan lulusan – lulusannya diminati oleh para pelaku bisnis internasional.

8. Biaya kuliah di Universitas Oxford berbeda – beda. Berbeda program studi, tentu berbeda biayanya. Berbeda asal negara, tentu berbeda biaya pula. Begitu juga dengan ruangan kelas yang dipilih, tentu berbeda biaya dalam pembayarannya.

9. Mahasiswa yang berasal dari Inggris dan Eropa mendapatkan kesempatan untuk membayar biaya kuliah yang lebih murah di Universitas Oxford dibandingkan dengan mahasiswa internasional lainnya. Termasuk Indonesia. Untuk mahasiswa internasional, kisaran biayanya dalam setahun pertama adalah £8.000 – £30.000.

10. Universitas Oxford memiliki empat divisi keilmuan yang dapat menjadi dasar bagi lulusannya untuk membangun dunia menjadi lebih baik. Empat divisi tersebut antara lain divisi humaniora (seni, budaya dan bahasa termasuk di dalamnya), divisi matematika, fisika dan ilmu hitung, divisi ilmu kedokteran serta divisi ilmu sosial.



11. Universitas Oxford adalah salah satu inspirasi tim pembuat film Harry Potter untuk membuat konsep sekolah sihir Hogwarts dalam bentuk visual. Tempat yang paling mencuri perhatian siapapun yang menontonnya antara lain Christ Church di Universitas Oxford.

12. Christ Curch adalah gereja di dalam Universitas Oxford. Christ Curch adalah satu – satunya gereja yang tergabung dalam satu gedung dengan kampus.

13. Universitas Oxford pernah mengundang dosen, peneliti dan mahasiswa Indonesia untuk bekerja sama melakukan penelitian di Inggris tentang malaria.

14. Boyband asal Korea, Super Junior atau yang akrab disebut SuJu, pernah memberikan kuliah umum di Oxford University.

15. Universitas Oxford memiliki lembaga pers tingkat universitas dengan percetakan yang terbesar di dunia. Lembaga pers tersebut bernama Oxford University Press (OUP).

16. Universitas Oxford memiliki kurang lebih 38 program studi yang terbagi dalam empat divisi, yaitu humaniora, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan ilmu eksak.

17. Kegiatan belajar mengajar di Universitas Oxford pertama kali dilakukan pada tahun 1096. Sungguh bersejarah!

18. Lokasi Universitas Oxford tidak terpusat pada satu lokasi saja. Meski letaknya berbeda – beda sudut, namun lokasi Universitas ini tetap berada di kota Oxford. Jarak antara gedung satu dengan gedung lainnya pun tidak terlalu jauh. Bersepeda adalah salah satu cara untuk menjangkau seluruh gedung kampus. Beberapa gedung tersebut antara lain gedung kampus, gedung departemen, gedung penginapan, dan fasilitas- fasilitas lainnya seperti gedung pertemuan, perpustakaan, dan lain – lain.

19. Menurut Times Good University Guide pada tahun 2013, Universitas Oxford berhasil menduduki posisi pertama sebagai universitas terbaik di dunia selama sebelas tahun berturut – turut.

20. Dengan adanya peringkat tersebut, Universitas Oxford diakui menjadi universitas yang berpengaruh di dunia.



21. Dalam proses penyeleksian mahasiswa di Universitas Oxford, terdapat satu proses yang penting yaitu tahap interview. Pada tahap ini, para dosen atau akademisi akan sengaja menanyakan sesuatu yang  nyeleneh, dan hal itu akan dilakukan untuk memancing kreativitas calon mahasiswa Oxford tersebut dalam berpikir.

22. Moto dari Universitas Oxford adalah dominus illuminatio mea, seperti yang tertera pada logo dari Universitas Oxford. Arti dari moto ini adalah tuhanku, cahayaku.

23. Sebagai perguruan tinggi yang terdapat di negara yang bahasanya menjadi bahasa umum internasional yaitu Inggris, Universitas Oxford tentu berpengaruh besar dalam pengolahan kosa kata, kalimat ataupun bahasa untuk kepentingan dunia. Untuk mewujudkan hal ini, Universitas Oxford mengeluarkan kamus Oxford.

24. Dalam deretan kamus bahasa Inggris, mungkin kita banyak menemui banyak jenis kamus berdasarkan akademi mana yang membawahinya. Perbedaannya memang tidak begitu jauh. Namun, apakah keistimewaan dari kamus Oxford? Ya, seperti halnya Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI), Kamus Oxford tidak hanya sekedar menerjemahkan arti dari sebuah kata saja, melainkan juga menjelaskan maksud dari padanan kata yang ditunjuk tersebut.

25. Kini, kamus Oxford sudah disediakan dalam bentuk digital. Siapapun bisa mengunduhnya. Nah, hal ini akan memperkaya kosa kata bahasa Inggris kalian. Tertarik? Harus!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 25 Fakta Menarik Tentang Universitas Oxford
25 Fakta Menarik Tentang Universitas Oxford
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWM-3GRSPnVmzAWx2W7TDcBKeElwHwKk2wQPqFMqrGWXZupw0TIVWqgQw6q2eAul8pU4N6CGmLVaWv5AaKMvDJPkhyphenhyphenvDCZw2u1cY4ry-RwDhM1sobK5h26iZGIoSCpxg0NoqKZKV3OEf0/s1600/oxford2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWM-3GRSPnVmzAWx2W7TDcBKeElwHwKk2wQPqFMqrGWXZupw0TIVWqgQw6q2eAul8pU4N6CGmLVaWv5AaKMvDJPkhyphenhyphenvDCZw2u1cY4ry-RwDhM1sobK5h26iZGIoSCpxg0NoqKZKV3OEf0/s72-c/oxford2.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/25-fakta-menarik-tentang-universitas.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/25-fakta-menarik-tentang-universitas.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy